in

Rekomendasi Harga Dompet di Gramedia yang Trendi dan Fungsional

Pixabay.com

Harga Dompet di Gramedia – Dompet tentu bukanlah barang yang asing bagi kita semua. Fungsinya sebagai tempat untuk membawa uang, kartu ATM, KTP, SIM, kartu keanggotaan, kartu nama, dan lainnya, seakan wajib untuk kamu miliki. Saat ini dompet telah berkembang dan memiliki beragam jenis dan bentuk. Kapan dompet dikenalkan untuk pertama kali? Seperti gimana aja sih model dompet terkini? Dalam kesempatan kali ini, kita akan mengulas mengenai dompet. Yuk, Grameds.

Definisi dan Asal-Usul Dompet

Secara definisi, dompet merupakan kotak atau kantong datar yang dirancang untuk membawa barang-barang pribadi yang berukuran kecil. Umumnya yang dimasukkan ke dalam dompet adalah barang-barang penting seperti uang, kartu ATM, KTP, SIM, dan lainnya. Maka tidak heran jika orang yang lupa membawa dompet akan kebingungan, bahkan ada yang ingin menangis.

Menurut catatan sejarah, dompet pertama kali merujuk pada tas atau ransel yang berfungsi untuk membawa barang. Dalam bahasa Belanda dan Frisia, tempat membawa barang ini dikenal dengan istilah knapzak. Sebelum uang kertas ada, alat tukar-menukar berupa uang koin. Untuk menyimpan uang koin, masyarakat terdahulu menggunakan kantong serut yang kemudian diikatkan pada ikat pinggang.

Barulah pada abad ke-17, uang kertas mulai digunakan untuk transaksi jual-beli. Untuk mengakomodasi uang kertas, muncullah dompet yang panjangnya sama dengan panjang uang kertas. Saat itu, keberadaan dompet dapat mencegah uang kertas menjadi dekil dan lusuh. Mengapa demikian? Karena uang kertas sering dilipat dan dimasukkan ke kantong celana. Kondisi demikian tentu akan mengurangi kualitas uang kertas.

Dengan adanya dompet, kamu tidak perlu repot memasukkan uang kertas ke dalam kantong. Tinggal masukkan ke dompet, uang akan tersimpan dengan rapi. Tidak hanya itu, uang kertas juga lebih aman dan tidak mudah tercecer sehingga orang lebih mudah untuk mengambil uang.

Dompet yang pertama kali dikenal adalah dompet sederhana seukuran uang kertas dengan bahan kulit sapi atau kuda. Sebagaimana halnya dengan kantong serut yang diikatkan ke ikat pinggang, dompet pada umumnya juga diikatkan ke ikat pinggang.

Referensi lain menyebutkan, dompet berasal dari istilah fiscus yang dipakai oleh bangsa Romawi. Fiscus berfungsi untuk menyimpan uang kaisar Romawi. Pada zaman itu, uang kaisar Romawi, yang mayoritas berasal dari upeti, umumnya disimpan di dalam keranjang.

Perkembangan Dompet

Hingga tahun 1834, dompet masih diartikan sebagai wadah datar untuk membawa uang kertas. Pengertian dompet tersebut mulai berkembang pada abad ke-19 dan awal abad 20. Dompet modern memiliki model lipat dua dengan disertai beberapa slot kartu. Model ini menjadi standar dompet karena pada waktu itu, kartu kredit mulai diperkenalkan.

Pada tahun 1970, muncul lagi inovasi model dompet yang baru. Pada tahun itu, dompet menggunakan penutup velcro mulai diminati. Dompet berukuran saku masih banyak diminati hingga saat ini.

Perkembangan dompet tidak hanya sampai di situ. Pada abad ke-21, dompet kembali berkembang dengan menonjolkan sisi tren dan fashion. Kini bisa kamu saksikan beragam model dompet bermunculan. Meski demikian, desain dompet tidak melupakan fungsi utamanya.

Jenis-Jenis Dompet

Sebagaimana yang kita bahas pada paragraf sebelumnya, di zaman ini, dompet berkembang dengan beragam model, desain, dan tingkat keamanannya. Hal yang perlu diapresiasi adalah meski dompet masa kini memiliki banyak desain dan model, namun produsen dompet tidak melupakan fungsi utama dompet.

Grameds, pada kesempatan ini kita akan membahas jenis-jenis dompet yang bisa kamu jadikan koleksi.

1. Flap Wallet

Harga Dompet di Gramedia
Zalora.co.id

Dompet jenis ini dirancang untuk para wanita. Pada umumnya, dompet ini tidak disertai dengan zipper. Ukuran dari flap wallet ringkas, hanya dapat menyimpan uang dan kartu-kartu saja. Mengingat ukurannya yang ringkas, flap wallet cocok untuk dimasukkan ke dalam tas kecil.

Namun demikian, flap wallet ini terbagi menjadi dua model. Model pertama berbentuk mini yang bisa dimasukkan ke dalam tas kecil maupun saku seperti dompet pria. Sementara yang flap wallet panjang biasanya digenggam dan dimasukkan ke dalam tas agak besar.

Flap wallet biasanya tidak disertai ritsleting, melainkan kancing magnet sehingga lebih mudah untuk buka-tutup. Mayoritas dompet ini didominasi bahan kulit dan memiliki banyak tempat untuk kartu.

2. Bifold Wallet

Harga Dompet di Gramedia
Leatherology.com

Seperti namanya, bifold wallet memiliki dua kompartemen, sebelah kanan dan kiri. Masing-masing kompartemen dapat digunakan untuk menyimpan kartu-kartu. Dompet ini merupakan jenis dompet yang paling banyak digemari oleh para pria karena bentuknya simpel.

3. Wristlet

Harga Dompet di Gramedia
coach.com

Kata wrist pada wristlet memiliki arti pergelangan tangan. Dompet ini memang dirancang agar dapat dilingkarkan di pergelangan tangan. Estetik untuk penampilan wanita, bukan?

Dompet wristlet memiliki ruang yang besar sehingga dapat menyimpan banyak barang, tidak terkecuali flap wallet mini. Karena ukuranya yang cukup besar tersebut dompet wristlet seringkali disamakan dengan tas.

4. Trifold Wallet

Harga Dompet di Gramedia
Leatherology.com

Dompet pria juga memiliki model yang dapat dibagi menjadi tiga bagian. Model trifold wallet ini terdiri dari tiga kompartemen, yakni kanan, tengah, dan kiri. Dompet trifold wallet biasanya digunakan oleh para pria yang memiliki banyak kartu penting.

5. Compact Wallet

Harga Dompet di Gramedia
Movespowerwomen.com

Model dompet lainnya yang cukup banyak digunakan oleh wanita adalah compact wallet. Dengan dilengkapi resleting di sekelilingnya, compact wallet tampak simpel, kokoh, dan berkelas. Ukurannya cukup bervariasi, ada yang panjang dan ada juga yang mini. Compact wallet yang panjang sangat cocok buat kamu yang menjaga kerapian. Dengan menaruh uang di dalamnya, uang tidak harus dilipat.

6. Money Clipper Wallet

Harga Dompet di Gramedia
Lazada.sg

Dompet money clipper wallet memiliki ciri khas berupa adanya clipper di dalamnya untuk menjepit uang kertas. Dompet money clipper wallet sangat cocok untuk kalian yang lebih sering bertransaksi menggunakan uang koin. Tidak hanya itu, dompet ini juga bertujuan agar uang kertas kamu tidak berserakan.

7. Dompet Koin

Harga Dompet di Gramedia
Kaminowallet.com

Dari namanya saja, kamu pasti sudah bisa menebak kan, Grameds? Ya, dompet koin memang dirancang untuk menaruh koin-koin agar tidak mudah berserakan dan mudah diambil. Dompet kain dapat digunakan oleh pria atau wanita.

Harga Dompet di Gramedia yang Sesuai Kebutuhanmu

Dari banyaknya jenis dompet yang ada, Gramedia memberikan rekomendasi untuk kamu beberapa dompet mana yang mungkin cocok kamu miliki dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Di bawah ini adalah rekomendasi harga dompet di Gramedia yang bisa kamu pesan sesuai kebutuhanmu.

1. Dompet Cowok Pari Ular

Harga: Rp. 420.000,00

Harga Dompet di Gramedia

Apakah Grameds ingin memiliki dompet yang terlihat bagus dan berkelas namun juga awet dan tahan lama selama bertahun-tahun? Dompet berbahan dasar kulit ikan pari dapat kamu jadikan alternatif. Mungkin sebagian di antara kamu ada yang baru tahu kalau kulit ikan pari dapat dijadikan barang kerajinan seperti dompet.

Kulit ikan pari memang belum lazim digunakan sebagai barang kerajinan di Indonesia. Selama ini ikan pari yang dimanfaatkan hanya dagingnya saja. Sedangkan kulitnya hampir selalu dibuang dan berakhir menjadi limbah.

Kulit ikan pari memiliki karakteristik yang berbeda dengan kulit sapi. Pada umumnya, mamalia, termasuk sapi, memiliki tekstur kulit yang membujur satu-satu. Sedangkan kulit ikan pari tampak membentuk anyaman dan sangat padat.

Selain itu, ikan pari memiliki kulit yang sangat keras. Alhasil, kulit ikan pari memiliki kekuatan lebih dari dua setengah kali lipat dibandingkan kekuatan kulit sapi. Hal ini yang menyebabkan kulit ikan pari tahan terhadap sayatan, tidak mudah tergores, dan tahan bakar.

Beberapa dompet kulit pari dikombinasikan dengan kulit ular. Hal ini bertujuan agar penampilan dompet terlihat lebih garang dan maco. Dengan begitu, cowok yang memakai dompet ini diharapkan terlihat tegas dan maskulin banget.

2. Dompet Cewe Pari Polish

Harga: Rp. 840.000,00

Harga Dompet di Gramedia

Sama seperti cowok, cewek pun membutuhkan dompet yang kuat dan elegan dari kulit pari. Kelebihan kulit ikan pari juga dapat diperhitungkan dari apisan kulit terluar ikan pari yang memiliki bintik-bintik kristal bagaikan butiran mutiara yang bertaburan. Tentu hal ini menambah nilai keunikan ikan pari. Oleh karena itu, tidak heran jika aksesoris yang terbuat dari ikan pari tampak kuat, kokoh, unik, dan eksotis.

Dari enam spesies ikan pari yang ada, yang lazim dimanfaatkan kulitnya untuk barang kerajinan, salah satunya dompet adalah spesies Trygon Sephen yang dikenal dengan pari kampret dan Trygon Kuhlii yang dikenal dengan pari duri. Jenis pari duri menjadi primadona karena kulitnya yang paling istimewa.

Dompet cewe pari polish ini sangat elegan karena kulit pari yang kokoh dibalut dengan polish atau polesan pewarnaannya yang sangat menarik. Cocok sekali untuk Grameds, baik yang bergaya feminim maupun energik.

3. Dompet Cewek Polish

Harga: Rp. 315.000,00

Harga Dompet di Gramedia

Dompet untuk wanita memang didesain lebih feminim dan lembut, sesuai dengan sifat wanita. Gramedia menyediakan dompet buat kamu agar terlihat feminim, elegan, berkelas, dan lembut. Dengan finishing polesan, dompet ini tampak lembut sehingga cocok untuk kamu yang lemah lembut.

4. Dompet Cowok Panjang

Harga: Rp. 315.000,00

Harga Dompet di Gramedia

Barang untuk pria terkenal dengan simpel, praktis, dan tidak banyak aksesoris. Begitu juga dengan dompet untuk para pria. Namun bukan berarti dompet pria modelnya monoton dan tidak menarik untuk dimiliki.

Selain dompet saku, dompet panjang juga dapat dijadikan alternatif untuk para pria. Jika diperhatikan, dompet panjang pria ini tampak mirip dengan dompet panjang wanita, hanya saja, dompet panjang untuk pria lebih simpel dari segi manapun. Hal ini karena aksesoris tidak begitu penting bagi pria.

Gramedia menyediakan dompet panjang buat cowok yang ingin terlihat dewasa namun tetap modis. Buat kamu yang memiliki banyak kartu, dompet ini sangat cocok buat kamu karena ada banyak tempat kartu. Buat kamu sebagai cowok yang suka kerapian, dompet ini juga kami rekomendasikan karena uang yang kamu miliki dapat tersimpan lebih rapi.

5. Dompet Bill Db-20

Harga: Rp. 53.500,00

Harga Dompet di Gramedia

Dompet dengan model simpel ini memiliki bahan yang bagus dan tidak mudah rusak dari kulit sintetis. Dengan ukuran yang sedang, dompet ini membuatmu nyaman sangat menggunakannya. Ada 2 varian warna yang bisa kamu pilih di Gramedia, yaitu hitam dan cokelat.

6. Dompet Giro DG-22

Harga: Rp. 47.600,00

Harga Dompet di Gramedia

Buat kamu yang punya usaha, pasti tidak asing dengan cek dan giro. Keduanya tidak jarang digunakan untuk transaksi dalam skala menengah ke atas. Dompet giro ini dapat kamu pakai agar cek dan giro-mu aman dan rap, sehingga tidak ada yang rusak.

Tips Memilih Dompet

Dompet merupakan aksesoris yang sering dibawa saat ada aktivitas di luar rumah. Meskipun tidak selalu dipertontonkan kepada banyak orang, memiliki dompet yang cocok bagi diri kamu sendiri sangatlah penting. DI bawah ini akan kita bahas tips memilih dompet yang agara kamu tidak salah dalam memiliki dompet.

1. Pilih yang Sesuai dengan Kebutuhan

Setiap orang memiliki aktivitas dan kesibukan yang berbeda. Perbedaan tersebut menjadikan setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda pula. Pemilihan dompet yang bijak adalah yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Misalkan saja kamu seseorang yang memiliki banyak kartu anggota organisasi dan ATM, maka kamu perlu memilih dompet yang menyediakan slot kartu dalam jumlah banyak. Misalkan kamu seorang yang banyak berurusan dengan cek dan giro, maka dompet giro pasti kamu butuhkan. Kamu yang suka membawa uang koin kemana-mana, perlu untuk memiliki dompet koin.

Membeli dompet sesuai kebutuhan tidak akan membuatmu menyesal. Karena pada akhirnya dompet akan kamu isi dengan hal-hal yang kamu butuhkan ketika beraktivitas di luar rumah.

2. Pilih Warna Sesuai Karakter

Warna yang kamu sukai mungkin dipengaruhi oleh karaktermu sebab warna merupakan salah satu cerminan karakter seseorang. Kebanyakan pria lebih memilih dompet yang berwarna netral seperti hitam, abu-abu, dan coklat. Warna netral menggambarkan kepribadian yang pendiam, sedikit misterius, dan elegan. Warna netral juga cocok untuk dipadukan dengan outfit warna apapun.

Sementara untuk wanita, warna dompet yang digunakan banyak macamnya. Kamu yang suka warna cerah biasanya memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Jadi, warna dompet yang kamu pilih, sesuaikan dengan karaktermu ya.

3. Cek Setiap Jahitan pada Dompet

Dalam membeli dompet, kamu harus meneliti kualitasnya hingga detail, termasuk jahitannya. Beberapa dompet tampak bagus namun di beberapa bagian jahitannya kurang menutup sempurna. Tentu jahitan yang kurang sempurna tersebut menganggumu kan? Bahkan kamu bisa merasa kurang percaya diri karena jahitan dompetmu kurang bagus.

Semakin bagus kualitas dompet, semakin bagus pula jahitannya. Kualitas dompet yang bagus seakan memberikan garansi bahwa dompet tersebut dikerjakan dengan pengawasan yang teliti.

4. Perhatikan Kualitas Bahan

Budget setiap orang memang berbeda untuk membeli dompet. Ada yang menyediakan budget tinggi, ada juga yang secukupnya karena menyesuaikan dengan kebutuhan lainnya. Meskipun budget menyesuaikan dengan kebutuhan, kamu tetap harus memperhatikan kualitas dompet yang akan kamu beli.

Kualitas yang perlu diperhatikan meliputi warnanya sudah pudar atau masih terang. Tentu nggak asyik kalau kamu mengeluarkan dompet yang warnanya sudah pudar. Jahitannya sempurna atau tidak, tentu nggak ingin kan kamu menampakkan dompet yang jahitannya tidak karuan.

Resletingnya pastikan masih berfungsi karena membawa dompet yang tidak bisa ditutup resletingnya kurang aman. Pastikan juga badannya tidak ada yang tergores atau sobek, sebab membawa dompet yang sobek kurang sedap dipandang. Dan pastikan juga slot kartu tidak ada yang sobek, karena kalau sobek kuatir kartumu hilang.

Kesimpulan

Keberadaan dompet sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun dompet bukanlah kebutuhan primer, namun keberadaan dompet dapat menjadikan aktivitasmu di luar rumah menjadi lebih aman dan praktis. Bayangkan saja jika kamu keluar belanja tanpa dompet, kamu akan kerepotan mengambil uang. Belum lagi kalau uang tercecer.

Berdasarkan material utamanya, dompet terbagi menjadi beberapa macam. Pertama, dompet kulit yang terbagi lagi menjadi dompet kulit sapi, kulit kambing, kulit buaya, kulit ular, dan kulit ikan pari. Kedua, dompet taiga yang merupakan perkembangan dari dompet kulit. Dompet taiga ini mudah dibersihkan apabila terkena noda.

Ketiga, dompet clemence yang sebenarnya berasal dari kulit anak sapi jantan. Teksturnya yang seperti butiran yang dibuat dengan benjolan halus yang lentur dan datar, menjadikannya tampak berbeda dengan dompet kulit lainnya. Oleh karena itu bahan ini tidak dikategorikan sebagai dompet kulit.

Keempat, dompet suede yang berasal dari kulit yang dibalik sebelum proses penyamakan. Bahan ini sangat mirip dengan beludru atau sejenis kain namun tetap saja berbeda. Bahan suede cenderung memiliki bulu yang lebih sedikit.

Kelima, dompet denim atau kain. Kini, denim tidak hanya digunakan untuk bahan pakaian. Teksturnya kokoh dan terlihat simpel. Dompet bahan ini digemari oleh anak muda.

Grameds, demikian ulasan mengenai harga dompet di Gramedia serta beragam jenis dompet yang bisa menambah pengetahuanmu dalam memilih dompet yang kamu butuhkan. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia siap menemani aktivitasmu dengan dompet-dompet pilihanterbaik yang bisa kamu dapatkan di gramedia.com. Gramedia juga menyediakan beragam buku yang bisa membuatmu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Mutiani Eka Astutik

BACA JUGA:

  1. Selain Buku, Ini Barang yang Dijual di Gramedia.com
  2. Tas yang Cocok untuk Menemani Aktivitas Kamu!
  3. 15 Rekomendasi Tas Ransel Laptop Terbaik
  4. 10 Perlengkapan Anak Sekolah yang Wajib Dimiliki
  5. Macam Alat Tulis Kantor: Sejarah, Gambar, dan Pendukungnya
  6. Alat Tulis dan Peralatan Kuliah yang Diperlukan
  7. Alat Musik Keyboard dan Rekomendasi Terbaik

Written by Ananda