in

Pengertian Jamet dan Istilah Gaul Lainnya

Pasti kita pernah mendengar kata jamet, terutama di aplikasi media sosial yang sedang populer seperti TikTok. Namun, meski istilah jamet sering ditemukan di media sosial, masih banyak juga orang yang mempertanyakan apa arti dari jamet. Bahkan, pertanyaan mengenai pengertian jamet menjadi salah satu topik yang paling banyak dicari di Google sepanjang tahun 2021.

Istilah jamet sendiri sebetulnya sudah eksis sedari dulu, hanya saja baru populer lagi digunakan akhir-akhir ini, karena sempat viral di aplikasi TikTok. Kata jamet sendiri merupakan kependekan dari ‘Jajal Metal’ atau ada juga yang mengartikannya sebagai ‘Jawa Metal’.

Menggali Pundi-Pundi Lewat Tren Sosial Media

tombol beli buku

Jika mencari pengertian jamet di Kamus Besar Bahasa Indonesia, tidak akan ditemukan kata tersebut. Oleh sebab itu, istilah jamet masuk ke dalam kategori bahasa gaul yang diciptakan oleh masyarakat. Makna kata Jajal Metal atau Jawa Metal bukan untuk mendiskreditkan suatu kelompok atau ras tertentu.

Makna kata jamet merupakan seseorang yang ingin keren dengan bergaya seperti anak metal. Istilah jamet banyak diberikan kepada mereka yang terlihat secara fisik penampilannya seperti anggota band metal, dengan menggunakan aksesoris, pakaian, dan riasan khas anak metal, tetapi penampilan tersebut justru tidak memberikan kesan yang keren. Sebaliknya, kesan yang timbul ketika melihat seseorang tersebut jauh dari kata keren, sehingga masyarakat menilai hal tersebut perlu diberikan julukan tersendiri.

Ciri-ciri penampilan seseorang yang disebut jamet biasanya memiliki rambut panjang atau gondrong, rambut tersebut diwarnai mencolok,menggunakan pakaian yang tidak matching atau serba hitam, menggunakan tindik, sering berkumpul dengan alasan yang tidak jelas bersama sekumpulan orang yang berpenampilan serupa, dan menggunakan aksesoris ala anak metal yang berlebihan.

Pengertian jamet sendiri kembali ramai diperbincangkan dan menjadi viral di Tiktok, karena kemunculan tren goyang DingDing Padingding yang menunjukkan beberapa video di Tiktok, di mana kebanyakan orang yang ikut serta melakukan tren goyang ini memiliki penampilan yang serupa, yakni memiliki rambut gondrong dan menggunakan pakaian bergaya metal.

Istilah jamet juga sering ditambahkan dengan predikat ‘kuproy’, sehingga menjadi ‘jamet kuproy’. Kata kuproy sendiri merupakan kependekan dari ‘kuli proyek’, yang diasosiasikan oleh masyarakat bahwa mereka yang disebut jamet memiliki pekerjaan sebagai kuli proyek.

Sekali lagi, istilah ini hanya istilah gaul saja yang tidak bermaksud untuk merendahkan pihak dan profesi mana pun. Kebebasan berekspresi dalam menampilkan konten menjadi hak semua orang, selama kebebasan tersebut tidak melanggar norma dan hukum yang berlaku di masyarakat.

Setiap orang juga memiliki kebebasan untuk menyatakan pendapatnya, tak terkecuali dalam platform bebas seperti media sosial. Maka itu, istilah-istilah gaul seperti jamet ini pun bisa muncul. Namun, perlu ditekankan juga bahwa penggunaan istilah ini harus dipertimbangkan secara bijak oleh masyarakat, dan tidak boleh digunakan dengan niat untuk menjatuhkan atau merendahkan orang lain.

Nah, sekarang Grameds sudah tahu kan pengertian dari istilah jamet. Selain pengertian istilah jamet dan jamet kuproy, masih banyak istilah gaul lainnya yang bisa Grameds pelajari agar bisa mengerti perbincangan yang ada di media sosial dan juga agar Grameds bisa menggunakannya. Berikut adalah uraiannya.

Kamus Gaul Percakapan Bahasa Inggris-Republish

tombol beli buku

Istilah Gaul Lainnya

1. Anjir

Anjir merupakan sebuah kata yang diungkapkan ketika mendengar atau melihat sesuatu yang mengejutkan atau dianggap luar biasa dan menimbulkan kesan yang ‘wah’. Kata anjir sendiri bisa digunakan ke dalam berbagai ekspresi seperti marah, bingung, sedih, terkejut, senang, takut, dan lain sebagainya.

2. Ambyar

Kata ambyar diambil dari Bahasa Jawa dan memiliki arti harafiah dari kata tersebut, yaitu hancur. Istilah ini biasa digunakan ketika merasakan perasaan sakit hati atau menemukan sesuatu yang ‘pecah’ atau sangat seru.

3. Bokis

Kata bokis memiliki makna berbohong.

4. Bokek

Bokek berarti sedang tidak memiliki uang. Ada juga yang mengartikan kata bokek sebagai kependekan dari ‘bocah kere’.

5. Bucin

Bucin merupakan kependekan dari ‘Budak Cinta’, yang diberikan pada seseorang yang banyak menghabiskan waktu untuk pacaran atau sangat patuh terhadap pasangannya.

6. Bosque

Kata bosque merupakan plesetan dari kata ‘bosku’. Kata ini biasa digunakan ketika menjawab perintah atau saran dari seseorang.

7. Bad Mood

Istilah ini memiliki arti harafiah dari terjemahan Bahasa Inggris yang diungkapkan ketika sedang tidak dalam keadaan yang baik-baik saja, seperti merasa sedih, galau, bete, dan lain sebagainya.

8. Bro atau Bray

Istilah ini diambil dari kata dalam Bahasa Inggris, yaitu ‘Brother‘, yang digunakan untuk memanggil teman yang sangat akrab layaknya saudara laki-laki sendiri.

9. Cans

Cans merupakan plesetan dari kata ‘cantik’.

10. Curcol

Curcol merupakan kependekan dari ‘curhat colongan’, yang digunakan ketika ingin bercerita secara singkat atau tiba-tiba curhat di tengah pembicaraan.

11. Caper

Caper merupakan kependekan dari ‘cari perhatian’, yang biasanya disematkan bagi mereka yang melakukan hal-hal yang menarik perhatian, tapi menimbulkan kesan yang kurang enak.

12. DM

DM merupakan akronim dari ‘Direct Message’ yang merupakan salah satu fitur yang ada di media sosial, yang digunakan ketika meminta respon melalui penggunaan fitur tersebut.

13. Edun

Edun merupakan plesetan dari kata ‘edan’ yang berarti gila.

14. FYI

FYI merupakan akronim dari ‘For Your Information’, yang digunakan ketika ingin memberikan sebuah informasi.

15. Garing 

Garing merupakan istilah yang berarti tidak lucu, biasanya digunakan ketika merespon suatu lelucon yang tidak lucu.

16. Gans

Seperti istilah cans, kata gans merupakan plesetan dari kata ‘ganteng’.

17. Gabut

Gabut merupakan kependekan dari ‘gaji buta’, yang berarti tidak melakukan pekerjaan tapi mendapat penghasilan. Ada juga yang mengartikan kata gabut sebagai bosan.

18. Galau

Galau berarti sedang dalam keadaan yang gundah gulana, bimbang, resah, atau patah hati.

19. Goks

Goks merupakan plesetan dari kata ‘gokil’ yang berarti terkejut karena hal yang luar biasa.

20. Gils

Gils merupakan plesetan dari kata ‘gila’.

21. Gaje

Gaje merupakan kependekan dari kata ‘gak jelas’.

22. Gemoy atau Gemay

Gemoy atau gemay merupakan plesetan dari kata ‘gemas’

23. Generasi Micin

Istilah generasi micin digunakan untuk menyebut anak-anak zaman sekarang yang suka berperilaku berlebihan atau berperilaku bodoh.

24. GWS

GWS merupakan akronim dari istilah Bahasa Inggris, yaitu ‘Get Well Soon’ yang berarti cepat sembuh.

25. Halu

Halu merupakan kependekan dari kata ‘halusinasi’ yang biasa digunakan ketika melihat seseorang yang berharap terlalu tinggi seperti sedang berhalusinasi.

26. Hoax 

Hoax diambil dari kata dalam Bahasa Inggris yang memiliki arti harafiah yaitu berita palsu yang tidak benar.

27. Istimiwir

Istimiwir merupakan plesetan dari kata ‘istimewa’

28. Jamet

Jamet merupakan kependekan dari ‘jajal metal’ atau ‘jawa metal’ yang digunakan ketika melihat seseorang yang berpenampilan seperti anak metal dan bergaya sok keren.

29. Japri

Japri merupakan singkatan dari ‘jalur pribadi, yang digunakan ketika meminta untuk melakukan percapakan secara personal. Ada juga yang mengartikan sebagai ‘jaringan pribadi’.

30. Kuy

Istilah kuy merupakan kata ‘yuk’ yang dibalik susunan hurufnya, yang digunakan ketika mengajak untuk melakukan sesuatu.

31. Kepo

Kepo merupakan akronim dari istilah Bahasa Inggris, yaitu ‘Knowing Every Particular Object’, yang disematkan pada orang yang terlalu banyak bertanya dan ingin tahu segala hal.

32. Kuper

Kuper merupakan kependekan dari ‘kurang pergaulan’ yang berarti wawasannya kurang luas tentang hal-hal populer.

33. Komuk

Istilah komuk diartikan sebagai muka. Ada juga yang mengartikan sebagai kependekan dari ‘kontrol muka’ yang digunakan ketika memberi tahu untuk mengontrol ekspresi wajah atau menyatakan bahwa ekspresi wajahnya tidak terkontrol.

34. Leh Uga

Leh Uga merupakan plesetan dari ‘boleh juga’.

35. LOL

LOL merupakan akronim dari istilah Bahasa Inggris, yaitu ‘Laugh Out Loud’ yang berarti sangat lucu.

36. Monmaap

Monmaap merupakan plesetan dari ‘mohon maaf’ yang memiliki arti harafiah, tetapi dengan menimbulkan kesan yang cuek.

37. Meneketehe

Meneketehe merupakan plesetan dari ‘mana ku tahu’ yang artinya tidak tahu.

38. Modus

Modus merupakan kependekan dari ‘modal dusta’ yang disebutkan kepada seseorang yang memiliki niat terselubung. Biasanya digunakan dalam konteks pendekatan secara romantis.

39. Mager

Mager merupakan singkatan dari ‘males gerak’.

40. Mainstream

Mainstream merupakan istilah yang memiliki arti hal tersebut sudah sangat umum dan banyak yang melakukannya.

41. Mantul

Mantul merupakan plesetan dari kata ‘mantap’.

42. Ntaps

Ntaps juga merupakan plesetan dari kata ‘mantap’.

43. Ngab

Ngab merupakan istilah dari kata ‘bang’ yang dibalik susunan hurufnya. Biasanya digunakan untuk memanggil seorang pria yang baru kenal atau lebih tua.

44. Nolep

Nolep merupakan plesetan dari istilah Bahasa Inggris, yaitu ‘no life’, yang disematkan kepada orang-orang yang terlihat tidak memiliki kegiatan dan tidak memiliki kehidupan.

45. Negara ber-flower

Negara ber-flower memiliki arti ‘negara berkembang’, karena flower dalam Bahasa Indonesia merupakan bunga atau kembang.

46. OMG

OMG merupakan akronim dari istilah Bahasa Inggris ‘Oh My God’ yang digunakan untuk mengekspresikan rasa terkejut.

47. OTW

OTW merupakan akronim dari istilah Bahasa Inggris ‘On The Way’ yang berarti sedang dalam perjalanan.

48. PHP

PHP merupakan akronim dari ‘Pemberi Harapan Palsu’, yang diberikan kepada mereka yang melakukan sesuatu yang memberi harapan, tetapi kemudian menghancurkan harapan tersebut.

49. PM

PM merupakan akronim dari istilah Bahasa Inggris ‘Personal Message’ atau ‘Private Message’ yang berarti meminta untuk melakukan percakapan di jalur pribadi.

50. Pansos

Pansos merupakan kependekan dari ‘panjat sosial’, yang diberikan kepada mereka yang terlihat ingin dekat dengan seseorang yang populer agar dapat ikut populer juga.

51. Pewe

Pewe merupakan kependekan dari ‘posisi wenak’, yang berarti posisi saat ini sedang enak dan malas untuk bergerak.

52. Receh

Istilah receh disematkan bagi seseorang yang sangat mudah untuk tertawa, bahkan saat mendengar hal lucu yang kecil atau lelucon yang kurang lucu.

53. Rebahan

Rebahan memiliki arti tiduran atau sedang bermalas-malasan.

54. Rempong

Rempong merupakan plesetan dari kata ‘repot’ yang berarti ribet.

55. Sabi

Sabi diambil dari kata ‘bisa; yang ejaannya dibalik.

56. Savage

Istilah savage berasal dari kata dalam Bahasa Inggris yang berarti ‘ganas’. Biasanya istilah ini digunakan ketika ada suatu peristiwa luar biasa yang membuat tercengang. Sering juga digunakan untuk menyebut momen pembalasan dendam.

57. Santuy

Santuy merupakan plesetan dari kata ‘santai’.

58. Sans

Sans juga merupakan plesetan dari kata ‘santai’.

59. Sefruit

Sefruit memiliki arti ‘sebuah’. Istilah ini merupakan plesetan dari kata dalam Bahasa Inggris, yaitu ‘fruit’ yang berarti ‘buah’, dan ditambahkan imbuhan awalan ‘se-’.

60. Sekut

Sekut memiliki arti ciut, takut, panik, atau bingung. Namun, ada juga yang mengartikan istilah sekut sebagai ‘ayo ikut’, yang menyetujui ajakan dari seseorang.

61. Songong

Songong memiliki arti sombong.

62. Sambat

Istilah sambat diambil dari kata dalam Bahasa Jawa yang berarto mengeluh.

63. Sotoy

Sotoy merupakan plesetan dari ‘sok tahu’.

64. Typo

Typo memiliki arti ada kesalahan dalam penulisan.

65. Unyu

Istilah unyu digunakan untuk menyebut suatu hal atau seseorang yang lucu, imut, atau menggemaskan.

66. VC

VC merupakan akronim dari kata dalam Bahasa Inggris yang berarti ‘Video Call’.

67. Woles

Woles merupakan plesetan dari kata ‘selow’ yang susunan hurufnya dibalik. Kata ‘selow’ sendiri diambil dari kata Bahasa Inggris, yaitu ‘slow‘. Istilah ini berarti santai saja.

68. Yauds

Yauds merupakan plesetan dari kata ‘yaudah’ atau ‘ya sudah’.

69. YXGK

YXGK merupakan akronim dari istilah gaul ‘Ya Kali Ga Kuy’, yang memiliki arti masa tidak mau ikut.

Nah, berikut penjelasan mengenai pengertian istilah jamet dan juga istilah gaul lainnya. Semoga pengertian jamet dan istiah lainnya di atas bisa bermanfaat bagi Grameds, untuk dapat memahami konten-konten yang ada di media sosial, dan juga Grameds dapat menggunakan istilah tersebut dalam media sosial ataupun percakapan sehari-hari.Jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan dengan bijak ketika menggunakan istilah gaul tersebut. Bagi Grameds yang ingin untuk mempelajari istilah-istilah gaul lainnya, kalian bisa mempelajarinya dengan cara membaca sejumlah referensi dari internet atau membaca buku yang tersedia di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berusaha untuk menyediakan informasi terbaik dan terbaru untuk kamu.

Kamus Pintar Super Gaul, for Daily Conversations Inggris-Indonesia

Beli Buku di Gramedia

Jamet artinya apa bahasa gaul?

Jamet merupakan kependekan dari 'jajal metal' atau 'jawa metal' yang digunakan ketika melihat seseorang yang berpenampilan seperti anak metal dan bergaya sok keren.

Apa ciri ciri jamet?

Ciri-ciri jamet : Rambutnya dicat merah atau abu-abu. Gaya rambut yang berlaga anak rocker. Suka gaya-gayaan sendiri/narsis.

Apa arti ygy dlm bahasa gaul?

YGY merupakan singkatan dari 'Ya Guys Ya', 'Ya Ges Ya', atau 'Ya Gaes Ya'. Bahasa gaul ini biasanya dipakai untuk meyakinkan orang lain untuk membenarkan sebuah argumen. YGY sering dipakai oleh anak muda untuk dijadikan keterangan dalam kontennya.

Apa arti dari kata Cepu?

Sementara itu, cepu dalam bahasa gaul atau istilah populer masa kini memiliki arti 'tukang ngadu. ' Cepu sama dengan mengadukan atau melaporkan suatu hal yang sebenarnya bersifat privasi dan rahasia ke pihak lain yang tak seharusnya mengetahui hal tersebut.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Gabriel