in

20 Paket Darurat Telkomsel Yang Wajib Diketahui Pengguna Telkomsel

Paket darurat Telkomsel – Di dunia yang semakin dipenuhi oleh teknologi ini, Grameds harus mengakui bahwa keberadaan HP sudah menjadi bagian penting dari hidup kalian. Terlebih di era di mana kalian sudah bisa mengakses berbagai macam hal dengan menggunakan teknologi internet yang pasti tersedia untuk HP masing-masing.

Untuk mengakses internet, ada kemungkinan kalian lebih sering menggunakan WiFi dari rumah, kantor atau kampus tempat kalian berada. Dengan ini, kalian bisa menghemat penggunaan pulsa dan paket data untuk HP kalian agar bisa menggunakannya suatu waktu jika memang diperlukan.

Namun, bisa jadi ada di antara Grameds yang lebih sering beraktivitas di luar ruangan dan tidak memiliki akses untuk WiFi. Dengan ini, kalian harus lebih memperhatikan penggunaan pulsa dan data untuk HP agar sesuai dengan kebutuhan serta tidak lekas habis.

Ada kalanya kalian terpaksa harus menggunakan lebih banyak data atau pulsa karena suatu keadaan. Akibatnya, kalian tidak lagi memiliki pulsa atau data yang cukup untuk mengakses internet ketika berada di luar ruangan dan harus mengandalkan WiFi di dalam ruangan.

Namun, Grameds mungkin juga sudah mengetahui keberadaan paket darurat, yang bisa “menyelamatkan” kalian ketika sedang berada di luar ruangan. Artikel ini akan secara spesifik membahas kuota darurat Telkomsel mulai dari jenis kuota darurat sampai cara mengaktivasi kuota darurat ini.

Apa Itu Paket Darurat Telkomsel? 

Wikipedia

Bagi yang belum tahu, pada dasarnya paket darurat Telkomsel adalah paket yang bisa diaktifkan oleh para pengguna kartu Telkomsel jika mereka sedang kehabisan pulsa, namun memerlukan pulsa tersebut untuk melakukan kegiatan seperti mengakses internet atau melakukan telepon.

Paket darurat Telkomsel memungkinkan penggunanya untuk melakukan hal-hal yang sudah disebutkan di atas meskipun mereka tidak mempunyai pulsa cukup. Nantinya, pulsa ini akan dibayarkan setelah para pengguna Telkomsel melakukan isi ulang untuk pulsa mereka.

Dan karena statusnya sebagai paket darurat, umumnya durasi penggunaannya tidak akan lama. Grameds yang memakai kartu Telkomsel biasanya hanya bisa menggunakan paket darurat ini dalam kurun waktu 1 hari sampai paling maksimal selama 3 hari.

 

Paket Darurat Telkomsel

Di sini, ada banyak sekali pilihan paket darurat Telkomsel yang bisa orang-orang pilih sesuai dengan kebutuhan mereka saat itu. Jika ditotal, maka akan ada 20 paket darurat Telkomsel yang memungkinkan penggunanya mengakses internet atau menelepon orang lain.

Paket-paket darurat ini juga dibedakan dari berbagai macam faktor mulai dari jumlah kuota yang akan didapatkan pengguna, durasi penggunaan paket darurat dan tentunya, harga dari paket darurat ini. Jadi, Grameds tidak perlu bingung mencari paket darurat yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Perlu diketahui paket darurat Telkomsel ini dibagi ke dalam 3 kategori, yaitu paket combo, paket internet dan paket telepon. Penjelasan mengenai setiap paket mulai dari harga, kuota sampai dengan durasi penggunaan akan dijelaskan secara mendetail di bawah ini.

1. Paket Combo

Adapun yang dimaksud dengan paket combo di sini adalah pengguna Telkomsel bisa membeli paket darurat untuk mengakses internet, mengirim SMS dan melakukan panggilan telepon. Ada setidaknya 11 paket combo yang bisa dipilih oleh pengguna Telkomsel. Di bawah ini merupakan tabel untuk penjabarannya.

Harga Paket Masa Berlaku Kuota Internet Kuota Telepon Kuota SMS
Rp. 1000 1 hari 30 MB 5 menit 10 SMS
Rp. 3000 1 hari 300 MB 75 menit 30 SMS
Rp. 3500 1 hari 300 MB 5 menit 10 SMS
Rp. 5000 1 hari 500 MB 75 menit 30 SMS
Rp. 6000 2 hari 500 MB 5 menit 10 SMS
Rp. 7000 2 hari 750 MB 75 menit 30 SMS
Rp. 8000 2 hari 800 MB 10 menit 20 SMS
Rp. 10.000 2 hari 1 GB 75 menit 30 SMS
Rp. 12.000 2 hari 1,2 GB 50 menit 50 SMS
Rp. 13.000 2 hari 1,6 GB 35 menit 50 SMS
Rp. 15.000 3 hari 1,5 GB 50 menit 50 SMS

 

2. Paket Internet

Sesuai dengan namanya, paket internet ini memungkinkan penggunanya untuk mengakses internet dalam keadaan tanpa pulsa, cocok untuk pengguna yang lebih sering mengakses internet dalam berbagai situasi. Setidaknya ada 5 paket darurat Telkomsel untuk internet. Harga dan kuota yang didapatkan akan memiliki jumlah sebagai berikut.

Harga Paket Masa Berlaku Kuota Internet
Rp. 6500 1 hari 650 MB
Rp. 14.000 1 hari 2 GB
Rp. 14.000 2 hari 1 GB
Rp. 24.000 3 hari 2 GB
Rp. 27.000 3 hari 2,5 GB

3. Paket Telepon

Paket darurat terakhir yang dimiliki Telkomsel adalah paket telepon, yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan telepon ke sesama pengguna Telkomsel tanpa memerlukan pulsa. Ada 4 paket telepon dalam keadaan darurat dan informasi lebih mendetail akan dijelaskan pada tabel di bawah ini.

Harga Paket Masa Berlaku Kuota Telepon
Rp. 3000 1 hari 30 menit
Rp. 5000 1 hari 50 menit
Rp. 7000 2 hari 70 menit
Rp. 10.000 3 hari 100 menit

Cara Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel

Telkomsel

Bagaimana, Grameds? Dengan banyaknya paket darurat yang ditawarkan oleh Telkomsel, seharusnya kalian bisa memilih paket mana yang sesuai dengan kebutuhan kalian andai saja kalian sedang tidak memiliki pulsa namun tetap perlu beraktivitas menggunakan HP kalian.

Pertanyaan yang muncul selanjutnya mungkin terkait dengan cara melakukan aktivasi paket darurat Telkomsel ini. Karena, tidak ada untungnya bukan jika kalian sudah mengetahui berbagai jenis paket darurat dari Telkomsel tetapi tidak bisa melakukan aktivasi terhadap paket-paket ini.

Beruntungnya, terdapat banyak sekali cara untuk melakukan aktivasi terhadap paket darurat. Jadi, Grameds bisa mengaktifkan paket darurat Telkomsel menggunakan metode-metode ini sesuai dengan preferensi atau situasi kalian pada saat kehabisan pulsa.

Setidaknya ada 5 cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan paket darurat Telkomsel ini, mulai dari menggunakan aplikasi, mengirim SMS, UMB, memakai media sosial sampai menelepon operator. Deskripsi aktivasi akan dijelaskan pada paragraf di bawah ini.

1. Melalui MyTelkomsel

Jika Grameds belum tahu, MyTelkomsel adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna Telkomsel untuk melakukan berbagai macam hal seperti mengisi ulang pulsa, membeli paket dan hal-hal lainnya. Aplikasi MyTelkomsel juga memungkinkan penggunanya mengaktifkan kuota darurat. Berikut langkah-langkahnya:

  • Membuka aplikasi MyTelkomsel dan mencari menu “Rekomendasi untuk Pelanggan” atau “Special for You”.
  • Memilih bagian “Paket Darurat” dan mencari paket sesuai dengan kebutuhan kalian.
  • Menunggu konfirmasi dari SMS 5050. Pulsa akan dipotong setelah melakukan isi ulang.

2. Melalui SMS

Grameds yang merupakan pengguna Telkomsel juga bisa mengaktifkan paket darurat melalui SMS. Yang pasti, caranya akan berbeda dibandingkan dengan menggunakan MyTelkomsel di atas. Grameds bisa baca langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Mencari penawaran paket darurat di inbox SMS dari nomor 5050 jika kuota sudah habis.
  • Mengikuti instruksi yang diberikan dari nomor 5050 untuk mengaktifkan paket darurat.
  • Menunggu konfirmasi dari SMS 5050. Pulsa akan dipotong setelah melakukan isi ulang.

3. Melalui UMB

UMB adalah layanan yang disediakan oleh operator telekomunikasi seperti Telkomsel agar pelanggan dapat mengakses layanan dari kartu tersebut, termasuk juga untuk mengakses dan mengaktifkan paket darurat. Berikut cara mengaktifkan paket darurat dengan menggunakan UMB.

  • Memencet nomor *505# pada telepon agar bisa mengakses UMB Telkomsel.
  • Memilih pilihan angka “1” pada UMB untuk mengaktifkan paket darurat Telkomsel.
  • Menunggu konfirmasi dari SMS 5050. Pulsa akan dipotong setelah melakukan isi ulang.

4. Melalui Facebook

Percaya atau tidak, Facebook bisa menjadi media sosial untuk mengaktifkan paket darurat Telkomsel. Cara ini memang terbilang unik dan cocok bagi orang-orang yang memang aktif menggunakan media sosial ini. Jadi, mereka bisa mengaktifkan paket darurat memakai media sosial favorit.

  • Membuka aplikasi Facebook di HP. Bisa juga membuka situs Facebook dari browser HP.
  • Memilih bagian “beli data” di bagian kanan atas tampilan Facebook dan memilih paket darurat Telkomsel.
  • Menunggu konfirmasi dari SMS 5050. Pulsa akan dipotong setelah melakukan isi ulang.

5. Melalui Telepon

Dan cara terakhir untuk mengaktifkan paket darurat adalah dengan menelepon seseorang. Aktivasi baru bisa dilakukan jika pulsa kalian sedang tidak mencukupi untuk menelepon dan nantinya kalian akan mendengarkan notifikasi langsung dari bot Telkomsel. Berikut langkah-langkahnya.

  • Menelepon seseorang dan menunggu tawaran pemesanan kuota darurat Telkomsel.
  • Menekan angka 1 sebagai tanda persetujuan pembelian kuota darurat Telkomsel.
  • Menunggu konfirmasi dari SMS 5050. Pulsa akan dipotong setelah melakukan isi ulang.

Syarat Dan Ketentuan Menerima Kuota Darurat

YouTube

Meskipun ada banyak jenis paket darurat Telkomsel dan berbagai cara untuk melakukan aktivasi paket ini, perlu Grameds garis bawahi kalau ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dimiliki oleh pengguna Telkomsel sebelum bisa mengaktifkan paket darurat.

Tidak menutup kemungkinan kalau ada dari Grameds yang sudah berpikir bahwa syarat dan ketentuan ini akan membebankan kalian sebagai pelanggan kartu Telkomsel sehingga mau tidak mau kalian harus memperhatikan betul penggunaan pulsa dan kuota agar tidak perlu mengaktifkan paket darurat.

Namun, kenyataannya syarat dan ketentuan yang akan disampaikan ini seharusnya sudah dipenuhi banyak orang khususnya kalian yang sudah merupakan pelanggan lama dari Telkomsel. Syarat dan ketentuan untuk mengaktifkan layanan paket darurat Telkomsel bisa kalian baca di bawah ini:

  • Paket darurat hanya berlaku untuk pelanggan Telkomsel dengan kartu PraBayar.
  • Pelanggan hanya bisa mengaktifkan paket darurat setelah aktif menggunakan kartu Telkomsel lebih dari 60 hari.
  • Ketika mengaktifkan paket darurat, pelanggan tidak sedang memiliki paket darurat yang belum dikembalikan.
  • Pelanggan wajib memenuhi kriteria frekuensi dan jumlah pengisian pulsa serta penggunaan rata-rata bulanan.
  • Pelanggan yang melakukan isi ulang selain pulsa tidak bisa memotong untuk membayar paket darurat.
  • Layanan paket darurat Telkomsel hanya dapat diaktifkan di Indonesia.
  • Skema dan masa aktif paket darurat akan dikonfirmasi pada awal pembelian paket.

Paket Internet Telkomsel Lainnya

Wikipedia

Sebagai penutup artikel ini, kita juga akan membahas paket internet kartu Telkomsel lainnya. Di sini, bisa saja ada di antara Grameds yang mungkin sedang memakai kartu lain dan tertarik untuk berganti menjadi Telkomsel karena beberapa alasan tertentu.

Telkomsel sendiri merupakan salah satu kartu yang paling populer di Indonesia. Banyak orang yang menggunakan jasa Telkomsel karena harganya yang cukup terjangkau serta fakta kalau sinyal Telkomsel bisa menjangkau beberapa wilayah yang cukup terpencil di seluruh pelosok Indonesia.

Di sini, Grameds akan mencoba membandingkan harga paket internet Telkomsel dengan kartu lainnya. Mungkin saja, ini bisa menjadi pertimbangan bagi kalian untuk pindah kartu karena mencari yang lebih murah. Berikut daftar paket internet Telkomsel lainnya.

Internet Sakti

Paket 7 Hari:

  • 5 GB: Rp. 17.000
  • 8 GB: Rp. 26.000
  • 9 GB: Rp. 29.000
  • 15 GB: Rp. 44.000

Paket 30 Hari:

  • 22 GB: Rp. 61.000
  • 26 GB: Rp. 70.000
  • 35 GB: Rp. 81.000
  • 41 GB: Rp. 102.000

Paket di atas pada dasarnya merupakan paket internet saja tanpa ada embel-embel lain seperti kuota menelepon, mengirim SMS, berlangganan aplikasi dan sebagainya. Kuota di atas memang dikhususkan bagi mereka yang memakai internet keseharian dan belum tentu mendapatkan akses WiFi.

Namun, jika Grameds tertarik untuk mencoba paket lainnya, kalian tidak perlu khawatir. Telkomsel masih banyak menyediakan paket internet lain yang cocok untuk kalian. Beberapa sudah tergabung dengan kuota telepon, berlangganan aplikasi atau bahkan kuota tambahan untuk melakukan kegiatan seperti streaming atau bermain game.

Kesimpulan

Sebelum kita sepenuhnya mengakhiri artikel mengenai paket darurat Telkomsel, akan ada kesimpulan yang berbentuk seperti poin-poin untuk kembali membahas apa saja yang sudah kalian pelajari dan pahami dari tulisan di atas. Berikut kesimpulan dari artikel ini:

  • Penting bagi seseorang, khusunya yang tidak mempunyai akses WiFi untuk mengetahui pulsa dan kuota internet yang mereka miliki agar tetap bisa melakukan kegiatan memakai HP.
  • Telkomsel menyediakan paket darurat yang berfungsi agar penggunanya bisa melakukan kegiatan seperti mengakses internet dan menelepon ketika sedang tidak ada pulsa.
  • Setidaknya ada 20 jenis paket darurat milik Telkomsel yang bisa dipilih oleh penggunanya sesuai dengan harga, durasi aktivasi serta jumlah kuota yang ditawarkan dari paket tersebut.
  • Aktivasi paket darurat juga bisa dilakukan melalui berbagai macam cara, mulai dari memakai aplikasi MyTelkomsel, mengirim SMS, UMB, melalui Facebook sampai dengan menelepon orang lain.
  • Ada juga beberapa syarat dan ketentuan yang harus dimiliki oleh pengguna Telkomsel sebelum bisa memakai paket darurat. Meskipun begitu, syarat dan ketentuan ini tidak sulit untuk dipenuhi dan bisa dilakukan oleh pengguna Telkomsel veteran.

Berakhir sudah artikel yang membahas mengenai paket darurat Telkomsel. Semoga Grameds yang merupakan pengguna Telkomsel tidak lagi perlu khawatir ketika kalian sedang kehabisan pulsa, karena kalian sekarang sudah mengetahui adanya paket darurat dan memanfaatkannya di saat-saat genting.

Kami, Gramedia, #SahabatTanpaBatas, selalu berharap kalau buku-buku yang kami tawarkan dan sajikan bisa menambah wawasan kalian.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: M. Adrianto S. 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy