in

11 Cara Membuka Sandi HP Yang Lupa, Mudah Dilakukan dan Dijamin Sukses

Cara membuka sandi HP yang lupa – Kemajuan teknologi yang semakin maju menjadikan setiap produknya memiliki tingkat keamanan yang begitu baik. Bahkan, saat ini proses kunci ponsel saja sudah memiliki beberapa pilihan. Mulai kunci dengan sistem biasa, kunci melalui sidik jari, bahkan hingga ada juga kunci menggunakan pola atau kata sandi tertentu.

Beberapa pilihan keamanan tersebut ditujukan agar privasi yang ada di dalam ponsel tersebut tidak bisa diketahui oleh siapapun selain pemilik ponsel tersebut. Tentunya setiap orang tidak ingin setiap privasi yang ada di ponsel mereka diketahui oleh orang lain karena memang sifatnya rahasia.

Dengan adanya sistem keamanan yang begitu ketat menjadikan banyak orang begitu terbantu untuk menjaga kerahasiaan pribadi yang ada di dalam ponsel. Meski begitu, beberapa kondisi menunjukkan sebagai pengguna kerap lupa kata sandi apa yang digunakan pada ponsel mereka.

Alhasil ketika mereka lupa akan kata sandi yang dimasukkan ke dalam ponsel secara otomatis, maka ponsel tersebut akan terkunci. Selain itu, beberapa ponsel juga memiliki jumlah maksimal percobaan buka kunci ponsel dengan metode memasukkan kata kunci.

Nah, tak perlu bingung jika Anda memang belum begitu tahu apa saja cara membuka sandi HP yang lupa. Hal ini karena dalam artikel ini tersedia beberapa metode atau cara membuka sandi HP yang lupa tersebut.

Oleh karena itu, Anda bisa mencoba membaca penjelasan yang ada di dalam artikel ini.

Cara Membuka Sandi HP yang Lupa

1. Membuka Kunci HP Dengan Android Device Manager Atau Find My Device

Beberapa orang memang pernah mengalami kondisi lupa kata sandi. Di mana ketika mereka lupa kata sandi pada lock HP mereka, maka secara otomatis HP tersebut tidak akan bisa terbuka. Bahkan, seperti yang dijelaskan sebelumnya jika ada beberapa HP yang memang memberikan maksimal percobaan ketika si pemilik salah dalam memasukkan kata sandi.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa digunakan ketika para pemilik HP lupa kata sandi yang dimiliki. Cara membuka sandi HP yang pertama adalah dengan menggunakan bantuan Android Device Manager atau Find My Device. Di mana  fitur Android Device Manager adalah layanan resmi yang diberikan oleh Google.

Dalam menggunakan Android Device Manager, Anda bisa melalui browser yang tersedia di HP lain maupun melalui perangkat PC. Namun perlu diketahui jika dalam menggunakan Android Device Manager, pastikan terlebih dahulu Anda hafal kata sandi dan akun Google yang ada di dalam HP tersebut.

Nah, untuk menggunakan Android Device Manager ada beberapa langkah yang harus diterapkan adalah sebagai berikut ini.

  1. Kunjungi terlebih dahulu situs resmi Android Device Manager atau di https://www.google.com/android/find.
  2. Jika sudah terbuka masukkan akun Google yang ada di HP dengan kondisi terkunci atau lupa kata sandi.
  3. Gunakan pilihan Kunci atau Lock.
  4. Masukkan kata sandi baru dan memasukkan lagi kata sandi yang sama sebagai bentuk konfirmasi.
  5. Buka HP yang terkunci dengan kata kunci yang sudah diperbarui sebelumnya.

 

Sebagai catatan jika memang Android Device Manager terlalu sulit menemukan perangkat yang Anda miliki, lakukan refresh beberapa kali agar bisa lebih mudah menemukan perangkat Anda.

2. Cara Membuka Sandi HP Dengan Samsung Find My Mobile

Samsung menjadi salah satu perusahaan produsen perangkat elektronik yang sampai saat ini masih terus memberikan fitur-fitur menarik di setiap perangkatnya. Bahkan, Samsung yang memiliki fitur untuk membuka kata sandi HP bagi mereka yang lupa kata sandi apa yang ada di dalam HP pribadinya.

Samsung Find My Mobile menjadi salah satu jenis alternatif cara membuka sandi HP Samsung yang memang bisa digunakan bagi mereka yang lupa kata sandi HP peribadinya. Sama dengan cara lainnya, dalam menggunakan Samsung Find My Mobile juga diperlukan beberapa langkah terlebih dahulu.

Nah, agar Anda semakin bisa lebih tahu langkah yang diperlukan dalam menggunakan Samsung Find My Mobile untuk membuka kata sandi HP yang salah, berikut adalah caranya.

  1. Masuk ke dalam situs resmi Samsung Find My Mobile atau https://www.findmymobile.samsung.com/. Selain itu, Anda juga bisa download aplikasi Samsung Find My Mobile.
  2. Buat akun Samsung pribadi Anda lalu login.
  3. Jika sudah login lanjutkan dengan memilih tombol Lock my screen yang tersedia pada bagian sebelah kiri.
  4. Masukkan kata sandi baru dan jika sudah klik tombol lock.
  5. Tunggu sekitar satu sampai dua menit, kata sandi yang ada di lockscreen HP Anda bisa berubah sesuai dengan yang telah Anda masukkan di Samsung Find My Mobile sebelumnya.

Sebagai catatan, Samsung Find My Mobile hanya bisa digunakan pada ponsel Samsung saja.

 

3. Cara Membuka Kata Sandi HP Dengan Bantuan Fitur Forgot Pattern

pixabay

Cara ketiga ketika Anda lupa kata sandi lockscreen HP adalah dengan bantuan fitur Forgot Pattern. Meski begitu, Anda juga perlu tahu jika fitur Forgot Pattern hanya berlaku pada HP yang memiliki sistem operasi Android 4.4 kitkat atau yang lebih rendah.

Adapun beberapa langkah yang digunakan untuk membuka kata sandi HP ketika lupa dengan menggunakan Forgot Pattern adalah sebagai berikut ini.

  1. Masukkan kata sandi HP secara acak selama 5 kali.
  2. Tunggu hingga muncul informasi Coba lagi dalam 30 detik.
  3. Lalu, pilih Forgot Pattern.
  4. Pilih menu lupa kata sandi.

Ketika menggunakan Forgot Pattern akan ada dua metode yang ditawarkan. Metode satu adalah menjawab pertanyaan telah dibuat sebelumnya atau masuk dengan menggunakan akun Google pribadi Anda.

Jika Anda memilih masuk dengan akun Google, maka Google akan mengirimkan informasi pada email yang Anda miliki dengan pola pembuka kunci atau kamu juga bisa mengubahnya saat itu juga. Caranya memang cukup simpel ketika menggunakan fitur Forgot Pattern.

4. Cara Menghapus Kata Sandi Lockscreen Dengan ADB

Cara yang berikutnya ini mengharuskan Anda untuk mengaktifkan terlebih dahulu USB Debugging. Selain itu, cara yang satu ini juga bisa bekerja hanya pada komputer yang sudah pernah terhubung dengan HP melalui ADB.

Cara yang satu ini juga tidak asing bagi Anda yang kerap melakukan root maupun install custom ROM. Nah, ada beberapa langkah ketika akan menggunakan ADB dalam proses hapus kata sandi yang bisa digunakan. Berikut adalah beberapa kata langkah tersebut.

  1. Sambungkan HP ke perangkat PC maupun laptop dengan menggunakan kabel SB.
  2. Jika sudah lanjutkan dengan membuka program CMD.
  3. Lanjutkan dengan memasukkan perintah berupa adb shell rm /data/system/gesture.key untuk masuk ke direktori instalasi ADB
  4. Reboot HP yang Ada miliki dan nantinya secara otomatis kata sandi di bagian lockscreen HP sudah tidak ada.
  5. Terakhir, Anda harus mengganti kata sandi HP sebelum proses reboot berikutnya berlangsung.

 

5. Gunakan Bantuan HP Lain

Membuka HP dalam kondisi lupa kata sandi lockscreen memang bisa dilakukan dengan beberapa cara. Bahkan, menggunakan bantuan HP Android lain juga bisa membantu agar lockscreen HP Anda bisa terbuka.

Bahkan, cara yang digunakan juga tergolong sangat mudah dan tentunya tidak perlu menghapus data yang ada di dalam HP pribadi Anda. Meski begitu, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu.

Nah, agar Anda makin tahu apa saja langkah-langkah yang diperlukan, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

  1. Siapkan HP lain terlebih dahulu.
  2. Masukkan nomor telepon pribadimu dan telepon HP yang sedang tidak bisa dibuka tersebut.
  3. Ketika berdering langsung angkat panggilan tersebut.
  4. Selesai panggilan segeralah untuk menekan tombol Home.
  5. Lanjutkan untuk masuk ke menu utama dan ubah pola HP atau kata sandi yang ada di dalam HP pribadi Anda yang tadinya tidak bisa dibuka.

6. Gunakan Fitur Save Mode

Saat ini sudah banyak aplikasi pengaman lockscreen yang bisa digunakan pada HP dengan sistem operasi Android. Bahkan, Anda juga bisa menemukan aplikasi pengaman lockscreen pada layanan Google Play Store.

Menariknya, beberapa aplikasi pengaman lockscreen tersebut juga bisa mengubah kata sandi sesuai dengan kombinasi jam, menit, tanggal hingga status baterai. Meski begitu, beberapa kondisi menjelaskan jika ada bug yang menyebabkan HP Anda tidak bisa diakses kembali.

Jika permasalahan yang ada di layar lockscreen berasal dari aplikasi pihak ketiga, maka Anda bisa mencoba untuk melakukan boot ke Safe Mode agar bisa membuka kata sandi HP yang terkunci. Sebenarnya, untuk cara yang digunakan terbilang cukup beragam tergantung dari jenis serta merek HP yang Anda miliki.

Akan tetapi, secara umum ada beberapa langkah yang bisa Anda terapkan agar bisa masuk ke dalam Safe Mode sistem operasi Android adalah sebagai berikut.

  1. Tekan lebih lama pada bagian tombol power hingga muncul informasi pilihan restart, power off dan reboot to safe mode.
  2. Jika sudah muncul informasi tersebut, pilih menu reboot to safe mode.
  3. Tekan OK agar bisa masuk ke dalam safe mode.
  4. Lakukan uninstall aplikasi lockscreen yang berasal dari pihak ketiga tersebut.
  5. Lanjutkan dengan melakukan restart HP agar bisa keluar dari safe mode ketika seluruh proses uninstall aplikasi sudah selesai.

7. Coba Buat Crash Lockscreen

Cara yang berikutnya adalah Anda bisa mencoba membuat crash lockscreen pada HP yang dimiliki. Di mana metode ini akan memanfaatkan bug yang ada di HP dengan sistem operasi Android Lollipop. Perlu diketahui juga jika menggunakan cara ini tidak bisa dilakukan dengan metode panggilan darurat.

Nah, agar Anda makin lebih mudah dalam membuat crah lockscreen, maka beberapa langkah di bawah ini bisa dilakukan.

  1. Gunakan panggilan darurat yang muncul pada bagian lockscreen.
  2. Gunakan antarmuka dialer dan lanjutkan untuk memasukkan 10 tanda bintang.
  3. Copy lalu paste 10 tanda bintang tersebut hingga jumlah karakternya menjadi dua kali lipat.
  4. Lakukan proses yang sama kembali.
  5. Copy lalu paste kembali agar bisa menambahkan lebih banyak karakter bintang hingga pada batasnya.
  6. Lanjutkan dengan kembali ke bagian lockscreen dan buka bagian kamera.
  7. Tarik jendela notifikasi.
  8. Tekan lebih lama icon setting dan nantinya Anda akan diminta untuk memasukkan kata kunci.
  9. Tekan lama bagian input dan paste.

Ulangi proses tersebut selama beberapa kali agar bagian lockscreen crash dan memungkinkan Anda untuk bisa melakukan akses antarmuka HP. Perlu diingat kembali jika cara membuka lockscreen yang satu ini hanya bisa digunakan pada sistem operasi Android Lollipop.

8. Gunakan Aplikasi Find My Device

Tak hanya menggunakan browser seperti cara yang pertama saja. Bagi Anda yang memiliki HP dengan sistem operasi Android 2.3 ke atas juga bisa memanfaatkan aplikasi Find My Device dalam membuka lockscreen yang bermasalah.

Menariknya, Anda hanya perlu mempersiapkan akun Google yang sudah terhubung ke dalam HP yang tak bisa dibuka ke dalam komputer maupun laptop. Sama seperti cara lainnya, dalam menggunakan aplikasi Find My Device juga diperlukan beberapa langkah terlebih dahulu.

  1. Buka aplikasi Find My Device.
  2. Lanjutkan dengan memilih perangkat yang Anda gunakan.
  3. Pillih menu lock.
  4. Tunggu hingga mendapatkan kode baru yang bisa digunakan untuk mengganti kata sandi yang tidak bisa diakses pada lockscreen.
  5. Coba buka lockscreen dengan kode yang telah didapatkan.

9. Manfaatkan Google Smart Lock

Cara yang berikutnya adalah memanfaatkan fitur Google Smart Lock. Di mana Google Smart Lock hanya bisa digunakan pada HP yang sudah memiliki sistem operasi Android 5.0 atau yang lebih baru.,

Nantinya fitur Google Smart Lock akan bisa membantu Anda dalam membuka lockscreen secara otomatis. Meski begitu, perlu diketahui juga jika memanfaatkan fitur Google Smart Lock juga harus terhubung dengan Wifi, smartwatch ataupun peramban Chrome.

Dengan menggunakan fitur Google Smart Lock, maka Anda hanya perlu menyambungkan HP ke perangkat atau jaringan yang Anda miliki setiap lupa kata sandi yang digunakan pada lockscreen.

10. Manfaatkan Akun Google

Memanfaatkan akun Google juga bisa membantu Anda dalam membuka lockscreen ponsel yang tidak bisa dibuka. Menariknya, cara ini bisa bekerja pada sistem operasi Android 4.4 atau untuk versi yang lebih lama.

Adapun beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan reset kata sandi dengan memanfaatkan akun Google adalah sebagai berikut.

  1. Coba terlebih dahulu untuk memasukkan pola atau kata sandi pada lockscreen ponsel.
  2. Lakukan secara terus menerus hingga akhirnya muncul informasi lupa pola.
  3. Gunakan menu pilihan Lupa Pula.
  4. Masuk ke dalam akun Google.
  5. Gunakan pilihan PIN atau buat pola baru ketika proses autentikasi berhasil dilakukan.

11. Lakukan Factory Reset

Jika beberapa cara yang telah dijelaskan di atas telah dilakukan namun tidak mampu membuka HP, maka solusi terakhir yang bisa Anda lakukan adalah melakukan reset HP kembali bawaan pabrik atau Factory Reset.

Meski begitu, ketika melakukan cara Factory Reset ini nantinya semua data yang ada di HP, seperti data yang ada di bagian memori internal. Namun, Factory Reset merupakan cara yang paling ampuh dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Sedangkan untuk tata cara yang dilakukan sebenarnya tergantung pada jenis dan merek smartphone masing-masing. Oleh karena itu, Anda juga bisa mencari tahu cara Factory Reset yang sesuai merek dan jenis HP yang dimiliki di Google.

Atau mungkin Anda bisa mencoba menggunakan beberapa langkah yang ada di bawah ini.

  1. Matikan HP yang tidak bisa dibuka.
  2. Menyalakan kembali HP tersebut dengan menekan tombol up + home + power atau tombol volume up + power secara bersamaan.
  3. Gunakan tombol volume agar bisa melakukan pemilihan menu Wipe Data atau Factory Reset.
  4. Tekan tombol power agar bisa melakukan pemilihan.
  5. Gunakan menu Reboot system now dan nantinya HP akan kembali ke keadaan baru.

Nah, itulah beberapa cara membuka sandi HP yang lupa dan tentunya Anda bisa memilih salah satu cara yang tersedia di atas. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu.

Jika ingin mencari buku tentang teknologi, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy