in , ,

Bagaimana Menjadi Seorang Moderator Presentasi yang Baik?

Moderator Presentasi – Ketika duduk di bangku sekolah maupun bangku kuliah, Grameds pasti sering dong mendengar istilah moderator presentasi? Atau bahkan Grameds pernah menjadi seorang moderator dalam presentasi yang dilakukan oleh oleh suatu kelompok, baik itu kelompok orang lain maupun kelompok orang lain? Jika demikian, itu adalah hal yang bagus untuk melatih kemampuan public speaking kita lho… 

Yap, keberadaan moderator dalam suatu kegiatan presentasi itu sangat penting sebab berperan sebagai pembuka jalannya kegiatan sekaligus penghubung antara pihak pelaku presentasi dengan audiens. Bahkan tak jarang, moderator akan dipilih secara khusus karena kemampuan berbicaranya yang lihai dan luwes. Namun, boleh-boleh saja kok bagi Grameds yang pemula dan ingin mengembangkan kemampuan public speaking dengan mencoba menjadi seorang moderator presentasi. Lalu sebenarnya, apa sih moderator presentasi itu? Bagaimana urutan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh seorang moderator dalam kegiatan presentasi? Bagaimana pula tips yang harus dilakukan oleh seorang moderator supaya suasana tetap kondusif? Nah, supaya Grameds memahami akan hal-hal tersebut, yuk simak ulasan berikut ini!

https://www.pexels.com/

Apa Itu Moderator Presentasi?

Jika melihat pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), istilah “moderator” memiliki definisi sebagai ‘orang yang bertindak sebagai penengah, dapat disebut juga dengan hakim atau wasit’ dan ‘pemimpin sidang, rapat, maupun diskusi yang menjadi pengarah pada acara pembicaraan’. Nah, berdasarkan definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa moderator dalam sebuah kegiatan presentasi adalah seseorang yang bertugas untuk mengatur dan memandu jalannya kegiatan presentasi supaya informasi dapat tersampaikan kepada pihak audiens dan diskusi juga dapat berjalan secara kondusif.

Keberadaan seorang moderator dalam sebuah kegiatan presentasi memang dinilai sepenting itu, sebab dapat menghubungkan interaksi antara pihak yang tengah presentasi dengan audiens, semata-mata supaya materi dan informasi dapat tersampaikan secara baik. Bahkan tak jarang, lancar atau tidaknya jalannya sebuah kegiatan presentasi itu sangat bergantung pada bagaimana seorang moderator mengatur waktu supaya tetap kondusif. Seorang moderator presentasi tidak hanya bertugas membuka presentasi saja, tetapi juga harus mengatur berapa lama waktu presentasi supaya cukup untuk kegiatan tanya jawab dan kegiatan lainnya.

Maka dari itu, seorang moderator dan pihak yang hendak presentasi harus melakukan komunikasi secara intens terlebih dahulu sebelum kegiatan berlangsung, supaya nantinya kegiatan presentasi juga dapat berjalan lancar. Komunikasi intens tersebut dapat berupa membicarakan bagaimana skenario presentasi akan dibuat dan dilaksanakan.

Nah, ketika kegiatan presentasi tengah dilaksanakan, seorang moderator dan pihak yang presentasi juga harus saling membantu supaya suasana tetap kondusif alias tidak membosankan. Seorang moderator sejatinya harus memiliki kemampuan menciptakan topik memukau supaya kegiatan presentasi dapat lebih “hidup” dan membuat audiens tertarik untuk menyimak presentasi lebih lanjut.

Hal yang harus dihindari oleh seorang moderator adalah bersitegang dengan pihak yang tengah melakukan presentasi, atau bahkan mengeluarkan pernyataan yang bertentangan hingga menjatuh pihak lain. Perlu diingat ya Grameds, jika dalam acara pembicaraan baik itu kegiatan presentasi, diskusi, maupun rapat, pihak yang tengah melakukan presentasi itu adalah “aktor utama”, sehingga seorang moderator harus tetap dalam tugasnya yaitu menjaga suasana supaya lebih kondusif dan informasi tetap tersampaikan kepada audiens.

Tata Tertib Seorang Moderator

Biasanya, seorang moderator akan memiliki tata tertib tersendiri ketika tengah menjadi penengah dalam kegiatan presentasi maupun diskusi. Nah, berikut adalah tata tertib seorang moderator secara umum.

  • Moderator memberikan sambutan kepada pihak yang hendak melakukan presentasi dan audiens.
  • Moderator memberikan hard copy yang berisikan naskah presentasi kepada audiens (Jika kegiatan presentasi dalam ranah besar).
  • Moderator mempersilakan audiens untuk mengajukan satu pertanyaan dan harus sesuai dengan materi yang disampaikan.
  • Moderator mempersilakan audiens untuk memberikan saran dan kritik terhadap materi yang hendak disampaikan.
  • Selama kegiatan presentasi berlangsung, audiens diharapkan untuk tenang.

Bagaimana Urutan Langkah Dari Seorang Moderator?

Melalui kemampuan public speaking-nya, seorang moderator nantinya memang akan mengarahkan kegiatan presentasi dari awal hingga akhir supaya dapat berjalan lancar. Tidak hanya itu saja, seorang moderator juga diperbolehkan melakukan komunikasi dua arah dengan audiens supaya suasana tidak membosankan. Nah, berikut ini adalah beberapa urutan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh seorang moderator dalam mengatur jalannya kegiatan presentasi.

1. Pembukaan

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh seorang moderator adalah melakukan pembukaan yakni berupa membuka atau mengawali jalannya kegiatan presentasi maupun diskusi. Biasanya, pembukaan ini diawali dengan salam dan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Nah, berikut adalah contoh kalimat yang dapat digunakan.

Assalamualaikum Wr.Wb…Selamat pagi, saudara-saudari sekalian….

Sebelum memulai kegiatan presentasi mengenai (tema presentasi tersebut), mari kita awali terlebih dahulu dengan mengucap puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas kehendak-Nya kita dapat berkumpul disini untuk menyimak informasi penting mengenai (tema presentasi tersebut)…

Namun, jika kegiatan presentasi atau diskusi memiliki situasi tidak formal, pembukaan dapat dilakukan dengan suara keras dan memberikan sedikit humor supaya suasana tidak membosankan. Bahkan tak jarang, seorang moderator akan mengeluarkan jargon khusus supaya audiens lebih bersemangat.

2. Ucapan Selamat Datang Kepada Audiens

Langkah kedua yang harus dilakukan oleh seorang moderator dalam mengarahkan kegiatan presentasi adalah mengucapkan selamat datang kepada audiens. Hal tersebut supaya audiens juga akan mendapatkan kesan menyenangkan terhadap kegiatan presentasi sekaligus memberikan kesan bahwa dirinya adalah seorang moderator yang baik. Biasanya, moderator akan menggunakan kalimat berupa:

Selamat datang kepada para hadirin yang telah datang pada kegiatan presentasi yang menarik pada hari ini…

Moderator juga diperbolehkan menyebutkan secara rinci mengenai siapa saja hadirin yang datang. Dalam hal ini, biasanya yang disebutkan di awal adalah mereka yang memiliki jabatan tinggi. Jika kegiatan presentasi dilakukan di kelas untuk pembelajaran semata, maka moderator diharuskan untuk mengucapkan selamat datang atas kehadiran dosen atau guru yang bersangkutan.

3. Uraian Singkat Mengenai Latar Belakang dan Tujuan Presentasi

Langkah ketiga yang harus dilakukan oleh moderator adalah dengan menyebutkan uraian singkat tentang bagaimana latar belakang dan apa saja tujuan dari kegiatan presentasi tersebut. Usahakan untuk menggunakan diksi yang menarik, supaya audiens lebih antusias untuk mendengarkan materi dalam kegiatan presentasi tersebut. Latar belakang dapat juga disajikan seolah-olah merupakan hal yang penting dan up to date dalam kehidupan sehari-hari audiens. Contoh kalimat yang dapat digunakan:

Kegiatan presentasi hari ini dilatarbelakangi oleh adanya keprihatinan kita sebagai mahasiswa pendidikan pada ….(misal, kenakalan remaja). Oleh sebab itu, kegiatan presentasi hari ini akan bertujuan untuk…… (misal, memahami apa saja bentuk-bentuk dari kenakalan remaja saat ini). 

4. Memperkenalkan Penyaji dan Tema Presentasi

Langkah keempat yang harus dilakukan oleh seorang moderator adalah memperkenalkan pihak-pihak yang akan melakukan presentasi alias penyaji. Ketika hendak memperkenalkan penyaji presentasi, seorang moderator harus meyakinkan para audiens bahwa penyaji memiliki kualitas berbicara yang baik. Berikut contoh kalimat yang dapat digunakan:

Untuk melangsungkan kegiatan presentasi ini, akan disampaikan oleh…. (nama penyaji). Hari ini…..(nama penyaji) telah mempersiapkan materi presentasi yang berjudul….. Nah, untuk memperlancar kegiatan presentasi hari ini, saya (nama moderator) selaku moderator akan berusaha keras untuk memandu kegiatan ini hingga selesai….

5. Menentukan Waktu dan Bagaimana Mekanisme Saat Tanya Jawab

Langkah kelima yang harus dilakukan oleh seorang moderator adalah menentukan durasi waktu presentasi dan bagaimana mekanisme yang dilakukan dalam sesi tanya jawab. Hal ini juga termasuk pada alokasi waktu untuk setiap pertanyaan dan jawaban, hingga batas pertanyaan untuk setiap audiens. Contoh kalimat yang dapat digunakan:

Supaya kegiatan presentasi hari ini dapat berjalan dengan lancar, maka kita akan persilakan kepada penyaji untuk mempresentasikan materinya selama…..(durasi waktunya, misal 120 menit). Sementara untuk sesi tanya jawab, untuk setiap pertanyaan akan diberikan waktu selama…. (durasi waktunya, misal 10 menit), setelah penyaji mempresentasikan materinya. 

6. Mengundang Pembicara Untuk Menyajikan Presentasi

Langkah keenam yang harus dilakukan oleh seorang moderator adalah mengundang pembicara alias penyaji yang hendak mempresentasikan materi. Selama pihak penyaji mempresentasikan materi, seorang moderator harus tetap menjaga suasana supaya tetap kondusif dan turut mendengarkan informasi dalam presentasi tersebut. Apabila hendak melakukan interupsi, sebaiknya dilakukan setelah penyaji sudah selesai berbicara. Berikut ini adalah contoh kalimat yang dapat digunakan.

Baik, saya persilakan pembicara hari ini, …..(menyebutkan nama penyaji) untuk mempresentasikan materinya….

7. Merangkum Inti Materi Presentasi

Langkah ketujuh yang harus dilakukan oleh seorang moderator adalah merangkum inti materi dari presentasi yang telah dilakukan. Meskipun biasanya, tugas merangkum materi dan menyampaikannya kepada pihak audiens adalah bagian dari notulen, tetapi ternyata seorang moderator juga dapat melakukannya lho! Rangkuman tersebut biasanya dibuat khusus menggunakan diksi yang menarik supaya audiens juga memahaminya.

Jika pihak penyaji ketika melakukan presentasi terlalu monoton, disinilah peran seorang moderator akan berfungsi banyak sebab melalui rangkuman yang dibuatnya, dapat membuat suasana lebih kondusif kembali. Berikut contoh kalimat yang dapat digunakan:

Demikianlah materi yang telah dipresentasikan oleh…. (nama penyaji). Materi presentasi tadi, saya yakin dapat merangsang kita semua untuk berpikir mengenai bagaimana arti penting dari…. (rangkuman materi presentasi). Nah, maka dari itu, jalan keluar yang ditawarkan untuk permasalahan tersebut dapat berupa…..( rangkuman materi presentasi).

8. Mengajak Audiens Untuk Bertanya

Semua acara pembicaraan, baik itu kegiatan presentasi maupun diskusi pasti akan terdapat sesi tanya jawab. Nah, umumnya dalam sesi tanya jawab tersebut setiap sesi memiliki maksimal 3 penanya dari para audiens. Hal-hal yang ditanyakan tentu saja harus berkaitan dengan materi presentasi yang telah disampaikan. Dalam hal ini, seorang moderator harus dapat mengajak audiens untuk mau bertanya. Dapat juga diselingi dengan humor supaya suasana tidak terlalu membosankan. Berikut contoh kalimat yang dapat digunakan:

Untuk memperjelas materi yang telah disajikan, kami undang para peserta untuk memberikan pernyataan. Nah, untuk sesi tanya jawab dalam kesempatan pertama ini, kami akan buka dengan 3 pertanyaan. Mohon para peserta yang hendak bertanya, sebutkan nama dan asal instransi masing-masing…. serta dimohon juga supaya pertanyaan disampaikan secara singkat dan tepat sasaran. Ingat, pertanyaannya harus tetap berkaitan dengan materi…. (materi presentasi tersebut) ya…. 

9. Mengucapkan Terima Kasih Kepada Pihak Penyaji dan Audiens

Langkah kesembilan yang harus dilakukan oleh seorang moderator adalah mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak-pihak penyaji presentasi dan audiens yang telah hadir. Dalam menyampaikan rasa terima kasih tersebut, harus dengan nada yang ramah, tulus, dan penuh senyum. Jangan melotot atau bahkan bernada keras seolah-olah tengah marah. Berikan kesan bahwa kamu adalah seorang moderator presentasi yang baik ya… Berikut ini adalah contoh kalimat yang dapat digunakan:

Saya ucapkan terima kasih kepada…. (penyaji presentasi) yang telah sudi membagikan sedikit pengalaman dan informasinya pada kegiatan presentasi hari ini. Rasa terima kasih juga saya sampaikan kepada para hadirin sekalian yang telah turut berpartisipasi aktif selama kegiatan presentasi berlangsung…

10. Menutup Kegiatan Presentasi

Langkah kesepuluh yang harus dilakukan oleh seorang moderator adalah menutup kegiatan presentasi hari ini secara sopan. Ketika hendak menutup kegiatan presentasi ini, lakukan dengan ucapan yang bersemangat dan gunakan pula kalimat-kalimat yang bernada optimis atas pemecahan masalah yang telah didiskusikan sebelumnya. Berikut ini adalah contoh kalimat yang dapat digunakan:

Nah, mari kita tutup kegiatan presentasi hari ini dengan mengucap Hamdallah… serta beri tepuk tangan untuk kita semua supaya semakin semangat dalam menjalani hari ini dan seterusnya….

Apa Saja Tips Menjadi Seorang Moderator Presentasi?

1. Pelajari Materi yang Hendak Dipresentasikan Oleh Penyaji

Ketika hendak menjadi seorang moderator dalam kegiatan presentasi, tentu saja dirinya harus mempelajari dan memahami materi apa yang hendak disajikan nanti. Hal tersebut supaya ketika moderator memberikan pertanyaan kepada pihak penyaji, pertanyaan menjadi lebih seru dan pembahasan dapat lebih rinci.

Memang, seorang moderator tidak perlu mengetahui secara detail akan materinya, tetapi tetap harus memahaminya.

2. Melakukan Manajemen Waktu

Waktu yang akan diperhitungkan adalah kira-kira berapa kegiatan presentasi akan berlangsung, kira-kira berapa lama sesi tanya jawab berlangsung, dan kira-kira berapa lama seorang penyaji dapat menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh audiens. Hal-hal tersebut harus diatur secara apik supaya kegiatan presentasi tidak akan molor waktunya.

3. Menyiapkan Alat Tulis

https://www.pexels.com/

Alat tulis ini digunakan untuk menuliskan poin-poin materi yang telah disampaikan oleh pihak penyaji. Tidak perlu menggunakan buku tulis, cukup dengan buku notes kecil saja.

4. Banyak Memuji

Baik itu memuji pihak penyaji presentasi maupun audiens, adalah salah satu tips yang dapat dilakukan oleh seorang moderator. Meskipun terkesan sepele, tetapi ternyata dapat membuat penyaji presentasi maupun audiens menjadi semangat lho! Selain itu, kamu juga akan dianggap sebagai moderator yang baik dan asyik!

5. Berikan Humor Supaya Suasana Tidak Monoton

Humor adalah hal yang memang sesekali atau bahkan berulang kali disampaikan supaya suasana kegiatan presentasi tidak monoton. Selain itu, humor juga dapat digunakan supaya audiens tidak mengantuk selama penyaji tengah menyampaikan materi presentasinya.

6. Lakukan Interaksi Dua Arah dengan Audiens

Interaksi dua arah dengan audiens ini dapat berupa menyapa secara ramah maupun melakukan basa-basi. Bagaimanapun caranya, moderator memang harus memberikan perhatian dan merasa dekat dengan audiens supaya mereka tertarik untuk menyimak kegiatan presentasi.

7. Gunakan Diksi yang Menarik dan Tetap Mudah Dipahami

Seorang moderator ada baiknya menggunakan diksi atau pemilihan kata yang menarik tetapi tetap mudah dipahami oleh audiens. Sama halnya dengan sebelum-sebelumnya, hal tersebut dilakukan supaya suasana kegiatan presentasi tidak monoton.

Nah, itulah ulasan mengenai apa peran dari seorang moderator presentasi dan bagaimana tips supaya menjadi seorang moderator presentasi yang baik. Apakah Grameds tertarik untuk menjadi seorang moderator dalam kegiatan presentasi sekaligus untuk melatih kemampuan public speaking?

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum