in

Materi Public Speaking Yang Menarik dan Tips Melakukannya

Materi Public Speaking – Apakah Grameds suka berbicara di depan umum? Atau mungkin sedang butuh materi public speaking untuk presentasi tertentu? Tepat sekali, untuk membuat presentasi atau penampilan bicaramu di depan umum sukses dan menarik, kamu juga butuh materi yang bagus. Semua orang pasti bisa berbicara, tetapi tidak semua orang bisa berbicara dengan mudah dan menarik di depan umum.

Berbicara di depan umum adalah keterampilan atau skill yang bisa dipelajari. Teknik ini mudah dipelajari dan telah menjadi teknik umum yang dapat digunakan banyak orang. Bagi mereka yang tidak terbiasa berbicara di depan umum, akan sulit untuk berbicara di depan umum, entah mungkin merasa gugup di atas panggung dan tidak siap. Untuk menyiapkan penampilanmu itu, berikut ini penjelasan tentang materi public speaking yang bisa kamu gunakan dan tips cara melakukannya:

https://www.pexels.com/

Mengenal Apa Itu Public Speaking?

Istilah public speaking berasal dari para ahli retorika yang mengartikannya sebagai seni (keterampilan) berbicara. Istilah ini sudah ada sejak berabad-abad sebelum masehi. Public speaking sudah dikenal sebagai ekspresi publik dari bahasa Inggris dalam arti umum. Jadi sebagai pemahaman pertama, public speaking didefinisikan sebagai berbicara di depan umum dalam bahasa Indonesia.

Namun, istilah public speaking belum mendapatkan istilah yang tepat dalam bahasa Indonesia. Secara umum istilah yang banyak digunakan selama ini adalah berbicara di depan umum. Dalam konteks ini, tentu saja, alih-alih istilah berbicara di depan umum dalam bahasa Indonesia, public speaking diartikan sebagai berbicara di depan umum sebagai “tindakan atau keterampilan berbicara dengan sejumlah orang“, alias berbicara di depan umum dengan banyak orang.

Sedangkan menurut kutipan lain, dalam buku yang berjudul Public Speaking Strategies for Success, berbicara di depan umum adalah proses komunikasi yang berkesinambungan, dengan pesan dan isyarat antara pembicara dan pendengar. Jadipublic speaking adalah proses komunikasi yang berkelanjutan dan membawa pesan serta simbol berinteraksi yang terus menerus terjalin antara pembicara dan pendengar.

[algolia_carousel]

Porsi public speaking adalah salah satu kajian dalam ilmu komunikasi (retorika). Retorika, dalam arti tertentu, memiliki arti yang sama dengan berbicara di depan umum. Dengan kata lain, itu adalah seni komunikasi lisan yang dilakukan satu orang kepada sekelompok orang yang bertemu tatap muka. Dari pengertian umum di atas, kunci terpenting untuk kelancaran berbicara di depan umum adalah menyampaikan gagasan kepada orang lain.

Tentu saja, ini mirip dengan percakapan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ketika berbicara dan berbicara di depan umum, ada persamaan dan perbedaan. Kesamaan berbicara di depan umum dan berbicara sehari-hari adalah penempatannya yang logis, sistematis, dan bertahap sehingga pesannya dapat dipahami. Kesamaan lainnya adalah kebutuhan untuk menyesuaikan konten dan cara  pesan dikomunikasikan kepada lawan bicara atau masyarakat umum.

Kesamaan antara percakapan dan berbicara di depan umum adalah pesan yang disampaikan dengan tujuan menjadi positif dan paling berpengaruh, dan pembicara  dapat mencocokkan ide yang disampaikan dengan reaksi lawan bicara atau masyarakat umum. Perbedaan utama antara percakapan biasa dengan berbicara di depan umum adalah pada pesan yang disampaikan.

Penyampaian pesan dari public speaking lebih terstruktur dengan menggunakan tata bahasa  formal daripada percakapan biasa. Selain itu, ada lebih banyak cara untuk berbicara di depan umum, dan Grameds harus lebih sopan agar terlihat baik dan nyaman di depan umum. Ada juga pengetahuan yang dibutuhkan untuk berbicara dengan baik di depan banyak orang, salah satunya adalah materi public speaking yang bagus sekaligus menarik.

Berbicara di depan umum tidak terlepas dari kunci dan teori ilmu komunikasi, sehingga tentunya perlu memperhatikan lima faktor penting yang tidak dapat dipisahkan dari  ilmu komunikasi. Berikut ini adalah lima elemen penting dari komunikasi antara lain Pengirim pesan (sender), News (berita), Cara mengirim pesan (delivery channel atau media), Penerima pesan (recipient) dan Umpan balik (feedback). Hal ini dapat merujuk dari buku Arisatya Yogaswara yang berjudul Cara Sukses Public Speaking.

tombol beli buku

Materi Public Speaking Yang Menarik

Ada banyak cerita menarik di internet, tetapi jika Grameds mengambilnya dari sana, audiens akan terbiasa dengan cerita tersebut. Lebih baik lagi, cobalah menggunakan percakapan  darimu sendiri. Bingung mau bahas topik apa? Berikut ini materi public speaking yang bisa kamu gunakan agar penampilanmu jadi menarik:

1. Menjelaskan Ketidaksempurnaan Diri

Setiap orang pasti memiliki kekurangan. Misalnya, bentuk wajah, kebotakan, dan lemak tubuh. Berdasarkan survei, pemirsa sebenarnya lebih suka dengan topik yang tidak merendahkan sesuatu atau menunjukan ketidaksempurnaan seseorang.

Faktanya, materi publik speaking ini bagus karena membuat penonton tertawa. Kamu tidak perlu lagi takut dikritik. Di sisi lain, penonton mungkin lebih terkesan dengan sikap dan keagunganmu.

2. Berbagi Kekalahan Hidup Yang Pernah Dialami

Jika kamu pernah membuat kesalahan, maka dapat dijadikan materi untuk memantik pembicaraan di depan umum. Ketika menceritakan kekalahan tersebut, sisipkan pula kata-kata humor.

Humor tersebut dapat mengambil ceritamu ketika atasanmu mengkritik karena mengenakan seragam yang salah. Ide ini mungkin menarik, tetapi kamu juga perlu mempertimbangkan cara penyajiannya.

Tunjukan sebagai lelucon, bukan keputusasaan atau bentuk depresi. Kamu tahu, tujuannya bukan untuk meningkatkan penonton, tetapi untuk menghibur.

3. Pengalaman Pertama Dari Sesuatu 

Ada banyak keuntungan berbicara di depan umum. Namun, butuh proses untuk menjadi pembicara yang baik. Kamu bisa ungkapkan tentang pengalaman pertamamu sebagai pembicara. Awalnya, kamu mungkin sering malu dan bingung harus berkata apa dan kesalahan kecil lainnya.

Kamu juga dapat menyampaikan humor dan menjangkau penonton, sehingga tidak akan berkecil hati dari pengalaman pertama. Nah, pengalaman itu sekarang dapat diungkapkan dengan jelas  di depan para penonton.

4. Berbicara Tentang Hal Yang Membuat Galau 

Kamu juga dapat mengatakan pengalaman ketika tengah berada dalam situasi stress atau galau. Tentu saja, para penonton juga akan merasakan hal itu. Bahkan cerita akan tragedi kisah cintamu juga dapat menjadi komedi. 

tombol beli buku

5. Berbicara Apa Yang Dimiliki Bersama Teman-teman Atau Materi Tongkrongan 

Berbicara dengan teman adalah salah satu langkah paling efektif dalam memilih topik, yakni dengan  mengobrol dengan teman sekitar. Kamu mungkin mendapatkan ide dan ide gagasan yang berbeda dalam obrolan, tetapi apa yang kamu coba pahami selama diskusi? Nah, hal-hal unik yang kamu bicarakan dengan teman juga bisa jadi materi public speaking yang menarik.

Jika kamu tidak dapat menemukan tempat untuk ngobrol dengan teman-teman, itu akan menjadi hambatan. Coba lihat sekeliling, misalnya, isu lingkungan di sekitar rumah atau rumah teman yang bisa menjadi topik yang berkaitan dan bisa dibicarakan di depan umum.

6. Majalah atau Surat Kabar Jadi Sumber Informasi Terbaik

Majalah atau surat kabar  bisa jadi sumber informasi yang lengkap, jelas, akurat dan terpercaya sekaligus jadi bahan materi public speaking. Belum lagi perbincangan sehari-hari yang kekinian. Ini bisa dijadikan wawasan dan sumber inspirasimu untuk mengidentifikasi isu-isu baik yang terkait dengan isu wacana publik.

Misalnya, topiknya tentang hukum atau ketertiban. Oleh karena itu, kamu dapat mencari majalah dan surat kabar untuk topik hukum seperti korupsi pemerintah.

7. Pengetahuan Tentang Pendidikan

Apa yang terjadi adalah subjek tertentu dari pengalamanmu dan kamu dapat membicarakannya di depan umum. Misalnya, membawa satu atau lebih topik dengan cara mengekspresikan pengalaman pendidikanmu. Setiap orang pasti memiliki pengalaman pendidikannya, jadi materi public speaking ini bisa relate dengan orang banyak.

8. Pengalaman Sehari-hari 

Setiap hari adalah pengalaman yang istimewa dan tak terlupakan seperti dari pengalaman keluarga dan teman kita sehari-hari. Dalam kehidupan kita sehari-hari, contohnya ketika kita pergi ke sekolah dan berbelanja, semuanya ada di sekitar kita, atau jalan-jalan di taman.

[algolia_carousel page=2]

tombol beli buku

Tips Melakukan Public Speaking yang Menarik

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari presentasi, kamu perlu menghibur dan memukau audiens. Berikut ini adalah sembilan tips berbicara di depan umum yang akan membantu mendapatkan perhatian audience dan membuat mereka terkesan sampai semua informasi yang kamu sampaikan selesai:

1. Siap Berbicara 

Ketika mulai berbicara, kamu akan menghargai pengalaman dan persiapan sejak awal. Itu yang paling penting. Pastikan semua sumber daya yang dibutuhkan tersedia dan cukup untuk komentar di masa mendatang. Saat berlatih, gunakan cermin untuk melihat ke depan, perhatikan apakah ada masalah atau cacat, jika ada, segera perbaiki.

Jika kamu memiliki masalah dalam mengucapkan kata atau frasa, berlatihlah untuk mengucapkannya dengan benar. Pengucapan yang kuat dan akurat akan meningkatkan kepercayaan diri sehingga penampilanmu jadi lebih bagus.

2. Bahasa Tubuh 

Komunikasi fisik yang baik memiliki pengaruh yang besar terhadap pesan yang diterima dan diinterpretasikan oleh audiens. Melatih bahasa tubuh yang baik dan pertahankan kontak mata dengan audiens, tetapi jangan berlebihan. Kamu tidak ingin terlihat kaku atau gugup bukan? Cobalah untuk terlihat santai dan tidak keras kepala di depan penonton.

Jangan menyilangkan tangan, melambaikan tangan di depan atau di belakang, atau memasukkan tangan ke dalam saku. Ketika berbicara di depan umum, kamu bukan sedang ingin menjadi seorang pemimpin.

3. Nada Suara atau Tone of Voice 

Tone of Voice atau nada suara memiliki pengaruh yang besar terhadap cara pesan disampaikan kepada audiens. Kamu harus menjadi aktor yang terlatih untuk berbicara dengan jelas dan percaya diri. Pastikan orang di barisan belakang bisa mendengar suaramu, tetapi jangan terlalu keras pula untuk orang di barisan depan.

Suara yang terlalu pelan nantinya akan membuat audiens merasa bosan, sehingga tanpa sadar kamu akan berbicara secara cepat untuk segera mengakhiri pembicaraan. Ubah cara bicaramu dengan memperhatikan intonasi untuk menarik perhatian audiens.

Tetap kendalikan emosi karena stres yang berlebihan dapat mengalihkan perhatianmu dan merusak pesan yang akan disampaikan.

4. Mengenali Penonton

Ketika berbicara di depan umum, maka akan bertemu orang yang berbeda dari latar belakang yang berbeda. Mulai dari anak sekolah hingga seorang ahli. Pastikan konten, bahasa, nada suara, dan bahasa tubuhmu sesuai dengan audiens. Cobalah juga untuk memahami mengapa audiens Kamu mendengarkan.

Bagaimana cara memahaminya? Yakni dengan menempatkan dirimu seolah menjadi audiens dan tanyakan kepada dirimu sendiri mengapa menghadiri presentasi tersebut serta apa yang dapat diharapkan dari presentasi tersebut.

tombol beli buku

5. Mengatasi Ketakutan  

Lebih mudah untuk berbicara daripada diam saja, tetapi ini adalah awal yang baik untuk memahami bagaimana rasa takut dapat mempengaruhi ketika berbicara di depan umum.

Dengan persiapan yang tepat, kamu akan merasa tenang. Hindari minum kafein sebelum tampil, karena kafein dapat meningkatkan kecemasan. Jika merasa haus, minumlah air putih biasa. Kamu bisa memilih makanan yang tinggi gula untuk mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi.

Perlu kamu ingat bahwa audiens tidak tertarik untuk melihatmu, tetapi mereka ingin mendengarkan informasi yang akan disampaikan. Mereka adalah teman, bukan musuh, jadi mereka tidak mengharapkanmu untuk jatuh.

6. Hapus Catatan- Catatan Kecil

Jangan membuat catatan di atas telapak tangan atau dimanapun, bahkan jika punya waktu, lebih baik untuk menghafal poin-poin di setiap slide presentasi. Seringkali orang frustasi dengan catatan kecil yang mereka miliki, dan penyajian pesan menjadi kaku dan tidak menarik.

Jika hendak menggunakan catatan kecil, lebih baik gunakan kertas kecil saja.

7. Menggunakan Slide Presentasi yang Berbeda dan Unik

Jika menggunakan slide, buatlah menjadi menarik dan secara tidak langsung dapat membuat orang untuk belajar lebih banyak. Slide sering digunakan untuk menyajikan presentasi dengan lebih jelas. Tidak apa-apa untuk menambahkan beberapa warna atau foto ke slide, sesuaikan dengan kreativitas saja.

Pastikan ukuran font cukup besar untuk penonton di barisan belakang, tetapi tidak membuat sakit mata di barisan depan. Gambar, video, atau animasi tambahan untuk membuat topik yang disajikan lebih jelas dan lebih mudah dipahami.

8. Nikmati Presentasi 

Jika kamu selaku pembicara saja bosan, audiens mungkin juga bosan. Jadi ketika kamu tampil di atas panggung,  tersenyumlah dengan tulus dan bahagia. Saat kamu merasa nyaman di atas panggung, tambahkan humor untuk meringankan suasana hati. Teknik ini dinilai mampu membantu pembicara merasa tenang dan bahagia.

9. Belajar Dari Kesalahan 

Setelah berbicara di depan umum, pertimbangkan apakah ada kesalahan ketika tampil tadi. Jika semuanya berjalan dengan baik, katakanlah bahwa kamu memiliki presentasi yang bagus hari ini. Namun, apabila ada sesuatu yang mengganggu dan bahkan membuatmu merasa bermasalah, analisislah penyebabnya.

Hal tersebut supaya pada penampilan selanjutnya, kamu tidak perlu mengulangi kesalahan yang sama, karena kamu sudah memiliki strategi lain.

tombol beli buku

Nah, itulah penjelasan tentang materi public speaking yang menarik dan tips cara melakukannya. Apakah kamu sudah siap presentasi di depan umum? Sebenarnya ada banyak hal yang perlu dipelajari tentang public speaking, selain banyak berlatih. Nah, kamu bisa belajar dari koleksi buku Gramedia diwww.gramedia.com, seperti rekomendasi buku tentang public speaking berikut ini: selamat belajar. #SahabatTanpabatas.

Penulis: Lala Nilawanti

Baca Juga!

  1. Tips Lancar Public Speaking
  2. Mengenal Apa Itu Podcast dan Cara Membuatnya
  3. Cara Mengatasi Demam Panggung
  4. Apa Itu MC dan Tips Menjadi MC yang Baik
  5. Contoh Naskah Pidato Singkat
  6. Apa Itu Communication Skill?
  7. Mengenal Apa Itu Public Speaking dan Dasarnya

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum