in

7 Ciri-ciri Orang Yang Percaya Diri

Ciri-ciri Orang Yang Percaya Diri – Sebesar apa sih pentingnya memiliki rasa percaya diri? Nasehat orang tua mengatakan, percaya diri sangat menentukan kesuksesan seseorang. Seseorang yang tidak percaya diri akan merasa rendah diri sehingga takut untuk melangkah ke depan.

Akibatnya, orang tersebut jarang maju untuk mengambil peluang. Tidak hanya itu, kalau dia mendapatkan masalah, dia akan kesulitan menyelesaikannya karena seringkali orang yang tidak percaya diri mudah menyerah. Dia menganggap dirinya tidak akan mampu. Yuk Kamu kita pelajari bersama tentang percaya diri.

Apa Itu Percaya Diri?

Peter Lauster menjelaskan, percaya diri adalah kepercayaan atas kemampuan diri sendiri dalam menghadapi masalah. Jika Kamu percaya diri, tidak cemas berlebihan, sopan dalam berinteraksi sosial, tidak mudah merasa tertindas/terasingkan, memiliki motivasi berprestasi yang tinggi, dan tidak takut dalam melangkah, maka Kamu termasuk orang yang percaya diri.

Sementara menurut Psychology Today, kepercayaan diri merupakan keyakinan terhadap diri sendiri. Keyakinan bahwa diri Kamu memiliki kemampuan untuk menghadapi segala tantangan dan masalah yang ada. Kamu juga memiliki kemauan untuk bertindak dengan cara yang baik dan sopan.

Untuk menjadi percaya diri, Kamu membutuhkan sikap yang realistis dalam memahami kemampuan sendiri. Dan jangan lupa untuk menumbuhkan rasa tidak minder dengan apa yang sudah dimiliki.

Dalam Kamus Istilah Bimbingan dan Konseling, Thantawy menyampaikan bahwa percaya diri merupakan gambaran kondisi psikis atau mental seseorang yang memberikan keyakinan pada diri sendiri untuk melakukan suatu tindakan.

Berdasarkan definisi yang disampaikan oleh para ahli di atas, percaya diri secara ringkas dapat diartikan sebagai kemampuan diri sendiri untuk mengendalikan dirinya dalam kondisi yang beragam. Entah dalam kondisi yang mudah atau sulit. Orang yang percaya diri bisa menerima perbedaan, kekurangan diri, dan berdamai dengan ekspektasi sehingga dia tidak ketakutan untuk bertindak.

Seorang penulis bernama Mandy Hale memberikan imajinasi tentang seseorang yang percaya diri. Salah satu penulis best-selling New York Times of The Single Woman tersebut menyebutkan “Kamu  dianggap percaya diri saat tidak memerlukan persetujuan orang lain tentang definisi dirimu. Namun ketika kamu berdiri dan menghargai diri sendiri, maka orang lain akan menempatkan rasa hormat mereka kepadamu dengan sendirinya.”

tombol beli buku

Ciri-ciri Orang yang Percaya Diri

Orang-orang yang memiliki rasa percaya diri dapat dengan mudah mengerti tujuannya. Jika Kamu memiliki ciri-ciri seperti di bawah ini, maka Kamu termasuk orang yang percaya diri:

1. Tidak Takut Gagal

Memiliki rasa percaya diri yang tinggi tidak menjamin Kamu selalu sukses. Sebagai manusia, wajar kalau sesekali memiliki rasa cemas, takut, dan ragu pada diri sendiri.

Namun orang yang memiliki rasa percaya diri dapat mengendalikan perasaan-perasaan negatif tersebut. Hal ini membuatnya lebih siap untuk melangkah maju. Selain itu, orang yang percaya diri akan menjadikan kegagalan sebagai pelajaran dan bahan perbaikan.

2. Menganggap Diri Sendiri Berharga

Jika Kamu menganggap diri Kamu berharga dan spesial, maka rasa percaya diri akan muncul dengan sendirinya. Karena dengan menghargai diri sendiri, Kamu memiliki keyakinan bahwa diri Kamu tidak lebih rendah dari orang lain.

Kamu akan berani untuk menjadi juara, membela keadilan, memperjuangkan mimpi, membuat perbedaan, dan memerdekakan jiwa. Dengan demikian, Kamu lebih siap untuk berkompetisi dengan yang lain.

3. Berani Mencoba Sesuatu yang Baru

Karena percaya diri yang Kamu miliki, Kamu selalu ingin mencoba hal-hal yang baru. Kamu tidak akan mudah untuk dikalahkan rasa takut akan kemungkinan-kemungkinan baru.

Baca juga : Cara Berdamai Dengan Diri Sendiri

4. Dipuji tidak Terbang, Dicaci Tidak Tumbang

Jika Kamu percaya diri, Kamu tidak bergantung pada kondisi eksternal. Kamu akan tetap mengikuti prinsip tanpa harus mengabaikan nasehat-nasehat positif. Saat Kamu menerima pujian, Kamu tidak terbang sehingga lupa daratan dan lengah dari mengejar impian. Sebab pujian tidak akan berpengaruh banyak pada diri kamu. Kepercayaan diri yang kamu miliki sudah cukup menjadi bekal buat berjuang.

Sementara itu, Kamu tidak tumbang saat mendapatkan cacian. Karena kepercayaan diri yang kamu miliki tidak mampu meruntuhkan semangat untuk menghadapi masalah yang ada.

5. Tidak suka Bergosip dan Omong Kosong

Jika Kamu punya kepercayaan diri yang baik, Kamu tidak akan ada waktu untuk bergosip dan menyampaikan omong kosong. Karena orang-orang yang tidak percaya diri menutupi kekurangannya dengan bergosip. Artinya mereka tidak percaya diri karena diri mereka memiliki banyak kekurangan. Orang-orang yang percaya diri tidak suka membual, sebab apa yang ada pada diri mereka sudah cukup.

6. Tidak Dengki akan Keberhasilan Orang Lain

Iri atas keberhasilan orang lain boleh-boleh saja. Selama iri dalam melakukan perbuatan baik. Namun membiarkan dengki (tidak suka atas keberhasila orang lain) tentu tidak baik bagi kesehatan jiwa.

Ikut bersedih saat ada teman yang sedih menunjukkan empati. Namun banyak yang bisa melakukan hal tersebut. Yang tidak mudah adalah ikut berbahagia saat ada teman yang merasakan bahagia atau meraih kesuksesan. Susah banget ikut senang sementara kita tidak mencapai apa-apa.

Orang yang percaya diri tidak mudah panas melihat orang lain bahagia. Sebab ia percaya bahwa ia juga bisa meraih kesuksesannya. Ia yakin bisa meraih tempat yang tinggi tanpa harus merendahkan yang lain. Ia yakin bisa mulia tanpa harus menghinakan yang lain.

7. Berdamai dengan Kelemahan yang Dimiliki

Percaya diri membuat Kamu fokus pada apa yang bisa dilakukan dalam kebaikan. Jika sudah memiliki rasa percaya diri, Gramedia tidak akan fokus pada kelemahan diri. Orang yang bisa berdamai dengan kelemahannya, akan lebih sibuk mencari solusi dari kelemahannya. Bukan hanya mengutuk nasib dan tenggelam dalam kesedihan.

Demikian 7 ciri-ciri orang yang percaya diri, apakah kamu termasuk orang yang percaya diri? Kamu juga bisa membaca buku-buku terkait percaya diri di Gramedia.com.

Baca juga artikel terkait “Percaya Diri” :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad