in

Manfaat Kursi Pijat Bagi Kesehatan dan Tips Memilihnya

Manfaat Kursi Pijat Bagi Kesehatan – Grameds, apakah kamu ingin mencoba terapi dengan dipijat? Terkadang banyak orang yang ingin pijat tetapi tidak ingin disentuh orang lain, alasannya pun beragam. Untuk mengatasi itu, kamu bisa beralih pada kursi pijat.

Kursi pijat adalah sebuah kursi yang memiliki sebuah kecanggihan. Kamu bisa duduk bahkan berbaring sambal melakukan sebuah pijatan-pijatan. Tidak perlu menyiapkan minyak untuk pijat. Kursi pijat langsung dapat melancarkan aksi pijatan-pijatannya.

Meskipun memiliki banyak manfaat, tetapi masih banyak ornag yang tidak mengetahui manfaat dari kursi pijat. Artikel ini akan membahas mengenai manfaat-manfaat yang dimiliki oleh kursi pijat untuk kesehatan.

Manfaat Kursi Pijat

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dimiliki oleh kursi pijat:

1. Mengobati nyeri punggung

Nyeri punggung adalah salah satu masalah kesehatan yang sangat mengganggu. Nyeri punggung adalah kondisi ketika punggung mengalami sebuah masalah yang mengakibatkan terasa nyeri. Masalah tersebut bisa beragam, bisa karena masalah otot atau penyakit tertentu.

Di samping dengan melakukan pengobatan secara medis, banyak layanan atau pusat kesehatan yang menyarankan pasien nyeri punggung untuk berobat lain. Pengobatan tersebut adalah layanan urut atau pijat. Menurut beberapa studi, menyebutkan bahwa terapi berupa pijat akan membuahkan hasil yang lebih baik dibanding dengan melakukan akupuntur. Selain itu, pijat juga lebih baik dari modifikasi tulang belakang.

Hal lain yang juga memiliki manfaat sendiri dari terapi berupa pijat adalah pasien jadi bisa mengurangi obat. Obat-obat yang dikurangi biasanya adalah obat pereda nyeri. Pengurangannya bisa sampai 36%.

Terkadang, banyak orang yang tidak ingin dipijat karena beberapa hal. Terutama ketika pandemic seperti ini. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan kursi pijat. Kursi pijat adalah alat yang tepat untuk mengobati nyeri punggung. Hanya dengan duduk, kamu dapat melakukan pengobatan terhadap nyeri punggung yang sedang dialami.

2. Melepaskan racun tubuh

Pijat refleksi dapat meningkatkan fungsi pada kandung kemih. Selain itu, dapat juga mengurangi masalah yang ada pada saluran kandung kemih. Hal ini tentu akan memengaruhi fungsi-fungsi tubuh yang lain.

Sistem toksisitas tubuh akan menjadi lebih baik. Sehingga racun dapat menghilang dari tubuh. Ketika racun yang ada di dalam tubuh keluar, tubuh akan menjadi lebih sehat.

3. Meringankan stres

Stress adalah penyakit yang tidak terlihat. Meskipun begitu, stress adalah salah satu gangguan yang sering dialami seseorang. Terkadang, orang yang sedang stress tidak menyadari mengenai kondisinya tersebut. Sehingga cenderung mengabaikannya.

Stress bisa terjadi karena banyak hal. Contohnya seperti banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan. Jangan menganggap stress adalah sesuatu yang mudah diatasi atau enteng. Stress adalah awal dari sebuah depresi, yaitu salah satu penyakit kejiwaan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stress adalah pijat. Pijatan-pijatan tertentu akan membantu untuk mengatasi stress yang sedang dialami. Ini adalah salah satu manfaat dari kursi pijat, selain untuk mengobati masalah kesehatan, kursi pijat juga dapat membantu mengurangi stress.

Pijatan-pijatan yang dilakukan oleh kursi pijat akan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Sehingga rasa lelah dan penat akan berkurang. Hal itu akan mempengaruhi kondisi psikis yang menjadi lebih baik.

banner-promo-gramedia

4. Mengobati penyakit kanker

Pada saat melakukan pijat, akan ada titik-titik di tubuh yang ditekan. Titik-titik itu akan mempengaruhi kerja organ yang ada di dalam tubuh. Salah satu manfaatnya adalah bagi pasien kanker.

Melalui pijatan-pijatan, pasien kanker dapat meningkatkan nafsu makan dan mencegah kelelahan. Selain itu, pasien kanker juga dapat mencegah terjadinya gangguan tidur dan gangguan pencernaan. Selain itu, dapat juga memperbaiki suasana hati.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 87% pasien kanker terapi melalui pijat. Pasien-pasien tersebut merasa setelah pijat merasakan efek yang baik. Efek tersebut adalah berkurangnya rasa sakit.

5. Mengontrol tekanan darah

Di masa yang serba canggih ini membuat banyak pekerjaan bisa dilakukan dimana saja. Biasanya hanya membutuhkan laptop. Meskipun lebih praktis, tetapi hal ini juga mengganggu masalah kesehatan.

Duduk dalam waktu yang lama ketika bekerja akan mengganggu kesehatan. Akan membuat sirkulasi dari darah menjadi tidak lancar. Sehingga akan rentan terkena berbagai penyakit. Salah satu manfaat yang dapat diambil dari penggunaan kursi pijat adalah melancarkan peredaran darah.

Melalui penggunaan kursi pijat, pijatan-pijatan yang dilakukan akan membantu melancarkan sirkulasi darah. Hal itu akan berpengaruh pada organ tubuh. Organ-organ yang ada di dalam tubuh akan mendapat oksigen sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini adalah akibat jika sirkulasi darah lancar.

6. Relaksasi otot

Manfaat lain dari kursi pijat adalah relaksasi otot. Manfaat ini juga terbilang cukup penting. Ketika terlalu lama melakukan sesuatu, maka otot-otot yang ada di dalam tubuh akan menjadi tegang. Selain itu, otot juga akan menjadi kaku. Hal ini terjadi juga karena sirkulasi darah dan oksigen ke otot tidak lancar.

Melalui kursi pijat, kamu bisa mengatasi masalah ini. Melakukan pijatan-pijatan di kursi pijat akan membuat otot menjadi lebih berelaksasi. Hal ini akan menjadikan kamu lebih enak untuk  melakukan sesuatu.

Pijat Refleksi & 6 Terapi Alternatif Lainnya Gratis Poster
Pijat Refleksi & 6 Terapi Alternatif Lainnya Gratis Poster

tombol beli buku

Tips Memilih Kursi Pijat

Meskipun merupakan alat yang memiliki banyak manfaat, dalam pemilihannya juga perlu dipertimbangkan. Harus adanya pengetahuan mengenai fungsi, serta apa yang akan dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih kursi pijat yang bisa kamu lakukan:

  •   Memastikan bahwa kuris pijat memiliki variasi dalam teknik pijatannya
  •   Pilihlah kursi pijat yang mampu melakukan pijatan-pijatan sampai ke bagian Pundak, leher, punggung, bokong, betis dan kaki
  •   Salah satu yang penting juga, yaitu memilih kursi pijat yang dapat dilipat. Sehingga mudah dibawa kemana saja.
  •   Pilihlah kursi pijat yang sudah dilengkapi dengan fitur pemanas
  •   Hal yang harus diperhatikan pula, memastikan bahwa kursi pijat yang akan dibeli memiliki kartu garansi
  •   Pilihlah kursi pijat yang tahan lama. Selain itu, pilih juga kursi pijat yang mudah diperbaiki
  •   Hal penting lainnya yaitu terkait biaya. Pilihlah kursi pijat sesuai dengan biaya yang dimiliki.

Rekomendasi Kursi Pijat

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi kursi pijat yang bagus tetapi memiliki harga yang murah:

1. Massage Seat 5 in 1

Rekomendasi pertama kursi pijat terbaik dengan harga yang murah adalah Massage Seat 5 in 1. Harga kursi pijat ini berkisar Rp. 600.000. Melalui harga segitu, sudah akan mendapatkan satu set dari Massage Seat 5 in 1 ini.

Fungsinya bisa digunakan untuk memijat leher dan punggung bagian atas dan bawah. Selain itu, kursi pijat ini dapat dilipat. Hal ini membuat kursi ini dapat dibawa kemana saja. Fasilitas lain yang ditawarkan adalah adanya remote untuk melengkapinya.

Remote tersebut berguna untuk mengatur tingkat kecepatan atau ritme dari pijatan. Selain itu, intensitas dari gerakan pijatan juga dapat diatur. Hal ini memungkinkan untuk melakukan pijatan sesuai yang diinginkan.

2. Shitatsu VIP Kneading

Kursi berikutnya yang dapat dicoba adalah Shitasu VIP Kneading. Kursi pijat ini berharga sekitar Rp. 1.300.000. Pada kursi ini akan dilakukan gerakan-gerakan memijat. Contohnya seperti meremas ke seluruh bagian tubuh, arahnya dari atas ke bawah.

Gerakan ini akan membuat rasa nyeri dan pegal yang dirasakan tubuh mereda sedikit demi sedikit, hingga akan hilang. Kelebihan lain dari kursi ini adalah didesain dengan khusus mengikuti lekuk tubuh manusia.

Kursi pijat ini juga dapat memijat pada tiga titik. Pijatan tersebut pada bagian Pundak dan leher, punggung, dan bokong. Infrared yang ada pada kursi ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah.

3. U Young 3 Shiatsu Massage Cushion

Rekomendasi kursi terbaik selanjutnya adalah U Young 3 Shiatsu Massage Cushion. Kursi pijat ini berbahan dasar kulit. Memiliki harga sekitar Rp. 1.800.000. Garansi kursi ini didistribusikan oleh Ace Hardware.

Ada dua garansi yang diberikan. Pertama, garansi jasa perbaikan. Kedua, garansi untuk suku cadang. Kursi U Young 3 Shiatsu Massage Cushion ini memiliki dua jenis metode pijatan. Metode ini terletak pada bagian tengah tubuh.

4. D’Precious Kneading

Kursi pijat yang dapat dibeli adalah D’Precious Kneading. Kursi pijat ini cocok untuk mengatasi masalah pegal-pegal. Biasanya rasa pegal-pegal karena terlalu lama duduk.

banner-promo-gramedia

Kursi pijat D’Precious Kneading ini dapat memiliki dua bola pijat. Bola tersebut terletak pada bagian kepala. Fungsinya adalah untuk mengatasi otot-otot yang tegang.

Kursi pijat ini memiliki harga sekitar Rp. 1.900.000. Bola pijat tidak hanya terletak pada bagian kepala, tetapi pada bagian tengah kursi. Tepatnya berada pada sekitar are punggung.

Fungsi dari bola pijat ini dapat mengatasi rasa pegal yang ada di bokong dan punggung. Selain itu, dapat juga merangsang sirkulasi kapiler kulit. Fungsi lain dari bola pijat adalah untuk meningkatkan fungsi sistem saraf.

Kursi pijat ini juga dapat memberikan getaran-getaran dan rasa hangat. Kedua hal ini bisa membantu untuk melancarkan peredaran darah. Selain itu, penggunanya akan merasa rileks.

5. Samsonite Heated and Massage Comfort Cushion

Kursi pijat terbaik selanjutnya adalah Samsonite Heated and Massage Comfort Cushion. Kursi ini berharga sekitar Rp. 2.500.000. Kursi pijat ini tidak hanya dapat digunakan di rumah saja. Akan tetapi, dapat digunakan ketika berada di mobil.

Caranya adalah dengan menghubungkan kabel adaptor. Kabel tersebut dihubungkan ke lubang pemantik api yang berada di dalam mobil. Jika sudah, maka kursi pijat siap untuk digunakan.

Kursi pijat ini juga memiliki remote. Remote tersebut berfungsi untuk mengatur intensitas. Selain itu, dapat juga mengatur metode pijat seperti yang diinginkan.

Kursi pijat Samsonite Heated and Massage Comfort Cushion ini dilengkapi dengan bantalan-bantalan empuk pada setiap sisinya. Sehingga penggunanya akan merasa lebih nyaman sampai tidur ketika sedang pijat.

Itulah beberapa manfaat yang dimiliki oleh kursi pijat. Selain dapat digunakan dengan mudah, kursi pijat akan membantu kamu untuk merelaksasikan tubuh. Sehingga tidak perlu banyak gerak untuk melakukan pijat.

Temukan hal-hal menarik lainnya mengenai kesehatan dalam www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan rekomendasi artikel dan buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Baca juga: 

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

banner-promo-gramedia

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih