in

Perjalanan Karier Kang Min Ah, Sang Dewi Web Drama

https://wallpapercave.com/

Kang Min Ah – Nama aktris Kang Min Ah saat ini tengah dielu-elukan sebagai aktris muda yang akan menjulang karirnya di masa depan kelak.

Mengingat eksistensinya di layar kaca benar-benar memiliki jam terbang yang tinggi, walaupun sekadar menjadi cameo saja. Namun, aktris kelahiran tahun 1997 ini seringnya memang membintangi serial drama Korea remaja, sesuai dengan parasnya yang awet muda.

Kang Min Ah debut di dunia peran sejak tahun 2009 melalui sebuah film berjudul To The Sea. Setelah itu, namanya semakin dikenal setelah memerankan karakter Choi Soo Ah dalam serial drama True Beauty pada tahun 2020.

Sejak membintangi True Beauty, Kang Min Ah langsung menarik perhatian para sutradara dan akhirnya dirinya didapuk sebagai pemeran utama untuk beberapa serial drama.

Lantas, apa saja sih fakta menarik dari aktris Kang Min Ah ini? Apa saja pula diskografi alias daftar film yang telah dibintangi Kang Min Ah hingga tahun 2023 ini? Tunggu apalagi, yuk, segera simak ulasannya berikut ini.

Biodata dan Profil Aktris Kang Min Ah

  • Nama Asli: Kang Minah
  • Nama Panggung: Kang Min Ah
  • Tanggal Lahir: 20 Maret 1997
  • Zodiak: Aries
  • Zodiak China: Sapi (Ox)
  • Tinggi Badan: 160 cm (5’24”)
  • Golongan Darah: AB
  • MBTI: ENTP
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Agensi: H& Entertainment
  • Pendidikan: Seoul Broadcasting High School
  • Tahun Aktif: 2009-sekarang
  • Akun Instagram: @minah320_97

17 Fakta Kang Min Ah

  1. Kang Min Ah lahir di kota Seoul.
  2. Keluarganya terdiri dari ibu, ayah, dan kakak kembar laki-laki. Kakak laki-laki kembarnya itu lahir dengan jarak 5 menit lebih tua darinya.
  3. Lulus dari Seoul Broadcasting High School jurusan Broadcasting and Entertainment. Setelah itu, dirinya tidak melanjutkan pendidikannya.
  4. Keluarganya memelihara 3 ekor kucing yang bernama Gorae, Saewoo, dan Sangeo.
  5. Kang Min Ah terjun di dunia peran sejak tahun 2009, tepatnya ketika usianya masih 12 tahun. Namun keterampilannya berakting telah diasah sejak usia 4 tahun.
  6. Kang Min Ah sempat berhenti berakting ketika masih kecil, tetapi akhirnya kembali lagi di industri hiburan setelah mendiskusikannya dengan kedua orangtuanya.
  7. Kang Min Ah adalah seorang kidal.
  8. Memiliki tanda lahir berupa tahi lalat di tangan kanannya.
  9. Berhasil mendapatkan lisensi mengemudi (seperti SIM) saat usia 20 tahun.
  10. Ketika kecil, Kang Min Ah juga pernah belajar balet.
  11. Berhasil mendapatkan peran Jang Okjeong muda di serial drama “Jang Okjeong, Lives in Love” setelah mengalahkan kandidat lainnya dengan perbandingan 30:1.
  12. Pada tahun 2014, akhirnya Kang Min Ah dilirik oleh publik setelah memerankan karakter keponakan Songji, yang mana berkarakter cerewet di film “Man In Love”.
  13. Kang Min Ah mengaku dirinya ingin sekali memiliki tato, tetapi dirinya juga khawatir jika tato tersebut akan mempengaruhi proses syuting maupun pemotretan.
  14. Berulang kali mendapatkan tawaran street-casting yang mana sering dilakukan untuk para idol, tetapi Kang Min Ah dengan tegas menolak karena dirinya memang hanya ingin fokus pada karir aktingnya saja.
  15. Namanya di industri hiburan ini disebut sebagai “Web Drama Goddess” karena penampilannya di berbagai serial web drama.
  16. Kang Min Ah merupakan teman dari Seungkwan dan Mingyu SEVENTEEN karena ketiganya bersekolah di sekolah yang sama.
  17. Berteman akrab dengan Hyeri, Park Youna, Moon Gayoung, dan Kim Myungji.

Filmografi Kang Min Ah

Film

(2011) Pained – sebagai kakak tertua Nam Soon

Film Pained yang tayang pada tahun 2011 ini menceritakan tentang seorang penagih hutang bernama Nam Soon yang mengalami pernah mengalami kecelakaan traumatis sehingga menyebabkan dirinya kehilangan rasa sakit apapun.

Mengingat Nam Soon tidak merasakan sakit apapun, maka dirinya bekerja sebagai tukang pukul ketika dewasa.

Nah, Kang Min Ah berperan sebagai kakak tertua dari Nam Soon. Berhubung Min Ah masih “baru” di dunia peran, maka di film ini dirinya menjadi cameo saja.

(2011) Grape Candy – sebagai So Ra muda

Film Grape Candy ini menceritakan tentang Sun Joo yang tiba-tiba harus menghadapi sebuah luka dari masa lalu. Kejadian tersebut tentunya membuat hidupnya tidak tenang. Lalu, datangnya seorang wanita misterius bernama So Ra yang turut membantu Sun Joo untuk menyembuhkan luka tersebut.

Pada film yang dibintangi oleh aktris ternama Park Jin Hee dan Park Ji Yoon ini, juga mendapuk Kang Min Ah untuk berperan sebagai So Ra ketika masih muda.

(2014) Man In Love – sebagai Song Ji

Film Man In Love ini menceritakan tentang kehidupan seorang preman bernama Tae Il, yang tiba-tiba mengetahui fakta bahwa dirinya memiliki penyakit serius. Akibatnya, waktu hidupnya pun tidak tersisa lama. Di saat itu, tiba-tiba Tae Il jatuh cinta untuk pertama kalinya kepada seorang wanita bersama Ho Jung.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Pada film ini, Kang Min Ah memerankan karakter sebagai Song Ji, keponakan Tae Il yang sering berkata-kata kasar. Nah dari film inilah, kemampuan akting Min Ah mulai dilirik publik.

(2014) The Huntresses – sebagai Young Hong Dan muda

Film ini menceritakan tentang 3 wanita tangguh bernama Jin Ok yang merupakan pendekar pedang, Hong Dan yang merupakan ibu rumah tangga, dan Ga In yang merupakan pejuang muda. Ketiga wanita tersebut bersama-sama menjadi menangkap penjahat supaya mendapatkan hadiah dari Kerajaan Joseon.

Pada film The Huntresses ini, Kang Min Ah memerankan sebagai karakter Hong Dan saat muda.

(2016) Hiya – sebagai Choi Han Joo

Film Hiya menceritakan tentang seorang pria yang selalu dianggap pembawa sial di keluarganya, bernama In Sang. Saking bermasalahnya, In Sang pun juga dicurigai telah melakukan penipuan dan pembunuhan, sehingga seorang detektif mengejarnya. Di sisi lain, In Sang memiliki seorang adik laki-laki bernama Jin Ho yang entah kenapa adiknya itu selalu membencinya. Pada film ini, Min Ah memerankan karakter sebagai Choi Han Joo.

Serial Drama

(2013) Jang Ok-Jung, Living by Love – sebagai Jang Ok-Jung muda

Serial drama populer di tahun 2013 yakni Jang Ok-Jung, Living by Love yang dibintangi oleh Kim Tae Hee ini menceritakan kisah kehidupan selir paling terkenal di Dinasti Joseon yang bernama Jang Ok-Jung. Sebelum menjadi seorang selir raja, dirinya adalah wanita penjahit sekaligus perancang busana di kerajaan.

Pada serial drama ini, Kang Min Ah berhasil mendapatkan peran sebagai Jang Ok-Jung muda yang mana dalam proses casting-nya saja, dirinya telah mengalahkan sekitar 30 kandidat lainnya.

(2014) Seonam Girls High School Investigators – sebagai Yoon Mi Do

Serial drama yang tayang di channel JTBC ini menceritakan tentang 5 siswi dari anggota klub detective di SMA Wanita Seonam. Bersama-sama, kelima siswi tersebut memecahkan permasalahan seputar remaja, mulai dari aborsi, bullying, hingga bunuh diri.

Pada serial drama ini, Min Ah memerankan karakter Yoon Mi Do yang menjadi anggota klub detektif tersebut. Diketahui, melalui serial drama inilah, dirinya berteman akrab dengan Hyeri.

(2015) Cheer Up! – sebagai Park Da Mi

Serial drama ini bertema tentang kehidupan sekolah remaja. Di SMA Sevit yang merupakan sekolah elit memiliki sebuah peraturan istimewa yakni siapapun siswa yang mengikuti lomba cheerleader, mereka akan mendapatkan nilai tambah guna pendaftaran perguruan tinggi.

Lalu, dua kelompok siswa yakni siswa yang terkenal akan peringkat pertama dan siswa yang biasa-biasa saja dalam hal akademik tetapi pandai dalam menari, mau tidak mau bekerja sama untuk lomba cheerleader tersebut.

Kang Min Ah sendiri berperan sebagai Park Da Mi yang masuk dalam kelompok siswa biasa-biasa saja dalam hal akademik, tetapi pandai menari. Karakternya sedikit urakan dan selalu memusuhi anggota kelompok anak-anak pintar.

(2016) Bring It On, Ghost – sebagai Kim Eun Sung

Serial drama ini menceritakan tentang seorang remaja yang koma setelah kecelakaan mobil. Selama koma itu, arwahnya berkeliaran di dunia nyata dan tiba-tiba bertemu dengan seorang pria yang merupakan pengusir setan. Alhasil, keduanya bekerja sama untuk mengirim hantu-hantu lain ke alam baka.

Pada serial drama ini, Min Ah menjadi guest role saja yakni sebagai Kim Eun Sung, seorang siswi yang berusaha bunuh diri karena tekanan dari ibunya. Karakter Kim Eun Sung ini hanya muncul di episode 7 saja.

(2020) Memorist – sebagai Sul Cho Won

Serial drama ini menceritakan tentang Dong Baek, seorang siswa yang tiba-tiba mendapatkan kekuatan supernatural berupa dapat membaca ingatan orang setiap kali menyentuhnya.

Berkat kekuatannya itu, dirinya menjadi detektif dan berhasil menangkap banyak. Hingga suatu saat, dirinya menemukan pembunuhan berantai yang sangat misterius.

Pada serial drama Memorist ini, Kang Min Ah memerankan sebagai Sul Cho Won, gadis yang hilang pada tujuh tahun lalu. Penampilannya sebagai Sul Cho Won ini ada di sepanjang episode 11 hingga 15.

(2020) True Beauty – sebagai Choi Soo A

Drama populer ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Im Ju Kyung yang sejak kecil selalu dirundung hanya karena wajahnya yang buruk rupa. Alhasil, Ju Kyung berusaha keras belajar make-up supaya wajahnya terlihat cantik. Namun ternyata, ada 2 sosok lelaki yang menyukainya sekalipun wajahnya polos tanpa riasan apapun.

Lewat serial drama True Beauty ini, Kang Min Ah yang memerankan karakter sebagai Choi Soo A alias sahabat dekat Ju Kyung, berhasil mencuri perhatian publik. Menurut netizen, karakter Soo A benar-benar cocok diperankan oleh Min Ah.

(2021) Beyond Evil – sebagai Kang Min Jung

Serial drama ini menceritakan 2 polisi yang ditempatkan di sekitar pedesaan. Salah satu polisi tersebut adalah anak dari petinggi kepolisian yang memang ditugaskan disana. Setelah keduanya menjadi rekan, tiba-tiba muncul kasus pembunuhan berantai yang secara tidak langsung membuat para penonton bingung, siapa kira-kira dalang dibalik semuanya.

Pada serial drama Beyond Evil ini, Kang Min Ah memerankan karakter sebagai Kang Min Jung yang merupakan anak dari Kang Jin Mook. Kang Min Jung ini selalu mabuk-mabukan dan berakhir di kepolisian karena dirinya begitu mengagumi sosok pamannya yang merupakan polisi bernama Lee Dong Sik. Sayangnya, hidup Kang Min Jung harus menjadi salah satu korban pembunuhan berantai tersebut secara tragis.

(2021) At a Distance, Spring is Green – sebagai Kim So Bin

Pada serial drama ini menceritakan tentang kehidupan 3 mahasiswa yakni Yeo Joon, So Bin, dan Soo Hyun. Yoo Joo adalah seorang mahasiswa yang ceria, tetapi keluarganya yang kaya tidak pernah memberikan kasih sayang apapun.

Lalu ada So Bin yang merupakan mahasiswa dengan kepribadian jujur dan tulus. Dirinya tinggal bersama ayahnya karena kedua orangtuanya telah bercerai.

Selanjutnya ada Soo Hyun, seorang mahasiswa yang cerdas dan perfeksionis, tetapi kondisi finansialnya sangat sulit sehingga harus mengorbankan waktu belajar untuk bekerja paruh waktu.

Akhirnya, pada serial drama inilah Kang Min Ah berhasil menjadi pemeran utama dan beradu akting dengan Park Jihoon ex Wanna One.

(2022) Gaus Electronics – sebagai Gun Sang Mi

Serial drama bergenre komedi ini menceritakan tentang kehidupan kerja dan asmara dari para karyawan muda di Divisi Pemasaran 3 di perusahaan Gaus Electronics. Kali ini, Kang Min Ah memerankan karakter Gun Gang Mi yang merupakan karyawan paling cantik di perusahaan, tetapi ketika mabuk, dirinya menjadi urakan dan berbeda dari biasanya.

Serial Web

(2016) Tomorrow Boy – sebagai Jo Ah Ra

(2017) Between Friendship and Love Season 2 – sebagai Yeo Yoo Jung

(2019) Love You As Taste – sebagai Hong Choi

(2019) A-Teen Season 2 – sebagai Cha Ah Hyun

(2019) Monchouchou Globalhouse – sebagai Kang Yu Na

(2020) The Temperature of Language: Our Nineteen – sebagai Han Yu Ri

(2022) Miracle – sebagai Lee So Rin

Music Video

Tahun Judul Lagu Penyanyi
2013 You and I Yoo Seung Woo
2018 Wait A Sec Andup
Additional Paul Kim
2020 I still love you a lot Baek Ji Young

Demikian pembahasan tentang Kang Min Ah yang penuh dengan inspirasi. Semoga semua pembahasan di atas dapat menginspirasi kamu.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Apakah kamu ingin mencari buku seputar drakor atau K-pop? Tenang, Grameds bisa mendapatkannya di gramedia.com atau dengan melihat beberapa rekomendasi buku di bawah ini.

6 Rekomendasi Buku Terkait

1. Annyeong, Drakor!

Ingin belajar Bahasa Korea praktis, mudah, dan asyik? Buku Annyeong, Drakor! hadir sebagai solusi media alternatif untuk kamu belajar Bahasa Korea secara menyenangkan. Melalui buku ini, kamu akan diajak untuk menyelami dialog-dialog dari drama populer.

Buku ini dikemas dalam bentuk komik yang pastinya akan menambah semangat kamu untuk mempelajari Bahasa Korea. Tak hanya itu, selain memperkenalkan hangeul, buku ini juga memuat tata bahasa dasar yang bisa kamu gunakan untuk percakapan sehari-hari.

2. Korea A to Z: Panduan K-Drama, Traveling, Kuliah, Bekerja, dan Bermigrasi

Buku ini memuat segala sesuatu yang ingin Anda ketahui tentang Korea, baik untuk sekadar menambah pengetahuan, panduan memahami K-Drama, traveling, kuliah, bekerja, maupun bermigrasi. Berbagai topik menarik seperti sejarah, tradisi, budaya, dan hal-hal mengejutkan yang tidak diketahui orang asing dibeberkan secara lugas disini, antara lain:

  • Mengapa banyak orang Korea bunuh diri,
  • Merebaknya klinik operasi plastik di seluruh negeri,
  • Naik daunnya perekonomian dan K-wave,
  • Perlakuan orang Korea terhadap orang asing, dan
  • Nasib Tenaga Kerja Indonesia serta wanita Indonesia yang menikah dengan penduduk lokal lewat agen perjodohan internasional.

Jangan lewatkan info mengenai tempat yang menarik dan unik termasuk objek keajaiban alam, baik yang sudah diketahui secara luas maupun yang umumnya hanya diketahui penduduk lokal, juga referensi tempat shopping, perguruan tinggi dan universitas terkenal lengkap dengan persyaratan umum dan tawaran beasiswa, serta pembahasan mengenai kemungkinan bekerja dengan gaji tinggi atau menetap di Korea sebagai imigran.

3. Kimbab Family: (Bukan) Kisah Drama Korea

Kang Min Ah

Romantisme Jay-Gina dan kekompakan keluarga Kimbab Family bak kisah drama Korea. Kehadiran tiga buah hati: Suji, Yunji, dan Jio membuat kisah keluarga mereka makin ceria dan menggemaskan para pemirsa. Tapi, benarkah kisah mereka semulus drama Korea?

Ada kisah yang tak mereka sampaikan di YouTube Kimbab Family: tentang bagaimana Jay dan Gina berjuang menjembatani perbedaan budaya Korea dan Indonesia, keterbatasan bahasa, penyesuaian dua budaya, juga pengenalan dua bahasa kepada anak-anak mereka yang tentu tak mudah. Namun, mereka tetap dapat mendisiplinkan anak tanpa bentakan, mengajarkan ketegasan dengan kelembutan, meneladankan kesantunan, serta menggabungkan harmoni dua negara.

Melalui kisah Jay dan Gina, kita belajar bahwa keluarga yang bahagia dan ceria, membuat hidup penuh makna dan warna.

4. Panduan Bijak Mengenal Budaya Populer Korea: Korean Wave

Kang Min Ah

Korean Wave atau K-pop berhasil mencuri perhatian banyak orang. Sebagai suatu fenomena tak terelakkan dalam satu dekade terakhir, adalah hal yang bijak untuk kita bisa mengenal lebih dalam apa sebenarnya Korean wave itu.

Jangan heran bila bahasa Korea, produk Korea, dan artis Korea sekarang ini menjadi favorit dan referensi. Namun sayangnya masih jarang sekali dijumpai panduan yang menolong memberikan gambaran lebih komprehensif tentang Korean wave.

Buku ini akan menyajikan kilasan info mulai dari awal mula Korean wave, K-pop, K-style, K-food, hingga operasi plastik yang marak dilakukan di Korea Selatan. Buku ini ditujukan untuk remaja dan pemerhati remaja yang tentu perlu belajar hal positif dan menyikapi hal negatif dari Korean wave.

5. The Amazing Book of Korean Conversation for Millenials

Kang Min Ah

Mempelajari pelajaran bahasa Korea yang kompleks mungkin tampak menantang, terutama jika Anda tidak sering menonton k-drama atau bertemu dengan penutur asli bahasa Korea. Tapi itu tidak terlalu rumit. Plus, belajar tentang bahasa Korea sepadan dengan waktu dan usaha. Bahasa Korea susah karena kita udah takut duluan sama tulisannya yang kotak-kotak.

Padahal, bahasa ini justru adalah bahasa yang mudah dipelajari karena abjadnya sederhana dan nggak jauh beda dengan abjad bahasa Indonesia. Untuk mempelajari alfabet Hangul, Anda hanya perlu mempelajari 24 huruf, yang berarti kurang dari 26 huruf dalam bahasa Inggris. Jadi, jika Anda menginginkan bahasa kedua yang dapat Anda pelajari dengan cepat, bahasa Korea harus ada dalam daftar Anda!

Nah, buku ini memuat tema-tema seputar kehidupan sehari-hari dan pastinya ada kosakata baru di setiap pelajarannya. Praktis, mudah, nggak ribet. Bawa buku ini ke mana pun kamu pergi, kenali dan pahami setiap kosakata dan frasanya, dijamin sebentar lagi kamu akan cas-cis-cus ngomong pakai bahasa korea dan nggak akan malu-maluin jika kamu berkunjung ke Korea suatu saat nanti.

6. Culture Shock: 101 Korean Pop Culture

Kang Min Ah

Saat ini siapa yang tidak mengenal K-Pop atau Korean Pop? Budaya pop Korea (Selatan) ini memang sedang mewabah di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Mulai dari drama dan musiknya, budaya Korea seolah menjadi gelombang yang menghantam dunia dan membuat orang-orang menjadi ‘demam Korea’.

Drama dan musik Korea sangat diterima dengan baik oleh publik Indonesia. Hal ini membuat budaya Korea yang lain pun ikut diminati. Mulai dari bahasa Korea, makanan, pakaian, tempat-tempat wisata, dan segala hal tentang Korea menjadi banyak peminatnya. Oleh sebab itu, buku ini hadir sebagai referensi bagi siapa saja yang saat ini terkena ‘demam Korea’, bagi yang ingin mengenal lebih jauh tentang budaya Korea.

Sumber:

https://en.kepoper.com/

https://mydramalist.com/

https://asianwiki.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.