in

20 Jenis-Jenis Lovebird Dan Harga Lovebird

Akhir-akhir ini siapa yang tidak mengenal burung lovebird. Bahkan, sudah banyak orang yang memeliharanya, baik itu hanya untuk senang-senang atau untuk dibudidaya. Burung lovebird termasuk ke dalam jenis burung yang berukuran kecil dan sangat terkenal dengan warna-warna yang indah dan suara kicauan yang merdu. Di Indonesia, burung ini bisa dibilang sudah menjadi primadona, walaupun asal burung lovebird bukan dari Indonesia.

Burung lovebird adalah fauna endemik dari Madagaskar yang sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Di Indonesia, burung ini sangat dikenal dengan bulu-bulunya yang memiliki warna yang khas dan burung petarung dalam perlombaan kicauan terbaik.

Dalam memelihara atau membudidayakan burung lovebird sangat diperlukan untuk mengenali karakteristik dari setiap jenis burung lovebird. Semakin dalam mengenali jenis-jenis burung lovebird, maka burung ini akan tumbuh dengan maksimal.

Setiap jenis burung lovebird memiliki harga yang berbeda-beda yang biasanya disesuaikan dengan warna dan kelangkaan dari burung itu sendiri. Terlebih lagi jika burung lovebird sudah beberapa kali menjuarai kejuaraan kicau burung tentunya harganya akan semakin mahal.

Grameds, ingin memelihara burung lovebird? Artikel ini akan membahas jenis-jenis burung lovebird dan tentunya dengan harganya supaya kamu bisa memelihara jenis burung lovebird terbaik.

Jenis-Jenis Lovebird

1.Lovebird Misty

Jenis Lovebird

Siapa yang tak suka melihat warna dari lovebird misty. Lovebird jenis ini memiliki warna misty atau cenderung berwarna cream, sehingga lovebird ini sangat indah untuk dilihat. Hal unik lainnya dari lovebird ini adalah adanya warna gradasi yang terletak pada bagian terakhir sayapnya.

Sudah banyak yang memelihara hingga membudidayakan lovebird misty ini, sehingga kamu akan sangat mudah untuk mencari dan mendapatkan lovebird misty. Untuk mendapatkannya, kamu perlu mengeluarkan kocek sekitar 700 ribu sampai 2 juta.

2. Lovebird Halfsider

Jenis Lovebird

Lovebird halfsider memiliki kombinasi warna lebih dari tigg, yaitu warna hijau, warna kuning, warna biru, warna hitam, hingga paruhnya berwarna putih. Belum ada hasil penelitian yang dapat menjelaskan banyaknya kombinasi warna pada lovebird jenis ini. Perawatan lovebird halfsider sama dengan perawatan lovebird lainnya.

Namun, lovebird jenis ini populasinya sangat sedikit atau bisa dikatakan sangat langka. Maka dari itu, harga dari lovebird halfsider cukup mahal hingga puluhan juta. Kelangkaan pada lovebird halfsider karena tingkat keberhasilan lahirnya lovebird jenis ini sangat kecil, sehingga hampir setiap peternak tak ingin membudidayakannya.

3. Lovebird Dakori

Jenis Lovebird

Lovebird dakori secara sekilas memang terlihat seperti lovebird dakocan, perbedaan dari kedua lovebird tersebut terletak pada bagian lehernya. Bagian leher lovebird dakori warna  hitamnya lebih pekat daripada lovebird dakocan. Lovebird jenis ini termasuk yang sangat aktif, karena suka loncat ke sana-sini dan suara ngekek yang bagus.

Meskipun memiliki suara ngekek yang bagus, tetapi tubuhnya terbilang lemah, sehingga ketika merawatnya dibutuhkan perhatian lebih supaya tidak mudah sakit. Harga dari lovebird dakori mulai dari 800 ribu.

4. Lovebird Biru Mangsi

Jenis Lovebird

Warna biru pada lovebird biru mangsi hampir sama dengan warna biru yang ada pada lovebird cobalt dan lovebird violet. Jika kamu ingin membedakannya, maka kamu bisa melihat pola hitam yang terdapat pada lovebird biru mangsi.

Warna biru mangsi jika dilakukan perawatan dengan baik, maka warna birunya bisa mendominasi anggota tubuh lainnya, sehingga akan membuat lovebird mangsi biru terlihat lebih indah. Harga dari lovebird biru mangsi mulai dari 500 ribu hingga 2 juta.

tombol beli buku

5. Lovebird Olive

Jenis Lovebird

Jenis lovebird olive termasuk lovebird yang banyak dipelihara di Indonesia. Tak sedikit orang yang bilang kalau lovebird jenis ini memiliki suara yang nyaring dan kicauan juga enak untuk didengar. Selain itu, burung lovebird ini mempunyai kombinasi tiga warna, seperti warna kuning, warna orange, dan warna hitam cenderung kehijauan. Paruh lovebird ini berwarna merah tua dan di atas paruhnya terdapat bulu dengan warna putih.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Di Indonesia, populasi lovebird jenis ini sudah banyak yang memeliharanya, apakah kamu salah satunya? Populasi yang banyak ini membuat kamu mudah untuk mencari lovebird olive. Harga lovebird olive diperkirakan 500 ribu sampai 800 ribu.

6. Lovebird Pale Fallow 

Jenis Lovebird

Lovebird pale fallow bisa dikatakan sebagai salah satu jenis burung lovebird yang dihasilkan dari hasil mutasi antara lovebird biru mangsi perso dengan mata merah seperti lutino. Seseorang yang pertama kali menemukan mutasi jenis lovebird ini adalah Kay Parcell. Ia menemukan mutasi ini pada tahun 1970 di California Selatan.

Kay Parcell beranggapan bahwa kedua indukan lovebird split pale fallow sangat cocok untuk menghasilkan lovebird pale fallow dengan warna yang khas dan unik yang berbeda dengan warna lovebird pada umumnya. Dibalik warna unik dan khas, jenis lovebird ini tidak bisa terkena sinar matahari terlalu lama. Hal ini berbeda dengan karakteristik lovebird lainnya.

Jenis lovebird pale fallow termasuk lovebird yang memiliki harga yang sangat mahal. Bahkan, harga dari jenis lovebird ini bisa mencapai puluhan juta, karena sangat langka. Jadi, kamu ingin memelihara jenis lovebird pale fallow?

7. Lovebird Cobalt

Jenis Lovebird

Lovebird biru cobalt cobalt ini sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan karena memiliki warna biru yang hampir sama dengan lovebird biru mangsi. Ada gradasi warna putih di bagian leher dari lovebird ini, warna itulah yang membedakannya dengan lovebird biru mangsi.

Karakteristik yang dimiliki lovebird ini, seperti suka meloncat-loncat, ceria, dan suaranya suka membuat berisik. Harga yang dari lovebird ini bisa kamu bandrol mulai dari 500 ribu sampai 550.000 saja.

8. Australian Cinnamon

Jenis Lovebird

Habitat asli dari lovebird Australian Cinnamon ada di Australia. Makanan kesukaannya kayu manis yang kaya akan sumber nutrisi. Dominasi warna kuning pada tubuhnya dan paruh yang berwarna peach merupakan daya tarik dari lovebird jenis ini.

Tubuh dari lovebird Australian Cinnamon termasuk lovebird cukup kuat, karena tidak mudah terkena penyakit. Namun, suara kicauan dari lovebird ini masih kurang dengan jenis lovebird lainnya, sehingga kurang cocok untuk mengikuti perlombaan kicauan.

Jika kamu ingin melihat keindahan lovebird ini secara langsung, kamu bisa mendapatkannya dengan harga 400 ribu sampai 600 ribu.

tombol beli buku

9. Lovebird Parblue

Jenis Lovebird

“Parblue” adalah singkatan dari partial blue, karena warna biru pada lovebird ini tidak begitu dominan atau hanya pada bagian sayap saja. Meskipun warna sayapnya sering berwarna biru, tetapi warna wajahnya terkadang ada yang berwarna biru dan ada yang berwarna kuning. Terbentuknya warna wajah berasal dari indukannya.

Lovebird ini sangat mudah untuk dirawat karena kondisi tubuhnya yang cukup kuat. Selain itu, lovebird ini tidak mau diam atau sering terbang kemana-mana.

Di Amerika, lovebird ini sangat populer. Akan tetapi, di  Indonesia jenis ini masih sulit untuk ditemui sehingga harganya relatif mahal bila dibandingkan dengan lovebird pada umumnya. Harga yang harus kamu bayarkan sekitar 3,5 juta atau bisa saja lebih tergantung dari warnanya saja.

10. Lovebird Albino

Jenis Lovebird

Warna putih yang sangat mendominasi seluruh tubuhnya merupakan keindahan dari lovebird albino. Warna putih yang mendominasi berasal adanya genetik yang gagal memproduksi warna lainnya.

Namun, dibalik keindahannya, lovebird albino kurang cocok untuk dijadikan burung perlombaan. Hal ini dikarenakan suara dari burung ini kurang “gacor” bila dibandingkan dengan lovebird lainnya.

Jika kamu suka karena keindahan warnanya, mak kamu bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari 700 ribu sampai 1 juta saja.

11. Lovebird Batman

Jenis Lovebird

Nama dari lovebird yang satu ini sangat unik karena menggunakan nama superhero. Bentuk fisik yang ada di lovebird ini memiliki warna hitam sedikit ada corak abu-abu di bagian lehernya. Semakin gelap warna hitamnya, maka harganya akan semakin mahal.

Burung lovebird ini sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah karena warnanya sangat enak untuk dilihat. Untuk mendapatkan lovebird ini kamu perlu mengeluarkan dana sebesar 900 ribu sampai dengan 950 ribu.

12. Lovebird Violet

Jenis Lovebird

Lovebird violet sekilas memang mirip dengan jenis mangsi dan cobalt. Lovebird violet memiliki warna yang lebih terang daripada jenis mangsi dan cobalt, sehingga terlihat lebih cantik.

Dibalik warnanya yang indah, lovebird ini kurang cocok untuk dijadikan perlombaan karena suaranya kurang “gacor”. Jadi, bisa dikatakan bahwa lovebird ini sangat sesuai untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah.

Harga dari lovebird sangat bergantung pada kualitas warnanya, harganya dimulai dari 1,1 juta hingga 1,5 juta. Semakin indah warnanya, maka harganya akan semakin mahal.

tombol beli buku

13. Lovebird Lutino

Jenis Lovebird

Burung yang berasal dari mutasi genetik dari ras muka salam ini memiliki warna kuning yang dominan. Sedangkan warna wajahnya orange muda. Meskipun tidak ada gradasi, tetapi hal itulah yang membuat lovebird ini menjadi lebih indah.

Di Kalangan pecinta lovebird, jenis ini sangat terkenal dengan suaranya yang “gacor”, tetapi dengan catatan jika kamu bisa merawatnya dengan dengan baik dan benar. Jika perawatannya kurang baik suara “gacor” akan hilang.

Warna yang indah dan cantik serta suara “gacor”, maka burung ini pantas untuk dihargai mahal. Harga lovebird lutino biasanya dimulai dari 2 juta rupiah dan bisa terus bertambah.

14. Lovebird Biola

Jenis Lovebird

Sesuai dengan namanya, suara dari lovebird sangat cocok untuk dijadikan sebagai burung petarung. Oleh karena itu, jika kamu sangat ingin mengikuti perlombaan lovebird, sangat disarankan untuk memelihara lovebird jenis ini. Perawatan yang baik akan meningkatkan kualitas suaranya.

Warna lovebird ini memang seperti warna lovebird pada umumnya, tetapi pada bagian sayapnya ada warna gradasi yang indah, yaitu warna hitam dan warna putih.

Harga lovebird biola tergolong cukup mahal apalagi kalau sudah menjuarai beberapa perlombaan lovebird. Harga lovebird biola dimulai dari 1 juta rupiah hingga puluhan juta tergantung dari kualitas suara dan warnanya.

15. Lovebird Blorok

Jenis Lovebird

Sama dengan lovebird biola, suara pada lovebird cukup “gacor” . Meskipun suaranya cukup “gacor” kalau tidak dirawat dengan perawatan terbaik, maka suaranya menjadi kurang ”gacor”. Perpaduan warna hijau dan kuning terbilang tidak beraturan dan merupakan hasil dari rekayasa genetika. Namun, hal inilah yang menjadikan keindahan yang ada di lovebird blorok.

Suara yang bagus dan warna yang unik dan khas menjadikan harga burung ini relatif mahal. Harga itu biasanya dimulai dari 1,1 juta hingga 1,4 juta.

16. Lovebird Madagaskar

Jenis Lovebird

Lovebird madagaskar termasuk ke dalam jenis yang memiliki berat tubuh dan panjang tubuh yang paling kecil daripada jenis-jenis lovebird lainnya. Berat tubuh dari lovebird ini hanya seberat 36 gram dan panjang tubuhnya hay sampai 13 cm.

Meskipun ukuran tubuhnya sangat kecil, tetapi disitulah yang membuat seseorang tertarik untuk merawatnya. Terlebih lagi warna dari jeni sini sangat cantik yang di mana warna hijau pucat mendominasi anggota tubuh dan warna putih pada bagian leher hingga kepalanya.

Ketika lovebird ini dewasa, warna hijaunya berubah menjadi warna hijau gelap dan warna putihnya akan berubah menjadi warna abu-abu. Keindahan dan keunikan dari lovebird jenis ini membuat harganya cukup mahal sekitar 1,5 juta.

tombol beli buku

17. Lovebird Muka Merah

Jenis Lovebird

Sama seperti namanya,lovebird ini memiliki warna merah hanya pada bagian wajah saja. Ukuran dari lovebird muka merah termasuk sangat kecil, karena hanya berukuran 15 cm. Lovebird jenis ini bisa dikatakan sangat jarang dipelihara oleh pecinta lovebird Indonesia.

Warna lovebird ini didominasi dengan warna hijau, semakin pekat dan bersih warna hijaunya, maka harganya akan semakin mahal. Lovebird ini termasuk ke dalam golongan yang sangat aktif, sehingga sering loncat-loncat.

Harga dari lovebird muka merah dibanderol dari 600 ribu hingga 1 juta. Namun, harga ini bisa berubah-ubah tergantung dari warna hijau pada lovebird jenis ini.

18. Lovebird Fischer

Jenis Lovebird

Pada abad ke-19, lovebird pertama kali ditemukan oleh Gustav Fischer. Oleh sebab itu, nama “fischer” diambil dari penemu dari jenis lovebird ini. Lovebird fischer termasuk jenis lovebird yang sangat banyak ditemukan di Indonesia. Bahkan, pecinta lovebird pasti memiliki jenis lovebird yang satu ini.

Di bagian punggung dan dada pada lovebird fischer terdapat warna hijau yang berbeda. Jika di dada berwarna hijau muda, maka di punggung warnanya hijau muda. Selain itu, di bagian atas kepala terdapat sedikit warna hijau dan lehernya berwarna kuning cenderung orange.

Di Indonesia, tak sedikit orang yang memelihara lovebird dengan tujuan untuk untuk mendapatkan suara yang “gacor”. Populasi yang cukup banyak membuat harga dari lovebird fischer terbilang murah. Kamu hanya mengeluarkan kocek sekitar 200 ribu saja sudah bisa mendapatkan lovebird jenis ini.

19. Lovebird Dakocan

Jenis Lovebird

Lovebird dakocan sering disebut juga sebagai lovebird muka hitam karena warna hitam mendominasi wajahnya. Namun, terkadang ada beberapa lovebird dakocan yang memiliki warna kepala kuning, biru, atau hijau. Di habitat aslinya lovebird ini sangat suka hidup berkelompok, sehingga ia jarang menghabiskan waktunya bersama pasangan.

Warna hitam pada wajahnya memang sangat mirip dengan lovebird dakori. Warna hijau pada lovebird dakocan sangat kental, kemudian semakin ke atas atau menuju leher warnanya akan bergradasi menjadi warna orange.

Burung ini memiliki suara yang cukup bagus, sehingga cocok untuk diikuti perlombaan kicauan burung. Harga dari lovebird ini termasuk murah, kamu bisa memperolehnya hanya dengan mengeluarkan dana sebesar 300 ribu.

20. Lovebird Muka Salem

Jenis Lovebird

Sama dengan lovebird fischer, lovebird muka salem menjadi ras yang banyak ditemukan di Indonesia. Bahkan, beberapa orang mengatakan bahwa lovebird muka salem termasuk ke dalam ras asli atau tanpa pencampuran genetik yang dilakukan oleh manusia. Panjang dari lovebird ini bisa mencapai 18 cm.

Lovebird muka salem bisa terbilang jenis yang sangat aktif dan terkadang bisa mengeluarkan suara yang bisa membuat bising. Kondisi tubuh dari lovebird ini cukup kuat, sehingga ketika merawatnya tidak terlalu sulit.

Populasi yang sangat banyak membuat harga lovebird muka salem tidak terlalu mahal. Supaya kamu bisa merawat lovebird muka salem, maka kamu harus mengeluarkan biaya 200 ribu saja.

Kesimpulan

Pada dasarnya, warna dari semua jenis lovebird sangat indah untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Akan tetapi, tidak semua jenis lovebird cocok untuk dijadikan sebagai burung petarung. Maka dari itu, tujuan dari memelihara lovebird harus ditentukan terlebih dahulu supaya ketika membeli lovebird kamu tidak menyesal. Jadi, apakah kamu tertarik untuk membeli dan memelihara burung lovebird?

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu