in

Ciri-Ciri Burung Secara Umum Untuk Burung Elang, Pipit, dan Dara

Ciri-ciri Burung – Burung atau Aves merupakan anggota keluarga hewan bertulang belakang yang kemudian memiliki kemampuan untuk terbang, walaupun terdapat beberapa burung yang tak memiliki kemampuan tersebut.

Hewan yang tubuhnya ditumbuhi dengan bulu serta memiliki sayap yang terdiri dari 8.800 sampai 10.200 ini kemudian tersebar di seluruh dunia. Selain hidup di alam liar, banyak diantaranya yang kemudian menjadi burung peliharaan, seperti diantaranya pada burung murai, burung dara, burung perkutut dan lain sebagainya.

Setiap burung, pastinya memiliki ciri-cirinya masing-masing dan setiap ciri tersebut akan membedakan jenis burung yang satu dengan burung lainnya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang ciri-ciri burung secara umum dan juga ciri-ciri burung elang, pipit, dan dara. Jadi, simak ulasan ini sampai habis, Grameds.

Pengertian Burung

Burung adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap. Jenis-jenis burung ini sangatlah bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil serta dapat mengepakkan sayap dengan sangat cepat, penguin yang memiliki kemampuan untuk menyelam dengan sayapnya, hingga pada burung unta, yang tingginya melebihi manusia.

Sebagian besar dari spesies burung di dunia ini juga mampu terbang dengan menggunakan sayapnya (misalnya saja pada bebek, angsa, burung gereja, burung pelikan, burung hantu, burung elang, burung cenderawasih, dan masih banyak lagi), kecuali pada beberapa jenis burung yang biasanya endemik di suatu tempat tertentu tidak bisa terbang, seperti pada burung unta, burung moa, burung kasuari, burung kiwi, burung penguin, dan lain sebagainya.

Diperkirakan terdapat sekitar 8.800-10.200 spesies burung di seluruh dunia; yaitu sekitar 1.500 jenis di antaranya kemudian ditemukan di Indonesia.

Berbagai jenis burung ini sendiri secara ilmiah kemudian digolongkan ke dalam kelas Aves. Saat ini, burung diketahui sebagai turunan dari kelompok dinosaurus theropoda berbulu, dan dengan demikian merupakan satu-satunya anggota dinosaurus yang masih hidup hingga saat ini.

Ciri-Ciri Burung Secara Umum

Setelah membahas tentang pengertian burung secara umum, maka pada poin ini, kita akan membahas tentang ciri-ciri burung secara umum. Berikut ini adalah ciri-ciri burung secara umum.

  1. Burung dapat mempertahankan suhu tubuhnya secara otomatis. Itu artinya, untuk mengubah suhu tubuhnya, tidak harus bergantung terhadap faktor luar.
  2. Pada saat berpijak dan berjalan di tanah, burung bergerak dengan dua tungkai belakang.
  3. Memiliki sistem saraf dan otak yang sangat kompleks. Oleh sebab itu, banyak jenis burung yang terkenal dengan kecerdasannya.
  4. Tulang burung rongganya ada di dalam yang berfungsi untuk menurunkan berat badan, sehingga dapat terbang atau bergerak dengan baik.
  5. Memiliki 4 jantung yang di mana setiap jantungnya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dengan begitu, oksigen pada burung bisa dikelola dengan baik.
  6. Pada bagian tungkai atasnya akan berevolusi menjadi struktur khusus. Dengan tungkai yang berevolusi itulah burung bisa terbang.
  7. Pada umumnya, hampir semua burung memiliki bentuk tubuh gelendong yang di mana setiap otot-ototnya bisa membuat mereka bergerak dan terbang secara baik.

Ciri-ciri Burung Elang

burung elang

pexels

Elang merupakan hewan yang banyak dijumpai di seluruh Indonesia. Arti elang sendiri yang dalam bahasa inggris disebut juga sebagai eagle menunjukkan bahwa ia merupakan burung pemangsa yang berukuran besar serta berasal dari suku Accipitridae genus Aquila.

Hewan ini kemudian memangsa mamalia kecil seperti diantaranya ayam, ular, tikus, kadal, ikan, dan tupai. Hal ini sendiri dikarenakan paruhnya yang memang cocok sebagai pemangsa. Selain itu terdapat ciri ciri burung elang, antara lain:

1. Paruh

Ciri yang pertama ialah si predator langit ini memiliki paruh yang sangat kuat, kokoh, panjang namun tak bergigi. Paruh dari elang ini juga melengkung ke bawah dan membentuk semacam kait dengan ujung yang tajam. Hal ini kemudian membuatnya mudah dalam memburu mangsanya. Burung elang juga memangsa dengan cara mengoyak dengan menggunakan paruhnya tersebut. Paruh ini kemudian menjadi ciri ciri burung elang yang unik.

2. Kaki yang sangat Kuat

Ciri-ciri burung elang berikutnya adalah kaki yang kuat dan berguna untuk mencengkram mangsanya. Sebab, kaki ini kemudian mempunyai kuku yang melengkung, kuat, serta tajam atau lebih sering dikenal dengan cakar.

3. Bentuk Ekor

Selanjutnya, burung elang yang sangat besar ini memiliki ekor yang kurang bundar, dengan ujungnya yang menghadap ke arah keluar. Hal ini kemudian yang membedakan ia dengan raptor lain.

4. Mata

Jika kamu pernah mendapat julukan ‘Mata Elang’ ini kemudian menandakan bahwa kamu memiliki mata dengan penglihatan yang tajam. Memang benar, mata si pemangsa ini bisa dibilang sangat tajam, sehingga ia mampu memburu mangsa sekalipun berada di jarak yang cukup jauh. Bahkan, ada yang kemudian menyebutkan mata ini delapan kali lebih tajam dari mata manusia. Penglihatan ini juga dapat dirasakan jika ketinggiannya berada di atas 100 kaki.

5. Sistem Pernapasan

Selanjutnya, burung elang memiliki sistem pernapasan yang baik dan mampu membekali jumlah oksigen yang banyak. Dengan oksigen itulah, burung elang bisa terbang dalam waktu yang cukup lama. Dalam sistem pernapasannya terdapat jantung yang memiliki 4 bilik seperti manusia. Bilik atas yaitu disebut juga sebagai atrium sementara pada bilik bawah disebut juga sebagai ventrikel.

6. Berkembang Biak

Sama seperti unggas yang lainnya, hewan ini kemudian berkembang biak dengan cara bertelur. Ia juga telah mempersiapkan keamanan serta kenyamanan untuk anak-anaknya dengan cara membuat cangkang yang keras pada bagian sarangnya. Hal ini kemudian bertujuan agar ia terhindar dari bahaya hingga si anak dapat terbang.

Namun, hal yang unik dari burung elang ini adalah burung elang hanya bertelur satu kali dalam satu tahun saja. Selain itu, mereka memiliki hidup yang panjang hingga hampir sama seperti manusia yakni 70 tahun.

7. Warna

Warna burung besar ini ialah warna coklat. Meski begitu, ada beberapa spesies yang berwarna keputihan ataupun abu-abu.

8. Sayap

Ciri berikutnya dari burung elang adalah memiliki sayap yang panjang, lebar, serta berbentuk persegi panjang. Oleh sebab itu, mereka kemudian memiliki jari yang berupa bulu-bulu primer dipisahkan serta mempunyai penampilan jari. Sekadar informasi, dengan sayap-sayapnya tersebut, burung elang dapat terbang dengan kecepatan 300 km/jam. Maka dari itu, mereka bisa bermigrasi ke seluruh penjuru dunia.

Ciri-ciri Burung Pipit

burung pipit

pexels

Burung pipit merupakan kelompok aves dari famili Estrildidae atau burung berparuh pendek pemakan biji-bijian. Banyak orang kemudian menyebut burung ini dengan istilah Burung Finch. Sedangkan di Indonesia, burung ini kemudian disebut sebagai emprit atau bondol. Jika dilihat sekilas, burung pipit tampak sangat mirip dengan burung gereja yang sama-sama memiliki paruh pendek. Berikut ini ciri-ciri burung pipit yang perlu kamu ketahui.

1. Ukuran Tubuh Kecil

Burung pipit memiliki ukuran tubuh sekitar 10 cm serta berat 5 gram. Jika kita bandingkan dengan ukuran burung lainnya, emprit burung pipit cenderung  berukuran kecil.

2. Berparuh Pendek

Burung pipit merupakan burung pemakan biji bijian. Oleh sebab itu, kita kemudian dapat mengidentifikasi bentuk paruhnya dengan bentuk pendek serta runcing. Fungsi paruh ini diantaranya adalah untuk menghancurkan biji bijian yang akan ia telan.

3. Bulu

Ciri khas lain yang menarik perhatian lainnya dari burung ini adalah bulu-bulu yang ia miliki. Warna-warna bulunya yang sangat indah dengan perpaduan yang cantik. Bagi pecinta burung, pasti kemudian akan tertarik dengan warna yang dimiliki burung ini.

Ciri-ciri Burung Dara

burung dara

pexels

Burung dara bisa dikatakan sebagai salah jenis burung yang sering dipelihara atau bahkan diikutsertakan lomba. Berikut di bawah ini adalah ciri-ciri fisik burung merpati yang perlu kamu ketahui.

Kepala Berbatok

Burung dara merupakan salah satu jenis burung yang kemudian memiliki  bentuk kepala yang cukup unik. Burung ini kemudian memiliki batok yang juga dapat dijadikan patokan apakah burung ini memiliki kualitas yang bagus atau tidak. Hanya dengan melihat kemiringan batok kepala depan serta batok kepala belakang, sehingga kamu sudah dapat membedakan manakah yang memiliki kualitas baik serta mana yang tidak.

Paruh Kecil

Salah satu ciri yang dimiliki oleh setiap burung adalah memiliki paruh sebagai organ tubuh paling luar dalam sistem pencernaan. Bentuk paruh setiap burung juga berbeda-beda, sesuai dengan jenis makanannya.

Untuk burung dara sendiri bentuk paruhnya cenderung berukuran lebih kecil dengan bagian ujung yang lancip. Dari bentuk paruh dan ukurannya saja, kamu dapat membedakan mana burung yang memiliki kualitas bagus dan sebaliknya. Tolak ukurannya ada pada bentuk paruh burung yang semakin runcing maka menandakan kualitasnya semakin bagus, begitupun sebaliknya.

Mata

Sama seperti pada manusia, mata burung merpati atau pada burung dara juga memiliki dua warna berbeda di antara kornea serta pupilnya. Namun, perpaduan antara mata burung merpati diantaranya dari warna kuning muda dengan warna kuning tua,  hijau tua dan warna merah tua, putih dan warna merah muda, hitam serta kuning juga warna-warna lain.

Sayap Relatif Besar

Dengan badan yang cukup gempal, burung ini kemudian memiliki sayap dengan ukuran relatif besar. Sebenarnya ukuran sayap ini kemudian menyesuaikan ukuran dari badan burung itu sendiri. Selain itu, dengan ukuran yang seimbang, burung kemudian dapat terbang dengan lebih optimal. Ukuran sayap burung yang relatif besar juga menjadi satu hal yang kemudian menjadi pembeda antara merpati dengan jenis burung lain.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap jenis burung sudah memiliki ciri-cirinya masing-masing, sehingga kamu menjadi lebih mudah dalam membedakan jenis burung. Selain itu, ada juga beberapa jenis burung yang tidak bisa terbang. Setelah mengetahui ciri-ciri burung secara umum dan beberapa burung lainnya, apakah kamu tertarik untuk memelihara burung?

Jika kamu ingin mencari buku tentang ensiklopedia hewan. maka bisa mendapatkan bukunya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: Dari berbagai sumber

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Burung yang Wajib Kamu Baca

Ensiklopedia Dunia Hewan untuk Pelajar dan Umum : Burung

Ensiklopedia Dunia Hewan untuk Pelajar dan Umum : Burung

Dunia hewan sungguh mengagumkan. Ada yang tinggal di darat, ada yang tinggal di perairan, bahkan ada pula yang meskipun tinggalnya di darat, tetapi menghabiskan waktunya mengangkasa mencari makan. Tahukah kamu hewan apa itu? Ya, mereka adalah burung. Burung adalah hewan yang memiliki sayap. Selain sayap, mereka juga memiliki keunikan lainnya, yaitu tubuhnya. Oleh karena itulah, mereka bisa terbang. Namun, ada lho burung yang tidak bisa terbang, tetapi mereka memiliki kelebihan lainnya. Semua informasi tentang burung dan unggas dapat kamu temukan di dalam buku ini. Kamu juga dapat menemukan berbagai fakta menarik di sini.

 

Panduan Praktis Pakan Burung Ocehan

Panduan Praktis Pakan Burung Ocehan

Kegemaran memelihara burung ocehan sudah ada sejak zaman nenek moyang dan terus berlanjut di zaman sekarang. Tanpa memandang status, pangkat, jabatan, maupun latar belakang, hobiis burung berkumpul dan saling memperdengarkan kicauan klangenan mereka. Kontes menjadi salah satu pemicu kencangnya tren burung ocehan. Produsen pakan pun berlomba lomba membuat pakan dengan formula khusus untuk meningkatkan performa burung ocehan para hobiis tersebut. Meskipun banyak pakan yang dijual di pasaran, hobiis tetap harus mengetahui jenis pakan yang paling cocok untuk burung kesayangannya. Buku Panduan Praktis Pakan Burung Ocehan ini pun hadir untuk menjawab pertanyaan para hobiis seputar pakan burung. Disusun dengan konsep lengkap, buku Panduan Praktis Pakan Burung Ocehan ini menjadi pegangan wajib bagi hobiis yang ingin burung kesayangannya menjadi juara kontes.

 

Panduan Lengkap Beternak Burung Puyuh Petelur

Panduan Lengkap Beternak Burung Puyuh Petelur

Telur puyuh merupakan salah satu jenis telur yang digemari masyarakat Indonesia karena merupakan sumber protein utama dan murah bagi masyarakat Indonesia. Permintaan telur puyuh sendiri cukup besar, dari wilayah Jabotabek saja bisa mencapai 8 juta butir per minggu, belum lagi permintaan telur dari luar Pulau Jawa. Peluang usaha beternak puyuh masih terbuka lebar karena konsumsi masyarakat terhadap produk puyuh masih belum diimbangi peningkatan suplai. Puyuh sendiri punya banyak keunggulan. Puyuh dapat diusahakan di lahan sempit di daerah pinggiran kota, bahkan di tengah kota sekalipun. Puyuh adalah petelur handal sehingga produktivitas tinggi. Selain telur, daging dan kotoran puyuh pun memberikan penghasilan tambahan.

 

Farm Big Book- 26 Burung Kicau Unggulan

Farm Big Book- 26 Burung Kicau Unggulan

Penggemar burung berkicau semakin hari semakin meningkat jumlahnya. Hal tersebut dapat dilihat di setiap deretan rumah didalam sebuah komplek perumahan maupun perkampungan, pasti akan dijumpai rumah yang memelihara burung berkicau. Selain itu sering terlihat juga banyaknya kontes burung berkicau yang diadakan di setiap daerah. Semakin meningkatnya jumlah penggemar burung berkicau mungkin juga karena orang-orang yang melihat kontes burung berkicau termotivasi untuk memelihara burung berkicau dan mengikuti kontes dengan harapan burung berkicau peliharaannya dapat memenangkan lomba.

Namun permintaan pasar akan burung berkicau terkadang tidak diimbangi dengan jumlah burung berkicau yang tersedia di pasar dimana pasar umumnya mengandalkan stock burung berkicau dari hasil perburuan di alam sehingga jika hanya mengandalkan perburuan burung berkicau di alam liar maka akan berakibat terancamnya populasi burung berkicau di alam. Di sisi lain para peternak burung berkicau untuk jenis tertentu tergolong sangat jarang di jumpai.

Melihat hal tersebut maka burung berkicau memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi karena persaingan usaha yang relatif sedikit sedangkan permintaan burung berkicau di pasar semakin hari semakin meningkat. Sehingga beternak burung berkicau merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy