in , ,

19 Jenis Batu Akik yang Paling Mahal dan Populer Saat Ini

Sumber: Pixabay

Jenis Batu Akik – Batu akik adalah batu mineral yang terbentuk secara alami melalui proses geologis yang dalam beberapa tahun terakhir pernah populer di Indonesia. Batu akik itu sendiri bukan hanya dapat digunakan sebagai perhiasan saja, tetapi bisa juga digunakan sebagai aksesoris pakaian. Bahkan, batu akik bisa dijadikan sebagai aksesoris ruangan, sehingga suatu ruangan bisa terlihat lebih unik.

Selain itu, batu akik ternyata juga memiliki manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Batu akik itu sendiri terdiri dari berbagai macam jenis. Apakah Grameds, sudah mengetahui jenis batu akik? Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang manfaat batu akik bagi kesehatan sampai jenis batu akik. Jadi, simak artikel ini sampai habis, Grameds.

https://www.gramedia.com/products/kitab-batu-mulia-fc-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/kitab-batu-mulia-fc-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Manfaat Batu Akik Dalam Segi Kesehatan

Tingginya permintaan batu akik mendorong berkembangnya pasar batu akik dan produksi batu akik. Akik populer karena warna dan pola alaminya yang kompleks. Semakin rumit pembentukan pola dan semakin terang warna batu akik, maka semakin tinggi harga jualnya. Namun, tahukah Anda bahwa dibalik warna yang indah dan unik pada batu akik ternyata terdapat banyak sekali manfaat yang baik bagi kesehatan?

Pendapat tentang manfaat kesehatan dari batu ini dibagi menjadi dua. Banyak pakar akademis yang tidak setuju dengan bukti ilmiah yang mendukung manfaat penggunaan batu untuk kesehatan Karena penggunaan batu untuk masalah kesehatan dianggap sebagai ilmu semu. Namun, kelompok lain percaya bahwa batu ini efektif bila dipakai atau digunakan dalam pengobatan.

Dikarenakan tidak banyak bukti ilmiah bahwa batu akik dapat bermanfaat bagi kesehatan, maka yang terjadi efek plasebo dari pengguna batu akik. Dengan kata lain, percaya pada manfaat batu yang digunakan, efek penyembuhan penyakitnya oleh rangsangan pasien itu sendiri.
Meskipun demikian tidak ada salahnya kita mengetahui beberapa macam batu akik atau batu mulia yang diyakini memiliki efek menyembuhkan beberapa penyakit.

Rose Quartz Dipercaya Dapat Sembuhkan Sakit Hati dan Depresi

Batu akik Rose Quartz dikatakan dapat memancarkan energi lembut yang memiliki efek menenangkan tubuh pemakainya. Penggunaan batu Rose Quartz dipercaya dapat membantu mengobati sakit hati. Ketika digunakan sebagai kalung atau cincin, pengguna dapat mencapai efek terbaik melepaskan energi ke tubuh.

Batu Rose Quartz ini sering digunakan sebagai beauty roller karena efek menenangkan tersebut. Dengan karakternya yang menenangkan, maka batu akik ini bertujuan untuk proses penyembuhan wajah dan membantu mengencangkan otot wajah dan leher.

Batu kecubung atau Amethyst yang Dipercaya Dapat Meningkatkan Ketenangan dan Menambah Kekuatan

Batu kecubung juga dikenal sebagai warna raja karena pada zaman dahulu, hanya orang-orang tertentu, seperti raja dan ratu, yang dapat menggunakan batu akik ini. Amethyst atau kecubung hadir dalam berbagai warna, dari ungu muda hingga ungu tua, dan dipercaya memberikan otoritas, kekuatan, dan ketenangan pikiran bagi pemakainya.

Batu akik Amethyst juga biasa digunakan sebagai media detoks. Selain itu, batu kecubung dianggap membantu masalah kesehatan, seperti depresi, masalah penglihatan, dan sakit kepala.

Batu Bacan yang Dipercaya Bisa Memberi Kedamaian

Dikenal sebagai batu giok Indonesia, batu yang berasal dari Pulau Bacan di Halmahera Selatan, Maluku Utara ini memiliki warna kehijauan. Batu Bacan biasa digunakan oleh anggota Kesultanan Bakan, Jailolo, Tidore dan Ternate. Batu Giok Bacan sendiri telah dikenal selama berabad-abad dan banyak digunakan oleh anggota dinasti Cina.

Batu akik ini diyakini dapat membawa ketenangan, harmoni, kedamaian, dan keseimbangan bagi pemakainya. Selain itu, batu Giok Bacan juga dianggap sebagai batu mimpi atau batu yang dapat menyebabkan mimpi indah. Batu akik ini juga digunakan untuk mengobati masalah ginjal dan adrenal. Tidak hanya itu, batu giok berperan sebagai media detoksifikasi dan sering digunakan untuk meningkatkan kesuburan dan memperlancar proses persalinan.

Batu Amber Bermanfaat Menstimulasi Sistem Imun Bayi

Batu dengan warna kekuningan, cokelat, dan kemerah-merahan adalah batu yang diadopsi untuk memiliki kekuatan penyembuhan yang hebat. Batu-batu ini sering digunakan untuk pengobatan sakit kepala dan pengendalian emosi. Batu ini juga dikenal untuk mengurangi rasa sakit pemakainya.

Belakangan ini, batu Amber banyak digunakan untuk kalung bayi dengan tujuan merangsang sistem kekebalan tubuh dan meredakan rasa sakit serta merangsang tiroid kalau terkena suhu tubuh.

https://www.gramedia.com/products/menguak-sejuta-pesona-batu-akik-nusantara?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/menguak-sejuta-pesona-batu-akik-nusantara?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Proses Terbentuknya Batu Akik

Jenis Batu Akik
Sumber: Pixabay

Batu mulia dianggap elit karena memiliki banyak kandungan mineral alam. Selain itu, batu akik dianggap elit karena ada sekitar 3.000 mineral di Bumi, tetapi hanya 150.200 yang dapat diklasifikasikan sebagai batu mulia.

Indyo Pratomo, ahli geologi di Museum Geologi Bandung, mengatakan bahwa pembentukan batu mulia, seperti mineral alam lainnya, terjadi melalui proses geologi. Adapun yang dimaksud proses geologi, seperti batuan lainnya seperti diferensiasi magma, metamorfosis, dan sedimentasi.

Dengan suhu di atas 1.000 derajat Celcius, lava terus bergerak di dalam atau di dalam mantel bumi. Bagian luar mantel ini adalah lapisan kerak bumi yang terdiri dari material besi, magnesium, dan silika.

Tekanan kuat dari dalam cenderung mendorong magma untuk diminta keluar dari permukaan. Ketika cairan super eksklusif dan tekanan tinggi ini mulai naik, maka cairan ini melarutkan berbagai batuan lainnya, sehingga akan terjadi prosedur resolusi dan perubahan hidrotermal.

Intan adalah stent yang terbentuk di lapisan luar formasi pada kedalaman 161 kilometer. Pada kedalaman ini, tekanan mencapai 4 gpa dan suhu melebihi 1.350 derajat Celcius. Selanjutnya, tekanan yang sangat tinggi dan suhu yang sangat tinggi mengubah mineral karbon anorganik (berlawanan dengan karbon organik yang membentuk batu bara) di kerak bumi yang telah melewati air panas untuk membentuk kristal berlian.

Sebagian besar berlian yang kita temukan saat ini adalah hasil dari proses yang dimulai jutaan tahun yang lalu. Letusan magma yang sangat kuat membawa berlian ke permukaan, membentuk pipa kimberlite.

Nama Kimberlite berasal dari penemuan pertama sebuah pipa berisi berlian di wilayah Kimberley di Afrika Selatan. Berlian adalah salah satu mulia yang dicirikan oleh kekerasannya. Di kolom GEM, Skala Kekerasan Berlian mencapai 10 Mohs, diikuti oleh Sapphire dan Ruby (Mirah Delima) diikuti oleh 9 Mohs, dan Emerald mencapai 78 Mohs. Maka dari itu, beberapa batu akik bisa dikategorikan sebagai logam mulia, sehingga tak jarang kita menemukan harga batu akik yang mahal.

Melimpahnya batu mulia dan semi mulia ini disebabkan oleh aktivitas geologi Indonesia selama jutaan tahun.Kegiatan geologi tertua yang tercatat di Indonesia terjadi sekitar 400 juta tahun yang lalu di Papua, ditemukan pada fosil kerang gunung. Dengan ditemukannya fosil tersebut menandakan bahwa adanya anomali aktivitas geologi yang dapat menaikkan dasar laut hingga membentuk pegunungan tertinggi di Indonesia.

https://www.gramedia.com/products/conf-a-to-z-pesona-batu-mulia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-a-to-z-pesona-batu-mulia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Jenis Batu Akik Termahal

Beberapa batu akik yang dijual di pasaran memiliki harga jual yang cukup mahal. Berikut beberapa jenis batu akik termahal dan terpopuler yang paling banyak dicari oleh para kolektor batu akik.

1. Jenis Batu Akik Bacan Hijau

Jenis Batu Akik
Sumber: inkuiri.com

Jenis batu akik ini paling banyak diminati oleh para kolektor batu cincin dan termasuk batu akik yang sangat populer. Permintaan yang tinggi membuat batu akik ini diburu oleh kolektor lokal yang berasal dari Halmahera Selatan, Maluku Utara, sekitar Pulau Casilta, tetapi juga kolektor batu cincin dari luar negeri.

Batu akik jenis ini dipercaya dapat berubah bentuk secara alami, sehingga semakin lama semakin indah warnanya. Dari jenis-jenis batu akik tersebut, yang paling populer adalah bacan doko dan bacan palamea.

2. Batu Akik Sulaiman

Jenis Batu Akik
Sumber: manfaat.co.id

Menurut cerita yang beredar, batu akik jenis ini disebut Batu Akik Sulaiman karena Nabi Sulaiman AS menggunakan jenis batu ini. Sumber batu Sulaiman dapat ditemukan hampir di setiap wilayah Indonesia. Batu akik Sulaiman yang menjadi incaran para kolektor seperti Madu, Daud, Urun, Combon, Kuning, Emas, Hijau, Biru, Hitam, Pankawaruna, Susu, Senang dan Krung.

3. Jenis Batu Akik Safir

Jenis Batu Akik
Sumber: rawa-bening.com

Batu akik Safir adalah salah satu jenis batu akik yang paling mahal. Meskipun harganya mahal, tetapi masih banyak dicari oleh kolektor cincin baru. Selain warna rindu, batu akik ini konon memiliki khasiat menenangkan jiwa dan ruh, sehingga membuat harga batu akik safir semakin tinggi.

4. Batu Akik Zamrud

Jenis Batu Akik
Sumber: simomot.com

Jenis batu akik zamrud telah dikenal sejak ribuan tahun lalu dan telah lama digunakan sebagai bahan permata. Selama era kerajaan, batu akin ini menjadi salah satu batu akik termahal juga dianggap sebagai simbol kemakmuran dan perdamaian.

5. Jenis Batu Akik Topas

Jenis Batu Akik
Sumber: shopee.co.id

Varietas batu akik termahal juga menjadi primadona dikalangan pecinta perhiasan, salah satunya adalah batu akik topas. Batu akik topas tersedia dalam warna oranye, kuning dan kemerahan. Jenis batu akik termahal ini bisa ditemukan di Brazil, Sri Lanka, Meksiko dan Rusia. Batu akik ini juga dipercaya mampu mengurangi depresi bagi penggunanya.

6. Batu Akik Kalimaya (Black Opal)

Jenis Batu Akik
Sumber: tokopedia.com

Meski batu akik black opal agak lunak, tetapi batu akik jenis ini banyak dicari oleh para kolektor karena kemampuannya memancarkan warna seperti berlian. Jenis batu akik yang sering disebut opal ini banyak ditemukan di luar negeri di India, Meksiko, Australia dan Mesir, tetapi juga ditemukan di Indonesia, yaitu di Banten.

7. Jenis Batu Akik Kalimantan

Jenis Batu Akik

Batu akik Kalimantan ini juga dikenal oleh banyak orang dengan sebutan batu akik kecubung. Jenis batu akik ini termasuk batu akik termahal karena bentuk atau motif dari batunya sangatlah unik atau bisa dibilang sangat langka. Oleh sebab itu, tak sedikit kolektor yang ingin memiliki batu akik ini walaupun harganya mahal.

8. Jenis Batu Akik Kalsedon

Jenis Batu Akik
Sumber: roda2blog.com

Jenis Batu Akik Kalsedon memiliki ciri khas kabut transparan, yang semakin meningkatkan keindahan pada batu cincin ini. Batu Kalsedon dapat ditemukan di pulau Jawa dan Sulawesi. Oleh karena itu, batu akik ini melengkapi keindahan Indonesia terutama dalam hal batu-batu.

9. Jenis Batu Akik Sungai Dareh

Jenis Batu Akik
Sumber: dangstar.blogspot.com

Jenis batu akik yang harganya cukupnya mahal adalah batu akik dari sungai Dareh. Batu akik ini sangat populer di Indonesia. Bahkan, beberapa pemimpin negara menggunakan batu jenis ini karena warna dan kecantikan yang eksotis sangat mahal dan bergaya di batu ini.

10. Jenis Batu Akik Gambar

Jenis Batu Akik
Sumber: travel.okezone.com

Nama batu gambar berasal dari fakta bahwa batu ini memiliki gradien warna yang membentuk pola gambar tertentu. Harga batu ini sangat relatif dan cenderung mahal tergantung gambar dan potretnya. Batu akik gambar memiliki gambar naga yang sangat hidup dan pernah dijual hingga Rp 20 miliar.

Jenis Batu Akik Terpopuler

1. Batu Akik Bacan Hijau

Jenis Batu Akik
Sumber: batubacanakik.blogspot.com

Batu akik bacan hijau berasal dari pulau Kasiruta, Halmahera, Maluku Utara. Batu ini banyak diminati oleh banyak kolektor. Jenis batu akik ini memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah batu ini dapat bermetamorfosis secara alami. Ada dua jenis batu bacan yang paling populer: Bacan Doko dan Palamea Bacan.

2. Batu Akik Chalcedony

Jenis Batu Akik
Sumber: pusakadunia.com

Batu akik ini memiliki banyak warna yang berbeda, dari merah, kuning, biru, hijau hingga oranye. Batu ini memiliki ciri khas tertutup kabut transparan dan menambah kesan seram. Batu akik ini umumnya diproduksi di pulau Obi, Maluku, Jawa Barat, Baturaja dan Pacitan, Jawa Timur. Jenis kalsedon yang sedang naik daun adalah rafflesia yang berasal dari Bengkulu.

3. Batu Akik Kalimaya

Jenis Batu Akik
Sumber: regional.kompas.com

Meskipun batu akik ini cukup empuk, tetapi masih banyak dicari orang. Batu ini memiliki ciri khas yaitu mampu memancarkan warna layaknya seperti berlian dan menjadikannya sebagai incaran bagi para kolektor. Jenis batu akik ini sering disebut opal. Batu akik ini banyak ditemukan di India, Mexico, Australia dan Mesir. Di Indonesia, batu ini bisa Anda temukan di wilayah Banten.

4. Batu Safir

Jenis Batu Akik
Sumber: lazada

Batu Safir cukup mahal dan memiliki segmen pasar tersendiri. Batu akik Safir hadir dalam berbagai warna yang dikagumi oleh banyak orang dan juga diyakini memiliki sifat yang dapat menenangkan jiwa atau pikiran yang bermasalah.

5. Batu Topaz

Jenis Batu Akik
Sumber: travel.kompas.com

Batu akik Topaz hadir dalam berbagai warna seperti kuning, hijau dan oranye kemerahan. Batu ini banyak ditemukan di negara-negara seperti Sri Lanka, Rusia, Brazil, Mexico. Selain itu, batu akik ini juga ditemukan pada negara penghasil batu yang banyak digunakan dalam perhiasan.

Seperti batu permata pada umumnya, batu akik topas dipercaya mengandung energi alami yang bermanfaat bagi pemakainya, terutama yang berkaitan dengan kesehatan fisik dan mental, seperti mengurangi depresi, memaksimalkan kekuatan otak dan dikatakan membawa kedamaian.

Batu topaz berkisar dari hijau muda hingga hijau tua, harga berkisar dari Rp 100.000 hingga Rp 2 juta per karat. Bahkan untuk batu topas dengan kualitas estetika yang lebih baik, bisa mencapai puluhan juta per karat.

6. Batu Akik Kecubung

Jenis Batu Akik
Sumber: metroterkini.com

Jenis batu akik terpopuler selanjutnya adalah Batu Akik Kecubung atau Amethyst yang sangat terkenal di banyak negara, seperti Eropa dan Asia. Warna ungu yang khas dari batu ini membuatnya indah dipandang. Amethyst tidak hanya digunakan sebagai perhiasan, tetapi juga dianggap sebagai batu keberuntungan. Batu akik kecubung sebenarnya cukup terjangkau, tapi ada juga yang harganya bisa mencapai Rp 70 juta per karat.

7. Batu Ruby

batu ruby
Sumber: mauorder.com

Di antara permata, batu akik Ruby, bisa menjadi yang paling terkenal. batu akik Ruby ini juga biasa disebut dengan batu ruby. Harga batu ini bervariasi tergantung pada tingkat orisinalitas dan kualitasnya. Batu Ruby dianggap sebagai simbol kekuatan dan keberanian.

8. Batu giok

Sumber: isroi.com

Di Indonesia, batu giok sudah dikenal sejak lama. Popularitas batu ini tidak pernah surut, apalagi dengan semakin banyaknya peminat batu akik belakangan ini. Sekarang harga batu giok semakin mahal. Keindahan batu giok dengan warna hijaunya yang khas digunakan dalam perhiasan, seperti cincin, kalung, liontin dan lain-lain.

9. Batu Akik Lavender

Sumber: shopee.co.id

Dalam kompetisi tingkat nasional yang diadakan belum lama ini, lavender baturaja masuk dalam kategori batu terbaik dan berhasil memenangkan kompetisi tersebut.. Sejak saat itu, batu yang ditemukan di kawasan Simpang dan Segara Kembang, Kabupaten Lengkiti Oku, Sumatera Selatan, menjadi incaran banyak kolektor dan termasuk batu paling berharga di Indonesia, maupun di pasar internasional.

Demikian pembahasan tentang jenis batu akik, setelah mengetahui beberapa jenis batu akik, apakah Grameds tertarik untuk memilikinya? Sebelum membelinya kamu bisa mengetahui berbagai macam batu hias dan batu akik di Gramedia.com. Dengan gramedia, jadikan hidupmu menjadi #LebihDenganMembaca

Penulis: Arizal Muhammad Valevi

Sumber:

kumparan.com

sains.kompas.com

bukalapak.com

fimela.com

solopos.com

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi