in

Double Cleansing: Manfaat Hingga Produk-Produk yang Bikin Glowing

freepik.com

Double Cleansing Grameds, mencuci muka setelah bepergian keluar merupakan hal yang sering dan wajib dilakukan. Terutama bagi wanita yang memakai makeup setiap beraktivitas seharian di luar, apakah mencuci muka satu kali saja cukup untuk Grameds? Untuk memaksimalkan pembersihan kotoran di muka, Grameds mungkin perlu mencoba dengan teknik double cleansing.

Pasti Grameds tahu atau pernah dengar istilah double cleansing, dong? Atau kamu sudah pernah dengar tapi tidak tahu apa itu double cleansing dan manfaatnya bagi kulit? Kalau begitu yuk cari tahu apa itu dan manfaat metode double cleansing pada artikel berikut ini.

Apa Itu Double Cleansing?

Double Cleansing
freepik.com

Double Cleansing adalah metode membersihkan wajah dengan dua tahap pembersihan menggunakan dua jenis bahan pembersih yang berbeda. Double cleansing berguna untuk membersihkan pori-pori secara maksimal untuk menghindari adanya penyumbatan di pori-pori yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat maupun komedo.

Double cleansing tidak hanya digunakan untuk wanita saja, karena sebenarnya pria juga membutuhkan metode ini karena kulit pria yang cenderung memiliki pori-pori yang lebih besar yang dapat memproduksi minyak dan sebum yang lebih tinggi.

Cara Melakukan Double Cleansing

1. Tahap Pertama

Pada tahap ini Grameds bisa melakukan pembersihan wajah yang pertama dengan menggunakan makeup eye remover yang berfungsi untuk membersihkan maskara, eyeliner, atau lipstick. Setelah itu Grameds bisa melanjutkan dengan menggunakan pembersih wajah atau cleanser yang bertujuan untuk mengangkat sunscreen, bb cream, foundation, atau concealer atau produk makeup lainnya.

[algolia_carousel]

Grameds bisa memilih tipe cleanser sesuai dengan tipe dan kebutuhan kulit Grameds. Pembersih wajah berbahan dasar seperti minyak (cleansing oil dan cleansing balm), susu ( milk cleanser) cocok digunakan bagi Grameds yang memiliki kulit kering.

Sedangkan Cleansing foam, merupakan cleansing yang berbahan dasar air dan beberapa kandungan yang membuatnya menghasilkan foam cocok digunakan bagi Grameds yang memiliki kulit normal dan berminyak. Dan bagi Grameds yang memiliki kulit normal bisa menggunakan cleansing balm atau micellar water.

Cara membersihkan wajah dengan produk pembersih berbahan dasar air dapat dilakukan dengan menuangkan ke kapas dan langsung diusapkan ke muka hingga tidak ada makeup yang menempel di kapas.

Cara membersihkan wajah dengan produk pembersih berbahan dasar minyak dapat dilakukan dengan langsung menuangkan pada kulit wajah yang masih kering lalu lakukan gerakan memutar pada seluruh permukaan wajah dan usap dengan kapas kering atau handuk basah.

2. Tahap Kedua

Setelah membersihkan wajah menggunakan pembersih wajah. Grameds bisa melanjutkan dengan tahap kedua yaitu mencuci muka dengan menggunakan facial wash atau facial foam. Tahap ini bertujuan untuk membersihkan sisa kotoran, makeup bahkan mengangkat residu dari produk yang dipakai sebelumnya sehingga wajah akan semakin bersih. Dalam hal ini juga pilih produk facial wash yang sesuai dengan kondisi kulit Grameds.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Double Cleansing?

Meskipun double cleansing sangat efektif untuk membersihkan wajah dari kotoran, namun metode ini bisa membuat kulit wajah menjadi lebih kering karena dapat menghilangkan lapisan minyak alami di kulit bahkan bisa mengakibatkan iritasi jika Grameds terlalu sering melakukannya. Tidak perlu setiap cuci muka pada saat mandi, Grameds cukup melakukan metode ini sebanyak 1 kali sehari, yaitu pada malam hari setelah melakukan seluruh aktivitas diluar.

Apa Saja Manfaat Double Cleansing?

Setelah mengetahui apa itu double cleansing dan bagaimana cara melakukannya, Grameds juga wajib mengetahui manfaat double cleansing untuk kesehatan kulit Grameds.

1. Dapat membersihkan makeup dan kotoran secara menyeluruh

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, produk-produk pembersih dapat berfungsi untuk membersihkan wajah dari makeup atau kotoran yang menempel pada wajah seharian. Pembersih wajah berbahan dasar minyak sangat disarankan untuk mengangkat kotoran, karena dapat dapat melarutkan makeup yang Grameds gunakan terutama makeup yang waterproof yang tidak cukup hanya dibersihkan menggunakan air dan sabun muka saja.

2. Kulit menjadi lebih lembap dan lembut

Dengan menggunakan metode double cleansing Grameds akan memiliki kulit yang jauh lebih lembab dan halus, karena kandungan minyak yang ada dalam pembersih wajah dapat memberikan kelembapan untuk kulit wajah. Namun penting untuk kamu perhatikan juga sabun muka yang kamu gunakan agar tidak membuat kulit terlalu kering.

3. Penyerapan produk skincare yang lebih efektif

Setelah kulit dibersihkan dengan double cleansing, kulit wajah kamu akan terbebas dari kotoran dan sisa produk make up atau pembersih muka sehingga tidak ada yang menyumbat pori-pori sehingga produk skincare yang akan kamu gunakan akan lebih meresap dan bekerja lebih efektif.

4. Mencegah masalah-masalah kulit

Makeup dan sisa kotoran yang tidak dibersihkan secara baik dapat berakibat buruk pada kulit Grameds. Masalah kulit yang dapat timbul adalah penyumbatan pori-pori yang menyebabkan munculnya jerawat dan komedo.

Selain itu hal terparahnya adalah penumpukan debu dan kotoran dapat mempercepat proses penuaan karena dapat merusak kolagen pada kulit yang menyebabkan kulit lebih cepat kering dan memiliki kerutan-kerutan halus.

Rekomendasi Produk Double Cleansing

Saat ini banyak berbagai macam produk double cleansing yang bisa Grameds coba dan beli. Mulai dari merek lokal ataupun merek luar negeri. Berikut beberapa rekomendasinya

1. Acnes Natural Care Oil Control Milk Cleanser

Double Cleansing
shopee.co.id

Siapa yang tidak tahu produk wajah merk Acnes ini, dikenal memiliki rangkaian produk untuk merawat kulit dan mengatasi masalah kulit yang berjerawat. Salah satu produk pembersihnya adalah Acnes Natural Care Oil Control Milk Cleanser, sesuai dengan namanya produk ini membantu untuk mengontrol produksi minyak atau sebum alami yang berlebih diwajah.

Dengan kandungan milk cleanser dapat mengangkat minyak, sisa kotoran dan makeup yang menempel di wajah. Selain itu dengan kandungan milk cleanser bisa melembapkan dengan kandungan minyak zaitun di dalamnya.

2. Garnier Micellar Water dan Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water

Double Cleansing
garnier.co.id

Garnier Micellar merupakan produk yang sudah terkenal berfungsi untuk menghapus makeup.

Garnier Micellar Water memiliki 3 jenis varian yang masing-masing memiliki fungsi berbeda dan jenis kulit yang berbeda pula. Varian Garnier Micellar Water Pink merupakan pembersih wajah all-in one untuk kulit normal cenderung sensitive.

Varian Garnier Micellar Water Biru merupakan inovasi pembersih wajah untuk kulit kombinasi cenderung berminyak atau berjerawat. Varian Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water merupakan pembersih wajah all-in one yang berfungsi membersihkan dan menghapus kotoran, debu, serta makeup yang berbahan waterproof. Karena Cleanser ini berbahan dasar air maka Grameds bisa mengaplikasikan dengan cara menuangkan pada kapas kering lalu usapkan pada permukaan wajah.

3. Viva Milk Cleanser

Double Cleansing
shopee.co.id

Produk dengan merek viva merupakan produk asli Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1962. Produk Milk Cleanser Viva juga dikenal sebagai pelopor satu produk double cleansing merk lokal. Produk ini memiliki manfaat yang beragam sesuai dengan jenis produknya, sehingga Grameds bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Produk ini memiliki tekstur yang ringan dan creamy membuat produk ini cocok digunakan oleh remaja dan Grameds yang memiliki kulit sensitif.

Terdapat 6 varian Viva milk cleanser antara lain adalah

  • Milk Cleanser varian Emollient untuk Kulit Kering
  • Milk Cleanser varian Bengkoang untuk mencerahkan Kulit
  • Milk Cleanser varian Spirulina untuk Mencegah Penuaan Dini
  • Milk Cleanser varian Cucumber untuk Kulit Berminyak
  • Milk Cleanser varian Lemon untuk Mencegah Timbulnya Jerawat
  • Milk Cleanser varian Green Tea untuk mengatasi Kulit Berjerawat

Grameds bisa langsung menuangkan sedikit produk ke wajah dan pijat secara menyeluruh ke permukaan wajah kemudian lap dengan kapas kering atau handuk hangat. Setelah itu grameds bisa melanjutkan dengan cuci muka dan menggunakan skincare lainnya.

4. Nivea Double Cleansing Pack

Double Cleansing
shopee.co.id

Merek Nivea ternyata juga memiliki produk double cleansing yaitu Nivea Soothing Double Cleansing Set yang terdiri dari dua produk yaitu Nivea Sparkling White Whitening Facial Foam dan Nivea MicellAir Skin Breathe Hydration.

[algolia_carousel page=2]

Dengan produk MicellAir nya dapat membantu Grameds untuk membersihkan wajah dari kotoran dan sisa makeup di wajah. Sedangkan produk Nivea White Facial Foam dapat Grameds gunakan untuk mencuci muka setelah membersihkan sisa kotoran di wajah. Produk ini ternyata dapat digunakan untuk Grameds yang memiliki kulit sensitif loh.

5. Bioderma Sensibio H20

Double Cleansing
shopee.co.id

Merek Bioderma sangat dikenal bagi mereka yang memiliki masalah kulit sensitif yang tidak bisa menggunakan produk dengan bahan alkohol dan mengurangi penggunaan sabun serta parfum. Micellar Water ini mengandung micelles yang merupakan molekul minyak berukuran kecil yang dapat mengangkat kotoran debu dan makeup.

Bioderma Sensibio H20 merupakan micellar water yang terbuat dari asam lemak dan kandungan micelles. Selain itu produk ini juga menumbuhkan lapisan hidrolipid yang bermanfaat melindungi kulit. Cara pengaplikasian produk sangat mudah cukup dituangkan ke kapas kering lalu grameds bisa mengusapkan secara perlahan ke seluruh permukaan wajah dan dilanjutkan cuci muka dengan facial wash.

6. Biore Makeup Remover Cleansing Oil

Double Cleansing
shopee.co.id

Produk Jepang ini terkenal dengan produk sabunnya dan sekarang Biore mengeluarkan produk untuk double cleansing yaitu Biore Makeup Remover Cleansing Oil. Sesuai dengan namanya, produk ini berbahan dasar minyak dan mampu mengangkat makeup waterproof seperti produk makeup mata yaitu eyeliner dan maskara.

Kemasan yang berbeda dari yang lain yaitu berbentuk pump membuat nya jadi lebih higienis dan praktis untuk digunakan dan dibawa kemanapun. Selain untuk membersihkan makeup dan kotoran produk ini bisa digunakan untuk melembabkan kulit karena ada kandungan tocopherol atau Vitamin E. Produk ini kurang cocok bagi Grameds yang memiliki kulit sensitif karena masih mengandung alkohol dan parfum.

Setelah diaplikasikan untuk mengangkat makeup dan kotoran yang ada di wajah, Grameds bisa langsung mencuci muka dengan facial wash.

7. Fanbo All In One Deep Cleansing Balm

Double Cleansing
shopee.co.id

Cleansing balm merupakan produk double cleansing berbasis minyak memiliki tekstur semi padat berbentuk balsem. Produk ini memiliki tiga varian yang bisa Grameds cocokan dengan kondisi kulit Grameds.

Varian Sakura Extract berguna untuk melembabkan kulit dan membuat kulit menjadi lebih cerah, selain itu membantu regenerasi sel kulit mati. Varian untuk kulit kering dan sensitif. Varian Lemon Extract berguna membuat kulit tampak lebih cerah, menyamarkan noda-noda hitam dan untuk kulit kusam. Varian ini dipakai untuk semua jenis kulit dan kulit yang sensitif. Vairan Tea Tree Oil, bahan tea tree oil sangat terkenal dengan manfaatnya untuk wajah yang berjerawat. Varian ini berguna untuk merawat kulit berjerawat dan mengurangi minyak diwajah.

Grameds bisa mengaplikasikan dengan mudah ke wajah lalu pijat memutar dan lap dengan kapas kering atau handuk basah dan kemudian cuci muka dengan facial wash.

8. Safi White Expert Double Cleansing

safiindonesia.com

Produk kecantikan nomor 1 di Malaysia ini ternyata juga memiliki produk double cleansing yaitu Safi White Expert Double Cleansing. Produk ini memiliki kandungan Habbatus Sauda yang dikenal juga sebagai “Seed of Blessing” atau “Jintan Hitam” yang terkenal dan dipercaya sebagai obat segala jenis penyakit dan memelihara kulit agar tetap sehat dan cerah.

Kandungan antioksidan dalam Habbatus Sauda membantu melindungi kulit dari paparan radikal bebas. Selain memiliki kandungan Habbatus Sauda, Produk ini juga dilengkapi dengan Oxywhite Technology yang bekerja membantu meningkatkan penyerapan oksigen dan nutrisi sehingga membuat kulit terasa kencang dan cerah merata.

9. Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water

wardahbeauty.com

Wardah merupakan produk kecantikan lokal asli Indonesia yang sudah terkenal dengan produk-produk kecantikan halal. Sesuai dengan namanya produk ini mengandung Balancing Seaweed dan Cucumber Extract yang dikenal dapat mengembalikan kondisi normal kulit. Formula nya yang ringan karena berbentuk air dapat mengangkat sisa makeup dan kotoran dari permukaan kulit secara lembut dan praktis.

Cara pengaplikasian yang mudah yaitu dengan menuangkan produk ke kapas kering kemudian usapkan ke seluruh permukaan wajah hingga makeup dan kotoran terangkat semua. Produk ini cocok untuk Grameds yang sedang menghindari penggunaan alkohol dalam produk kecantikan karena micellar water ini bebas dari alkohol. Grameds juga bisa mengikuti pemakaian rangkaian produk lainnya yang mengandung ekstrak rumput laut.

10. Skin 1004 Madagascar Centella Light Cleansing Oil

Belum komplit rasanya membahas produk wajah namun belum membahas produk dari negara yang terkenal dengan produk kecantikannya, Korea. Cleansing oil ini terbuat dari minyak Centella Asiatica yang berasal dari Madagascar yang bahannya murni dari alam. Cleansing Oil ini tidak hanya berguna dalam membersihkan makeup namun juga bisa membuat wajah terlihat glowing dan sehat.

Dengan berbahan dasar 6 jenis minyak nabati maka produk ini bisa digunakan sebagai pembersih makeup yang berbahan dasar minyak serta waterproof, dan kotoran seperti debu yang dapat menyumbat pori secara menyeluruh dengan formula ringan dan memberikan hasil yang bersih dan segar.

Kemasan produk ini juga sangat praktis karena berbentuk pompa sehingga pengaplikasiannya dapat dilakukan dengan pompa secukupnya cleansing oil ke telapak tangan yang masih kering, kemudian pijat secara perlahan ke seluruh permukaan wajah untuk mengangkat kotoran dan sisa makeup. Tambahkan sedikit air dan pijat kembali untuk mengubah minyak menjadi larutan yang ringan kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Nah Grameds, bagaimana? Sudah lebih tahu mengenai double cleansing, kan? Mulai dari manfaat, kapan waktu yang tepat untuk melakukannya hingga produk-produk yang Grameds bisa beli di pasaran dan coba untuk memulai double cleansing.

Selain terkait double cleansing, Grameds juga bisa mengunjungi gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku guna menambah pengetahuan mengenai perawatan kulit. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia akan memberikan produk-produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Christin Devina

BACA JUGA:

  1. Apa Itu Serum? Manfaat serta Cara Memakainya
  2. Rekomendasi Treatment Wajah untuk Merawat dan Mempercantik Kulit Wajah
  3. Mengintip Manfaat Cuka Apel untuk Wajah: Perhatikan Hal Ini
  4. 11 Jenis Masker Wajah dan Fungsinya
  5. 13 Manfaat Es Batu untuk Perawatan Wajah
  6. 10 Manfaat Kopi untuk Perawatan Kulit Wajah
  7. 10 Manfaat Lemon untuk Wajah, Dapat Mencegah Penuaan Dini
  8. 10 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah yang Sayang Dilewatkan
  9. 15 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah dan Rambut
  10. 5 Jenis Kulit Wajah, Ini Penjelasan Lengkap Perawatannya

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda