in

Profil Dahyun TWICE, Idol Seputih Salju dan Bertubuh Fleksibel!

koreaboo.com

Dahyun TWICE – Salah satu member TWICE yang namanya populer di kalangan publik berkat kemampuan membawakan acara alias menjadi MC adalah Dahyun.

Yap, dari kesembilan member TWICE, memang hanya Dahyun saja yang kerap menjadi seorang MC di berbagai acara penghargaan hingga variety show ternama. Itulah mengapa, wajah Dahyun seolah akrab dengan publik karena saking seringnya tampil tanpa membawa nama TWICE.

Salah satu penampilan Dahyun TWICE yang membuat takjub penonton adalah aksinya dalam memamerkan tubuh fleksibelnya.

Ketika unjuk bakat di sebuah variety show bertajuk Radio Star pada tahun 2020 lalu, Dahyun menunjukkan aksi seperti berguling ke belakang kemudian memutar tubuhnya begitu saja sambil berpose imut. Jika Grameds menontonnya, pasti akan terlihat seperti adegan di film-film horor.

Lantas, bagaimana sih perjalanan karir Dahyun TWICE hingga akhirnya dapat terpilih menjadi member girl group besutan JYP Entertainment ini?

Apa saja fakta-fakta tentang Dahyun TWICE? Bagaimana pula kehidupan pribadi Dahyun TWICE yang tentunya tak akan luput dari terpaan kabar kencan? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Biodata dan Profil Dahyun TWICE

Dahyun TWICE
https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Kim Da Hyun
  • Nama Panggung: Dahyun
  • Tanggal Lahir: 28 Mei 1998
  • Zodiak: Gemini
  • Zodiak China: Macan (Tiger)
  • Tinggi Badan: 158 cm (5’1”)
  • Golongan Darah: O
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Pendidikan: Hanlim Multi Art School
  • MBTI: ISFJ-T
  • Posisi di Grup: Lead Rapper, Sub Vocalist
  • Akun Instagram: @dahhyunnee

Perjalanan Karir Dahyun TWICE

Pada dasarnya, semua idol K-Pop terutama dari agensi besar itu pasti harus menjalani masa-masa menjadi trainee kok. Tak terkecuali Dahyun TWICE yang berhasil masuk ke JYP Entertainment dengan bakat yang dimilikinya.

2010: Penampilan Solo di Youth Dance Festival

Ketika Dahyun masih duduk di bangku sekolah kelas 8, dirinya tampil menari sendirian di sebuah festival bertajuk Youth Dance Festival.

Berkat bakatnya itulah, salah satu staf JYP Entertainment menontonnya dan melihat adanya potensi besar dari dalam diri Dahyun. Alhasil, Dahyun ditawari untuk mengikuti audisi di JYP Entertainment dan berhasil lolos ke tahap selanjutnya.

Sedikit trivia saja nih, sebenarnya saat itu Dahyun juga mengikuti audisi di 2 agensi besar lainnya, yakni di SM Entertainment dan YG Entertainment. Namun, Dahyun memilih JYP Entertainment karena agensi tersebut yang pertama menghubunginya untuk memberi kabar bahwa dirinya lolos audisi.

2012: Menjadi Trainee di JYP Entertainment

Dahyun TWICE
https://kpopherald.koreaherald.com/

Tepatnya pada 7 Juli, Dahyun secara resmi menjadi trainee di JYP Entertainment. Sama halnya dengan trainee lain, Dahyun pun juga mendapatkan pelatihan yang meliputi pelajaran vokal, tari, dan rap. Pelatihan tersebut nantinya akan dievaluasi setiap bulannya untuk melihat apakah ada kemajuan selama menjalani masa training.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Dapat dikatakan bahwa hidup Dahyun saat menjadi seorang trainee hanya berputar di sekitar studio latihan saja.

Tentunya, dirinya melewatkan masa-masa menyenangkan layaknya anak sekolah pada umumnya, seperti berbelanja dan karaoke sepulang sekolah, datang ke tempat-tempat populer, makan camilan tteokbokki, dan lainnya.

Sepulang sekolah, Dahyun akan langsung menuju ke studio latihan dan berlatih secara keras supaya evaluasi bulanannya mendapatkan nilai baik.

Di sisi lain, Dahyun sama sekali tidak menyesali keputusannya sebagai trainee di JYP Entertainment karena mimpinya memanglah menjadi seorang idol K-Pop. Ketika di sekolah, Dahyun juga tidak memberi tahu teman-temannya secara langsung bahwa dirinya adalah seorang trainee.

Meskipun demikian, saat masih menjadi trainee pun Dahyun seringkali didapuk sebagai cameo untuk beberapa MV milik seniornya di agensi. Salah satunya adalah MV milik GOT7 yang berjudul “Stop Stop It” yang rilis pada tahun 2014.

Dahyun mengakui bahwa itu adalah pertama kalinya berakting di depan kamera bersama para seniornya, tetapi di sisi lain dirinya juga bersemangat membayangkan akan debutnya kelak. Pada MV tersebut, juga ada banyak trainee JYP Entertainment yang turut serta, tetapi hanya Dahyun saja yang menjadi pemeran utamanya.

Selain itu, Dahyun juga muncul di MV milik Wooyoung 2PM berjudul “Rose” versi Jepang yang rilis pada tahun 2015.

2015: Mengikuti Survival Show “SIXTEEN” dan Berhasil Debut Bersama TWICE

Dahyun TWICE
https://officiallykmusic.com/

Sama halnya dengan para member TWICE lainnya, Dahyun pun juga berpartisipasi dalam survival show yang diadakan oleh JYP Entertainment dengan Mnet, bertajuk Sixteen.

Sesuai dengan judulnya, ajang survival ini hanya diikuti oleh 16 peserta saja, yang mana 7 diantaranya adalah trainee dari JYP Entertainment. Rencananya, pemenang dari ajang ini akan debut sebagai girl group baru di bawah naungan JYP Entertainment.

Konsep utama dari ajang ini adalah 7 trainee dari JYP Entertainment tersebut adalah kandidat untuk anggota girl group baru tersebut, sementara 9 peserta lainnya akan mencoba untuk menggantikan posisi ketujuh trainee tersebut.

Maka dalam setiap episodenya, akan ditampilkan bagaimana 7 trainee mempertahankan posisinya, sementara 9 peserta lainnya akan mencoba “menggeser” posisi tersebut.

Pada survival show tersebut tentu saja terjadi persaingan yang cukup ketat walaupun pesertanya adalah para trainee yang sudah berlatih secara bersama-sama. Selama acara SIXTEEN berlangsung, Dahyun masuk ke tim minor selama empat kali dan tim mayor selama empat kali hingga babak final.

Tepat pada episode 10 sebagai babak final, Dahyun masuk dalam ketujuh anggota utama TWICE, kemudian barulah Park Jin Young menambahkan Tzuyu dan Momo sebagai member tambahan.

Sepanjang mengikuti ajang survival show ini, Park Jin Young selalu mengatakan bahwa keterampilan Dahyun dalam hal menari, rap, dan bernyanyi saat itu masih rata-rata. Namun, Dahyun memiliki karisma yang menarik perhatian banyak orang untuk menontonnya.

Alhasil, Dahyun berhasil masuk dalam line-up terakhir dari survival show ini bersama Jihyo, Nayeon, Jeongyeon, Sana, Mina, dan Chaeyoung. Setelah itu, barulah Tzuyu dan Momo ditambahkan member kedelapan dan kesembilan.

Tepatnya pada 20 Oktober 2015, TWICE debut secara resmi dengan album bertajuk “The Story Begins” dan lagu utamanya berjudul “Like Ooh-Aah”. Berkat popularistas para member TWICE, tak terkecuali Dahyun, album tersebut menempati peringkat ke-15 di Billboard’s World Albums Chart dan peringkat ke-3 di Gaon Album Chart.

Tidak hanya itu saja, total penjualan album hingga akhir tahun 2015 adalah sekitar lebih dari 200 ribu eksemplar.

2016: Kegiatan Solo di Variety Show

Dahyun TWICE
https://kpopping.com/

Setahun setelah debut, Dahyun TWICE pun beraktivitas solo dengan menjadi guest star maupun anggota tetap di beberapa variety show.

Sebut saja pada program acara bertajuk “Replies That Make Us Flutter” yang ditayangkan khusus pada liburan Chuseok, Dahyun berpasangan dengan Cha Eunwoo ASTRO untuk sebuah drama bergenre komedi romantis.

Lalu, Dahyun TWICE juga ikut serta dalam program acara “Idols Are The Best” yang ditayangkan di MBC Every1 dari episode 249 hingga 283. Pada tahun 2016, Dahyun TWICE mengagetkan banyak pemirsa karena menjadi menjadi anggota tetap untuk acara “Real Men” yang ditayangkan di MBC.

Sedikit trivia saja nih, program acara “Real Men” ini berfokus pada kehidupan tentara di militer dan beberapa selebriti mulai dari komedian, aktor, aktris, hingga idol K-Pop turut serta dalam pelatihan militer bersama para tentara lainnya.

Kehidupan Pribadi Dahyun TWICE

Latar Belakang Keluarga

Dahyun TWICE
https://www.koreaboo.com/

Dahyun TWICE lahir dengan nama asli Kim Dahyun pada 28 Mei 1998 di wilayah Seongnam, Gyeonggi, Korea Selatan. Keluarganya yang merupakan penganut agama Kristen ini terdiri dari ayah, ibu, dan kakak laki-lakinya yang bernama Myung Soo.

Sejak kecil, impian Dahyun adalah menjadi guru piano dan memang benar-benar tertarik pada kegiatan bernyanyi dan menari. Mengingat saat remaja pun, Dahyun bergabung di sebuah paduan suara gereja Kristen.

Riwayat Pendidikan

Dahyun bersekolah di sebuah Sekolah Dasar dan Menengah Eunhaeng yang terletak di kampung halamannya, Seongnam. Setelah itu dirinya mendaftar di Sekolah Menengah Dolma. Namun karena dirinya telah menjadi trainee di JYP Entertainment, sekolahnya pun pindah di Hanlim Multi Art School dan lulus pada tahun 2017 lalu.

Rumor Kencan

Dahyun TWICE
https://www.kpopmap.com/

Di kalangan fandom ONCE, selalu menjadikan candaan akan kemampuan Dahyun dalam menemukan kamera. Yap, bahkan ketika Dahyun berada di kerumunan orang pun, dirinya berhasil menemukan lensa kamera dan tersenyum ke arahnya. Lensa kamera tersebut kebanyakan berasal dari fansite.

Atas hal itulah, banyak penggemarnya yang selalu bercanda dengan mengatakan bahwa Dahyun tidak akan bisa ketahuan berkencan oleh media Dispatch karena dirinya bisa langsung tahu adanya kamera yang memata-matainya.

Sedikit trivia saja nih, Dispatch adalah media besar di Korea Selatan yang sering menangkap basah para idol K-Pop atau selebritis lainnya yang tengah diam-diam berpacaran. Itulah mengapa, setiap tanggal 1 Januari disebut sebagai “Reveal Dispatch Couple” karena telah beberapa kali media tersebut membidik foto para selebritis yang diam-diam berkencan.

Meskipun demikian, tentunya Dahyun pernah mendapatkan rumor kencan yakni bersama Kai EXO. Rumor tersebut berasal dari postingan Facebook yang telah dihapus dan langsung dikonfirmasi bahwa berita tersebut adalah hoax. Para penggemar pun juga langsung menyangkal rumor tersebut tidak ada bukti nyata atas adanya hubungan keduanya.

20 Fakta Menarik Dahyun TWICE

Dahyun TWICE
https://twice.fandom.com/
  1. Dahyun lahir dan besar di wilayah Seongnam, Gyeonggi, Korea Selatan.
  2. Keluarganya adalah penganut agama Kristen yang terdiri atas ayah, ibu, dan seorang kakak laki-laki yang 3 tahun lebih tua darinya bernama Kim Myung Soo.
  3. Keluarganya memelihara anak anjing ras Malta bernama Ary.
  4. Dahyun TWICE mendapatkan julukan “tofu” karena kulitnya yang seputih susu.
  5. Dahyun dan Chaeyoung menjadi member TWICE yang memiliki tinggi badan terpendek.
  6. Dahyun sering menjadi guest star maupun pemandu acara di berbagai variety show. Mulai dari ‘People Full of Capacity’, ‘Weekly Idol Christmas Special 2015’, ‘Idol Star Athletic Championship’, ‘Real Men’, ‘Same Bed Different Dreams’, ‘Let’s Eat Dinner Together’, ‘Happy Together’, ‘Running Man’, ‘Knowing Bros’, ‘Super Intern’, ‘DoReMi Market’, dan lainnya.
  7. Pada tahun 2018, Dahyun didapuk sebagai pembawa acara bersama Lee Teuk untuk acara Gaon Chart Music Awards dan KBS Music Special.
  8. Pada 2 Juni 2020, Dahyun tampil sebagai penyiar cuaca harian di program berita Morning News yang tayang di JTBC.
  9. Dahyun mengaku bahwa dirinya tidak suka mengenakan pakaian terbuka.
  10. Menurut manajer make-up di grup TWICE, Dahyun memiliki kulit wajah yang bagus sehingga dirinya jarang menggunakan alas bedak maupun concealer, melainkan hanya dengan tabir surya saja.
  11. Dahyun suka menggunakan produk skincare yang berbahan dasar lidah buaya.
  12. Dahyun sangat sering menirukan Park Jin Young, produser dan pendiri JYP Entertainment.
  13. Pada album Twicetagram, Dahyun berpartisipasi dalam penulisan lagu yang berjudul “Missing U” bersama dengan Chaeyoung.
  14. Pada tahun 2011, video tariannya di gereja menjadi viral dan membuatnya mendapatkan julukan “Eagle Dance Church Sister”. Lalu pada tahun 2018, tariannya tersebut ditambahkan pada video game Fortnite.
  15. Selama acara SIXTEEN, Dahyun menjadi salah satu kontestan yang paling populer.
  16. Tubuh Dahyun sangatlah fleksibel dan membuat orang terkejut dengan aksinya di beberapa variety show. Saking fleksibelnya, Dahyun dapat menyentuh hidung maupun siku dengan lidahnya.
  17. Dahyun paling takut dengan film horor, sendirian, dan berada di kegelapan.
  18. Dahyun secara otodidak berlatih gitar untuk memberikan kejutan kepada penggemarnya, ONCE, di hari ulang tahunnya. Pada saat itu, tepatnya pada 28 Mei 2021, dirinya men-cover sebuah lagu berjudul “Waiting” dengan permainan gitarnya.
  19. Dahyun mengaku bahwa ibunya memiliki umur yang sama dengan Park Jin Young.
  20. Pada tahun 2022 lalu, Dahyun dikonfirmasi menjadi pembawa acara Idol Star Athletics Competition dan mendapatkan julukan “The Goddess of ISAC”.

Itulah pembahasan tentang Dahyun TWICE dan juga beberapa fakta menariknya. Semoga pembahasan pada artikel ini dapat menginspirasi kamu.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Untuk para Grameds yang sedang mencari buku tentang TWICE, maka bisa menemukannya di gramedia.com.

5 Rekomendasi Buku Terkait

1. TWICE Just For Once

Jihyo, Momo, Sana Jeongyeon, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu adalah cewek-cewek cantik anggota dari girlband TWICE, yang merupakan besutan JYP Entertainment. Mereka mulai dikenal baik di blantika musik Korea dan juga dunia dengan sederet lagu-lagunya yang enak didengar, seperti “Like Ooh-Ahh” dan juga “TT”.

Girlband berisi 9 cewek-cewek ini dibentuk dari sebuah program pencarian bakat khusus trainee perempuan JYP Entertainment, yang bertajuk ‘SIXTEEN’. Mereka akan terus meramaikan jagad musik K-Pop dengan musik-musiknya yang popping dan cute, dan yang pastinya sangat ear catchy di masa depan.

Buku “TWICE Just for ONCE” ini akan membantu kamu para penggemar TWICE untuk mengenal lebih dekat grup tersebut dan juga para membernya, ditambah dengan adanya bonus berupa poster besar dan stiker.

2. TWICE World

Kenalan dulu yuk sama member Twice. Ada Nayeon, Jihyo, Tzuyu, Jeongyeon, Momo, Sana, Mina, Dahyun dan juga Chaeyoung. Disini, mulai dari istilah A sampai Z yang berhubungan para member Twice akan ketahui lho!

Dimulai dari sejarah perjalanan dan rekor yang berhasil dipecahkan sama TWICE, resep pancake ala member TWICE yang tentunya dapat kamu tiru di rumah. Lalu, buku ini juga dilengkapi dengan berbagai permainan yang asyik seperti tebak lirik pada lagu-lagu TWICE, kuis kepribadian, dan beraneka game yang asyik banget untuk menguji pengetahuanmu sebagai seorang Once nih.

Buku ini akan cocok banget untuk mengisi waktu luang kamu terutama pada saat weekend berlangsung! Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi dan foto-foto member TWICE yang berwarna di setiap lembarnya.

3. TWICE In Love Untold Stories: Famous Rookie Girlband

TWICE adalah sebuah grup idola wanita asal Korea Selatan yang dibentuk oleh JYP Entertainment. Grup ini terdiri dari sembilan anggota: Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu. Memulai debut dari sebuah ajang bakat dan diharapkan dapat menjadi penerus girl grup sebelumnya membuat langkah rookie girl grup ini penuh liku dan hambatan di tengah umur mereka yang dapat dikatakan sangat muda.

Girl grup besutan JYP Entertainment ini, TWICE, mengusung tema girly yang beranggotakan sembilan anggota dengan beragam talenta dan kepribadian yang dimiliki. Dan, beberapa anggotanya pun ada yang berasal dari luar Korea. Perbedaan kultur budaya, cara berbicara, dan sudut pandang dalam berpikir membuat grup ini memiliki karakteristik yang unik, berbeda, serta kuat dalam konsep musik.

Buku ini mengupas segala hal tentang TWICE mulai perjalanan dalam ajang pencarian bakat, debut, hingga menjalani karier sebagai idol. Penasaran dengan liku-liku awal karir TWICE dari pre debut hingga sekarang? Bagaimana mereka melewati segala hambatan dan komentar negatif dari haters? Dan, bagaimana mereka membuktikan bahwa lagu mereka layak untuk dinikmati? Selamat membaca!

4. The Big 3 New Lords In K-Pop

Hingga saat ini, K-Pop dan Kdrama menjadi dua hal tak terpisahkan dari Gelombang Korea (Korean Wave) di berbagai negara di seluruh dunia. basis penggemar yang besar untuk K-Pop membuatnya makin dikenal. Arti K-Pop di Indonesia pun kini bukan lagi hal asing.

Sebagai pecinta K-pop, pasti kalian enggak asing dengan sebutan “The Big 3”. Yup, tiga agensi K-pop yang terdiri dari SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment. Tapi kali ini, bukan The Big 3 K-pop Agency yang akan kita bahas, melainkan “The Big 3” grup idol cowok yang mendominasi dunia K-pop sepanjang tahun 2017 hingga saat ini.

5. 9 In 1 K-Pop United: K-Pop Makes One

9 K-Pop Idols in one place? It will bring you nine times the euphoria, nine times the addiction, and nine times your sense of belonging.

Stay seated and follow this journey to the ultimate experience of K-Pop. We, the K-Pop fans, united because of one, the music. So, together we are stronger! K-Pop makes one.

Sumber:

https://twice.fandom.com/

https://kpopping.com/

https://kpopwiki.org/

https://en.kepoper.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.