in

Berikut Ini Daftar Hewan Yang Bisa Terbang

Daftar hewan yang bisa terbang – Dunia ini memiliki banyak sekali keunikan serta keindahan. Salah satunya dengan adanya hewan yang bisa terbang. Bagi banyak orang mungkin saja beranggapan bahwa hewan yang bisa terbang ini hanya burung saja. Padahal, pada kenyataannya ternyata bukan hanya burung yang bisa terbang di udara. Banyak hewan lainnya yang bisa terbang di udara yang tidak kita ketahui.

“Kemudian hewan apa sajakah yang bisa terbang?” Dengan pertanyaan ini biasanya yang kita bayangkan adalah burung atau serangga yang memiliki sayap seperti kupu-kupu atau lebah. Burung adalah unggas yang sebagian besar populasinya memiliki sayap dan bisa terbang kemanapun, tetapi apa jadinya kalau hewan tidak bersayap juga terbang.

Beberapa hewan mempunyai kemampuan terbang yang tidak disangka-sangka. Padahal sebetulnya ada hewan lain selain burung yang dapat terbang. Atau bahkan ada beberapa yang ikan, ataupun katak juga bisa terbang. Kemampuan ini seolah-olah dari selaput yang mereka miliki yang berfungsi seperti sayap dan membuat mereka terlihat terbang.

Adanya sepasang sayap mampu membantu mereka terbang dan melayang-melayang di angkasa dalam waktu yang lama. Hal ini tentu sangat mudah bagi hewan bersayap untuk mengelilingi angkasa. Bahkan, kemampuan melayang ini dapat digunakan untuk menempuh jarak yang jauh.

Lalu, apakah kamu sudah mengetahui daftar hewan yang bisa terbang? Nah, jika belum, maka kamu bisa simak artikel ini, Grameds. Dalam artikel ini akan dijelaskan tentang daftar jenis hewan yang bisa terbang, mulai dari yang hidup di darat hingga yang hidup di laut. Jadi, tetap simak artikel ini sampai selesai, Grameds.

Daftar Jenis Hewan Yang Bisa Terbang

Pastinya beberapa jenis hewan yang dapat terbang Anda sudah mengetahuinya. Berikut ini beberapa daftar jenis hewan yang bisa terbang yang perlu kamu ketahui.

1. Kelelawar dan Burung

pixabay

Hewan yang bisa terbang pertama adalah kelelawar dan burung. Hal ini bukan tanpa alasan karena pada kedua hewan terdapat sayap. Maka dari itu, kedua hewan ini bisa melihat mangsanya dari udara. Namun, ternyata burung dan kelelawar ini memiliki perbedaan, antara lain:

Kelelawar:

  • Salah satu hewan mamalia yang bisa terbang.
  • Tidak bertelur dan langsung melahirkan bayinya.
  • Salah satu ciri mamalia mempunyai daun telinga.
  • Sayapnya tidak ditutupi oleh bulu layaknya burung.

Burung:

  • Bukan hewan mamalia.
  • Cara beranak Pinak adalah bertelur.
  • Tidak adanya daun telinga

Untuk kamu yang ingin menggali lebih dalam tentang burung, mulai dari jenis hingga habitatnya, maka bisa mencari tahunya melalui buku Ensiklopedia Dunia Hewan untuk Pelajar dan Umum : Burung. Buku ini ditulis dengan bahasa yang sederhana, sehingga wawasan tentang burung dalam buku ini akan jadi lebih mudah dipahami.

Nah, jangan ragu untuk membeli buku ini karena juga dilengkapi dengan gambar, sehingga cocok untuk anak-anak yang ingin mengetahui hewan yang bisa terbang ini. Tertarik untuk membeli buku ini? Kamu bisa mendapatkannya dengan klik gambar buku di bawah ini.

 

2. Ayam

pixabay

Hewan berikutnya yang bisa terbang adalah ayam. Pasti Anda bertanya-tanya mengapa ayam termasuk dalam kategori hewan terbang? Hal ini karena ayam merupakan salah satu golongan unggas yang memiliki bulu dan ayam memiliki sayap. Meskipun begitu, ayam lebih senang di tanah dengan mengorek-ngoreknya mencari sesuatu di sana. Yang dicari ayam di tanah adalah cacing dan sejenisnya.

Bahkan, walaupun ayam mempunyai sayap, tetapi mereka jarang sekali untuk menggunakan sayapnya. Tentunya kemampuan terbang yang dimiliki ayam kalah jauh dengan burung. Burung biasa terbang melayang-layang ke angkasa dan mengudara sedangkan ayam sangat jarang melakukannya. Apabila melakukan itu pun tidak lama.

3. Colugos

Mamalia yang bernama Colugos ini merupakan salah satu mamalia yang dapat terbang. Namun, hanya dapat terbang antara satu pohon ke pohon yang lain. Selain itu, hewan yang satu ini dapat terbang sejauh 100 meter lebih. Hal ini yang membuat salah satu hewan mamalia dengan kemampuan melayang terbaik.

Membran patagium adalah hewan yang mirip dengan tupai terbang, hanya saja yang membedakan ada pada Colugo membrannya dimulai dari wajah hingga menutupi jari tangan dan kaki sampai ekor. Colugos ini memiliki anggota tubuh, ekornya yang panjang dan ramping.  Dengan kaki yang cukup lebar, maka bisa memudahkan hewan ini dalam memanjat pohon.

4. Sugar Glider

pixabay

Hewan berikutnya yang mempunyai kemampuan terbang adalah sugar glider. Sugar glider memiliki kemampuan melayang menggunakan selaputnya. Sugar glider ini memiliki panjang sekitar 9 dan 12 inci, dengan berat sekitar 4 dan 5 ons. Gaya meluncurnya ke bawah seperti tupai karena keahlian ini digunakan untuk mencari makan dari satu pohon ke pohon lainnya serta menghindari predator.

Meskipun memiliki ukuran tubuh yang kecil, tetapi hewan ini memiliki kemampuan melompat dan terbang sampai 50 meter. Sugar Glider ini memiliki mantel tebal, lembut dan terlihat mewah berwarna abu-abu kebiruan di atasnya dengan garis hitam dari hidungnya ke punggungnya sedangkan bagian bawahnya berwarna krem.

5. Flying Fish / Ikan terbang

pixabay

Biasanya, mamalia yang bisa terbang ke udara tetapi ada juga ikan yang memiliki kemampuan bisa terbang. Ikan terbang atau flying fish (Exocoetidae) merupakan ikan terbesar yang ada di seluruh dunia dengan jumlah sekitar 70 spesies.

Jenis ikan ini habitatnya di laut dengan suhu hangat. Jenis ikan ini memiliki bentuk yang mirip seperti torpedo yang berguna untuk membantu mengumpulkan kecepatan di dalam air, sehingga dapat meluncur terbang ketika berada di atas air. Yang dapat menambah kecepatan terbang pad akan ini adalah ekor yang besar.

Lobus mempunyai ekor bawahnya yang memanjang ketika meluncur ke permukaan bisa berdetak di dalam air, memberikan dorongan lebih lanjut. Kemudian, dada besar ikan tersebut yang mirip sayap akan memanjang sehingga tubuh ikan ini akan mendapatkan tenaga untuk melayang di udara.

6. Draco Lizard

Wikipedia

Draco Lizard biasa disebut dengan naga di dunia nyata sehingga tidak heran jika hewan berjenis kadal ini memiliki kemampuan untuk terbang. Kemampuan terbang melayang pada hewan ini berguna untuk kabur dari predator, mencari makan atau bahkan menarik pasangan. Hewan ini habitatnya hidup di hutan di Asia Tenggara. Makanan utama hewan ini  biasanya semut dan rayap.

Hewan kadal draco jika terbang dapat tumbuh hingga berukuran 20 cm. Tulang rusuknya yang dapat memanjang juga sesuai dengan keinginannya. Diantara tulang rusuknya terdapat lipatan kulit yang dapat dijadikan sebagai sayap. Ekor kadal draco juga dapat menggunakannya untuk membantunya menentukan arah.

7. Flying Fox (Kalong)

Hewan jenis ini hampir mirip seperti kelelawar, rubah yang terbang sering dikenal dengan nama kelelawar buah. Meskipun begitu, masih ada beberapa perbedaan dari kelelawar pada umumnya. Flying fox ini memiliki wajah yang menyeramkan. Habitat biasanya ada di daerah tropis contohnya Malaysia, Indonesia, di daratan Asia juga di Australia. Flying fox memiliki bentuk lidah yang panjang yang dapat digunakan untuk membantu mengoleksi serbuk sari dan nektar.

8. Wallace’s Flying Frog

Hewan yang bisa terbang selanjutnya adalah Wallace’s flying frogs atau yang lebih dikenal sebagai katak parasut. Habitat dari hewan unik ini tinggal di hutan hujan di Indonesia dan Malaysia. Waktu dari hewan ini banyak dihabiskan di pohon gunanya untuk menemukan pasangannya dan bertelur.

Katak ini dapat meluncur dari pohon yang satu ke pohon yang lain sejauh 15 meter. Katak parasut ini menggunakan kemampuan untuk menangkap mangsanya, biasanya serangga yang mereka cari juga untuk menghindar dari predator. Meluncur dari tempat yang tinggi adalah keahlian katak parasut dengan menggunakan selaput hitam di tangan dan kakinya.

Katak parasut ini mempunyai telapak kaki yang lebar, sehingga memudahkannya untuk mendarat dengan mulus dan memudahkan juga untuk lompat ke dahan pohon.  Kemampuan ini ia gunakan untuk mencari mangsa seperti serangga.

9. Tupai Terbang Selatan / Glaucomys Volans

pixabay

Jika dilihat dari habitatnya, hewan ini banyak ditemukan di hutan gugur dan campuran di bagian timur Amerika Utara, dari tenggara Kanada ke Florida. Populasi terpisah dari spesies ini tercatat di dataran tinggi Meksiko, Guatemala, dan Honduras. Tupai terbang selatan ini meluncur menggunakan membran yang disebut patagium.

Hewan jenis ini memiliki kulit yang menyerupai sayap. Meskipun lihai dalam terbang, tetapi hewan ini pejalan kaki yang sangat kikuk dan jika mereka kebetulan berada di tanah dihadapan bahaya. Biasanya, mereka tidak suka melarikan diri dan lebih suka bersembunyi.

10. Colugo

Colugo atau monyet terbang merupakan hewan yang memiliki tekstur kulit menyerupai sayap. Kulit seperti itulah yang bisa membuat colugo terbang sangat jauh.

11. Ular Terbang

wikipedia

Ular banyak ditakuti oleh manusia karena bisanya, apalagi jika ular tersebut bisa terbang seperti ular terbang ini. Jangan sampai kita ketemu dengan hewan yang satu ini. Ular yang ada di darat saja menakutkan apalagi yang terbang bernama flying snakes atau Chrysopelea.

Ular jenis ini pindah tempat dengan melayang dari pohon yang satu ke pohon yang lain. Cara ular ini melayang adalah untuk mencari makanan dan menghindar dari predator. Biasanya, banyak hidup di hutan belantara yang banyak pepohonannya.

12. Flying Lemur atau Kubung

Hewan kubung merupakan hewan yang kerap dikatakan mirip dengan lemur. Ketika terbang, hewan ini jika dilihat seperti kelelawar dengan mata bulat yang besar. Bahkan, kemampuan terbang dari hewan ini bisa hingga 70 meter.

Hewan ini bisa melayang dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Habitatnya banyak kita temui di wilayah Asia Tenggara termasuk di Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Singapura.

13. Laba-Laba Balon

Grid.ID

Seperti halnya film Spiderman yang kerap tampil di televisi karena kelihaiannya terbang dari satu gedung ke gedung lainnya dengan menggunakan jaring yang ada di tangannya. Jenis laba-laba yang satu ini mirip dengan Spiderman. Laba-laba balon memiliki kemampuan untuk terbang dan bisa melakukan perjalanan hingga ribuan mil ketika di udara.

Penutup

Pada dasarnya, daftar hewan yang bisa terbang ini sangatlah banyak, ada yang hidup di darat hingga ada yang hidup di perairan. Namun, biasanya hewan yang bisa terbang dan hidup di air hanya bisa terbang dalam waktu yang tidak begitu lama. Salah satu dari hewan terbang yang hidup di air adalah ikan terbang. Ikan jenis ini biasanya ditemukan di laut, jadi apakah kamu pernah melihatnya?

Selain hewan yang hidup di air dan darat, ternyata ada juga hewan amfibi yang bisa terbang. Salah satu hewan amfibi yang bisa terbang adalah katak. Benar sekali, beberapa jenis katak bisa terbang dari daun yang satu ke daun lainnya. Biasanya, katak yang bisa terbang akan terlihat seperti parasut.

Meskipun daftar hewan yang bisa terbang yang ada di dunia ini sangat banyak, tetapi untuk bisa terbang tak selalu harus memiliki sayap. Demikian pembahasan tentang daftar hewan yang bisa terbang. Semoga saja, setelah membaca artikel ini sampai selesai, dapat menambah wawasan kamu.

Mengetahui dunia hewan bisa juga dilakukan dengan membaca buku. Jika kamu mencari buku tentang hewan, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Rekomendasi Buku Terkait

Ensiklopedia Dunia Hewan

Memperkenalkan hewan kepada anak-anak sangatlah bagus, apalagi sudah diajarkan sejak masih kecil. Untuk para orang tua yang masih bingung mencari buku tentang hewan yang tepat, maka tak perlu khawatir karena buku Ensiklopedia Pertamaku Dunia Hewan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai referensi agar si buah hati mengenal nama-nama hewan. Bahkan, buku ini dilengkapi dengan gambar, sehingga sang anak akan semakin suka untuk membacanya.

 

Reptil Terbang Purba

Dalam dunia hewan banyak sekali jenisnya, salah satunya adalah hewan reptil. Bahkan, ada juga hewan reptil purba yang bisa terbang. Namun, apakah kamu sudah mengetahui hewan reptil yang bisa terbang? Nah, jika belum, maka buku Reptil Terbang Purba ini akan memperluas wawasan kamu terhadap hewan reptil terbang purba. Jadi, tunggu apalagi segera dapatkan buku ini dengan klik gambar buku di bawah ini.

 

Hewan Peliharaan 

Jika memiliki anak yang suka dengan hewan, maka orang tua harus tetap mengawasinya. Selain itu, para orang tua juga harus memperkenalkan hewan-hewan apa saja yang bisa dipelihara. Nah, bagi para orang tua yang masih bingun dengan daftar hewan yang bisa dipelihara, tak perlu khawatir, karena pada buku Mengenal Hewan Bersama Nora Hewan Peliharaan ini sangat pas untuk dijadikan referensi agar si buah hati dapat mengenal hewan peliharaan lebih jauh.

 

Rujukan:

  • https://bobo.grid.id/read/082006458/selain-burung-dan-kelelawar-hewan-hewan-ini-juga-bisa-terbang-padahal-tidak-bersayap
  • https://jawabanapapun.com/sebutkan-hewan-apa-saja-yang-bermigrasi-dipengaruhi-medan-magnet-bumi/
  • https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/alfon/hewan-mamalia-ini-bisa-terbang-lho-hewan-apa-saja-ya
  • https://www.rumahsoal.my.id/host-https-brainly.co.id/tugas/30472251
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/abraham-herdyanto/hewan-yang-tidak-disangka-bisa-terbang/
  • https://www.rukita.co/stories/hewan-apa-yang-bisa-terbang/
  • https://puteka85.blogspot.com/2013/09/hewan-hewan-yang-bisa-terbang.html
  • https://brainly.co.id/tugas/30472251
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/abraham-herdyanto/hewan-yang-tidak-disangka-bisa-terbang?page=all
  • https://wblog.wiki/id/Glaucomys

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi Veronika

Saya semakin mencintai dunia menulis ini karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Selain hal umum, saya juga menyukai tulisan tentang pendidikan dan juga administrasi perkantoran.