in

19 Ciri-Ciri Ada Janin Dalam Perut yang Perlu Kamu Ketahui

Sumber: tirto.id

Ciri-ciri ada janin dalam perut – Tanda-tanda kehamilan bisa jadi mirip dengan gejala sebelum menstruasi lho, seperti diantaranya kram pada area perut dan rasa tidak nyaman pada area payudara. Tak jarang, hal ini kemudian membuat banyak wanita tak sadar bahwa mereka telah memasuki periode awal kehamilan.

Kehamilan sendiri merupakan salah satu berita menggembirakan yang ditunggu-tunggu oleh banyak pasangan suami istri. Meski demikian, banyak kali tanda-tanda kehamilan kemudian tidak disadari oleh sebagian wanita, terutama pada wanita yang belum pernah hamil sebelumnya.

Inilah Tanda-Tanda Kehamilan yang kemudian penting untuk kamu Ketahui. Berikut di bawah ini adalah ciri-ciri ada janin dalam perut dan tanda-tanda yang biasanya terjadi di awal kehamilan.

Ciri-Ciri ada Janin dalam Perut

Kram dan Timbul Bercak

Ciri-ciri ada janin dalam perut yang pertama adalah pada saat memulai usia kehamilan dari 1 – 4 minggu, kram serta timbul bercak darah bisa saja muncul. Nah, seringnya kondisi ini kemudian dianggap sebagai gejala seseorang sedang mengalami haid.

Namun seperti kita tahu, kontraksi rahim saat darah haid keluar kemudian akan membuat perut terasa kram. Ditambah, dengan adanya bercak darah yang kerap dianggap sebagai tetesan darah haid di hari-hari awal. Padahal, tanpa disadari hal ini merupakan ciri-ciri hamil muda.

Mengapa ada bercak darah yang sering keliru dianggap sebagai darah haid? Hal ini ternyata dikarenakan oleh sel telur yang dibuahi kemudian akan menciptakan blastocyst. Blastocyst adalah sel-sel yang berisi cairan yang kemudian akan berkembang menjadi organ tubuh bayi.

Jika kamu merasakan perut kram dan timbul bercak darah, apalagi telah telat mengalami haid, maka ada sebaiknya cek ke dokter. Hindari penggunaan obat-obatan tertentu, atau minum alkohol, serta merokok. Ketiganya umumnya dihubungkan dengan pendarahan hebat.

Terlambat Menstruasi

Setelah calon janin menempel pada area dinding rahim, tubuh kemudian akan mulai memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG), yaitu hormon yang akan membantu tubuh menjaga kehamilan. Hormon ini juga berfungsi untuk menghentikan menstruasi setiap bulannya selama dalam masa kehamilan.

Kebanyakan wanita sendiri mulai tidak menstruasi 4 minggu setelah terjadinya pembuahan. Oleh karena itu, terlambat menstruasi 1 kali saja sudah bisa menjadi tanda-tanda kehamilan, kecuali pada wanita yang memang jadwal menstruasi yang tidak teratur.

Perubahan pada Payudara

Perubahan pada area payudara sendiri dapat terjadi di awal masa kehamilan. Biasanya, payudara akan membengkak, nyeri, serta terasa lebih berat. Area di sekitar puting juga umumnya kemudian berubah menjadi lebih gelap. Gejala yang satu ini sendiri hampir sama dengan yang dirasakan pada saat menstruasi, namun lebih sakit lagi.

Perubahan ini umumnya terjadi karena tubuh telah menyiapkan diri untuk menyusui sejak masa awal kehamilan. Pada saat ini, aliran darah ke payudara juga akan meningkat, jaringan lemak baru kemudian mulai terbentuk, dan saluran susu akan mulai mengembang.

Areola Menghitam

Bagi beberapa wanita, perubahan hormon saat kehamilan juga akan menyebabkan daerah puting susu atau areola menghitam menjadi lebih lebar. Hal ini umumnya terjadi karena respons tubuh dalam mempersiapkan produksi ASI ketika kamu menyusui setelah melahirkan si kecil nantinya. Jadi, jangan panik jika secara perlahan areola kemudian terlihat lebih hitam dari biasanya.

Kelelahan Sejak Awal Hamil

Kadar hormon progesteron di dalam tubuh kemudian akan meningkat. Hormon ini akan membuatmu menjadi mengantuk serta merasa kelelahan sebab walaupun aktivitas yang dilakukan sama seperti biasa.

Namun kelelahan ini juga dapat disebabkan oleh banyaknya energi tubuh yang digunakan untuk mempersiapkan kehamilan, misalnya Ketika memproduksi sel darah menjadi lebih banyak. Hal ini umumnya kemudian akan kamu rasakan 1 minggu setelah terjadinya pembuahan.

Mudah Lelah

Tanda-tanda hamil lainnya ialah rasa mudah lelah. Mudah merasa lelah saat hamil ini sendiri diakibatkan oleh meningkatnya kadar hormon progesteron di dalam tubuh. Hormon progesteron sebagai depresan alami bagi sistem saraf pusat yang menyebabkan kamu menjadi lebih sering mengantuk.

Dalam trimester pertama juga tubuh akan bekerja jauh lebih keras pada hormon serta memproduksi lebih banyak darah agar nutrisi janin dapat terpenuhi. Rasa khawatir serta cemas pun turut berperan dalam menyerap energi saat hamil. Itu mengapa kamu kemudian menjadi lebih sering merasa kelelahan di awal masa kehamilan.

Perbanyak waktu istirahat serta konsumsilah berbagai makanan bergizi. Tak lupa menambah pengetahuan seputar kehamilan yang kemudian akan membantu mengurangi kekhawatiran,

Rambut Rontok

Menurut American Pregnancy Association, salah satu tanda kehamilan awal adalah pada rambut rontok. Umumnya, 40-50% seorang Wanita yang mengalami kehamilan akan mengalami hal ini. Penyebabnya adalah pada perubahan hormon serta perubahan gizi. Oleh karenanya saat ibu sedang hamil cenderung banyak yang memotong rambut.

Mimisan

Mimisan juga dapat menjadi ciri-ciri hamil yang kurang umum. Biasanya, ibu yang sedang hamil akan mengalami tekanan darah yang tinggi. Jika darah yang keluar kemudian cukup banyak, sebaiknya kamu segera berkonsultasi kepada dokter.

Sakit Kepala

Sakit kepala sebagai ciri-ciri hamil yang juga kerap dialami sebagian besar perempuan. Tanda kehamilan ini terjadi karena tubuh akan menampung sekitar 50% darah tambahan saat hamil. Umumnya, di awal kehamilan kamu juga akan mengalami anemia.

ciri ciri ada janin dalam perut
Sumber: ugm.ac.id

Suhu Tubuh Meningkat

Peningkatan suhu tubuh dapat tanda-tanda hamil yang juga sering terjadi. Suhu tubuh saat kamu bangun pagi biasanya meningkat. Namun, peningkatan ini sendiri terjadi pada suhu tubuh basal (STB). Jadi, peningkatan suhu tubuh yang dimaksud bukanlah demam.

Lebih Sering Buang Air Kecil

Hormon hCG yang diproduksi saat minggu pertama kehamilan juga akan menyebabkan peningkatan aliran darah ke area panggul. Hal inilah yang kemudian menyebabkan wanita hamil cenderung akan buang air kecil dengan lebih sering dari biasanya.

Indra Penciuman Sensitif

Banyak wanita merasa memiliki indra penciuman yang sensitif selama hamil. Karenanya kemudian sering kita lihat, bahwa ibu hamil sangat sensitif terhadap bau parfum atau makanan tertentu. Beberapa peneliti kemudian berspekulasi kalau ibu hamil sebaiknya menghindari beberapa makanan yang berbau menyengat supaya rasa tidak nyaman yang dirasakan menjadi berkurang.

Sering Bermimpi

Ciri-ciri ada janin dalam perut lainnya adalah selama masa kehamilan intensitas mimpi Wanita juga akan meningkat. Jika mimpi yang dialami menjadi lebih ‘dramatis’, bisa jadi ini sebagai tanda kehamilan. Mimpi saat hamil juga umumnya dikaitkan dengan perasaan si wanita. Akibat perubahan hormon, kadang mimpi ibu hamil akan amat terasa nyata. Karenanya beberapa ibu hamil mengaku dapat dengan mudah mengingat mimpinya yang sering dialami dengan lebih jelas.

Ada Rasa Logam di Mulut

Rasa logam di mulut juga sering dirasakan beberapa ibu hamil. Hingga saat ini belum ada penjelasan ilmiah tentang gejala ini. Untuk meredakan gejala tersebut kamu dapat mengkonsumsi air es atau makanan manis untuk kemudian meredam mulut dengan rasa logam. Umumnya, mulut rasa logam ini berkurang seiring bertambahnya usia kehamilan.

Mual-mual

Mual-mual atau morning sickness juga menjadi salah satu tanda hamil yang paling kita ketahui. Seperti namanya, gejala ini umumnya muncul di pagi hari, namun tak menutup kemungkinan mual-mual juga dapat dirasakan di siang serta pada malam hari. Mual-mual biasanya mulai dirasakan saat memasuki usia kehamilan 4–6 minggu, dan akan berakhir saat kehamilan memasuki trimester kedua (minggu ke-13 atau ke-14).

Perubahan Mood

Selama kehamilan, kadar hormon estrogen dan progesteron akan mengalami peningkatan yang kemudian menyebabkan perubahan suasana hati yang lebih cepat serta membuatmu menjadi lebih emosional atau sensitif dari biasanya, misalnya kamu menjadi lebih sering merasa cemas dan marah. Selain itu, terdapat juga beberapa tanda tidak spesifik lainnya yang dapat dirasakan oleh wanita hamil seperti ngidam, sakit kepala, sakit punggung, hingga sembelit.

ciri ciri ada janin dalam perut
Sumber: Kompas.com

Pusing dan Seperti akan Pingsan

Terjadinya perubahan hormone juga ditambah dengan detak jantung meningkat yang kemudian akan memompa darah dan menyebabkan tekanan darah menurun. Saat kemudian terbentuk embrio di Rahim, kemudian dibutuhkan lebih banyak darah untuk tumbuh kembang embrio yang nantinya akan menjadi janin lalu bayi. Inilah alasan banyak ibu hamil kemudian sering merasa ingin pingsan di awal kehamilan yang didahului juga dengan rasa pusing berlebih.

Sakit Kepala Sebelah

Frekuensi migrain saat hamil juga akan meningkat selama kehamilan. Banyak wanita mengalami sakit kepala hormonal di masa awal kehamilan. Namun, beberapa wanita yang diketahui ternyata hamil setelah melakukan pemeriksaan, juga melaporkan jika migrain yang dialami saat hamil hilang menjelang waktu lahiran. Migrain sendiri umumnya dirasakan ketika jumlah darah lebih banyak dialirkan ke tubuh, termasuk kepala hingga menimbulkan tekanan di kranial.

Sering Merasa Lapar

Ciri-ciri ada janin dalam perut yang terakhir adalah tubuh ibu hamil membutuhkan tambahan 200 kalori per hari di awal masa kehamilan. Karenanya tak heran jika salah satu masalah ibu hamil adalah lebih mudah merasa lapar. Lagi-lagi, meningkatnya nafsu makan kemudian dikaitkan dengan PMS atau premenstrual syndrome.

Saat ada janin dalam rahim, karena kerjasama berbagi kelenjar serta organ, otak kemudian akan memerintahkan tubuh untuk mengaktifkan hormon lapar karena makanan yang dikonsumsi ibu kemudian akan turut dialirkan ke janin.

Tanda-tanda kehamilan dapat jadi berbeda bagi setiap wanita, ada yang merasakan semua tanda kehamilan di atas, namun ada juga yang hanya merasakan diantara 1 atau 2 tanda saja. Selain itu, tanda-tanda ini juga dapat tertukar dengan tanda sebelum menstruasi atau kondisi kesehatan lainnya.

Oleh karenanya jika kamu menyadari terdapat 1 atau 2 tanda-tanda di atas, sebaiknya kamu melakukan tes kehamilan dengan menggunakan test pack untuk kemudian memastikan apakah kamu sedang hamil atau tidak. Jika hasilnya positif, maka mulailah menjaga kesehatan serta kehamilan.

Tetap usahakan mengonsumsi makanan yang sehat dengan gizi yang seimbang, terutama makanan-makanan yang kaya akan protein serta zat besi, walaupun kamu merasa tidak nafsu makan. Jangan lupa untuk beristirahat cukup agar kamu kemudian terhindar dari kelelahan dan suasana hati tetap terjaga.

Selain itu, segera buat janji dengan dokter untuk kemudian memeriksakan kehamilan. Dengan begitu, kesehatan dan janin bisa terpantau sejak dini ya.

Buku-Buku Terkait Masa Kehamilan dan Menyusui

Nutrisi Pintar Ibu Hamil & Menyusui Golongan Darah AB

https://www.gramedia.com/products/nutrisi-pintar-ibu-hamil-menyusui-golongan-darah-ab?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/the-amazing-traveling-bukan-sekadar-jalan-jalan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Kehamilan dan menyusui adalah masa yang sangat dinantikan dan diharapkan oleh setiap ibu. Seorang ibu akan berusaha menjaga kehamilannya dengan sepenuh hati, menghindarkan diri dari hal-hal yang bisa berdampak buruk bagi kesehatannya dan janin yang ada di dalam kandungannya.

Dengan mengetahui makanan dan minuman sesuai golongan darahnya, ibu hamil dan menyusui dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya secara maksimal guna menunjang kecerdasan dan tumbuh kembang anak.

Buku ini merangkum beragam informasi seputar makanan dan minuman untuk ibu hamil dan menyusui bergolongan darah AB; membuka wawasan dan pengetahun ini dalam memilih jenis makanan dan minuman yang harus dikonsumsi setiap hari, lengkap dengan resep dan menu harian yang murah, mudah didapat, serta mudah dibuat.

#Bebastakut Hamil dan Melahirkan

https://www.gramedia.com/products/bebastakut-hamil-dan-melahirkan-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/the-amazing-traveling-bukan-sekadar-jalan-jalan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Kehamilan adalah anugerah yang indah dan nikmat. Tak ayal, kadang kita mendapat berbagai kisah dan anjuran yang malah membuat kita takut. Tenang, buku ini akan membekali kita tentang apa saja yang perlu dipersiapkan selama kehamilan dan menjelang persalinan. Kita tidak perlu cemas lagi karena bisa mempersiapkannya melalui beberapa hal ini.

  • Nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita dan janin sesuai usia kehamilan;
  • Gerakan dan olahraga yang bisa kita lakukan agar mengurangi rasa sakit ketika persalinan;
  • Pengetahuan tentang gentle birth;
  • Persiapan suami dan pendamping untuk mendukung kenyamanan istri;

Memilih cara persalinan yang sesuai dengan keinginan kita. Ditulis oleh bidan yang telah malang-melintang, buku ini komplet membahas seluk beluk kehamilan dan persalinan, plus coloring booklet untuk bebas dari rasa takut dan siap menyambut si buah hati.

Buku Pintar Ibu Hamil

https://www.gramedia.com/products/buku-pintar-ibu-hamil-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/the-amazing-traveling-bukan-sekadar-jalan-jalan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Tidak semua wanita tahu pasti bagaimana menghadapi dan menjalani masa kehamilannya, khususnya wanita yang baru pertama kali hamil. Buku ini ditulis dalam rangka memberikan bantuan semacam itu untuk wanita yang akan segera menjadi ibu, dengan memfokuskan membahas hal-hal penting dan mendasar tentang kehamilan.

Pembahasan sejak sebelum, selama, dan sesudah kehamilan, persiapan kehamilan, menjaga kesehatan ibu hamil dan janin, pola makan yang sehat untuk ibu hamil, mengenali dan menghindari masalah-masalah kehamilan, memahami pertumbuhan janin, hingga hal-hal penting pasca melahirkan. Semua disajikan dengan bahasa yang mudah dan praktis.

Dilengkapi pula dengan tips-tips praktis dan penting seperti tips memilih dokter kandungan, tips mengatasi mual, tips mengatasi nyeri pinggang dan sesak nafas selama hamil, tips agar tetap nyaman bekerja dan bepergian, hingga tips perawatan kebugaran dan kecantikan selama hamil.

Dengan panduan buku ini, diharapkan Anda bisa memahami kehamilan Anda sehingga bisa menjalaninya dengan baik dan sehat, serta melahirkan calon si buah hati dengan baik dan selamat.

Itulah beberapa ciri-ciri ada janin dalam perut yang perlu Grameds ketahui. Grameds juga bisa membaca buku-buku seputar masa kehamilan dan menyusui dengan mengunjungi gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk-produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi