Bahasa Inggris

Nama Hari dalam Bahasa Inggris dan Cara Melafalkannya

Written by Rifda Arum

Nama Hari Dalam Bahasa Inggris – Grameds pasti pernah mendapatkan pendidikan bahasa Inggris ketika masih duduk di bangku sekolah, baik itu sekolah dasar maupun sekolah menengah. Apabila Grameds mempelajari mata pelajaran tersebut secara serius, maka kemampuan berbahasa Inggris akan meningkat secara perlahan.

Terlebih di bangku sekolah dasar (SD), di mana kita diajarkan penggunaan bahasa Inggris sederhana. Beberapa topik yang diajarkan kepada anak sekolah dasar dalam mata pelajaran ini meliputi subjek dan objek, tenses, kosakata sederhana, hingga belajar mendengar (listening) dan berbicara (speaking).

https://www.pexels.com/

Nama Hari dalam Bahasa Inggris

Seiring berjalannya waktu, pemahaman dan pengalaman mengenai bahasa Inggris akan bertambah. Saat ini, sudah banyak dari pelajaran-pelajaran tersebut yang sudah kita kuasai. Namun, tentu situasi ini berbeda ketika kita mempelajari bahasa Inggris di bangku SD.

Di antara sejumlah topik yang diajarkan di bangku SD, salah satunya adalah mempelajari kosakata berupa nama hari dalam bahasa Inggris. Di bawah ini, adalah nama-nama hari dalam bahasa Indonesia, serta terjemahannya dalam bahasa Inggris:

  • Senin = Monday
  • Selasa = Tuesday
  • Rabu = Wednesday
  • Kamis = Thursday
  • Jumat = Friday
  • Sabtu = Saturday
  • Minggu = Sunday

Sekarang Grameds seharusnya sudah bisa mengingat semua nama hari dalam bahasa Inggris di luar kepala. Namun, berapa lama waktu yang diperlukan hingga akhirnya bisa menghafal nama-nama hari tersebut ketika masih berada di bangku SD?

Proses mempelajari, menghafal, dan mengingat seluruh nama hari dalam bahasa Inggris bisa memakan waktu yang beragam bagi tiap anak. Ini bisa disebabkan karena sejumlah faktor, mulai dari daya serap anak, metode pengajaran, hingga lingkungan anak mempelajari bahasa Inggris.

Beberapa dari kamu mungkin mendapat didikan di lingkungan yang baik dan nyaman, sehingga bisa menyerap dan menghafal nama hari dalam bahasa Inggris dalam waktu cepat. Namun, ada juga yang bisa jadi mendapat pengajaran bahasa Inggris secara kurang optimal, sehingga kesulitan untuk mengingat serta menyerap isi pelajaran ini.

Terlepas lama atau tidaknya mempelajari nama hari dalam bahasa Inggris, yang terpenting saat ini adalah bahwa kita seharusnya memang sudah bisa memahami topik tersebut dengan baik, dan tidak lagi mengalami kesulitan terkait pembahasan ini.

Beli Buku di Gramedia

Cara Melafalkan Nama Hari dalam Bahasa Inggris

Meskipun begitu, pada praktiknya masih terdapat sejumlah kesalahan yang berhubungan dengan nama hari dalam bahasa Inggris. Selain dalam kesalahan dalam mengeja nama-nama hari, terdapat juga kesalahan yang bisa dilakukan dalam penyebutan kata tersebut

Pelafalan kata dalam bahasa Inggris memang terdengar sepele, dan bahkan dianggap remeh. Apalagi, sebagai orang Indonesia, kita cukup jarang dihadapkan dengan situasi di mana kita harus berbicara menggunakan bahasa Inggris dalam kesehariannya.

Namun, cukup penting bagi kita untuk mempelajari cara melafalkan kata-kata dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar. Ini disebabkan terdapat cukup banyak kata-kata dalam bahasa Inggris yang memiliki pelafalan serupa, sehingga jika kita salah dalam menyebutkannya, maka orang lain bisa salah mengartikan ucapan kita.

Dalam kasus penggunaan nama hari dalam bahasa Inggris misalnya, kata “Tuesday“, memiliki pelafalan yang mirip dengan kata “Thursday“. Jika Grameds hanya asal mengucapkan kedua kata tersebut, akan berpotensi menyebabkan kebingungan kepada lawan bicara.

Maka dari itu, disarankan untuk mengetahui cara melafalkan nama hari dalam bahasa Inggris sebaik mungkin. Di bawah ini, terdapat penjelasan mengenai pelafalan nama-nama hari:

Pelafalan “Monday”

Monday (Dapat disingkat menjadi “Mon”), dilafalkan sebagai /’mun.dei/. Huruf “O” dalam kata tersebut berganti menjadi “U”. Kata “Monday” memiliki pelafalan serupa baik dalam aksen Amerika Serikat (US) maupun aksen Britania Raya (UK) .

Pelafalan “Tuesday”

Tuesday (Dapat disingkat menjadi “Tue” atau “Tues”), dilafalkan sebagai /’tiu:z.dei/ dalam aksen UK, dan /ˈtuːz.dei/ jika menggunakan aksen US. Ejaan “ue” berganti “iu” dalam aksen UK, dan “u” jika menggunakan aksen US. Huruf “T” sedikit berubah menjadi “tch” dalam kedua aksen.

Pelafalan “Wednesday”

Wednesday (Dapat disingkat menjadi “Wed”): Dilafalkan sebagai /’wenz.dei/. Ejaan “dnes” dilafalkan menjadi “enz”. Pelafalan ini berlaku baik dalam aksen UK maupun aksen US.

Pelafalan ” Thursday”

Thursday (Dapat disingkat menjadi “Thur” atau “Thurs”), dilafalkan sebagai /’thurz.dei/. Huruf “S” berubah menjadi huruf “Z”. Pelafalan ini digunakan baik dalam aksen UK maupun aksen US.

Pelafalan “Friday”

Friday (Dapat disingkat menjadi “Fri”), dilafalkan sebagai /’frai.dei/. Huruf “I” dilafalkan menjadi “ai”. Kata “Friday” memiliki pelafalan yang mirip dalam aksen UK dan juga aksen US.

Pelafalan “Saturday”

Saturday (Dapat disingkat menjadi “Sat”), dilafalkan sebagai /’sa.ta.dei/. Huruf “R” di dalam kata ini dihilangkan pengucapannya. Baik aksen UK dan juga aksen US memiliki pelafalan yang serupa.

Pelafalan “Sunday”

Sunday (Dapat disingkat menjadi “Sun”), dilafalkan sebagai /’sun.dei/. Pelafalan kata ini hampir mirip dengan tulisannya. Baik aksen UK maupun aksen US memiliki pelafalan yang mirip satu sama lain.

Banyak pembicara Bahasa Inggris menyebut kalau pelafalan yang paling tricky untuk disebutkan adalah kata “Tuesday” dan “Thursday“. Selebihnya, pelafalan hari-hari lain tidaklah sesulit itu. Jika Grameds sudah bisa melafalkan 2 kata tersulit, maka tentu saja akan bisa mengucapkan nama hari lain dengan mudah.

Kunci dalam kemahiran berbahasa Inggris, khususnya dalam berbicara, adalah menguasai kosakata penting dan kepercayaan diri. Buku “English For Everyday Speaking, Bahasa Inggris Untuk Percakapan Sehari-Hari, Mencakup 50 Topik Menarik” bisa membantu Grameds untuk mempelajari dan meraih kepercayaan diri untuk berbicara bahasa Inggris. 

Beli Buku di Gramedia

Asal Muasal Nama Hari dalam Bahasa Inggris

Grameds mungkin pernah mendengar bahwa nama-nama hari dalam Bahasa Indonesia diambil dari bahasa Arab. Kecuali hari Jumat yang memiliki keistimewaan dalam penamaannya, nama-nama hari dalam Bahasa Indonesia terinspirasi dari angka-angka dalam bahasa Arab:

  • Minggu atau Ahad: Wahidun atau Satu
  • Senin: Itsnani atau Dua
  • Selasa: Salasatun atau Tiga
  • Rabu: Arba’atun atau Empat
  • Kamis: Khamsatun atau Lima
  • Jumat: Jamaah atau Berkumpul
  • Sabtu: Sab’atun atau Tujuh

Penamaan nama-nama hari tersebut disebabkan karena sejarah Indonesia yang pernah menjadi persinggahan pedagang Arab, sehingga menyerap banyak budaya dan tradisi dari sana. Selain nama-nama hari, orang-orang Indonesia pada masa lampau juga ikut menggunakan nama-nama orang Arab, dan menganut agama dari sana, yaitu Islam.

Jika berbicara menggunakan logika yang sama, nama hari dalam bahasa Inggris seharusnya berasal dari bahasa Jermanik, khususnya bahasa Jermanik Barat yang memang menjadi akar dari bahasa Inggris modern.

Namun, faktanya, nama hari dalam bahasa Inggris terinspirasi dari nama-nama Dewa maupun Dewi dari mitologi Yunani kuno dan mitologi Romawi kuno. Tidak hanya bahasa Inggris saja, bahasa-bahasa lain di sejumlah negara di benua Eropa juga mengambil inspirasi dari mitologi-mitologi tersebut.

Lebih tepatnya, mereka menggunakan nama-nama Dewa serta Dewi yang juga terinspirasi menjadi planet, bintang, serta satelit dalam tata surya. Berikut adalah penjelasan asal muasal nama hari dalam bahasa Inggris:

Sunday (Hari Minggu)

Penamaan “Sunday” atau “hari Minggu” terinspirasi dari matahari, yaitu Solis. Dies Solis dapat diartikan secara kasar yaitu “hari matahari” dalam bahasa Latin dan juga “Sunnon-dagaz” dalam bahasa Jermanik kuno, yang jika disingkat menjadi “Sunday”.

Monday (Hari Senin)

Serupa dengan “Sunday“, “Monday” atau “hari Senin” terinspirasi bulan alias Lunae. Dies Lunae yang merupakan bahasa Latin dengan arti kasar “hari Bulan”, diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris Kuno menjadi “Mon(an)dæg”, dan menjadi “Monday” dalam bahasa Inggris modern.

Tuesday (Hari Selasa)

Tuesday” atau “hari Selasa” dinamai dewa perang Romawi, Mars, sehingga dalam bahasa Latin dikenal sebagai “dies Martis”. Namun, dewa perang dalam bahasa Jermanik dikenal sebagai “Tiu”. “Tuesday“, alih-alih menggunakan nama dewa mitologi Romawi, mengambil nama dari nama dewa Jerman ini, yang kali pertama dikenal sebagai “Tiwsday”, hingga akhirnya menjadi “Tuesday” dalam bahasa Inggris modern.

Wednesday (Hari Rabu)

Layaknya “Tuesday“, “Wednesday” atau “hari Rabu” berasal dari padanan Jermanik dari dewa Romawi “Mercury”, yaitu “Woden”. “Wednesday“, yang berasal dalam bahasa Latin yaitu “dies Mercurii” berubah menjadi “Woden’s day” dalam bahasa Jermanik kuno, akhirnya menjadi “Wednesday” dalam bahasa Inggris modern.

Thursday (Hari Kamis)

Jupiter atau Jove dalam mitologi Romawi, serta Thor dalam mitologi Nordik, menjadi inspirasi “Thursday” atau “hari Kamis”. Keduanya memiliki kesamaan, yakni  memiliki kuasa penuh terhadap langit dan petir. Mulanya, “Thursday” berasal dari bahasa Latin yaitu “dies Jovis” atau “hari Jupiter”, yang kemudian berubah menjadi “Thor’s day” dalam bahasa Inggris lama, dan menjadi “Thursday“.

Friday (Hari Jumat)

Thursday” serta “Friday” atau “hari Jumat” memiliki kesamaan yaitu mengambil inspirasi dari 2 Dewi dari mitologi berbeda, yakni Venus dari mitologi Yunani, dan Frigg dari mitologi Nordik, yang dikenal sebagai Dewi Cinta. Bermula dari “dies Veneris” atau “hari Venus” dalam bahasa Latin, akhirnya berubah menjadi “Frije-dagaz” dalam bahasa Jermanik, yang kemudian diadaptasi menjadi bahasa Inggris modern, “Friday“.

Saturday (Hari Sabtu)

“Saturday” atau “hari Sabtu” berasal dari dewa mitologi Romawi bernama Saturnus. Sementara dalam mitologi Yunani, Saturnus memiliki nama sebagai Cronus. Bahasa latin dari “hari Saturnus” yakni “dies Saturni” menjadi inspirasi dari “Saturday” dalam bahasa Inggris modern.

Beli Buku di Gramedia

Cara Belajar Bahasa Inggris

Berdasarkan sejumlah penjelasan terkait nama hari dalam bahasa Inggris, tentu Grameds sudah memiliki pengetahuan mengenai topik terkait. Namun, mungkin masih ada dari Grameds yang belum memiliki kepercayaan diri dalam berbahasa Inggris, sehingga belum berani mengaplikasikan informasi tersebut di kehidupan sehari-hari.

Ada pepatah mengatakan “tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar”. Bagi Grameds yang tidak pernah mempelajari atau kesulitan memahami pelajaran bahasa Inggris di bangku sekolah, tidak perlu khawatir kalau kalian tidak akan bisa berbahasa Inggris.

Kenyataannya, sekarang banyak sekali cara belajar bahasa Inggris yang bisa dilakukan di luar sekolah. Grameds hanya perlu menyesuaikan metode-metode ini dengan waktu yang dimiliki, alat, serta kemampuan masing-masing.

Dari banyaknya cara belajar bahasa Inggris, tentu akan memakan waktu jika kita membahas semuanya dalam satu artikel. Oleh karena itu, kita hanya akan membahas cara belajar bahasa Inggris yang paling efektif. Simak pembahasan berikut:

Membaca Apapun yang Berbahasa Inggris

Baik itu berbentuk novel, artikel, atau berita, Grameds bisa mencoba untuk mencari bahan bacaan dalam bahasa Inggris, dan mencoba membaca serta memahami konteks dari bacaan tersebut. Ini juga akan memaksa kita untuk belajar dan mencari tahu lebih lanjut terkait kosakata bahasa Inggris.

Mendengar atau Menonton Apapun yang Berbahasa Inggris

Serupa dengan membaca, mendengar atau menonton sesuatu dalam bahasa Inggris mampu melatih Grameds untuk bisa memahami perkataan dan ucapan seseorang dalam bahasa Inggris. Grameds juga dituntut untuk berpikir dengan cepat mengenai maksud dari perkataan seseorang.

Mempelajari Kamus Bahasa Inggris

Cara ini bisa dikatakan cukup sederhana dan old fashioned. Meskipun begitu, cara ini juga terbilang ampuh untuk mempelajari lebih banyak kosakata beserta artinya. Grameds bisa memanfaatkan kamus fisik atau menggunakan kamus elektronik baik itu dari internet atau aplikasi.

Berbicara Bahasa Inggris dengan Orang Lain

Grameds bisa melatih kemampuan berbicara dan mendengarkan sekaligus dengan mencoba berbicara dengan orang lain memakai bahasa Inggris. Jika memungkinkan, juga bisa mencari seseorang yang memiliki bahasa utama bahasa Inggris sebagai lawan bicara, agar mempercepat pemahaman soal bahasa Inggris.

Mencontoh Bahasa Inggris dari Orang Lain

Metode “amati, tiru, dan modifikasi” juga berlaku untuk belajar bahasa Inggris. Grameds bisa mencoba mempelajari gaya berbicara atau penulisan seseorang ketika menggunakan bahasa Inggris, dan menerapkan serta mengubah gaya mereka sesuai gaya serta keinginan masing-masing.

Hidup di Luar Negeri atau Berkunjung ke Luar Negeri

Cara ini mungkin hanya bisa dilakukan segelintir orang, dan tidak bisa dilakukan sering-sering. Namun, cara belajar ini merupakan salah satu cara yang efektif, karena Grameds mau tidak mau harus beradaptasi dengan bahasa di negara tersebut, dalam kasus ini, bahasa Inggris.

Selain cara-cara di atas, cara konvensional seperti membaca buku pelajaran bahasa Inggris serta melakukan latihan-latihan soal bahasa Inggris juga masih cukup efektif. Buku “Kuasai Bahasa Inggris: Cara Praktis dan Singkat” adalah salah satu buku yang dapat membantu Grameds menguasai bahasa Inggris. 

Beli Buku di Gramedia

Kesimpulan

Nama hari dalam bahasa Inggris yang kita sempat pelajari di bangku sekolah dasar memiliki peran lebih penting dari yang kita bayangkan, dan tidak bisa dianggap remeh. Oleh karena itu, penting bagi Grameds untuk mencoba mengaplikasikan informasi tersebut di dunia nyata.

Tentunya, hal ini juga berlaku untuk subjek-subjek lain di berbagai mata pelajaran, baik itu di bangku SD, SMP, maupun SMA. Kita tidak pernah tahu kapan ilmu yang kita pelajari di masa itu, akan berguna di masa mendatang, baik melalui penerapan secara langsung maupun secara tidak langsung.

Semoga dengan adanya artikel ini, bisa membantu Grameds untuk memahami topik terkait nama hari dalam bahasa Inggris, baik dalam segi penulisan, pengucapan, serta asal usul dari nama-nama tersebut. Tidak lupa untuk menerapkan dan menemukan keberanian dalam berbahasa Inggris di kehidupan sehari-hari.

Grameds bisa menemukan berbagai jenis buku di situs www.gramedia.com untuk memperluas pengetahuan di berbagai bidang yang diminati. Kami, Gramedia, #SahabatTanpaBatas, selalu berusaha menyajikan buku-buku terbaik demi kemajuan pemikiran Grameds semua.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Adrianto Sukarso

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien