Bahasa Inggris

Nama Hari, Bulan, Tahun dalam Bahasa Inggris Lengkap dengan Artinya

Nama Hari, Bulan, Tahun dalam Bahasa Inggris Lengkap dengan Artinya 1
Written by Wida Kurniasih

Nama Hari, Bulan, Tahun dalam Bahasa Inggris Lengkap dengan Artinya – Ketika mempelajari bahasa Inggris, maka langkah yang pertama perlu dilakukan adalah dengan mengetahui serta menghafalkan vocabulary atau kosa kata yang umum. Contohnya seperti mempelajari kosa kata bahasa Inggris dari nama-nama benda yang sering digunakan.

[algolia_carousel]

Tak kalah penting, untuk mahir berbahasa Inggris mengetahui kosa kata umum seperti nama hari, bulan dan tahun pun sangat penting. Sebab penggunaan kosa kata nama hari, bulan dan tahun akan sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Agar Grameds dapat mengetahui lebih lanjut, simak nama-nama hari, bulan dan tahun dalam bahasa Inggris melalui artikel ini ya!

Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris

Seperti halnya dalam bahasa Indonesia, nama hari dalam bahasa Inggris pun hanya ada 7 yaitu dari senin hingga selasa. Berikut adalah nama-nama hari dalam bahasa Inggris, beserta contoh dan cara membacanya.

Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Cara Membaca
Senin Monday /ˈmʌndeɪ/  (mandey)
Selasa Tuesday /ˈtjuːzdeɪ/ (chusdey)
Rabu Wednesday /ˈwɛnzdeɪ/ (wensdey)
Kamis Thursday /ˈthərzdē/  (thesday)
Jumat Friday /ˈfrʌɪdeɪ/  (fraydey)
Sabtu Saturday /ˈsatədeɪ/  (saderdey)
Minggu Sunday /ˈsʌndeɪ/  (sandey)

Umumnya, dalam bahasa Inggris penamaan hari selalu dimulai dari hari Minggu. Seperti pada kalander, urutan penyebutannya dimulai dari hari Minggu. Selain mengetahui nama-nama hari dalam bahasa Inggris, Grameds juga perlu mengetahui cara menggunakan vocabulary hari tersebut dalam sebuah kalimat. Berikut contoh penggunaan kosa kata nama hari, apabila digunakan dalam sebuah kalimat.

Contoh Kalimat dengan Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris

  1. The market is closed every Sunday (Pasar tutup setiap hari Minggu.)
  2. My brother and his friends always go to club every Monday ( Kakak laki-laki ku dan teman-temannya selalu pergi ke klub setiap hari Senin.)
  3. They will discuss this later, at Tuesday’s meeting (Mereka akan membahas hal ini nanti pada meeting di hari Selasa.)
  4. On Wednesday, a mountain erupted in Japan and made people run scared ( Di hari Rabu, sebuah gunung Meletus di Jepang dan membuat orang-orang lari ketakutan.)
  5. You must submit your homework on Thursday without exception (Kamu harus menyerahkan pekerjaan rumah mu di hari Kamis tanpa terkecuali.)
  6. I’m going to the city park on Friday with my family (Aku akan pergi ke taman kota pada hari Jumat bersama dengan keluarga ku.)
  7. My family and I will visit the zoo on Saturday to enjoy the weekend together (Keluargaku dan aku akan mengunjungi kebun binatang pada hari Sabtu untuk menikmati akhir pekan bersama.)

Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan dalam bahasa Inggris berarti month, mulai dari bulan Januari hingga bulan Desember. Nama bulan dalam bahasa Inggris sendiri tidak jauh berbeda dari nama-nama bulan dalam bahasa Indonesia, sehingga akan lebih mudah untuk dihafalkan. Berikut nama-nama bulan dalam bahasa Inggris.

Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Nama Bulan dalam Singkatan Cara Membaca
Januari January Jan /ˈdʒanjʊ(ə)ri/
Februari February Feb /ˈfɛbrʊəri/
Maret March Mar /mɑːtʃ/
April April Apr /ˈeɪpr(ɪ)l/
Mei May May /meɪ/
Juni June Jun /dʒuːn/
Juli July Jul /dʒʊˈlʌɪ/
Agustus August Aug /ɔːˈɡʌst/
September September Sep /sɛpˈtɛmbə/
Oktober October Oct /ɒkˈtəʊbə/
November November Nov /nə(ʊ)ˈvɛmbə/
Desember December Dec /dɪˈsɛmbə/

 

Agar lebih jelas, berikut contoh penggunaan nama-nama bulan dalam bahasa Inggris dalam kalimat. Berikut contohnya.

Contoh Kalimat dengan Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris

  1. I will go to America in January to continue my studies ( Saya akan pergi ke Amerika pada bulan Januari untuk melanjutkan studi.)
  2. In February there will be a lantern festival (Di bulan Februari akan ada festival lampion.)
  3. I always visit a temple at the foot of the mountain every March (Aku selalu mengunjungi sebuah kuil di kaki gunung setiap bulan Maret.)
  4. In April, I will visit my grandmother in Bandung (Pada bulan April, aku akan mengunjungi nenek ku di Bandung.)
  5. My brother and my dad celebrate their birthday in May (Kakak dan Ayahku merayakan hari ulang tahunnya di bulan Mei.)
  6. Every June we always celebrate my mother’s birthday (Setiap bulan Juni kami selalu merayakan hari lahir ibuku.)
  7. I always like July because of the festival that is held near my house (Aku selalu suka bulan Juli karena festival yang diadakan di dekat rumah.)
  8. In August Indonesia celebrates its independence day (Pada bulan Agustus Indonesia merayakan hari kemerdekaannya.)
  9. My friend will get married in September and have a lavish wedding (Temanku akan menikah di bulan September dan menggelar pernikahan mewah.)
  10. I always love celebrating Halloween in October (Aku selalu senang merayakan hari halloween di bulan Oktober.)
  11. In November, my friend will soon give birth to her second child (Di bulan November nanti, temanku akan segera melahirkan anaknya yang kedua.)
  12. Finally I will go to Korea in December with my family (Akhirnya aku akan pergi ke Korea di bulan Desember bersama keluargaku.)

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menuliskan nama bulan dalam kalimat di bahasa Inggris. Berikut penjelasannya.

1. Memerhatikan preposition of time. Dalam bahasa Inggris, preposition of time yang digunakan harus sesuai, preposition of time untuk jam, bulan, hari dan bahkan tahun dalam bahasa Inggris digunakan secara berbeda-beda.

Ada tiga preposition of time yang perlu diperhatikan ketika menulis kalimat bahasa Inggris dengan keterangan waktu jam, hari, bulan atau tahun.

  • Preposition (at), digunakan untuk menyebutkan waktu yang telah tepat atau sudah pasti. Contohnya seperti at dawn, at night, at 9.20 am dan seterusnya.
  • Preposition (on), digunakan dalam kalimat yang menggunakan keterangan waktu hari beserta tanggalnya. Contohnya seperti on Wednesday, on 17th of August dan lain sebagainya.
  • Preposition (in), terakhir preposition ini digunakan dalam kalimat yang menggunakan keterangan waktu berupa bulan, tahun, abad dan bahkan untuk keterangan waktu yang panjang atau long periods serta musim. Contohnya adalah in November, in October, in the future, in summer, in December dan lain sebagainya.

2. Memerhatikan penggunaan singkatan untuk penyebutan nama bulan dalam bahasa Inggris.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dalam penyebutan nama-nama bulan dalam bahasa Inggris, Grameds juga diperbolehkan untuk menggunakan singkatan. Namun, perlu diperhatikan apakah kalimat tersebut merupakan kalimat formal atau non formal yang diucapkan sehari-hari pada teman.

Kemudian, apabila telah memilih salah satu dari gaya penulisan bulan, contohnya formal dan lengkap (January) maka Grameds perlu konsisten menerapkan gaya penulisan yang sama dalam satu kalimat atau wacana tersebut hingga akhir.

Itulah beberapa hal yang perlu Grameds perhatikan ketika membuat sebuah kalimat menggunakan keterangan waktu bulan dalam bahasa Inggris.

banner-promo-gramedia

Nama-nama Tahun dalam Bahasa Inggris

Seperti halnya nama bulan, dalam bahasa Inggris nama-nama tahun pun tidak berbeda. Contohnya, Grameds cukup menuliskan 2020 untuk merujuk pada tahun tersebut. Tetapi, cara membaca nama tahun dalam bahasa Inggris berbeda. Yaitu sesuai dengan urutan angkanya.

Contohnya 2020, maka dapat dibaca two thousand and twenty. Seperti halnya bahasa Indonesia, Grameds membaca tahun 2020 dengan dua ribu dua puluh, bedanya Grameds di sini harus menyebutkan angka-angka tersebut dalam bahasa Inggris.

Berikut penjelasan lebih lengkapnya, mengenai penyebutan atau cara membaca nama tahun dalam bahasa Inggris.

1998, dibaca one thousand nine hundred and ninety eight.

Cara membaca 1998 seperti di atas, merupakan cara membaca untuk menyebutkan deretan angka seperti biasa dan bukan untuk menyebutkan nama tahun dalam bahasa Inggris. Sehingga, apabila ingin menyebutkannya sebagai nama tahun dalam bahasa Inggris, berikut cara membacanya.

  • 1998, dibaca nineteen ninety eight.
  • 1999, dibaca nineteen ninety nine.
  • 2000, dibaca two thousand.
  • 2001, dibaca two thousand and one.
  • 2006, dibaca two thousand and six.
  • 1704, dibaca seventeen and four.
  • 1990, dibaca nineteen ninety.
  • 2016, dibaca two thousand and sixteen.
  • 2021, dibaca two thousand and twenty one.
  • Itulah cara membaca nama tahun dalam bahasa Inggris, sedangkan untuk menyebutkan periode tahun dalam kurun waktu 10 tahun atau dekade dapat disebutkan seperti 80s dengan cara membacanya yaitu eighties, 90s cara membacanya nineties.

Untuk mampu mahir membaca nama tahun dalam bahasa Inggris, Grameds tentu harus sudah menguasai kosa kata angka dalam bahasa Inggris. Apabila kosa kata angka ini belum dikuasai, maka Grameds tentu dapat kesulitan untuk menyebutkan nama tahun dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, Grameds perlu mempelajari nama-nama angka dalam bahasa Inggris sebagai berikut.

Baca Juga: Contoh If Clause Type 0, 1, 2, 3 & Latihan Soal

Nama-nama Angka dan Cara Membacanya

Dalam bahasa Inggris, ada dua jenis angka yaitu cardinal number seperti 1, 2, 3, dan seterusnya. Serta ordinal number yaitu kesatu, kedua, ketiga dan seterusnya. Untuk dapat membaca nama tahun dalam bahasa Inggris, Grameds cukup menguasai cardinal number saja. Berikut penjelasannya.

Angka Bahasa Indonesia Bahasa Inggris
1 Satu One
2 Dua Two
3 Tiga Three
4 Empat Four
5 Lima Five
6 Enam Six
7 Tujuh Seven
8 Delapan Eight
9 Sembilan Nine
10 Sepuluh Ten
11 Sebelas Eleven
12 Dua belas Twelve
13 Tiga belas Thirteen
14 Empat belas Fourteen
15 Lima belas Fifteen
16 Enam belas Sixteen
17 Tujuh belas Seventeen
18 Delapan belas Eighteen
19 Sembilan belas Nineteen
20 Dua puluh Twenty
30 Tiga puluh Thrirty
40 Empat puluh Fourty
50 Lima puluh Fifity
60 Enam puluh Sixty
70 Tujuh puluh Seventy
80 Delapan puluh Eighty
90 Sembilan puluh Ninety
100 Seratus One hundred
1000 Seribu One thousand
2000 Dua ribu Two thousand
3000 Tiga ribu Three thousand

 

Untuk menyebutkan nama angka dalam puluhan, seperti 22 cukup twenty two dan seterusnya, sedangkan untuk angka 101 hingga ribuan dapat disebutkan one hundred and one. Cukup menambahkan ‘and’ serta nama angka di belakangnya.

Cardinal number tersebut digunakan untuk menyebutkan nama tahun, sedangkan untuk menyebutkan nama tanggal, Grameds perlu menyebutkannya dengan menggunakan ordinal number.

Agar lebih jelas, berikut contoh kalimat menggunakan nama-nama angka dalam bahasa Inggris.

Contoh Kalimat dengan Menggunakan Nama-nama Tahun dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah contoh kalimat, lengkap dengan konteks serta percakapan untuk menyebutkan nama tahun dalam bahasa Inggris.

1. A = Hannah invited us to her wedding party (Hannah mengundang kita ke pesta pernikahannya.)

B = When will Hannah get married? (Kapan Hannah akan menikah?)

A = Its next Saturday at 8.00 am in the morning, that will be December 22th 2021 mark your calendar that day. (Sabtu depan pukul 8 pagi, tanggal 22 Desember 2021. Tandai kalendermu di hari itu.)

B = Sure, can you pick me up at 7.00 am on that day? (Tentu, apakah kamu bisa menjemput ku pada pukul 7 pagi hari itu?)

A = Yeah, see you on next Saturday. (Ya, sampai bertemu di hari Sabtu depan.)

2. A = This is a great picture, when did you take this picture? ( Ini adalah foto yang bagus, kapan kamu mengambil foto ini?)

B = Ah it’s on your birthday I think, 12 October 2012. (Ah itu pada hari ulang tahunmu, saya pikir 12 Oktober 2012.)

banner-promo-gramedia

A = I looked pretty when I was young. ( Aku terlihat cantik ketika masih muda.)

3. A = Tomorrow we will attend the celebration of Indonesia’s independence day (Besok kita akan menghadiri perayaan hari kemerdekaan Indonesia.)

B = Really? When is Indonesia’s Independence Day? I don’t know because I’m not from here. (Benarkah? kapan hari kemerdekaan Indonesia? aku tidak tahu karena bukan berasal dari sini.)

A = Indonesia became independent on August 17th , 1945, and tomorrow you can see the celebrations. (Indonesia merdeka pada 17 Agustus tahun 1945, dan besok kamu bisa melihat perayaannya.)

B = That’s great, can you pick me up tomorrow? (Itu bagus, bisakah kamu menjemputku besok?)

A = Of course, I’ll pick you up tomorrow at 8:00 pm. See you later. (Tentu saja, aku akan menjemputmu besok pukul 8.00 malam. Sampai bertemu.)

Itulah cara menuliskan nama tahun dalam kalimat, sesuai dengan kebutuhan dalam konteks percakapannya.

Grameds dapat mempelajari lebih lanjut mengenai kosa kata bahasa Inggris, atau cara membaca nama hari, bulan dan tahun dalam bahasa Inggris dengan membaca di buku-buku referensi yang tersedia di Gramedia.

Selain mencari buku yang berkaitan dengan belajar bahasa Inggris, Grameds juga bisa lho mencari buku dengan topik menarik lainnya di Gramedia. Contohnya seperti novel atau komik dengan genre favorit Grameds.

Karena sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu menyediakan buku referensi yang berkualitas untuk Grameds. Beli dan baca bukunya sekarang juga! Selamat belajar dan selamat membaca Grameds!

Kursus Singkat Percakapan Bahasa Inggris

Kursus Singkat Percakapan Bahasa Inggris

Beli Buku di Gramedia

Sukses Bahasa Inggris SMP

Sukses Bahasa Inggris SMP

Beli Buku di Gramedia

Strategi Tembus SMU Favorit: Bahasa Inggris Dan Sukses UAN SLTP/MTs
banner-promo-gramedia

Strategi Tembus SMU Favorit: Bahasa Inggris Dan Sukses UAN SLTP/MTs

Beli Buku di Gramedia

Baca Juga:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien