Biologi

Mengenal Jenis Otot Manusia Beserta Fungsinya

Written by Restu

Jenis Otot Manusia – Bicara soal manusia rasanya sangatlah kompleks, mulai hal-hal yang ada di dalam tubuhnya hingga perilakunya. Di dalam tubuh manusia itu sendiri terdapat banyak sekali organ tubuh yang bekerja. Bahkan ada organ tubuh yang berperan penting ketika manusia melakukan aktivitas sehari-hari atau bisa dibilang ketika manusia bergerak.

Salah satu ciri makhluk hidup (manusia) adalah bergerak. Dengan bergerak, kita akan menjadi bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang ingin dilakukan. Dalam hal ini, bergerak bukan hanya sekadar yang terlihat oleh diri kita atau orang lain saja, tetapi juga yang terlihat oleh kita, seperti pergerakan yang terjadi pada jantung saat memompa darah ke seluruh tubuh.

Setiap manusia yang bergerak disebabkan karena adanya otot dan tulang. Kedua organ tubuh itu saling bekerja sama satu sama lain, sehingga manusia bisa bergerak sesuai dengan keinginannya. Adapun gerakan yang selalu berkaitan dengan tulang dan otot, seperti menekuk siku, melempar bola, menendang bola, membungkukkan badan, dan sebagainya.

Tulang dan otot tidak bisa dilepaskan dari gerakan-gerakan yang dilakukan oleh manusia, tetapi umumnya otot memiliki peran yang lebih penting dalam menggerakkan organ tubuh. Hal ini dapat terjadi karena ketika manusia bergerak, maka pasti akan menciptakan kontraksi pada otot. Dengan kata lain, otot merupakan organ tubuh yang sangat diandalkan oleh manusia ketika bergerak.

Meskipun tulang dan otot merupakan organ tubuh yang bisa berperan dalam gerakan manusia, tetapi pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang jenis otot. Bukan hanya, jenis otot saja, tetapi dalam artikel ini juga akan dibahas pengertian otot, fungsi otot, hingga bahan bakar otot. Jadi, simak artikel ini sampai habis, Grameds.

Pengertian Otot

Sebelum membahas jenis otot, kita akan membahas pengertian otot terlebih dahulu, sehingga akan lebih mudah dalam memahami jenis otot nantinya. Otot yang ada pada manusia ini dapat bergerak karena perintah dari otak yang kemudian otak memberikan perintah, sehingga ketika otak masih berfungsi dengan baik, maka pergerakan otot masih berfungsi dengan baik juga.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) otot adalah jaringan yang kenyal dalam tubuh manusia dan hewan yang berfungsi yang berfungsi untuk menggerakkan tubuh. Dari pengertian otot berdasarkan KBBI, maka dapat dikatakan bahwa memegan peranan penting dalam pergerakan yang dilakukan oleh manusia.

Otot yang berbentuk jaringan ini akan terlihat seperti berkas serat yang melekat pada tulang atau organ tubuh lainnya. Ketika otot menjalankan tugasnya terutama saat menggerakkan tubuh, maka otot tidak akan mendorong. Dengan kata lain, otot akan berkontraksi saat menggerakkan tulang atau organ tubuh lainnya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa otot sangat berperan penting dalam gerakan-gerakan manusia, sehingga otot bisa dikatakan sebagai salah satu organ tubuh manusia sebagai alat gerak yang aktif. Oleh karena itu, ketika ada seseorang yang mengalami cidera otot, maka akan gerakan yang dilakukan akan menjadi kurang maksimal.

Di dalam tubuh manusia sendiri terdapat jaringan-jaringan otot yang jika dihitung kurang lebih 35-40 persen dari massa tubuh manusia. Dengan kata lain, hampir setengah dari massa tubuh manusia terdapat jaringan ototnya. Selain itu, ukuran otot ini bisa mengecil atau membesar tergantung dari gerakan yang dilakukan oleh manusianya.

Jadi, dapat dikatakan bahwa saat otot melakukan kontraksi atau menggerakkan organ tubuh, maka bagian tubuh tersebut akan terlihat lebih besar. Sementara itu, ketika otot melakukan relaksasi atau tidak menggerakkan organ tubuh lainnya, maka akan terlihat lebih kecil.

Alangkah baiknya, kita menentukan waktu yang tepat kapan harus menggerakkan otot dan kapan harus mengistirahatkan otot. Dengan melakukan hal itu, maka cidera pada otot dapat diminimalisir dengan baik.

Setelah membahas pengertian otot, maka hal yang akan dibahas selanjutnya adalah jenis-jenis otot pada manusia.

Jenis Otot dan Ciri-Cirinya 

Pada dasarnya, otot yang ada di dalam tubuh manusia sangatlah banyak. Akan tetapi, biasanya otot pada manusia dibagi menjadi 3 jenis, diantaranya:

1. Otot Polos

jenis otot

seputarilmu.com

Otot polos adalah jenis otot yang ada di dalam tubuh manusia yang di mana ketika melakukan kontraksi dilakukan dengan cara tidak sadar atau involunter. Oleh karena itu, otot polos ini dapat bergerak walaupun manusia dalam keadaan tidur. Meskipun begitu, otot polos dapat bergerak dengan teratur. Bukan hanya teratur saja, teratur saja, tetapi otot polos juga tidak cepat lelah ketika melakukan kontraksi.

Jenis otot yang satu ini memang dapat bekerja tanpa mengenal lelah, sehingga otot ini bisa bekerja secara terus-menerus. Akan tetapi, otot polos tidak memerlukan energi yang begitu banyak walaupun harus bergerak secara terus-menerus dan tidak kenal lelah, mengapa bisa begitu? Hal ini dapat terjadi karena daya yang dikeluarkan oleh otot polos tidak begitu banyak.

Otot polos bukan hanya terletak pada satu organ tubuh manusia saja, tetapi terletak pada banyak organ tubuh manusia. Adapun letak dari otot polos ini, seperti di bagian saluran pencernaan, di bagian pembuluh darah, di bagian mata, di bagian rahim atau kandung kemih, dan sebagainya.

Setiap letak dari otot polos memiliki fungsi yang berbeda-beda. Misalnya otot polos pada saluran pencernaan berfungsi untuk menjaga setiap pergerakan peristaltik, sedangkan otot polos pada mata yang berfungsi untuk menggerakkan besar kecilnya pupil. Pada bagian kandung kemih, otot polos berfungsi untuk mengeluarkan urine, dan pada bagian pembuluh darah, otot polos berfungsi untuk mengatur tekanan darah.

Setiap otot pada manusia pastinya terdiri dari banyak sel, begitu juga dengan jenis otot polos yang terdiri dari banyak sel. Sel-sel yang ada di dalam otot polos ini bisa digambarkan seperti gelondongan yang di mana pada bagian tengahnya cukup besar serta pada kedua ujung otot polos bentuknya meruncing.

Otot polos terdiri dari dua jenis otot otot polos unit tunggal dan otot polos unit ganda, lalu perbedaan dari kedua jenis otot polos itu apa? Letak perbedaan dari kedua jenis otot polos tersebut ada pada cara kerja dari sel-sel ototnya. Sel-sel otot polos unit tunggal bekerja dengan cara kolektif. Sementara itu, sel-sel otot polos unit ganda bekerja dengan cara individu atau bekerja secara sendiri-sendiri.

Untuk memahami lebih jauh tentang otot polos, maka kamu bisa mengenal ciri-cirinya di bawah ini.

Ciri-Ciri Otot Polos

  1. Otot polos bekerja tanpa kenal lelah.
  2. Otot polos dapat bekerja secara tanpa sadar dan dapat bekerja pada saat sedang tidur.
  3. Otot polos memiliki sifat yang lebih elastis bila dibandingkan dengan otot lurik.
  4. Panjang dari otot polos sekitar 20 sampai 30 mikrometer.
  5. Bisa melakukan kontraksi dalam kurun waktu yang cukup panjang.
  6. Letaknya hampir di semua bagian organ tubuh.
  7. Ketika bekerja, otot polos sangat bergantung dengan sistem saraf dan hormon.
  8. Memiliki bentuk bulat di bagian tengahnya dan pada ujungnya meruncing.
  9. Memiliki ketebalan yang bisa mencapai sekitar 5 mikrometer.

Itulah pembahasan tentang otot polos dan ciri-cirinya, pembahasan selanjutnya adalah jenis otot jantung.

2. Otot Jantung

jenis otot

primaryhospital.com

Sama dengan namanya, maka otot jantung letaknya ada pada bagian organ tubuh jantung. Otot jantung adalah jenis otot yang letaknya sebagai penyusun dinding jantung serta memiliki fungsi untuk memompa darah dari seluruh tubuh ke jantung atau dari jantung ke seluruh tubuh. Maka dari itu, ketika otot jantung ini tidak dapat berfungsi dengan baik, maka aliran darah yang akan dipompa oleh jantung menjadi kurang maksimal, sehingga bisa menimbulkan beberapa penyakit yang cukup membahayakan, seperti sulit untuk bernapas.

Otot jantung ini terdiri dari banyak sel yang di mana umumnya berbentuk memanjang. Selain itu, otot jantung juga memiliki banyak inti sel yang di mana letaknya berada di pusat dari otot jantung. Karena letaknya yang hanya ada pada organ tubuh jantung saja, maka otot jantung sering dikenal dengan sebutan otot istimewa. Terlebih lagi, peran dari otot jantung sangatlah penting karena bisa memengaruhi semua organ dalam tubuh.

Sama halnya dengan otot polos, otot jantung ini juga dapat bergerak secara tidak sadar, sehingga akan bekerja secara terus-menerus tanpa kenal lelah. Dengan begitu, maka otot jantung dapat bekerja walaupun otak sedang tidak memerintahkannya atau pada saat kita tertidur.

Adapun cara kerja otot jantung, yaitu ketika melakukan kontraksi, maka otot jantung memompa darah untuk keluar dari jantung ke seluruh tubuh. Sedangkan ketika otot jantung melakukan relaksasi menandakan bahwa darah dari seluruh tubuh akan masuk ke jantung kembali. Sederhananya, otot jantung berfungsi melakukan sirkulasi peredaran darah pada tubuh manusia.

Selain itu, otot jantung juga berfungsi untuk melakukan pengontrolan terhadap kontraksi jantung. Hal ini dapat terjadi karena di dalam otot jantung terdapat suatu sel khusus yang sering disebut dengan alat pacu jantung atau lebih tepatnya pacemaker. Dengan adanya sel tersebut, maka detak jantung bisa dipercepat dan diperlambat untuk menyesuaikan kontraksi.

Jantung merupakan organ tubuh manusia yang sangat penting karena bisa memengaruhi organ tubuh lainnya. Maka dari itu, sama juga halnya dengan otot jantung yang memiliki peran yang sangat penting terutama dalam menjaga peredaran darah serta memompa darah.

Ciri-Ciri Otot Jantung

Ciri-ciri otot jantung sebagai berikut.

  1. Memiliki bentuk silinder serta bercabang.
  2. Letaknya ada pada dinding jantung dan sebagai penyusun dinding jantung.
  3. Dapat bekerja kapan saja tanpa harus diperintahkan oleh otak (bisa saat ketika tidur).
  4. Mempunyai inti sel yang letaknya ada pada bagian tengah atau pusat dari otot jantung.

3. Otot Lurik 

jenis otot lurik

sumber belajar kemdikbud

Otot lurik adalah jenis otot yang melekat pada rangka organ tubuh manusia, sehingga jenis otot ini berfungsi untuk melakukan gerakan pada tubuh. Oleh karena itu, otot lurik juga sering dikenal dengan otot rangka. Dengan adanya otot ini, seorang manusia dapat menggerakkan tubuhnya sesuai dengan perintah otak.

Sesuai dengan namanya, jenis otot ini juga mempunyai tampilan yang menyerupai lurik atau seperti kain. Adapun warna dari otot ini adalah warna gelap atau aktin serta warna terang atau myosin. Dari kedua warna itu, kemudian membentuk pola selang-seling dan bentuknya menyerupai silinder. Selain itu, ukuran panjang otot lurik sekitar 2,5 cm dengan diameter sekitar 50 mikrometer

Jumlah inti sel pada otot lurik sangatlah banyak, yang letaknya ada bagia tepi, sehingga jenis otot ini dapat bekerja dengan keras. Meskipun dapat bekerja dengan keras, tetapi otot lurik ini perlu istirahat agar tidak menjadi lelah atau bahkan menyebabkan sebuah luka. Oleh karena itu, kita tidak boleh terlalu memaksa diri kita melakukan suatu hal jika sudah merasa lelah.

Otot lurik ini berbeda dengan otot jantung atau otot polos, di mana letak perbedaan itu? Letak perbedaan itu ada pada cara menggerakkannya, otot lurik harus digerakkan sesuai dengan perintah dari otak sedangkan otot polos dan jantung bisa bekerja tanpa perintah otak. Oleh sebab itu, ketika kita tidur, otot lurik tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Bukan hanya sering disebut sebagai otot rangka saja, tetapi otot lurik juga sering disebut dengan nama skeletal muscle dengan pigmennya yang warnanya myoglobin. Jenis otot ini seringkali ditemukan di hampir semua bagian manusia. Bahkan, jenis otot lurik bisa juga ditemukan di hewan.

Untuk kamu yang ingin melihat otot lurik ini ada pada otot bisep dan otot trisep. Adapun letak dari kedua otot ini adalah pada bagian lengan atas tangan. Adapun jumlah dari otot lurik ini sekitar 40 persen dari massa atau berat badan manusia. Otot lurik ini juga memiliki beberapa bagian, seperti sarkoplasma, sarkolema, miofilamen, dan miofibril.

Otot lurik ini bekerja dengan cara melakukan kontraksi dan relaksasi. Fungsi dari relaksasi pada otot lurik adalah supaya bisa mengembalikan kekuatan pada otot setelah melakukan gerakan yang berat.

Ciri-Ciri Otot Lurik

Berikut ini ciri-ciri otot rangka.

  1. Otot lurik memiliki banyak sekali inti sel yang letaknya di tepi
  2. Warna dari otot lurik seperti kain yang di mana warna gelap dan terang itu membentuk pola selang-seling.
  3. Otot lurik dapat bekerja sesuai dengan perintah dari otak atau bergerak secara sadar.
  4. Memiliki panjang sekitar 2,5 cm dengan diameter 50 mikrometer.
  5. Mudah berkontraksi dan saat berkontraksi otot akan menjadi mengkerut.
  6. Terdiri dari ribuan serabut yang membentuk suatu jaringan otot.

Rekomendasi Buku Tematik Organ Gerak

Fungsi Otot

Setelah membahas jenis otot yang ada pada tubuh manusia, maka secara keseluruhan otot ini memiliki beberapa fungsi diantaranya:

  1. Membantu sistem pernapasan.
  2. Membantu proses sistem peredaran manusia, sehingga dapat bergerak dengan maksimal.
  3. Membantu saluran pencernaan manusia.
  4. Menjaga keseimbangan antara organ tubuh manusia.
  5. Menggerakkan anggota tubuh yang ingin digerakkan.
  6. Menjaga postur tubuh
  7. Melindungi organ-organ tubuh yang sifatnya vital.

Bahan Bakar Otot

Dari penjelasan di atas ada jenis otot yang bekerja sesuai dengan perintah otak dan ada juga yang bisa bekerja tanpa kesadaran. Namun, ketika otot bekerja pastinya membutuhkan bahan bakar, sehingga peran dari setiap jenis otot dapat berjalan dengan optimal. Bahan bakar dari otot adalah oksigen.

Dari oksigen itulah, kemudian disebarkan ke seluruh tubuh melalui darah. Oleh sebab itu, ketika melakukan suatu gerakan yang cukup berat, kita akan memerlukan oksigen yang lebih banyak agar darah dapat mengirimkan ke otot-otot tubuh yang ingin digerakkan.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien