IPA

Pengertian Ilmu Ekologi: Macam, Ruang Lingkup dan Manfaat

Pengertian dan Manfaat Ilmu Ekologi
Written by Mega

pengertian dan manfaat dari ilmu ekologi

Pengertian Ekologi

Jika membahas tentang ilmu pengetahuan alam, pastinya kamu pasti mengenal tentang ekosistem, bukan? Nah, selain ekosistem, kamu juga tentunya kalian juga pernah mendengar dengan ekologi-kan? Yap, ekologi adalah salah satu bagian dari cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang interaksi dari makhluk hidup dengan lingkungannya.

Istilah dari ekologi sendiri memang sering dianggap sebagai istilah yang asing dan jarang didengar oleh masyarakat. Bahkan, ada sebagian orang yang berpikir bahwa ekologi dan ekosistem adalah arti yang berbeda.

Ecology atau ekologi pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli biologi yang berasa dari Jerman dan bernama Ernst Heinrich Philipp August Haeckel. Nama yang panjang, bukan? Yap, kalian bisa memanggilnya dengan Ernst Haeckel.

Jika dilihat secara epistemologi (ilmu pengetahuan), kata ekologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos dan logos. Kata Oikos memiliki pengertian sebagai habitat, sedangkan kata logos memiliki pengertian sebagai ilmu.

Maka, jika dipelajari lebih jauh, ekologi mempunyai arti sebagai salah satu ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan antara organisme (makhluk hidup) dengan lingkungannya. Pengertiannya sangat beragam sesuai dengan bagaimana para ahli mengartikannya.

Yap, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa ekologi adalah salah satu cabang ilmu yang ada di dalam biologi. Jika menurut dari catatan sejarahnya, untuk pertama kalinya ilmu ekologi digunakan oleh seorang ahli biologi Jerman yang bernama Ernst Haeckel pada 1896. Semenjak saat itu, pembahasan tentang ekologi mulai banyak dibahas di dunia pendidikan loh.

Anthony van Leeuwenhoek adalah salah satu contoh dari tokoh yang dikenal atas studinya tentang rantai makanan dan juga regulasi populasi. Selain itu, ternyata sejak ribuan tahun lalu tokoh terkenal seperti Hippocrates, Aristoteles, dan juga para filsuf Yunani lainnya telah menulis beberapa materi yang sekarang termasuk dalam bidang ekologi loh. 

Dalam beberapa buku, ekologi sendiri telah diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang hubungan berupa interaksi antara satu organisme dengan alam atau juga bisa dengan lingkungan sekitarnya.

Ekologi sendiri memiliki ruang lingkup loh dan yang termasuk ruang lingkup dari ekologi adalah populasi, komunitas, ekosistem, sampai biosfer loh. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa ekologi adalah salah satu ilmu biologi yang memelajari tentang hubungan interaksi antara organisme dengan alam dan juga lingkungan sekitarnya. 

Oleh karena itu, ekologi juga sangat berkaitan erat dengan ekosistem. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, terdapat istilah ekologi ekosistem yang memiliki arti sebagai sebuah analisis yang dipandang berdasarkan sudut struktural dan juga fungsional, serta termasuk hubungan antara biotik dan abiotik. 

Sementara itu seperti dilansir dari The Ecological Society of America, ekologi adalah suatu ilmu yang berupaya mempelajari dan menjelaskan betapa pentingnya hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya, termasuk manfaat ekosistem untuk makhluk hidup. 

Dari penjelasan yang telah dipaparkan di atas, dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa ekologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara makhluk hidup (melihat dari interaksinya) dengan lingkungannya. Ekologi juga memiliki peran yang penting dalam aspek kehidupan manusia.

Mengapa? Karena ekologi memiliki ruang lingkup yang juga meliputi ekosistem. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas lebih detail tentang ruang lingkup dari ekologi. Berikut penjelasannya.

Ruang Lingkup Ilmu Ekologi

Ilmu ekologi secara umum mempelajari tentang interaksi organisme dengan lingkungan hidup di sekitarnya. Ruang lingkup ekologi pada dasarnya terbatas pada beberapa hal, seperti misalnya individu, populasi, komunitas, ekosistem, dan biosfer.

1. Individu

Ruang lingkup yang pertama dari ekologi adalah Individu. Yap, seperti yang kamu tahu bahwa individu adalah satuan organisme dari setiap jenis atau pun juga spesies tertentu yang ada pada suatu lingkungan. Bagaimana contoh dari individu? Contohnya adalah manusia, seekor burung, seekor rusa, dan juga lainnya.

2. Populasi

Ruang lingkup yang kedua adalah populasi. Dimana populasi adalah kelompok dari individu-individu sejenis yang ada pada suatu tempat dan pada waktu tertentu. Bahasa sederhananya dapat dijelaskan sebagai gabungan dari beberapa individu sejenis yang ada di satu tempat.

Apa contoh dari populasi? Contohnya populasi adalah populasi dari manusia, populasi dari burung, populasi rumput, dan masih banyak lagi populasi lainnya yang bisa kamu temukan di lingkungan sekitar kamu.

3. Komunitas

Komunitas adalah salah satu dari ruang lingkup dari ekologi. Komunitas memiliki pengertian sebagai suatu kelompok dari makhluk hidup yang terdiri atas beberapa populasi di dalamnya dan saling melakukan proses interaksi antara satu dengan yang lainnya yang ada pada suatu tempat dan waktu tertentu.

Contoh dari komunitas, misalnya adalah komunitas padang rumput. Pada komunitas padang rumput terdapat berbagai macam populasi. Ada populasi rumput, populasi dari belalang, populasi burung, populasi ular, dan berbagai macam populasi lainnya.

4. Ekosistem

Ruang lingkup dari ekologi yang keempat adalah ekosistem. Nah, jika kamu sebelumnya mengenal ekosistem sebagai ekologi. Berarti kamu keliru ya. Mengapa? Karena ekosistem adalah bagian dari ruang lingkup ekologi.

Ekosistem sendiri memiliki pengertian sebagai suatu kondisi dimana terjadinya sebuah hubungan timbal balik dan juga hubungan saling ketergantungan antara satu makhluk hidup dengan lingkungannya. 

Contohnya seperti ekosistem yang paling mudah untuk kamu ketahui adalah hutan dan juga ekosistem air laut. Semua individu dalam hutan dan juga laut saling berinteraksi dan bergantung satu sama lainnya.

5. Biosfer

Mungkin kamu jarang sekali mendengar kata biosfer. Namun, dalam tingkatan organisasi biologi, biosfer adalah tingkatan yang paling besar dan juga di dalamnya terdapat semua kehidupan yang ada di seluruh bumi. 

Di dalam biosfer ternyata terdapat pula semua interaksi antara lingkungan fisik secara keseluruhan loh.

6. Lanskap

Ruang lingkup ekologi yang keenam adalah lanskap atau yang biasa dikenal dengan ekologi lanskap. Lanskap ini memiliki fokus terhadap faktor yang mengendalikan perputaran dari energi, materi, dan juga organis dalam satu ekosistem.

7. Global

Ruang lingkup global bertumpu pada sebuah pertukaran energi regional dan juga pengaruh dari materi terhadap fungsi, serta distribusi dari organisme pada tingkatan tertinggi, yaitu biosfer.

Aspek & Prinsip Ekologi

Setelah mengetahui pengertian dan juga ruang lingkup dari ekologi, maka pada pembahasan kali ini kamu akan diberi tahu tentang aspek dan prinsip dari ekologi yang harus diperhatikan. 

Tanpa berlama-lama lagi, mari simak penjelasan di bawah ini.

Aspek Utama Ekologi

Beberapa aspek penting dalam mempelajari ilmu ekologi adalah sebagai berikut.

  • Studi tentang hubungan organisme atau kelompok dari organisme dengan lingkungannya.
  • Studi tentang interaksi organisme atau pun kelompok organisme dengan lingkungannya.
  • Studi tentang struktur dan juga fungsi alam.

Prinsip Utama Ekologi

Adapun prinsip utama ekologi. Prinsip dalam ekologi meliputi sebagai berikut.

  • Adanya sebuah interaksi (interaction)
  • Adanya sikap saling ketergantungan (interdependence)
  • Adanya keanekaragaman di dalamnya (diversity)
  • Adanya sebuah keharmonisan (harmony)
  • Adanya kemampuan yang berkelanjutan (sustainability)

Manfaat Ekologi

Ekologi sendiri memiliki manfaat bagi lingkungan loh. Pada pembahasan kali ini adalah penjelasan tentang manfaat dari ekologi untuk lingkungan. Mari simak dan pahami penjelasan yang ada di bawah ini.

1. Mengenal Keanekaragaman Hayati

Ilmu ekologi juga memberikan manfaat kepada manusia sebagai salah bentuk untuk memahami berbagai makhluk hidup serta hubungan yang ada di antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Contohnya adalah ilmu ekologi membantu manusia untuk memahami bagaimana seekor unta dapat bertahan hidup pada lingkungan yang sangat kering dan bersuhu tinggi. Contoh lainnya adalah manusia dapat memahami bagaimana seekor penguin dapat bertahan hidup di lingkungan yang memiliki suhu yang sangat rendah seperti di kutub.

2. Mengenal Perilaku dari Makhluk Hidup

Jika manfaat sebelumnya untuk mengenal keanekaragaman hayati. Maka, ilmu ekologi juga memberikan manfaat kepada manusia untuk bisa mengenal perilaku dari makhluk hidup dan bagaimana hubungannya atau interaksinya dengan lingkungan. 

Bagaimana contoh manfaat dari mengenal perilaku dari makhluk hidup? Contohnya adalah sebuah sistem sonar yang ada pada kapal selam yang meniru dari indera hewan kelelawar dan juga lumba-lumba.

Dengan meniru perilaku dari kedua hewan tersebut, manusia bisa memanfaatkan hal tersebut dan mengembangkannya sebagai teknologi dari kapal selam yang berfungsi untuk menentukan target atau lokasi.

3. Mengetahui Peran Manusia Terhadap Lingkungan

Manfaat yang ketiga adalah manfaat yang dapat dikatakan sebagai salah satu bahan refleksi dari tindakan dan penemuan dari manusia. Ekologi membuat manusia juga lebih mengetahui bagaimana peranan manusia terhadap lingkungannya. 

Seperti contohnya adalah produk DDT. Produk ini digunakan untuk tujuan memberantas hama, ternyata produk ini malah dapat mencemari lingkungan manusia dan juga organisme lainnya. Dengan bantuan ilmu ekologi, manusia bisa mengetahui tentang produk yang berguna untuk mereka, tetapi juga mengetahui dampaknya.

4. Pemetaaan Konsumsi Pangan

Ekologi juga berguna untuk memetakan konsumsi pangan serta mengetahui struktur juga skala pangan dari setiap makhluk hidup yang ada di bumi ini loh. Misalnya, tumbuhan sebagai makhluk yang dikategorikan sebagai produsen dan hewan herbivora sebagai konsumen tingkat I.

Selain itu, ada hewan karnivora yang berkedudukan sebagai konsumen tingkat II dan juga manusia sebagai konsumen tingkat III. Setelah itu, masih ada lagi hewan pengurai dan juga hasil dari penguraian tersebut dikonsumsi kembali oleh produsen sebagai salah satu sumber energi.

Ini biasa disebut juga dengan siklus hidup dan rantai makanan. Kamu tahu, bukan?

5. Solusi Masalah Pertanian

Ilmu ekologi dapat juga memecahkan berbagai macam masalah yang ada di dunia pertanian loh. Seorang petani ternyata membutuhkan beberapa mikroba yang dapat menghasilkan nitrat dan juga ammonium untuk menjaga kesuburan tanah. Nah, inilah hasil pengetahuan dari ilmu ekologi. Bukankah sangat menakjubkan? 

6. Solusi Masalah Energi

Ilmu ekologi juga berguna untuk membantu manusia untuk memastikan adanya ketersediaan energi yang berfungsi untuk menunjang kehidupannya. Misalnya adalah penggunaan energi alternatif dari tenaga surya yang memiliki tujuan untuk menghasilkan energi listrik.

7. Solusi Masalah Kesehatan

Manfaat terakhir dari ilmu ekologi adalah untuk membantu manusia memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan. Melalui ekologi, manusia dapat mengetahui tentang berbagai macam penyakit yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Salah satunya adalah DBD atau biasa disebut dengan demam berdarah.

ilmu ekologi menemukan bahwa penyakit DBD atau demam berdarah tersebut disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Kondisi ini tentunya dapat diatasi dengan cara penanganan tertentu. Salah satunya adalah dengan cara menguras tempat penampungan air.

Hal ini dilakukan guna tidak ada sarang untuk nyamuk berkembang biak dengan tidak bertelur di genangan air.

Jenis Ekologi

Setelah membahas menfaat yang telah terungkap tentang ilmu ekologi terhadap kehidupan manusia, ternyata ilmu ekologi memiliki beberapa jenisnya. Pada pembahasan kali ini akan melihat jenis-jenis dari ilmu ekologi. 

Tanpa berlama-lama lagi, mari simak dan perhatikan penjelasan tentang jenis-jenis ekologi di bawah ini.

Ada beberapa jenis ilmu ekologi yang telah diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, yaitu:

  • Ekologi manusia merupakan cabang dari ekologi yang memiliki fokus untuk mempelajari tentang keadaan lingkungan hidup manusia.
  • Ekologi tumbuhan merupakan cabang ilmu ekologi yang mempelajari tentang tumbuhan sebagai suatu organisme dan juga memusatkan tumbuhan itu sendiri sebagai sebuah fokus utama dengan mengabaikan hewan dan manusia.
  • Ekologi hewan adalah sebuah cabang ekologi yang memiliki pusat fokus pada hewan sebagai suatu organisme, serta mengabaikan manusia dan tumbuhan.
  • Ekologi perairan, yaitu salah satu cabang dari ilmu ekologi yang mempelajari dan mencari tahu hubungan antara organisme dengan lingkungan perairan, seperti sungai, waduk, muara, dan juga laut.
  • Ekologi habitat adalah cabang dari ilmu ekologi yang memusatkan fokusnya pada pembahasan tentang sifat dari suatu habitat.
  • Ekologi populasi adalah cabang dari ilmu ekologi yang berfokus mempelajari berbagai hubungan di antara kelompok organisme dan jumlah dari individu. Ekologi populasi juga mempelajari dan mencari tahu tentang faktor penentu besarnya suatu populasi beserta penyebarannya.
  • Ekologi sosial adalah cabang dari ilmu ekologi yang mempelajari dan mencari tahu tentang hubungan antara manusia dengan lingkungan alam serta teknologi yang ada di sekitarnya.
  • Ekologi bahasa adalah ilmu ekologi yang mempelajari dan juga melakukan penyelidikan terhadap sebuah hubungan antara bahasa dengan lingkungan manusia.
  • Ekologi antariksa adalah sebuah ilmu ekologi yang mempelajari tentang ekosistem yang dapat menopang semua kehidupan manusia selama ada dalam penerbangan antariksa.

Nah, demikianlah dari artikel ini. Ternyata ilmu ekologi adalah ilmu yang sangat luar biasa ya. Terbukti dari berbagai manfaat yang dapat membantu manusia dalam kehidupan keseharian dan juga untuk kebutuhan lingkungannya.

Semoga dengan membaca artikel ini, kamu akan lebih paham tentang ilmu ekologi yang telah di bahas di atas. Semoga dengan adanya artikel ini, kamu sudah bisa membedakan apa itu ekosistem dan ekologi ya.

Demikianlah artikel yang membahas tentang ekologi, mulai dari pengertian, aspek dan prinsip, ruang lingkup, manfaat, dan juga jenis-jenis dari ekologi.

Jika kamu ingin mencari artikel lain dan membahas tentang pengetahuan yang belum kamu pahami, kamu bisa mencarinya di laman Gramedia loh. Cukup kunjungi www.gramedia.com. kamu sudah bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang menarik.

Jadi, jangan lupa membaca ya, Grameds #SahabatTanpaBatas! Mulailah dari hal yang sederhana agar kamu bisa membiasakan diri untuk membaca dan bisa meningkatkan literasi di Indonesia. 

Oh ya, dengan membaca, kamu bisa meningkatkan dan melatih imajinasi kamu loh. Selain itu, kamu juga bisa menambah banyak kosa kata baru yang menarik dan keren. Jadi, yuk biasakan diri untuk selalu membaca. Selamat membaca untuk Grameds semua.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien