IPA

Tulang Pergelangan Kaki: Ligamen, Fungsi, Cedera, dan Perawatan

fungsi tulang pergelangan kaki
Written by M. Hardi

Fungsi tulang pergelangan kaki – Tulang pergelangan kaki memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita. Dengan tulang ini kita bisa berjalan, berlari dan bergerak dengan bebas yang melibatkan gerakan kaki. Tidak hanya itu, kaki juga dapat membantu pekerjaan kita cepat selesai, menopang tubuh kita dan melindungi kita dari bahaya.

Kaki dan pergelangan kaki membentuk sistem kompleks yang terdiri dari 28 tulang, 33 sendi, 112 ligamen, dikendalikan oleh 13 otot ekstrinsik dan 21 otot intrinsik. Dengan adanya tulang pergelangan kaki ini, maka kaki menjadi lebih mudah untuk digerakkan. Maka dari itu, tulang pergelangan kaki ini memiliki beberapa fungsi. Fungsi apa saja yang ada pada tulang pergelangan kaki?

Bagian Kaki

Sebelum membahas fungsi tulang pergelangan kaki, kita akan belajar bersama tentang bagian kaki. Kaki juga dibagi menjadi 3 bagian yaitu kaki belakang, kaki tengah dah kaki depan.

1. Hindfoot (Kaki Belakang)

Bagian ini terdiri dari talus dan calcaneus, dua dari tujuh tulang tarsal. Artikulasi talus dan calcaneus disebut sebagai sendi subtalar yang memiliki 3 faset pada masing-masing bagian.

2. Midfoot (Kaki Tengah)

Bagian ini terdiri dari lima tulang tarsal, yaitu navicular, cuboid, medial, middle, dan lateral cuneiform Persimpangan antara kaki belakang dan kaki tengah disebut sendi Chopart yang meliputi talonavicular dan calcaneocuboid.

3. Forefoot (Kaki Depan)

Bagian ini terdiri dari tulang metatarsal, phalanges (jari kaki) dan sesamoid. Setiap jari selain jempol memiliki metatarsal dan tuga phalanges. Jempol kaki hanya memiliki dua phalanges. Artikulasi kaki bagian tengah dan kaki depan membentuk sendi Lisfranc.

Pembagian ini memiliki fungsi sebagai struktur kaku untuk menahan beban dan juga bisa berfungsi sebagai struktur fleksibel agar sesuai dengan medan yang tidak rata seperti bebatuan.

Cara Mudah Perawatan Tangan dan Kaki

https://www.gramedia.com/products/conf-cara-mudah-perawatan-tangan-dan-kaki?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Sudah bisa membayangkan betapa pentingnya kaki bagi kehidupan kita manusia bukan? Selain itu, kaki juga memiliki fungsinya yang lain. Sebelum mengetahui fungsi lain dari tulang pergelangan kaki, lebih baik kita mengetahui jenis tulang yang menyusun pergelangan kaki. Bisa disimak dalam penjelasan dibawah ini.

Jenis Tulang yang Menyusun Pergelangan Kaki

fungsi tulang pergelangan kaki

Sumber: freepik.com

Tulang pergelangan kaki merupakan sebuah tulang yang terdiri dari ujung-ujung tulang kering serta tulang betis maupun tumit. Tulang-tulang ini disatukan oleh ligamen yang kuat, sehingga dapat membentuk sendi. Sendi pada pergelangan kaki bisa menjadi stabil karena adanya bungkus sendi dan ligamen yang kuat, sehingga sendi dapat berada pada tempatnya.

Pergelangan kaki diselimuti juga dengan kapsul dan cairan sendi agar tidak terjadi gesekan antar tulang. Pada pergelangan kaki ada terdapat 3 bagian tulang yaitu:

1. Tibia atau Tulang Kering

Tulang ini juga bisa disebut dengan tulang dalam. Tulang ini merupakan tulang panjang dan besar yang menghubungkan pergelangan kaki itu sendiri dengan sendi lutut. Fungsi tulang pergelangan kaki ini untuk mendistribusikan dan menerima berat badan yang dirasakan oleh lutut dan pergelangan kaki.

Tulang ini juga bisa disebut sebagai tulang terbesar kedua yang dimiliki oleh tubuh. Tibia memiliki fungsi lainnya yang berkolaborasi dengan tulang fibula dalam menciptakan selungkup yang stabil untuk sendi yang bernama talocrural.

2. Fibula atau Tulang Betis

Tulang ini bisa disebut sebagai tulang luar. Fibula merupakan tulang panjang dan ramping yang menempel sedikit di bawah dan sebelah tibia atau tulang kering. Meskipun menanggung berat badan yang sedikit, tetapi fibula memiliki peran penting yang lain seperti memberikan stabilitas untuk kaki bagian bawah dan juga bertindak sebagai batang pengikat untuk meningkatkan jangkauan dari gerak pergelangan kaki. Tulang luar ini disebut sebagai tulang paling tipis dari semua tulang panjang yang ada di tubuh manusia.

3. Talus Sebagai Dasarnya

Talus adalah tulang yang berada di bagian atas kaki dan sering juga disebut sebagai tulang pergelangan kaki. Fungsi tulang pergelangan kaki tersebut adalah sebagai alas untuk tulang tibia yang sedang menahan berat tubuh. Talus merupakan salah satu tulang pendek utama pada pergelangan kaki.

Selain memiliki fungsinya masing-masing, ketiga tulang ini juga saling melengkapi satu sama lain. Talus menjadi alas untuk tulang tibia agar tetap kokoh dan tidak bergeser juga dari bantalan fibula yang relatif tidak berat. Kemudian, membantu untuk menjaga keselarasan dari tibia.

Hal ini menjadikan ketiga tulang ini tidak bisa melakukan fungsinya tanpa ada yang lainnya, gabungan ketiganya dibutuhkan agar mendapatkan fungsi yang maksimal dan menjadi satu kesatuan.

Fungsi Tulang Pergelangan Kaki

fungsi tulang pergelangan kaki

Sumber: Pixabay

Jika sudah mengetahui jenis tulang yang menjadi penyusun pergelangan kaki, berikut adalah penjelasan mengenai fungsi tulang pergelangan kaki.

  1. Memudahkan manusia saat melangkah atau berjalan dengan rasa nyaman dan efisien
  2. Berperan untuk memungkinkan gerakan naik turun yang dilakukan oleh kaki. Hal ini bisa terjadi karena adanya sendi engselnya.
  3. Berperan dalam menghubungkan antara tulang tungkai bagian bawah dengan telapak kaki, dengan ini tulang bisa menahan beban berat badan tubuh.
  4. Di dalam pergelangan kaki terdapat sendi putar. Sendi ini membantu pergerakan dari telapak kaki supaya bisa digunakan lebih fleksibel.
  5. Mengganti fungsi tangan pada seseorang yang mengalami kelumpuhan ekstremitas atas.

Pada pergelangan kaki ini sebenarnya terdiri atas beberapa struktur yang begitu penting. Bentuk yang sangat unik dari pergelangan kaki inilah yang membuat pergerakan dari telapak kaki kita menjadi begitu stabil.

Pergelangan kaki umumnya disebut dengan Ankle Mortis. Didalam Ankle Mortis terdapat sebuah Talus yang dimana berfungsi sebagai sendi pegas, mempunyai sebuah korpus, kolum serta kaput dengan bentuk yang cembung, dan pada permukaan superiornya yang menyerupai sebuah pelana kuda.

Di samping persendian di atas, terdapat juga sendi yang berada di bagian bawah dari persendian pergelangan kaki itu sendiri, yaitu sendi subtalar atau sendi talocalcaneal yang merupakan sebuah sendi aksis tunggal yang dimana berfungsi untuk menghubungkan tulang talus dan tulang kalkaneus.

Ligamen yang Melekat pada Pergelangan Kaki

Selain ada beberapa tulang yang menjadi penyusun pergelangan kaki, berikut ini adalah ligamen yang melekat pada tulang pergelangan kaki.

1. Ligamen Kolateral

Ligamen ini berfungsi sebagai penyangga terkuat atas sendi pergelangan kaki yang terdapat di dalam bagian lateral. Ligamen kolateral yang terbagi menjadi tiga bagian, antara lain.

Talofibular Anterior

Ligamen ini berasal dari kolum talus yang melekat pada ujung fibula.

Kalkaneofibular

Ligamen ini berasal dari kalkaneus yang melekat pada ujung fibula.

Talofibular Posterior

Berasal dari korpus talut yang melekat pada ujung fibula tersebut.

2. Ligamen Deltoid

Apakah Grameds tahu bahwa ada penyangga terkuat bagian medial pergelangan kaki? Penyangga terkuat itu dikenal dengan ligamen deltoid. Ligamen ini menghubungkan maleous medialis dengan navicular, sustentakum tali dan bagian posterior talus.
Dalam Ligamen Deltoid terdiri dari 4 bagian sebagai berikut.

  • Tibionavicular
  • Talotibial anterior.
  • Calcaneotibial.
  • Talotibial posterior.

3. Ligamen Corsal

Ligamen ini memiliki sifat yang begitu tipis dan letaknya berada pada bagian atas arkus tersebut.

4. Ligamen Plantar

Ligamen ini memiliki sifat yang lebih tebal bila dibandingkan dengan ligamen corsal. Ligamen ini berfungsi sebagai tierods yang menyangga sebuah arkus.

Terdapat 2 bentuk jenis Ligamen Plantar yang begitu penting, berikut adalah penjelasannya.

Kalkaneonavikular

Ligamen ini memiliki fungsi untuk membatasi gerakan talus ke bawah serta membantu menyangga bagian tertinggi pada arkus, ligamen ini disebut juga sebagai ‘spring ligament’.

Plantar Panjang

Ligamen ini berada diantara kalkaneus, kuboid dan bagian lateral dari tiga tulang metatarsal.

5. Ligamen Interoseus

Salah satu bentuk dari Ligamen Interoseus adalah ligamen talokalkaneal yang berada di sepanjang kanal tarsal dan pada bagian akhir fibula tersebut. Ligamen ini membentuk sebuah serabut fibrosa yang menghubungkan dua tuberkel dan biasa disebut sebagai Ligamentum Cervicis.

Cedera yang terjadi Pada Pergelangan Kaki

fungsi tulang pergelangan kaki

Sumber: Pixabay

Umumnya, cedera bisa terjadi ketika kamu sedang berolahraga, atau terjatuh yang tidak disengaja, Cedera yang bersifat ringan bisa berupa luka dan memar, cedera ringan juga bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, juga ada cedera yang dapat menyebabkan kondisi yang malah serius dan baru bisa sembuh dalam jangka waktu yang panjang.

Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa cedera serius yang bisa terjadi pada pergelangan kaki.

1. Fraktur

Cedera ini bisa terjadi pada pergelangan maupun tulang-tulang yang terdapat pada kaki. Fraktur pada kaki atau pergelangan kaki bisa menyebabkan kesulitan dalam menanggung beban serta dapat menyebabkan kita tidak dapat berjalan.

Gejala-gejala yang biasa muncul pada cedera ini meliputi nyeri, terasa empuk ketika disentuh, bengkak, kelainan bentuk didaerah fraktur serta tidak dapat memberikan beban apapun pada kaki yang cedera.

Untuk tulang yang patah tidak berpindah posisi dan rontgen stres mengkonfirmasi bahwa daerah yang cedera dalam keadaan stabil, maka pengobatannya membutuhkan imobilisasi dengan bantuan gips hingga sembuh dan dapat memakan waktu beberapa bulan. Namun, jika kaki atau pergelangan kaki tidak stabil atau fraktur berpindah posisi, mungkin kamu harus melakukan operasi.

2. Arthritis

Artritis merupakan suatu kondisi dimana peradangan terjadi pada satu maupun lebih dari satu sendi. Pada kaki serta pergelangan kaki, biasa terjadi osteoartritis dan artritis rematoid. Osteoarthritis adalah kondisi dimana bantalan pelindung antar sendi (tulang rawan) bisa menjadi rusak akibat penuaan maupun aus. Bentuk faktor genetik ketidakstabilan sendi, serta cedera juga bisa berkontribusi bagi terjadinya suatu osteoartritis.

Secara umum, gejala yang timbul pada kaki serta daerah pergelangan kaki seperti nyeri, kekakuan, gerakan yang terbatas, bengkak, ataupun kesulitan berjalan.

3. Tendonitis Achilles

fungsi tulang pergelangan kaki

Sumber: freepik.com

Tendon Achilles menghubungkan otot betis dengan tulang tumit. Sebagai tendon terbesar yang dimiliki tubuh, tendon achilles dapat menahan tekanan yang sangat besar yang berasal dari berjalan, berlari, dan melompat. Namun, tekanan yang berulang, pemakaian berlebihan, dan aus karena usia dapat menyebabkan peradangan pada area tendon.

Gejala yang bisa dirasakan, antara lain:

  • Nyeri pada bagian belakang daerah tumit yang diperparah akibat adanya gerakan.
  • Kekakuan di sekitar tendon achilles
  • Penebalan tendon menyebabkan benjolan di daerah tumit

Jika kamu merasakan ini, kamu harus segera memeriksanya ke dokter. Biasanya dokter akan menyuntikkan resep suntikan kortison yang dapat meredakan rasa nyeri. Bahkan, kamu bisa menjalankan operasi jika merasakan sakit yang terus menerus.

4. Bunion

fungsi tulang pergelangan kaki

Sumber: freepik.com

Bunion kaki atau bisa juga disebut sebagai hallux valgus, merupakan tonjolan tulang yang nyeri yang terbentuk dalam kaki sekitar daerah ibu jari. Kondisi ini terjadi secara perlahan-lahan dan menyebabkan perubahan pada struktur tulang yang normal. Kondisi ini dapat menyebabkan kelainan bentuk yang dimana ibu jari kaki condong ke arah telunjuk kaki.

Sepatu sempit yang menghimpit seluruh jari kaki meningkatkan tekanan pada ibu jari kaki, sehingga dapat memperparah dan memperbesar bunion. Jika hal ini sering terjadi, maka akan menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman bahkan hingga kesulitan berjalan. Faktor lain yang mempengaruhi terhadap terbentuknya bunion ini meliputi faktor keturunan kondisi medis artritis reumatoid.

Gejala yang bisa kamu rasakan adalah munculnya peradangan dan kemerahan, nyeri, terasa empuk bila disentuh pada daerah sendi, kekakuan ibu jari kaki, dan kapalan pada tonjolan.

Pada sebagian kasus, mengganti alas kaki dengan yang pas dan tidak menekan jari-jari kaki dapat membantu meringankan dan mengelola rasa nyeri yang kamu alami. Dokter dapat juga meresepkan obat anti-inflamasi non-steroid (AINS) atau kortikosteroid untuk membantu meringankan rasa nyeri dan mengurangi bengkak.

Bila gejala tak kunjung hilang, kamu mungkin akan disarankan untuk menjalani operasi. Tujuan dari operasi adalah untuk mengatur ulang posisi tulang dan jaringan lunak untuk mengembalikan ibu jari kaki ke posisi normal.

5. Plantar Fasciitis

fungsi tulang pergelangan kaki

Sumber: freepik.com

Plantar Fascia adalah jaringan datar (ligamen) yang menghubungkan antara tulang tumit dengan jari-jari kaki, seperti menyokong lengkungan pada kaki. Plantar Fasciitis adalah peradangan pada ligamen dan merupakan masalah yang umum dari nyeri tumit.

Hal ini sering ditemui pada pelari, orang yang memiliki lengkungan kaki yang tinggi, orang dengan kelebihan berat badan, dan yang orang yang suka memakai sepatu sempit yang tidak menyokong secara memadai. Ketegangan yang berulang dan dalam waktu yang sering menyebabkan robekan mungil yang dapat menyebabkan bengkak dan nyeri.

Gejala awalnya biasa dengan nyeri ringan dan perlahan di daerah tulang tumit, kemudian juga nyeri tepat setelah bangun dari tidur dipagi hari, setelah beristirahat lama atau berolahraga. Nyeri juga bisa dirasakan di dasar kaki, daerah yang dekat dengan tumit.

Penyakit Tulang Gak Cuma Osteoporosis; Kenali & Cegah 45 Pen

https://www.gramedia.com/products/penyakit-tulang-gak-cuma-osteoporosis-kenali-cegah-45-pen-1?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Perawatan Pergelangan Kaki

Jika kamu merasakan ada masalah pada pergelangan kaki, kamu bisa mencoba perawatan berikut ini.

RICE Therapy

RICE adalah singkatan dari Rest, Ice, Compression dan Elevation. RICE ini merupakan terapi pengobatan awal yang baik untuk beberapa cedera yang terjadi pada pergelangan kaki.

Obat Pereda Nyeri

Pereda nyeri yang dijual bebas di apotek atau diresepkan, seperti acetaminophen, ibuprofen dan naproxen dapat meredakan sebagian besar nyeri pada pergelangan kaki.

Suntikan Kortison

Penyuntikkan kortison ke pergelangan kaki dapat membantu beberapa bentuk radang sendi pergelangan kaki. Kortison menekan peradangan pada sendi dan mengurangi pembengkakan serta nyeri.

Imobilisasi Pergelangan Kaki

Melumpuhkan pergelangan kaki biasa dilakukan dengan menggunakan gips. Hal ini biasa dilakukan pada sebagian besar yang mengalami patah tulang. Cara ini dianggap membantu keseleo pada pergelangan kaki.

Operasi Pergelangan Kaki

Jika kamu mengalami masalah yang sangat serius, mungkin kamu memerlukan pembedahan. Secara umum, operasi dilakukan agar pergelangan kaki lebih stabil. Berbagai teknik digunakan untuk menjaga agar tulang pergelangan kembali ke tempatnya.

Susu Fermentasi Kedelai Dan Madu Potensi Untuk Meningkatkan Kesehatan Tulang

Grameds, itulah penjelasan singkat mengenai fungsi tulang pergelangan kaki yang memegang peran penting dalam aktivitas sehari-hari kita. Saat terjadi masalah pada anggota tubuh ini, mungkin akan memengaruhi aktivitas yang sering dilakukan, sehingga alangkah baiknya untuk terus menjaga mereka agar tetap baik.

Tidak hanya organ pergelangan kaki, melainkan organ tubuh lainnya juga harus diperhatikan karena satu bagian yang sakit pada tubuh biasanya akan memberikan efek pada anggota tubuh lainnya.

Jika kamu ingin mencari tahu lebih banyak tentang perawatan kaki dalam bentuk buku, maka bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Christin Devina

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien