IPA

Nama-Nama Tulang Manusia dan Fungsinya

nama nama tulang dan fungsinya
Written by Restu

Nama-nama Tulang Manusia dan Fugnsinya – Apa jadinya jika manusia tidak memiliki tulang? Pastinya, manusia itu tidak akan bisa bergerak. Hal ini dikarenakan tulang merupakan salah satu organ penting yang ada pada manusia yang berfungsi untuk menggerakkan tubuh. Selain itu, tulang memiliki sumsum tulang, sumsum tulang bisa menghasilkan sel-sel darah baru yang amat sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Pada dasarnya, tulang bukan hanya berfungsi sebagai penggerak anggota tubuh dan penghasil sel-sel darah baru saja. Tulang juga mempunyai fungsi yang sangat penting, yaitu menjaga atau melindungi organ-organ tubuh yang penting, salah satu bagian tubuh yang dilindungi oleh tulang adalah otak. Pernahkah kamu berpikir, bagaimana jadinya kalau otak tidak dilindungi oleh tulang?

Tulang-tulang yang ada pada manusia sangatlah beragam dan memiliki namanya masing-masing. Bahkan, setiap nama tulang selalu memiliki fungsi yang berbeda-beda juga. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengenal nama-nama tulang pada manusia. Ingin tahu lebih jelas nama-nama tulang pada manusia dan fungsinya? Mari simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Nama-nama tulang manusia

 

Pengertian Tulang

Tulang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti rangka atau bagian rangka tubuh manusia atau hewan. Secara sederhana, tulang dapat diartikan sebagai rangka tubuh manusia yang tersusun dari jaringan-jaringan yang sangat keras. Pada dasarnya tulang pada manusia memiliki struktur yang hampir sama walaupun ukuran dan bentuk tulang manusia sangatlah beragam.

Bagaimana tulang pada manusia bisa terbentuk? Tulang pada manusia tersusun atau terbentuk dari kalsium dan fosforus. Kandungan kalsium yang ada pada tulang manusia berkisar 99%. Sedangkan kandungan fosforus pada tulang manusia sebanyak 90% dari jumlah fosforus dalam tubuh.

Banyaknya kalsium pada tulang menandakan bahwa tulang itu kuat dan keras. Oleh karena itu, jika kamu mendengar ada seseorang yang memiliki tulang yang keropos atau mudah patah, maka bisa dipastikan bahwa kalsium pada tulang tersebut sangatlah kurang.

Sementara itu, adanya kandungan fosforus pada tulang membuktikan bahwa tulang sangat membutuhkan kandungan mineral. Kandungan mineral ini sangat baik untuk menjaga kekuatan dan kerasnya tulang.

Bukan hanya kalsium dan fosforus saja yang menjadi pembentuk tulang, serat-serat kolagen juga menjadi pembentuk tulang manusia. Serat-serat kolagen ini sangat berfungsi untuk memberikan kelenturan pada tulang.

Kelenturan pada tulang ini harus dijaga dengan baik karena jika tidak dijaga dengan baik, maka kita akan kesulitan menggerakkan anggota tubuh. Anggota tubuh yang sulit digerakkan akan menimbulkan rasa sakit sehingga sulit untuk beraktivitas.

Nama-Nama Tulang

Nama-nama tulang manusia

1. Tulang Tengkorak

Tulang tengkorak adalah tulang pembentuk kepala. Singkatnya di bagian kepala kita terdapat organ-organ penting yang harus dilindungi oleh tulang. Dinamakan tulang tengkorak karena tulang ini berbentuk seperti kepala tengkorak atau membentuk seperti wajah.

Fungsi utama tulang tengkorak adalah melindungi atau menjaga otak dan organ-organ vital manusia yang berada di wajah dari benturan yang sangat bahaya. Selain itu, tulang tengkorak memiliki fungsi lain yaitu membentuk struktur wajah.

Tulang tengkorak terbentuk dari beberapa bagian yang dimana setiap bagian itu dibagi menjadi dua golongan, yaitu tulang kepala tulang wajah. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan tentang dua golongan tulang tengkorak tersebut.

banner-promo-gramedia

A. Tulang Kepala

a) Tulang Parietal (Tulang Ubun-Ubun)

Posisi tulang parietal ini terletak pada kedua sisi kepala atau berada tepat di belakang tulang dahi. Biasanya tulang ini disebut dengan tulang ubun-ubun dan tulang ini berjumlah dua buah.

b) Tulang Frontal (Tulang Dahi)

Tulang frontal atau dikenal dengan tulang dahi terletak pada pada bagian depan wajah. Tulang dahi ini mempunyai bentuk pipih serta fungsi dari tulang ini untuk melindungi otak dan membentuk struktur kepala yang terdiri dari rongga hidung, mata, dan lain-lain.

c) Tulang Oksipital (Tulang Kepala Belakang)

Sama seperti tulang dahi, bentuk tulang oksipital ini pipih. Tulang oksipital ini disebut juga dengan nama tulang kepala belakang. Oleh karena itu, letak dari tulang ini berada di bagian belakang tulang tengkorak. Saraf tulang belakang agar terhubung ke otak melalui lubang yang ada pada tulang kepala belakang.

Fungsi dari tulang kepala belakang adalah melindungi bagian otak yang berhubungan penglihatan. Selain itu, tulang ini mempunya peran yang sangat penting terutama dalam mengatur pergerakan dan keseimbangan tubuh.

d) Tulang Temporal (Tulang Pelipis)

Tulang temporal atau tulang pelipis ini berjumlah dua. Letak dari tulang pelipis ini berada di sebelah kiri dan kanan tulang tengkorak atau lebih tepatnya tepat berada di bawah tulang ubun-ubun.

Membantu untuk menopang struktur tengkorak, melindungi otak, dan melindungi membran-membran yang ada disekitarnya merupakan fungsi dari tulang temporal atau tulang pelipis ini. Jika kamu sedang mengunyah atau menelan makanan, maka pada saat itu, tulang pelipis membantu untuk menggerakkan otot-otot tersebut.

e) Tulang Etmoid (Tulang Tapis)

Letak dari tulang etmoid berada pada depan tulang sphenoid. Tulang etmoid ini disebut juga dengan tulang tapis. Adapun fungsi dari tulang etmoid ini membantu untuk membentuk struktur rongga hidung.

Tulang etmoid mempunyai rongga yang bernama rongga sinus. Fungsi dari rongga sinus untuk memproduksi atau menghasilkan lendir. Lendir ini juga sangat berfungsi untuk menangkap atau menghadang hadirnya alergen yang berbahaya.

f) Tulang Sphenoid (Tulang Baji)

Tulang terakhir yang ada pada tulang wajah adalah tulang sphenoid atau tulang baji. Fungsi utama dari tulang sphenoid ini adalah melindungi atau menjaga struktur saraf dan otak yang berada di bagian wajah.

B. Tulang Wajah

Bagian tulang tengkorak berikutnya adalah tulang wajah. Tulang wajah ini terdiri dari beberapa tulang. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

a) Tulang Rahang Atas

Tulang rahang atas mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan piramida yang menyatu pada bagian tengah. Selain itu, tulang ini juga memisahkan mulut dengan rongga hidung. Tulang rahang memiliki fungsi, seperti tempat tumbuhnya gigi atas, pembentukan wajah, dan yang terakhir berfungsi untuk membantu terjadinya berbicara dan mengunyah makanan.

b) Tulang Rahang Bawah

Tulang rahang bawah mempunyai dua bagian atau bentuk. Pertama,  berbentuk melengkung horizontal dan kedua, berbentuk melengkung vertikal. Kedua bagian tersebut saling berhubungan di kedua sisi tubuh. Fungsi dari tulang rahang bawah ini hampir sama dengan fungsi tulang rahang atas, yaitu tempat tumbuhnya gigi bawah, pembentukan wajah bagian bawah, dan memudahkan mulut untuk bergerak.

c) Tulang Pipi

Tulang pipi terdiri dari dua sisi yang terletak pada bagian bawah kedua mata. Tulang ini memiliki bentuk serupa persegi panjang dan bagian depannya sedikit lebih tebal. Menyatukan tulang wajah. Adapun fungsi dari tulang pipi, yaitu menopang struktur wajah dan melindungi mata.

d) Tulang Hidung

Tulang hidung berada di antara tulang dahi dan tulang rahang atas atau lebih tepatnya terletak pada bagian tengah wajah. Sama dengan namanya, maka fungsi tulang ini adalah menjaga bentuk hidung dan mengikat atau memperkuat tulang rawan yang ada pada hidung.

e) Tulang Lakrimal

Tulang lakrimal adalah tulang yang berfungsi untuk menjaga sistem produksi air mata dan letak dari tulang ini berada pada rongga mata. Adapun bentuk dari tulang ini seperti persegi panjang.

f) Tulang Palatina 

Tulang palatina mempunyai bentuk yang hampir mirip atau sama dengan huruf  “L” serta letak dari tulang ini ada di bagian bawah tulang tengkorak. Fungsi dari tulang palatina, di antaranya sebagai rumah dari saraf palatine serta pemberi sinyal pada tubuh ketika gigi dan mulut sedang merasa sakit.

2. Tulang Selangka

Tulang selangka terletak pada bagian atas tulang rusuk pertama. Tulang selangka bisa dikatakan sebagai satu-satunya tulang yang ada pada manusia yang memiliki bentuk memanjang horizontal.

Tulang selangka mempunyai dua fungsi, pertama berfungsi untuk membuat lengan menjadi mudah bergerak leluasa. Kedua, melanjutkan goyangan atau gerakan dari anggota gerak pada bagian tubuh atas ke kerangka tubuh (aksial).

3. Tulang Lengan Atas

Tulang lengan disebut juga dengan tulang humerus. Sama dengan namanya, maka tulang ini juga terletak pada bagian lengan atas atau lebih tepatnya berada di antara sendi bahu dan sendi siku.

Beberapa fungsi tulang lengan atas, seperti menghubungkan sendi putar di bagian bahu, mengangkat dan menurunkan tangan, membantu untuk memberikan gerakan pada sendi bahu, dan lain-lain.

banner-promo-gramedia

4. Tulang Belikat

Tulang belikat mempunyai bentuk yang menyerupai segitiga serta terletak pada bagian bahu. Tulang ini sebagai penghubung tulang selangkangan atau klavikula dengan tulang lengan atas atau humerus.

Tulang belikat mempunyai beberapa fungsi di antaranya sebagai tempat penghubung dari sendi bahu, sendi sternoklavikularis, dan sendi acromioclavicular; Menjaga suplai darah pada lengan dan menjaga bahu secara keseluruhan supaya selalu stabil; Sebagai tempat merekatnya otot dan tendon, seperti supraspinatus, infraspinatus, latissimus dorsi, dan bisep; Sebagai penghubung tulang-tulang yang ada di bahu, mulai dari tulang dada, tulang leher, dan tulang belikat.

5. Tulang Rusuk

Tulang rusuk adalah tulang yang berbentuk panjang dan pipih serta memiliki tujuh pasang yang menempel pada tulang dada. Ketujuh tulang rusuk tersebut dikenal dengan sebutan tulang rusuk sejati. Dengan kata lain, tulang rusuk ini terletak pada bagian tengah dada.

Pada dasarnya, tulang rusuk mempunyai tingkat kelenturan yang cukup baik. Kelenturan pada tulang rusuk ini berfungsi untuk membantu proses pernapasan dan menjaga atau melindungi organ-organ vital yang ada pada dada dari benturan. Oleh karena itu, tulang rusuk ini harus dijaga dengan baik-baik supaya organ-organ vital pada dada tetap terlindungi.

6. Tulang Punggung

Tulang punggung memiliki nama lain yaitu tulang belakang. Tulang belakang ini tersusun dari berbagai macam tulang-tulang kecil yang terdiri dari dasar tulang tengkorak dan tulang panggul. Tulang punggung ini terletak pada bagian belakang tubuh.

Tulang punggung berfungsi sebagai penopang kepala, bahu, dan beberapa bagian tubuh manusia lainnya supaya dapat berdiri tegak. Selain itu, tulang punggung berfungsi sebagai pelindung saraf-saraf yang ada di tulang punggung.

Sebenarnya, tulang punggung harus dijaga dengan baik oleh setiap orang karena pada bagian tulang punggung terdapat banyak sekali organ-organ tubuh yang vital. Dengan menjaga tulang punggung ini, maka kamu akan terhindar dari gangguan-gangguan yang terjadi pada tulang punggung.

Nama-Nama Tulang Manusia dan Fungsinya 1

Beli Buku di Gramedia

7. Tulang Panggul 

Pada dasarnya tulang panggul yang ada pada laki-laki dan perempuan sedikit berbeda. Oleh karena itu, ketika laki-laki atau perempuan terjadi masalah pada tulang panggul penanganan yang berbeda juga. Tulang panggul itu sendiri memiliki tiga bagian, yakni tulang pinggul, tulang ekor, dan tulang sakrum.

Letak dari tulang panggul berada pada bagian bawah perut atau lebih tepatnya berada di antara kedua tulang pinggul. Sedangkan fungsi dari tulang panggul adalah menopang atau menyangga organ-organ sistem pencernaan dan reproduksi. Bukan hanya itu, tulang panggul berfungsi sebagai penghubung tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah.

Baca juga :

8. Tulang Pengumpil

Pergelangan tangan dan siku merupakan letak dari tulang pengumpil. Interosseous ligament atau jaringan yang memiliki serat sangat tebal ini bisa dikatakan sebagai jaringan yang menyambungkan tulang pengumpil dengan tulang-tulang lainnya.

Beberapa fungsi dari tulang pengumpil di antaranya; Berfungsi sebagai penggerak pada lengan atau membantu lengan mengangkat benda atau beban ke atas; Berfungsi sebagai perekat otot-otot yang di lengan; Berfungsi untuk menyusun kerangka yang ada di lengan bagian bawah; dan lain-lain.

9. Tulang Dada

Tulang dada memiliki sebutan lain yaitu sternum. Tulang dada merupakan salah satu tulang yang harus dijaga dengan baik karena melindungi organ-organ vital terutama yang ada di bagian dada, seperti paru-paru dan jantung. Bagaimana jadinya jika di dalam tubuh kita tidak ada tulang dada?

banner-promo-gramedia

Tulang dada terletak pada bagian tengah dada. Selain melindungi organ-organ vital, tulang dada juga berfungsi sebagai pembentuk kerangka tubuh, membantu sistem pernapasan, dan melekatkan otot dengan tulang.

10. Tulang Hasta

Tulang hasta atau disebut juga dengan tulang lengan. Penyebutan tulang lengan ini karena posisi atau tulang hasta ini berada di lengan manusia, lebih tepatnya terletak pada bagian lengan bawah tangan manusia. Tulang ini bisa dikatakan sebagai tulang penghubung antara lengan atas dan pergelangan tangan.

Tulang hasta memiliki fungsi utama dalam organ tubuh manusia khususnya pada bagian tangan manusia. Dengan kata lain, tulang ini sangat berperan penting dalam pergerakan yang terjadi pada tangan.

Nama-Nama Tulang Manusia dan Fungsinya 2

beli sekarang

11. Tulang Jari

Seperti yang kita ketahui bahwa manusia memiliki tangan dan kaki yang dimana kedua bagian tubuh itu memiliki jari. Di dalam jari-jari itu terdapat tulang yang membuat jari-jari lebih kuat dan keras.

Tulang jari ini mempunyai fungsi, seperti sebagai penggerak anggota jari-jari, sebagai penghubung sendi-sendi yang berada di jari-jari, dan membentuk struktur jari-jari.

12. Tulang Paha

Tulang terpanjang yang ada pada manusia adalah tulang paha karena tulang ini menghubungkan bagian pinggul hingga bagian lutut manusia. Selain itu, tulang paha termasuk ke dalam penggerak anggota tubuh manusia serta tulang ini bisa digolongkan ke dalam tulang pipa.

Sama seperti namanya, tulang ini terletak pada bagian paha manusia. Adapun fungsi dari tulang paha, seperti alat penggerak tubuh manusia terutama bagian bahwa, tempat melekatnya otot-otot besar, dan tempat penghasil sel darah merah.

13. Tulang Betis

Tulang betis ini berada di dekat tulang kering. Tulang ini merupakan tulang yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari karena dengan tulang ini sebagai penggerak bagian bawah tubuh manusia.

Tulang betis mempunyai beberapa fungsi, seperti sebagai pelindung kaki supaya kuat dan tidak mudah cedera, sebagai penstabil kaki, menopang berat badan, sebagai penyeimbang tubuh dan peyokong atau pendukung tulang kering.

14. Tulang Tempurung Lutut

Tulang tempurung terletak di antara tulang kering dan tulang paha. Panjang dari tulang ini berkisar 5 centimeter. Tendon yang ada pada tulang tempurung lutut berfungsi sebagai pelindung atau pembungkus tulang ini serta menyambungkan tulang kering otot paha yang ada di bawah sendi lutut.

Tulang tempurung mempunyai fungsi utama, yaitu menghubungkan tulang kering dengan otot paha bagian depan. Selain itu, tulang ini juga menjaga persendian lutut supaya befungsi dengan baik.

15. Tulang Kering

Tulang kering ini bisa dikatakan sebagai salah satu tulang terbesar yang ada di bagian kaki. Tulang ini terletak pada bagian bawah lutut serta tulang ini mempunyai sebutan lain yaitu tulang kuat karena beban yang harus ditopang oleh tulang ini sangat berat.

Tulang kering berfungsi sebagai penyangga otot-otot yang ada di bagian kaki, dan berfungsi menyambungkan pergelangan kaki dengan bagian tempurung lutut. Oleh karena itu, harus dijaga dengan baik-baik supaya anggota tubuh bagian bawah bisa bergerak dengan maksimal.

Baca juga artikel terkait “Nama-nama Tulang pada Manusia” :

Kesimpulan

Pada dasarnya tulang-tulang manusia sangatlah vital dan harus diperhatikan secara khusus. Setiap tulang manusia sudah memiliki fungsinya masing-masing. Kita sebagai manusia harus menjaga tulang-tulang yang ada di dalam tubuh supaya tidak ada cedera atau luka yang bisa menyebabkan tulang tidak berfungsi dengan baik. Jadi, sudahkah kamu merawat dan menjaga tulang-tulang yang ada di dalam tubuh?

Nama-Nama Tulang Manusia dan Fungsinya 3

Beli Buku di Gramedia

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien