in

15 Tips Mengecilkan Perut Buncit yang Mudah Kamu Praktikkan

Unsplash.com

Tips Mengecilkan Perut – Perut buncit merupakan suatu keadaan di mana lingkar perut pada pria melebihi 102 cm dan 88 cm pada wanita. Langkah mengecilkan perut buncit sendiri diantaranya mengonsumsi makanan dengan serat tinggi serta berpuasa.

Perut buncit sendiri merupakan permasalahan kesehatan yang kerap dialami oleh banyak orang. Untuk Mengecilkan perut buncit tak hanya sekadar untuk penampilan, tetapi juga agar tubuhmu menjadi lebih sehat.

Dengan memiliki perut yang lebih ramping kemudian akan membuat tubuh lebih ringan dan bugar. Perut yang membuncit sendiri sesungguhnya merupakan hal normal jika terjadi setelah makan besar karena lambungmu akan menjadi penuh untuk menampung makanan.

Setelah makanan diproses, perut kemudian akan menjadi normal kembali. Tetapi, perut buncit yang terus menerus dapat menjadi tanda juga sebagai masalah kesehatan.

Jika kamu memiliki pola hidup yang tak sehat, maka lemak kemudian akan menumpuk sehingga menyebabkan perut tampak lebih buncit.

Memiliki lemak perut yang berlebihan juga tidak hanya dialami oleh orang-orang dengan kelebihan berat badan, orang dengan berat badan normal pun sesungguhnya dapat memiliki lemak perut berlebih sehingga meningkatkan berbagai masalah kesehatan. Berikut ini beberapa tips mengecilkan perut yang bisa kamu lakukan.

Tips Mengecilkan Perut Buncit

1. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Tips Mengecilkan Perut
Unsplash.com

Tips mengecilkan perut yang pertama adalah mengkonsumsi makanan berserat tinggi dapat membantu mengecilkan perut buncit karena akan tubuhmu dapat merasa kenyang lebih lama. Serat kemudian akan menahan makanan dengan lebih lama di saluran pencernaan.

Contoh makanan berserat tinggi di antaranya adalah alpukat, kubis, kacang polong, serta beri hitam. Peningkatan asupan serat sendiri merupakan langkah penting untuk kemudian akan mengecilkan perut buncit.

2. Olahraga Kardio

Tips mengecilkan perut kedua adalah latihan kardiovaskular merupakan suatu cara terbaik bagi seseorang untuk membakar kalori serta meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah Penelitian oleh Prof. Dirk Vissers dari University of Antwerp yang diterbitkan dalam jurnal Plos One kemudian menunjukkan latihan aerobik pada tingkat sedang sampai berat mampu mengurangi lemak pada orang yang kelebihan berat badan tanpa harus mengurangi asupan kalori.

Banyak olahraga kardio yang efektif dapat memangkas lemak di perut serta memperkuat area perut tubuh seseorang. Beberapa contoh olahraga kardio yang mampu mengecilkan perut buncit di antaranya berlari, berjalan, dan berenang.

3. Konsumsi Biji-bijian dan Protein

Tips mengecilkan perut ketiga adalah mulailah mengganti asupan karbohidrat dengan biji-bijian yang kemudian mampu menyehatkan tubuh serta membantu mengecilkan perut buncit. Menurut penelitian dari Pennsylvania State University, orang yang mengonsumsi biji-bijian akan mengurangi lemak perut dua kali lebih banyak dibanding mereka yang tidak mengkonsumsinya sama sekali.

Biji-bijian utuh diketahui mampu mengurangi produksi insulin atau hormon yang mendorong penyimpanan lemak sehingga lebih mudah dalam menghilangkan lemak perut. Agar lebih optimal, konsumsilah biji-bijian serta protein tinggi.

Berdasarkan sebuah penelitian di Denmark terhadap 60 pria dan wanita, mereka yang mengikuti diet dengan mengonsumsi 25% kalori dari protein kemudian dapat menghilangkan lemak hampir dua kali lebih banyak setelah enam bulan dibanding mereka yang makan diet dengan 12% protein. Konsumsi protein dan biji-bijian seperti telur dan beras merah untuk sarapan, atau roti gandum dengan ikan, yogurt atau susu rendah lemak, serta sayuran seperti bit, wortel, dan brokoli.

4. Konsumsi Buah Semangka

Tips mengecilkan perut keempat adalah mengkonsumsi buah semangka. Sebuah studi dalam Journal of Nutrition menyatakan semangka memiliki kandungan asam amino yang mampu menurunkan berat badan. Para peneliti kemudian melakukan penelitian dengan arginin selama tiga bulan kemudian menemukan bahwa kandungan itu mengurangi peningkatan lemak tubuh sebesar 64%.

Dengan mengkonsumsi semangka, tubuh akan meningkatkan glukosa dan oksidasi lemak serta meningkatkan massa otot sehingga kemudian akan membakar lebih banyak kalori dibandingkan lemak. Camilan semangka di musim panas, serta makanan dengan sumber protein lainnya, seperti makanan laut, biji-bijian, dan kacang-kacangan dipercaya mampu mengecilkan perut buncit.

5. Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

Kombinasi diet serta olahraga sebagai salah satu cara paling efektif yang dapat mengecilkan perut buncit serta meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Penelitian juga menunjukkan bahwa berolahraga dengan intensitas yang berat tak perlu dilakukan, hanya dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya sudah lebih dari cukup.

Menurut Journal of Exercise Nutrition & Biochemistry, jalan cepat secara teratur telah terbukti mampu mengurangi lemak di area tengah tubuh dan total lemak tubuh. Faktanya, berjalan dengan intensitas cepat selama 30-40 menit (atau sekitar 7.500 langkah) per hari terbukti mampu mengurangi lemak perut secara signifikan sehingga pinggang kemudian akan tampak lebih ramping.

6. Menurunkan Tingkat Stres

Menurunkan tingkat stres sebagai salah satu cara mengecilkan perut buncit. Stres sendiri dipercaya dapat memicu perut buncit karena akan melepas hormon kortisol yang akan membuat gula lebih cepat memasuki aliran darah.

Akibatnya, tubuh kemudian akan memiliki kelebihan energi. Hormon kortisol juga akan menyebabkan peningkatan nafsu makan yang pada akhirnya akan mengakibatkan perut buncit.

7. Hindari Minuman Manis

Soda, minuman energi, dan jus buah umumnya memiliki banyak kandungan kalori dan gula cair sehingga akan dengan mudah dikonsumsi meski dalam jumlah besar sekaligus serta memberi kesan kenyang padahal hanya akan membuat tubuh menjadi kembung.

Menurut Journal of American Dietetic Association, minuman manis memiliki banyak kandungan kalori cair yang tidak dapat diproses dengan baik seperti kalori padat. Oleh karenanya pada akhirnya kamu akan mengonsumsi lebih banyak kalori cair sehingga akan membuat perut berlemak.

Sebuah studi yang dikeluarkan oleh Dr. Ludwig dalam Lancet Journal juga menunjukkan bahwa konsumsi minuman manis setiap hari akan meningkatkan risiko obesitas sebanyak hingga 60% pada anak-anak. Minuman ini juga memiliki kandungan fruktosa yang kemudian akan menimbun banyak lemak pada perut.

8. Rutin Minum Air Putih

Tips Mengecilkan Perut
Unsplash.com

Terdapat tiga bukti tentang minum air putih yang kemudian akan mengecilkan perut buncit. Pertama, air putih kemudian akan  membantu menurunkan berat badan serta meningkatkan laju metabolisme tubuh. Faktanya, menurut sebuah jurnal yaitu The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, minum air sendiri akan meningkatkan total pengeluaran energi hingga 100 kalori per hari.

Kedua, studi dalam Journal of American Dietetic Association kemudian menunjukkan bahwa minum air sebelum makan akan membuatmu merasa lebih kenyang, sehingga pada akhirnya akan membuatmu makan lebih sedikit kalori.

Ketiga, minum air juga akan membantu meringankan sembelit serta mengurangi perut kembung menurut European Journal of Clinical Nutrition. Rutin minum air juga akan membawa banyak manfaat pada tubuh, termasuk mengecilkan perut yang buncit.

9. Kurangi Minuman Berkarbonasi

Cara mengecilkan perut buncit lainnya adalah dengan mengurangi asupan minuman yang mengandung karbonasi. Gas yang terkandung pada minuman berkarbonasi sendiri akan menyebabkan gas terperangkap di perut.

Sebagai gantinya, minumlah air yang diberi rasa jeruk nipis, lemon, atau mentimun. Atau kurangi jumlah minuman bersoda yang dikonsumsi setiap harinya. Cobalah juga untuk mengonsumsi teh peppermint untuk minuman menenangkan yang dapat membantu mengurangi kembung.

10. Batasi Asupan Sodium

Cara mengecilkan perut selanjutnya adalah dengan membatasi asupan sodium. Makanan yang diproses dengan banyak sodium, serta kadar natrium tinggi dan rendah serat akan menyebabkan kembung yang kemudian berdampak pada membuncitnya perut.

Biasakan untuk membaca label makanan. Saat membeli makanan olahan, makanan kalengan, atau beku, Anda hanya boleh mengonsumsi tidak lebih dari 500 mg natrium per porsi dalam produk apa pun, atau total 1.500 hingga 2.300 mg natrium per hari. Cari label yang bertuliskan “bebas natrium”, “rendah natrium”, atau “natrium sangat rendah”.

11. Konsumsi Air Lemon

Selain minum air putih, mengonsumsi air lemon juga dapat membantu mengecilkan perut buncit. Healthline sendiri merilis antioksidan polifenol dalam satu lemon dapat mengimbangi berbagai efek negatif pada kadar glukosa darah yang tinggi serta mengurangi juga resistensi insulin.

Resep sederhana air lemon yang dapat kamu buat sendiri adalah dua gelas air dengan jus setengah lemon. Pertama-tama peras lemon ke dalam air, kemudian parut sebagian kulitnya ke dalam air. Polifenol sendiri juga dapat ditemukan dalam jeruk nipis, sehingga dapat menjadi pengganti yang baik bagi lemon jika kamu lebih menyukai tekstur jeruk yang lebih lembut.

12. Konsumsi Kunyit

Konsumsi juga kunyit secara teratur untuk membantu meningkatkan produksi cairan pencernaan yang diproduksi oleh hati kemudian disimpan di kantong empedu dan membantu pengemulsi lemak serta metabolismenya sehingga kemudian mampu mengecilkan perut buncit.

Dalam suatu penelitian yang dilakukan oleh Tufts University, kurkumin dalam kunyit sendiri bermanfaat dalam menekan pertumbuhan jaringan lemak serta mengatur kadar gula dan selanjutnya mencegah resistensi insulin sehingga kelebihan lemak kemudian tidak disimpan di dalam tubuh.

13. Berpuasa

Berpuasa juga efektif dalam proses mengecilkan perut buncit. Diet Sehat, sebagai rekomendasi puasa yang kemudian disarankan dengan makan dalam delapan jam lalu berpuasa selama 16 jam berikutnya. Jika dilakukan dalam dua hingga enam bulan, cara puasa ini akan mampu menghilangkan 7% lemak di dalam perut.

14. Jangan Makan Terlalu Cepat

Cara mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah dengan tidak makan terlalu cepat. Makan dengan cepat serta tidak mengunyah makanan dengan baik kemudian dapat menyebabkan kamu menelan banyak udara serta menyebabkan perut menjadi lebih kembung.

Oleh karena itu, usahakan makan perlahan dan  nikmati hidangan. Aktivitas makan sendiri setidaknya sebaiknya berlangsung selama 30 menit. Serta perlu diingat bahwa pencernaan dimulai dari mulut untuk kemudian mengurangi kembung hanya dengan mengunyah makanan dengan lebih baik.

15. Konsumsi Probiotik

Cara mengecilkan perut buncit terakhir adalah dengan mengkonsumsi probiotik. Probiotik sebagai bakteri hidup yang berperan besar dalam menurunkan berat badan serta pemeliharaan berat badan. Orang dengan kelebihan berat badan serta obesitas terbukti memiliki komposisi bakteri usus yang berbeda dari orang dengan berat badan yang normal, serta memengaruhi distribusi lemak dan penambahan berat badan.

Asupan probiotik yang teratur dapat mengubah keseimbangan menuju usus yang bermanfaat dalam mengurangi risiko penambahan berat badan serta bertumpuknya lemak pada rongga perut. Beberapa jenis probiotik yang terbukti sangat efektif dalam mengurangi lemak perut, diantaranya Lactobacillus fermentum, Lactobacillus gasseri dan Lactobacillus amylovorus.

Yang termasuk makanan probiotik di antaranya yogurt, kefir, tempe, kimchi dan acar. Terdapat juga berbagai macam suplemen probiotik yang tersedia. Namun, suplemen ini kemudian mengandung beberapa jenis bakteri, karenanya pastikan memilih setidaknya satu jenis yang disebutkan di atas ya.

Rekomendasi Buku Terkait Tips Mengecilkan Perut dan Diet

1. DEBM: Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan

Tips Mengecilkan Perut

DEBM adalah Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan, utamanya untuk yang hobi makan, malas olahraga, tapi cita-citanya selalu ingin ramping dan menawan. Kenapa ENAK? Karena Anda bisa kurus dengan tetap bisa makan enak, tanpa menghilangkan makanan favorit Anda dalam menu sehari-hari Anda, seperti steak daging, ikan bakar, sate kambing muda, keju dengan krim, susu full cream dan sebaiknya.

Kenapa “Bahagia”? Karena DEBM adalah Diet tanpa sengsara, mereka yang menjalani diet DEBM tampak lebih sehat, lebih cantik, lebih ganteng, lebih muda, lebih kuat, dan lebih langsing. Kenapa “Menyenangkan”? Karena diet satu ini khusus untuk yang hobi makan, malas olahraga tapi pengennya langsing.

Diet DEBM memang tidak membiarkan pelakunya sampai kelaparan, Anda harus kenyang setiap saat tanpa perlu menahan rasa lapar. Anda boleh makan makanan favorit Anda sebanyak Anda mau, tapi tentu tetap di jalur DEBM, yaitu rendah karbohidrat, tinggi protein, tinggi lemak, dan rendah gula.

Aturan dan penjelasannya dipaparkan dengan cara yang praktis namun padat di buku ini. Selain penjelasan seputar DEBM, buku ini juga dilengkapi resep-resep berupa menu 2 mingguan berupa makan pagi, makan siang, dan makan malam. Diperkaya pula dengan 20 resep camilan yang lezat.

2. #Dietkenyang dengan Cooking Hypnotherapy

Tips Mengecilkan Perut

Buku #DietKenyang dengan Cooking Hypnotherapy ini bukan hanya membahas masalah makan. Ini bukan hanya sebuah diet untuk tubuh. Tak kalah penting, pikiran juga harus diberi nutrisi dan dikuatkan dengan ilmu hypnotherapy.

Diet menjadi jauh lebih ringan dan mudah ketika kita sudah mampu mengelola pikiran. Keterampilan menanamkan sugesti melalui hypnotherapy telah berhasil memberi perubahan besar dalam kehidupan pelakunya. Mengubah dengan cara yang ringan dan menyenangkan. Dalam sekejap, menjadi sehat dan bahagia. Langsing itu… bonus!

3. Men on Diet

Tips Mengecilkan Perut

Hai man, apakah kamu sedang berpikir untuk diet? Emang pria perlu diet? Bukannya itu untuk wanita saja? Eits, jangan salah, tidak hanya wanita saja yang selalu mempermasalahkan urusan badan ini. Nyatanya, banyak pria yang juga gusar dengan berat badan mereka yang di atas rata-rata atau malah terlalu kurus. Dan, obesitas tak mengenal gender, pria pun bisa terkena obesitas.

Lalu mengapa pria perlu juga berdiet? Alasan terpenting mengapa kamu perlu mengatur pola makan atau berdiet adalah diet membuatmu sehat. Bonusnya, kamu mendapatkan penampilan yang ideal. Alasan lainnya, kamu akan lebih bahagia. Bahagia karena tidak susah mencari baju yang pas di tubuhmu, bahagia karena kamu menjadi semakin sehat dan dapat aktif beraktivitas, bahagia karena kamu mampu mengendalikan dan menjaga tubuhmu.

Bagaimana memulainya? Kamu dapat memulai diet dari buku ini. Buku ini akan memaparkan berbagai macam cara berdiet, langkah mudah mendapatkan tubuh ideal, bagaimana mengatasi halangan dietmu, dan berbagai macam menu yang sesuai untuk program diet. Mempunyai berat dan bentuk badan ideal? Pasti bisa!

Itulah beberapa tips mengecilkan perut buncit yang bisa Grameds praktikkan. Grameds juga bisa membaca buku-buku terkait diet untuk membantumu mengecilkan perut yang bisa kamu dapatkan di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

BACA JUGA:

  1. Menu Diet Sehat Paling Recommended
  2. Best Seller Buku Menu Diet Sehat, Keto Diet
  3. Rekomendasi Menu Diet Sehat Setiap Hari!
  4. 3 Resep Rendah Karbo Pilihan Gramedia Digital untuk Diet Kamu
  5. 10 Rekomendasi Buku Tentang Kesehatan


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda