in

Profil Seohyun SNSD, Sang Maknae dan Transformasinya Menjadi Aktris!

https://girls-generation.fandom.com/

Seohyun SNSD – Dari delapan member SNSD yang tersisa, memang rata-rata mereka telah melebarkan karirnya di dunia akting.

Saking seringnya bolak-balik di industri perfilman, banyak orang yang tidak menyangka bahwa mereka sebenarnya adalah member girl group legendaris, salah satunya Seohyun SNSD. Yap, maknae alias member termuda di SNSD ini turut mengikuti jejak para eonni-nya di dunia akting dan diterima dengan baik oleh publik.

Tidak hanya itu saja, Seohyun SNSD juga menjadi satu-satunya member SNSD yang mengikuti variety show We Got Married yang berkonsep kehidupan pernikahan pasutri muda bersama Jung Yong Hwa CNBLUE.

Hal ini tentu saja membuat Seohyun terus-menerus diejek oleh para member SNSD yang lebih tua karena begitu manis berperan sebagai pasangan yang baru menikah di variety show tersebut. Hingga detik ini, pasangan Yonghwa-Seohyun sering dianggap pasangan paling fenomenal apabila mereka berdua benar-benar pacaran.

Lantas, bagaimana sih perjalanan karir dari seorang Seohyun SNSD yang menjadi member termuda di SNSD? Apa saja pula fakta-fakta menarik seputar Seohyun SNSD? Yuk, segera simak segala ulasannya berikut ini!

Biodata dan Profil Seohyun SNSD

Seohyun SNSD
https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Seo Joo Hyun
  • Nama Panggung: Seohyun
  • Tanggal Lahir: 28 Juni 1991
  • Zodiak: Cancer
  • Tinggi Badan: 170 cm
  • Golongan Darah: A
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Masa Pelatihan: 5 tahun
  • Sub Unit: Girls’ Generation-TTS
  • Pendidikan: Dongguk University
  • MBTI: ENTJ
  • Akun Instagram: @seojuhyun_s
  • Akun Weibo: Seohyun

Perjalanan Karir Seohyun SNSD

Seohyun SNSD lahir dengan nama asli Seo Joo Hyun di Seoul pada  28 Juni 1991, yang saat ini telah melebarkan kariernya di dunia akting sebagai aktris ternama. Di keluarganya, Seohyun adalah anak tunggal alias tidak memiliki satu saudara pun.

Ibunda Seohyun adalah seorang kepala sekolah piano, sehingga Seohyun pun sudah diajarkan tentang bagaimana cara bermain piano sejak kecil, begitu juga dengan biola dan drum tradisional Korea. Tidak hanya itu saja, Seohyun juga telah belajar menaiki kuda dan skating.

Sebenarnya, kedua orang tuanya tidak pernah mendorong Seohyun untuk menjadi selebriti dan mempersilakan anak satu-satunya tersebut memilih karirnya.

2003: Bergabung Dengan SM Entertainment

Saat Seohyun tengah duduk di bangku kelas 5 SD, tepatnya saat berusia 12 tahun, dirinya bertemu dengan salah satu staf SM Entertainment di kereta bawah tanah. Staf tersebut meminta Seohyun untuk datang di audisi SM Entertainment dan dirinya pun lolos sebagai trainee.

Seohyun sendiri telah mengidolakan penyanyi BoA dan S.E.S yang merupakan seniornya di agensi SM Entertainment.

Mengingat BoA debut pada tahun 2000, tentu saja Seohyun menjadikan BoA sebagai role-modelnya dan menganggap bahwa menjadi penyanyi adalah cara yang keren untuk mengkomunikasikan emosi lewat lagu. Nah, siapa sangka jika Seohyun masuk di agensi yang turut menaungi penyanyi-penyanyi idolanya itu!

The Architecture of Love | Di balik Pena

2007: Berhasil Debut Bersama SNSD

Seohyun SNSD
https://girls-generation.fandom.com/

Setelah menjalani masa pelatihan selama kurang lebih 5 tahun, akhirnya Seohyun berhasil debut bersama SNSD sebagai lead vocalist sekaligus maknae pada Agustus 2007.

Lagu debut mereka berjudul “Into The New World” yang hingga saat ini masih sering ditampilkan kembali oleh para idol K-Pop rookie karena mereka begitu menghargai SNSD sebagai legenda di dunia K-Pop.

Tepatnya pada 5 Agustus menjadi waktu dimana Seohyun bersama para member SNSD lainnya resmi debut di Inkigayo SBS dengan membawakan lagu “Into The New World”. SNSD turut merilis album studio debut yang berjudul “Girls’ Generation”.

Pada 7 Januari 2009, SNSD merilis extended-play [EP] berjudul “Gee” yang kemudian meraih peringkat nomor 1 di acara musik Music Bank SBS dan memecahkan rekor kemenangan selama 9 minggu berturut-turut. Setelah itu, lagu-lagu comeback SNSD selalu menempati posisi puncak di tangga lagu Korea maupun luar negeri.

Pada 17 Mei 2022 silam, barulah SM Entertainment menyatakan bahwa SNSD akan comeback dengan formasi lengkap yakni 8 member sekaligus sebagai peringatan ulang tahun grup ke-15.

Comeback dengan lagu “Forever 1” ini juga menjadi mengakhiri hiatus grup SNSD selama 5 tahun lamanya. Meskipun ke-8 member SNSD sering berlalu-lalang di industri hiburan Korea Selatan, tetapi saat itu mereka tidak berpromosi sebagai grup, melainkan sebagai soloist atau artist individu.

FYI, sebenarnya member SNSD itu ada 9 orang tetapi pada tahun 2015, Jessica Jung menyatakan bahwa dirinya hengkang dari grup.

2010: Berpartisipasi Dalam Acara ‘We Got Married 2’

Seohyun SNSD
https://www.dailymotion.com/

Tiga tahun setelah debutnya bersama SNSD tepatnya pada tahun 2010, Seohyun SNSD tampil di sebuah variety show We Got Married Season 2 di saluran MBC.

Konsep acara ini adalah tentang kehidupan pasangan selebriti seolah-olah telah menikah dan menyelesaikan misi bersama. Nah, Seohyun sendiri berpasangan dengan Jung Yonghwa, vokalis dari grup band CNBLUE dengan jumlah episode 29-80.

Meskipun pasangan Yonghwa-Seohyun adalah pura-pura saja, tetapi keduanya berhasil memenangkan hati masyarakat. Setelah acara We Got Married Season 2 selesai pun, publik sering berspekulasi bahwa keduanya benar-benar pacaran di real life.

2012: Debut Dalam Sub Unit ‘TaeTiSeo’

Seohyun SNSD
https://www.koreaboo.com/

Semakin populernya SNSD di mata dunia, pihak agensi pun akhirnya mendebutkan sub-unit dengan nama ‘TaeTiSeo’ alias ‘TTS’. Nama TaeTiSeo ini merupakan akronim dari 3 membernya yakni Taeyeon, Tiffany, dan Seohyun. Ketiga member tersebut, termasuk Seohyun SNSD memang memiliki suara yang sangat apik dan menempati posisi vocalist di grup Girls’ Generation.

Tepatnya pada 2 Mei, TaeTiSeo resmi debut dengan mini-album bertajuk “Twinkle”. FYI aja nih, di MV Twinkle tersebut, terdapat 4 cameo yang saat ini sudah menjadi idol K-Pop papan atas yakni Chanyeol, Sehun, Kai, dan Baekhyun EXO.

Dua tahun setelah debut, TaeTiSeo comeback dengan lagu “Holler”. Lalu pada tahun 2015, comeback dengan mini-album bertajuk “Dear Santa”. Seohyun bahkan turut andil dalam penulisan lirik lagu “Baby Maybe” dan “Dear Santa”.

2013: Debut Sebagai Aktris

Seohyun SNSD
https://m.imdb.com/

Sama halnya dengan member SNSD lain, Seohyun pun juga melebarkan karirnya di dunia akting dan memulai debutnya sebagai aktris dengan menjadi cameo dalam serial drama SBS berjudul Passionate Love.

Meskipun Seohyun menjadi cameo, tetapi dirinya memiliki peran sebagai Han Yu Rim, seorang mahasiswa kedokteran hewan yang jatuh cinta kepada sang tokoh utama. Kemampuan akting Seohyun pun dipuji oleh sang sutradara yang mengatakan bahwa ekspresinya begitu alami layaknya para aktris senior.

Berhubung Seohyun telah berkuliah pada jurusan teater di Dongguk University, maka tentu saja dirinya sangat tertarik pada teater musikal. Role-modelnya di dunia teater adalah aktris Ock Joo Hyun yang kemudian menjadi mentornya.

Pada tahun 2016, Seohyun terpilih sebagai second lead female untuk film China berjudul So I Married An Anti-fan. Film tersebut turut menggandeng Chanyeol EXO sebagai pemeran utamanya.

Di tahun yang sama, Seohyun turut menjadi pemeran pendukung dalam serial drama populer Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dan akhirnya berhasil memenangkan penghargaan ‘Special Acting Award’ di SBS Drama Awards 2016.

2014: Debut Sebagai Aktris Musikal

Seohyun SNSD
https://www.koreaboo.com/

Pada bulan Januari, akhirnya Seohyun memulai debutnya sebagai aktris musikal berjudul Moon Embracing The Sun yang diadaptasi dari novel dengan judul sama. Seohyun berperan sebagai Yeon Woo, putri keluarga bangsawan yang jatuh cinta pada Raja dan saudara laki-lakinya.

Setahun kemudian, Seohyun ditunjuk kembali untuk membintangi teater musikal berjudul Gone With The Wind. Kala itu, Seohyun berperan sebagai Scarlett O’Hara. FYI, teater musikal Gone With The Wind ini adalah versi korea dari drama musikal Perancis berjudul Autant en Emporte Le Vent.

Atas penampilannya sebagai aktris musikal yang kedua, Seohyun mendapatkan banyak ulasan positif walaupun dirinya tidak bisa mengungguli seniornya, Bada, dalam hal vokal tetapi berhasil mengekspresikan karakter Scarlett O’Hara yang arogan.

Lalu, pada Februari sampai Juni 2016, Seohyun lagi-lagi bergabung dalam proyek teater musikal berjudul Mamma Mia versi Korea. Seohyun memerankan karakter Sophie, seorang calon pengantin berusia 20 tahun yang berharap dapat mengetahui siapa ayah kandungnya pada hari pernikahannya.

2017: Debut Sebagai Solois dan Meninggalkan SM Entertainment

https://girls-generation.fandom.com/

Pada bulan Januari, Seohyun menjadi member SNSD ketiga yang merilis debut solonya, dengan judul “Don’t Say No”. Untuk debut solonya ini, Seohyun berinisiatif untuk mengontrol secara penuh seluruh proses produksinya. Alhasil, lagu debutnya tersebut berhasil meraih posisi puncak di tangga lagu South Korean Gaon Album.

Saking antusiasnya Seohyun terhadap debut solonya tersebut, dirinya turut mengadakan konser residensi bertajuk Love Still – Seohyun yang menjadi bagian dari rangkaian konser-konser artis SM Entertainment.

Sayangnya pada bulan Oktober, Seohyun mengumumkan bahwa kontraknya dengan SM Entertainment akan berakhir dan tidak diperbaharuinya. Artinya, Seohyun akan meninggalkan SM Entertainment. Banyak penggemar yang bertanya-tanya bagaimana dengan kegiatan promosinya bersama SNSD. Setelah melalui proses diskusi yang panjang, akhirnya Seohyun mendapatkan hak untuk tetap berpromosi bersama SNSD walaupun telah berada di agensi yang berbeda.

2019: Bergabung Dengan Agensi Namoo Actor

Pada bulan Maret, Seohyun resmi menandatangani kontrak dengan Namoo Actors, sebuah agensi yang memang berfokus pada dunia akting. Setahun setelah itu, Seohyun mendapatkan peran baru untuk serial drama pendek berjudul Hello Dracula. 

Pada April 2022, Seohyun memperbaharui kontraknya dengan Namoo Actors setelah berhasil masuk nominasi ‘Best New Actress’ di 58th Baeksang Arts Awards.

35 Fakta Menarik Seputar Seohyun SNSD

Seohyun SNSD
https://girls-generation.fandom.com/
  1. Seohyun SNSD lahir dengan nama asli Seo Joo Hyun di Seoul pada  28 Juni 1991.
  2. Keluarganya hanya terdiri atas ayah dan ibunya saja sebab Seohyun adalah anak tunggal.
  3. Sejak masih duduk di kelas 5 SD, Seohyun telah menjadi trainee di SM Entertainment melalui audisi mandiri.
  4. Ibu Seohyun adalah seorang kepala sekolah piano sehingga Seohyun sering belajar berbagai alat musik seperti piano, biola, dan beberapa alat musik tradisional Korea.
  5. Sejak kecil, Seohyun telah diajarkan bagaimana menunggang kuda dan skating.
  6. Role modelnya dalam dunia musik adalah seniornya BoA, S.E.S., dan Fin K.L.
  7. Pada tahun 2008, Seohyun SNSD debut di dunia akting dengan menjadi cameo dalam serial drama SBS berjudul Unstoppable Marriage dan Passionate Love (2013).
  8. Pada tahun 2017, barulah Seohyun SNSD mendapatkan peran utamanya untuk serial drama MBC berjudul Bad Thief, Good Thief.
  9. Setelah lulus SMA, Seohyun melanjutkan pendidikannya di Dongguk University jurusan teater. Total ada 3 teater yang berhasil diperankannya yakni Moon Embracing the Sun (2014), Gone with the Wind (2015), dan Mamma Mia! (2016).
  10. Seohyun berkuliah di universitas yang sama dengan Yoona yakni Dongguk University.
  11. Pada Oktober 2017, Seohyun SNSD mengakhiri kontraknya dengan SM Entertainment dan pindah ke agensi Namoo Actors.
  12. Meskipun Seohyun telah pindah agensi, tetapi dirinya tetap memiliki hak untuk mengikuti promosi comeback SNSD yang masih berada dibawah naungan SM Entertainment.
  13. Seohyun memiliki seekor anak anjing bernama Ppoppo dan bahkan Ppoppo memiliki akun Instagram sendiri.
  14. Seohyun pandai bermain gitar, piano, dan biola.
  15. Sejak debutnya bersama SNSD, Seohyun paling dekat dengan Hyoyeon.
  16. Berteman akrab dengan sejumlah selebriti seperti Oh Yoo Jin, Lim Soo Jung, Kang So Ra, Ok Joo Hyun, Jung Yu Mi, Lee Jung Hyun, dan Kahi.
  17. Pada tahun 2012, Seohyun pernah berpartisipasi dalam sebuah variety show We Got Married bersama Jung Yonghwa CNBLUE. Keduanya dijuluki sebagai ‘Sweet Potato Couple’ oleh publik.
  18. Seohyun pernah menangis karena manajer SNSD telah berjanji bahwa dirinya akan berhenti merokok jika SNSD menang penghargaan MMA. Namun setelah itu, sang manajer malah merokok di depannya dan Seohyun menangis karena merasa dibohongi.
  19. Seohyun selalu menjadi ‘bendahara’ di grup SNSD dan memiliki kewajiban denda bagi siapapun yang terlambat membayar. Jessica adalah member SNSD (kala itu) yang sering membayar denda paling banyak.
  20. Seohyun SNSD sangat suka makan ubi.
  21. Dari sekian banyaknya lagu SNSD, Seohyun mengaku lagu favoritnya adalah “Kissing You”.
  22. Tipe pria idealnya adalah aktor populer Johnny Depp.
  23. Seohyun selalu mengenakan sabuk pengaman saat berada di dalam mobil, sekalipun dirinya duduk di kursi belakang.
  24. Di tasnya, Seohyun selalu membawa obat-obatan herbal.
  25. Saat penampilan live “Tell Me Your Wish”, Seohyun pernah kehilangan sepatunya.
  26. Seohyun sangat suka dengan anime Keroro. Saat awal-awal debut SNSD, Seohyun bahkan pernah mencoba memasang 1000 stiker Keroro di sekitar dorm, tetapi dicegah oleh para rekannya yang lain.
  27. Cara meredakan marah ala Seohyun adalah dengan tetap diam dan menghembuskan nafasnya melalui hidung.
  28. Menurut para member SNSD, Seohyun adalah member yang paling lama menghabiskan waktu di kamar mandi.
  29. Sebenarnya, Seohyun bersekolah di SMA yang sama dengan Yoona yakni di SMA Daeyoung. Namun kemudian dirinya pindah di SMA Seni Jeonju yang merupakan almamater Taeyeon.
  30. Pada tahun 2016, Seohyun pernah debut di film China dengan judul So I Married An Anti Fan.
  31. Pada April 2012, Seohyun didapuk untuk menjadi anggota sub unit pertama SNSD bersama Taeyeon dan Tiffany, yakni TTS.
  32. Pada Agustus 2016, Seohyun dan Yuri merilis sebuah lagu melalui SM Station, berjudul “Secret”.
  33. Seohyun menjadi member SNSD ke-3 yang merilis album solo. Lagu debutnya berjudul “Don’t Say No” rilis pada Januari 2017.
  34. Para member SNSD memilih Seohyun sebagai member yang paling banyak berubah sejak debut. Dulu, Seohyun adalah sosok yang pendiam dan pemalu, tetapi kini dirinya telah menjadi lebih percaya diri dan banyak bicara di depan kamera.
  35. Seohyun SNSD memiliki pola makan yang sangat sehat dan gemar makan sayur serta buah-buahan. Dirinya bahkan tidak suka dengan junk food.

Demikian pembahasan tentang Seohyun SNSD, semoga semua pembahasan di atas dapat menginspirasi kalian, Grameds. 

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Masih penasaran dengan dunia Kpop? Dan ingin mencari informasi lebih banyak lewat buku?

Tenang, kalian tak perlu bingung untuk mencari hal itu, karena gramedia.com akan memberikan rekomendasi buku terkait di bawah ini. Biar nggak penasaran lagi nih, langsung saja simak rekomendasi buku terkait di bawah ini, ya.

6 Rekomendasi Buku Terkait

1. The Ultimate History of Girls’ Generation

Memiliki anggota yang cukup banyak yaitu, 8 anggota, SNSD memiliki citranya sendiri dan kekhasan dalam menampilkan setiap lagu-lagunya. Bahkan beberapa waktu lalu, SNSD juga mendapatkan pujian dari netizen Korea, karena penampilan mereka dinilai sangat profesional dan unik.

Bahkan, sampai sekarang posisi Girls’ Generation sebagai girlband papan atas Korea masih belum tergusur lho. Wih keren banget yah! BTW kalian penasaran dan mau tahu alasannya? Yuk, buka dulu The Ultimate History of Girls’ Generation yang bahas tuntas perjalanan karir mereka dari awal hingga mencapai satu dekade ini!

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    73% 510 / 690
  • Belum
    18% 128 / 690
  • Masukkan keranjang
    7% 52 / 690

2. Girls’ Generation

Girls’ Generation menjadi terkenal di awal karir mereka dengan lagu-lagu seperti “Into the New World” dan “Kissing You,” tetapi baru pada tahun 2009 mereka mendapatkan popularitas besar di Korea Selatan dengan single mereka “Gee.” yang kemudian dinamai sebagai Song of the Decade di Korea Selatan.

Dalam lima tahun, grup ini telah menjual total 4,4 juta album dan 30 juta single digital. Popularitas besar mereka di Korea Selatan membuat mereka mendapatkan gelar ‘Penyanyi Bangsa’ dan ‘Grup Gadis Bangsa’. Jurnal lainnya menyebut grup tersebut sebagai entertainer paling berpengaruh pada tahun 2011 dan 2012, menjadikan mereka sebagai girl grup pertama dalam sejarah yang masuk dalam daftar tersebut.

Forbes juga menobatkan grup Korea Selatan sebagai ‘Penghibur Paling Berpengaruh’ tahun 2011.

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    73% 510 / 690
  • Belum
    18% 128 / 690
  • Masukkan keranjang
    7% 52 / 690

3. Play With Super Junior

Siapa sih yang enggak tahu Super Junior? Grup legendaris dengan julukan “The King of Hallyu Wave” ini berkontribusi besar dalam menyebarkan virus Kpop ke seluruh dunia. Lagu-lagu hit mereka seperti “Sorry Sorry”, “Bonamana”, dan “Mr Simple” jadi lagu-lagu sepanjang masa yang super populer dan sukses menarik perhatian publik yang awalnya belum kenal sama K-pop. Dan sampai saat ini, Super Junior masih menunjukkan eksistensi mereka yang luar biasa di dunia hiburan.

Yuk, ikuti perjalanan Super Junior hingga sukses seperti sekarang! Dijamin kalian para K-popers semakin jatuh cinta deh! Ada bonus poster Oppa-Oppa juga, lho. So, are you ready “PLAY with Super Junior”?

4. The Perfect Red Velvet

Eiits, jangan salah ya, Red Velvet disini bukan nama kue lho! Red Velvet adalah group persembahan SM Entertainment yang saat ini lagi naik daun. Red Velvet adalah grup yang punya dua sisi berbeda dalam musik mereka. Group ini digawangi oleh lima cewek cantik, Irene, Seulgi, Wendy, Joy dan Yeri. Red Velvet punya konsep unik perpaduan dua kakak seperguruannya, Girls Generation yang girly dan f(x) yang edgy. Perlahan tapi pasti, Red Velvet semakin mantap menaiki tangga ke puncak popularitas di panggung K-pop yang kompetitif.

Yuk simak lebih lanjut bagaimana perjuangan Red Velvet hingga akhirnya mampu memborong banyak penghargaan di bidang musik, serta menjadi salah satu girl group papan atas yang aktif di panggung K-pop melalui buku ini!

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    73% 510 / 690
  • Belum
    18% 128 / 690
  • Masukkan keranjang
    7% 52 / 690

5. Be My Aespa!

Sebagai “anak bungsu” dari SM Entertainment, AESPA juga berhasil mendongkrak industri musik K-Pop sama seperti para seniornya, sebut saja ada S.E.S, Girl’s Generation, Super Junior, EXO, dan NCT. Adik seperguruan Girl’s Generation, f(x), dan Red Velvet ini memang jadi pusat perhatian penggemar K-pop di seluruh dunia, bahkan sebelum mereka melakukan debut resmi.

Para anggota AESPA sering banget menjadi topik diskusi panas dan tren di berbagai komunitas daring Korea Selatan. Baru dua bulan debut, AESPA langsung memboyong dua penghargaan Rookie of the Year alias pendatang baru terbaik dari dua ajang penghargaan bergengsi plus satu trofi kemenangan di program musik dengan lagu debut mereka “Black Mamba”. Gak hanya itu, video musik “Black Mamba” juga memecahkan rekor sebagai video musik debut grup K-pop dengan waktu tercepat meraih 100 juta view di YouTube.

Wow banget dong! Jadi, siapa sih sebenarnya aespa kenapa mereka bisa populer dalam waktu singkat? Buku Be MY aespa! akan mengulik siapa mereka, let’s check it out!

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    73% 510 / 690
  • Belum
    18% 128 / 690
  • Masukkan keranjang
    7% 52 / 690

6. SuperM: The Avengers of K-Pop

The Avengers of K-Pop? Ini bukan kisah tentang para superhero dengan kekuatan ajaibnya, melainkan ini adalah awal mula dari cerita ‘mereka,’ SuperM. Kisah 7 cowok tampan dengan tarian dan suara merdu mereka, yang mampu menghipnotis para kaum hawa. Ibarat para superhero yang memiliki cerita dan filmnya sendiri sebelum bergabung di “Avengers,” begitu pun para anggota SuperM.

Para 7 cowok tampan di SuperM terdiri dari; Baekhyun, Kai, Lucas, Mark Lee, Taemin, Taeyong, dan Ten. Mereka pun masih tergabung dalam grup asli mereka di bawah SM Entertainment yaitu EXO, NCT, SHINEE, dan Wavy, namun mereka juga mempunyai misi khusus. Sebuah misi untuk mengibarkan bendera “SuperM” ke penjuru dunia.

Jadi, apa sajakah ‘kekuatan’ yang dimiliki oleh SuperM ini? Lalu, kenapa mereka diberi julukan “The Avengers of K-Pop” oleh banyak orang? Dan mampukah mereka membawa nama “SuperM” terbang jauh dan menaklukan dunia? Mari temukan jawabannya di sini!

Sumber:

https://en.kepoper.com/

Seohyun Profile and Facts

https://kpopping.com/profiles/idol/Seohyun

https://en.wikipedia.org/wiki/Seohyun

https://girls-generation.fandom.com/wiki/Seohyun

Seo Joohyun

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.