in

Inilah 20 Rekomendasi Minuman Untuk Diet Yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Seperti yang kita tahu bahwa istilah diet ini seringkali dihubungkan dengan proses menurunkan berat badan. Ada banyak sekali hal dan juga cara yang dilakukan demi bisa menurunkan berat badan. Mulai dari menurunkan porsi makan, mengganti menu makanan, atau menjaga asupan makan, serta melakukan olahraga secara rutin atau cara lainnya. Namun, perlu diketahui bahwa diet merupakan salah satu terbaik apabila kamu ingin terhindar dari berbagai risiko obesitas dan juga penyakit lainnya.

Mengkonsumsi makanan secara berlebihan dan tidak pernah memperhatikan asupan nutrisi dan juga gizi pada makanan yang dikonsumsi tentunya dapat menjadi sumber penyakit. Apabila sampai terjadi adanya obesitas, maka kamu bisa mengalami gangguan tidur, risiko diabetes, dan juga adanya risiko penyakit jantung. Obesitas sendiri juga dapat menurunkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, diet sangat dibutuhkan untuk mencegah apabila timbul risiko penyakit yang tidak diinginkan.

Asalkan melakukan diet dengan cara yang tepat, maka tubuh akan terasa lebih sehat. Bahkan, apabila hanya dilakukan secara sembarang atau berupa diet ekstrim, maka hal itu justru akan membahayakan kesehatan tubuh. Maka dari itu, untuk kamu yang ingin menjalankan diet, harus lebih berhati-hati. Akan tetapi, diantara sekian banyak pola makan dan juga asupan yang harus dijaga, kamu juga perlu memperhatikan minuman yang cocok untuk diet. Minuman sehat yang pastinya bisa membantu kamu dalam menurunkan berat badan.

Rekomendasi Minuman Untuk Diet

Minuman untuk diet, seperti halnya kopi hitam, teh hijau, teh jahe, jus sayuran, sampai jus buah-buahan dinilai bisa membantu untuk menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme ataupun memberi rasa kenyang yang lama. Tapi, apakah kamu tahu bahwa beberapa minuman bisa membantu menurunkan berat badan? Minuman untuk diet ini dipercaya bisa meningkatkan metabolisme, memberi rasa kenyang yang lama, dan bisa mengurangi lapar. Sehingga minuman tersebut dapat mendukung penurunan berat badan.

Selain makanan apa saja yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsinya, kamu juga perlu memperhatikan minuman apa saja yang baik diminum ketika sedang diet. Pastinya dapat membantu kamu menurunkan berat badan. Berikut adalah beberapa rekomendasi minuman untuk diet.

1. Air Mineral atau Air Putih

Salah satu minuman yang sehat yaitu air mineral. Bahkan, hal itu sudah biasa kita minum setiap hari. Air mineral sendiri tidak mempunyai aroma dan rasa, rasanya yang tawar juga tidak membuat air mineral menjadi buruk. Justru, minum air mineral pastinya kita akan mendapatkan manfaat yang banyak. Apabila kamu ingin menurunkan berat badan, tentunya dengan minum air mineral maka berat badan kamu akan lebih terkontrol.

Jadi, tidak hanya menyehatkan saja, air putih adalah minuman sehat yang paling mudah dikonsumsi dan juga praktis. Sebagai salah satu minuman sehat, air putih tidak mengandung kalori atau gula yang berisiko menambah berat badan. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa minum air putih sebanyak 1,5 liter setiap harinya selama 8 minggu dipercaya bisa menurunkan berat badan. Selain itu, air putih bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Untuk bisa memperoleh manfaat air putih, kita disarankan untuk minum 2 gelas air putih sebelum makan supaya bisa memberikan efek kenyang dan mencegah untuk makan dengan porsi yang berlebihan. Apabila bosan dengan rasa tawar dari air mineral tersebut, maka kamu bisa menambahkan perasan lemon atau membuat infused water.

2. Infused Water

Jika bosan dengan air mineral, kamu bisa membuat infused water sebagai minuman untuk diet guna menurunkan berat badan. Infused water ini merupakan minuman sehat untuk diet yang terbuat dari campuran air dan irisan buah ataupun sayur. Umumnya, infused water ini disimpan di dalam kulkas selama 1 hingga 12 jam. Hal itu bertujuan untuk mengeluarkan sari-sari pada setiap irisan buah atau sayuran yang digunakan. Selain menyegarkan dan bisa menurunkan berat badan, minum infused water secara rutin juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan juga mencegah tanda-tanda penuaan dini.

3. Jus Sayur-sayuran

Seperti yang kita ketahui bahwa buah-buahan memang sangat menyehatkan untuk tubuh, akan tetapi ada beberapa buah yang mengandung tinggi gula yang pastinya bisa menjadi salah satu faktor kenaikan berat badan. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba membuat jus sayur-sayuran sebagai menu minuman untuk diet yang lebih sehat dan ampuh untuk menurunkan berat badan.

Hal itu telah didukung dalam sebuah penelitian yang dipublish di BioMed Central Nutrition Journal, dimana penelitian tersebut dilakukan kepada tiga kelompok selama 12 minggu. Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi jus sayuran paling cepat mengalami penurunan berat badan daripada kelompok yang tidak mengonsumsi jus sayur. Selain itu, kebutuhan tubuh akan vitamin C dan juga potasium juga bisa terpenuhi. Yang mana pastinya dapat memberi manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Teh Hijau

Minuman untuk diet berikutnya adalah teh hijau. Teh hijau adalah minuman yang berasal dari negara China dan juga sangat bagus untuk menurunkan berat badan. Hal itu dikarenakan teh hijau mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi dan bisa membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh. Akan tetapi, kebanyakan orang mungkin tidak terlalu suka dengan rasa teh hijau yang cenderung pahit. Oleh karena itu, kamu bisa mengatasinya dengan cara menambahkan sedikit madu alami untuk memperoleh sedikit rasa manis yang baik untuk kesehatan.

Teh hijau sendiri adalah minuman sehat yang bebas kalori dan kaya akan kandungan antioksidan. Selain bisa menurunkan berat badan, kandungan antioksidan yang ada di dalam teh hijau juga bisa mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti diabetes type 2, penyakit jantung, dan juga penyakit liver. Untuk memperoleh manfaat teh hijau, kamu disarankan untuk mengonsumsinya 2 kali sehari.

5. Air Kelapa

Air kelapa adalah salah satu minuman rendah kalori yang mengandung enzim alami dan mineral seperti serat, potasium, dan juga protein yang bisa menurunkan berat badan. Minuman untuk diet ini bisa dikonsumsi setiap hari karena kandungannya yang baik. Selain itu, minum air kelapa juga baik untuk mengembalikan elektrolit dalam tubuh yang hilang, terlebih pada penderita diare yang mengalami kekurangan cairan.

Menariknya, minum air kelapa ketika diet juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dan juga menjaga kesehatan jantung. Meski begitu, disarankan mengonsumsi air kelapa murni tanpa adanya tambahan pemanis buatan.

6. Minuman Berprotein

Apakah kamu pernah mendengar minuman berprotein? Sesuai dengan namanya, minuman yang satu ini adalah campuran bubuk protein dan air. Belakangan ini, minuman tinggi protein ini sedang populer di kalangan orang-orang yang rutin melakukan fitness dan membentuk otot. Kandungan protein memang dipercaya bisa memberikan rasa kenyang. Sehingga baik untuk membentuk otot dan menahan lapar lebih lama. Jadi, minuman untuk diet ini sangat baik untuk menurunkan berat badan.

7. Teh Hitam

Minuman untuk diet berikutnya adalah teh hitam. Teh yang satu ini mempunyai kandungan kafein yang sangat tinggi. Kafein sendiri adalah senyawa yang bermanfaat untuk meningkatkan proses pembakaran lemak pada tubuh. Dengan mengonsumsi teh hitam yang mengandung banyak kafein, maka bisa menahan rasa lapar lebih lama. Akan tetapi, perlu diperhatikan karena jika mengonsumsi kafein secara berlebihan, maka hal itu bisa menimbulkan masalah pada kehidupan sehari-hari seperti mual, susah tidur, merasa cemas, dan lain sebagainya.

8. Teh Putih

Teh putih memiliki kandungan mikronutrien yang berperan sebagai antioksidan dan juga pembakar lemak. Senyawa tersebut dikenal dengan sebutan polifenol. Dengan mengonsumsi teh putih secara rutin, dapat membantu memecah lemak dan mencegah pembentukan sel-sel lemak yang baru. Selain itu, teh putih juga bisa meningkatkan proses metabolisme sebesar 4 hingga 5 persen dan menghasilkan pembakaran 70 hingga 100 kalori ekstra per harinya.

9. Susu Kedelai

Susu kedelai adalah salah satu minuman untuk diet yang sehat dan cepat untuk menurunkan berat badan. Alasannya yaitu karena susu kedelai ini mengandung protein tinggi dan juga rendah kalori. Uniknya lagi, susu yang menjadi salah satu alternatif pengganti susu sapi karena intoleransi ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko osteoporosis, mencegah anemia, dan juga mengurangi gejala menopause pada perempuan. Sangat disarankan untuk mengonsumsi susu kedelai rendah lemak dan sudah diperkaya dengan vitamin D dan juga kalsium.

10. Jamu Kunyit Herbal

Kunyit kerap kali ditambahkan ke dalam berbagai macam olahan masakan nusantara sampai untuk perawatan kulit. Selain itu, kunyit juga cukup ampuh untuk menurunkan berat badan. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan minuman diet. Menurut penelitian yang dipublish di European Review for Medical and Pharmacological Science, kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit bisa meningkatkan persentase pengurangan lemak yang ada di tubuh dari angka 0,70 menjadi 8,43 persen.

Kunyit sendiri mempunyai sifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi peradangan di dalam tubuh, yang mana merupakan salah satu faktor penyebab obesitas. Oleh karena itu, tak salah jika jamu yang mengandung kunyit menjadi salah satu rekomendasi minuman herbal untuk diet yang bisa membantu menjaga berat badan. Kunyit bisa kamu jadikan sebagai minuman untuk diet dengan cara dicampur dengan bahan-bahan herbal lain untuk memberikan manfaat yang lebih banyak untuk kesehatan tubuh.

11. Jus Buah

Walaupun mempunyai kalori yang lebih tinggi daripada jus sayuran, namun jus buah tetap bisa menjadi minuman untuk diet yang sehat dan bergizi. Akan tetapi, hindari mengonsumsi jus buah kemasan yang umumnya sudah ditambahkan gula ataupun pemanis buatan atau bahkan pengawet. Kamu sangat dianjurkan untuk mengolah sendiri buah untuk dijadikan jus menggunakan blender. Pastikan bahwa jus buah yang kamu konsumsi tidak ditambah gula atau susu kental yang manis.

12. Kopi

Untuk kamu yang sedang menjalankan proses diet atau menurunkan berat badan, kopi bisa menjadi pilihan minuman sehat untuk dikonsumsi. Namun, disarankan untuk mengonsumsi kopi tanpa diberi pemanis tambahan atau bisa ditambah dengan susu tanpa lemak. Walaupun begitu, kamu tidak disarankan untuk minum kopi secara berlebihan, cukup dua cangkir setiap harinya. Selain bisa menurunkan berat badan, kopi juga bisa memberikan manfaat lain yakni menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, dan juga gangguan fungsi hati.

13. Smoothies

Membuat smoothies dari campuran buah-buahan seperti pisang, stroberi, blueberry, dan lainnya dapat menjadi pilihan minuman sehat dan lezat untuk proses diet. Kamu dapat menambahkan susu rendah lemak ke dalam smoothies supaya terlihat lebih kental. Hindari mengonsumsi smoothies dalam bentuk kemasan, karena biasanya sudah ditambah dengan pemanis dan juga es krim yang membuatnya tinggi kalori.

14. Air Jahe

Jahe yang sudah diolah menjadi teh juga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Caranya yaitu dengan mengurangi nafsu makan dan meningkatkan kalori yang dibuang dari dalam tubuh. Minuman yang satu ini juga bisa memberikan efek termal makanan. Itu artinya, jumlah kalori yang diperlukan untuk mencerna dan juga menyerap makanan akan lebih tinggi dari biasanya. Kombinasi dari semua manfaat tersebut menandakan bahwa bila air jahe tersebut sangat cocok untuk dikonsumsi seseorang yang sedang menjalankan program diet.

15. Cuka Apel

Banyak orang yang gemar menambahkan cuka apel ke dalam menu makanan hariannya. Selain itu, tidak sedikit orang yang juga langsung meminum sesendok cuka apel setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh. Cuka apel ini bisa memberikan banyak sekali manfaat untuk tubuh, termasuk mengontrol kadar gula di dalam darah, melancarkan sistem pencernaan, dan juga memberikan rasa kenyang lebih lama. Berikutnya, cuka apel juga termasuk ke dalam sumber probiotik yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan menyehatkan saluran usus. Kamu bisa menambahkan cuka apel ke dalam air putih untuk membuat minuman untuk diet, Akan tetapi, jika kamu membeli cuka apel yang sudah dalam bentuk kemasan, maka hati-hati dengan kadar gula yang terkandung di dalamnya.

16. Santan

Santan sendiri sebenarnya merupakan minuman yang rendah kalori. Minuman yang satu ini bisa menjadi sumber zat besi, antioksidan, dan juga vitamin E. Apabila diolah dengan baik, maka santan bisa mengandung kalsium dan juga vitamin D. Santan juga termasuk minuman yang bebas dari laktosa, gluten, dan juga aman untuk pola hidup vegan. Oleh sebab itu, kamu bisa mengonsumsi santan tanpa gula sebagai salah satu minuman untuk diet.

17. Kombucha

Kombucha merupakan teh fermentasi yang baik untuk kesehatan tubuh. Minuman kemasan untuk diet yang satu ini mengandung probiotik dan juga antioksidan dari proses fermentasi daun teh. Akan tetapi, kamu perlu hati-hati karena teh kombucha ini biasanya mengandung banyak sekali gula. Jadi, jangan lupa untuk membaca label kemasan dan belilah kombucha yang mengandung kurang dari 15 gram gula per botolnya.

18. Susu Rendah Lemak

Manfaat dari susu rendah lemak ini yaitu kandungan lemaknya yang lebih sedikit dibandingkan dengan susu murni. Oleh sebab itu, susu rendah lemak dapat menjadi pilihan sebagai minuman untuk diet yang sehat dan menyegarkan.

19. Dark Chocolate

Cokelat dipercaya bisa menekan hormon ghrelin yang biasanya membuat rasa lapar terjadi. Oleh karena itu, minuman dark chocolate yang terasa lebih pahit ini dapat menjadi alternatif pilihan untuk kamu yang bosan mengonsumsi jus buah atau sayuran.

20. Teh Oolong

Jika pada teh hijau mengandung antioksidan yang baik untuk dikonsumsi ketika diet, maka teh oolong ini justru mengandung kafein yang lebih tinggi untuk membantu meningkatkan metabolisme secara alami. Apabila dikonsumsi secara rutin, teh yang satu ini bisa membantu membakar lemak, bahkan ketika kamu tertidur lelap. Tapi, pastikan kamu mengonsumsi teh oolong ini tanpa gula supaya manfaatnya tetap terasa tanpa mengurangi kebaikannya.

Demikian penjelasan mengenai berbagai macam minuman untuk diet. Semoga bermanfaat.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah