in

Kenali Makanan Karbohidrat Beserta Diet Karbo

Makanan karbohidrat – Karbohidrat menjadi salah satu asupan penting bagi tubuh. Ada banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita untuk memelihara kesehatan tubuh serta mengatur segala aktivitas di dalam tubuh seseorang dan sebagai sumber energi.

Karbohidrat sendiri sering dikenali sebagai bahan bakar bagi tubuh, karbohidrat berfungsi untuk mengatur sel tubuh, kecerdasan otak, sistem pencernaan hingga mengatur kolesterol jahat.

Walaupun dikenal penting untuk tubuh, kebutuhan akan karbohidrat juga perlu ditakar sesuai porsi tubuh kita masing-masing ya, karena jika berlebihan pun akan menimbulkan gangguan kesehatan, sehingga konsumsi karbohidrat ini pun harus dibatasi.

Biasanya, dokter sering menyarankan membatasi konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat untuk menurunkan penyakit diabetes dan obesitas. kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang makanan karbohidrat. Namun, sebelum itu, kita akan membahas tentang pengertian karbohidrat terlebih dahulu.

Apa itu Karbohidrat?

Umumnya, orang mengatakan karbohidrat itu identik dengan makanan-makanan berat seperti nasi, kentang, dan lain sebagainya, yang mengandung manfaat untuk memperoleh tenaga.

Dikutip dari berbagai sumber, pengertian karbohidrat secara ilmiah adalah senyawa biomolekul yang terdiri dari atom karbon, oksigen, dan hidrogen, yang mana manfaat yang dihasilkan karbohidrat ini memang sebagai bahan bakar tubuh atau untuk mendapatkan tenaga.

Selain untuk menghasilkan tenaga, karbohidrat juga berfungsi untuk meningkatkan massa otot. Sehingga otot kuat dan dapat menjalankan fungsinya didalam tubuh.

Klasifikasi tentang karbohidrat digolongkan menjadi 4 golongan utama. Yaitu, monosakarida, disakarida, oligosakarida, dan polisakarida. Yang membentuk rantai karbohidrat.

Untuk kamu yang sedang menulis tugas akhir atau ingin mengetahui lebih lanjut tentang karbohidrat beserta penjelasannya, serta metabolisme dalam tubuh, bisa baca selengkapnya pada buku Biokimia: Enzim Dan Metabolisme Karbohidrat Untuk Mahasiswa

 

Makanan Karbohidrat

1. Nasi Putih

pixabay

Bagi orang Indonesia, nasi putih pastinya sudah tidak asing lagi karena hampir setiap hari, orang Indonesia akan mengonsumsi nasi putih. Nasi putih itu sendiri memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga ketika mengonsumsinya pun, seseorang akan merasa kenyang.

2. Buah Kurma

Makanan karbohidrat berikutnya adalah kurma. Bagi umat muslim buah yang satu ini terdengar tidak asing lagi karena di setiap bulan Ramadhan, suguhan buah kurma ini terkadang ada dalam menu sahur atau berbuka puasa. Kandungan karbohidrat pada kurma ini sangat baik untuk kesehatan.

3. Ubi

Bagi sebagian orang mungkin saja sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ubi. Benar sekali, ubi ini sering dijadikan sebagai makanan pengganti nasi. Hal ini karena di dalam ubi terkandung karbohidrat yang cukup banyak. Untuk mengolah ubi sendiri bisa dengan cara direbus ataupun digoreng.

4. Jagung

Jagung merupakan salah satu contoh makanan yang mengandung karbohidrat. Jika bicara tentang jagung bisa dibilang olahannya sangatlah banyak. Meski begitu, akan lebih baik apabila mengonsumsi jagung dengan cara direbus saja.

5. Mangga

Buah berwarna hijau dengan daging buah berwarna kuning ini memiliki kandungan karbohidrat. Bahkan, tak sedikit orang yang mengonsumsi mangga untuk mengisi perutnya agar memiliki energi.

6.Quinoa

Bagi sebagian orang mungkin saja belum pernah mendengar tentang quinoa. Kandungan quinoa ini sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh. Bagi kamu yang ingin diet, maka quinoa ini bisa dijadikan sebagai makanannya.

7. Pisang

Ketika mendengar buah pisang rasanya hampir semua orang akan mengetahuinya. Bahkan, tak sedikit juga yang menjadikan buah pisang masuk ke dalam menu diet. Hal ini disebabkan karena buah pisang mengandung karbohidrat yang baik sekaligus vitamin dan protein.

8. Apel

Selain pisang, buah apel juga memiliki karbohidrat. Maka dari itu, terkadang seseorang yang sedang diet akan mengonsumsi buah apel secara rutin.

9. Oat

Oat merupakan makanan yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi, sehingga kamu akan tetap sehat dan juga kenyang. Selain mengandung karbohidrat, ternyata oat juga mengandung vitamin B6, niasin, dan folat.

10. Kacang Merah

Makanan karbohidrat selanjutnya adalah kacang merah. Bagi orang yang melakukan diet, kacang merah sudah menjadi makanan yang sering dikonsumsi.

Mitos Seputar Makanan Karbohidrat 

karbohidrat sering dikaitkan dengan musuh pada makanan, karena seringnya karbohidrat yang dianggap menimbulkan berbagai macam penyakit seperti diabetes dan kelebihan berat badan atau obesitas pada seseorang.

Belum lagi, banyaknya mitos yang berkembang di sebagian besar masyarakat kita, tentang bahayanya mengonsumsi makanan karbohidrat, sehingga banyak orang yang berusaha menghindari makanan karbohidrat yang dianggapnya sebagai sumber masalah. Padahal karbohidrat yang dikonsumsi dalam porsi yang di pas dan seimbang, sangat lah bermanfaat bagi tubuh.

Untuk itu, kita perlu tahu tentang fakta yang sebenarnya, jadi kita tidak salah paham tentang karbohidrat ini. Mari kita simak mitos dan fakta tentang karbohidrat ini.

 

  • Menjadikan Tubuh Gendut atau Gemuk

Bagi sebagian orang yang memiliki bentuk tubuh yang gendut atau gemuk akan langsung mengklaim bahwa obesitas yang terjadi karena banyak mengkonsumsi makanan karbohidrat.

Padahal mengonsumsi karbohidrat dengan takaran yang pas tidak akan menyebabkan obesitas. Justru obesitas terjadi karena jumlah kalori yang berlebih, maka sebaiknya kamu perhatikan makanan yang dikonsumsi, seberapa besar jumlah kalorinya.

  • Mitos Karbohidrat adalah Zat Berbahaya

Berikutnya adanya mitos bahwa karbohidrat adalah zat yang berbahaya bagi tubuh, sehingga sebagai orang menghindari makanan karbohidrat dan melakukan diet secara extrim.

Namun semua itu tidaklah benar, karena faktanya, tubuh kita tetap membutuhkan zat karbohidrat ini, karena merupakan makronutrien bagi tubuh kita.

Adapun yang berbahaya adalah jika kamu mengonsumsi karbohidrat dengan berlebihan. Maka dari itu, kita harus bisa mengetahui seberapa besar karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh kita.

  • Hanya Nasi Sumber Utama Karbohidrat

Banyaknya mitos yang beredar membuat orang menilai, jika hanya nasi yang menjadi sumber utama karbohidrat. Faktanya kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dari berbagai jenis makanan lainnya, seperti kentang, jagung, dan lainnya. Karbohidrat digolongkan menjadi dua jenis.

Yang pertama karbohidrat sederhana. Yaitu hanya mengandung glukosa yang mudah dicerna. Contohnya gula yang kita konsumsi sehari-hari, seperti gula putih dan gula merah. Yang kedua, Karbo kompleks adalah karbohidrat jahat, yang perlu kamu batasi dalam mengonsumsinya, jika berlebihan akan berakibat buruk untuk kesehatan.

 

  • Dapat Meningkatkan Gula Darah

Banyak orang beranggapan bahwa mengonsumsi karbohidrat dapat meningkatkan resiko diabetes dan meningkatkan gula dalam darah.

Sebenarnya karbohidrat ini tidak berbahaya, selama mengonsumsi makanan dengan takaran pas dan tidak pula berlebihan.

Makanan dengan kandungan karbohidrat komplek lebih aman dikonsumsi, karena proses penyerapannya yang tidak terlalu cepat. Sehingga aman untuk kesehatan tubuh kita.

Sedangkan mengkonsumsi karbohidrat dasar secara terus-menerus akan cenderung menyebabkan gangguan kesehatan. Maka pastikan konsumsi karbohidrat sederhana ini sesuai kebutuhan saja. Dan lakukan cek gula darah secara berkala ke pusat layanan kesehatan untuk terus memantau kestabilan gula darah.

 

  • Diet Karbo Selalu Baik

Kebanyakan, seseorang yang mengalami berat badan yang naik secara drastis atau obesitas, akan merasa tidak percaya diri dan berusaha melakukan aktivitas extrim atau berbagai metode untuk menurunkan berat badannya.

Dan banyak yang melakukan diet karbo dengan tidak memperhatikan kondisi kesehatannya. Diet karbo sendiri juga memiliki kekurangan dan efek samping jika tidak memperhatikan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Namun sebenarnya, tubuh kita tetap membutuhkan karbohidrat, dan diet karbo yang dilakukan secara extrim atau tidak memperhatikan kondisi tubuh, maka hanya akan berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Nah, itulah beberapa rangkuman mengenai mitos dan fakta tentang karbohidrat yang perlu diketahui. Jadi, jika kamu ingin diet, maka harus diet yang sehat ya, dan tubuh akan tetap membutuhkan karbohidrat. Hanya saja, kamu perlu memilih dengan selektif, makanan apa saja yang baik untuk tubuh kita.

Kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang mitos seputar karbohidrat ini bisa membaca selengkapnya pada buku Mitos Jahat Karbohidrat

 

Diet Karbohidrat 

pixabay

Seperti yang kita tahu bahwa senyawa karbohidrat ini sangat penting untuk kebutuhan tubuh kita, tetapi tentunya dengan jumlah dan porsi yang berimbang. Jika dikonsumsi secara berlebihan pun akan banyak menimbulkan masalah bagi kesehatan tubuh kita.

Dan hal yang paling sering dijumpai pada orang yang berlebihan dalam mengonsumsi karbohidrat ialah penyakit diabetes dan peningkatan berat badan yang berlebihan.

Penyakit diabetes sendiri lebih sering disebut penyakit gula atau kencing manis. Kencing manis terjadi akibat terlalu banyaknya kadar gula dalam darah kita. Kadar gula yang tinggi diakibatkan karena organ pankreas tidak mampu memproduksi insulin. Lalu, tanpa senyawa insulin ini, tubuh kita tidak dapat mengolah glukosa menjadi energi, sehingga glukosa ini menumpuk dalam darah.

Sedangkan seseorang yang mengalami peningkatan berat badan yang berlebihan biasanya melakukan beberapa metode untuk menurunkan berat badannya, yaitu dengan berolahraga secara rutin dan bisa juga dengan metode diet karbo. 

Diet karbo biasanya dilakukan oleh orang yang ingin menurunkan berat badannya, dengan cara menghindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, seperti nasi, roti, pasta, sereal, serta buah dan sayur yang mengandung karbohidrat tinggi, apalagi dikonsumsi sehari-hari dalam jumlah yang banyak.

Biasanya, diet karbo ini lebih kepada mengganti menu makanan utama seperti nasi dengan banyak mengonsumsi makanan lain yang lebih banyak mengandung protein. Contohnya tahu, tempe, telur, kacang-kacangan, dan juga makanan laut.

Manfaat Diet Karbo

Buat kamu yang ingin menjalani diet karbo, memang ada beberapa kelebihan, di antaranya:

 

  • Gula Darah Lebih Stabil

Banyak makanan yang mengandung karbohidrat, untuk itu kita harus pandai memilih makanan yang mengandung karbohidrat secara berimbang. Beberapa makanan mengandung karbohidrat tinggi, seperti pasta dan roti.

Itu berarti jika dikonsumsi secara berlebihan maka gula darah akan meningkat secara tiba-tiba dan mengendap menjadi lemak.

 

  • Membakar Lemak

Kelebihan diet karbo selanjutnya adalah membakar lemak dengan lebih cepat. Umumnya tubuh menggunakan karbohidrat untuk mendapat tenaga atau sebagai bahan bakar, jadi jika kamu menjalani diet karbo, otomatis karbohidrat dalam tubuh akan semakin berkurang dan pembakaran lemak pun cepat terjadi.

 

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Selain gula darah lebih stabil dan untuk membakar lemak lebih cepat, diet karbo juga dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sehingga kinerja jantung pun lebih optimal dan peredaran darah menjadi lancar. Karena diet karbo ini juga dipercaya dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat dan kelebihan dari diet karbo. Buat kamu yang sedang atau ingin menjalani diet karbo, bisa mencoba dengan mengonsumsi makanan yang rendah gula dan tentunya banyak berolahraga. Selain diet karbo, ada juga diet keto. Ada yang tahu apa itu diet keto? Kamu bisa membacanya di pada buku Diet Keto: Berani Mencoba Tantangan Diet Rendah Karbohidrat? 

 

Efek Samping Diet Karbo

Selain banyak kelebihannya, diet karbo juga memiliki kekurangan atau efek samping. Karena faktanya, karbohidrat adalah sumber utama untuk menghasilkan energi. Sehingga banyak orang yang kesulitan untuk menjalani diet karbo ini. Apalagi karbohidrat seperti nasi sudah menjadi makanan sehari-hari kita. Oleh sebab itu, untuk sebagian orang akan sangat sulit untuk mengurangi karbohidrat atau nasi.

Karena jika konsumsi karbohidrat kita kurangi secara berlebihan, akan ada efek samping seperti diare, sakit kepala, sembelit, hingga kelelahan. Karena sumber tenaga kita berkurang.

Maka dari itu, diet karbo juga tidak dianjurkan untuk ibu hamil, karena dapat membuat ibu lemas dan membahayakan janin. Selain itu, dalam jangka panjang, diet ini dapat menyebabkan tulang keropos dan gangguan pencernaan, serta berbagai penyakit kronis lainnya.

Dan perlu diingat, bahwa kebutuhan akan kalori dan energi seseorang berbeda. Sesuai aktivitas sehari-harinya, usianya dan kondisi kesehatannya.

Jadi, buat kamu yang ingin melakukan diet karbo, sebaiknya pikirkan dulu matang-matang dan konsultasilkan kepada dokter tentang gimana caranya diet karbo yang aman dan sesuai kondisi tubuh kita.

Diet Karbo Yang Benar

pixabay

Agar diet karbo berhasil dan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh, kita perlu mengetahui gimana caranya diet karbo yang benar. Berikut beberapa cara diet karbo yang benar :

  • Jika biasanya kita mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan atau tidak tertakar, sekarang sebisa mungkin untuk membatasi asupan karbohidrat secara berlebih, atau batas maksimum asupan karbohidrat tubuh 30 gram per hari. Namun, kita masih bisa mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol baik, seperti minyak zaitun dan alpukat.
  • Jangan mengonsumsi makanan yang manis-manis secara berlebihan, seperti kue, cokelat, biskuit, permen, dan es krim, serta makanan lain dengan kandungan gula yang tinggi. Selain dapat meningkatkan berat badan yang gemuk, juga dapat merusak gigi.
  • Meskipun ingin sekali menjalani diet karbo, tetapi usahakan tetap penuhi cairan tubuh, karena tiga perempat tubuh kita membutuhkan cairan. Jadi, disarankan untuk banyak minum air putih, dan juga air kelapa muda yang dikenal sangat baik untuk pengganti ion atau cairan tubuh yang hilang.
  • Dengan mengurangi karbohidrat, bukan berarti tidak sama sekali mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, tetapi pilih makanan yang lebih sehat dan alami, seperti buah-buahan segar, sayuran, kentang, kacang-kacangan dan biji-bijian. Sehingga kesehatan pencernaan pun tetap terjaga.

Nah, itulah beberapa pembahasan kita tentang karbohidrat, makanan karbohidrat hingga diet karbo. Setelah membaca artikel ini sampai selesai, semoga saja bermanfaat untuk kamu, Grameds.

Jika kamu ingin mencari buku tentang diet atau makanan sehat, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Veronika Novi

Rujukan:

  • https://www.alodokter.com/fakta-tentang-diet-karbohidrat#:~:text=Diet%20karbo%20dipercaya%20dapat%20mencegah,dipercaya%20bermanfaat%20untuk%20kesehatan%20jantung.
  • https://www.halodoc.com/artikel/4-fakta-tentang-diet-karbohidrat
  • https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/health/fitness/amp/eka-amira/fakta-5-mitos-seputar-kesehatan-yang-sering-menyesatkan-c1c2
  • https://www.halodoc.com/artikel/mitos-seputar-karbohidrat-yang-perlu-diketahui
  • https://infomurni.com/menyesatkan-5-mitos-seputar-karbohidrat-ini-wajib-kamu-tahu-faktanya/


Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    90% 90% 57 / 63
  • Tidak
    9% 9% 6 / 63


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Iswara T

Kesehatan tubuh memang harus selalu diperhatikan, terutama berat badan. Diet merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan dan saya pun selalu tertarik akan dunia diet.