in

Serba Serbi Manfaat Teh Hijau Untuk Diet

Manfaat untuk diet – Indonesia termasuk negara dengan perkebunan teh terbesar di dunia. Di bumi pertiwi ini, perkebunan teh banyak ditemui di daerah pegunungan. Menurut data dari bps.go.id Indonesia mempunyai total luas perkebunan teh sekitar 112 307 hektar pada tahun 2020. Dengan luas ini, teh menjadi salah satu sektor yang membantu perekonomian negara.

Jenis teh yang ditanam pun beragam, mulai dari Teh serai, Teh Merah, Teh Putih, Teh hijau, dan masih banyak lagi. Salah satu yang paling populer adalah teh hijau. Khusus untuk teh hijau, selain diekspor ternyata banyak juga digunakan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan.

Alasannya karena teh hijau memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh seperti I-theanine, antioksidan, polifenol, kafein dan senyawa kafein. Selain itu, teh hijau juga memberikan manfaat untuk mengurangi kolesterol, mengontrol diabetes, menyegarkan nafas, hingga menurunkan berat badan.

Khasiat teh hijau untuk diet memang tak perlu diragukan lagi, asalkan diminum dengan cara yang tepat. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan mengupas lebih jauh manfaat teh hijau untuk diet, bagaimana cara meminumnya, dan apa saja merek teh hijau yang bisa Grameds pilih.

Manfaat Teh Hijau Untuk Diet

pixabay

Manfaat teh hijau untuk diet sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang menemukan bahwa di dalam teh ini ada kandungan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Biar lebih jelas lagi, berikut tiga manfaat utama teh hijau untuk diet:

1. Membantu membakar kalori dalam tubuh

Manfaat teh hijau untuk diet yang pertama adalah membantu membakar kalori dalam tubuh. Yup, kalau Grameds tidak punya banyak waktu untuk melakukan olahraga berat karena pekerjaan atau kesibukan lainnya, kamu mulai minum teh hijau secara rutin.

Pasalnya, mengonsumsi teh hijau secara rutin sudah cukup untuk membantu tubuh membakar kalori dalam jumlah yang lumayan banyak. Manfaat yang satu ini didapatkan dari kandungan vitamin yang tinggi dan lemak yang rendah dalam teh.

2. Memecah sel lemak yang terperangkap

Teh hijau diketahui dapat memecah sel lemak yang terperangkap dalam tubuh dan menyebabkan penumpukan lemak. Setelah sel lemaknya dipecah belah, kandungan dalam teh hijau akan membantu proses penyebarannya ke bagian tubuh yang lain.

Jika ternyata sudah terjadi penumpukan lemak di dalam tubuhmu, teh hijau dapat membantu proses pembakaran lemak menjadi energi karena di dalamnya terdapat senyawa Epigallocatechin gallate (EGCG) dan sedikit kafein.

3. Memusnahkan lemak abdominal

Tahukah kamu, lemak abdominal adalah jenis lemak yang sering ditemukan di bawah kulit dan dapat membahayakan tubuh jika tidak segera dimusnahkan? Lemak jenis ini bisa menyebabkan peradangan, insulin, bahkan gangguan pada jantung.

Dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin dan melakukan aktivitas fisik tambahan, Grameds dapat memusnahkan lemak jenis ini dengan relatif cepat.

4. Mempercepat sistem metabolisme tubuh

Teh hijau juga bermanfaat untuk membantu mempercepat sistem metabolisme tubuh sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi akan segera dimanfaatkan oleh tubuh kemudian dibuang melalui keringat, urine, dan yang lainnya.

5. Menurunkan konsumsi kalori

Tak jarang nafsu makan datang secara berlebihan saat kamu belum mengkonsumsi roti, nasi, atau jenis kalori lainnya. Akibatnya, asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh meningkat dan terjadi penumpukan lemak yang membuat berat badan naik.

Nah, Grameds bisa mencegah hal ini dengan cara mengkonsumsi teh hijau secara rutin. Sebab teh hijau dapat mengontrol nafsu makan terhadap berbagai jenis kalori sehingga asupan kalori akan berkurang.

6. Melancarkan sistem pencernaan

Salah satu pemicu kenaikan berat badan adalah sistem pencernaan yang bermasalah, seperti asam lambung, sembelit, atau peradangan usus. Jika tidak segera ditangani maka akan menyebabkan penurunan kesehatan organ pencernaan dalam tubuhmu.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mulai mengkonsumsi teh hijau secara rutin karena teh hijau terbukti dapat melancarkan sistem pencernaan. Temukan manfaat lain dari teh hijau dalam buku Manfaat & Khasiat Teh Kopi Susu & Gula Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang ditulis oleh Rizki Wulandari.

Buku ini mengupas tuntas rahasia berbagai varian teh, kopi, susu dan gula. Referensi dari penelitian mengungkapkan manfaat teh, kopi, susu dan gula untuk kesehatan dan kecantikan diulas oleh penulis dalam bacaan yang akan menambah wawasan Grameds.

 

Cara Minum Teh Hijau Untuk Diet

Pixabay.com

Supaya Grameds bisa merasakan manfaat teh hijau untuk diet secara maksimal, kamu harus tahu bagaimana cara meminumnya. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Minum 2 atau 3 cangkir teh hijau setiap hari secara rutin

Pertama, selama program diet kamu disarankan untuk minum 2 atau 3 cangkir teh hijau setiap hari secara rutin. Cara ini dipercaya mampu membantu menurunkan berat badanmu. Akan tetapi kamu juga harus mengatur asupan kafein sebab jika terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat berpengaruh buruk pada tubuh, terutama jika kamu mempunyai resiko masalah jantung atau tekanan darah tinggi.

2. Pilih teh hijau yang tidak melalui banyak proses kimia

Ada banyak sekali varian teh hijau untuk diet di pasaran. Kabar baiknya, kamu bisa memilih varian yang mana saja karena perbedaan antara satu varian dengan yang lainnya tidak terlalu banyak.

Akan tetapi, agar Grameds bisa mendapatkan nutrisi yang lebih optimal dari teh hijau, sebaiknya pilih varian yang tidak melalui banyak proses kimia.

3. Minum 1 – 2 cangkir sebelum olahraga

Cara minum teh hijau untuk menurunkan berat badan yang berikutnya adalah dengan rutin minum 1 – 2 cangkir sebelum olahraga. Pasalnya senyawa EGCG dan kafein yang dikonsumsi sekitar 90 menit sebelum berolahraga dapat meningkatkan tingkat oksidasi lemak ketika melakukan olahraga.

4. Seduh teh hijau dengan air hangat

Grameds juga bisa menyeduh teh hijau dengan air hangat agar dapat mengekstrak lebih banyak EGCG serta kafein dari teh hijau. Namun ingat, kedua zat ini memiliki rasa yang pahit, jadi kamu harus mempersiapkan diri terlebih dulu.

Kalau kamu bosan minum teh hijau yang diseduh dengan air hangat setiap hari, kamu bisa mencoba berbagai resep sehat teh hijau dalam buku Cake, Kue, Puding & Minuman Teh Hijau yang ditulis oleh Wied Harry Apriadji. Buku ini cocok buat kamu yang ingin makan enak tapi tetap sehat.

 

5. Minum teh hijau 30 menit – 60 menit setelah makan

Cara minum teh hijau untuk diet yang kelima adalah secara rutin minum teh ini sekitar 30 menit sampai 60 menit setelah makan. Ulangi sebanyak 3 hingga 5 kali dan sesuaikan dengan waktu makan kamu.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, teh hijau mempunyai manfaat untuk melancarkan pencernaan serta meningkatkan proses metabolisme tubuh. Jadi dengan minum teh ini setelah makan, berat badan kamu akan lebih cepat turun.

6. Hindari menambahkan gula

Teh hijau adalah minuman yang tidak mengandung kalori, jadi sebaiknya hindari menambahkan gula saat meminumnya. Jika Grameds menambahkan gula, berarti kamu menambahkan jumlah kalori.

Setiap satu sendok teh gula dapat menambah 16 kalori, jika kamu mengkonsumsi teh hijau dengan gula sebanyak 3 kali, berarti kamu menambahkan 48 kalori ke dalam tubuh setiap harinya.

7. Teh hijau jenis matcha pun boleh kamu coba

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal dalam menurunkan berat badan, kamu boleh mencoba teh hijau jenis matcha. Soalnya teh hijau jenis ini dianggap mengandung banyak antioksidan serta nutrisi.

Grameds bisa meminum seluruh bagian teh hijau matcha karena bentuknya bubuk dan sudah melewati proses penggilingan. Berbeda dengan kebanyakan jenis teh hijau yang harus diseduh dulu daunnya sebelum diminum.

8. Hindari menambahkan campuran apapun

Bagi kamu yang hobi minum olahan teh hijau seperti matcha latte atau yang lainnya, sebaiknya hindari dulu selama proses diet. Sebab teh hijau yang sudah dicampur dengan madu, jeruk nipis, atau susu tidak disarankan untuk menurunkan berat badan.

Menambahkan madu atau susu bisa meningkatkan jumlah kalori di dalam teh hijau. Sedangkan jeruk nipis yang dicampur dengan teh hijau berpotensi menimbulkan gangguan pada lambung, terutama jika kamu mempunyai riwayat penyakit maag.

Jadi sebaiknya kamu hanya mengkonsumsi seduhan daun teh  hijau yang murni selama diet dengan bantuan teh hijau.

 

9. Jangan minum teh hijau sebelum tidur

Selama menjalani program diet, sebaiknya Grameds jangan minum teh hijau sebelum tidur, ya. Pasalnya di dalam teh hijau terdapat kandungan kafein yang–meskipun jumlahnya tidak sebanyak kopi–akan membuat kamu sulit tidur. Apalagi jika kamu meminumnya kurang dari 2 jam sebelum tidur.

Jadi agar terhindar dari insomnia, sebaiknya hindari dulu minum teh hijau sebelum tidur. Ketika kamu kurang tidur, proses metabolisme tubuh akan menjadi kacau dan proses pembakaran lemak di dalam tubuh jadi tidak optimal.

Kalau mau, kamu bisa minum teh hijau setelah makan malam atau kurang dari 4 jam sebelum waktu tidur.

10. Jangan hanya mengandalkan teh hijau

Semua cara minum teh hijau untuk diet yang sudah dijelaskan sebelumnya memang dapat membantu untuk program diet yang sedang kamu jalankan. Akan tetapi, teh hijau bukan jalan pintas agar Grameds mencapai berat badan yang ideal. Jadi sebaiknya, jangan hanya mengandalkan teh hijau saja.

Kandungan Epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hijau memang dapat memproduksi hormon yang mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh, namun Grameds juga harus tetap memperhatikan setiap makanan yang kamu konsumsi.

Seperti program diet pada umumnya, Grameds tetap harus mengurangi konsumsi makanan berkalori tinggi dan berlemak. Disamping itu, kamu juga harus tetap rutin berolahraga agar proses pembakaran kalori dan lemak di dalam tubuh lebih cepat lagi.

Selain itu, pastikan untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat seperti mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan agar hasil yang kamu dapatkan lebih maksimal lagi.

10 Merek Teh Hijau Untuk Diet Yang Bisa Kamu Coba

Pixabay.com

Ada banyak merek teh hijau untuk diet yang beredar di pasaran. Nah, daripada kamu bingung memilihnya, berikut ini rekomendasi merek teh hijau yang bisa kamu coba:

1. Sariwangi Teh Hijau

Sariwangi teh hijau adalah produk teh yang terbuat dari 100% teh hijau, sehingga bagus untuk diet. Merek yang satu ini kaya akan antioksidan serta kafein yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, di dalamnya juga terdapat kandungan L-theanine, yang menurut penelitian dalam Plant Foods for Human Nutrition, bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kognitif kamu, memperbaiki suasana hati, serta mengurangi gejala kecemasan dan stres.

2. OSK Japanese Green Tea

OSK Japanese Green Tea adalah teh hijau asli Jepang yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari mencegah kanker dan stroke, membakar lemak, menurunkan kolesterol, hingga meningkatkan metabolisme.

Supaya program diet kamu berhasil, jangan menambahkan gula saat akan minum OSK Japanese Green Tea ini, ya. Sebab, akan meningkatkan kandungan kalori di dalamnya.

3. Meditea Teh Hijau

Meditea Teh Hijau termasuk salah satu merek teh hijau untuk diet yang populer dan banyak digunakan. Teh hijau yang satu ini mengandung banyak antioksidan serta ECGC yang dapat mempertahankan kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, Meditea Teh Hijau juga dapat membantu menyembuhkan alergi, menghambat pertumbuhan sel kanker, meningkatkan metabolisme lemak, dan juga melawan radikal bebas karena bersifat antioksidan.

4. Unikefood Green Tea

Kalau Grameds mencari teh hijau herbal untuk diet, maka Unikefood Green Tea bisa jadi pilihan yang tepat. Teh yang rasanya pahit ini memiliki manfaat untuk mengurangi nafsu makan, melangsingkan tubuh, meningkatkan pembakaran kalori, dan meningkatkan metabolisme.

5. Kepala Djenggot Teh Hijau

Kelapa Djenggot Teh Hijau merupakan merek teh hijau yang diperkaya dengan polifenol-catechin. Ini adalah salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu menurunkan berat badan kamu.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan di dalamnya bisa melawan paparan radikal bebas yang kamu dapatkan dari udara dan sinar matahari saat beraktivitas sehari-hari. Kepala Djenggot Teh Hijau juga tersedia dalam bentuk praktis, jadi kamu hanya perlu mencelupkannya ke dalam air panas.

 

6. Homelab Matcha Powder

Homelab Matcha Powder merupakan merek teh hijau yang terbuat dari matcha pilihan dan bisa kamu konsumsi untuk diet yang lebih sehat. Teh hijau jenis matcha terkenal akan kandungan antioksidan yang tinggi dan dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi.

Tak hanya itu, mengkonsumsi matcha secara teratur juga bisa membantu menjaga kesehatan serta mencegah resiko terkena berbagai penyakit.

7. WRP Green Tea

WRP Green Tea adalah merek teh hijau yang dirancang secara khusus untuk diet. Di dalamnya terdapat kandungan mineral kromium yang dipercaya bisa membantu meningkatkan metabolisme karbohidrat menjadi energi.

Disamping itu, WRP Green Tea juga sudah diperkaya dengan ECGC dan L-Carnitine yang bisa membantu metabolisme lemak. ECGC merupakan senyawa dalam teh hijau yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan serta menurunkan berat badan.

WRP Green Tea juga mengandung pemanis alami stevia sehingga dipercaya aman untuk dikonsumsi oleh pasien dengan riwayat diabetes.

8. CY Beverages Pure Matcha

Rekomendasi merek teh hijau untuk diet yang berikutnya adalah CY Beverages Pure Matcha. Merek yang satu ini menyediakan matcha tradisional yang terbuat dari teh asal Shizuku, Jepang.

Dengan mengkonsumsi teh hijau yang satu ini, Grameds dapat merasakan banyak manfaat, seperti menjaga kesehatan sel dalam tubuh, membantu program diet, memberikan efek relaksasi, dan mengandung antioksidan yang lebih tinggi dari teh hijau lainnya.

9. Lipton Tea Ritual Teh Hijau

Kalau kamu butuh sesuatu yang menyegarkan untuk selingan, Lipton Tea Ritual Teh Hijau bisa jadi pilihan yang tepat. Merek yang satu ini terbuat dari kombinasi teh hijau, jahe, dan lemon.

Kandungan jahe di dalamnya diklaim dapat membantu diet dan meredakan rasa nyeri serta mual. Selain itu, Lipton Tea Ritual Teh Hijau juga sudah diperkaya dengan vitamin C yang dipercaya bisa membantu menetralisir radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh.

 

10. Herbilogy Green Tea Extract Powder

Rekomendasi merek teh hijau untuk diet yang terakhir adalah Herbilogy Green Tea Extract Powder yang tidak akan meninggalkan ampas di dasar gelas saat diseduh.

Merek teh hijau yang satu ini mengandung ECGC yang bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga menekan nafsu makan dan membantu program diet yang sedang kamu lakukan.

Bubuk teh hijau Herbilogy Green Tea Extract Powder ini bebas dari kandungan laktosa dan gluten, sehingga aman bagi pasien yang memiliki intoleransi laktosa dan celiac.

Demikian pembahasan tentang manfaat teh hijau untuk diet dan beberapa merek teh hijau yang bisa kamu coba. Setelah membaca artikel ini sampai selesai, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi teh hijau secara rutin?

Jika ingin mencari buku tentang teh dan kesehatan, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gilang oktaviana putra

Plagiarism:

Rujukan:

  • https://www.halodoc.com/artikel/jangan-asal-ini-cara-konsumsi-teh-hijau-untuk-tubuh-ideal
  • https://www.sehatq.com/artikel/cara-minum-teh-hijau-agar-cepat-kurus-yang-perlu-anda-perhatikan
  • https://www.alodokter.com/manfaat-teh-hijau-untuk-diet-dan-cara-tepat-meminumnya
  • https://hellosehat.com/nutrisi/diet/merek-teh-hijau-untuk-diet/
  • https://fikes.almaata.ac.id/apakah-teh-hijau-bermanfaat-untuk-diet/
  • https://www.merdeka.com/trending/6-manfaat-teh-hijau-untuk-menurunkan-berat-badan-ketahui-cara-membuatnya-kln.html


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy