in

Rekomendasi Minuman dan Kudapan Penurun Berat Badan, Pasti Ampuh!

Pexels.Element5 Digital

Minuman Penurun Berat Badan – Selain melakukan olahraga dengan rutin, menjaga pola makan dengan mengonsumsi minuman dan kudapan penurun berat badan juga bisa membantu Grameds untuk memperoleh berat badan yang ideal. Hal tersebut dikarenakan minuman diet memiliki kandungan kalori yang lebih rendah serta diyakini ampuh untuk mengontrol nafsu makan Grameds.

Terdapat berbagai ragam pilihan minuman dan kudapan yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Jenis minuman dan kudapan ini diyakini memiliki kemampuan untuk meningkatkan metabolisme, sehingga pembakaran kalori dalam tubuh pun menjadi lebih cepat. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui berbagai pilihan minuman dan kudapan diet yang dapat membantu menurunkan berat badan Grameds.

Minuman Penurun Berat Badan

Berikut ini merupakan beberapa jenis pilihan minuman diet yang dapat Grameds konsumsi untuk menurunkan berat badan.

1. Teh Hijau

Teh hijau bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan paling pas bagi Grameds yang memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, di dalam teh hijau terkandung katekin serta antioksidan yang tinggi sehingga ampuh untuk meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus membakar lemak.

Selain manfaatnya untuk diet, mengonsumsi teh hijau secara rutin juga dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, serta diabetes.

2. Kopi

Kopi juga merupakan salah satu jenis minuman yang diyakini bisa menurunkan berat badan, sebab di dalam kopi memiliki kandungan kafein yang dapat mengurangi rasa lapar sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh. Manfaat ini juga diyakini dapat diperoleh melalui green coffee.

Supaya manfaat kopi untuk diet bisa didapatkan dengan optimal, Grameds disarankan untuk mengonsumsinya tak lebih dari 4 gelas dalam sehari. Untuk diet, Grameds dianjurkan untuk tidak menambahkan susu, pemanis buatan, maupun krim karena pastinya akan meningkatkan jumlah kalori dalam minuman.

3. Teh Hitam

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan polifenol di dalam teh hitam memiliki manfaat dalam peningkatan penurunan berat badan karena bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus, mengurangi penyerapan kalori, serta merangsang pembakaran lemak. Tidak mengherankan jika teh hitam cukup diminati oleh masyarakat sebagai minuman diet yang ampuh untuk menurunkan berat badan.

4. Air Putih

Air putih adalah salah satu pilihan minuman diet yang paling murah dan mudah untuk ditemukan, karena bisa membakar jumlah kalori lebih banyak serta menekan nafsu makan berlebih jika dikonsumsi sesaat sebelum makan.

Berdasarkan penelitian, orang yang meminum 500 ml air putih sebelum makan dalam kurun waktu 12 minggu, berkemungkinan mengalami penurunan berat badan apabila dibandingkan dengan orang yang tak mengonsumsi air putih sebelum makan. Di samping itu, mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter pada setiap harinya juga sangat dianjurkan karena dapat menjaga tubuh supaya tetap terhidrasi. Kendati demikian, harus diingat bahwa Grameds juga wajib mengonsumsi makanan yang sehat untuk diet serta melakukan olahraga dengan rutin supaya memperoleh berat badan yang ideal.

5. Cuka Apel

Pilihan minuman diet berikutnya ialah sari cuka apel. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam asetat yang terdapat di dalam cuka apel mampu merangsang penurunan berat badan dengan cara menekan nafsu makan berlebih serta meningkatkan proses pembakaran lemak. Walau begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektivan dari cuka apel dalam penurunan berat badan.

6. Teh Jahe

Penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi jahe yang dilarutkan dengan air panas saat sarapan, dapat membuat tubuh menjadi merasa kenyang lebih lama, meningkatkan metabolisme tubuh, dan mengurangi nafsu makan. Efek tersebut pastinya akan sangat membantu Grameds untuk menurunkan berat badan.

7. Chia Seed

Para penggemar minuman manis tak perlu khawatir, Grameds masih dapat mengonsumsinya dengan biji chia sachet yang sekarang ini banyak dijual dengan berbagai varian rasa. Biji chia merupakan makanan yang kaya akan serat dan dapat dimasukkan ke dalam berbagai menu diet, baik vegan maupun diet keto.

Biji chia ialah sumber antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan sekaligus membantu meningkatkan kesehatan jantung. Walau aslinya tak memiliki banyak rasa, jenis biji-bijian ini memiliki tingkat kekentalan yang hampir sama dengan agar-agar saat direndam.

8. Greek Yogurt Madu dan Blueberry

Salah satu minuman sehat untuk diet yang dapat Grameds konsumsi ialah greek yogurt yang diberi tambahan madu serta blueberry. Minuman manis dan nikmat ini pastinya bisa memanjakan lidah.

Selain creamy, kombinasi antara serat, lemak sehat, dengan protein dalam yoghurt diyakni juga bisa bermanfaat untuk mengatasi lapar. Grameds juga dapat menambahkan berbagai jenis buah beri, seperti blueberry saat mengonsumsinya.

Dikutip dari International journal of molecular sciences, buah beri dapat dikatakan sebagai makanan sumber antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan antioksidan tersebut nantinya akan membantu tubuh supaya terhindar dari berbagai penyakit kronis, termasuk ketika menjalani diet.

Selain berbagai ragam pilihan minuman penurun berat badan tersebut, Grameds juga dapat mengonsumsi jus buah maupun sayuran dengan kandungan gula yang diperhatikan. Tak sekadar menurunkan berat badan, jus segar juga memiliki kandungan berbagai ragam nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Kudapan Penurun Berat Badan

Selain minuman, ada juga beberapa rekomendasi kudapan yang diyakini ampuh untuk menurunkan berat badan. Berikut, di antaranya:

1. Kacang-Kacangan

Bagi beberapa orang, kacang mungkin merupakan ‘musuh’ dalam menu diet karena memiliki kandungan kalori serta lemaknya yang cukup tinggi.  Meski begitu, kacang dapat dijadikan sebagai pilihan yang tepat saat Grameds memahami betul cara mengonsumsinya. Hal tersebut dikarenakan, kacang memiliki kandungan lemak sehat serta protein yang baik, tetapi tak disarankan untuk ditambahkan ke seluruh jenis makanan.

Selain itu, serat serta lemak yang terkandung di dalam kacang-kacangan dapat membantu tubuh untuk merasa lebih kenyang. Grameds dapat mengonsumsi kacang dengan menambahkan ke dalam sereal maupun yoghurt ketika sarapan supaya bisa menjalani hari dengan rasa kenyang yang lebih lama.

2. Buah dan Sayur

Bagi Grameds yang tak sempat mempersiapkan kudapan, buah dan sayur pastinya dapat dijadikan sebagai alternatif yang tak akan membuat repot. Selain bisa dikonsumsi mentah, porsi buah maupun sayur yang cukup bisa membuat Grameds tetap kenyang dengan kandungan di bawah 100 kalori.  Beberapa pilihan buah serta sayur yang kurang dari 100 kalori, di antaranya:

  • Apel ukuran sedang: 95 kkal
  • Pisang ukuran kecil: 90 kkal
  • Dua buah kiwi: 84 kkal
  • 20 wortel ukuran sedang: 70 kkal
  • Jeruk sedang: 65 kkal
  • 20 tomat ceri: 61 kkal
  • Paprika merah sedang: 37 kkal
  • 20 kacang polong: 28 kkal

Untuk perbandingan, satu stik keju rendah lemak memiliki kandungan sekitar 60 kalori serta 4,5 gram lemak. Protein dan lemak memang telah terbukti mampu menekan nafsu makan, tetapi dengan kandungan yang sama, satu stik keju pastinya tak akan mengatasi rasa lapar Grameds bila dibandingkan dengan 20 wortel.

3. Dark Chocolate

Beberapa orang pastimya ada yang menganggap bahwa cokelat memiliki potensi untuk menaikkan berat badan, tetapi berbeda dengan dark chocolate. Berkat kandungan antioksidannya, seperti polifenol serta katekin, cokelat hitam diyakini memiliki manfaat yang ciamik bagi kesehatan.

Salah satu manfaat dark chocolate tersebut ialah mampu membantu mengendalikan nafsu makan, terutama saat Grameds tengah menjalankan program diet. Hal tersebut telah dibuktikan melalui penelitian yang dimuat dalam jurnal Nutrition and Diabetes.

Penelitian tersebut memberikan gambaran mengenai perbandingan antara 16 peserta yang mengonsumsi cokelat susu dengan dark chocolate. Dengan hasil, peserta yang mengonsumsi dark chocolate mengaku bahwa mereka merasa lebih kenyang. Meski begitu, Grameds masih harus berhati-hati dalam mengonsumsi dark chocolate karena jika terlalu banyak justru akan membuat berat badan meningkat.

4. Hummus

Hummus adalah makanan olahan kacang arab (chickpea) yang ditambahkan dengan sedikit biji wijen serta minyak zaitun. Kudapan untuk diet ini sangat populer berkat manfaatnya sebagai sumber protein yang baik. Walau masih memiliki kandungan lemak, sebagian besar jenis lemak yang terdapat di dalam hummus adalah lemak tak jenuh.

Grameds dapat menggunakan hummus sebagai dip sauce yang dimakan bersama dengan sayuran rendah kalori, seperti timun. Dua sendok makan makan hummus hanya memiliki sekitar 50 kalori serta 2,8 gram lemak.

5. Keju Rendah Kalori

Salah satu jenis keju yang dapat dijadikan sebagai kudapan untuk diet, yaitu cottage cheese (keju cottage). Jenis keju yang satu ini memiliki warna putih serta rasa yang lembut karena bahan utamanya ialah dadih susu sapi yang diliarkan. Bila dibandingkan dengan jenis keju lain, cottage cheese memiliki kandungan protein yang lebih tinggi, yakni sekitar 8,3 gram per 100 gram.

Tak sekadar itu, keju yang tinggi protein ini ternyata juga memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga sangat pas untuk dikonsumsi saat diet. Melansir dari penelitian the British journal nutrition, mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi bisa meningkatkan rasa kenyang.

Alhasil, hal tersebut bisa membantu mengurangi asupan kalori secara menyeluruh yang bisa menurunkan berat badan. Grameds dapat mengonsumsi keju rendah kalori ini dengan dioles ke atas roti maupun ditambahkan ke telur sesuai selera.

6. Telur Rebus

Walaupun kandungan kolesterolnya cukup tinggi, telur rebus ternyata masih dapat dimanfaatkan sebagai kudapan sehat saat diet. Hal tersebut dikarenakan telur rebus memiliki kandungan protein yang tinggi, vitamin K2, serta B12.

Mengonsumsi telur rebus pastinya akan mengenyangkan sekaligus mengurangi jumlah kalori yang hendak Grameds makan nantinya. Dengan begitu, berat badan pasti akan turun. Selain itu, telur rebus juga memiliki kandungan asam amino yang dapat membantu mengendalikan berat badan.

Asam amino juga memiliki manfaat untuk meningkatkan massa otot sekaligus menjaga kesehatan tulang.  Grameds dapat memulai konsumsi telur rebus ketika sarapan untuk memulai hari dengan kenyang.

7. Oatmeal

Oatmeal tak sekadar dikonsumsi ketika sarapan, Grameds juga dapat memakannya kapan pun. Berkat tingginya kandungan yang dimilikinya membuat oatmeal menjadi makanan yang sehat nan mengenyangkan.

Serat larut yang terdapat pada oatmeal akan menghasilkan gel dalam sistem pencernaan. Hal tersebut ternyata dapat menunda pengosongan lambung, sehingga Grameds akan merasa kenyang dengan lebih lama.

Dengan begitu, Grameds dapat mengurangi asupan makanan untuk menurunkan berat badan.  Usahakan untuk memilih oatmeal instan yang tidak memiliki rasa serta menambahkan taburan buah blueberry untuk memperoleh khasiat yang lebih optimal.

8. Popcorn Tawar

Faktanya, popcorn juga dapat dikategorikan sebagai salah satu makanan yang memiliki kandungan serat cukup tinggi serta kalori yang rendah.  Maka dari itu, beberapa orang meyakini bahwa popcorn bisa membantu dalam penurunan berat badan karena dapat membuat tubuh menjadi terasa lebih kenyang.

Tak sekadar itu, popcorn bahkan dinilai memiliki manfaat yang lebih baik bila dibandingkan dengan keripik kentang dengan jumlah kalori yang sama. Meski begitu, cobalah untuk memilih popcorn tawar untuk menghindari adanya gula maupun garam berlebih.

Untuk memperoleh hasil yang lebih optimal untuk menurunkan berat badan, selain mengonsumsi minuman dan kudapan penurun berat badan, imbangi pula dengan berolahraga secara rutin, istirahat yang cukup, dan mengonsumsi makanan dengan kandungan rendah kalori.

Nah, itu dia Grameds penjelasan lengkap mengenai minuman dan kudapan penurun berat badan. Bila Grameds masih penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai makanan dan minuman untuk diet, simak rekomendasi buku terkait berikut ini!

Rekomendasi Buku Terkait

1. Diet Gizi Seimbang: Sehat Dengan Makanan

minuman penurun berat badan

Buku ini merupakan kumpulan dari berbagao tema ringan, tetapi selalu menjadi pertanyaan umum dalam masyarakat perihal kesehatan yang ada kaitannya dengan makanan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut disampaikan melalui majalah maupun langsung kepada penulis dan sebenarnya cukup mewakili pertanyaan yang kerap hadir dalam masyarakat yang wajib diluruskan.

Menggunakan bahasa yang komunikatif, mudah dipahami, ringan, dan aplikatif, buku Diet Gizi Seimbang: Sehat Dengan Makanan ini dapat menjadi acuan dalam pembuatan pola makanan sehat. Buku ini juga akan menuntun pembaca supaya lebih memahami bahasa serta memperhatikan pola makanan yang merupakan salah satu kunci kesehatan Grameds.

2. Diet Sehat Dengan Terapi Garam

minuman penurun berat badan

Deskripsi Buku

Garam ada banyak sekali macamnya dan tiap-tiap macam memiliki manfaatnya tersendiri. Begitu pun dengan terapi garam, dapat dimanfaatkan untuk:

  1. Pengobatan alternatif
  2. Bidang kesehatan
  3. Bidang kecantikan
  4. Gangguan makhluk halus
  5. Dunia medis, baik yang tradisional hingga modern canggih

Garam, merupakan satu benda yang memiliki berjuta khasiat.

Penyakit apa saja yang dapat dibantu dengan terapi garam?

Memakai garam yang mana?

Bagaimana penggunaannya?

Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan?

Semuanya sudah dijelaskan secara lengkap di dalam buku ini. Tunggu apa lagi, hanya dengan garam banyak masalahmu dapat diselesaikan, karena garam merupakan tipe benda yang mudah diperoleh di sekitar Grameds.

3. Diet Sehat Tanpa Lapar

minuman penurun berat badan

Deskripsi Buku

“Diet Sehat Tanpa Lapar” adalah buku tips supaya seseorang dapat melakukan diet dengan tanpa merasakan lapar dan tetap sehat nan bugar. Buku ini ialah salah satu karya yang dibuat oleh Kurniasih. Saat menurunkan berat badan tak sekadar masalah supaya tubuh lebih enak untuk dipandang. Tubuh yang terlalu gemuk atau yang juga disebut dengan obesitas bisa meningkatkan risiko dari berbagai macam penyakit berbahaya, di antaranya:

  1. Tekanan darah tinggi
  2. Diabetes
  3. Penyakit jantung
  4. Stroke
  5. Kanker

Buku ini akan memandu Grameds untuk melakukan program diet dengan cara yang sehat. Ikuti seluruh pedoman yang disajikan di dalam buku ini, dijamin Grameds akan mendapatkan berat yang ideal serta bentuk tubuh sempurna tanpa harus menyiksa diri. Bahkan di melalui buku ini Grameds juga akan menemukan cara supaya tetap dapat makan enak saat sedang berdiet. Yuk, baca buku ini untuk mencari tahu cara diet yang sehat tanpa menyiksa diri!

Baca Juga!

Sumber Rujukan

  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230516082839-262-950081/10-minuman-penurun-berat-badan-yang-ampuh-buat-diet
  • https://www.kompas.com/tren/read/2023/05/15/190000465/9-minuman-penurun-berat-badan-apa-saja-?page=all
  • https://hellosehat.com/nutrisi/diet/camilan-untuk-diet/
  • https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/04/203800465/14-snack-sehat-ini-bisa-bantu-turunkan-berat-badan?page=all


Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    89% 89% 52 / 58
  • Tidak
    10% 10% 6 / 58


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien