in

12 Manfaat Sirih Merah Bagi Kesehatan dan Cara Mengonsumsinya

Pixabay.com/mayapujiati

Manfaat Sirih Merah – Sudah diketahui oleh banyak orang apabila beberapa tanaman memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Bahkan, bisa juga dijadikan sebagai obat dalam menyembuhkan beberapa penyakit. Dari sekian banyak tanaman yang bermanfaat untuk tubuh, salah satunya adalah sirih merah.

Di Indonesia, daun sirih merah (Piper crocatum) secara umum dikonsumsi dengan cara dikunyah langsung atau diminum air rebusannya. Selain itu, banyak juga beredaran di pasaran suplemen yang memiliki kandungan daun sirih merah yang telah diekstrak.

Maka dari itu, tak heran apabila sebagian orang mengonsumsi atau menggunakan sirih merah ketika sedang mengalami suatu penyakit. Untuk mengetahui manfaat sirih merah, maka kamu bisa simak ulasan ini, Grameds. 

Kandungan Daun Sirih Merah

Daun sirih merupakan tanaman yang memiliki kandungan 85 hingga 90% air. Di dalam 100 gram daun sirih, hanya memiliki kandungan 0.4-1% lemak dan 44 kalori.

Kandungan yang ada di dalam daun sirih merah lainnya, yaitu:

  • Protein: 3%
  • Iodin: 3,4 mcg
  • Sodium: 1,1-4,6%
  • Vitamin A: 1,9-2,9 mg
  • Vitamin B1: 13-70 mcg
  • Vitamin B2: 1,9-30 mcg
  • Asam nikotinat: 0,63-0,89 mg

Selain itu, daun sirih merah juga memiliki kandungan senyawa flavonoid, alkaloid, karvanol, saponin, tanin, dan eugenol.

Manfaat Daun Sirih Merah bagi Kesehatan

manfaat sirih merah
Pavel Danilyuk/Pexels.com

Grameds dapat memperoleh manfaat dari daun sirih merah karena di dalamnya terdapat berbagai ragam senyawa, seperti flavonoid, alkaloid, karvanol, saponin, tanin, eugenol dan senyawa minyak atsiri. Daun sirih juga biasa dimanfaatkan sebagai bahan untuk memutihkan kulit. Selain itu, berikut ini merupakan berbagai manfaat dari daun sirih merah untuk kesehatan:

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun sirih merah memiliki kandungan senyawa saponin. Sifat anti-septik yang ada di dalam senyawa ini dipercaya bermanfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan luka yang terbuka.

Di samping itu, senyawa tanin yang terdapat di dalam daun sirih merah juga bisa memicu pembentukan protein yang memberikan tekstur elastis pada kulit atau yang juga dikenal sebagai kolagen. Kolagen bisa menyusutkan pinggiran luka dan membuatnya menutup. Dengan begitu, luka dapat menjadi sembuh dengan lebih cepat.

2. Mencegah Infeksi Bakteri

Manfaat daun sirih merah lainnya ialah untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Studi mengungkapkan bahwa senyawa flavonoid dan fenol yang terdapat di dalam daun sirih merah mempunyai sifat anti-bakteri, hal tersebut membuat daun ini memiliki kemampuan untuk menghambat infeksi methicillin-resistant Staphylococcus aereus (MRSA) yang disebabka oleh bakteri Staphylococcus.

3. Mengobati Rheumatoid Arthritis

Studi menjelaskan bahwa ekstrak dari daun sirih merah mempunyai potensi untuk dimanfaatkan sebagai obat alami yang bisa menyembuhkan rheumatoid arthritis. Hal tersebut dikarenakan, berbagai senyawa yang terkandung di dalam daun sirih merah, seperti fenol dan flavonoid mempunyai sifat anti-inflamasi. Kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk meredakan penyakit rheumatoid arthritis yang menyebabkan peradangan.

The Architecture of Love | Di balik Pena

4. Melawan Radikal Bebas

Kandungan alkaloid, flavonoid, polifenol, dan tanin yang terdapat di dalam daun sirih merah mempunyai sifat anti-oksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sifat anti-oksidan ini memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas berlebih yang meningkatkan potensi untuk menyebabkan kerusakan pada sel-sel dalam tubuh.

Dengan begitu, Grameds juga akan terhindar dari ancaman risiko berbagai penyakit kronis yang diakibatkan oleh radikal bebas berlebih, seperti kanker, aterosklerosis, alzheimer, dan penyakit jantung iskemik.

5. Mengobati Diabetes

Daun sirih merah juga telah sejak lama dimanfaatkan sebagai salah satu obat tradisional yang dapat mengatasi penyakit diabetes. Studi mengungkapkan bahwa daun sirih merah memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula berlebih dari dalam darah sebesar 10 hingga 38%.

Manfaat dari daun sirih merah yang satu ini diduga diperoleh dari kandungan tanin, flavonoid, dan alkaloid yang terkandung di dalamnya.

6. Mencegah Pembentukan Plak Gigi

Daun sirih merah juga dapat digunakan untuk mencegah pembentukan serta mengurangi penumpukan plak gigi. Manfaat ini diperoleh dari minyak atsiri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab plak gigi, seperti Lactobacillus caesal, Actinomices viscosus, dan Streptococcus mutans.

7. Mengatasi Jerawat

Jerawat dapat muncul karena adanya pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes, produksi minyak berlebih, dan penyumbatan pori-pori. Hal tersebut bisa diatasi dengan cara mencuci muka menggunakan air rebusan daun sirih merah. Di dalam air rebusan tersebut terdapat kandungan flavonoid, saponin, dan tanin yang memiliki sifat anti-bakteri.

8. Mengobati Luka di Wajah

Luka gores kerap kali muncul pada area wajah. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya infeksi karena melalui luka, bakteri dapat dengan mudah masuk ke dalam kulit. Untuk mengatasi hal itu, Grameds dapat membasuh muka menggunakan air rebusan daun sirih merah. Sama seperti fungsinya untuk mengatasi jerawat, kandungan yang ada di dalam rebusan ini memiliki sifat anti-bakteri.

Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Wanita

Pixabay.com/pikulkeaw_333

Studi yang dilakukan Public Health England (PHE) menjelaskan bahwa sebanyak 31% wanita mendapatkan masalah dalam kesehatan reproduksi. Meski demikian, kurang dari setengah pengidap yang menggunaan bantuan medis untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Untuk intensitas yang ringan, masalah pada organ kewanitaan bisa diatasi dengan cara mengonsumsi daun sirih merah. Beberapa masalah yang bisa diatasi, yakni:

1. Mengatasi Keputihan

Jurnal The effect of using red betel leaves (piper crocatum) for vaginal discharge among fertile age women (faw) menjelaskan bahwa air rebusan daun sirih merah sangat efektif untuk mengatasi keputihan. Untuk mendapatkan manfaatnya, Grameds dapat melakukannya dengan cara:

  1. Rebus 3 hingga 4 lembar daun sirih menggunakan dua gelas air.
  2. Rebus selama 10 hingga 15 menit sampai daunnya layu.
  3. Diamkan hingga beberapa menit sampai suhunya normal
  4. Kemudian baru diminum.

2. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Manfaat ini dapat diperoleh dari kandungan anti-oksidan, chavicol, dan eugenol yang ada di dalam daun sirih. Kandungan tersebut sangat ampuh untuk membunuh mikroba yang menyebabkan peradangan dan menimbulkan bau tak sedap.

3. Menurunkan Intensitas Nyeri Haid

Rasa nyeri ketika haid dapat muncul karena jaringan rahim melepaskan prostaglandin. Bahan kimia ini menjadikan otot rahim berkontraksi dan menimbulkan nyeri pada area bagian bawah perut.

Grameds dapat merebus daun sirih dan dicampur dengan kunyit dengan tujuan untuk meringankan rasa nyeri. Hal tersebut dikarenakan kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang didapat dari kandungan senyawa kurkumin.

4. Mengatasi Gatal di Area Kewanitaan

Kondisi ini biasanya dipicu oleh Bacterial vaginosis. Untuk mengatasi rasa gatal yang berlebihan, Grameds dapat memakai air rebusan daun sirih merah untuk membasuh daerah kewanitaan.

Kendati demikian, pemakain rebusan ini tidak dianjurkan untuk jangka waktu yang panjang. Hal tersebut dikarenakan, daun sirih bisa memicu terjadinya perubahan pH pada daerah kewanitaan. Bila rasa gatal tak kunjung mereda, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

4. Cara Mengonsumsi Daun Sirih Merah

manfaat sirih merah
JESHOOTS-com/Pexels.com

Cara untuk mengonsumsi daun sirih merah sebenarnya sama dengan daun sirih hijau, yaitu dapat dilakukan dengan cara meminum ari rebusannya atau pun dijadikan sebagai larutan untuk kompres anggota tubuh tertentu. Ada juga orang yang menggunakan air rebusan daun sirih untuk membasuh area kewanitaan dengan tujuan untuk menghilangkan bakteri yang menyebabkan keputihan.

Daun ini juga dapat ditumbuk sampai mengeluarkan minyak untuk diaplikasikan pada luka luar. Supaya memperoleh manfaat sirih merah bagi mulut dan gigi, Grameds juga bisa mencampur air menggunakan tetesan ekstrak daun sirih merah sekitar 10 persen dan dijadikan sebagai obat kumur.

Walau memang ada banyak manfaat dari daun sirih merah, tetapi berbagai manfaat tersebut masih harus mendapatkan studi lebih lanjut. Jadi, jika Grameds tertarik untuk memanfaatkan daun sirih merah untuk mengobati penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu ke dokter yang terpercaya. Dengan begitu, dokter dapat memberikan rekomendasi pengobatan yang cocok, menyesuaikan dengan kondisi kesehatan Grameds.

Jika ingin mencari buku tentang obat herbal, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

5. Rekomendasi Buku Terkait

1. Pilih Obat Kimia Atau Obat Herbal

Deskripsi Buku

Perdebatan perihal mana yang lebih manjur apakah obat kimia dengan obat herbal terkadang diperlukan dengan tujuan untuk menggali kembali khazanah keilmuan terkhusus dalam bidang pengobatan dan yang paling penting perdebatan tersebut tidak mendiskreditkan salah satunya dan wajib dilakukan dengan proporsional. Tak pantas rasanya mengklaim bahwa obat tertentu merupakan obat yang paling berkhasiat. Hal tersebut dikarenakan dalam proses penyembuhan juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, tak sekadar ditentukan dengan obat saja melainkan juga seperti; keinginan untuk sembuh, dukungan keluarga, lingkungan, dan lain sebagainya.

Di dalam buku ini akan dikupas tuntas perihal obat kimia dan obat herbal baik baik secara definitif hingga kekurangan dan kelemahan. Selain itu, juga akan diberikan contoh mengenai tujuan pemanfaatan obat kimia maupun herbal.

Untuk obat herbal akan diberikan contoh, seperti:

  1. Adas (Foeniculum Vulgare Mill.)
  2. Alpukat (Persea Americanam Mill.)
  3. Bawang Merah (Allium Cepa L.)
  4. Bawang Putih (Allium Sativum)
  5. Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi L.)
  6. Bidara Laut (Strychnos ligustrina, Strychnos lucida)
  7. Ceplukan (Physalis Peruviana L.)
  8. Inggu (Ruta Angustifolia)
  9. Jeruk Nipis
  10. Kacapiring (Gardenia Augusta)
  11. Kapulaga
  12. Kedawung (Parkia Roxburghii)
  13. Keji Beling (Strobilanthes Crispus BL.)
  14. Kemukus (Pipercubeba L. f.)
  15. Ketumbar (Coriandrum Sativum)
  16. Kunyit (Curcuma Domestica)
  17. Mengkudu (Morinda Citrifolia)
  18. Meniran (Phylanthus Niruri)
  19. Mentimun (Cucumis Sativus)
  20. Murbei (Morus Alba L.)

2. Untung Besar Dari Herbal Kemasan

manfaat sirih merah

Deskripsi Buku

Pencegahan serta pengobatan penyakit dengan berbagai tanaman herbal, sekarang ini semakin populer dan banyak digunakan oleh masyarakat. Pada mulanya herbal diolah untuk dikonsumsi langsung. Supaya lebih praktis, herbal kini mulai diracik dan dikemas sedemikian rupa supaya bisa menjadi lebih tahan lama.

Di samping itu, dengan pengemasan yang menarik, produk herbal menjadi lebih mudah untuk dipasarkan ke berbagai daerah di Indonesia maupun manca negara untuk komoditas ekspor yang sangat menguntungkan. Herbal kemasan dapat menjadi bisnis yang prospektif. Tak sekadar karena besarnya laba yang dapat diperoleh, tetapi siapa pun dapat melakukannya.

Hal tersebut bahkan dapat dimulai dari dapur Grameds dengan modal yang kecil. Buku ini memberikan penjelasan mengenai segala hal perihal bisnis herbal mulai dari perencanaan, perijinan, pemilihan bahan, proses produksi, pemasaran, serta pengelolaan usahanya.

Setelah memahami isi buku ini, Grameds akan memahami bahwa bisnis ini cukup mudah untuk dilakukan dan sangat menguntungkan. Yuk, tunggu apalagi? Segera baca dan Grameds langsung siap menjadi pengusaha herbal!

3. Kitab Herbal Kesuburan Agar Cepat Hamil: 31 Resep Ampuh

manfaat sirih merah

Deskripsi Buku

Pasangan suami istri pastinya akan sangat bahagia jika dikaruniai dengan buah hati. Sebab, mungkin salah satu tujuan pernikahan ialah lahirnya keturunan. Meski demikian, kesempatan untuk mendapatkan buah hati tidak dimiliki oleh semua orang. Terkadang, sepasang suami istri yang telah menikah hingga bertahun-tahun tak juga kunjung diberikan kesempatan untuk menimang anak.

Berbagai aspek bisa menjadi penyebab dari seorang istri hamil untuk hamil, salah satunya ialah kesuburan dari suami maupun istri itu sendiri. Kesuburan suami dan istri sangat bergantung pada kondisi hormonal dan pola hidup masing-masing.

Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan supaya memahami bagaimana kondisi kesuburan dari pasangan suami-istri. Salah satu usaha yang bisa dilakukan ialah dengan melakukan terapi pengobatan menggunakan tanaman herbal yang tersedia di sekitar kita.

Buku ini berisi 31 resep ramuan tanaman obat yang ampuh untuk digunakan dalam mengatasi berbagai permasalahan kesuburan baik untuk pria maupun wanita untuk meningkatkan kemungkinan dan mempercepat mendapatkan si buah hati. Secara ringkas, buku ini merupakan ikhtiar dari pasangan suami-istri supaya bisa segera menimang anak yang diimpikan.

4. Obat Herbal Andalan Keluarga: Terampil Meramu Sendiri

Deskripsi Buku

Indonesia sudah sangat terkenal kaya akan tanaman obat dan rempah-rempah. Bahan-bahan tersebut kerap kali diolah untuk menjadi obat herbal yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Obat herbal merupakan obat yang dibuat menggunakan bahan dasar alami yang berasal dari hewan, tumbuhan, maupun mineral. Definisi jamu kerap kali disamakan dengan obat tradisional.

Pengobatan tradisional tak jarang mempunyai penjelasan ilmiah, tetapi ada juga yang tak memiliki satu pun bukti ilmiah. Obat alami ini bisa dimanfaatkan untuk mencegah penyakit, menjaga kesehatan, , diagnosis, dan pengobatan penyakit fisik maupun mental.

Sebagai tanggapan, WHO mengungkapkan bahwa mendukung negara anggota untuk mengimplementasikan rencana aksi serta mengembangkan strategi proaktif dengan tujuan untuk menguatkan peran obat tradisional sebagai penjaga kesehatan masyarakat.

Buku ini merupakan bacaan wajib bagu para herbalis, pengobat tradisional, kesehatan masyarakat, keperawatan komunitas, kebidanan komunitas, dan masyarakat umum yang mempedulika dunia kesehatan.

Selain menjelaskan dengan rinci perihal cara-cara meracik berbagai ragam obat herbal untuk mengobati banyak jenis penyakit yang menyesuaikan dengan prosedur standar ilmu kesehatan, buku ini juga memiliki pembahasan mengenai konsep kewirausahaan dalam bidang manajemen pemasaran produk herbal dengan mandiri dan bisa dilakukan langsung oleh siapa pun.

5. 24 Herbal Legendaris Untuk Kesehatan Anda

Deskripsi Buku

Herbal tak sekadar menjadi trend pengobatan masa kini sebagai pelengkap pengobatan medis modern, tetapi juga sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari tradisi pengobatan manusia sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Mengapa pengobatan herbal dapat bertahan hingga sekarang dan bahkan malah semakin berkembang? Apa rahasia di balik hal tersebut serta keuntungan apa yang dapat diperoleh? Temukan jawaban lengkapnya di dalam buku ini!

Dengan pembahasan yang simpel dan mudah dipahami, buku ini akan menjelaskn dengan terperinci mengenai pemakaian umum, manfaat kesehatan, serta efek samping dari 24 herbal terpopuler. Untuk beberapa tanaman herbal, juga disertakan berbagai resep pengolahannya untuk mengatasi berbagai jenis penyakit maupun gangguan kesehatan. Herbal yang dibahas di dalam buku ini secara garis besar diklasifikasikan ke dalam dua kelompok, yaitu herbal lokal yang merupakan warisan dari pengobatan tradisional nenek moyang dan herbal yang penting dalam pengobatan tradisional Cina.

Sumber rujukan:

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien