in

19 Manfaat Minyak Kemiri, Salah Satunya Mencegah Penuaan Dini

pixabay.com

Manfaat Minyak Kemiri – Bicara tentang obat herbal, tentunya kita juga sadar jika di Indonesia sudah begitu banyak bahan alami yang bisa dijadikan obat. Kekayaan akan keanekaragaman tumbuhan yang ada di Indonesia selalu bisa membantu umat manusia untuk menyembuhkan segala macam penyakit.

Di tengah majunya dunia pengobatan, banyak orang masih tetap percaya jika obat herbal selalu bisa memberikan khasiatnya tanpa menimbulkan efek samping, salah satunya adalah minyak kemiri.

Kemiri tak hanya bisa digunakan untuk bumbu pelengkap masakan saja. Namun ternyata juga bisa dijadikan obat herbal khususnya jika sudah diolah menjadi minyak.

Banyak khasiat yang ditawarkan oleh minyak kemiri karena kandungan yang ada di dalamnya. Tak heran jika sampai saat ini keberadaan dari minyak kemiri kerap kali dicari banyak orang.

Nah bagi kalian yang belum tahu apa saja manfaat dari minyak kemiri. Pas banget nih, karena dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap apa saja kandungan dan manfaat minyak kemiri bagi kesehatan tubuh manusia.

Minyak kemiri adalah salah satu obat herbal yang sampai saat ini keberadaanya masih terus dicari dan tentunya digunakan banyak orang. Hal ini tak lain karena banyaknya kandungan yang ada dalam minyak kemiri serta bisa membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Minyak kemiri sendiri berasal dari biji kemiri atau Aleurites moluccana. Sampai saat ini untuk mendapatkan minyak kemiri bisa dilakukan dengan dua cara.

Cara yang pertama adalah dengan mengolah biji kemiri dengan cara dihancurkan yang selanjutnya akan diberikan tekanan hingga keluar minyaknya. Metode ini lebih banyak dikenal dengan nama cold press.

Sedangkan untuk cara yang kedua adalah memberikan uap ke biji kemiri dengan menggunakan pipa khusus. Nantinya uap akan naik dan mengembun hingga berubah menjadi tetesan minyak.

Kandungan utama dari minyak kemiri sebenarnya terdiri dari asam lemak. Namun untuk lebih rincinya kandungan dalam minyak kemiri adalah seperti asam linolenat, asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, dan asam stearat.

Tak hanya itu saja, minyak kemiri juga memiliki kandungan seperti vitamin E yang bekerja sebagai antioksidan. Walaupun demikian namun kandungan vitamin E pada minyak kemiri terbilang cukup sedikit.

Di Balik Pena: Curahan Hati Natasha Rizky dalam Buku “Kamu Tidak Istimewa”

Manfaat Minyak Kemiri Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan yang ada di dalam minyak kemiri. Selanjutnya kita akan mempelajari bersama tentang apa saja manfaat yang diberikan oleh minyak kemiri bagi kesehatan tubuh.

Tak bisa dipungkiri jika minyak kemiri memang mimpi membagikan beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini juga menjadi salah satu alasan kenapa sampai saat ini keberadaan minyak kemiri masih terus dicari banyak orang.

Tak perlu bingung jika kalian belum tahu apa saja manfaat yang bisa diberikan oleh minyak kemiri bagi kesehatan tubuh. Sebab pada poin ini akan dijelaskan apa saja manfaat yang bisa diberikan oleh minyak kemiri bagi kesehatan tubuh, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Manfaat Minyak Kemiri
kompas.com

1. Membantu Menghindari Potensi Rambut Kering

Minyak kemiri memang bisa memberikan manfaat yang begitu banyak bagi rambut. Salah satu manfaat minyak kemiri bagi rambut adalah mampu memberikan kelembaban sehingga mencegah terjadinya rambut kering dan kusut.

Hal ini tak lain karena adanya kandungan asam amino dan asam lemak esensial yang dipercaya bisa menembus hingga ke dalam lapisan kulit kepala. Oleh karena itu bagi mereka yang menggunakan minyak kemiri pada bagian rambut akan terlihat lebih sehat dan terasa lebih lembab.

Jika memang kalian merasa memiliki kondisi rambut dengan kondisi kering. Tentunya menggunakan minyak kemiri adalah pilihan terbaik yang bisa dilakukan.

Sehat & Bugar Dengan Obat Herbal
Sehat & Bugar Dengan Obat Herbal

2. Membantu Rambut Lebih Berkilau dengan Warna Hitam

Manfaat Minyak Kemiri
kompas.com

Ternyata kondisi rambut kering juga bisa memberikan efek samping terhadap rambut menjadi terlihat tak berkilau lho. Namun kondisi rambut kurang berkilau bisa diatasi dengan menggunakan minyak kemiri.

Salah satu kandungan yang ada di dalam minyak kemiri adalah asam gamma linolenic. Dimana kandungan tersebut bisa berfungsi sebagai conditioner alami rambut. Tentunya hal ini bisa menjadikan minyak kemiri berfungsi mengembalikan kelembaban rambut hingga akan tampak hitam sekaligus lebih berkilau.

Karena hal inilah tak heran jika saat ini banyak orang menggunakan minyak kemiri agar rambut yang dimilikinya lebih terlihat berkilau dengan warna hitam.

3. Membantu Penyuburan Rambut

Manfaat yang diberikan oleh minyak kemiri masih berhubungan dengan rambut yaitu mencegah kebotakan pada area kepala. Setiap orang memang akan mengalami kebotakan pada masanya.

Namun dengan bantuan minyak kemiri ternyata bisa membantu membuat area kepala terhindar dari kebotakan lho. Hal ini tak lain karena minyak kemiri dipercaya mampu mencegah terjadinya rambut rontok sekaligus merangsang pertumbuhan rambut baru dengan lebih cepat.

Dilihat dari penjelasan tersebut tentunya minyak kemiri begitu direkomendasikan bagi kalian yang ingin terhindar dari kebotakan.

4. Membantu Membuat Rambut Lebih Kuat

Tak hanya bisa membantu permasalahan kebotakan saja. Namun minyak kemiri juga bisa membantu memperkuat rambut lho. Hal ini tak lain karena minyak kemiri memiliki kandungan linoleat dan linolenat yang dipercaya mampu membantu melapisi, menutrisi dan melembabkan bagian rambut.

Selain itu dua kandungan tersebut juga mampu memperbaiki segala permasalahan pada rambut seperti kondisi rambut bercabang. Cara untuk mendapatkan khasiat dari minyak kemiri ini terbilang cukup mudah.

Pasalnya kalian hanya perlu mengoleskan masker rambut yang berasal dari minyak kemiri secara rutin pada bagian rambut. Dengan begitu kondisi rambut kalian juga akan semakin kuat dari sebelumnya.

5. Membantu Kulit Kepala Lebih Lembab

Salah satu faktor yang bisa membuat rambut dapat tumbuh dengan sehat adalah adanya kelembaban kulit kepala yang selalu terjaga. Menariknya dengan bantuan minyak kemiri bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan kondisi kulit kepala yang kurang lembab.

Minyak kemiri memiliki kandungan tanin yang bisa berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan tersebut mampu menjadikan kulit kepala lebih sehat, bersih serta bebas dari bakteri. Oleh karena itu jika memang kondisi kulit kepala kalian kurang lembab. Bisa banget nih gunakan minyak kemiri sebagai solusinya.

Sehat,Cantik Bugar Dengan Herbal Dan Obat Tradisional
Sehat,Cantik Bugar Dengan Herbal Dan Obat Tradisional

6. Membantu Mengobati Ketombe

Salah satu permasalahan yang kerap kita temui pada rambut adalah ketombe. Adanya ketombe pada bagian kulit kepala akan menjadikan kepala terasa begitu gatal dan bahkan membuat penampilan menjadi semakin buruk.

Namun permasalahan tersebut bisa kalian atasi dengan bantuan minyak kemiri lho. Hal ini tak lain karena adanya kasiat yang diberikan oleh kandungan asam linoleat. Kandungan asam linoleat bisa berfungsi sebagai antiradang. Itu artinya adanya kandungan tersebut pada minyak kemiri bisa membantu mengurangi peradangan pada kulit kepala yang disebabkan oleh ketombe.

7. Melindungi Rambut dari Sinar Matahari

Kita sebagai manusia tentunya tak selamanya akan berada di dalam rumah. Aka nada aktivitas yang membuat kita berada di luar ruangan. Biasanya aktivitas di luar rumah ini akan menjadikan kondisi rambut menjadi rentan dan rawan terpapar radiasi sinar matahari.

Menariknya dengan bantuan minyak kemiri bisa menjadi solusi untuk mengatasi kondisi rambut yang terpapar radiasi sinar matahari lho. Hal ini tak lain karena khasiat minyak kemiri yang didapatkan dari kandungan vitamin E yang ada di dalamnya.

Vitamin E dikenal mampu menjaga kerusakan kulit kepala yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari yang terlalu lama. Adanya vitamin E pada minyak kemiri dapat bekerja begitu efektif untuk membantu menetralisir radikal bebas dan menjaga sel membrane dari adanya kerusakan sinar matahari.

8. Membantu Mengobati Gejala Psoriasis

Minyak kemiri juga dipercaya mampu membantu mengobati gejala psoriasis. Psoriasis sendiri merupakan peradangan pada kulit yang bisa menyebabkan kondisi kulit menjadi bersisik, menebal, mudah terkelupas dan kadang juga terasa gatal.

Biasanya psoriasis akan lebih banyak muncul pada bagian lutut, siku, punggung bagian bawah dan kulit kepala. Sedangkan tanda adanya penyakit psoriasis adalah kulit bersisik, rasa gatal hingga kondisi rambut yang rontok.

Agar bisa mengatasi gejala psoriasis bisa dibantu dengan menggunakan pelembab khusus kulit kepala yang bisa berfungsi untuk mengurangi peradangan dan rasa gatal. Dengan bantuan minyak kemiri bisa membantu mengurangi peradangan dan rasa gatal pada kulit kepala. Namun ada sebuah penelitian yang menyebutkan jika kasiat yang diberikan oleh minyak kemiri hanya berguna untuk mengatasi gejala penyakit psoriasis dalam skala kecil saja.

9. Begitu Ramah Dengan Kulit Kepala yang Sensitif

Minyak kemiri terbuat dari bahan alami sehingga menjadikannya sebagai salah satu obat yang tak memiliki efek samping berlebihan. Hal ini juga menjadikan salah satu alasan kenapa banyak bahan kemiri yang dijadikan sebagai produk kecantikan. Salah satu manfaat yang diberikan oleh minyak kemiri untuk rambut adalah mampu memberikan rasa aman dan nyaman ketika digunakan meskipun pada kulit sensitif sekalipun.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Minyak kemiri tak hanya digunakan untuk mengatasi permasalahan pada rambut saja. Namun minyak kemiri juga dipercaya mampu memberikan perawatan untuk kulit. Hal ini tak lain karena adanya kandungan asam linoleat yang mampu memberikan efek anti peradangan serta antioksidan.

Adanya kandungan tersebut dipercaya bisa mempercepat proses penyembuhan luka pada bagian kulit dan juga bisa memperbaiki lapisan kulit terluar atau skin barrier. Selain itu asam linoleat yang ada di dalam minyak kemiri juga bisa menyamarkan keriput dengan cara meningkatkan produksi kolagen serta bisa memberikan rangsangan terhadap regenerasi kulit.

11. Membantu Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Adanya kandungan asam linolenat, asam oleat dan juga kalium dalam minyak kemiri bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol darah. Baik itu tekanan tekanan darah tinggi maupun kolesterol darah merupakan faktor yang bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Selain itu, tingginya kandungan kalium pada minyak kemiri juga memiliki peran penting dalam sintesis protein serta metabolisme karbohidrat dalam tubuh manusia.

Sehat Alami dengan Herbal
Sehat Alami dengan Herbal

12. Membantu Mengatasi Diare

Siapa sangka ternyata tak hanya membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung, namun minyak kemiri juga bisa membantu mengatasi penyakit diare. Hal ini tak lain karena adanya kandungan asam oleat yang ada di dalam minyak kemiri dengan cara mengurangi frekuensi buang air besar.

13. Membantu Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Manfaat Minyak Kemiri
kompas.com

Minyak kemiri tak hanya kaya akan kandungan kalium saja. Namun minyak kemiri juga kaya akan kandungan kalsium dan fosfor yang begitu tinggi. Dimana kedua kandungan tersebut memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan serta kekuatan gigi dan tulang. Tak hanya itu saja, pasalnya kandungan fosfor pada minyak kemiri juga bisa membantu menghasilkan energi dalam tubuh manusia.

14. Mencegah Terjadinya Penyakit Kanker

Manfaat berikutnya dari minyak kemiri adalah untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Hal ini tak lain juga karena adanya kandungan asam oleat di dalam minyak kemiri. Asam oleat adalah lemak tak jenuh tunggal yang bisa menurunkan risiko terjadinya kanker serta mengurangi terjadinya peradangan.

15. Antibakteri

Salah satu kandungan yang ada di dalam minyak kemiri adalah asam lemak. Dimana kandungan tersebut bisa membantu menghambat enzim pada sel bakteri. Sehingga bakteri tidak bisa bertahan dengan lama. Selain itu kandungan asam lemak pada minyak kemiri juga bisa membuat bakteri menjadi tak stabil hingga menjadi rusak. Sebuah studi menemukan jika minyak kemiri mampu menghambat bakteri Staphylococcus aureus atau bakteri yang bisa menjadi penyebab berbagai macam penyakit kulit karena infeksi.

16. Membuat Wajah Menjadi Lebih Bercahaya

Beberapa kandungan minyak kemiri ternyata bisa membantu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Dimana sinar tersebut bisa memiliki kemungkinan dapat merusak kulit serta menjadikan kulit terlihat kusam.

Dalam minyak kemiri juga memiliki kandungan vitamin A, C dan E serta antioksidan yang bisa membantu proses regenerasi kulit. Karena hal tersebutlah kulit manusia menjadi lebih sehat dan bercahaya. Ketika kalian rutin menggunakan minyak kemiri, maka kulit kalian akan menjadi lebih bersih dan cerah. Tentunya hal ini akan menjadikan kalian lebih bebas dalam beraktivitas seharian meski berada di bawah sinar matahari.

17. Membantu Menyamarkan Bekas Luka

Kulit dengan kondisi begitu sensitif terkadang ketika terkena goresan sedikit saja sudah memiliki luka yang serius. Bekas luka seperti luka bakar, bekas jerawat, iritasi maupun kulit kering ternyata bisa diatasi menggunakan minyak kemiri lho. Kalian hanya perlu mengoleskan minyak kemiri pada bagian kulit yang bermasalah. Lakukan tindakan tersebut secara rutin agar hasil yang didapatkan menjadi lebih maksimal. Untuk menjadikan kulit lebih halus dan bekas luka menjadi tersamarkan tak akan butuh waktu lama dengan bantuan minyak kemiri.

18. Menghilangkan Kerutan

Manfaat minyak kemiri yang berikutnya adalah mampu membantu menghilangkan kerutan dan lingkaran hitam yang ada di bawah mata. Tak hanya itu saja, pasalnya minyak kemiri juga kaya akan kandungan antioksidan yang dipercaya mampu meningkatkan produksi kolagen serta mampu membantu menggantikan sel-sel kulit mati.

Secangkir minyak kemiri akan memiliki sekitar 85 persen kandungan vitamin E. Selain itu minyak kemiri juga memiliki kandungan vitamin A, C dan K. Dimana kandungan vitamin ini dapat bekerja secara bersamaan untuk menjaga keremajaan kulit serta mencegah terjadinya pembentukan keriput dan kerutan.

Perkembangan dini garis halus pada bagian alis dan wajah juga akan teratasi dengan begitu baik. Hal ini juga akan memperlambat proses penuaan kulit.

19. Mencegah Munculnya Uban Pada Usia Muda

Salah satu tanda penuaan dini adalah munculnya uban pada usia muda. Akan tetapi permasalahan tersebut bisa diatasi dengan bantuan minyak kemiri. Sebab kandungan vitamin E pada minyak kemiri mampu bekerja sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah adanya tanda-tanda penuaan dini seperti rambut beruban pada usia muda.

Itulah beberapa manfaat minyak kemiri yang bisa kalian dapatkan ketika menggunakannya. Dengan bantuan minyak kemiri, tak hanya akan membuat rambut menjadi sehat. Namun beberapa bagian tubuh seperti kulit juga akan terjaga kesehatannya. Grameds juga bisa membaca buku-buku terkait di gramedia.com agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

BACA JUGA:

  1. 18 Manfaat Mintak Zaitun untuk Tubuh
  2. 15+ Manfaat Habbaatussauda bagi Kesehatan Tubuh
  3. Apa Itu Serum? Manfaat serta Cara Memakainya
  4. 13 Manfaat Es Batu untuk Perawatan Wajah
  5. Manfaat Daun Bidara yang Jarang Diketahui 
  6. 10 Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan 
  7. 10 Manfaat Daun Binahong, Punya Khasiat Tinggi 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti Marliah

Buat saya, menulis bukan hanya sekedar merangkai kata agar terlihat bagus. Saya suka menulis dengan tema-tema seperti manfaat dari suatu bahan alami dan juga ilmu pengetahuan.

Kontak media sosial Instragram saya Siti Marliah