in

9 Manfaat Daun Mimba serta Fakta dan Senyawa yang Ada Didalamnya!

Sumber: bbpopt.tanamanpangan.pertanian.go.id

Daun mimba atau daun intaran yang memiliki nama latin Azadirachta indica ini merupakan tanaman khas dari India dengan beragam manfaat melimpah. Bagi masyarakat India, daun mimba sendiri kerap dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tak heran apabila sejak dahulu kala dunia medis tradisional telah memasukkan ekstrak daun mimba dalam bahan obat.

Daun mimba sendiri banyak ditemukan di negara tropis seperti India, Pakistan, dan Indonesia. Daun yang juga dikenal dengan bahasa Inggris neem tree ini sekarang hampir bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang telah mengetahui manfaatnya untuk pengobatan, mulai dengan cara dijadikan ekstrak, minyak, atau direbus untuk diminum airnya.

Bagi Grameds yang pernah mendengar tentang daun mimba, tentu pernah disarankan untuk mengonsumsinya sebagai obat tradisional penyakit tertentu. Hanya saja dikarenakan belum terlalu mengenal daun mimba, banyak dari Grameds yang merasa ragu atau takut untuk menjadi daun mimba sebagai obat herbal.

Nah, pada artikel ini kita akan mencoba mengenal manfaat dan fakta daun mimba yang penting untuk diketahui. Tanaman mimba pada dasarnya tidak hanya daunnya yang memiliki banyak manfaat, mulai dari kulit kayu, biji, akar, bunga, sampai buah dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Penasaran dengan apa saja manfaat dari daun mimba, Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

https://www.gramedia.com/products/tanaman-obat-tradisional?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Fakta Tentang Daun Mimba

Belakangan ini, daun mimba banyak dibahas oleh masyarakat. Mimba sendiri merupakan sebuah pohon dengan daun hijau yang lebar dan tinggi yang bisa mencapai hingga 30 meter. Batang pohon mimba ini biasanya menjulang tinggi dan lurus ke atas dengan diameter antara 30 sampai 80 centimeter.

Pohon mimba sendiri memiliki ciri khas cabang daun yang menyebar hingga membentuk ‘mahkota bundar’ berwarna hijau tua. Daun yang melimpah ini biasa digunakan dunia pengobatan tradisional atau alternatif untuk mengatasi berbagai penyakit kronis. Alhasil, banyak orang yang mulai melirik daun mimba karena mampu meningkatkan kesehatan pada tubuh.

Selain daun mimba yang bisa digunakan sebagai bahan pengobatan, masyarakat juga sudah terbiasa untuk mengonsumsi buah mimba secara mentah atau dimasak. Ditambah lagi, ranting dan bunga dari pohon mimba juga bisa diolah sebagai sayuran untuk menu makanan.

Berikut ini adalah temuan kandungan nutrisi yang ada di dalam daun menurut Forest Research Institute, antara lain yaitu:

  • Protein (7,1%)
  • Karbohidrat (22,9%)
  • Mineral
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Vitamin C

Selain itu, tanaman ini juga memiliki kandungan beberapa nutrisi lain, seperti asam glutamat, tirosin, dan sejumlah asam amino yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan

manfaat daun mimba
Sumber: Kompas.com

Sebagian besar masyarakat Nusantara mungkin mengenal manfaat daun mimba sebagai obat untuk mengatasi ketombe di rambut maupun jerawat di kulit kepala. Namun, seiring dengan berkembang dunia medis tradisional, daun mimba ternyata juga diketahui memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai penyakit seperti asma, sembelit, batuk, diabetes, radang lambung, gangguan pencernaan, infeksi saluran kemih, penyakit periodontal, dan lain sebagainya.

Beberapa orang juga mempercayai bahwa daun mimba bisa digunakan untuk meredakan peradangan, meningkatkan kesehatan organ hati, meredakan nyeri, menjaga kesehatan mata, meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh, sampai mencegah penyakit jantung.

Meskipun banyak orang yang percaya khasiat yang diberikan oleh daun mimba, tetapi studi ilmiah tentang daun mimba masih sangat terbatas. Alasan ini yang menjadi hambatan untuk dunia medis modern belum berani menjadikan daun mimba sebagai pengganti pengobatan medis dari dokter.

Nah, berikut ini rangkuman terkait manfaat daun mimba untuk kesehatan, antara lain:

1. Kesehatan Gigi

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan sekitar 20 partisipan yang dibagi menjadi dua kelompok, mereka diminta untuk menggunakan daun mimba dan chlorhexidine gluconate (bahan yang kerap dipakai untuk mencegah penyakit gusi) untuk meningkatkan kesehatan gigi.

Setelah dilakukan dalam kurun waktu tertentu, hasil riset menunjukkan bahwa daun mimba efektif dalam meningkatkan kesehatan gigi. Efektivitas yang dimiliki oleh daun mimba ternyata seimbang dengan chlorhexidine gluconate. Hasil dari riset ini pun pada akhirnya menjadi dasar para peneliti untuk merekomendasikan daun mimba sebagai obat perawatan kesehatan gigi yang lebih alami dan ekonomis.

Sementara itu, dalam penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology telah meminta 36 partisipannya untuk menggunakan pasta gigi dengan kandungan ekstrak daun mimba di dalamnya, dan dibandingkan chlorhexidine gluconate sebagai obat kumurnya.

Hasil penelitian kedua ini juga membuktikan bahwa daun mimba memiliki kemampuan mencegah penumpukan plak yang lebih efektif, dibandingkan obat kumur. Di samping itu, menurut sebuah penelitian yang dipublikasi dalam Indian Journal of Dental Research menjelaskan bahwa mengunyah permen karet yang mengandung daun mimba dapat membantu perkembangan bakteri akibat penyakit periodontal.

2. Mengobati Tukak Lambung

Manfaat daun mimba yang baik untuk kesehatan selanjutnya adalah kemampuannya dalam mengobati tukak lambung. Tukak lambung merupakan luka yang ada pada lambung, sehingga menjadikan keluhan sakit maag, seperti nyeri ulu hati, kembung, dan mual. Tukak lambung sendiri bisa diobati dengan mudah, tetapi apabila tidak ditangani dengan segera, maka bisa berpotensi membuat komplikasi yang berat.

Berdasarkan sebuah penelitian ilmiah yang diterbitkan oleh Phytotherapy Research, daun mimba ternyata memiliki hasil yang signifikan dalam mengobati tukak lambung. Para peneliti yang terjun langsung dalam penelitian ini mengatakan bahwa ekstrak daun mimba bisa digunakan untuk menghambat sekresi asam lambung, sehingga tukak pada lambung dapat dicegah. Daun mimba biasanya diekstrak terlebih dahulu supaya bisa dimanfaatkan untuk pengobatan tukak lambung.

3. Mencegah Kanker

Selain efektif menjaga kesehatan gigi dan tukak lambung, daun mimba diketahui juga mampu mencegah kanker. Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasi dalam jurnal Cancer Biology & Therapy pada 2011 menemukan bahwa daun mimba mampu mencegah kanker. Para peneliti percaya apabila daun mimba memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan tumor sekaligus juga meningkatkan sistem imun tubuh.

Ekstrak dari daun mimba biasanya memang digunakan untuk mengatasi kanker. Namun perlu diperhatikan, sampai saat ini belum ada penelitian kuat yang bisa membuktikan potensi daun mimba dalam mencegah apalagi mengobati kanker.

4. Anti Jamur dan Anti Bakteri

Manfaat daun mimba selanjutnya yaitu bisa digunakan untuk mengobati infeksi jamur dan bakteri. Daun mimba sendiri memang biasa dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit yang disebabkan jamur atau bakteri, seperti kutil hingga cacar air. Daun mimba yang sudah diolah menjadi pasta dapat dioleskan ke area yang terkena. Bahkan, beberapa orang juga memilih untuk mandi dengan air mimba sehingga lebih efektif.

5. Baik untuk Tulang

Susu biasanya digunakan banyak orang untuk membuat tulang menjadi lebih kuat. Daun mimba sendiri memiliki kandungan yang hampir sama dengan susu. Adanya kalsium dan kandungan mineral yang kuat di dalam daun mimba bisa digunakan untuk untuk menciptakan tulang yang kuat dan mengurangi peradangan.

Dalam dunia pengobatan tradisional, daun mimba yang sudah diubah menjadi minyak kerap diresepkan bagi para pasien lanjut usia yang punya keluhan rematik. Daun mimba dipercaya mampu meredakan nyeri rematik dan rasa kaku pada orang yang sudah usia lanjut. Selain itu, minyak dari daun mimba juga bisa digunakan untuk membantu kesehatan tulang. Cara yang biasa dilakukan adalah dengan mengoleskan dan memijatkannya pada kulit secara teratur.

6. Mengusir Hama

Daun mimba yang telah diubah menjadi bentuk minyak ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengusir hama, misalnya saja seperti nyamuk dan kutu pasir. Aroma yang dihasilkan oleh daun mimba bisa menjadikan hama kabur. Tak heran apabila dalam beberapa produk shampo untuk hewan memasukkan ekstrak daun mimba sebagai bahan dasar pembuatannya, terutama kutu yang berada di bulu hewan.

Para peternak justru biasa menempatkan daun mimba di tempat makan hewan ternak. Hal ini dilakukan agar berbagai jenis hama dan parasit tidak datang.

7. Mengusir Ketombe

Di samping sudah lama digunakan sebagai pengusir hama, daun mimba juga menjadi salah satu bahan populer yang kerap dimasukkan ke dalam produk shampo. Hal ini dikarenakan daun mimba ternyata cukup ampuh untuk menghilangkan ketombe yang menempel pada rambut manusia. Meskipun penelitian yang membuktikan manfaat ini masih sedikit, tetapi daun mimba pada dasarnya memang memiliki efek anti peradangan dan antimikroba, sehingga dipercaya ampuh mengusir ketombe.

8. Menghilangkan Kutu Rambut

Banyak orang yang memiliki masalah rambut yang dikarenakan ketombe dan kutu. Maka dari itu, ada sebuah riset yang pernah membuktikan bahwa daun mimba bisa digunakan untuk mengusir kutu rambut. Dalam riset tersebut melibatkan dua belas anak yang awalnya memiliki masalah kutu rambut untuk diminta mandi dengan sampo berbahan dasar daun mimba. Setelah 7 hingga 10 hari, tidak ditemukan adanya kutu rambut pada anak-anak tersebut.

9. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat daun mimba selanjutnya adalah kemampuannya dalam mencegah penuaan dini. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 menunjukkan bahwa ekstrak dari daun mimba yang dioleskan pada bagian kulit partisipan bisa mencegah penuaan dini. Namun, penelitian tentang manfaat daun mimba untuk mencegah penuaan diri ini masih dalam tahap pengembangan sehingga belum diketahui kebenarannya.

https://www.gramedia.com/products/khasiat-obat-tradisional-sebagai-antioksidan-diabetes?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/khasiat-obat-tradisional-sebagai-antioksidan-diabetes?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Senyawa dalam Tumbuhan dan Daun Mimba

daun mimba
Sumber: sajiansedap.grid.id

Terdapat beberapa senyawa yang ada di dalam daun mimba yang bisa bermanfaat kesehatan tubuh. Berikut ini senyawa yang bermanfaat di daun mimba.

1. Antioksidan

Antioksidan adalah suatu zat yang memiliki manfaat penting untuk membantu melindungi semua sel tubuh dari efek radikal bebas. Daun mimba diketahui memiliki kandungan flavonoid yang melimpah, sebut saja seperti quercetin, katekin, karoten, dan asam askorbat. Keempat komponen tersebut pada dasarnya merupakan sumber antioksidan.

Tak heran apabila tanaman mimba juga banyak dipakai sebagai obat untuk beberapa penyakit kulit, terlebih lagi pada bagian daunnya yang mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi.

Beberapa senyawa tersebut pada dasarnya akan sangat membantu untuk menurunkan risiko terjadinya kerusakan sel kulit mati. Selain itu, antioksidan yang terdapat dalam tanaman mimba juga dapat digunakan sebagai antiseptik sehingga cocok bagi kalian yang ingin mengatasi masalah jerawat dan kemerahan di kulit wajah.

2. Antikanker

Manfaat daun mimba selanjutnya yakni bisa menjadi obat pencegah terjadinya kanker. Daun mimba yang telah terekstrak akan sangat efektif untuk menekan sifat karsinogen yang ada di dalam tubuh. Sesuai dengan situs daring Livestrong yang mengungkapkan bahwa ekstrak dari daun mimba dipercaya memiliki khasiat sebagai anti kanker, yaitu membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker.

Menurut penelitian ilmiah dalam Archives of Gynecology and Obstetrics pada tahun 2012 menemukan bahwa penderita kanker serviks yang dirawat dengan pengobatan medis dan ekstrak daun mimba terbukti lebih mampu menurunkan keparahan sel kanker.

Hal ini pun menjadi dasar apabila daun mimba dapat meminimalisasi risiko kematian yang disebabkan oleh kanker serviks. Sementara itu, beberapa penelitian lain juga menyebutkan bahwa daun mimba yang diekstrak punya efek anti kanker pada pertumbuhan sel kanker prostat.

3. Antimikroba

Selain sebagai antioksidan dan antikanker, daun mimba juga diketahui memiliki khasiat antimikroba yang dapat membantu pencegahan atau perlambatan pertumbuhan mikroba jahat (bibit penyakit). Berdasarkan penelitian yang dipublikasi dalam Dental Journal tahun 2011 menyatakan bahwa minyak yang terbuat dari biji pohon mimba dapat mengurangi potensi pertumbuhan mikroorganisme pada rongga mulut.

Daun mimba sendiri memiliki beberapa kandungan senyawa bioaktif seperti alkaloid, steroid, flavonoid, dan tanin. Keempat senyawa tersebut memiliki kemampuan untuk mencegah pertumbuhan pertumbuhan bakteri Salmonella dan E. Coli.

https://www.gramedia.com/products/herbal-bali-khasiat-dan-ramuan-tradisional-asli-dari-bali?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasihttps://www.gramedia.com/products/herbal-bali-khasiat-dan-ramuan-tradisional-asli-dari-bali?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Cara Menggunakan Daun Mimba Untuk Sampo

daun mimba
Sumber: shopee.co.id

Setelah banyak penemuan yang membuktikan tentang manfaat daun mimba, ada beberapa perusahaan yang mulai membuat produk olahan ekstrak daun mimba, misalnya seperti shampo atau minyak rambut. Selain itu, banyak orang umumnya langsung mencampurkan minyak daun mimba dengan shampo favoritnya.

Namun, pada dasarnya kamu bisa secara langsung mengoleskan minyak daun mimba ke kulit rambut untuk mencegah ketombe dan kutu. Ditambah lagi, ekstrak daun mimba juga bisa dijadikan campuran ke dalam permen karet sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan gigi.

Risiko Menggunakan Daun Mimba

Setelah mengetahui berbagai manfaat dan fakta tentang daun mimba, ada beberapa risiko yang perlu juga diperhatikan bagi kamu yang ingin menggunakannya. Meskipun para ilmuwan yang telah meneliti daun mimba menyatakan aman untuk digunakan, ada kemungkinan beberapa orang alergi dengan daun ini.

Salah satu tips yang bisa kamu coba ketika hendak menggunakan daun mimba yakni dengan cara mengoleskan pada bagian kulit. Selanjutnya, tunggu hingga sampai 24 jam. Apabila ada reaksi alergi yang muncul, seperti pembengkakan, warna kulit berubah, gatal-gatal, atau rasa tidak nyaman, bisa jadi ada potensi alergi terhadap daun mimba.

Selain itu, para ahli juga menyebutkan bahwa anak-anak tidak direkomendasikan untuk menggunakan daun mimba. Daun mimba diduga memiliki sifat sensitif terhadap kulit anak-anak.

Tidak hanya anak-anak, beberapa orang yang mengidap penyakit autoimun (lupus) sangat tidak disarankan untuk menggunakan daun mimba. Hal ini menjadi salah satu pantangan bagi mereka yang masih mengonsumsi obat-obatan, seperti lithium maupun imunosupresan. Pantangan ini disebabkan cara kerja daun mimba yang berpotensi untuk “ikut campur” dalam aktivitas sistem imun di dalam tubuh. Alasan tersebutlah yang menjadikan orang dengan penyakit autoimun tidak disarankan untuk menggunakan daun mimba.

Berdasarkan sebuah riset ilmiah, dosis aman bagi kalian yang ingin menggunakan daun mimba yaitu 60 miligram setiap hari selama 10 pekan. Setelah 10 pekan tidak meninggalkan efek samping, maka konsumsi daun mimba boleh dilanjutkan.

https://www.gramedia.com/products/sehat-tanpa-obat-khasiat-tersembunyi-jahe?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/sehat-tanpa-obat-khasiat-tersembunyi-jahe?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penutup

Demikian pembahasan lengkap tentang manfaat dan fakta daun mimba. Bagi Grameds yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang daun mimba dan berbagai tanaman dengan berbagai manfaat lainnya dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Humam

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi