in

Profil Hyoyeon SNSD dan Perjalanan Karir Dancing Queen K-Pop Gen 2

https://www.cnnindonesia.com/

Hyoyeon SNSD – Eksistensi girl grup Girls’ Generation alias SNSD yang berada di bawah naungan SM Entertainment sepertinya telah menjadi pionir akan tumbuhnya industri K-Pop hingga detik ini.

Nyatanya, banyak sekali idol K-Pop rookie yang selalu menunjuk member SNSD sebagai role-model mereka. Meskipun sama-sama telah menjadi idol K-Pop, tetapi bagi para idol rookie, para member SNSD adalah sosok yang sangat keren dan tak ada bandingannya!

Grup legendaris SNSD ini tidak hanya memiliki member dengan julukan ‘The Queen of Visual K-Pop’ yang disematkan pada Yoona, tetapi juga ada member dengan predikat ‘The Dancing Queen’ yakni pada Hyoyeon SNSD.

Yap, nama Hyoyeon SNSD pasti akan langsung dipahami oleh para penggemar K-Pop atau idol K-Pop rookie akan keterampilan menari yang begitu keren. Tidak hanya itu saja, sepanjang karirnya pun Hyoyeon SNSD telah bekerja sama dengan Janet Jackson.

Lantas, bagaimana sih perjalanan karir dari seorang Kim Hyo Yeon alias Hyoyeon SNSD hingga detik ini? Apa saja fakta-fakta menarik seputar idol K-Pop senior yang turut menjadi DJ ini? Yuk, segera simak semua ulasannya berikut ini!

Biodata dan Profil Hyoyeon SNSD

https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Kim Hyo Yeon
  • Nama Panggung: Hyoyeon
  • Tanggal Lahir: 22 September 1989
  • Zodiak: Virgo
  • Zodiak China: Ular (Snake)
  • Tinggi Badan: 160 cm (5’24”)
  • Golongan Darah: AB
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Pendidikan: Beijing Normal University
  •  Masa Pelatihan: 7 tahun
  • Sub Unit: Oh!GG, Girls On Top
  • Akun Instagram: @hyoyeon_x_x
  • Channel Youtube: HYOYEON STYLE

Perjalanan Karir

Hyoyeon SNSD lahir dengan nama asli Kim Hyo Yeon pada 22 September 1989 di wilayah Incheon. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan adik laki-lakinya yang bernama Kim Min Gu. Selama menempuh pendidikan, Hyoyeon telah bersekolah di Sekolah Dasar Guwol Seo dan Sekolah Menengah Wanita Sangincheon, tetapi dirinya harus putus sekolah kemudian pindah ke Sekolah Menengah Chungbuk.

Saat ini, Hyoyeon tidak hanya berprofesi sebagai idol K-Pop member SNSD saja, tetapi juga seorang penyanyi solo, rapper, dancer, hingga DJ dengan nama DJ HYO. Tidak sampai disitu saja, Hyoyeon SNSD turut menerbitkan sebuah buku tentang fashion dan kecantikan yang berjudul Hyo Style pada tahun 2015 silam.

1999: Belajar Tari di Winners Dance School

hyoyeon snsd
https://poskota.co.id/

Sejak SD, Hyoyeon memang telah berlatih tari formal di sebuah sekolah hip-hop kecil di lingkungannya. Kala itu, Hyoyeon sudah belajar dasar dari tari hip-hop dan Latin.

Pada tahun 1999 saat menginjak usia 10 tahun, Hyoyeon mendaftar di sebuah sekolah tari Winners Dance School yang memang terkenal di Korea Selatan kala itu. Sekolah tari tersebut memang spesialisasi tari poppin, locking, dan gaya hip-hop lainnya. Di sekolah tari tersebut, Hyoyeon bertemu dengan Min MISS A yang kemudian keduanya masuk dalam tim duo tari ‘Little Winners’.

Keduanya juga bahkan melakukan banyak pertunjukan dan kerap disorot oleh HipHoper.com pada tahun 2004.

2000: Bergabung Dengan SM Entertainment

Ibunda Hyoyeon memang sejak dahulu begitu ingin putri sulungnya tersebut menjadi seorang idol. Beliau menyukai salah satu grup legendaris besutan SM Entertainment, H.O.T. Alhasil saat Hyoyeon berusia 11 tahun, Ibunya mengajaknya untuk ikut audisi terbuka di SM Entertainment.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Setelah menampilkan bakat tarinya, akhirnya Hyoyeon resmi bergabung dengan SM Entertainment dan memulai masa pelatihannya pada Mei 2000.

2004: Belajar Tari di China

Pada tahun 2004, Hyoyeon bersama Siwon Super Junior yang kala itu masih menjalani masa pelatihan di SM Entertainment, dikirim ke China untuk belajar bahasa Mandarin. Hyoyeon sendiri menerima pelajaran bahasa Mandarin dan menari dari koreografer ternama, salah satunya adalah koreografer Justin Timberlake.

Setelah setahun belajar di China, Hyoyeon kembali ke Korea Selatan dan didapuk sebagai penari latar seniornya, BoA, pada sebuah acara Festival Musik Mnet 2005. Tidak hanya itu saja, Hyoyeon juga bekerjasama dengan penyanyi Amerika sekaligus anak dari Raja Pop Michael Jackson, yakni Janet Jackson.

2007: Berhasil Debut Bersama SNSD

hyoyeon snsd
https://cewekbanget.grid.id/

Setelah menjalani masa pelatihan selama kurang lebih 7 tahun, akhirnya Hyoyeon berhasil debut bersama SNSD sebagai penari utama, rapper utama, dan sub vokalis pada Agustus 2007.

Lagu debut mereka berjudul “Into The New World” yang hingga saat ini masih sering ditampilkan kembali oleh para idol K-Pop rookie karena mereka begitu menghargai SNSD sebagai legenda di dunia K-Pop.

Tepatnya pada 5 Agustus menjadi waktu dimana Sunny bersama para member SNSD lainnya resmi debut di Inkigayo SBS dengan membawakan lagu “Into The New World”. SNSD turut merilis album studio debut yang berjudul “Girls’ Generation”. 

Pada 7 Januari 2009, SNSD merilis extended-play [EP] berjudul “Gee” yang kemudian meraih peringkat nomor 1 di acara musik Music Bank SBS dan memecahkan rekor kemenangan selama 9 minggu berturut-turut. Setelah itu, lagu-lagu comeback SNSD selalu menempati posisi puncak di tangga lagu Korea maupun luar negeri. 

Pada 17 Mei 2022 silam, barulah SM Entertainment menyatakan bahwa SNSD akan comeback dengan formasi lengkap yakni 8 member sekaligus sebagai peringatan ulang tahun grup ke-15. Comeback dengan lagu “Forever 1” ini juga menjadi mengakhiri hiatus grup SNSD selama 5 tahun lamanya. Meskipun ke-8 member SNSD sering berlalu-lalang di industri hiburan Korea Selatan, tetapi saat itu mereka tidak berpromosi sebagai grup, melainkan sebagai soloist atau artist individu.

FYI, sebenarnya member SNSD itu ada 9 orang tetapi pada tahun 2015, Jessica Jung menyatakan bahwa dirinya hengkang dari grup. 

2008: Memulai Aktivitas Individu

Sama halnya dengan member SNSD lainnya, Hyoyeon pun turut melebarkan karirnya dengan memulai aktivitas individu. Pada tahun 2008 menjadi waktu dimana Hyoyeon memulai aktivitas individu dengan menjadi cameo di serial komedi romantis Unstoppable Marriage dan Oh My Lady (2010).

Pada tahun 2011 kemudian, Hyoyeon menjadi member tetap pada sebuah variety show bertajuk Invincible Youth 2 di saluran KBS. Acara tersebut juga menampilkan Bora Sistar, Suzy Miss A, Jiyoung KARA, dan Yewon Jewelry sebagai anggota lainnya. Konsep acaranya adalah para idol wanita ini akan menjalani kehidupan di desa nelayan yang terletak di Pulau Daebu, Ansan, Provinsi Gyeonggi.

Pada tahun 2012, Hyoyeon SNSD berpartisipasi dalam sebuah acara bertajuk Dancing With The Stars: Season 2 dan berhasil memenangkan juara kedua bersama partnernya Kim Hyungsuk.

Melalui acara tersebut, Hyoyeon juga masuk dalam nominasi di sebuah acara penghargaan MBC Entertainment Awards dengan kategori Female Newcomer Show Variety.

Pada tahun 2015, Hyoyeon tidak hanya fokus pada acara televisi saja tetapi dirinya juga menerbitkan sebuah buku yang berisikan tentang fashion, gaya hidup, dan kecantikan, dengan judul HYO STYLE. Buku tersebut memiliki tebal 142 halaman.

Pada tahun 2016, Hyoyeon turut serta dalam acara Hit The Stage yang menampilkan kompetisi dance antar idol K-Pop dengan kru dance profesional. Kala itu, Hyoyeon tampil bersama Khan&Korean Lockers dan berhasil masuk di babak final dan meraih juara 2.

2016: Debut Solo

Setelah Hyoyeon turut andil dalam lagu solo milik Taeyeon yang berjudul “Up & Down”, pihak SM Entertainment pun merilis pernyataan bahwa Hyoyeon akan segera debut solo dengan lagu berjudul “Mystery” sebagai bagian dari proyek SM Station. 

Pada tahun 2017, Hyoyeon kembali comeback sebagai soloist dengan merilis single kedua berjudul “Wannabe” bersama rapper San E. Pada April 2018, pihak agensi mengumumkan bahwa Hyoyeon akan comeback ketiga kalinya dengan lagu berjudul “Sober” sekaligus nama panggung Hyoyeon sebagai DJ adalah HYO. Saat berpromosi sebagai DJ HYO, Hyoyeon akan berada dibawah label musik SM Scream Records

https://girls-generation.fandom.com/Pada 7 November 2018, SM Entertainment merilis teaser atas comeback DJ HYO dengan single berjudul “Punk Right Now” yang berkolaborasi dengan DJ 3LAU asal Amerika Serikat. Lalu pada 22 Juli 2020, Hyoyeon comeback sebagai solois dengan single baru “Dessert” sekaligus berkolaborasi dengan rapper Loopy dan Soyeon (G)I-dle. 

Pada 9 Agustus, Hyoyeon comeback dengan single “Second” berkolaborasi dengan penyanyi BIBI. Lagu tersebut berhasil menempati posisi ke-17 di tangga musik Billboard World Digital Songs. Setelah itu pada 2 Mei 2022 silam, Hyoyeon comeback kembali dengan single utama “Deep” dan mini albumnya tersebut terdapat total 7 lagu. 

2018: Bergabung Dengan Subunit ‘Oh!GG’

Selagi Hyoyeon turut melebarkan karirnya sebagai solois, dirinya pun diumumkan menjadi bagian dari sub-unit kedua SNSD yakni Oh!GG bersama Taeyeon, Sunny, Yuri, dan Yoona. Sub-unit debut secara resmi pada September 2018 dengan merilis single “Lil’ Touch”.

FYI, sebenarnya lagu “Lil’ Touch” ini akan diberikan sebagai lagu debut Yuri sebagai soloist, tetapi kemudian pihak agensi menyatakan bahwa lagu ini cocok dibawakan sebagai grup yakni Oh!GG. 

Pada Desember 2021, sub-unit Oh!GG turut berpartisipasi dalam album musim dingin SMTown bertajuk ‘2021 Winter SMTown: SMCU Express’ dan turut hadir dalam konser online SMTown yang diadakan di awal tahun 2022. 

2021: Bergabung Dalam Proyek Girl Group Gabungan ‘GOT The Beat’

Pada Desember 2021, pihak SM Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan sebuah proyek girl grup baru bernama Girls On Top dengan sub-unit ‘Got The Beat’. Seluruh member dari GOT The Beat adalah idol K-Pop yang telah debut di bawah naungan agensi sebelumnya yakni BoA, Taeyeon dan Hyoyeon SNSD, Seulgi dan Wendy RED VELVET, serta Karina dan Winter AESPA. 

Lalu pada 3 Januari 2022, dirilislah single debut grup ini berjudul “Step Back” dan berhasil menduduki peringkat ke-4 di Gaon Digital Chart dan ke-5 di Billboard World Digital Songs Chart.

Penampilan debut mereka pun bukan di acara musik seperti kebanyakan grup K-Pop lainnya, melainkan di SMTown Live 2022: SMCU Express Kwangya. Sebulan kemudian, barulah mereka melakukan penampilan resmi di acara musik M Countdown. 

Pada 29 Desember 2022, diumumkan bahwa GOT The Beat akan comeback dengan mini album bertajuk “Stamp On It”.

40 Fakta Menarik Seputar Hyoyeon SNSD

hyoyeon snsd
https://www.beautynesia.id/
  1. Hyoyeon SNSD lahir dengan nama asli Kim Hyo Yeon pada 22 September 1989 di wilayah Incheon.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan adik laki-lakinya yang bernama Kim Min Gu.
  3. Hyoyeon memulai karirnya dengan debut sebagai member SNSD pada Agustus 2007 dengan posisi sub-vokalis dan penari utama.
  4. Berhubung Hyoyeon telah sibuk menjalani debut, maka dirinya pun keluar dari sekolah. Namun Hyoyeon tetap memikirkan pendidikannya dengan mengambil ujian GED (ujian kesetaraan) untuk ijazah SMA-nya.
  5. Selain menjadi member SNSD, Hyoyeon juga aktif sebagai DJ dengan nama DJ HYO.
  6. Sebelum bergabung dengan SM Entertainment, Hyoyeon memang selalu menonjolkan bakatnya dalam hal menari. Ketika menjadi guest star di acara TV pun dirinya selalu dijuluki sebagai “Dance Prodigy”.
  7. Hyoyeon telah mengambil kelas tari di Winners Dance School selama 3 tahun sehingga kemampuan menarinya tidak perlu diragukan lagi.
  8. Banyak penggemar berspekulasi bahwa Hyoyeon SNSD begitu cocok dengan rambut pirang.
  9. Pernah muncul sebagai cameo di MV Amber Liu berjudul “Shake That Brass”.
  10. Pada tahun 2015, Hyoyeon menerbitkan buku tentang kecantikan, fashion, dan gaya hidup yang berjudul HYO STYLE.
  11. Dari seluruh member SNSD, Hyoyeon adalah member yang memiliki kebiasaan minum alkohol paling banyak.
  12. Hyoyeon SNSD pernah dikirim oleh SM Entertainment untuk belajar di luar negeri di China bersama dengan Siwon Super Junior selama 1 tahun. Itulah mengapa Hyoyeon begitu fasih dalam berbahasa China.
  13. Selama belajar di China, berat badan Hyoyeon selalu bertambah.
  14.  Saat SNSD merilis album ke-4 bertajuk “I Got A Boy”, Hyoyeon bertanggung jawab atas bagian rap.
  15. Kepribadian Hyoyeon SNSD adalah santai dan mudah bergaul dengan baik. Atas hal tersebut, rekannya pun tidak hanya sebatas selebritis saja tetapi juga seniman dari dalam maupun luar negeri.
  16. Berteman akrab dengan Min Miss A dan Soyou SISTAR.
  17. Pada tahun 2021, Hyoyeon turut didapuk sebagai bagian dari proyek grup baru Girls On Top bersama rekannya Taeyeon.
  18. Hyoyeon SNSD dapat berbahasa Korea dan China begitu fasih, sementara untuk bahasa Inggris dan Jepang masih dalam kemampuan dasar.
  19. Hobi: Berbelanja dan menonton film.
  20. Makanan favorit: Sup dan segala makanan Korea.
  21. Hyoyeon mengaku bahwa dirinya memiliki kemampuan yang buruk dalam mengingat nama orang, sehingga sering dijuluki sebagai ‘Genius Renaming Center’.
  22. Para member SNSD menganggap bahwa Hyoyeon adalah juru masak terbaik di dorm.
  23. Hingga tahun 2021 lalu, hanya Yuri dan Hyoyeon SNSD saja yang masih tinggal di dorm.
  24. Hyoyeon SNSD adalah seorang ambidextrous alias memiliki keterampilan yang baik dalam menggunakan kedua tangannya.
  25. Memiliki 14 tindik, termasuk di lidahnya.
  26. Hyoyeon SNSD sangat pandai mengingat koreografi, tepatnya hanya dengan menontonnya 1-2 kali saja.
  27. Sejak muda, Hyoyeon memang telah tertarik dengan hal fashion. Selebriti dunia yang paling dikaguminya adalah Jennifer Lopez.
  28. Hyoyeon aktif berpromosi sebagai DJ di konser EDM dengan nama panggung DJ HYO.
  29. Saat masih sama-sama menjadi trainee, Yuri dan Seohyun sempat takut dengan Hyoyeon karena auranya yang begitu menonjol.
  30. Sooyoung pernah memanggil Hyoyeon dengan julukan Putri Fiona. Awalnya, Hyoyeon senang dengan julukan tersebut sampai akhirnya dirinya tahu siapa sebenarnya Putri Fiona itu.
  31. Hingga saat ini, Hyoyeon SNSD telah belajar jazz, tari balet, hip-hop, tari perut (belly dancing), popping, dan locking.
  32. Hyoyeon turut membintangi sebuah program televisi berjudul Invincible Youth 2 bersama Bora Sistar, Suzy Miss A, Jiyoung KARA, dan Yewon Jewelry pada tahun 2011.
  33. Hyoyeon kerap mabuk kendaraan sehingga ketika perjalanan bersama para member SNSD lain, dirinya akan selalu duduk di bangku depan sebelah supir.
  34. Sebelum debut bersama SNSD, Hyoyeon telah bekerjasama dengan Janet Jackson dan penari siluet BoA selama acara Mnet Music Festival 2005.
  35. Selain menjadi dancer terbaik di grup SNSD, Hyoyeon juga merupakan member yang memiliki keahlian berlari paling cepat.
  36. Hyoyeon mengaku bahwa dirinya begitu ingin menikah dan membangun keluarga lebih awal.
  37. Bagi Hyoyeon, pekerjaan rumah yang paling menyenangkan adalah mencuci pakaian.
  38. Hyoyeon adalah tipikal orang yang menyimpan masalah dan pikirannya untuk dirinya sendiri karena tidak ingin mengganggu kenyamanan orang lain dengan membicarakan masalahnya tersebut. Dirinya cenderung membiarkannya berlalu atau membuat masalah tersebut sebagai lelucon.
  39. Hyoyeon begitu terobsesi dengan kebersihan sehingga dirinya pun dianggap sebagai member SNSD yang paling rajin membersihkan ruang tamu di dorm.
  40. Sempat menjadi bagian dari tim tari ‘Little Winners’ bersama Min Miss A.

Demikian pembahasan seputar Hyoyeon SNSD. Semoga biografi singkat dari Hyoyeon SNSD dan juga fakta menariknya dapat menginspirasi kamu, Grameds. 

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Apakah Grameds sedang mencari buku seputar K-pop? Tenang, kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com atau melihat beberapa rekomendasi buku di bawah ini, ya. 

6 Rekomendasi Buku Terkait

1. The Ultimate History of Girls’ Generation

Memiliki anggota yang cukup banyak yaitu, 8 anggota, SNSD memiliki citranya sendiri dan kekhasan dalam menampilkan setiap lagu-lagunya. Bahkan beberapa waktu lalu, SNSD juga mendapatkan pujian dari netizen Korea, karena penampilan mereka dinilai sangat profesional dan unik.

Bahkan, sampai sekarang posisi Girls’ Generation sebagai girlband papan atas Korea masih belum tergusur lho. Wih keren banget yah! BTW kalian penasaran dan mau tahu alasannya? Yuk, buka dulu The Ultimate History of Girls’ Generation yang bahas tuntas perjalanan karir mereka dari awal hingga mencapai satu dekade ini!

2. Girls’ Generation

Girls’ Generation menjadi terkenal di awal karir mereka dengan lagu-lagu seperti “Into the New World” dan “Kissing You,” tetapi baru pada tahun 2009 mereka mendapatkan popularitas besar di Korea Selatan dengan single mereka “Gee.” yang kemudian dinamai sebagai Song of the Decade di Korea Selatan.

Dalam lima tahun, grup ini telah menjual total 4,4 juta album dan 30 juta single digital. Popularitas besar mereka di Korea Selatan membuat mereka mendapatkan gelar ‘Penyanyi Bangsa’ dan ‘Grup Gadis Bangsa’. Jurnal lainnya menyebut grup tersebut sebagai entertainer paling berpengaruh pada tahun 2011 dan 2012, menjadikan mereka sebagai girl grup pertama dalam sejarah yang masuk dalam daftar tersebut.

Forbes juga menobatkan grup Korea Selatan sebagai ‘Penghibur Paling Berpengaruh’ tahun 2011.

3. Play With Super Junior

hyoyeon snsd

Siapa sih yang enggak tahu Super Junior? Grup legendaris dengan julukan “The King of Hallyu Wave” ini berkontribusi besar dalam menyebarkan virus Kpop ke seluruh dunia. Lagu-lagu hit mereka seperti “Sorry Sorry”, “Bonamana”, dan “Mr Simple” jadi lagu-lagu sepanjang masa yang super populer dan sukses menarik perhatian publik yang awalnya belum kenal sama K-pop. Dan sampai saat ini, Super Junior masih menunjukkan eksistensi mereka yang luar biasa di dunia hiburan.

Yuk, ikuti perjalanan Super Junior hingga sukses seperti sekarang! Dijamin kalian para K-popers semakin jatuh cinta deh! Ada bonus poster Oppa-Oppa juga, lho. So, are you ready “PLAY with Super Junior”?

4. The Perfect Red Velvet

hyoyeon snsd

Eiits, jangan salah ya, Red Velvet disini bukan nama kue lho! Red Velvet adalah group persembahan SM Entertainment yang saat ini lagi naik daun. Red Velvet adalah grup yang punya dua sisi berbeda dalam musik mereka. Group ini digawangi oleh lima cewek cantik, Irene, Seulgi, Wendy, Joy dan Yeri. Red Velvet punya konsep unik perpaduan dua kakak seperguruannya, Girls Generation yang girly dan f(x) yang edgy. Perlahan tapi pasti, Red Velvet semakin mantap menaiki tangga ke puncak popularitas di panggung K-pop yang kompetitif.

Yuk simak lebih lanjut bagaimana perjuangan Red Velvet hingga akhirnya mampu memborong banyak penghargaan di bidang musik, serta menjadi salah satu girl group papan atas yang aktif di panggung K-pop melalui buku ini!

5. Be My Aespa!

Sebagai “anak bungsu” dari SM Entertainment, AESPA juga berhasil mendongkrak industri musik K-Pop sama seperti para seniornya, sebut saja ada S.E.S, Girl’s Generation, Super Junior, EXO, dan NCT. Adik seperguruan Girl’s Generation, f(x), dan Red Velvet ini memang jadi pusat perhatian penggemar K-pop di seluruh dunia, bahkan sebelum mereka melakukan debut resmi.

Para anggota AESPA sering banget menjadi topik diskusi panas dan tren di berbagai komunitas daring Korea Selatan. Baru dua bulan debut, AESPA langsung memboyong dua penghargaan Rookie of the Year alias pendatang baru terbaik dari dua ajang penghargaan bergengsi plus satu trofi kemenangan di program musik dengan lagu debut mereka “Black Mamba”. Gak hanya itu, video musik “Black Mamba” juga memecahkan rekor sebagai video musik debut grup K-pop dengan waktu tercepat meraih 100 juta view di YouTube.

Wow banget dong! Jadi, siapa sih sebenarnya aespa kenapa mereka bisa populer dalam waktu singkat? Buku Be MY aespa! akan mengulik siapa mereka, let’s check it out!

6. SuperM: The Avengers of K-Pop

The Avengers of K-Pop? Ini bukan kisah tentang para superhero dengan kekuatan ajaibnya, melainkan ini adalah awal mula dari cerita ‘mereka,’ SuperM. Kisah 7 cowok tampan dengan tarian dan suara merdu mereka, yang mampu menghipnotis para kaum hawa. Ibarat para superhero yang memiliki cerita dan filmnya sendiri sebelum bergabung di “Avengers,” begitu pun para anggota SuperM.

Para 7 cowok tampan di SuperM terdiri dari; Baekhyun, Kai, Lucas, Mark Lee, Taemin, Taeyong, dan Ten. Mereka pun masih tergabung dalam grup asli mereka di bawah SM Entertainment yaitu EXO, NCT, SHINEE, dan Wavy, namun mereka juga mempunyai misi khusus. Sebuah misi untuk mengibarkan bendera “SuperM” ke penjuru dunia.

Jadi, apa sajakah ‘kekuatan’ yang dimiliki oleh SuperM ini? Lalu, kenapa mereka diberi julukan “The Avengers of K-Pop” oleh banyak orang? Dan mampukah mereka membawa nama “SuperM” terbang jauh dan menaklukan dunia? Mari temukan jawabannya di sini!

Sumber:

https://kpopwiki.org/

https://en.kepoper.com/

https://girls-generation.fandom.com/wiki/Hyoyeon

https://kpopping.com/profiles/idol/Hyoyeon

https://kprofiles.com/hyoyeon-profile/

https://en.wikipedia.org/wiki/Kim_Hyo-yeon

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.