in

Sinopsis Hotel Del Luna dan Pemain Drama Fantasi Bertabur Bintang Ini

https://asianwiki.com/

Hotel Del Luna – Bagi penggemar drakor, pasti sudah pernah menonton serial drama Hotel Del Luna yang dibintangi oleh solois IU dan aktor Yeo Jin Goo. Serial drama Hotel Del Luna ini bahkan juga masuk dalam daftar serial drama yang berhasil meraih rating tinggi sepanjang masa.

Hingga detik ini pun, Hotel Del Luna masih seru untuk ditonton dan tak jarang dibahas kembali di sosial media karena ceritanya yang apik. Apakah Grameds sudah menonton 16 episode dari serial drama ini?

Sesuai dengan judulnya, tentu saja serial drama ini berlatarkan cerita tentang kehidupan di sebuah hotel. Uniknya, hotel ini bukan ditujukan kepada manusia biasa, tetapi untuk para hantu yang masih bergentayangan di dunia ini! Wah, sepertinya seru ya! Yuk, segera simak sinopsis dari serial drama Hotel Del Luna ini  dan tidak lupa juga dengan para pemainnya!

Sinopsis Serial Drama Hotel Del Luna

  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Fantasy, Romance, Comedy, Horror
  • Pemain: Lee Ji Eun (IU), Yeo Jin Goo, Shin Jung Geun, Bae Hae Sun, Pyo Ji Hoon, Kang Mi Na, Jung Dong Hwan, Lee Do Hyun
  • Jumlah Episode: 16
  • Sutradara: Oh Choong Hwan
  • Rumah Produksi: Studio Dragon
  • Saluran: tvN

Menceritakan tentang sebuah hotel bernama Hotel Del Luna yang sebelumnya diberi nama Guest House of Moon, sebuah hotel yang hanya bisa dilihat oleh para hantu saja. Wujud hotel berbintang ini akan dilihat oleh para manusia sebagai motel kecil yang kumuh, tetapi bagi para hantu bergentayangan justru hotel ini sangat megah dan mewah.

Staf dan kliennya tentu saja para hantu, tepatnya para arwah yang belum menyelesaikan urusannya di kehidupan sebelumnya. Singkatnya, hotel ini sebagai tempat untuk para hantu pergi menuju alam baka dan mengalami siklus reinkarnasi.

Pemilik dari hotel ajaib ini adalah Jang Man Wol yang telah hidup sejak era kerajaan alias sekitar 1000 tahun lamanya. Atas dosanya yang besar pada kala itu, dirinya pun harus menerima hukuman untuk melayani orang mati.

Jiwanya telah terikat dengan pohon yang ada di dalam hotel tersebut, sehingga ketika merasa sedih maka Man Wol akan datang mengunjungi pohon tersebut.

Hidup Man Wol pun berubah perlahan ketika Dewa Mago ikut campur dengan hidupnya. Suatu saat, hotel tersebut “berhasil” dimasuki oleh seorang pria tetapi pria tersebut melakukan kesalahan yang membuatnya harus mati untuk menebus dosanya tersebut.

Alhasil, setelah melakukan perjanjian dengan Man Wol, pria tersebut akhirnya tetap hidup tetapi sebagai gantinya putranya yang akan bekerja di hotel tersebut setelah berusia 20 tahun.

Hotel Del Luna
https://www.hellokpop.com/

Setelah pria tersebut berhasil keluar dari hotel “angker” itu, dirinya pun membawa anaknya yang bernama Koo Chan Sung pindah ke luar negeri, karena takut dengan perjanjian yang dilakukannya dengan Man Wol.

Sayangnya, pria tersebut meninggal dunia tepat Koo Chan Sung berusia 20 tahun. Alhasil, dirinya pun harus kembali ke Korea Selatan saat usianya 21 tahun dengan pengalaman bekerja sebagai asisten manajer.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Berhubung ayah Koo Chan Sung telah melakukan perjanjian dengan Jang Man Wool, maka tentu saja alam semesta ini berusaha mendekatkan Koo Chan Sung dengan pemilik hotel ajaib tersebut.

Akhirnya setelah melalui adu mulut yang sengit, Koo Chan Sung menerima takdirnya untuk memenuhi perjanjian ayahnya dan bekerja menjadi manajer di Hotel Del Luna.

Di hotel tersebut, Koo Chan Sung menjadi satu-satunya manusia yang bisa masuk ke bangunan tersebut dan menjalani hari-harinya dengan melayani para arwah yang memiliki kisah mengharuskan maupun lucu.

Sejak kehadiran Koo Chan Sung, perlahan-lahan misteri dan rahasia dibalik hotel tersebut pun terungkap, terutama dosa besar Jang Man Wol masa lalu.

Para Pemain Serial Drama Hotel Del Luna

1. IU sebagai Jang Man Wol

Hotel Del Luna
https://www.kpopmap.com/

Jang Man Wol adalah seorang pemilik Hotel Del Luna yang telah hidup selama 1.300 tahun karena dosanya yang berat di masa lalu.

Jang Man Wol telah hidup sejak era kerajaan yang sejak kecil telah kehilangan kedua orangtuanya di hutan belantara, kemudian ditemukan oleh seorang ibu dan anaknya bernama Yeon Woo. Sejak saat itu, Man Wol dan Yeon Woo hidup bersama layaknya saudara kandung yang menjalani hidup dengan menjadi bandit.

Saat dewasa, Jang Man Wol tumbuh sebagai gadis yang cerdas dan berani. Dirinya bahkan berani merampok seorang putri Song Hwa yang tengah bepergian di wilayahnya dan bertemu dengan prajurit Go Chung Myung.

Keduanya malah semakin dekat dan mulai merasakan debaran cinta. Go Chung Myung pun juga mengajari Jang Man Wol bagaimana cara menuliskan namanya sendiri karena memang sejak kecil Man Wol tidak pernah mendapat kesempatan untuk sekolah.

Sayangnya, Go Chung Myung mengkhianati Jang Man Wol karena diancam oleh Putri Song Hwa. Alhasil, seluruh rekan-rekan bandit Jang Man Wol ditangkap oleh pihak kerajaan dan dihukum gantung, tak terkecuali Yeon Woo.

Hal itu membuat Jang Man Wol merasa marah, benci, sekaligus dendam dengan Go Chung Myung. Jang Man Wol yang berhasil selamat dari hukuman gantung, berusaha membunuh Go Chung Myung yang kala itu tengah menikah dengan Putri Song Hwa.

Setelah berhasil membunuh keduanya, Jang Man Wol berjalan ke sebuah hamparan tanah yang luas dan Dewa Mago pun mengutuknya dengan memerintahkan Man Wol untuk menjalankan sebuah hotel sampai dirinya berubah sikap.

Sejak saat itulah, Jang Man Wol yang pendendam dan pemarah mulai menjadi pemilik hotel yang mengantarkan para arwah ke alam baka hingga berabad-abad lamanya.

Jang Man Wol dikenal dengan pakaiannya yang mencolok dan norak serta kecintaannya terhadap uang. Menurut Jang Man Wol, uang adalah segalanya.

2. Yeo Jin Goo sebagai Koo Chan Sung

Hotel Del Luna
https://www.kpopmap.com/

Koo Chan Sung adalah seorang manusia biasa sekaligus lulusan MBA Harvard dengan wajah tampan. Dirinya adalah anak laki-laki dari seorang pria yang memiliki kesepakatan dengan Jang Man Wol pada 20 tahun lalu.

Sejak kepulangannya ke Korea Selatan, Koo Chan Sung hendak bekerja menjadi seorang asisten manajer di hotel berbintang Korea, tetapi setelah tahu bahwa ayahnya memiliki perjanjian yang harus ditepati maka dirinya pun mengubah profesinya.

Awalnya bekerja menjadi manajer umum di Hotel Del Luna, Koo Chan Sung tentunya merasa takut karena dirinya bisa melihat macam-macam rupa hantu yang menakutkan.

Namun perlahan, Koo Chan Sung mulai terbiasa dan berpikir rasional saat ada arwah hantu yang memiliki permintaan aneh-aneh kepadanya. Dirinya juga sering ikut andil dalam perselisihan antar arwah yang belum selesai dengan urusannya di dunia ini.

Semakin lama, Koo Chan Sung mulai tertarik dengan Jang Man Wol dan mencari tahu apa dosa besar yang dilakukan gadis tersebut di masa lalu.

3. Shin Jung Eun sebagai Kim Seon Bi

Hotel Del Luna
https://www.kpopmap.com/

Kim Seon Bi adalah pegawai bartender di Hotel Del Luna. Dirinya selalu meracik minuman untuk para pelanggannya dan selalu diejek oleh Jang Man Wol karena minumannya memiliki rasa aneh. Namun Kim Seon Bi tidak pernah marah terhadap bosnya tersebut karena telah menjadi pegawai terlama di hotel tersebut sehingga tahu bagaimana watak asli Jang Man Wol.

Di masa lalu tepatnya saat dinasti Joseon, Kim Seon Bi adalah seorang sarjana dengan nama Kim Shi Ik. Sayangnya, karena menulis cerita tentang kehidupan rakyat jelata di era Joseon, jabatannya dicopot dan dirinya pun bunuh diri.

Sebenarnya, Kim Seon Bi bisa pergi ke alam baka kapan saja, tetapi dirinya bertekad ingin membersihkan namanya terlebih dahulu sehingga dirinya pun telah berada di hotel tersebut selama 500 tahun.

4. Bae Hae Sun sebagai Choi Seo Hee

Hotel Del Luna
https://www.kpopmap.com/

Choi Seo Hee adalah seorang pegawai di Hotel Del Luna yang bertugas mengurusi kebutuhan rumah tangga sekaligus penyedia layanan kamar. Di masa lalu tepatnya saat dinasti Joseon, dirinya adalah seorang istri bangsawan.

Saat Choi Seo Hee hamil, dirinya melahirkan bayi perempuan yang ternyata tidak diinginkan karena tidak bisa menjadi penerus keluarga. Alhasil, bayi perempuannya tersebut dibawa oleh keluarga suaminya dan dibiarkan kelaparan hingga meninggal dunia.

Sementara sang suami malah berhubungan dengan wanita lain supaya dapat memiliki bayi laki-laki untuk meneruskan nama keluarga.

Segala hal tersebut tentu saja membuat Choi Seo Hee menjadi gila dan dirinya pun dibunuh oleh anak buah suaminya. Sebelum meninggal, dirinya bersumpah untuk melihat silsilah keluarga suaminya dan membawa sang pewaris terakhir keluarga untuk pergi ke alam baka bersamanya. Itulah alasannya menetap dan bekerja di Hotel Del Luna dalam waktu yang lama supaya dapat bertemu dengan sang pewaris terakhir keluarganya.

5. Pyo Ji Hoon sebagai Ji Hyun Joong

Hotel Del Luna
https://www.kpopmap.com/

Ji Hyun Joong adalah pegawai di Hotel Del Luna yang bertugas mengantarkan pelanggan ke kamarnya. Di masa lalu, Ji Hyun Joong adalah seorang tentara yang membela negaranya saat Perang Korea.

Sayangnya, dirinya tidak sengaja dibunuh oleh temannya dan kemudian temannya tersebut menukar identitas keduanya. Sementara temannya tersebut mengambil identitasnya dan mengurusi hidup adiknya sebagai bentuk permintaan maaf atas tindakannya saat masa perang.

Ji Hyun Joong bertekad pergi ke alam baka bersama adiknya sehingga dirinya pun sering memantau bagaimana kondisi adiknya di rumah sakit. Ji Hyun Joong pun terkejut setelah mengetahui fakta bahwa teman yang membunuhnya itu ternyata telah berpura-pura sebagai dirinya supaya sang adik tetap hidup.

Selama bekerja di hotel tersebut, Ji Hyun Joong berkencan dengan Jung Soo Jung dan harus putus karena dirinya pergi ke alam baka.

6. Kang Mi Na sebagai Jung Soo Jung/ Kim Yoo Na

Hotel Del Luna
https://www.kpopmap.com/

Sebenarnya, Kim Yoo Na adalah seorang siswa yang kaya dan sombong. Selama sekolah, Kim Yoo Na selalu membully Jung Soo Jung dan bahkan mendorongnya ke jembatan hingga Soo Jung meninggal dunia. Arwah Jung Soo Jung datang ke Hotel Del Luna dan setelah menceritakan urusannya yang belum selesai di dunia ini, Jang Man Wol beserta Koo Chan Sung pun membantunya.

Saat Jang Man Wol memberitahu orang tua Kim Yoo Na bahwa anaknya telah membunuh salah seorang temannya, orang tuanya selalu mengelak dan berusaha menutupi fakta tersebut.

Akhirnya, Jang Man Wol pun dengan cerdik “menjebak” dan akhirnya arwah Kim Yoo Na justru dilenyapkan oleh kedua orang tuanya sendiri. Alhasil, arwah Jung Soo Jung pun masuk mengisi tubuh Kim Yoo Na sekaligus mengambil identitasnya supaya dapat hidup.

Selama di Hotel Del Luna, Jung Soo Jung bekerja sebagai pegawai magang yang sering berada di meja resepsionis bersama Ji Hyun Joong. Keduanya selalu bersama hingga kemudian perasaan antar keduanya berubah menjadi cinta.

7. Jung Dong Hwan sebagai Noh Joon Suk

Hotel Del Luna
https://www.dramabeans.com/

Noh Joon Suk adalah manajer umum pendahulu Chan Sung yang telah mengurus hotel selama 30 tahun lamanya. Selama hidupnya hanya diperuntukkan pada Hotel Del Luna saja sehingga dirinya pun memahami bagaimana watak Jang Man Wol. Baginya, Man Wol adalah sosok saudara perempuan sekaligus anak perempuannya.

8. Lee Do Hyun sebagai Go Chung Myung

Hotel Del Luna
https://mydramalist.com/

Go Chung Myung adalah seorang prajurit kerajaan yang jatuh cinta dengan Jang Man Wol saat terjadi penyerangan bandit. Dirinya yang bertugas menjaga Putri Song Hwa malah tertangkap oleh Jang Man Wol dan keduanya menjadi dekat walaupun awalnya hanya sebatas sandera dan bandit.

Go Chung Myung turut mengajari Jang Man Wol cara menuliskan namanya dan berjanji untuk segera menemuinya. Sekembalinya Go Chung Myung ke kerajaan, dirinya justru dipaksa menikah dengan Putri Song Hwa dan para bandit pun ditangkap kemudian dihukum gantung. Melihat hal itu, Jang Man Wol merasa bahwa Go Chung Myung menjebaknya dan bertekad membunuh prajurit tersebut.

Sebenarnya, Go Chung Myung adalah tamu pertama di Hotel Del Luna tetapi dirinya berubah wujud menjadi seekor kunang-kunang.

9. Park Yoo Na sebagai Putri Song Hwa/Lee Mi Ra

Hotel Del Luna
https://www.dramabeans.com/

Putri Song Hwa adalah salah satu putri di dinasti Joseon yang tertarik dengan salah satu prajuritnya yakni Go Chung Myung.

Berhubung Putri Song Hwa hanya dapat naik tahta setelah menikah, maka dirinya pun menikahi Go Chung Myung dan merencanakan untuk menghancurkan para kelompok bandit milik Man Wol dan Yeon Woo. Setelah Song Hwa tewas dibunuh oleh Man Wol saat malam pernikahannya, dirinya pun reinkarnasi menjadi sosok Lee Mi Ra.

Di masa sekarang, Lee Mi Ra yang merupakan reinkarnasi dari Putri Song Hwa pun bekerja sebagai dokter sekaligus mantan pacar Koo Chan Sung.

Itulah mengapa, Jang Man Wol begitu benci dengan Lee Mi Ra saat awal bertemu karena wajahnya begitu mirip dengan Putri Song Hwa dan dirinya juga merupakan mantan pacar Chan Sung. Ditambah lagi, Lee Mi Ra kembali ke Korea Selatan juga berharap supaya dapat balikan dengan Koo Chan Sung.

Spoiler alert! Atas kehendak takdir, Lee Mi Ra nantinya akan menjadi kekasih Park Young Soo.

10. Lee Tae Sun sebagai Yeon Woo/Detektif Park Young Soo

Hotel Del Luna
https://www.kpopmap.com/

Di masa lalu tepatnya saat Dinasti Joseon, Yeon Woo adalah wakil pemimpin kelompok bandit bersama Man Wol. Man Wol menganggap Yeon Woo adalah adiknya karena mereka selalu bersama sejak kecil walaupun bukan saudara kandung.

Suatu hari, ketika kelompok bandit miliknya menyerang Putri Song Hwa, Yeon Woo tertangkap oleh pasukan kerajaan hingga akhirnya dirinya pun harus dihukum gantung. Alhasil, Jang Man Wol pun begitu dendam dengan prajurit Go Chung Myung dan Putri Song Hwa.

Di masa sekarang, Yeon Woo bereinkarnasi menjadi Park Young Soo yang bekerja sebagai detektif polisi. Jang Man Wol yang mengetahui bahwa di masa sekarang Yeon Woo telah hidup menjadi lebih baik akhirnya menangis haru.

Spoiler alert! Walaupun di masa lalu, Yeon Woo dan Putri Song Hwa adalah musuh, tetapi di masa sekarang mereka justru menjadi pasangan kekasih.

11. Lee David sebagai Sul Ji Won

https://www.dramabeans.com/

Sul Ji Won awalnya adalah teman Koo Chan Sung dan Sanchez saat tengah bersekolah di luar negeri. Suatu saat, Sul Ji Won memfitnah Sanchez dan digagalkan oleh Koo Chan Sung. Alhasil, Ji  Won pun dendam dan bahkan memusuhi Koo Chan Sung dan Sanchez.

Selang beberapa saat, Ji Won bunuh diri dan menjadi arwah pendendam yang mengincar Chan Sung. Setidaknya, telah ada 7 jiwa yang menjadi tamu Hotel Del Luna dan mereka mengaku telah menjadi korban pembunuhan Ji Won saat masih hidup.

Spoiler alert! Arwah pendendam Ji Won ini akan muncul pada episode 8 hingga 14.

12. Choi Hyun Chul sebagai Sanchez

Hotel Del Luna
https://www.dramabeans.com/

Sanchez adalah satu-satunya sahabat Koo Chan Sung bahkan sejak mereka bersekolah di luar negeri. Sekembalinya ke Korea Selatan, Sanchez yang merupakan putra seorang pemilik perusahaan pizza, menjalankan restoran di kota Seoul.

Saat Koo Chan Sung bercerita kepadanya tentang keberadaan Hotel Del Luna, dirinya sama sekali tidak percaya. Namun setelah kekasihnya, Veronica, meninggal dunia dan Koo Chan Sung menyampaikan pesan terakhirnya, barulah Sanchez percaya.

Setelah kekasih meninggal dunia, Sanchez bertekad hidup mandiri dan bahkan sering mempersilakan Koo Chan Sung dan Lee Mi Ra untuk tinggal bersama.

13. Seo Yi Sook sebagai Dewa Mago

Hotel Del Luna
https://twitter.com/iconickdramas

Dewa Mago adalah salah satu dewa yang mengendalikan hidup dan mati manusia melalui Hotel Del Luna. Jang Man Wol bertemu dengan Dewa Mago pertama kali saat dirinya selesai membunuh prajurit Go Chung Myung dan Putri Song Hwa. Dewa Mago sering bertemu dengan Man Wol dalam berbagai wujud dan pertemuan antar keduanya adalah untuk membahas bagaimana “keuntungan” di Hotel Del Luna.

Demikian pembahasan tentang Hotel del Luna hingga beberapa profil singkat pemainnya. Semoga semua pembahasan di atas dapat mengisnpirasi kalian. Jika ingin mencari buku yang berhubungan dengan Korea Selatan, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

5 Rekomendasi Buku Terkait Hotel Del Luna

1. Annyeong, Drakor!

Ingin belajar Bahasa Korea praktis, mudah, dan asyik? Buku Annyeong, Drakor! hadir sebagai solusi media alternatif untuk kamu belajar Bahasa Korea secara menyenangkan. Melalui buku ini, kamu akan diajak untuk menyelami dialog-dialog dari drama populer.

Buku ini dikemas dalam bentuk komik yang pastinya akan menambah semangat kamu untuk mempelajari Bahasa Korea. Tak hanya itu, selain memperkenalkan hangeul, buku ini juga memuat tata bahasa dasar yang bisa kamu gunakan untuk percakapan sehari-hari.

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    73% 513 / 694
  • Belum
    18% 128 / 694
  • Masukkan keranjang
    7% 53 / 694

2. Korea A to Z: Panduan K-Drama, Traveling, Kuliah, Bekerja, dan Bermigrasi

Buku ini memuat segala sesuatu yang ingin Anda ketahui tentang Korea, baik untuk sekadar menambah pengetahuan, panduan memahami K-Drama, traveling, kuliah, bekerja, maupun bermigrasi. Berbagai topik menarik seperti sejarah, tradisi, budaya, dan hal-hal mengejutkan yang tidak diketahui orang asing dibeberkan secara lugas disini.

Jangan lewatkan info mengenai tempat yang menarik dan unik termasuk objek keajaiban alam, baik yang sudah diketahui secara luas maupun yang umumnya hanya diketahui penduduk lokal, juga referensi tempat shopping, perguruan tinggi dan universitas terkenal lengkap dengan persyaratan umum dan tawaran beasiswa, serta pembahasan mengenai kemungkinan bekerja dengan gaji tinggi atau menetap di Korea sebagai imigran.

3. Kimbab Family: (Bukan) Kisah Drama Korea

Romantisme Jay-Gina dan kekompakan keluarga Kimbab Family bak kisah drama Korea. Kehadiran tiga buah hati: Suji, Yunji, dan Jio membuat kisah keluarga mereka makin ceria dan menggemaskan para pemirsa. Tapi, benarkah kisah mereka semulus drama Korea?

Ada kisah yang tak mereka sampaikan di YouTube Kimbab Family tentang bagaimana Jay dan Gina berjuang menjembatani perbedaan budaya Korea dan Indonesia, keterbatasan bahasa, penyesuaian dua budaya, juga pengenalan dua bahasa kepada anak-anak mereka yang tentu tak mudah. Namun, mereka tetap dapat mendisiplinkan anak tanpa bentakan, mengajarkan ketegasan dengan kelembutan, meneladankan kesantunan, serta menggabungkan harmoni dua negara.

Melalui kisah Jay dan Gina, kita belajar bahwa keluarga yang bahagia dan ceria, membuat hidup penuh makna dan warna.

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    73% 513 / 694
  • Belum
    18% 128 / 694
  • Masukkan keranjang
    7% 53 / 694

4. Panduan Bijak Mengenal Budaya Populer Korea: Korean Wave

Korean Wave atau K-pop berhasil mencuri perhatian banyak orang. Sebagai suatu fenomena tak terelakkan dalam satu dekade terakhir, adalah hal yang bijak untuk kita bisa mengenal lebih dalam apa sebenarnya Korean wave itu.

Jangan heran bila bahasa Korea, produk Korea, dan artis Korea sekarang ini menjadi favorit dan referensi. Namun sayangnya masih jarang sekali dijumpai panduan yang menolong memberikan gambaran lebih komprehensif tentang Korean wave.

Buku ini akan menyajikan kilasan info mulai dari awal mula Korean wave, K-pop, K-style, K-food, hingga operasi plastik yang marak dilakukan di Korea Selatan. Buku ini ditujukan untuk remaja dan pemerhati remaja yang tentu perlu belajar hal positif dan menyikapi hal negatif dari Korean wave.

5. The Amazing Book of Korean Conversation for Millenials

Mempelajari pelajaran bahasa Korea yang kompleks mungkin tampak menantang, terutama jika Anda tidak sering menonton k-drama atau bertemu dengan penutur asli bahasa Korea. Tapi itu tidak terlalu rumit. Plus, belajar tentang bahasa Korea sepadan dengan waktu dan usaha. Bahasa Korea susah karena kita udah takut duluan sama tulisannya yang kotak-kotak.

Nah, buku ini memuat tema-tema seputar kehidupan sehari-hari dan pastinya ada kosakata baru di setiap pelajarannya. Praktis, mudah, nggak ribet. Bawa buku ini ke mana pun kamu pergi, kenali dan pahami setiap kosakata dan frasanya, dijamin sebentar lagi kamu akan cas-cis-cus ngomong pakai bahasa korea dan nggak akan malu-maluin jika kamu berkunjung ke Korea suatu saat nanti.

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    73% 513 / 694
  • Belum
    18% 128 / 694
  • Masukkan keranjang
    7% 53 / 694

Sumber:

https://asianwiki.com/

https://en.wikipedia.org/wiki/Hotel_del_Luna

https://drama.fandom.com/wiki/Hotel_del_Luna#Soundtrack

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.