in

19 Rekomendasi Film Gangster Korea, Populer Sepanjang Masa!

Film at Lincoln Center

Film Gangster Korea – Industri hiburan dari Korea Selatan ialah salah satu yang paling digandrungi masyarakat dunia saat ini. Tak berpatok pada K-Pop, variety show, atau drama, industri perfilman asal Korsel juga kerap jadi pilihan hiburan kita, terlebih film bergenre gangster yang kental akan aksi dan strategi yang tak selalu lazim ditemui.

Rekomendasi Film Gangster Korea

Grameds, berikut adalah 19 rekomendasi film gangster Korea yang seharusnya populer sepanjang masa!

1. Deliver Us from Evil (2021)

Film Gangster Korea
Baca Terus

“Deliver Us from Evil” merupakan film thriller-action yang berkecimpung dalam alur umpama roller coaster dengan adegan dan alur ceritanya yang intens. Film ini bercerita tentang In-nam, seorang mantan agen ops hitam yang berubah menjadi seorang pembunuh.

Ketika berencana untuk mengubah hidupnya, In-nam mengetahui terkait kematian mantan pacarnya dan putrinya yang diculik. Ray, seorang gangster asal Jepang yang dikenal sebagai “The Butcher”, mencari In-nam saat dirinya tengah dalam misi untuk menyelamatkan sang putri.

Korban terakhir In-nam rupanya adalah saudara laki-laki Ray, dan dengan demikian, permainan kucing dan tikus pun dimulai.

2. Night in Paradise (2020)

Film Gangster Korea
Baca Terus

Film aksi kriminal dengan sentuhan romansa hadir dalam bentuk film “Night in Paradise”. Film yang tayang pada 2020 ini tak disarankan bagi orang degan jantung yang lemah dan Grameds yang mudah takut, sebab ia mengandung berbagai adegan mengerikan.

Film ini menceritakan seorang ace dari geng ternama di Seoul, Tae Gu, yang menerima tawaran untuk mengubah sekutu dengan Geng Bukseong.

Saudara perempuan Tae Gu terbunuh saat ia menolak tawaran tersebut. Yakinlah ia bahwa Bukseong berada di baliknya. Tae Gu pun membantai pemimpin geng musuh karena ingin balas dendam. Ia kemudian bersembunyi di Pulau Jeju dan bertemu dengan seorang wanita yang menyerah pada kehidupannya, Jae-yeon.

3. The Gangster, the Cop, the Devil (2019)

Film Gangster Korea
Baca Terus

Berlandaskan pada kisah nyata, film “The Gangster, The Cop, The Devil” tayang dengan ketegangan dan sensasi yang terus-menerus dan membuat kita terpaku pada layar. Film bermula saat Jang Dong-soo, seorang bos geng di Cheonan, menjadi target pembunuh berantai, yakni Kang Kyung-ho.

Meski diincar, Dong-soo berhasil selamat dari serangannya dan secara tidak terduga jadi bekerja sama dengan seorang polisi, Jung Tae-seok, yang membenci anggota kejahatan terorganisir seperti geng yang dipimpin Dong-soo.

Keduanya, memburu iblis dan menghadapi tantangan yang memperumit misi mereka bersama-sama.

4. The Outlaws (2017)

Film Gangster Korea
Baca Terus

Berdasarkan kisah nyata lainnya, insiden Heuksapa, ketika 32 gangster ditangkap setelah menyebabkan masalah, “The Outlaws” lahir. Film ini menceritakan seorang detektif di Garibong (Chinatown lokal di Seoul), Ma Suk-do.

Di sisi lain, seorang rentenir dari China bernama Jang Chen, menagih hutang dari gangster lokal dengan kejam, dan ia menjadi gangster paling ditakuti di kota Garibong itu.

Ma Suk-do dan timnya bergerak untuk menangkap Jang Chen dan memulihkan perdamaian di distriknya saat dua geng tengah memperebutkan Chinatown.

5. Coin Locker Girl (2015)

Film Gangster Korea
IMDb

Ingat drama Korea “Goblin” yang menghadirkan Eun-tak alias Kim Go-eun? Aktris yang satu ini juga menunjukkan kemampuan akting yang luar biasa dalam film “Coin Locker Girl”. Film yang satu ini berkisah tentang seorang bayi perempuan yang baru lahir dan ditinggalkan di loker koin kereta bawah tanah, persis seperti judulnya.

Bayi itu akhirnya dirawat dan dinamai “Il Yeong” oleh seorang pengemis. Namun, seorang detektif yang korup menjualkan kepada rentenir tak berbelas kasihan yang dikenal sebagai “ibu”.

Saat tumbuh menjadi remaja, Il Yeong dipercaya sebagai tangan kanan dari Ibu dan menjadi penagih hutang abadi. Meski begitu, hidupnya berubah kala ia bertemu seorang anak laki-laki baik hati, Suk-hyun, yang seharusnya ia bunuh.

6. New World (2013)

Film Gangster Korea
Baca Terus

Mencari film thriller yang akan membuat kamu tetap waspada? Jangan lewatkan “New World”!

Ketika Goldmoon: organisasi kejahatan terbesar di Korea, jatuh ke dalam kekacauan ketika pemimpinnya, Ketua Seok, meninggal dalam kecelakaan mobil misterius. Dua anggota geng berjuang untuk mendapatkan posisinya.

Putus asa untuk meninggalkan geng, seorang perwira polisi yang menyamar selama delapan tahun, Ja-sung, berencana menggunakan insiden itu sebagai kesempatan untuk dipekerjakan kembali sebagai petugas polisi. Namun, usahanya untuk pergi gagal ketika petugas polisi memulai proyek “New World”, di mana detektif Kang menggunakan dia untuk campur tangan dalam proses pemilihan Goldmoon.

7. Nameless Gangster (2012)

Film Gangster Korea
Baca Terus

“Nameless Gangster” harus ada dalam daftar film gangster Korea terbaik!

Bekerja sebagai petugas bea cukai yang korup di Busan, Choi Ik-hyun dan rekan-rekannya diselidiki karena menerima suap. Dia dipilih untuk dikorbankan tapi menolak. Suatu malam, dia menyaksikan dua pria membobol gudang penuh heroin.

Dia mengambil keuntungan dari apa yang dia temukan dengan membuat rekan-rekannya setuju untuk menjual obat-obatan sebagai imbalan pensiunnya dan dia menjadi “tumbal”. Tapi dia terjerat dengan bos mafia Choi Hyung-Bae, yang setuju untuk bekerja sama dengannya sampai pemerintah menyatakan perang melawan kejahatan.

Apakah kerja sama akan bertahan? Atau mereka hanya akan berakhir mengkhianati satu sama lain? Cari tahu waktu yang tepat dan tonton film mafia ini!

8. The Man From Nowhere (2010)

Film Gangster Korea
Baca Terus

Ambil beberapa tisu dan persiapkan diri dengan film gangster yang penuh aksi, tragis, dan emosional ini! Film “The Man From Nowhere” bercerita tentang mantan agen khusus, Cha Tae-sik, yang menjadi pemilik pegadaian ketika istrinya meninggal dalam kecelakaan.

Suatu hari, pelanggannya, Hyo-jeong, menggadaikan sebuah tas untuknya. Namun, dia tidak menyadari bahwa tas itu penuh dengan heroin curian, membuatnya terlibat dalam masalah. Kemudian, Hyo-jeong dan putrinya, So-mi, yang juga teman Tae-sik, diculik oleh geng.

Saat dia mencoba menyelamatkan keduanya, kehidupan misteriusnya terurai dan segalanya mulai menjadi lebih rumit.

9. Breathless (2009)

Film Gangster Korea
Asian Wiki

Breathless adalah salah satu film indie Korea Selatan terbaik tentang harapan dan keputusasaan.

Ini berkisah tentang Sang-hoon, seorang pria yang berubah menjadi penuh kekerasan karena masa kecilnya yang bermasalah dan ayahnya yang kasar. Dia sekarang bekerja di organisasi peminjaman uang ilegal sebagai penagih utang dan gangster tingkat rendah.

Hidupnya mulai bergeser ke jalan yang berbeda ketika dia bertemu dan mengembangkan persahabatan yang tidak biasa dengan seorang gadis remaja bernama Yon-hi.

10. A Dirty Carnival (2006)

Film Gangster Korea
Baca Terus

Ingin film gangster klasik namun abadi yang akan membuat Grameds tetap tertarik dengan cerita dan adegannya? “A Dirty Carnival” harus ada dalam daftar tontonan kamu!

Kim Byung-doo, seorang gangster tingkat rendah akan melakukan apa saja untuk menghidupi ibu dan dua adiknya, bahkan jika itu berarti mempertaruhkan nyawanya sendiri. Dengan masa mudanya yang memudar dan kehidupan yang keras, dia memulai misi rahasia yang berbahaya di mana dia harus melenyapkan seorang jaksa kriminal.

11. Gangster High (2006)

Film Gangster Korea
The Movie Database

Daftar ini tidak akan lengkap tanpa “Gangster High”, film geng sekolah menengah terbaik yang menggambarkan kekerasan remaja.

Kisah kacau dimulai saat Sang Ho membuat tim sepak bola bernama “Tiger” bersama teman-temannya. Orang-orang salah memahami tim biasa mereka sebagai kelompok gangster yang sembrono setelah bertengkar dengan senior mereka.

Suatu hari, Sang Ho mendekati seorang gadis bernama Soo-hee. Saat dia terikat padanya, ternyata dia adalah mantan pacar bos gangster, membuat tim mereka terlibat dalam perang geng.

12. A Bittersweet Life (2005)

Film Gangster Korea
Baca Terus

“A Bittersweet Life” adalah film gangster klasik lainnya yang lebih dari sekadar film aksi dengan kisah emosional yang didorong oleh balas dendam.

Film ini adalah tentang tangan kanan terpercaya bos Gangland, Sun Woo, yang ditugaskan untuk menyelidiki pacar bosnya, Hee-su, karena dia pikir dia berselingkuh.

Terpesona dengan kepribadiannya yang baik, Sun Woo menolak perintah bosnya untuk membunuh Hee-su setelah perselingkuhannya dikonfirmasi. Jadi, Sun Woo dipukuli sampai mati oleh preman, tapi untungnya, dia selamat dan merencanakan balas dendam.

13. Real (2017)

Baca Terus

Film yang menjadi ajang comeback Kim Soo-hyun pasca wajib militer ini, “Real” memiliki genre action dan drama, serta merupakan hasil garapan Cove Pictures, InfinityOne Comics Entertainment, InfinityOne Films, dan TMS Comics Inc.

Film “Real” yang disutradarai oleh Lee Sa-rang ini juga diperankan oleh Sung Dong-il, Lee Seung-min, Choi Jin-ri, dan Jo Woo-jin. Dikritik karena terlalu vulgar dan kurang cocok bagi warga Korea Selatan, terutama karena adegan Kim Soo-hyun dan Choi Jin-ri, film ini mengisahkan Jang Tae-yeong yang merupakan seorang gangster ternama serta pemilik kasino besar.

Pria ini rupanya punya gangguan kepribadian ganda yang membuat dirinya kewalahan sampai meminta bantuan seorang dokter, Choi JIn-ki, meski proses penyembuhannya malah membuat dua kepribadian dalam tubuh Jang Tae-yeong saling bertentangan.

14. The King (2017)

Baca Terus

“The King” bercerita tentang Tae Soo yang cuma punya satu tujuan dalam hidup, yakni menjadi kaya. Film yang rilis bergenre crime dan drama ini bercerita tentang Tae Soo yang juga lahir dari keluarga miskin dan menjadi jaksa yang sukses meski dengan cara kotor.

Film besutan Han Jae-rim dan produksi WooJoo Film ini menyuguhkan momen Tae Soo yang akhirnya mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan jaksa-jaksa dengan posisi cukup kuat dari segi otoritas maupun kekayaan.

Tae Soo sendiri bekerja sama dengan sahabatnya, Choi Doo-il, di tempat lain. Doo-il merupakan anggota gangster ambisius yang menguasai banyak tempat. Tae Soo pon mencapai masa kejayaan hingga pada akhirnya kembali jatuh saat tahu bahwa Doo-il sudah tewas.

15. Believer (2018)

Baca Terus

Film “Believer” menjadi hit di Korea Selatan karena sukses membuat penontonnya merasa tegang sepanjang pemutaran film. “Believer” yang disutradarai oleh Lee Hae-young ini diperankan oleh Cho Jin-woong, Ryu Jun-yeol, Kim Joo-hyuk, Kim Sung-ryung, dan Park Hae-joon.

Film ini merupakan remake dari film Hong Kong bertajuk “Drug War” karya Johnnie To. Diproduksi oleh Yong Film dan Angel Rock Entertainment, “Believer” ini punya jalan cerita yang menarik serta akting para pemerannya yang luar biasa.

Kisah yang diangkat ialah tentang seorang detektif unit narkotika, Won Ho, yang berusaha menangkap Mr. Lee. Won Ho akhirnya bekerja sama dengan seorang pengedar narkoba rendahan di bawah jaringan Mr. Lee setelah mengalami kesulitan. Melalui hal tersebut, Won Ho tahu tentang orang yang berada di balik nama Mr. Lee, yakni pemimpin bandar narkoba terbesar di Korsel.

16. The Drug King (2018)

Baca Terus

Film “The Drug King” mendapatkan penilaian 83 persen di Rotten Tomatoes, dan menjadi salah satu film gangster Korea yang mesti ditonton. Film, yang digarap oleh sutradara Woo Min-ho ini menceritakan kasus penyelundupan Lee Doo-sam di tahun 70-an.

Diperankan oleh Song Kang-ho, Jo Jung-suk, dan Bae Doona, “The Drug King” berkisah tentang Lee Dong-sam, seorang anggota fraksi Chilsung di Busan dari Provinsi Hwanghae yang pada tahun tersebut menyelundupkan narkoba hingga berlian untuk diekspor ke Jepang. Ia langsung berbuah menjadi seorang pebisnis kaya raya karena bisnis kotor yang dilakukannya.

17. The Divine Move (2014)

Baca Terus

Salah satu cara bagi para gangster untuk mendapatkan uang adalah dengan berjudi. Gangster di Amerika umumnya melakukan permainan kartu atau kasino, tetapi gangster Korea melakukan perjudian Baduk. Baduk sendiri merupakan permainan papan strategis yang dimainkan oleh dua orang, seperti catur.

Film “The Divine Move” yang diproduksi oleh Azit Film, MAYS Entertainment, serta Showbox/Mediaplex ini menceritakan Tae Sok, pemain baduk yang pandai yang pada suatu hari diminta kakaknya untuk bermain secara curang agar bisa menang dalam permainan baduk bawah tanah milik Sal Soo.

Sayangnya, mereka ketahuan dan ditangkap. Sementara kakaknya dibunuh, Tae Sok disiksa hingga dijadikan tersangka atas pembunuhan kakaknya. Di dalam penjara, Tae Sok mulai merencanakan pembalasan dendam kepada para gangster yang membunuh kakaknya.

Lantas, apakah ia berhasil? Coba tonton film ini dan rasakan keseruannya, Grameds!

18. The Prison (2017)

Baca Terus

Lewat judulnya, kita bisa tahu bahwa “The Prison” akan menceritakan tentang penjara. Dalam film besutan sutradara Na Hyun yang diperankan oleh Han Suk-kyu dan Kim Rae-won ini, kita akan tahu kehidupan orang-orang di dalam penjara dan bagaimana jadinya bila terdapat kumpulan kriminal dengan kasus yang berbeda-beda di satu tempat.

Bahkan, kita juga akan tahu apa yang akan terjadi bila seorang polisi masuk ke penjara sebagai tahanan.

19. Gangnam Blues (2015)

Baca Terus

Siapa di antara Grameds yang menggemari Lee Min-ho? Dalam film “Gangnam Blues” ini, kita akan ditunjukkan sisi lain seorang Lee Min-ho yang kerap bermain dalam drama romantis Korea. Film yang diproduksi oleh m.o.vera Pictures ini dikenal pula dengan judul “Gangnam 1970” yang diperankan Min-ho bersama Kim Rae-won.

Sutradara Yoo Ha menggarap film yang menceritakan yatim piatu yang tumbuh bersama hingga punya hubungan seperti kakak beradik ini. Lalu, keduanya berpisah dan menjalani hidup sendiri-sendiri, di mana Jong Dae masuk ke satu kelompok gangster dan Yong Ki bergabung dengan kelompok gangster lainnya.

Di lain waktu, dua kelompok gangster tersebut saling memperebutkan daerah kekuasaan. Apakah kiranya yang lebih penting, antara persaingan atau persaudaraan? Kamu bisa mendapatkan jawabannya dalam film ini.

Penutup

Grameds, itulah rekomendasi 19 film gangster Korea yang layak kamu tonton dan punya popularitas besar sepanjang masa. Dari jalan cerita yang menarik, kisah-kisah kehidupan yang terungkap, bahkan film yang digarap berdasarkan kisah nyata, film ini tentunya akan sangat worth it untuk ditonton di waktu luang, tentunya tanpa harus ditiru.

Kamu bisa membeli dan membaca buku terkait film atau fiksi gangster melalui toko buku online terbesar di Indonesia, Gramedia.com. Sudah seru-seru nonton film gangster, kita juga harus menjadi #LebihDenganMembaca, bukan?

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

BACA JUGA:

  1. Rekomendasi Film Action Korea yang Bikin Jantung Berdebar
  2. Rekomendasi Film Psikopat Korea dengan Alur Cerita Menegangkan
  3. Rekomendasi Film Korea Sedih yang Bikin Kamu Banjir Air Mata
  4. Drama Korea Terbaik Berbagai Genre yang Wajib Ditonton
  5. 15 Drama dan Film Korea Sedih Terpopuler

Written by Ananda