in

Biografi & Profil Lee Jong Suk, Fakta Menarik dan Daftar Drama Koreanya

Profil Lee Jong Suk – Bagi para penonton drama korea sejak 2013 tentu tidak akan asing jika mendengar nama Lee Jong Suk. Aktor Korea Selatan yang mulai dikenal sejak awal 2013 dalam serial School 2013 ini mendapatkan begitu banyak pujian dan penghargaan atas aktingnya yang menarik di setiap dramanya.

Lee Jong Suk sukses besar dalam setiap drama yang dibintanginya, popularitasnya yang kian meluas juga membuat begitu banyak drama yang telah diperankannya tepat sebelum dia masuk wajib militer pada Maret 2019 dan selesai pada Januari 2021 lalu.

Para fans Lee Jong Suk bisa berbahagia karena aktor dengan tinggi 186 cm ini dikabarkan akan membintangi film terbarunya Decibel yang rilis pada 2021 serta akan tampil lagi pada film The Witch 2.

Sembari menunggu karya baru Lee Jong Suk, sebagai fans apakah kamu sudah tau sosok Lee Jong Suk dan seperti apa profilnya? Berikut ulasan profil Lee Jong Suk untuk kamu.

A. Profil & Biografi Lee Jong Suk

lee jong suk 2Sosok yang eye catching, charming, dan memiliki senyum indah selalu tergambar dalam mayoritas drama Lee Jong Suk. Akan tetapi sebenarnya seperti apa Lee Jong Suk dalam kesehariannya? Apakah semenarik dalam drama dan filmnya?

Lee Jong Suk merupakan model sekaligus aktor yang debut pertama pada 2005 lalu. Tidak heran jika melihat Lee Jong Suk dalam setiap dramanya tampak tinggi semampai. Sebagai seorang model, Lee Jong Suk memiliki tinggi 186 cm membuat semua yang dia kenakan dalam karakter dramanya tampak cocok.

Lahir di Yongin pada 14 September 1989 dan merupakan alumni dari Universitas Konkuk, hingga kemudian melanjutkan profesinya sebagai model dan aktor dibawah naungan A-Man Project.

Jika kamu merupakan fans Lee Jong Suk kamu bisa mengikutinya di instagram @Jongsuk0206 untuk melihat keseharian sang aktor papan atas tersebut.

B. Karya Lee Jong Suk

Berawal dari School hingga Romance is A Bonus Book, aktor tampan Lee Jong Suk memiliki ciri khas tersendiri dalam aktingnya yang mampu menggetarkan hati penontonnya. Namun sebenarnya jauh sebelum itu Lee Jong Suk telah terlibat dalam berbagai film dan Series.

1. Serial TV

Bagi kamu yang ingin melihat Lee Jong Suk, serial TV berikut ini merupakan daftar serial yang pernah dibintangi Lee Jong Suk.

  • Prosecutor Princess (2010) SBS, berperan sebagai Lee Woo Hyun menjadi pemeran pendukung. Ini merupakan serial TV pertama dimana Lee Jong Suk terlibat dan berakting, sebelumnya Lee Jong Suk berprofesi sebagai model.
  • Secret Garden (2010) SBS, berperan sebagai peran pendukung bernama Han Tae Sun. Lee Jong Suk tampak hadir dalam beberapa episode dalam Secret Garden dan sempat menarik perhatian.
  • High Kick: Revenge of the Short Legged (2011) MBC, berperan sebagai peran pendukung bernama Ahn Jong Suk.
  • My Prettiest Moments (2012) KBS, berperan sebagai Yoon Jung Hyuk. Merupakan serial TV pertama yang menghadirkan Lee Jong Suk sebagai pemeran utama.
  • School 2013 (2012-2013) KBS, berperan sebagai Go Nam Soon. Drama ini merupakan drama yang membesarkan nama Lee Jong Suk dan mendapatkan begitu banyak tawaran serial setelahnya. Bersama Kim Woo Bin, Lee Jong Suk menjadi aktor idola remaja baru pada masanya.
  • I Hear Your Voice (2013) SBS, berperan sebagai Park Soo Ha.
  • Potato Star 2013QR3 (2013) tvN, berperan sebagai cameo yang muncul dalam episode 15.
  • Doctor Stranger (2014) SBS, berperan sebagai Park Hoon.
  • Pinocchio (2014-2015) SBS, berperan sebagai Ki Ha Myung alias Choi Dal Po. Drama ini juga banyak ditonton dan sempat melejit karena chemistry menarik antara Lee Jong Suk dan Park Shin Hye.
  • Gogh, The Starry Night (2016) Sohu TV SBS, memerankan Song Dae Gi sebagai cameo yang muncul dalam episode 5.
  • W-Two Worlds (2016) MBC, memerankan karakter Kang Chul yang merupakan peran utama dalam drama bersama Han Hyo Joo. Merupakan salah satu drama paling digemari banyak penonton pada tahun 2016.
  • First Seven Kisses (2016) Naver Web Drama, berperan sebagai Lee Jong Suk.
  • While You Were Sleeping (2017) SBS, berperan sebagai Jung Jae Chan. Drama ni juga meraih banyak antusias karena chemistry yang meyakinkan antara Lee Jong Suk dan Bae Suzy membuat banyak penonton yang semakin mencintai aktingnya.
  • Hymn of Death (2018) SBS, berperan sebagai Kim Woo Jin.
  • Romance Is a Bonus Book (2019) tvN, memerankan Cha Eun Ho dan merupakan drama terakhir sebelum Lee Jong Suk menjalankan wajib militer.
  • Welcome Marriage (2021) jTBC, merupakan drama terbaru yang akan tayang pada tahun 2021.

2. Film

Selain series, ada banyak film layar lebar yang juga dibintangi oleh Lee Jong Suk.

  1. Sympathy (2005), berperan sebagai Lee Han Sol.
  2. Ghost (2010), berperan Baek Hyun Wook.
  3. As One (2012), berperan sebagai Choi Kyung Sub.
  4. R2B: Return to Base (2012), memerankan Letnan satu yaitu Lee Seok Hyun.
  5. The Face Reader (2013), memerankan Jin Hyeong.
  6. No Breathing (2013), berperan sebagai Woo Sang.
  7. Hot Young Bloods (2014), berperan sebagai Joon Gil.
  8. V.I.P (2017), berperan sebagai Kim Gwang Il. Film ini merupakan film Lee Jong Suk pertama yang memiliki genre crime-thriller.

3. Variety Show

Selain film dan series, Lee Jong Suk juga sering tampil dalam beberapa variety show untuk mempromosikan film atau serial TV nya.

  1. Strong Heart (2010) SBS, episode 63-64.
  2. Happy Together (2012) KBS, episode 245 dan 260.
  3. Strong Heart (2012) SBS, episode 131-132.
  4. The Music Trend (2012) SBS.
  5. Running Man (2013) SBS, episode 138.
  6. Real Mate in Aus (2013) QTV, episode 1-2.
  7. Hwasin (2013) SBS, episode 16.
  8. Running Man (2014) SBS, episode 181.

4. Music Video

Sebagai model, Lee Jong Suk juga pernah bekerja sama sebagai model video musik untuk beberapa lagu. Beberapa diantaranya adalah lagu I Don’t Care 2NE1 pada 2009, Don’t Play Around oleh CHI CHI pada 2011, Lost oleh Nicole Jung pada 2012 dan My Valentine oleh Jung Yup pada 2015.

5. Iklan

Selain model musik video Lee Jong Suk juga tampak sering tampil sebagai model untuk mengiklankan produk atau jasa. Berikut beberapa jajaran iklan yang dibintangi Lee Jong Suk.

gramedia back to kampus
  • CASS Beer Fresh CF
  • SKONO 10 TRENDS CF
  • New Asics CF
  • SkinFood
  • TetraPak Milk Korea CF
  • Levis print ads
  • Trugen
  • MYMI
  • IVY Club untuk iklan seragam sekolah pada 2009
  • Jambangee Fashion
  • TBJ Fashion
  • SK2 Pitera Essence
  • The Body Shop: White Musk
  • Make Up For Ever: Rouge Artist Natural
  • Biotherm Homme: T-PUR
  • Ezio Fashion
  • COFFEE & BIATTI
  • LOCK & LOCK Tumbler

Masih ada banyak lagi iklan yang dibintangi oleh Lee Jong Suk yang bahkan sampai sekarang pun masih ada.

Penghargaan Lee Jong Suk

Rangkaian penghargaan yang pernah diraih oleh Lee Jong Suk mulai dari profesi model hingga aktornya yaitu sebagai berikut.

  1. South Korean Superstar Selection Competition dalam kategori Model Pendatang Baru pada tahun 2005.
  2. SMART Model Contest meraih penghargaan dalam kategori Most Photogenic Award pada 2006.
  3. 4th Style Icon Awards dalam kategori SIA’s Choice Awards pada 2011.
  4. Penghargaan Aktor Pendatang Baru Terbaik pada KBS Drama Awards 2013 untuk serial School 2012.
  5. Excellence Award (Aktor) dan Best Couple Award bersama Lee Bo Young dalam acara 6th Korea Drama Awards untuk serial I Can Hear Your Voice.
  6. Memenangkan kategori The 21st Century Gentleman dalam, 6th Style Icon Awards pada tahun 2013.
  7. Meraih Top Excellence Award dan Hallyu Grand Award dalam acara 21st Korean Culture and Entertainment Awards 2013 untuk drama I Can Hear Your Voice .
  8. Excellence Award (Aktor) dan Best Couple bersama Lee Bo Young dalam acara 2nd APAN Star Awards untuk drama I Can Hear Your Voice.
  9. Excellence Awards dalam kategori Miniseries dan masuk dalam jajaran Top 10 Stars dalam SBS Drama Awards 2013.
  10. Model Star Awards pada acara 9th Asia Model Festival Awards 2014.
  11. Top Excellence Award pada acara 27th Grimae Awards untuk drama Doctor Stranger dan Pinocchio.
  12. SBS Special Award, Top 10 Stars, Best Couple Award dengan Park Shin Hye dalam acara SBS Drama Awards 2014 untuk drama Pinocchio.
  13. Most Outstanding Representative Actor dalam acara Hahn Awards 2015.
  14. Special Awards dalam acara Brand of the Year 2015 Korea.
  15. Most Popular Actor (TV) dalam 51st Baeksang Arts Awards 2015 untuk drama Pinocchio.
  16. Top Excellence Award Actor dalam 8th Korea Drama Awards untuk series Pinocchio.

 

Fakta Menarik Lee Jong Suk

biografi lee jong suk

Setelah membaca ulasan diatas, kamu sudah semakin tahu seperti apa profil dan kiprah Lee Jong Suk dalam dunia entertainment. Dengan sejumlah prestasi besar dan dibuktikan dengan akting yang selalu membuat penggemar semakin ingin menonton setiap dramanya, membuat kita sadar bahwa Lee Jong Suk memang layak menjadi aktor besar.

Sumber: Instagram @jongsuk0206

Namun seperti apa Lee Jong Suk dalam kehidupan nyata? Berikut ini pemaparan fakta menarik tentang Lee Jong Suk yang wajib kamu ketahui.

1. Menjadi Model Sejak Usia Muda

Lee Jong Suk memulai karirnya sebagai model. Sosok yang dikaruniai wajah tampan dan tinggi membuat Jong Suk muda sudah mengawali karirnya sejak usia 15 tahun sebagai model. Lee Jong Suk bahkan pernah dinobatkan sebagai model termuda yang berjalan di Seoul Fashion Week 2005.

2. Pernah Menjadi Trainee SM Entertainment

Di awal masa trainingnya, Lee Jong Suk pernah menjadi trainee dibawah naungan SM Entertainment. Lee Jong Suk pernah diposisikan sebagai rapper untuk sebuah grup idol bernama Red, namun grup tersebut tidak jadi debut.

Kemudian Lee Jong Suk memilih keluar dari SM dan mengembangkan bakat aktingnya. Meskipun begitu Lee Jong Suk juga memiliki tone suara yang rendah dan lembut, sehingga membuat setiap kata yang keluar dari dialog-dialognya dalam drama terasa semakin believable.

novel romantis

3. Rain Menjadi Inspirasinya

Siapa yang tidak kenal dengan Bi Rain yang menjadi sangat dilirik ketika memerankan karakternya di Full House. Banyak orang yang tertarik dan terinspirasi oleh Rain, salah satunya adalah Lee Jong Suk.

Rain yang merupakan Idol berhasil sukses dalam filmnya Full House pada 2003 lalu, membuat Lee Jong Suk terinspirasi untuk beralih ke dunia akting. Bahkan mereka pernah dipertemukan dalam satu drama bertajuk R2B: Return to Base.

4. Pandai Membangun Chemistry dalam Drama Romantis

Bagi yang sudah pernah melihat jajaran serialnya, kamu pasti merasakan bahwa setiap chemistry yang dibangun oleh Lee Jong Suk dan lawan mainnya mampu membuat banyak penonton menjadi jatuh cinta. Tidak jarang menonton drama Lee Jong Suk akan membuat kamu senyum-senyum sendiri.

Bahkan beberapa fans pun sering belum bisa move on dari keromantisan Lee Jong Suk dengan lawan mainnya. Sebut saja beberapa artis yang memiliki chemistry begitu baik dengan Lee Jong Suk seperti Lee Bo Young dalam I Hear Your Voice, Park Shin Hye dalam Pinocchio, Han Hyo Joo dalam W Two World, Bae Suzy dalam While You Were Sleeping dan Lee Na Young dalam Romance Is a Bonus Book.

5. Memiliki Sebuah Kafe

Pandai melihat peluang, Lee Jong Suk juga mendirikan sebuah kafe di daerah Garosugil yang merupakan daerah yang strategis. Sebab, daerah tersebut merupakan daerah penuh pertokoan dan tempatnya masyarakat korea dan anak muda hangout. Kafe Lee Jong Suk bernama 89 Mansion.

Sudah Tahu Profil Lee Jong Suk?

Setelah membaca ulasan diatas apakah kamu sudah merasa semakin mengenal Lee Jong Suk? Bagi fans Lee Jong Suk kamu jadi bisa menghabiskan waktu selama pandemi untuk melihat deretan film dan serial yang dibintangi Lee Jong Suk setelah membaca ulasan ini.

Tetapi bagi kamu yang sudah menonton semua, dan mulai kehabisan ide untuk killing time selama pandemi. Gramedia hadir sebagai #SahabatTanpaBatas untukmu, supaya kamu bisa membaca jajaran buku berikut supaya pengetahuan kamu tentang Lee Jong Suk dan Korean Hallyu semakin banyak. Yuk intip apa saja rekomendasinya!

Lee Teuk Cook Book

Beli bukunya sekarang!

Jangan mengaku sering menonton drama korea tanpa penasaran seperti apa masakannya. Para penggemar berat korean drama pasti sering melihat adegan makan ramyeon, jajangmyeon, kalguksu dan masih banyak makanan korea lain yang membuat kamu ikutan lapar.



Selama menonton scene makan, kamu pasti heran seenak apa rasa masakan korea. Mengingat ekspresi para aktornya yang tampak begitu menghayati makanan. Dengan buku masak versi Lee Teuk ini kamu bisa menghadirkan masakan korea dari rumahmu sendiri lho! Segera dapatkan resep masakan ala Lee Teuk Super Junior ini yuk.

Her Name Is..

Beli Bukunya sekarang!

Masih ingat novel atau film Kim Ji Yeong, Born 1982? Cho Nam Joo sebagai penulis novel tersebut kembali menuliskan kisah fiksi kehidupan sosok perempuan dengan latar Korea Selatan. Jika kamu penggemar novel-novel dari negeri gingseng ini kamu wajib membaca novel karya Cho Nam Joo ini. Penasaran seperti apa kisahnya?

I Want to Die, but I Want to Eat Tteokbokki 2

Beli bukunya sekarang!

Korea Selatan juga mulai dikenal dengan buku-buku motivasinya yang unik dan banyak disukai. Tidak harus menunggu depresi untuk membaca buku ini, kamu bisa membaca buku karya Baek Se Hee ini sebagai bacaan ringan. Bagi kamu yang penasaran seperti apa sisi lain kehidupan orang-orang di Korea maka buku ini bisa memberi informasi yang kamu perlukan.

Baca juga artikel biografi “Lee Jong Suk” berikut ini :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad