in

Profil Eunseo WJSN, Member Yang Menaklukkan Wamil Di ‘Real Men 300’

https://wjsn.fandom.com/
Eunseo WJSN
https://wjsn.fandom.com/

Eunseo WJSN – Nama Eunseo WJSN sering dianggap menjadi salah satu visual dari K-Pop generasi 3. Sekilas memang wajahnya benar-benar seperti barbie sehingga tak jarang para penggemar pun memasukkan nama Eunseo WJSN dalam standar kecantikan masyarakat Korea Selatan.

Memang bukan hal baru lagi jika Negara Ginseng tersebut memiliki standar kecantikan tersendiri dan secara tidak langsung membuat ramainya operasi bedah plastik untuk mendapatkannya.

Sama halnya dengan member WJSN lainnya, Eunseo pun turut melebarkan sayap karirnya di dunia akting. Untuk mengawali itu semua, Eunseo debut sebagai cameo terlebih dahulu. Lantas, bagaimana sih perjalanan karir dari seorang Eunseo WJSN?

Apa saja fakta-fakta menarik seputar Eunseo WJSN yang kerap dijuluki sebagai ‘Sunlight Girl’ ini? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini!

Biodata dan Profil Eunseo WJSN

Eunseo WJSN
https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Son Joo Yeon
  • Nama Panggung: Eunseo
  • Tanggal Lahir: 27 Mei 1998
  • Zodiak: Gemini
  • Zodiak China: Macan (Tiger)
  • Tinggi Badan: 170 cm (5’57”)
  • Golongan Darah: B
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • MBTI: ENFJ
  • Pendidikan: School of Performing Arts Seoul (SOPA), Sungkyunkwan University
  • Sub Unit: WJSN THE BLACK, Y Teen
  • Akun Instagram: @_eunseo_v

Perjalanan Karir Eunseo WJSN

Eunseo WJSN lahir dengan nama Son Mi Jeon pada 27 Mei 1998 di Incheon. Di keluarganya, dirinya merupakan anak bungsu dari 3 bersaudara.

Tidak diketahui siapa nama dan apa profesi kedua orang tua Eunseo karena dirinya begitu menjaga privasi keluarganya. Namun, Eunseo pernah bercerita bahwa keluarganya pindah ke Bucheon saat usianya 6 tahun.

Saat masuk SD, barulah Eunseo mengubah namanya yang awalnya Son Mi Jeon menjadi Son Joo Yeon.

Pendidikan Eunseo WJSN

Eunseo WJSN
https://kpopping.com/

Eunseo WJSN bersekolah di SD Bumbuk, kemudian melanjutkan di SMP Bucheon Ilsin. Sejak masih sekolah, Eunseo memang telah belajar tentang bahasa Mandarin karena kedua kakaknya telah mengenyam pendidikan di Tiongkok. Siapa yang menyangka bahwa bahasa Mandarin yang dipelajarinya saat masih kecil ternyata sangat bermanfaat di masa depannya sebagai idol K-Pop!

Pada tahun 2011 tepatnya saat Eunseo berusia 11 tahun, dirinya lolos audisi di Pledis Entertainment.

Namun di saat yang sama, kedua orang tuanya belum mendukung pilihan karirnya sebagai idol K-Pop dan meminta Eunseo untuk fokus pada pendidikan terlebih dahulu. Alhasil, Eunseo pun mendaftar di Seoul School of Performing Arts yang memang merupakan sekolah bergengsi untuk sebagian besar idol K-Pop.

Pada Februari 2017, akhirnya Eunseo berhasil lulus dari Seoul School of Performing Arts. Upacara kelulusannya banyak dibahas oleh media karena bersamaan dengan beberapa idol K-Pop lain seperti Jungkook BTS dan Umji GFRIEND.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Para member WJSN pun turut hadir dalam upacara peringatan kelulusan Eunseo tersebut dan diliput oleh media Naver X Dispatch.

Setelah itu, Eunseo melanjutkan pendidikannya di Universitas Sungkyunkwan dan berhasil menerima sertifikat level 3 untuk HSK (seperti TOEFL-nya Bahasa Mandarin) selama lockdown Covid-19 pada tahun 2020 lalu.

2011: Sempat Menjadi Trainee di Pledis Entertainment

Pada tahun 2011 tepatnya saat Eunseo berusia 11 tahun, dirinya lolos audisi di Pledis Entertainment. Namun di saat yang sama, kedua orang tuanya belum mendukung pilihan karirnya sebagai idol K-Pop dan meminta Eunseo untuk fokus pada pendidikan terlebih dahulu.

Alhasil, Eunseo pun mendaftar di Seoul School of Performing Arts yang memang merupakan sekolah bergengsi untuk sebagian besar idol K-Pop.

2013: Bergabung Dengan Starship Entertainment

Setelah meninggalkan Pledis Entertainment, Eunseo pun memutuskan untuk bergabung dengan Starship Entertainment. Di agensi tersebut, dirinya berlatih selama 3 tahun hingga akhirnya dapat debut bersama WJSN.

2016: Debut Bersama WJSN

Eunseo WJSN
https://wjsn.fandom.com/

Pada 25 Februari, barulah Eunseo WJSN debut secara resmi bersama grupnya dengan merilis mini album bertajuk Would You Like? dan lagu utamanya berjudul “Mo Mo Mo” serta “Catch Me”. Debut mereka dilakukan di acara musik M Countdown Mnet.

Enam bulan kemudian, tepatnya pada bulan Agustus, beberapa member WJSN didapuk untuk proyek unit “Y-Teen” bersama senior satu label mereka yakni MONSTA X. Adapun beberapa member WJSN yang beruntung tersebut adalah Seola, Exy, Soobin,, Cheng Xiao, Yeoreum, dan Dayoung. Proyek Y-Teen ini tidak hanya mempromosikan iklan CF saja, tetapi juga turut merilis MV berjudul “Do Better”.

Sehari setelah pengumuman proyek unit Y-Teen ini, pihak agensi turut merilis berita bahwa WJSN akan comeback dengan 13 member berjudul “The Secret”. Lagu tersebut hingga saat ini masih populer di kalangan penggemar K-Pop.

Selama tahun 2016, Eunseo WJSN bersama rekan-rekannya pun turut mendapatkan sebuah reality show yang bertajuk Would You Like Girls (My Cosmic Diary) di saluran Mnet. Pada episode terakhir, barulah Yeonjung dinyatakan bergabung dengan WJSN tetapi tidak dapat menjalani aktivitas grup dalam sementara waktu karena dirinya telah masuk line-up debut I.O.I.

Masih di tahun yang sama, Eunseo bersama WJSN memenangkan penghargaan besar atas debut mereka, yakni Asia Artist Awards untuk kategori Rising Star Award dan Seoul Success Awards untuk kategori Rookie Award.

2017: Debut Akting Sebagai Cameo

Eunseo WJSN
https://mydramalist.com/

Sama halnya dengan rekan WJSN lainnya, Eunseo pun turut melebarkan karirnya di dunia akting. Debut perdananya adalah sebagai cameo di episode 3 dalam serial drama Chicago Typewriter yang tayang pada tahun 2017. Setelah itu, barulah Eunseo didapuk sebagai pemeran utama dalam serial web drama berjudul Dalgona yang tayang pada 2020.

Pada tahun tersebut, memang tengah ramai diberitakan bahwa Eunseo sempat ditawari untuk beradu akting bersama Yohan WEi dalam serial drama School 2020. Sayangnya, proyek drama tersebut terus-menerus mengganti pemeran wanita hingga akhirnya baru tayang pada tahun 2021 dengan pemeran wanitanya bukanlah Eunseo WJSN, tetapi aktris Cho Yi Hyun.

2018: Mengikuti Program ‘Real Men 300’

Eunseo WJSN
https://www.allkpop.com/

Pada September 2018, Eunseo WJSN mengikuti program ‘Real Men 300’ bersama dengan beberapa aktris dan idol K-Pop lainnya.

Episode pertama dari acara ini tayang pada 21 September yang menampilkan beberapa line-up guest star sebut saja Eunseo WJSN, Lucas NCT, Ravi VIXX, Narsha Brown Eyed Girls, Jo Hyun Berry Good, Shownu MONSTA X, Choi Yoon Young, Kim Hee Jung, Kim Jae Woo dan Park Jae Min.

FYI, acara Real Men 300 ini merupakan acara varietas yang menampilkan para selebritis maupun idol K-Pop dalam menjalani kehidupan militer bersama para anggota tentara dari akademi militer.

Nah, Eunseo WJSN dilatih menjalani kehidupan militer bersama divisi ROK Army White Skull untuk mempelajari rutinitas latihan fisik dasar seperti push-up maupun sit-up secara berulang kali. Untuk selebritis wanita dan pria memiliki target tantangan masing-masing.

Saat Eunseo ditunjuk untuk melakukan push up dengan total 90 kali, dirinya berhasil melakukannya dengan sempurna dan membuat para pelatihnya terkesima.

Padahal pada wawancara yang dilakukan sebelum syuting Real Men 300 ini, Eunseo mengatakan bahwa kelemahannya adalah pada push-up. Namun menjelang syuting, Eunseo terus-menerus berlatih push-up setiap harinya.

35 Fakta Menarik Seputar Eunseo WJSN

Eunseo WJSN
https://giphy.com/
  1. Eunseo WJSN lahir dengan nama asli Son Joo Yeon di Incheon pada 27 Mei 1998. Namun sejak usianya 6 tahun, Eunseo pindah dan dibesarkan di Bucheon.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan 2 kakak perempuan yang lahir di tahun 1990 serta 1992.
  3. Eunseo WJSN telah lulus dari School of Performing Arts Seoul (SOPA) pada Departemen Tari.
  4. Di SOPA, Eunseo merupakan teman sekelas Jungkook BTS.
  5. Di grup WJSN, Eunseo menempati posisi sebagai sub-vokalis dan masuk dalam sub unit WJSN THE BLACK.
  6. Pada tahun 2011, tepatnya saat SMP, Eunseo menjalani masa pelatihan di Pledis Entertainment, kemudian baru pindah di Starship Entertainment.
  7. Saat audisi di Starship Entertainment, Eunseo menyanyikan 2 lagu yakni “Love of B” milik IU dan “Password 486” milik solois Younha.
  8. Tidak jelas kapan waktu Eunseo WJSN pindah dari Pledis ke Starship Entertainment. Namun banyak yang mengatakan bahwa Eunseo telah menghabiskan masa pelatihan di Starship selama 3 tahun sebelum akhirnya debut bersama WJSN. Alhasil, para penggemar pun berasumsi bahwa Eunseo telah bergabung dengan Starship antara akhir 2012 dan awal 2013.
  9. Sebelum debut, Eunseo WJSN telah tampil di MV milik seniornya Monsta X yang berjudul “Rush” pada tahun 2015.
  10. Saat awal debut, Eunseo selalu memperkenalkan dirinya sebagai “WJSN’s Vitamin”. Namun akhirnya, sekarang telah berubah menjadi “Lovely Girl”.
  11. Eunseo WJSN sering dianggap sebagai salah satu visual di grup.
  12. Di grup WJSN, Eunseo memang tidak menempati posisi sebagai rapper. Namun terkadang, dirinya bertanggung jawab atas rap di beberapa lagu WJSN.
  13. Sejak 2018, Eunseo tengah belajar akting di Departemen Teater pada Universitas Sungkyunkwan.
  14. Menurut Eunseo, daya tarik paling utama dari wajahnya terletak pada matanya.
  15. Para penggemar sering menggunakan ungkapan “handsome” untuk memuji visual Eunseo. Itulah mengapa, para penggemar Eunseo kebanyakan adalah wanita.
  16. Dari seluruh member WJSN, Eunseo menjadi member tertinggi dan satu-satunya member yang memiliki tinggi lebih dari 170 cm.
  17. Meskipun Eunseo menjadi member tertinggi dari seluruh member WJSN, justru di keluarganya dirinya menjadi yang terpendek.
  18. Eunseo sangat ramah, aktif, dan suka bermain. Para member WJSN pun mengakui keramahan yang dimiliki Eunseo.
  19. Eunseo tidak bisa menonton film bergenre horor dan sangat benci hal-hal yang menakutkan.
  20. Di dorm, Eunseo dan Dayoung bertugas memasak untuk para member WJSN lainnya.
  21. Eunseo mengaku bahwa dirinya bukanlah pemilih makanan dan sering makan dalam jumlah besar.
  22. Tidak suka permen, coklat, dan es krim rasa mint-choco.
  23. Dari seluruh member WJSN, Eunseo dekat dengan Cheng Xiao.
  24. Diantara member WJSN yang berkewarganegaraan Korea Selatan, hanya Eunseo dan Bona saja yang paling fasih dalam berbahasa Mandarin. Dirinya pun turut memperoleh lisensi HSK level 3 (TOEFL Bahasa Mandarin).
  25. Memiliki kebiasaan mabuk perjalanan paling parah diantara semua member WJSN.
  26. Pada Oktober 2017, Eunseo turut berpartisipasi dalam Metro City Fashion Show Runway.
  27. Eunseo WJSN memiliki keterampilan memainkan beragam alat musik. Mulai dari drum, gitar, seruling, dan piano.
  28. Eunseo memiliki penglihatan yang buruk.
  29. Eunseo dengan SeolA, EXY, Soobin, Cheng Xiao, Yeoreum, dan Dayoung bergabung menjadi sub unit bentukan Starship Entertainment bersama MONSTA X, yang bernama Y-Teen.
  30. Berteman akrab dengan SinB VIVIZ, solois Yuju, Yein LOVELYZ, Binnie dan YooA OH MY GIRL, dan aktris Kim Sejeong.
  31. Pada awal debut, Eunseo masuk dalam sub unit ‘Joy’. Namun kemudian dirinya dipindahkan ke unit ?????? (the collector) untuk mengisi kekosongan Xuan Yi dan Cheng Xiao.
  32. Kota yang paling dikunjunginya saat datang ke Jepang ada Okinawa dan Hokkaido.
  33. Dari sederet lagu debut WJSN, Eunseo paling suka lagu “MoMoMo” dibandingkan “Catch Me”.
  34. Eunseo WJSN tidak bisa minum kopi karena membuatnya tidak bisa tidur.
  35. Eunseo memiliki keterampilan olahraga yang bagus terutama dalam hal berlari. Dirinya pun pernah memenangkan medali Perunggu di acara ISAC.

Itulah beberapa fakta menarik seputar Eunseo WJSN. Semoga pembahasan di atas dapat menginspirasi kamu, ya. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Jika Grameds sedang mencari buku-buku yang berkaitan dengan K-pop atau drakor, maka bisa mendapatkannya di gramedia.comGrameds juga bisa melihat beberapa rekomendasi buku terkait di bawah ini.

5 Rekomendasi Buku Terkait

1. K-Pop Idol (Unofficial Book)

Eunseo WJSN

Buku K-Pop Idol (Unofficial Book) karya Danas dan Pey yang diterbitkan oleh Romancious pada tahun 2018 ini bukan untuk mengajak pembaca membandingkan prestasi para idol. Buku ini untuk menunjukkan ke pembaca bahwa setiap idol sukses dengan perjuangan masing-masing. Dari setiap prestasi yang telah mereka capai harus kita hargai. Pembaca juga akan tahu cerita-cerita inspiratif para idol, dukungan dari orang-orang terdekat mereka, interaksi-interaksi manis, hingga pengalaman mistis yang pernah mereka alami.

Profil idol yang diangkat dalam buku adalah idol-idol yang memiliki fandom (kelompok penggemar) yang loyal. Selain berisi informasi umum dari masing-masing idol, terdapat konten fun fact terbaru dari beberapa idol. Buku ini diperuntukkan bagi para penggemar Kpop di Indonesia agar bisa semakin mengenal para idol favorit mereka dan mempelajari perjuangan para idol lainnya.

2. K-Pop Fever

Eunseo WJSN

Teruntuk kita, para penggemar yang selalu mendukung idola. Jangan pernah mendukung dengan cara yang salah, apalagi dengan menjatuhkan idola lainnya. Jangan terlalu sibuk mencari kesalahan idola lainnya, hingga lupa bahwa semua idola berhak bahagia. Ya, semua idola, bukan hanya idola kamu saja.

So, Guys, jangan suka ikut fanwar ya. Apalagi mancing-mancing fanwar. Nanti bias-bias kita sedih. Gak percaya? Kamu bisa baca interaksi manis para idol di buku ini. Plus, kamu bisa tahu cerita-cerita para idol, dari yang inspiratif sampai yang lucu. Jangan takut bosan ketika membacanya, karena buku ini full colour, lho! Pokoknya, paket komplit untuk kita yang sedang demam K-pop!

3. K-Pop Famous

Eunseo WJSN

K-POP Famous merupakan sebuah book magazine yang berisi profil lengkap setiap member dari EXO, BTS, BLACKPINK, dan iKON. Buku ini sangat menyegarkan karena didominasi oleh foto-foto setiap member. Ditambah lagi, bonus di dalam buku yang bisa menambah koleksi, yaitu photocard, poster, dan kalender 2019.

EXO adalah sebuah grup vokal pria Korea Selatan-Tiongkok yang berbasis di Seoul. Grup ini beranggotakan sembilan orang: Suho, Baekhyun, Chanyeol, D.O., Kai, Sehun, Xiumin, Lay, dan Chen. Grup ini dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2011 dan debut pada tahun 2012.

BTS atau Bangtan Boys adalah grup vokal pria asal Korea Selatan. Grup ini beranggotakan tujuh orang, antara lain RM, J-Hope, Suga, Jin, V, Jungkook, dan Jimin, yang dikelola oleh Big Hit Music

Blackpink adalah grup vokal wanita asal Korea Selatan. Blackpink dibentuk oleh YG Entertainment dengan beranggotakan empat orang, diantaranya Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rosé. iKON adalah grup idola pria asal korea selatan yang dibentuk pada tahun 2015 oleh YG Entertainment dan beranggotakan enam orang.

Penasaran dengan keempat grup ini? Yuk baca buku selengkapnya di buku ini yang akan memberikan Anda informasi lebih lengkap tentang K-POP Famous. Selamat membaca!

4. WHY? K-POP

K-Pop terbukti berhasil bertahan lama di dunia hiburan dan dicintai KPopers seluruh dunia, sebutan mereka yang menyukai K-Pop. Genre musik yang berasal dari Korea Selatan ini muncul dan memukau dunia dengan style, performa, serta lagu yang unik. Namun tahukah kamu, di balik performa idol K-Pop, ada banyak keringat, kerja keras, serta pengalaman jatuh bangun yang tidak banyak diketahui orang. Mau tahu bagaimana perjuangan mereka, sehingga bisa terkenal sampai sekarang ini?

K-POP semakin mengguncang dunia! Tak dapat dipungkiri lagi, pesona K-Pop telah menyebar ke berbagai pelosok dunia. Sebenarnya pesona apa yang membuat seluruh dunia bergelora karena K-Pop? Seperti apa awal mula K-Pop dan bagaimana perkembangannya hingga dapat merebut hati orang-orang di seluruh dunia? Di sinilah kalian akan menemukan jawabannya! Bersama Omji dan Komji yang gigih berjuang agar dapat menjadi idola K-Pop, kita akan dibawa untuk menelusuri K-Pop dari A sampai Z!

5. KPopers? So What?

Tak dapat dipungkiri bahwa sekarang K-Popers sudah mendunia. Banyak sekali orang di seluruh dunia ini yang menyukai K-Pop dan mengikuti tren Korean Wave, mulai dari musik, boy atau girl group, hingga cara berpakaian. Bahkan ada satu hobi yang terkenal di kalangan K-Popers, yaitu dance cover yang banyak digandrungi anak-anak muda. Namun, dibalik besarnya K-Popers ini, mereka selalu dicap sebagai orang-orang yang fanatik, dan tidak ada manfaatnya, tapi ternyata stereotip tersebut salah.

Semua stereotip tentang K-Popers dipatahkan dalam buku yang satu ini, dimana di dalamnya berisi kisah-kisah keseruan dari orang-orang yang tentunya adalah K-Popers, dan menjadi sukses karena hobinya itu. Menjadi seorang K-Popers tidak selalu berarti buruk, sejatinya, menjadi seorang K-Popers juga dapat membuka jalan kesuksesan.

Contohnya seperti para pecinta K-Pop yang mengikuti lomba-lomba dance cover dari artis idola mereka, dan mendapatkan penghargaan, dan masih banyak lagi kesuksesan yang dapat diraih oleh seorang penyuka K-Pop, dan semuanya dikemas dalam buku menginspirasi yang satu ini.

Sumber:

Eunseo (WJSN) Profile

https://kpopping.com/profiles/idol/Eunseo

https://wjsn.fandom.com/wiki/Eunseo

https://en.kepoper.com/

https://kpopwiki.org/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.