in

32 Drama Korea 2022 Terbaik yang Wajib Ditonton Saat Weekend

https://asianwiki.com/

Drama Korea 2022 – Dikatakan bahwa serial drama asal Negara Ginseng itu ternyata sudah mulai merambah di negara Indonesia sejak tahun 2002. Kala itu, untuk menonton serial drama Korea tidak semudah zaman sekarang yang mana telah tersedia di berbagai platform streaming, tetapi hanya sebatas di stasiun televisi swasta dengan dubbing suara seadanya.

Coba deh tanya pada ibu atau kakakmu tentang drakor pertama yang mereka tonton di televisi, apakah itu Dae Jang Geum, The Winter That Wind Blows, atau bahkan Boys Before Flower?

Sejak saat itulah, kepopuleran serial drama Korea tidak boleh diremehkan lagi karena penggemarnya benar-benar mendunia, tak hanya di Indonesia saja. Meskipun serial drama dari negara lain juga bermunculan, tetapi drakor tetap memenangkan hati para penggemarnya hingga saat ini.

Ditambah lagi, dengan kemajuan teknologi yang ada juga turut memudahkan Grameds untuk menonton berbagai serial drama Korea ‘kan?

Pada tahun 2022 lalu dapat dianggap sebagai tahun emasnya serial drama Korea karena banyak sekali drakor dengan berbagai genre yang tayang dan mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak.

Mengingat sejak tahun 2022 juga sudah ramai akan akses platform streaming seperti Netflix, iQIYI, Viu, Disney+, dan lainnya, maka tentunya memberikan kemudahan untuk semua orang dalam menonton drama Korea 2022.

Lantas, apa saja sih rekomendasi drama Korea 2022 yang populer dan mendapatkan rating tinggi dalam setiap penayangannya? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini. Siapa tahu dapat membuat Grameds tertarik untuk menontonnya!

30+ Drama Korea 2022

1.  All Of Us Are Dead

Drama Korea 2022
https://asianwiki.com/
  • Genre: Zombie Apocalypse, Horror, School
  • Jumlah Episode: 12
  • Platform: Netflix

Drama Korea 2022 yang pertama adalah All Of Us Are Dead yang ditayangkan perdana di Netflix. Menceritakan tentang wabah virus zombie yang bermula di SMA Hyosan dan membuat para siswa maupun guru terinfeksi secara cepat.

Beberapa siswa yang selamat dan masih terkepung di sekolah berusaha membantu satu sama lain untuk tetap selamat. Di sisi lain, pihak militer Korea Selatan tetap berusaha mengisolasi wilayah tersebut supaya virus tidak terinfeksi hingga penjuru dunia.

FYI, serial drama ini merupakan adaptasi dari webtoon dengan judul yang sama sehingga ratingnya pun sama tingginya dengan serial Netflix lain yang mengangkat tema zombie yakni Train To Busan dan Kingdom.

2. Rookie Cops

Drama Korea 2022
https://asianwiki.com/
  • Genre: Romance, Campus, Youth, Thriller
  • Jumlah Episode: 16
  • Platform: Disney+

Serial drama yang satu ini menjadi titik awal Kang Daniel yang merupakan idol K-Pop ternama dalam melebarkan sayapnya di dunia akting. Menceritakan tentang para siswa yang belajar di akademi kepolisian.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Dari sekian banyaknya siswa baru di akademi kepolisian tersebut, ada Wi Seung Hyun yang merupakan siswa cerdas dan ingin menjadi perwira polisi karena mengagumi sosok sang ayah. Ada juga Ko Eun Kang yang masuk ke akademi kepolisian karena seseorang yang disukainya.

3. Forecasting Love and Weather

Drama Korea 2022
https://asianwiki.com/
  • Genre: Comedy, Romantic
  • Jumlah Episode: 16
  • Platform: Netflix

Melihat dari posternya saja pasti Grameds sudah tahu bahwa serial drama Korea 2022 ini mengisahkan kehidupan cinta dua insan.

Yap, mereka adalah Jin Ha Kyung dan Lee Shi Woo yang sama-sama merupakan karyawan di Administrasi Meteorologi Korea. Namun, ada juga kisah kehidupan kerja para pekerja lainnya yang membuat perutmu tergelitik.

4. Twenty Five-Twenty One

Drama Korea 2022
https://asianwiki.com/
  • Genre: Romance, Coming of Age, Comedy
  • Jumlah Episode: 16
  • Platform: Netflix

Menceritakan tentang kisah cinta antara Na Hee Do dan Baek Yi Jin yang memiliki perbedaan usia 4 tahun. Na Hee Do sendiri adalah anggota tim anggar nasional di sekolahnya. Namun, karena terjadi krisis ekonomi pada tahun 1998, maka tim anggarnya dibubarkan. Alhasil, Na Hee Do pun pindah sekolah supaya dirinya tetap belajar anggar.

Sementara itu, krisis ekonomi juga membuat bisnis keluarga milik Baek Yi Jin bangkrut sehingga dirinya harus menjalani kehidupan yang miskin. Sambil belajar, Baek Yi Jin menjalani pekerjaan paruh waktu hingga akhirnya dapat menjadi seorang reporter olahraga di sebuah stasiun televisi.

Kisah antara keduanya “diceritakan kembali” saat anak Na Hee Do yakni Min Chae datang ke rumah neneknya. Min Chae menemukan buku harian Na Hee Do yang menceritakan bagaimana kisah masa mudanya di usia 21 tahun, baik bersama Baek Yi Jin maupun sahabat-sahabatnya.

5. Grid

Drama Korea 2022
https://asianwiki.com/
  • Genre: Action, Thriller, Mystery, Sci-Fi
  • Jumlah Episode: 10
  • Platform: Disney+

Menceritakan tentang kemunculan ‘hantu misterius’ pada tahun 1998 yang menyelamatkan umat manusia, tetapi kemudian menghilang.

Setelah 24 tahun berjalan, ‘hantu misterius’ tersebut kembali lagi dan malah membantu seorang pembunuh berantai melarikan diri. Alhasil para detektif yang bertugas harus mengejar ‘hantu misterius’ tersebut lagi karena suatu alasan.

6. Juvenile Justice

Drama Korea 2022
https://asianwiki.com/
  • Genre: Law, Drama, Mystery
  • Jumlah Episode: 10
  • Platform: Netflix

Menceritakan bagaimana seorang hakim, Sim Eun Seok, harus mengadili kejahatan-kejahatan yang dilakukan oleh anak-anak di bawah umur. Mengingat para pelaku kejahatan tersebut adalah para anak-anak di bawah umur, maka Undang-Undang sering meloloskan mereka dari segala hukuman berat.

Di masa lalu, anak Sim Eun Seok pernah menjadi korban kejahatan dengan pelaku anak di bawah umur sehingga dirinya pun sering memiliki cara tersendiri untuk menghukum para pelaku anak tersebut.

7. Business Proposal

Drama Korea 2022
https://www.themoviedb.org/
  • Genre: Comedy, Romantic, Drama
  • Jumlah Episode: 12
  • Platform: Netflix

Secara keseluruhan, serial drama Korea 2022 ini menceritakan tentang kisah cinta antara seorang karyawan muda yang tekun bernama Shin Ha-Ri dan CEO perusahaan bernama Kang Tae-Moo.

Kala itu, justru Shin Ha-Ri dimintai tolong oleh sahabatnya Young-Seo untuk datang ke kencan buta yang sudah diatur keluarganya. Ha-Ri diminta menyamar sebagai Young-Seo dan dirinya akan diberi imbalan berupa uang dengan syarat dirinya harus tampil freak supaya calon pasangan kencan butanya merasa ilfeel.

Namun ternyata, sosok calon pasangan kencan butanya adalah Kang Tae Moo, CEO di perusahaan tempat Ha-Ri bekerja, yang mana memiliki watak dingin dan hanya memikirkan pekerjaannya saja.

Pertemuan yang tidak disengaja dan penuh dengan penyamaran tersebut justru membuahkan benih-benih cinta di antara keduanya.

8. Military Prosecutor Doberman

Drama Korea 2022
https://asianwiki.com/
  • Genre: Action, Military, Law, Drama
  • Jumlah Episode: 16
  • Platform: Viu, iQIYI, Netflix

Serial drama Korea 2022 selanjutnya adalah Military Prosecutor Doberman yang menceritakan tentang Do Bae Man, seorang jaksa militer yang hanya mengharapkan kekayaan saja dan berharap dapat segera berhenti dari pekerjaannya tersebut. Sementara itu Cha Woo In adalah seorang jaksa militer junior yang berasal dari keluarga kaya.

Cha Woo In begitu percaya diri dan tidak takut dengan orang-orang yang berkuasa di atasnya. Atas keterampilan investigasinya yang luar biasa, Woo In berusaha keras untuk menjadi seorang jaksa militer demi balas dendam.

Keduanya kemudian bekerja sama untuk membongkar kejahatan-kejahatan di lingkungan militer. Namun seiring berjalannya waktu, Do Bae Man juga menyadari bahwa menjadi jaksa militer adalah pilihan yang tepat untuknya.

9. Crazy Love

Drama Korea 2022
https://asianwiki.com/
  • Genre: Comedy, Romantic
  • Jumlah Episode: 16
  • Platform: Disney+, Netflix

Menceritakan tentang seorang CEO di GOTOP Education yang sekaligus menjadi instruktur matematika bernama Noh Go Jin. Walaupun Go Jin hanya tamatan SMA tetapi kecerdasannya sangat luar biasa dan memiliki IQ tinggi. Sayangnya, Go Jin begitu narsis akan semua hal dan tiba-tiba saja dirinya mendapatkan peringatan pembunuhan.

Sementara itu Lee Shin A adalah seorang sekretaris Go Jin yang memiliki kepribadian pendiam dan tertutup. Dirinya jarang berkomunikasi dengan rekan-rekan kerja dan dianggap ‘keren’ karena dapat mau bertahan menjadi sekretaris Go Jin yang dikenal kejam.

Namun, tiba-tiba, Shin A mendapatkan berita bahwa dirinya tidak memiliki banyak waktu tersisa untuk hidup. Alhasil, Shin A pun berniat balas dendam kepada Go Jin yang selalu menyepelekan kehidupannya.

10. Thirty-Nine

Drama Korea 2022
https://asianwiki.com/
  • Genre: Drama, Romantic, Friendship
  • Jumlah Episode: 12
  • Platform: Netflix

Menceritakan tentang kisah persahabatan 3 perempuan yang sama-sama berusia 39 tahun. Sebut saja ada Cha Mi Jo yang merupakan dokter kulit dan berasal dari keluarga kaya. Lalu ada Jeong Chan Young yang merupakan pelatih akting. Selanjutnya ada juga Kim Ji Hyun yang bekerja sebagai pramuniaga di sebuah mall besar.

Ketiga menjalani kehidupan layaknya wanita dewasa, tetapi semuanya berubah setelah Jeong Chan Young didiagnosis menderita kanker stadium akhir dan hanya memiliki beberapa bulan saja untuk hidup.

11. Tomorrow

Drama Korea 2022
https://asianwiki.com/
  • Genre: Fantasy, Drama
  • Jumlah Episode: 16
  • Platform: Netflix

Menceritakan tentang Choi Jun Woong yang tengah kesulitan mencari pekerjaan, tiba-tiba koma setelah menyelamatkan seorang gelandangan yang hendak bunuh diri.

Selama koma, jiwanya telah masuk di alam baka dan dirinya membuat persetujuan untuk bekerja dengan 2 malaikat maut Koo Ryeon dan Im Ryong Gu. Alhasil, ketiganya bekerja sama untuk menyelamatkan manusia-manusia di bumi yang hendak bunuh diri.

12. Pachinko

Drama Korea 2022
https://asianwiki.com/
  • Genre: Family, MeloDrama, Romantic
  • Jumlah Episode: 8
  • Platform: Apple TV+

Serial drama Korea 2022 ini mengambil alur waktu 1900-an dengan berfokus pada kehidupan seorang wanita di satu generasi. Menceritakan tentang seorang wanita bernama Kim Sun Ja yang lahir dan besar di Busan pada abad ke-20.

Kala itu, Busan masih berada di bawah kekuasaan Jepang. Kim Sun Ja jatuh cinta dengan seorang pria dari kelas atas bernama Koh Han Su. Alhasil keduanya pun berhubungan secara diam-diam.

Sementara itu, datanglah pendeta gereja bernama Baek Isak yang kebetulan datang ke penginapan milik Sun Ja. Saat mengetahui situasi Sun Ja, kemudian pendeta tersebut menawarkan untuk menikahinya.

Berhubung Koh Han Su tidak ada kabarnya lagi, Sun Ja pun memutuskan untuk menikah dengan sang pendeta dan pindah ke Jepang. Di Jepang, Sun Ja hidup menghadapi masa-masa sulit sebagai imigran Korea yang tinggal di negeri asing.

13. Our Blues

Drama Korea 2022
https://asianwiki.com/
  • Genre: Romance, Life, Family, Drama
  • Jumlah Episode: 20
  • Platform: Netflix

Drama Korea 2022 berjudul Our Blues ini menceritakan beberapa orang yang tinggal di Pulau Jeju. Sebut saja ada Lee Dong Seok yang sejak lahir tinggal di Pulau Jeju dan saat dewasa bekerja sebagai penjual barang-barang lewat truknya. Lee Dong Seok kemudian jatuh cinta dengan Min Seon A yang baru saja pindah ke Pulau Jeju.

Selanjutnya ada Choi Han Su yang lahir di Pulau Jeju, kemudian memutuskan merantau ke kota. Setelah sekian lama, akhirnya Han Su kembali ke kampung halamannya dan jatuh cinta dengan seorang gadis bernama Jung Eun Hui.

Ada juga Ko Mi Ran yang juga merantau ke kota dan kembali ke Pulau Jeju karena bosan dengan kerasnya kehidupan kota.

Lalu, ada seorang wanita bernama Lee Yeong Ok yang pindah ke Pulau Jeju dan menjadi sebagai penyelam wanita. Dirinya pun jatuh cinta dengan Park Jeong Jun yang merupakan kapten penangkap ikan.

14. Monstrous

Drama Korea 2022
https://asianwiki.com/
  • Genre: Mystery, Thriller, Supernatural
  • Jumlah Episode: 6
  • Platform: Viu

Serial drama ini bermula ketika terdapat sebuah proyek penggalian patung Buddha raksasa di sebuah hutan desa Jinyang. Anehnya, pada bagian kedua bola mata patung Buddha tersebut, ditutupi oleh kain dengan aksara asing.

Tak banyak yang tahu bahwa ternyata, kedua mata patung Buddha tersebut menyimpan kutukan bagi siapa saja yang memandangnya. Alhasil, sebagian besar masyarakat desa yang tidak sengaja memandang mata patung Buddha tersebut pun berubah menjadi sosok aneh layaknya zombie yang saling menyimpan dendam.

Jung Ki Hoon adalah seorang arkeolog yang biasa mencari fenomena supernatural dan dirinya datang ke Jinyang. Diketahui mantan istrinya, Lee Soo Jin, juga ada di desa tersebut. Akhirnya, Ki Hoon bersama kepala polisi Han Seok Hee bekerja sama untuk mengungkap kutukan yang terdapat pada patung Buddha tersebut dan berusaha mendapatkan kembali huruf maupun simbol yang berguna sebagai jimat.

15. The Glory

Drama Korea 2022
https://asianwiki.com/
  • Genre: Thriller, Drama, Melodrama, Revenge
  • Jumlah Episode: 15
  • Platform: Netflix

Menceritakan tentang Moon Dong Geun yang menjadi korban bullying dan pelecehan saat masih SMA. Atas hal itu, Dong Geun putus sekolah dan berjuang mati-matian supaya dapat kuliah, dengan begitu dirinya pun dapat balas dendam kepada para pelaku.

Segala rencana balas dendam kepada masing-masing pelaku benar-benar direncanakan sedemikian rupa.

FYI, serial drama Korea 2022 yang satu ini juga memiliki season 2 dan telah tayang pada Maret 2023 lalu.

16. My Liberation Notes

https://asianwiki.com/
  • Genre: Slice of Life, Family, Romance
  • Jumlah Episode: 16
  • Platform: Netflix

Secara keseluruhan, serial drama ini menceritakan tentang 3 bersaudara dan seorang lelaki asing yang tiba-tiba masuk dalam kehidupan keluarga mereka. Anak tertua adalah Yeom Gi Jeong yang memiliki temperamen tinggi dan menghabiskan waktunya di Seoul untuk bekerja. Selama menjalani hidup, dirinya selalu mengeluh dan ingin sekali menemukan cinta sejati di usia yang dewasa ini.

Lalu anak kedua adalah Yeom Chang Hee yang tidak punya mimpi dalam hidupnya dan menjalani hidup apa adanya. Chang Hee selalu berkeinginan untuk pergi dari Desa Sanpo, kampung halamannya, sebab dirinya dipandang rendah oleh orang tuanya.

Selanjutnya, ada Yeom Mi Jeong yang merupakan anak ketiga dengan kepribadian tertutup dan pemalu. Meskipun Mi Jeong telah bekerja di kota, tetapi dirinya selalu merasa hidupnya sangat membosankan dan kesepian.

Sementara itu, Tuan Gu adalah seorang pria misterius yang tiba-tiba muncul di Desa Sanpo saat mabuk. Semakin hari, Tuan Gu justru tertarik untuk menjalani kehidupan di desa dan mendekati Mi Jeong.

17. The Sound Of Magic

https://asianwiki.com/
  • Genre: Musical, Fantasy, Drama
  • Episode: 6
  • Platform: Netflix

Menceritakan seorang gadis SMA yang cerdas tetapi keadaan finansialnya biasa-biasa saja, bernama Yoon A Yi. A Yi hidup bersama adik perempuannya saja karena sang ayah pergi setelah mengambil uang miliknya. Suatu saat, gadis tersebut bertemu dengan seorang lelaki dewasa yang mengaku sebagai seorang pesulap bernama Ri Eul dan membuatnya percaya bahwa keajaiban sulap itu ada.

18. Island

https://asianwiki.com/
  • Genre: Fantasy, Supernatural, Fiction
  • Jumlah Episode: 6
  • Platform: Netflix

Drama Korea 2022 selanjutnya adalah Island yang tayang pada 30 Desember 2022. Menceritakan tentang pertempuran antara umat manusia dengan monster iblis yang bakal mengancam dunia, diawali dari Pulau Jeju. Nantinya, pengusir setan dan pemburu iblis akan bekerja sama untuk mengalahkan monster iblis yang sudah dendam kepada dunia ini sejak lama. K-Drama ini juga memiliki cerita reinkarnasi dari masing-masing tokohnya.

FYI, Island Season 2 telah tayang pada Februari 2023 lalu.

19. Link: Eat, Love, Kill

https://asianwiki.com/
  • Genre: Fantasy, Romance, Mystery, Comedy
  • Jumlah Episode: 16
  • Platform: Disney Hotstar

Menceritakan tentang seorang laki-laki bernama Eun Gye Hoon yang kehilangan saudara kembarnya sekitar 20 tahun lalu. Saat beranjak dewasa, Gye Hoon yang merupakan seorang koki memutuskan untuk membuka restoran di tempat saudara kembarnya tersebut menghilang.

Suatu hari, tiba-tiba saja Gye Hoon mampu memahami segala emosi yang dirasakan oleh seorang gadis bernama No Da Hyun. Mulai dari perasaan sakit, suka, duka yang dialami Da Hyun, entah mengapa Gye Hoon pun turut merasakannya. No Da Hyun sendiri merupakan seorang wanita yang selalu memiliki nasib buruk ketika berhubungan dengan laki-laki.

20. Eve

https://asianwiki.com/
  • Genre: Romance, Melodrama, Revenge
  • Jumlah Episode: 16
  • Platform: Viu, WeTV

Menceritakan tentang seorang gadis bernama Lee La El yang sedari kecil sudah kehilangan ayahnya sehingga keluarganya pun turut hancur. Saat dewasa, La El merasa bahwa kematian ayahnya disebabkan oleh orang-orang dengan jabatan tinggi sehingga dirinya menyiapkan rencana balas dendam selama 13 tahun.

Sasaran utamanya adalah Kang Yoon Kyum yang menjalankan perusahaan LY Group. Lee El dibantu oleh Seo Eun Pyeong, anggota majelis nasional, yang turut menjadi saksi tragedi keluarga Lee El.

21. Jinxed at First

https://asianwiki.com/
  • Genre: Fantasy, Romance, Comedy
  • Jumlah Episode: 16
  • Platform: iQIYI, Viu

Serial drama Korea 2022 selanjutnya adalah Jinxed At First yang menceritakan tentang seorang pemuda penjual ikan bernama Gong Soo Gwang dan terkenal karena nasibnya yang tidak beruntung. Alhasil, semua orang berusaha menghindari Soo Gwang supaya tidak tertular nasib buruknya tersebut.

Suatu hari, Soo Gwang bertemu dengan seorang gadis ceria bernama Lee Seul Bi. Tak banyak yang tahu bahwa Lee Seul Bi memiliki kekuatan khusus yakni dengan menyentuh tangan seseorang, maka dirinya dapat melihat masa depan orang tersebut. Seul Bi mendapatkan kemampuan tersebut dari ibunya.

Berhubung Seul Bi dan ibunya memiliki kemampuan khusus, seorang CEO perusahaan besar menangkap mereka kemudian ditempatkan di sebuah rumah khusus. CEO tersebut tentunya ingin memanfaatkan kekuatan khusus Seul Bi dan ibunya. Alhasil, Seul Bi pun kabur dari tempat penyekapan tersebut dan bertemu dengan Soo Gwang setelah 7 tahun lamanya.

22. Money Heist: Korea – Joint Security Area

https://asianwiki.com/
  • Genre: Action, Thriller, Mystery, Criminal
  • Jumlah Episode: 6
  • Platform: Netflix

Sesuai dengan judulnya, maka tentu saja serial drama yang satu ini merupakan adaptasi dari serial televisi yang sama asal Spanyol. Alur ceritanya kurang lebih sama dengan perbedaan karakter tentunya.

Menceritakan tentang seorang pria yang pintar dengan julukan Professor. Professor telah merencanakan perampokan di pusat percetakan uang Korea Selatan sejak lama. Untuk melaksanakan rencananya tersebut, Profesor merekrut para anggota yang dinilai memiliki kemampuan dan kepribadian yang kuat. Salah satu anggota yang memiliki kemampuan luar biasa adalah Tokyo, seorang gadis dari Korea Utara yang kabur ke Korea Selatan.

Setiap anggota tidak boleh memperkenalkan nama aslinya, hanya sebatas kode nama yang didasarkan pada nama kota-kota besar di dunia. Sayangnya saat tengah merampok bank percetakan uang tersebut, mereka salah ‘mengambil’ sandera sehingga harus menghadapi situasi tak terduga.

Money Heist Korea season 2 ini telah tayang pada Desember 2022 silam.

23. Anna

https://asianwiki.com/
  • Genre: Psychological, Thriller, Melodrama
  • Jumlah Episode: 6
  • Platform: Netflix, Disney+

Menceritakan seorang gadis bernama Yu Mi yang menjalani kehidupan penuh kebohongan. Yap, sosok Yu Mi sebenarnya bukanlah “Yu Mi” yang sebenarnya. Dirinya hanyalah menyamar menjadi sosok “Yu Mi” supaya dapat menjalani kehidupan mewah seperti keinginannya. Yu Mi menikah dengan seorang pria ambisius yang kaya raya bernama Ji Hun.

Suatu hari, Yu Mi bertemu dengan Hyun Joo, seorang gadis yang hidup serba mewah dan mengetahui rahasia terbesarnya.

24. Cafe Minamdang

https://asianwiki.com/
  • Genre: Crime, Comedy
  • Jumlah Episode: 18
  • Platform: Netflix

Menceritakan tentang seorang mantan profiler kriminal bernama Nam Han Jun yang kemudian beralih profesi sebagai penipu. Untuk menutupi penipuannya, dirinya berpura-pura menjalankan bisnis peramal di sebuah Cafe Minamdang bersama rekan-rekannya. Namun, Han Jun dan timnya hanya menipu orang-orang jahat saja, yang terdiri atas Su Cheol seorang agen detektif swasta dan adiknya Han Jun yang merupakan seorang hacker.

Di kepolisian setempat, datanglah Han Jae Hui yang telah bekerja sebagai detektif selama 3 tahun. Jae Hui begitu antusias ketika menjalankan pekerjaan dan tiba-tiba terlibat kasus dengan Han Jun. Alhasil, keduanya pun bekerja sama untuk mengungkap berbagai kasus.

25. Extraordinary Attorney Woo

https://asianwiki.com/
  • Genre: Law, Life, Drama, Comedy
  • Jumlah Episode: 16
  • Platform: Netflix

Menceritakan tentang seorang gadis pengidap gangguan spektrum autisme yang cerdas bernama Woo Young Woo. Saat ini, Young Woo telah bekerja sebagai pengacara magang di sebuah firma hukum ternama. Selama magang, Young Woo selalu menyelesaikan kasus-kasus besar dengan perspektif uniknya.

26. Big Mouth

https://asianwiki.com/
  • Genre: Noir, Crime, Thriller
  • Jumlah Episode: 16
  • Platform: Disney+, Netflix

Menceritakan tentang seorang pengacara bernama Park Chang Ho yang selalu gagal dalam menyelesaikan masalah kliennya alias tingkat kemenangannya di pengadilan hanya 10% saja. Park Chang Ho dikenal suka banyak bicara dan orang-orang pun memanggilnya dengan nama “Big Mouth”.

Namun suatu hari, Chang Ho dijebak atas pembunuhan dan ketika masuk penjara, dirinya dianggap sebagai sosok dibalik penipu jenius Big Mouse. Alhasil, Park Chang Ho pun memiliki berpura-pura menjadi Big Mouse sambil mencari tahu siapa dalang dibalik penangkapan dirinya ke penjara dan menjadikannya Big Mouse.

Selama di penjara, Park Chang Ho meninggalkan istrinya yang bekerja sebagai perawat bernama Go Mi Ho. Mi Ho memiliki kepribadian yang bijak dan berani. Mi Ho juga selalu mendukung suaminya baik secara finansial dan psikologis. Saat mengetahui bahwa suaminya dijebak dan dicurigai sebagai penipu jenius Big Mouse, Mi Ho berupaya membersihkan nama suaminya bersama dengan ayah dan rekannya.

27. Narco-Saints (The Accidental Narco)

https://asianwiki.com/
  • Genre: Thriller, Crime, Action
  • Jumlah Episode: 6
  • Platform: Netflix

Menceritakan tentang Kang In Gu yang memulai bisnis pertamanya di negara Suriname yang terletak di Amerika Selatan. Atas adanya situasi yang mencekam, Kang In Gu pun memutuskan untuk bekerja sama dengan NIS Korea Selatan untuk menangkap seorang bandar narkoba Jeon Yo Hwan. Bandar narkoba ini tengah menjalankan operasi penyelundupan narkoba dalam jumlah yang besar di Suriname.

28. The Golden Spoon

https://asianwiki.com/
  • Genre: Fantasy, Drama, Supernatural, Psychological
  • Jumlah Episode: 16
  • Platform: Disney+

Menceritakan tentang seorang siswa dari keluarga miskin dan begitu benci dengan kehidupannya, bernama Lee Seung Cheon. Suatu hari, Seung Cheon bertemu dengan seorang wanita tua. Wanita tua tersebut menawarinya sebuah sendok emas dan mengatakan bahwa jika Seung Cheon membeli sendok tersebut seharga $3, maka nasibnya akan berubah.

Wanita tua tersebut juga mengatakan bahwa jika Seung Cheon makan 3 kali menggunakan sendok emas tersebut di rumah temannya yang kaya, maka nasibnya akan bertukar dengan temannya tersebut.

Alhasil, Seung Cheon pun membeli sendok tersebut dan pergi makan ke rumah temannya yang kaya raya, Hwang Tae Yong. Setelah makan selama 3 kali, kehidupan Seung Cheon langsung berubah.

29. Alchemy of Souls

https://asianwiki.com/
  • Genre: Fantasy, Romance, Action
  • Jumlah Episode: 20 (part 1) – 10 (part 2)
  • Platform: Netflix

Serial drama Korea 2022 ini berfokus pada nasib orang-orang yang berubah karena hadirnya ‘hwanhonsool’ alias jiwa orang mati yang kembali hidup.

Diceritakan bahwa di suatu negara Daeho, hiduplah lelaki bernama Jang Uk yang merupakan anak bangsawan. Jang Uk yang selalu membuat onar ternyata menyimpan rahasia kelam tentang kelahirannya dan dibicarakan oleh orang-orang di seluruh negeri.

Suatu hari, Jang Uk bertemu dengan Mu Deok yang merupakan seorang pejuang elit tetapi jiwanya terjebak di tubuh gadis yang lemah secara fisik. Keduanya pun sepakat untuk saling membantu dan Mu Deok menjadi pelayan Jang Wook sekaligus diam-diam mengajarinya cara bertarung.

Sementara itu, ada pula Seo Yul yang berasal dari keluarga bangsawan dengan kepribadian dan keterampilan sempurna. Lalu ada Go Won yang menjadi putra mahkota Daeho dengan sifat murah hati.

30. Reborn Rich

https://asianwiki.com/
  • Genre: Fantasy, Revenge, Period
  • Jumlah Episode: 16
  • Platform: Netflix, Viu

Menceritakan tentang Yoon Hyeon Woo yang telah bekerja di sebuah perusahaan Soonyang Conglomerate lebih dari 10 tahun. Namun tiba-tiba, Yoon Hyeon Woo dituduh melakukan penggelapan oleh keluarga pemilik perusahaan sehingga dirinya pun ditembak mati saat dalam perjalanan bisnis ke luar negeri.

Saat terbangun, Yoon Hyeon Woo telah menemukan jiwanya berada di dalam tubuh cucu bungsu keluarga pemilik perusahaan yakni Jin Do Jun. Alhasil dengan tubuh Jin Do Jun, Hyeon Woo berusaha membalas dendam pada keluarga pemilik Soonyang Conglomerate sekaligus mengambil alih perusahaan tersebut.

31. Little Women

https://asianwiki.com/
  • Genre: Action, Crime, Thriller
  • Jumlah Episode: 12
  • Platform: Netflix

Serial drama ini berfokus pada kehidupan 3 perempuan bersaudara yang terlibat dalam kasus besar sehingga membuat mereka harus melawan keluarga terkaya dan berpengaruh di Korea Selatan.

Oh In Joo menjadi kakak perempuan tertua yang dibesarkan di lingkungan yang miskin. Sejak kecil, In Joo telah menyadari bahwa keberadaan uang adalah hal terpenting dalam hidup karena dapat melindungi dirinya maupun keluarganya. Mimpinya pun sederhana, In Joo hanya ingin menjalani kehidupan seperti orang biasa. Namun saat menemukan sekoper uang dengan jumlah fantastis, menjadi titik awal In Joo terlibat kasus besar tersebut.

Oh In Kyung menjadi anak perempuan tengah yang bekerja sebagai reporter di sebuah stasiun berita. In Kyung selalu percaya bahwa yang dilakukannya adalah hal yang benar. Meskipun menjadi seorang reporter, tetapi hidup In Kyung selalu miskin dan saat mengetahui fakta bahwa kakaknya menemukan sekoper uang dengan jumlah fantasis, In Kyung berusaha menggali kasus misterius yang menyangkut koper tersebut.

Oh In Hye adalah anak perempuan terakhir yang masih bersekolah di sekolah menengah seni bergengsi dan memiliki bakat alami dalam melukis. In Hye sangat sayang dengan kedua kakaknya dan turut ikut campur dalam kasus besar yang menyasar pada keluarganya.

32. Under The Queen’s Umbrella

https://asianwiki.com/
  • Genre: History, Politic, Comedy, Drama, Family
  • Jumlah Episode: 16
  • Platform: Netflix

Menceritakan kehidupan seorang ratu kerajaan bersama ketiga anak laki-lakinya. Ratu Hwaryeong yang seharusnya bertindak seperti ratu anggun dan martabat, harus ekstra sabar karena ketiga anak laki-lakinya yang merupakan seorang pangeran malah selalu membuat onar. Alhasil, dirinya pun menyerah pada tata aturan kerajaan tentang mendidik anak dan berjuang mendidik ketiga anaknya dengan caranya sendiri.

33. Through The Darkness

https://asianwiki.com/
  • Genre: Crime-Thriller, Drama, Mystery
  • Jumlah Episode: 12
  • Platform: Viu

Serial drama Korea 2022 yang terakhir adalah Through The Darkness yang menceritakan tentang sosok nyata dan bahkan kasus-kasusnya pun benar-benar terjadi di dunia nyata. Song Ha Young adalah seorang profiler kriminal pertama yang ada di Korea Selatan dan pekerjaannya adalah berusaha membaca pikiran para pembunuh berantai. Mulai dari alasan mengapa membunuh, cara yang digunakan saat membunuh, dan bagaimana “menutupi” pembunuhan yang telah dilakukan.

Itulah rekomendasi drama Korea 2022, dari beberapa rekomendasi di atas, apakah ada yang sudah kamu tonton?

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Apakah kamu ingin mencari buku Korea Selatan? Tenang, Grameds bisa mendapatkannya di gramedia.com. 

5 Rekomendasi Buku Terkait

1. Annyeong, Drakor!

Ingin belajar Bahasa Korea praktis, mudah, dan asyik? Buku Annyeong, Drakor! hadir sebagai solusi media alternatif untuk kamu belajar Bahasa Korea secara menyenangkan. Melalui buku ini, kamu akan diajak untuk menyelami dialog-dialog dari drama populer.

Buku ini dikemas dalam bentuk komik yang pastinya akan menambah semangat kamu untuk mempelajari Bahasa Korea. Tak hanya itu, selain memperkenalkan hangeul, buku ini juga memuat tata bahasa dasar yang bisa kamu gunakan untuk percakapan sehari-hari.

2. Korea A to Z: Panduan K-Drama, Traveling, Kuliah, Bekerja, dan Bermigrasi

Buku ini memuat segala sesuatu yang ingin Anda ketahui tentang Korea, baik untuk sekadar menambah pengetahuan, panduan memahami K-Drama, traveling, kuliah, bekerja, maupun bermigrasi. Berbagai topik menarik seperti sejarah, tradisi, budaya, dan hal-hal mengejutkan yang tidak diketahui orang asing dibeberkan secara lugas disini.

Jangan lewatkan info mengenai tempat yang menarik dan unik termasuk objek keajaiban alam, baik yang sudah diketahui secara luas maupun yang umumnya hanya diketahui penduduk lokal, juga referensi tempat shopping, perguruan tinggi dan universitas terkenal lengkap dengan persyaratan umum dan tawaran beasiswa, serta pembahasan mengenai kemungkinan bekerja dengan gaji tinggi atau menetap di Korea sebagai imigran.

3. Kimbab Family: (Bukan) Kisah Drama Korea

Romantisme Jay-Gina dan kekompakan keluarga Kimbab Family bak kisah drama Korea. Kehadiran tiga buah hati: Suji, Yunji, dan Jio membuat kisah keluarga mereka makin ceria dan menggemaskan para pemirsa. Tapi, benarkah kisah mereka semulus drama Korea?

Ada kisah yang tak mereka sampaikan di YouTube Kimbab Family tentang bagaimana Jay dan Gina berjuang menjembatani perbedaan budaya Korea dan Indonesia, keterbatasan bahasa, penyesuaian dua budaya, juga pengenalan dua bahasa kepada anak-anak mereka yang tentu tak mudah. Namun, mereka tetap dapat mendisiplinkan anak tanpa bentakan, mengajarkan ketegasan dengan kelembutan, meneladankan kesantunan, serta menggabungkan harmoni dua negara.

Melalui kisah Jay dan Gina, kita belajar bahwa keluarga yang bahagia dan ceria, membuat hidup penuh makna dan warna.

4. Panduan Bijak Mengenal Budaya Populer Korea: Korean Wave

Korean Wave atau K-pop berhasil mencuri perhatian banyak orang. Sebagai suatu fenomena tak terelakkan dalam satu dekade terakhir, adalah hal yang bijak untuk kita bisa mengenal lebih dalam apa sebenarnya Korean wave itu.

Jangan heran bila bahasa Korea, produk Korea, dan artis Korea sekarang ini menjadi favorit dan referensi. Namun sayangnya masih jarang sekali dijumpai panduan yang menolong memberikan gambaran lebih komprehensif tentang Korean wave.

Buku ini akan menyajikan kilasan info mulai dari awal mula Korean wave, K-pop, K-style, K-food, hingga operasi plastik yang marak dilakukan di Korea Selatan. Buku ini ditujukan untuk remaja dan pemerhati remaja yang tentu perlu belajar hal positif dan menyikapi hal negatif dari Korean wave.

5. The Amazing Book of Korean Conversation for Millenials

Mempelajari pelajaran bahasa Korea yang kompleks mungkin tampak menantang, terutama jika Anda tidak sering menonton k-drama atau bertemu dengan penutur asli bahasa Korea. Tapi itu tidak terlalu rumit. Plus, belajar tentang bahasa Korea sepadan dengan waktu dan usaha. Bahasa Korea susah karena kita udah takut duluan sama tulisannya yang kotak-kotak.

Nah, buku ini memuat tema-tema seputar kehidupan sehari-hari dan pastinya ada kosakata baru di setiap pelajarannya. Praktis, mudah, nggak ribet. Bawa buku ini ke mana pun kamu pergi, kenali dan pahami setiap kosakata dan frasanya, dijamin sebentar lagi kamu akan cas-cis-cus ngomong pakai bahasa korea dan nggak akan malu-maluin jika kamu berkunjung ke Korea suatu saat nanti.

Sumber:

https://asianwiki.com/

https://www.tatlerasia.com/

https://www.marieclaire.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.