in

14 Desain Lemari Pakaian Minimalis Modern dan Konsepnya

https://www.sustainablejungle.com/

Desain Lemari Pakaian Minimalis Modern – Dewasa ini, para muda-mudi telah banyak menerapkan prinsip hidup minimalis, mulai dari penggunaan skincare, pakaian, hingga penataan pakaian di lemari.

Jika diterapkan dalam penataan pakaian di lemari pakaian, maka prinsip minimalis akan fokus pada penataan baju yang sering digunakan saja, apakah Grameds salah satu yang menrapkan prinsip ini?

Dengan kata lain, pakaian-pakaian yang sudah tidak layak pakai maupun yang sudah tidak kamu sukai lagi, dapat didonasikan ataupun dijual ke pihak lain. Cara ini secara tidak langsung juga dapat mengurangi kapasitas barang-barang di ruangan pribadimu.

Ditambah lagi, saat ini sudah banyak lemari pakaian minimalis yang memiliki desain begitu modern, cocok deh untuk era 2023 ini. Rata-rata desain lemari pakaian minimalis modern ini menggunakan warna hitam, putih, maupun beige.

Mengapa begitu? Sebab, warna-warna tersebut membuat mata merasa nyaman dan tidak terlalu mencolok dengan adanya motif yang bertabrakan.

Coba deh Grameds bandingkan antara lemari pakaian dengan warna hitam, putih, maupun beige yang tanpa corak motif apapun dengan lemari pakaian bermotif abstrak ‘semrawut’. Pasti mata kita akan lebih senang dengan lemari polos tanpa corak ‘kan?

Nah, itulah poin utama dari desain lemari pakaian minimalis modern yang saat ini tengah digembar-gemborkan oleh banyak khalayak umum, bisa jadi kamu salah satunya.

Lantas, apa saja sih desain lemari pakaian minimalis modern yang dapat Grameds contoh untuk diterapkan di ruangan pribadi? Apa pula hal-hal yang diperhatikan supaya dapat menjalani hidup dengan prinsip minimalis? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini!

13+ Desain Lemari Pakaian Minimalis Modern

Perlu dipahami ya Grameds bahwa dalam prinsip gaya hidup minimalis itu kebanyakan akan fokus pada benda-benda dengan warna netral seperti hitam dan putih. Jika diterapkan dalam lemari pakaian, maka warna netral tersebut akan sangat bagus mendekorasi ruangan.

Kebanyakan, lemari pakaian itu akan berukuran besar dan seolah membuat ruangan terasa sesak. Namun, jika lemari pakaian tersebut menggunakan warna netral, maka secara visual dapat membuat ruangan terasa semakin luas.

Jika dipadukan dengan warna hitam, maka ruanganmu pasti akan lebih terlihat eye-catching! Nah, berikut ini ada beberapa desain lemari pakaian minimalis modern yang bisa dicontoh.

The Architecture of Love | Di balik Pena

1. Lemari Pakaian Minimalis Hitam Putih

Desain Lemari Pakaian Minimalis Modern
https://www.shelterness.com/

Pada desain lemari pakaian minimalis modern berikut ini menggunakan lemari berwarna hitam putih dengan rak terbuka. Jangan lupakan pula gantungan berwarna putih sebagai tempat untuk menggantungkan pakaian yang jika dilipat akan terlihat kusut.

FYI aja nih, ada cara efektif untuk membuat gantungan pakaian yang kuat dan kokoh yakni menggunakan pipa berwarna putih kemudian di dalamnya diberi batang kayu. Mengingat pipa tersebut sudah berwarna putih, maka tidak perlu lagi dicat ulang. Nah, supaya kamar terasa lebih nyaman, pasang saja lampu dengan sinar hangat.

2. Lemari Pakaian Minimalis Dari Kayu

Desain Lemari Pakaian Minimalis Modern
https://www.shelterness.com/

pada lemari pakaian yang berasal dari kayu biasanya berwarna coklat tua, coba perhatikan desain lemari pakaian minimalis modern ini.

Lemari pakaian tersebut terbuat dari kayu dengan warna beige terang dan memiliki cukup banyak rak serta gantungan. Tentu saja rak-rak tersebut dapat digunakan untuk tempat handuk, topi, bantal, dan berbagai barang lainnya.

3. Lemari Pakaian Minimalis Dengan Gantungan

Desain Lemari Pakaian Minimalis Modern
https://www.shelterness.com/

Sebenarnya, prinsip gaya hidup minimalis yang jika diterapkan dalam hal penataan kamar, harus pandai-pandai pula dalam menata keseluruhan barang supaya ruangan terlihat luas.

Salah satunya adalah dengan menggunakan desain lemari pakaian minimalis modern berikut ini yang berupa rak pakaian di bawah dan gantungan di atas.

Grameds juga dapat menggunakan keranjang anyaman untuk meletakkan barang-barang lain.

4. Lemari Pakaian Minimalis Dengan Laci Built-In

Desain Lemari Pakaian Minimalis Modern
https://www.shelterness.com/

Desain lemari pakaian minimalis modern selanjutnya adalah dengan laci built-in alias laci tanpa kunci. Adanya laci ini dapat memudahkan untuk mengambil barang ketika tengah tergesa-gesa karena mudah ditarik dan didorong. Supaya kamar menjadi lebih afdol, tambahkan saja cermin di sebelahnya.

5. Lemari Pakaian Minimalis Dengan Banyak Laci

Desain Lemari Pakaian Minimalis Modern
https://www.shelterness.com/

Jika Grameds memiliki banyak pakaian yang ternyata masih layak dipakai dan tetap ingin menerapkan gaya hidup minimalis, coba saja menggunakan lemari pakaian minimalis yang memiliki banyak laci. Namun, perlu dipahami juga untuk menaruh barang sesuai dengan tempatnya supaya tidak berantakan.

6. Lemari Pakaian Minimalis Monokromatik

Desain Lemari Pakaian Minimalis Modern
https://www.shelterness.com/

Lemari pakaian minimalis monokromatik memang sepertinya cocok dengan konsep gaya hidup minimalis ya…

Apabila pakaian Grameds jumlahnya sangat banyak, gunakan saja lemari dengan penyimpanan berkapasitas besar dan terdapat laci. Jangan lupakan meja rias warna putih supaya mata kita mengalami ‘tipuan optik’ akan ukuran ruangan.

7. Lemari Pakaian Minimalis Dengan Rak Terbuka

Desain Lemari Pakaian Minimalis Modern
https://www.shelterness.com/

Lemari pakaian yang memiliki rak terbuka biasanya cocok digunakan untuk pakaian yang digantung menggunakan hanger. Untuk pakaian seperti jas, jaket, blazer, kemeja, gamis, ada baiknya jika digantung saja di rak terbuka tersebut supaya tidak kusut.

Lemari dengan rak terbuka ini juga bisa kok digunakan sebagai tempat penyimpanan sepatu, sandal, maupun high heels.

8. Lemari Pakaian Minimalis Kayu Lapis Warna Netral 2 Sisi

https://www.shelterness.com/

Untuk menerapkan prinsip gaya hidup minimalis dalam hal penataan pakaian di ruangan, tidak melulu harus menggunakan lemari berwarna putih kok. Dapat juga menggunakan desain lemari pakaian minimalis modern dengan warna netral yakni berupa coklat muda.

Letakkan pula kaca besar di antara lemari tersebut supaya tidak memakan banyak tempat di ruangan milikmu.

9. Lemari Minimalis Ramping Dengan Cermin

Desain Lemari Pakaian Minimalis Modern
https://www.shelterness.com/

Biasanya, desain lemari pakaian minimalis modern yang satu ini kerap ditemui di ruangan sebuah apartemen atau kondominium. Letak lemari minimalis ini ada di arah pintu masuk, kemudian baru kasur tempat tidur. Penataan seperti ini cenderung lebih efisien dan rapi sebab tidak memerlukan ruangan lagi untuk menaruh lemarinya.

10. Lemari Pakaian Minimalis Dengan Banyak Rak

https://www.shelterness.com/

Jika Grameds memiliki banyak barang dan ingin menyimpannya hanya dalam satu lemari besar saja, coba deh lihat desain lemari pakaian minimalis modern yang satu ini. Pada lemari pakaian ini memiliki banyak ruangan penyimpan terbuka dan beberapa gantungan di dalamnya.

Pintunya pun bukan pintu yang terbuka begitu saja, tetapi digeser, sehingga tidak akan memakan banyak tempat di ruangan milikmu.

11. Lemari Minimalis Di Bawah Kasur

Desain Lemari Pakaian Minimalis Modern
https://www.shelterness.com/

Apabila di kamar Grameds menggunakan jenis kasur tingkat dengan bagian bawah kasurnya kosong, coba saja isi dengan lemari minimalis yang satu ini. Tidak perlu lemari yang yang berukuran besar, cukup gantungan pakaian dan rak minimalis yang memiliki beberapa ruangan sebagai tempat pakaian lipat.

Selain tidak boros tempat, penggunaan lemari minimalis di bawah kasur kosong tersebut dapat membuat ruangan terasa lebih rapi dan ideal.

12. Lemari Minimalis Tinggi Besar

https://www.shelterness.com/

Apabila di kamar Grameds masih memiliki cukup banyak ruang, coba saja desain lemari pakaian minimalis modern ini. Bentuknya memang cukup besar bahkan hingga sampai di atap-atap, tetapi efisien karena semua barangmu dapat tersimpan di sana.

Mulai dari gantungan pakaian, tas, sepatu, kardus, pakaian lipat, dan lainnya, dapat disimpan di lemari minimalis tinggi besar ini. Alangkah baiknya, posisinya diletakkan rapat dengan dinding.

13. Lemari Minimalis Dengan Pintu Geser

Desain Lemari Pakaian Minimalis Modern
https://www.shelterness.com/

Apakah Grameds pernah berpikir bahwa pintu lemari geser ternyata lebih efisien daripada pintu lemari terbuka pada umumnya? Yap, jika Grameds benar-benar tertarik untuk mencoba gaya hidup minimalis ini, coba saja menggunakan desain lemari pakaian minimalis modern dengan pintu geser.

Apabila memiliki barang-barang yang harus digantung, tetapi tidak bisa ditempatkan di dalam lemari, pasang saja hanger tembok di dekat lemari tersebut.

14. Lemari Putih Ultra-Minimalis

https://www.shelterness.com/

Last but not least, ada juga lemari berwarna putih dengan ultra-minimalis. Sekilas bentuknya hampir mirip dengan lemari yang ditempatkan di arah masuk kamar apartemen. Namun bedanya, pada lemari ultra-minimalis ini terlihat lebih rapi karena banyaknya laci di bagian bawah.

Memahami Apa Itu Lemari Pakaian Minimalis

https://emmairenecavanagh.com/

Pada dasarnya, lemari pakaian minimalis alias minimalist wardrobe adalah sebuah lemari yang hanya berisikan pakaian-pakaian seperlunya saja. Yap, pakaian seperlunya ini adalah pakaian-pakaian dengan warna netral dan model all-the-time.

Jangan biasakan untuk membeli pakaian hanya karena tengah tren saja sebab ketika tren tersebut sudah pudar, maka keinginan untuk mengenakan pakaian tersebut pun akan turut pudar. Sesuai dengan slogan gaya hidup minimalis, less is more.

Dilansir dari emmairenecavanagh.com, alasan mengapa manusia di era sekarang harus menerapkan gaya hidup minimalis adalah supaya pikiran tidak terlalu terbebani dengan banyaknya barang dan haus akan tren. Slogan utama para pengikut gaya hidup minimalis adalah less is more yang juga bermanfaat untuk menghemat uang.

Coba deh bayangkan jika Grameds tidak menerapkan gaya hidup minimalis ini, pasti lemari pakaian akan penuh dengan pakaian-pakaian yang belum tentu dapat dikenakan lagi di lain hari. Tidak apa-apa kok mengenakan pakaian yang sama alias repeating outfit, sebab hal itu adalah wajar digunakan.

Apa Saja Keuntungan Memiliki Lemari Minimalis?

  • Menghemat uang karena tidak terlalu muluk-muluk untuk membelanjakannya dalam hal pakaian saja.
  • Menghabiskan lebih sedikit waktu ketika berpakaian.
  • Membuat ruangan kamarmu lebih besar dan longgar.
  • Membuat pikiran lebih jernih karena ketika melihat pakaian tidak berjubel berantakan dengan warna-warni mencolok.
  • Mengurangi rasa lelah untuk memutuskan ingin mengenakan pakaian apa hari ini.

Demikian pembahasan seputar desain lemari pakaian minimalis. Setelah membaca artikel ini sampai selesai, adakah desain lemari pakaian minimalis yang kamu suka?

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Nah, bagi Grameds yang ingin mencoba hidup minimalis, maka bisa menjadikan beberapa buku di bawah ini sebagai referensinya atau bisa mendapatkannya di gramedia.com

7 Rekomendasi Buku Terkait

1. Seni Bergaya Hidup Minimalis: Atur Kembali Hidupmu, Buang yang Tak Penting, dan Maksimalkan Rasa

Dilansir dari Break The Twitch, minimalism adalah gaya hidup yang berfokus untuk meminimalkan gangguan yang bisa menghalangi kamu melakukan hal-hal yang sebenarnya penting. Menurut Joshua Becker, penulis buku Becoming Minimalist, minimalism adalah memiliki hal-hal yang membuat kamu bahagia, dan menghilangkan hal-hal yang tidak. Ini bisa dibilang seperti hidup sederhana. Kita hidup dengan hal-hal yang kita butuhkan, meskipun nggak banyak tapi berkualitas. Slogan yang terkenal banget dari konsep minimalis ini adalah less is more.

Tertarik mencoba gaya hidup yang satu ini? Yuk, cari tahu dulu apa, sih sebenarnya hidup minimalis (minimalism) itu? Apa manfaatnya dan bagaimana cara memulainya? melalui buku “Seni Bergaya Hidup Minimalis: Atur Kembali Hidupmu, Buang Yang Tak Penting, dan Memaksimalkan Rasa” yang akan membahas secara lengkap gaya hidup minimalis.

2. Seni Hidup Minimalis

Tahukah Anda, bahwa hidup dengan sedikit barang akan membuat Anda bahagia? Teorinya, saat Anda membeli sebuah barang membuat Anda merasa bangga dan bahagia, tetapi faktanya justru Anda merasa terkekang berada di antara berbagai macam barang yang Anda beli. Konsep minimalis ini akan membantu Anda mengatasi hal tersebut.

Buku ini bisa menjadi penyelamat Anda! Bagian pertama buku ini akan menumbuhkan pola pikir minimalis. Bagian kedua berisi metode STREAMLINE satu dari sepuluh teknik paling efektif untuk menjaga rumah tetap rapi. Bagian ketiga mengajak Anda menggunakan langkah-langkah khusus untuk menangani setiap ruangan di rumah.

Di bagian keempat, Anda akan melihat bagaimana konsep minimalis membuat kita lebih ramah lingkungan sehingga mampu melestarikan Bumi untuk generasi berikutnya.

3. Perlukah Hidup Minimalis?

“Gaya Hidup Minimalis Kaum Milenial” membahas tentang konsep minimalis; minimalisme versus konsumerisme; dan bagaimana menjalani hidup yang bermakna dan bahagia dengan minimalisme.

Buku ini akan membuat Anda menjadi pribadi yang mampu hidup minimalis dan hidup dengan membeli barang-barang yang memang dibutuhkan. Hal ini tentunya akan membantu kamu menyadari makna untuk memiliki gaya hidup yang minimalis.

Gaya hidup minimalis akan membuat kita menjadi tenang dengan pemikiran-pemikiran yang sederhana tetapi penuh makna. Selamat membaca!

4. Goodbye, Things: Hidup Minimalis Ala Orang Jepang

Fumio Sasaki bukan ahli dalam hal minimalisme; ia hanya pria biasa yang mudah tertekan di tempat kerja, tidak percaya diri, dan terus menerus membandingkan diri dengan orang lain-sampai suatu hari, ia memutuskan untuk mengubah hidupnya dengan mengurangi barang yang ia miliki.

Manfaat luar biasa langsung ia rasakan: tanpa semua “barangnya”, Sasaki akhirnya merasakan kebebasan sejati, kedamaian pikiran, dan penghargaan terhadap momen saat ini. Sasaki memahami minimalisme sebagai “gaya hidup yang berarti kita mengurangi jumlah barang yang kita miliki sampai tingkat paling minimum.” Di bukunya ia menjelaskan, di masa lalu orang Jepang hidup minimalis.

5. 33 Desain 3 In 1 Rak dan Lemari

Bukan sulap bukan sihir. Ruang hunian yang sempit dan dipenuhi banyak furnitur kini terasa lebih lapang dan luas. Caranya adalah dengan menggunakan rak dan lemari 3 in 1. Dengan menggunakan rak dan lemari 3 in 1, satu furnitur dapat menampung beberapa fungsi sekaligus. Sehingga, penggunaan furnitur di dalam hunian dapat diminimalisasi.

Buku 33 Desain 3 In 1 Rak Dan Lemari ini mengulas beragam kemungkinan desain rak dan lemari 3 in 1 yang dapat diaplikasikan pada berbagai ruang hunian, mulai dari kamar tidur, kamar mandi, dapur, hingga ruang keluarga. Buku 33 Desain 3 In 1 Rak Dan Lemari ini juga dilengkapi spesifikasi material yang digunakan, tips perletakan, dan tak ketinggalan kisaran harga!

6. 124 Rak & Lemari Pilihan

Tak hanya untuk menyimpan barang, furniture rak & penyimpanan bisa jadi rumah bagi dekorasi-dekorasi yang bisa meramaikan ruangan, seperti foto keluarga, miniatur, patung kecil, dan tanaman imitasi maupun asli.

Anda bisa menemukan ragam jenis rak & penyimpanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Rak & penyimpanan tersebut terbagi dalam sembilan jenis, yaitu kabinet, rak display, rak buku, rak sepatu, rak TV, rak dinding, laci anak, lemari arsip, dan lemari loker.

Agar lebih sesuai dengan ruangan, Anda dapat mendesain rak dan lemari secara custom. Sebagai inspirasi, buku ini menyajikan 124 desain rak dan lemari dari berbagai jenis rak dan lemari populer. Anda pun bisa memperoleh detail ukuran, spesifikasi material dan finishing, serta kisaran biaya dari setiap desain. Segera miliki buku ini dan wujudnya rak dan lemari idaman Anda.

7. 32 Desain Lemari Dua Sisi

Buku 32 Desain Lemari Dua Sisi ini berisi tentang desain lemari dua sisi. Buku 32 Desain Lemari Dua Sisi ini cocok untuk Anda yang ingin sukses memilih lemari dua sisi yang cocok untuk rumah Anda.

Tema lemari dua sisi memiliki daya tarik sendiri. Selain belum menjadi fokus utama yang diangkat menjadi sebuah buku, lemari dua sisi merupakan inovasi dari lemari yang umumnya hanya memiliki satu sisi. Munculnya berbagai macam kebutuhan membuat lemari satu sisi berkembang menjadi lemari dua sisi sehingga fungsinya pun bertambah. Kini, lemari dua sisi tidak hanya digunakan sebagai tempat untuk menyimpan berbagai barang, tetapi juga dapat dijadikan partisi antar ruang.

Sumber:

https://www.shelterness.com/minimalist-closet-design-ideas/

https://emmairenecavanagh.com/minimalist-wardrobe/

https://www.simplyfiercely.com/minimalist-wardrobe-tips/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.