in

15+ Ide Cat Kamar Aesthetic dan Tips Memilih Cat Tembok Kamar

Cat Kamar Aesthetic – Kamar menjadi tempat pribadi yang berfungsi sebagai tempat istirahat dan meletakkan barang-barang pribadi. Keberadaannya begitu “dijaga” oleh banyak orang karena segala keperluan kita, mulai dari tidur, mengerjakan tugas, berganti pakaian, membaca buku, bersantai, dapat dilakukan di ruangan pribadi tersebut. Salah satu hal yang membuat orang begitu merasa nyaman dengan kamar adalah cat temboknya. Memang begitu banyak pilihan warna untuk cat tembok kamar, tetapi tidak semua dapat cocok begitu saja. Misalnya yang memiliki kamar berukuran sempit, lebih baik hindari warna gelap karena justru akan terlihat makin sumpek, apalagi jika lampu penerangannya begitu redup.

Maka dari itu, pemilihan warna untuk cat tembok kamar sangatlah diperhatikan. Jika cat tembok kamar kita begitu terlihat aesthetic, pasti perasaan kita akan begitu nyaman ketika menempati ruangan pribadi tersebut. Lalu, apa saja ide cat kamar yang aesthetic supaya kamar tidur terlihat nampak keren? Apakah ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan ketika hendak memilih warna cat tembok selain ukuran kamar itu sendiri? Nah, supaya Grameds tidak kehabisan ide untuk mendekorasi kamar tidur, yuk simak ulasan berikut ini!

https://id.pinterest.com/

Ide Cat Kamar Aesthetic Warna Biru

Dilansir dari achematlistrik.id, ternyata pemilihan warna biru sebagai cat tembok kamar adalah trik jitu untuk membuat ruangan tersebut nampak nyaman untuk ditempati. Penggunaan cat tembok berwarna biru ini tentu saja harus dipadukan dengan warna lain ya, salah satunya adalah warna putih. Ada beberapa alasan mengapa tembok pada kamar tidur lebih baik dicat warna biru, mulai dari dapat memperbaiki masalah tidur, membawa kesan ruangan menjadi tampak luas, dan masih banyak lagi.

Warna Biru Dapat Membuat Pikiran Menjadi Tenang

Berdasarkan pada ilmu psikologi, warna biru memang mampu merangsang pikiran kita menjadi lebih jernih sehingga cocok untuk Grameds yang masih berusia sekolah dan memiliki kewajiban belajar setiap harinya. Tidak hanya itu saja, cat tembok warna biru juga dapat mengurangi perasaan cemas, menurunkan tekanan darah, hingga menenangkan pikiran lho. Wah, dapat disebut bahwa keberadaan cat tembok warna biru itu menjadi terapi yang efektif ya…

Warna Biru Dapat Mengatasi Masalah Pada Kualitas Tidur

Jika Grameds sering merasa sulit tidur, coba deh ganti cat tembok kamar menjadi warna biru. Menurut pakar masalah tidur dari Edinburgh Sleep Centre, Chris Idzikowski, berpendapat bahwa kamar yang memiliki cat tembok berwarna biru justru dapat membuat penghuninya lebih nyenyak ketika tidur. Hal tersebut dikarenakan terdapat adanya reseptor di bagian retina mata yang disebut dengan sel ganglion, yang mana memang sangat sensitif terhadap warna biru,

Reseptor berupa sel ganglion tersebut nantinya akan mengirimkan informasi pada bagian otak untuk mengontrol ritme tubuh dan sinyal yang menenangkan, sehingga tubuh nantinya akan mudah untuk rileks. Jika pola tidur sudah berkualitas, maka ketika bangun pun akan merasa segar karena telah mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Warna Biru Membuat Ruangan Terlihat Lebih Luas dan Terasa Sejuk

Warna biru itu kan dominan dengan warna lautan atau langit yang mana terlihat nyaman serta sejuk ketika dilihat. Warna biru juga memiliki beragam jenis, mulai dari warna biru turquoise, biru langit, biru navy, aqua, ice blue, dan masih banyak lagi. Nah, jenis-jenis warna biru tersebut sangat cocok diterapkan sebagai cat tembok untuk ruangan kamar yang memiliki ukuran kecil. Jika Grameds menggunakan warna biru tersebut, nantinya kamar akan memberikan efek suasana yang terasa sejuk dan terasa lebih luas.

Nah, berikut ini ada beberapa ide cat kamar aesthetic dengan warna biru.

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

Ide Cat Kamar Aesthetic Warna Cream

Opsi lain warna cat tembok yang lebih aesthetic adalah warna krem atau beige. Yap, jika diterapkan dalam pakaian saja, warna ini dapat membuat kulit lebih cerah, apalagi jika dijadikan sebagai cat tembok, tentu saja akan membuat kamar lebih aesthetic. Hampir sama dengan warna biru, penggunaan cat tembok warna cream juga dapat menciptakan dimensi ruangan tampak lebih luas lho… Namun perlu diperhatikan jika hendak menggunakan warna cream ini sebagai cat tembok, harus dipadukan dengan warna lain supaya tidak terlihat monoton. Warna lain itu dapat berupa abu-abu muda, putih, coklat tua, dan lainnya.

Ada beberapa alasan mengapa warna cream cocok dijadikan sebagai warna cat tembok kamarmu. Yuk simak alasan-alasan tersebut!

Dapat Menciptakan Dimensi Ruangan Tampak Lebih Luas

Sama halnya dengan warna biru, cat tembok dengan warna cream juga mampu memberikan dimensi pada penglihatan kita sehingga ruangan kamar tampak lebih luas. Itulah mengapa cat tembok warna cream sangat cocok untuk ruangan kamar yang sempit. Tidak hanya itu saja, warna cream akan menjadikan ruangan kamarmu terlihat megah dan elegan.

Penggunaan cat tembok berwarna cream tidak hanya sinkron dengan ruangan kamar berukuran kecil saja, tetapi juga dapat diaplikasikan pada ruangan yang memang telah berukuran luas.

Membuat Pencahayaan Ruangan Menjadi Makin Optimal

Jika Grameds suka membuat konten di kamar, penggunaan cat tembok warna ini juga cocok lho sebab dapat menjadikan pencahayaan semakin optimal. Tidak hanya dari cahaya lampu saja, tetapi cahaya matahari yang masuk juga akan terlihat makin ideal.

Selalu Cocok Dipadukan dengan Furnitur

Berhubung cat tembok dengan warna cream ini sangat populer sepanjang tahun, maka penggunaannya tidak akan terlihat norak. Hal itulah yang menjadikannya juga cocok dipadukan dengan furnitur di kamar. Apalagi jika kebanyakan furnitur di kamarmu memiliki warna putih, hitam, dan coklat.

Nah, berikut ini ada beberapa ide cat kamar aesthetic dengan warna cream alias beige.

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

Ide Cat Kamar Aesthetic Warna Putih

Sebenarnya, penggunaan warna putih sebagai cat tembok kamar sangatlah umum, sehingga akan terlihat lebih elegan jika dikombinasikan dengan warna lain. Tak jarang, warna putih ini akan digunakan sebagai tambahan saja sehingga tidak dominan putih. Namun akhir-akhir ini, cat warna putih tengah populer untuk diaplikasikan di kamar tidur sebab menjadikan ruangan tersebut nampak bersih. Terdapat beberapa alasan lain mengapa warna putih masih populer untuk dijadikan sebagai cat tembok kamar. Yuk simak beberapa alasan tersebut!

Menonjolkan Perabotan

Alasan pertama mengapa kita harus memilih warna putih sebagai cat tembok kamar adalah dapat menonjolkan perabotan yang kita miliki. Yap, warna putih memang pada dasarnya adalah warna netral sehingga dapat memberikan peluang kepada perabotan untuk tampak lebih menonjol.

Mudah Dipadukan Dengan Warna Lain

Sebelumnya, telah dijelaskan sedikit bahwa penggunaan warna biru maupun cream akan cocok jika dikombinasikan dengan warna putih. Hal tersebut karena warna putih yang netral, terasa pas apabila disandingkan dengan warna lain. Hasilnya pasti akan terasa nyaman untuk dipandang dan tentu saja akan terlihat aesthetic!

Nampak Bersih dan Cerah

Pasti Grameds tidak mau dong memiliki kamar yang terkesan sumpek, pengap, dan kotor? Maka, solusinya adalah dengan mengaplikasikan cat tembok berwarna putih. Perlu diketahui bahwa warna putih itu tidak melulu putih bersih ya, ada putih gading, putih karton, putih awan, putih susu, dan masih banyak yang lainnya. Penggunaan warna putih sebagai cat tembok kamar akan menjadikan ruangan nampak bersih sekaligus cerah. Apalagi jika memiliki interior dan dekorasi yang unik, maka kamarmu akan menjadi ruangan paling nyaman sedunia!

Nah, berikut ini ada beberapa ide cat kamar aesthetic dengan warna putih.

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

Inspirasi Kamar Tidur Kreatif

Ide Cat Kamar Aesthetic Warna Pastel

Saat ini, penggunaan warna pastel untuk diaplikasikan di cat tembok ruangan masih populer. Bahkan tidak hanya sebagai cat tembok saja, tetapi juga pada barang, pakaian, sepatu, hingga tas. Warna pastel yang kalem memberikan kesan lebih manis, stylish, dan enak dipandang. Pada dasarnya, semua warna itu dapat memiliki rupa “pastel” kok. Ada beberapa alasan mengapa warna pastel masih cocok digunakan sebagai cat tembok kamar, salah satunya adalah ruangan terlihat lebih aesthetic.

Memberikan Suasana Santai dan Tenang

Sebenarnya, semua warna pastel pada cat tembok memang dapat memberikan suasana santai dan tenang. Namun yang paling dirasakan dari kesan tersebut adalah hijau pastel. Yap, warna tembok yang berupa hijau pastel akan memberikan kesan pada pandangan mata yang segar dan membumi. Maka dari itu, warna pastel cocok diterapkan bagi penghuni yang sering merasa sulit tidur. Grameds pasti tahu dong jika warna hijau itu dapat memberikan efek positif bagi kesehatan mata, maka penggunaan warna pastel pada cat tembok cocok diaplikasikan di kamar tidur yang mana biasanya juga digunakan sebagai ruangan belajar.

Cocok Untuk Anak Remaja

Remaja saat ini memang menyukai hal-hal yang minimalis. Namun ada juga yang menyukai hal-hal manis, sehingga akan cocok diberikan warna pastel untuk ruangannya. Warna pastel, terutama pink pastel sangat pas untuk diaplikasikan di dinding kamar anak remaja, terutama remaja perempuan. Warna pink pastel ini dapat memberikan kesan tenang dan lembut lho…

Apabila menyukai suasana hangat dan ceria, maka dapat memilih warna kuning pastel. Menurut psikologi, warna kuning pastel memang memberikan arti semangat, optimis, dan ceria.

Nah, berikut ini ada beberapa ide cat kamar aesthetic dengan warna pastel.

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

https://id.pinterest.com/

Tips Memilih Warna Cat Tembok Untuk Kamar

https://id.pinterest.com/

Memilih warna cat tembok untuk ruangan kamar itu tidak bisa dilakukan sembarangan. Harus menyimak panduan dan tips yang ada supaya salah warna dan boros biaya. Warna cat tembok yang disarankan adalah warna-warna netral supaya memberikan kesan ruangan nampak lebih luas dan nyaman untuk ditempati. Tidak hanya itu saja, penggunaan warna-warna netral cenderung dapat mengoptimalkan pencahayaan baik dari lampu maupun sinar matahari. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk memilih warna cat tembok untuk ruangan kamar!

1. Perhatikan Cahaya Lampu

Jika hendak memilih warna cat tembok yang cerah atau mencolok, lebih baik diaplikasikan di tembok yang dekat dengan jendela. Hal tersebut akan efektif untuk pencahayaan yang bersumber dari sinar matahari.

2. Gunakan Warna Netral Sebagai Kombinasi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penggunaan warna netral misalnya putih akan memberikan kesan minimalis, sehingga ruangan akan terlihat nampak luas. Semua warna bisa kok dijadikan kombinasi dengan warna putih ini.

3. Penggunaan Warna Mencolok

Apabila ingin menggunakan warna cat tembok yang nyentrik dan mencolok, lebih baik memilih warna lime, fuchsia, magenta, dan lainnya. Jangan asal-asalan menggunakan warna yang ngejreng karena nantinya akan nampak terlalu ramai dan kamu lama-lama tidak nyaman. Akan lebih baik jika penggunaan warna nyentrik ini diaplikasikan di salah satu area tembok saja.

4. Pertimbangkan Ukuran Kamar

Sebelum hendak mengecat tembok kamar, ada langkah lain yang harus dilakukan selain memilih warna cat, yakni mengukur luas kamar. Jika kamarmu berukuran kecil, ada baiknya menggunakan 2 kombinasi warna, yang salah satunya adalah warna gelap. Hal itu akan memberikan kesan minimalis.

Perlu diperhatikan untuk tidak mengecat bagian langit-langit kamar dengan cat warna gelap. Hal itu justru akan memberikan kesan bahwa ruangan kamarmu terlihat rendah.

5. Gunakan Paduan Warna yang Senada

Untuk mengkombinasikan warna cat, pilihlah warna-warna cat tembok yang senada. Misalnya warna putih, hitam, abu-abu, coklat. Perpaduan ini dapat diakali dengan mengaplikasikan warna putih di bagian keseluruhan tembok, sementara pada bagian tembok dekat lantai atau langit-langit diberikan warna coklat.

Cukup banyak ide rekomendasi kombinasi 2 warna pada cat tembok selain hitam dan putih. Warna biru dan putih, kuning dan putih, biru pastel dengan hijau pastel, abu-abu pastel dengan pink pastel, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah ulasan mengenai cat kamar aesthetic yang dapat kamu aplikasikan di ruangan pribadimu. Apakah Grameds sudah menentukan hendak mengecat tembok dengan warna apa?

Sumber:

https://id.pinterest.com/

https://www.rukita.co/

https://www.creohouse.co.id/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum