in ,

Yuk Kenali Ukuran Carport Sebagai Referensi Sebelum Merancang!

istockphoto

Ukuran Carport – Rasanya memiliki rumah impian yang estetika itu menjadi harapan oleh banyak orang. Tidak sedikit juga dengan kendaraan, hal ini tentunya menjadi satu paket. Jika Grameds memiliki kendaraan, maka sudah seharusnya dan menjadi kewajiban yakni memiliki carport sebagai tempat kendaraan sobat Grameds.

Jangan jadikan jalan di depan rumah sebagai tempat parkir mobil, bisa-bisa malah mengganggu mobil lain yang hendak lewat, atau tetangganya. Dengan adanya carport, pasti kendaraan aman dari segala cuaca dan juga tidak mengganggu kendaraan lain yang lewat. Lalu, Apakah kamu ingin mengetahui lengkap mengenai ukuran ideal carport?

Sebelum membahas itu, kita ketahui terlebih dahulu perbedaan singkat carport dan garasi, sebenarnya keduanya sama-sama memiliki fungsi yang sama yaitu tempat meletakkan kendaraan. Namun, garasi berbentuk ruangan tertutup dengan empat dinding di semua sisi, kalau carport biasanya hanya terdiri dari dua sisi saja dengan atau tanpa atap. Carport juga dapat digunakan untuk memarkirkan kendaraan sebelum memasukkannya ke garasi.

Namun selain kedua hal tersebut, kembali lagi pada pertanyaan tadi, bahwa kita tidak bisa melupakan pentingnya ukuran carport yang ideal agar berfungsi dengan baik dan nyaman. Apalagi mengingat fungsi carport yang merupakan untuk melindungi mobil, jangan sampai hanya karena ukuran salah, mobil kita menjadi rawan dan tergores akibat ukuran tak memadai.

Banyak orang yang menyepelekan masalah ukuran ini, mereka merancang serta membangun carport tanpa mempertimbangkan luasan lahan serta ukuran yang bakal terlindungi oleh carport ini. Padahal seperti itu dapat mengakibatkan bagian belakang kendaraan mepet atau menonjol keluar batas lahan.

Selanjutnya, artikel ini akan membahas lebih lengkap mengenai ukuran carport yang ideal, simak terus informasi berikut ini, Grameds!

Apa Itu Carport?

Carport adalah terobosan untuk memarkirkan mobil di depan rumah selain menggunakan garasi, dan juga tidak mengganggu tetangga yang ingin melewatinya. Carport seringnya komplit dengan kanopi dan lantai yang berlapis dengan beton, batu alami atau keramik untuk melindungi mobil dari cuaca dan panas matahari.

Terobosan carport didukung untuk ukuran rumah yang tidak mencukupi sebagai garasi yang hendak dibangun, sehingga carport solusinya. Contohnya pada rumah type 36 dan type 21. Kemudian, apa sih perbedaan Carport dan Garasi? Banyak orang memahami garasi dan carport itu dua hal yang sama. Namun, sebenarnya sama-sama memiliki fungsi sebagai tempat parkir kendaraan dari cuaca.

Perbedaan Carport dengan Garasi

Ada beberapa kendaraan perbedaan carport dan garasi yang perlu Anda ketahui:

1. Pembangunan

Perbedaan yang paling mendasar yakni garasi dan carport adalah segi pembangunan. Carport sendiri adalah struktur pembangunan untuk melindungi kendaraan dari berbagai cuaca. Pandangan umum desain yang digunakan sebagai carport berupa kanopi empat tiang dengan sisinya yang masih terbuka. Namun, pada atap carport dapat melindungi kendaraan anda dari cuaca dan paparan matahari.
Sedangkan garasi adalah tempat menyimpan kendaraan yang di mana model bangunannya tertutup. Biasanya garasi ini hampir sama dengan suatu ruangan tertutup, sehingga kendaraan akan lebih aman karena sudah ada pelindungnya.

2. Privasi

Jika privasi dan keamanan adalah hal yang menjadi pertimbangan Anda, maka garasi adalah pilihan yang tepat. Dibanding dengan carport yang hanya terbuat dari sebuah kanopi dan terbuka. Garasi adalah ruangan tertutup yang digunakan untuk menyimpan kendaraan serta barang-barang lain terkait perbaikan dan perawatan mobil. Garasi biasanya dibangun dengan pintu atau pagar yang cukup besar sebagai akses masuk untuk kendaraan beroda empat.

3. Biaya Pembangunan

Dilihat dari segi biaya yang perlu dikeluarkan untuk pembangunannya, garasi terbilang lebih mahal dibandingkan dengan carport. Contohnya untuk membangun garasi 2 pintu, Anda perlu menyiapkan budget mulai Rp12 juta. Sedangkan untuk harga sebuah kanopi carport, Anda hanya membutuhkan biaya sebesar Rp 2 juta sampai Rp 6 juta tergantung dengan material pembangunan dan ukuran yang Anda pilih.

Ketentuan Ukuran Carport

Ukuran Carport
istockphoto

Setelah mengetahui apa itu carport dan perbedaan carport dan garasi, alangkah baiknya Anda juga mengetahui panduan dalam menentukan ukuran carport, berapa idealnya?

Carport biasanya dibangun karena keterbatasan lahan, sehingga tidak dimungkinkan untuk membangun garasi di dalam rumah untuk kendaraan. Bisa juga, karena Anda memiliki kendaraan yang jumlahnya lebih banyak daripada ruangan garasi yang tersedia, sehingga Anda harus menempatkannya di luar rumah.

Oleh sebab itu, Anda harus mempertimbangkan ukuran carport dari berbagai aspek, bukan hanya ukuran mobilnya saja, tetapi juga jarak aman, ketinggian, dan ruang gerak di sekitar mobil. Berikut ini adalah ketentuan ukuran carport:

1. Jarak Aman Ukuran Carport

Meski dengan lahan yang terbatas, Anda harus pertimbangkan juga jarak aman ukuran carport untuk memastikan mobil dapat diparkir dengan aman dan Anda dapat tetap bergerak di sekitarnya. Usahakan untuk memberikan jarak aman ukuran carport sekitar 1 meter dari ukuran mobil sesungguhnya. Misalnya, jika lebar mobil 1,7 meter, lebar ukuran carport dibuat sekitar 2,5 meter. Sedangkan untuk panjang mobil 4,5 meter, buat panjang ukuran carport menjadi 6 meter.

2. Ukuran Carport untuk Satu Mobil

Ingatlah untuk menyesuaikan ukuran carport dengan ukuran mobil Anda sendiri. Namun, untuk ukuran carport ideal, Anda dapat mengikuti patokan berikut ini:

  • Lebar: 2,5 meter
  • Panjang: 6 meter
  • Tinggi: 2,5 meter
  • Jarak aman dengan dinding samping: 1 meter
  • Kemiringan lantai: 1-2,5 ke arah depan
  • Jalur ban mobil: 50-75 cm
  • Ruang gerak di sekitar: 1 meter

3. Ukuran Carport untuk Dua Mobil

Nah, jika Anda memiliki lebih dari 1 mobil dan ingin menempatkannya di carport juga, Anda harus perhitungkan ukuran carport dengan lebih seksama. Biasanya mobil diparkirkan berdampingan (menyamping), bukan berjajar ke belakang. Tentunya, Anda harus perhatikan ukuran lahan yang tersedia untuk kebutuhan Anda. Berikut ini rekomendasi ukuran carport untuk 2 mobil:

  • Lebar: 6 meter
  • Panjang: 6 meter
  • Tinggi: 2,5 meter
  • Jarak aman dengan dinding samping: 1 meter
  • Jarak antara mobil: 60-80 cm
  • Kemiringan lantai: 1-2,5% ke arah depan
  • Jalur ban mobil: 50-75 cm
  • Ruang gerak di sekitar: 1 meter

Pertimbangan Membangun Carport di Rumah

Ukuran Carport
istockphoto

Lahan yang dibutuhkan untuk membangun carport serta pembangunannya sendiri bukanlah hal yang mudah dan murah, tergantung pada ukuran carport itu sendiri. Oleh karena itu, Anda mungkin perlu menyiapkan anggaran spesifik sebelum memulai pembangunan. Meskipun membangun carport lebih murah daripada garasi, Anda tetap harus mempertimbangkan matang-matang beberapa hal dalam tahap rancangannya agar tetap ekonomis.

Dalam membangun carport, kamu perlu memperhatikan beberapa hal agar carport dihasilkan terlihat bagus dan pas dengan desain rumah. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam membangun carport.

1. Jenis Mobil

Mengetahui jenis mobil menjadi hal pertama yang harus diperhatikan ketika ingin membangun carport. Tanpa mengetahui jenis mobil apa yang akan dimiliki, maka ukuran carport menjadi tidak pasti. Oleh sebab itu, pemilik rumah yang ingin membuat carport perlu memilih jenis mobil yang sesuai dengan ukuran rumah agar mobil tidak “memakan” jalan umum dan masih aman karena berada di dalam rumah. Dalam hal ini, jenis mobil yang dimaksud, seperti mobil berukuran kecil atau besar, panjang atau pendek, dan sebagainya.

2. Ukuran Carport

Setelah memilih jenis mobil, maka hal yang harus dipertimbangkan dalam membuat carport berikutnya adalah menentukan ukuran carport. Dalam menentukan carport, pemilik rumah harus mempertimbangkan luas tanah dari rumah itu sendiri. Selain itu, pemilihan ukuran carport yang sesuai dapat memaksimalkan fungsi dari carport itu sendiri.

Alangkah baiknya, untuk menentukan ukuran carport dilakukan oleh orang yang sudah ahli agar tidak terjadi salah hitung. Dengan begitu, carport akan terlihat keren karena sesuai dengan desain eksterior rumah.

3. Desain Carport

Dikarenakan carport berada di bagian luar rumah, maka desain carport itu sendiri dapat memengaruhi desain eksterior rumah. Benar sekali, pemilihan desain carport yang tepat akan menghasilkan gaya rumah yang terlihat keren. Jika kamu seorang pembuat desain rumah, maka bisa mendesain carport sendiri, tetapi jika kamu tidak bukan seseorang yang mahir dalam mendesain rumah, sebaiknya gunakan jasa desainer rumah. Dengan begitu, carport yang dibuat menjadi terlihat lebih keren dan pastinya gaya rumah terlihat semakin modern.

4. Material Carport

Dalam membuat carport pastinya tidak bisa dilepaskan dari pemilihan material. Dengan pemilihan material yang tepat, maka akan menghasilkan carport yang berkualitas baik. Dalam hal ini, pemilihan material carport yang bagus seperti, baja ringan dengan kualitas unggul, kayu (jika dibutuhkan), besi hollow, dan sebagainya.

Ketika memilih material carport, sebaiknya pilihlah yang mampu bertahan dalam kondisi cuaca apapun. Selain itu, pilih juga material carport yang mudah dibersihkan agar tidak selalu terlihat kotor. Alangkah baiknya, lantai yang digunakan pilihlah yang berbahan, seperti beton, batu alam, atau semen. Sedangkan pada bagian atap biar lebih kekinian pilih material polikarbonat.

Tips Membuat Carport

Ukuran Carport
istockphoto

Setelah Anda menemukan ukuran carport yang sesuai, masih ada beberapa tips yang perlu Anda simak untuk membuat carport yang fungsional sekaligus menambah estetika hunian Anda. Carport yang dirancang dengan baik bukan hanya memperindah fasad rumah, tapi juga melindungi mobil Anda dari elemen cuaca dengan baik untuk waktu yang lama. Simak beberapa tips merancang carport berikut ini:

1. Sesuaikan dengan Tampilan Rumah

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah keselarasan. Ciptakan carport yang selaras dengan desain rumah Anda. Jangan sampai terjadi kontradiksi gaya atau konsep. Misalnya, jika rumah Anda berkonsep minimalis modern, jangan membuat desain atap carport dengan desain tradisional kayu berukir.

2. Proporsi Seimbang

Seringkali desain carport menyita ukuran fasad, sehingga menutup tampilan rumah. Karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan proporsi carport. Hindari mendesain carport menggunakan material solid.

Rancang carport agar lebih terbuka, misalnya menggunakan material transparan untuk bagian atap, atau buat atap model partisi bercelah, sehingga terlihat lebih terbuka. Perhatikan ukuran carport agar sesuai luas lahan yang tersedia juga seimbang dengan tampilan rumah keseluruhan

3. Desain Tidak Monoton

Kebanyakan orang merancang carport dengan desain ‘seadanya’ sehingga terkesan monoton. Padahal Anda boleh saja mendesain carport dengan bentuk yang menarik dan unik. Misalnya dengan bukaan kaca di bagian samping kanan dan kiri. Atau menggunakan atap model kerai yang dapat dibuka tutup. Bisa juga menambahkan dekorasi dengan tanaman rambat sehingga tampilan lebih cantik.

4. Prioritaskan Fungsi

Selalu utamakan fungsi di atas segalanya, pastikan ukuran carport Anda mencukupi untuk batas minimal kendaraan. Untuk mewadahi satu mobil dan satu motor setidaknya diperlukan ukuran carport seluas 3×5 meter. Jika Anda memiliki lebih dari satu kendaraan, tinggal kalikan ukuran sejumlah kendaraan Anda. Ukuran carport juga harus mempertimbangkan ruang gerak dan jarak aman kendaraan jadi keluar masuk kendaraan lebih lancar.

5. Perhatikan Lantai Carport

Pilih material terbaik untuk lantai carport Anda, seperti batu alam, beton, dan keramik yang merupakan tiga material yang cukup populer dengan keunggulannya. Batu alam dan beton selain cepat kering dari basah juga kokoh untuk menahan berat kendaraan. Anda dapat menambahkan rumput atau parit kecil untuk mencegah genangan air.

Sementara itu, keramik memiliki tekstur dan motif yang lebih beragam, sehingga dapat membuat tampilan carport lebih menarik. Anda dapat memilih tekstur keramik yang kasar agar tidak licin saat terkena air.

Kesimpulan

Jika ingin menerapkan desain carport terbuka atau terang transparan, Anda dapat memilih polycarbonate sebagai salah satu inspirasi carport minimalis. Di samping material rangka dan atap, perhatikan juga material lantai yang akan anda gunakan. Lantai harus mampu menahan beban sejumlah kendaraan yang Anda miliki.

Dalam contoh lantai carport yang direkomendasikan adalah batu alam, keramik, grass block, paving block dan carport cor beton. Pilih tekstur lantai yang kasar untuk meminimalisir resiko tergelincir, dan tambahkan elemen rumput atau jalur air untuk mencegah genangan air.

Rekomendasi Buku Desain Rumah Kekinian

1. 31 Desain Terbaik Hasil Lomba Desain Rumah Mungil Hijau + Konsep Perancangan

Seri Rumah Ide - 31 Desain Rumah Mungil Hijau

Setiap orang pastinya memiliki desain rumah impian yang tidak selalu sama, tetapi pada umumnya desain rumah yang diinginkan bernuansa kekinian. Bagi kamu yang masih bingung mencari desain rumah kekinian, jangan khawatir karena dalam buku 31 Desain Terbaik Hasil Lomba Desain Rumah Mungil Hijau + Konsep Perancangan, kamu akan menemukan berbagai macam desain rumah yang keren. Terlebih lagi setiap desain dalam buku ini merupakan desain terbaik dari suatu perlombaan dan buku ini memberikan konsep perancangan.

2. 24 Desain Rumah di Bawah 80 Juta

Ukuran Carport

Memiliki desain rumah yang indah dan kekinian pastinya idaman banyak orang apalagi kalau harga desain rumahnya di bawah 100 juta. Kamu bisa menemukan berbagai macam desain rumah dengan harga di bawah 100 juta bisa dijadikan sebagai referensi untuk mendesain rumah dalam buku 24 Desain Rumah di Bawah 80 Juta. Buku ini juga dilengkapi dengan dengan Rancangan, Anggaran, Biaya (RAB), sehingga kamu bisa menghitung budget mendesain rumah dengan mudah.

3. 28 Desain Rumah Tumbuh Minimalis

Ukuran Carport

Rumah kekinian yang ada saat ini biasanya tersedia carport-nya, sehingga mobil bisa disimpan di rumah. Jika kamu ingin mencari inspirasi untuk desain rumah yang ada carport-nya, maka buku 28 Desain Rumah Tumbuh Minimalis sangat pas untuk dijadikan referensi. Dalam buku ini, pembaca akan dibuat kagum karena setiap desain rumahnya terlihat elegan tapi tetap minimalis.

4. 28 Desain Rumah Aneka Gaya: 150 Juta

Ukuran Carport

Memiliki rumah dengan desain yang keren menjadi impian apalagi kalau harganya tidak sampai 200 juta. Untuk membuat desain rumah dengan harga kurang dari 200 juta pastinya membutuhkan referensi sekaligus perancangan biaya. Buku 28 Desain Rumah Aneka Gaya: 150 Juta berisi tentang berbagai macam desain rumah yang keren dengan harga yang relatif terjangkau. Buku ini juga dilengkapi dengan Rancangan, Anggaran Biaya (RAB) yang membuat pembaca lebih mudah dalam menghitung biaya saat ingin mendesain rumah.

Nah, itulah penjelasan mengenai desain carport dan ukuran carport yang ideal, tentu saja tips yang berkaitan pembuatan carport di atas ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan sobat Grameds masing-masing, ya!

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu dalam mencapai pembuatan carport yang diinginkan. Jangan lupa untuk menyimak tips dan rekomendasi di atas sebelum memulai rancangan carport, agar carport anda dapat memberikan fungsi yang maksimal di rumah. Dapatkan informasi #LebihDenganMembaca bersama Gramedia.

Penulis: Mochamad Aris Yusuf

BACA JUGA:

  1. Buku Desain Rumah Kreatif & Minimalis Best Seller
  2. Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Ukuran 7×9 dan 7×12
  3. Rumah Idaman Minimalis Sederhana, 11 Pilihan yang Perlu Kamu Tahu
  4. Rekomnedasi Cat Rumah Minimalis Sederhana untuk Hunian Modern
  5. 20 Rekomendasi Desain Kolam Ikan Kecil Depan Rumah Minimalis


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda