in

15 Railing Tangga Minimalis Unik untuk Konsep Hunian Rumahmu!

Sumber: instagram.com/bumitimi.

Railing Tangga Minimalis Unik – Rumah dengan dua lantai memang memiliki banyak keuntungan. Selain memiliki banyak ruangan, rumah berlantai dua secara interior bisa diutak-atik sedemikian rupa. Kamu bisa memaksimalkan interior di beberapa area, termasuk di bagian railing tangga.

Sekadar informasi, railing atau kerap disebut dengan pegangan tangga berfungsi sebagai pegangan agar kamu tak terjatuh ketika hendak naik dan turun tangga. Desain railing tangga dahulu mungkin begitu-begitu saja. Ini dikarenakan kebanyakan orang tak terlalu fokus kepada bentuk desainnya. Railing yang penting kuat dan kokoh sebagai pegangan, bentuk apa pun tidak menjadi persoalan. Namun railing tangga saat ini banyak dirancang dengan desain unik dan menarik.

Apakah kalian bosan dengan railing tangga yang itu-itu saja? Coba tengok inspirasi desain railing tangga minimalis unik untuk konsep hunian berikut. Bentuknya cantik dan sangat mungkin untuk diterapkan di rumah kalian.

Artikel ini secara khusus akan memberikan inspirasi desain railing tangga minimalis yang bisa dijadikan referensi untukmu.

Inspirasi Desain Railing Tangga Minimalis Unik

1. Railing Balustrade (Langkan)

Railing Tangga Minimalis Unik
Sumber: instagram.com/mahfudzkhan90.

Rekomendasi railing tangga minimalis pertama adalah bentuk balustrade (langkan) yang cantik. Balustrade memiliki aksen melengkung seperti pagar rumah, sehingga terlihat apik. Balustrade adalah palang atau batang berbentuk vertikal, bujur sangkar, atau yang meliuk seperti mesin bubut – yang sering ditemukan di tangga, parapet, dan bentuk arsitektur lainnya. Istilah ini dalam konstruksi furnitur lebih dikenal dengan spindle.

2. Railing Expanda

Sumber: instagram.com/rumah.bg.

Apakah kalian ingin menghadirkan kesan industrial di dalam rumah? Cobalah buat railing tangga dengan menggunakan material expanda. Selain membuat tema industrial lebih terasa, railing ini juga menciptakan suasana rumah lebih modern dan kekinian.

3. Railing Bentuk Tali Kusut

Railing Tangga Minimalis Unik
Sumber: instagram.com/hesti.novitadewi.

Rekomendasi railing tangga berikutnya, yaitu rumah milik @hesti.novitadewi. Langkannya dibuat seperti tali kusut dan membuat tampilannya berbeda dengan railing pada umumnya. Konsep ini bisa ditiru dan sepertinya cocok digunakan di berbagai jenis tema hunian.

4. Railing Modern

Sumber: instagram.com/bumitimi.

Railing tangga modern kini marak dipakai di berbagai hunian yang ada di Indonesia. Contohnya seperti gambar di atas, railing dirancang berbeda dengan desain pada umumnya. Ciri modern bisa dilihat dari segi bentuk yang kotak dan penggunaan material besi.

5. Railing Tangga Serba Putih

Railing Tangga Minimalis Unik
Sumber: instagram.com/ririnea_home.

Jika lantai di rumah kalian menggunakan material kayu, railing warna putih bisa jadi pilihan yang tepat. Warna putih di railing membuat suasana rumah lebih hangat dan memikat mata.

6. Railing yang Tinggi

Sumber: instagram.com/rumaalima.

Jika memungkinkan, kamu bisa meniru railing tangga yang satu ini. Selain unik dan menarik, bentuk railing yang tinggi tidak akan banyak memakan tempat. Area tersebut niscaya akan jadi best point di dalam rumah.

7. Tangga Melayang Tanpa Railing

Railing Tangga Minimalis Unik
Sumber: instagram.com/nurrin_nurrinawati.

Cobalah terapkan konsep tangga melayang di rumah tanpa railing. Tangga rumah kalian akan terlihat cantik. Sebagai pembatas, kamu bisa menyimpan tanaman hias, persis seperti gambar di atas.

8. Railing Tangga dengan Material Kaca

Sumber: instagram.com/desymg85.

Rekomendasi railing tangga minimalis unik selanjutnya, yaitu memakai kaca sebagai material langkan. Tidak hanya terlihat unik, jenis railing ini akan memberikan aura mewah hunian kalian.

9. Railing dengan Bentuk Kotak

Railing Tangga Minimalis Unik
Sumber: instagram.com/rumah_ve.

Material kayu memang sering digunakan jadi bahan pembuatan bagian tangga, termasuk di bagian railing. Railing dengan bahan kayu bisa kamu bentuk sedemikian rupa sesuai keinginan, misal bentuk kotak-kotak seperti gambar di atas. Alhasil, railing pun akan terlihat cantik dan unik, serta rumah jadi lebih nyaman untuk ditempati.

10. Railing Tangga Putar

Sumber: instagram.com/dikanzhome.

Desain railing tangga minimalis unik berikutnya, yaitu menggunakan kombinasi material besi dan kayu. Kamu bisa mengecatnya dengan warna yang sama dengan kondisi sekitar agar terlihat menyatu.

11. Railing Expanda dengan Tanaman Hias

Railing Tangga Minimalis Unik
Sumber: instagram.com/rumah.nunna.

Inspirasi desain tangga minimalis ini memakai bahan expanda dengan padu padan tanaman hias. Selain tanaman hias asli, kamu bisa memakai tanaman hias palsu. Penggunaan tanaman hias di area tangga akan membuat hunian lebih terasa sejuk dan asri.

12. Railing yang Bisa Digunakan sebagai Partisi Ruangan

Sumber: instagram.com/rumahmepetbsd.

Jika memiliki hunian yang sempit, kamu bisa memanfaatkan railing sebagai partisi ruangan. Railing seperti gambar di atas bisa dipakai jika kamu ingin membatasi ruangan yang kecil, meskipun tidak terlihat seperti pada umumnya.

13. Railing Tangga dengan Tangga Kayu Spiral

Sumber: ytimage.com.

Tangga berbentuk spiral memang simpel dan bisa menghemat ruangan. Namun, bukan berarti harus biasa saja. Kamu bisa melihat desain tangga spiral yang terbuat dari kayu dengan railing tangga yang memiliki elemen kaca dan logam yang kokoh, sehingga aman untuk menopang beban tubuhmu. Selain dibuat dari material yang kokoh, railing tangga rumah ini bisa menjadi sisi menarik sebagai dekor di rumah.

14. Railing Tangga dengan Warna Pelangi

Railing Tangga Minimalis Unik
Sumber: dailymail.co.uk.

Ide railing tangga ini cocok untuk rumah yang memiliki cat dengan warna yang cerah. Pinggiran railing tangga elemen besi dan kaca akan membuat tampak lebih aman untuk anak-anak. Untuk pewarnaan atau pemilihan warna pelangi sendiri, kamu bisa mewarnai tangga ini sesuai sesuai dengan seleramu. Railing tangga ini bisa jadi ide yang menarik.

15. Railing Tangga dengan Desain Emmental

Sumber: boredpanda.com.

Railing tangga emmental seperti ini didesain oleh keluarga muda kreatif dari Inggris yang memiliki ide brilian bagi anak-anaknya. Tangga ini menjadi sentuhan unik yang bisa menunjukkan harmoni seimbang di apartemen atau rumah yang mengedepankan sisi estetis.

Itulah artikel terkait “Rekomendasi Railing Tangga Minimalis Unik untuk Konsep Hunian” yang bisa kalian gunakan sebagai referensi. Tangga yang baik dalam hal ini bukan hanya mengenai desainnya saja. Salah satu elemen penting dari tangga adalah adanya railing tangga. Railing tangga berguna sebagai alat keamanan paling utama bagi tangga.

Tangga rumah tanpa railing atau pembatas tangan tangga bisa berisiko, terutama bagi kamu yang memiliki anak kecil di dalam rumah. Model railing tangga pun saat ini tidak hanya sekadar mengedepankan keamanan saja, tetapi juga gaya.

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi, Grameds juga bisa membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan dan pengetahuan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Jika ada saran, pertanyaan, dan kritik, silakan tulis di kotak komentar bawah ini. Bagikan juga tulisan ini di akun media sosial supaya teman-teman kalian juga bisa mendapatkan manfaat yang sama. Semoga bermanfaat!

Rekomendasi Buku dan E-Book Terkait

1. Desain Interior Gaya Maksimalis

Semakin berkembangnya gaya hidup membuat banyak orang mulai mendesain interior yang berbeda dan unik seperti desain maksimalis. Desain maksimalis adalah desain yang menggunakan material elegan dan menawan yang disatukan secara seimbang dengan mengusung tema kemewahan, sensualitas, dan fantasi. Desain maksimalis mengedepankan warna-warna berani, berbagai pola, dan kreativitas. Detail-detailnya akan mengisi ruangan dengan hal-hal yang kalian minati dan banggakan.

Jadi, rumah maksimalis akan terisi penuh dengan kehidupan dan sejarah kalian. Semua hal yang ada di dalam rumah akan memberikan cerita yang berbeda. Sama seperti desain minimalis, kenyamanan juga menjadi kunci utama dalam gaya maksimalis. Objek-objek di dalam rumah akan menyorot kemudahan dan kepraktisan gaya ini. Selain itu, kalian bisa benar-benar mencurahkan kepribadianmu dengan desain ini karena gayanya cenderung lebih dinamis dan fleksibel. Iniilah yang menyebabkan desain maksimalis juga disebut dengan desain sentimental.

Gaya ini merupakan gaya yang baru dan belum banyak dikenal. Buku Desain Interior Gaya Maksimalis ini menyajikan aplikasi gaya maksimalis interior rumah, seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, ruang kerja, ruang makan, dapur, dan taman. Cobalah mendesain interior rumah kalian dengan gaya maksimalis!

2. Inspirasi Desain Interior Modern

Rancangan interior berkontribusi dalam mendesain interior sesuai fungsi. Rancangan yang baik tak hanya mengakomodasi rutinitas, tetapi justru mampu memunculkan ide sekaligus menjadi area menyalurkan hobi. Menghadapi permasalahan tersebut, perancang atau penghuni harus jeli melihat keterbatasan ruangan penggunaan ornamen.

Tak ingin tampil sederhana, penghuni pun ingin kesan modern desain interiornya. Berbagai konsep mutakhir dengan ragam kombinasi warna dan tema interior banyak dielukan, termasuk desain ruang multifungsi. Buku ini menyajikan beragam desain interior modern sebagai acuan dan inspirasi yang ingin memunculkan kesan istimewa dan nyaman dihuni.

Berkembangnya zaman dan teknologi berbanding terbalik dengan ketersediaan lahan. Ruang hunian kian sempit, terutama di daerah perkotaan. Terbatasnya luas lahan untuk pembangunan rumah mengurangi jumlah ruang. Itulah yang lantas merubah fungsi ruang, sehingga peran sebuah ruangan bertambah.

Selain untuk beristirahat, kini penghuni juga dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti belajar, menyelesaikan tugas sekolah, kuliah, bahkan berkantor di rumah. Cukup menyediakan piranti laptop dan sambungan internet sambil bersantai, berbelanja online, internet banking, memantau saham, dan memahami situasi terkini. Semua itu bisa dilakukan di dalam rumah.

Buku ini juga menyajikan beragam inspirasi desain dan penataan interior bernuansa modern. Harapannya, buku ini bisa menjadi sebuah pedoman agar suasana interior dalam rumah menjadi nyaman ditempati, sehingga bermanfaat bagi para pembaca.

3. Menggambar Dekorasi Interior dan Desain Eksterior Rumah Tinggal

Buku ini bertujuan untuk membantu para pembaca yang ingin mengenal tentang bermacam-macam desain interior maupun eksterior dari masa ke masa. Dilengkapi dengan sejarah dan tokoh-tokoh yang mempopulerkan desain-desain tertentu, buku ini juga menyajikan contoh-contoh dekorasi interior dan eksterior yang dimaksud.

Berbicara tentang seni dan dekorasi, tentu saja hasil akhirnya akan tergantung kepada imajinasi dan kreativitas para desainer. Semoga buku ini bisa membantu para pembaca mengembangkan imajinasi dan ide kreasi untuk menghasilkan dekorasi yang lain daripada yang lain.

4. Simple Interior Makeover

Railing Tangga Minimalis Unik

Mengubah tampilan ruangan tidak selalu harus berbiaya besar dan menghabiskan banyak waktu. Cukup dengan mengganti atau menambahkan beberapa elemen interior saja sudah dapat “menyulap” wajah ruangan menjadi berbeda. Selain menyajikan beragam contoh, buku ini juga memberikan berbagai tips dan trik praktis mendapatkan tampilan dan gaya interior baru lewat beberapa langkah mudah, murah, dan cepat.

5. Inspirasi Desain Pengembangan Rumah Tipe 21, 36, 45, 1 Lantai, 2 Lantai, dan Interior

Railing Tangga Minimalis Unik

Rumah tinggal bisa saja tetap nyaman, meskipun kesil, yang paling penting adalah desainnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan penghuninya. Inspirasi Desain Pengembangan Rumah yang ditulis oleh Adnan Tojeng dapat menjadi solusi keterbatasan lahan dan semakin meningkatnya harga lahan.

Para developer dapat mengembangkan rumah kecil, mulai dari tipe 21, 36, dan 45. Alasannya, agar harga terjangkau konsumen dan developer bisa membangun rumah lebih banyak. Pada awalnya, pembeli rumah tipe kecil adalah pasangan muda. Seiring waktu, jumlah anggota keluarga bertambah. Hal ini tentu menimbulkan perubahan kebutuhan akan ruang, ditambah lagi dengan aktivitas setiap anggota yang berbeda, menjadikan penambahan ruang menjadi tak terelakkan. Sayangnya, keterbatasan lahan lagi-lagi menjadi kendala. Salah satu solusi terbaik adalah dengan membuat pengembangan ke arah vertikal di lahan yang tersisa.

Buku ini menawarkan pengembangan desain rumah tipe 21, 36, dan 45 dengan mengakomodasi semaksimal mungkin aktivitas penghuni, tetapi tetap memprioritaskan adanya ruang terbuka sebagai penyejuk dan penyuplai udara segar dan sinar matahari. Inspirasi dalam buku ini lebih mengedepankan fungsi dan pemaksimalan ruang yang ada.

Buku tersebut juga memberikan inspirasi perubahan fasad rumah dengan mengadopsi tren-tren fasad rumah populer saat ini. Ada beragam alternatif dalam buku ini, termasuk juga inspirasi interior, yang diharapkan bisa memberi alternatif desain bagi pengembangan rumah, baik 1 lantai maupun 2 lantai.

6. 30 Desain Interior Ruang Usaha

Sebelum memulai usaha, pemilik usaha tentunya harus sudah mengatur dengan baik layout tempat usahanya. Tidak hanya dari segi tampilan, tetapi juga dari sisi pencahayaan dan ventilasi udara yang cukup, serta tidak lupa memperhatikan keamanan dan kenyamanan para pelanggan.

Perlunya merencanakan, menata, dan merancang ruang interior tujuannya agar tercipta wadah bagi kegiatan usaha secara fungsional dan dapat meningkatkan keindahan, serta memberikan efek psikologis bagi pengguna ruang interior tersebut. Sebagai salah satu inspirasi bagi para pemilik ruang usaha, dalam buku 30 Desain Interior Ruang Usaha ini disajikan 30 desain inspirasi interior ruang usaha yang bervariasi.

7. Buku Ajar Interior: Asas Lingkungan Dalam

Pembelajaran interior merupakan pembelajaran yang fokus kepada bagian dalam dari suatu bangunan dan terlahir dari proses perkembangan kompleksitas arsitektur. Mata kuliah interior ini adalah mata kuliah praktik yang mengubah ide dan gagasan ruang sebagai bekal landasan dasar bagi mahasiswa dalam merancang selanjutnya.

Proses perancangan yang dimulai dengan tema dan konsep merupakan gagasan atau ide awal yang kemudian diwujudkan dalam sebuah gambar kerja interior yang meliputi aktivitas, kebutuhan ruang, hubungan ruang, perabot dan dekorasi ruang, gubahan fisik ruang, serta psikologi ruang yang semuanya itu berdasar kepada prinsip dan unsur perancangan agar bisa menghasilkan desain interior bangunan rumah tinggal yang indah, estetis, nyaman, dan aman.

Materi dalam buku ini dilengkapi dengan contoh nyata, seperti pembahasan tentang perabot, akan dibahas tuntas tentang jenis-jenis perabot serta contoh desain perabot yang cocok untuk rumah tinggal di rumah susun yang sesuai dengan aktivitas penghuni di rumah susun dari hasil penelitian tahun 2014 tentang perabot multifungsi di rumah susun.

Isi dan konten dalam buku telah sesuai dengan rencana pembelajaran semester (RPS) dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mata kuliah Interior selama satu semester. Isi RPS mata kuliah interior di antaranya:

  • Pengertian Interior dan Skema Pemikiran Desain;
  • Sejarah Interior;
  • Unsur dan Prinsip Perancangan Interior;
  • Tema dan Konsep Dalam Interior;
  • Ergonomi dan Antropometri;
  • Hubungan Ruang;
  • Perabot dan Dekorasi Ruang;
  • Psikologi Interior;
  • Gubahan Fisik Ruang;
  • Pencahayaan, Penghawaan, dan Akustik;
  • Design Process Interior; dan
  • Implementasi Rancangan Desain Interior.