in

14 Cara Menghilangkan Karat pada Besi dengan Mudah di Rumah!

pixabay.com

Cara Menghilangkan Karat pada Besi – Sebagian besar dari kita sering mengeluh apabila barang-barang kesayangan di rumah muncul karat atau mengalami korosi. Sebagai barang yang selalu memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan sehari-hari, kita tentu akan mencoba melakukan berbagai cara untuk menghilangkan karat pada besi tersebut. Hanya saja, percobaan tersebut bisa jadi gagal ketika tidak dilakukan secara tepat.

Karat pada dasarnya adalah sebuah kondisi yang menjadikan besi terkena korosi. Korosi sendiri disebabkan oleh proses oksidasi, sehingga bisa memunculkan kotoran yang berwarna kuning dengan aroma layaknya besi. Korosi atau biasa disebut juga proses karatan ini terbentuk akibat adanya uap air atau udara di lingkungan sekitar barang.

Beberapa proses karatan ini bisa terjadi disebabkan oleh udara lembab, uap garam, dan asam di udara bebas. Selain itu, bentuk logam yang memiliki kondisi permukaan tidak merata bisa jadi akan menjadikan berkarat pada saat logam satu bersentuhan dengan logam lainnya.

Beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada besi yaitu seperti, cuka, baking soda, asam sitrat, lemon, garam, kentang, sabun, oli, stempet, pembersih keramik, pasta gigi, minuman soda, dan lain sebagainya. Cara menghilangkan karat pada besi yang biasa dilakukan pun dengan teknik merendam hingga menggosok besi.

Nah, bagaimana cara menghilangkan karat pada besi yang tepat? Yuk, simak pembahasan Gramedia.com selengkapnya di bawah ini!

Penyebab Karat pada Besi

Cara Menghilangkan Karat pada Besi
pixabay.com

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghilangkan karat, ada beberapa penyebab lain yang bisa menjadikan beberapa barang berbahan besi menjadi berkarat, antara lain sebagai berikut:

1. Zat Pengotor

Penyebab pertama muncul karat pada besi adalah adanya zat pengotor. Zat pengotor sendiri bisa menjadi penyebab adanya reduksi tambahan. Hal ini menjadikan logam teroksidasi dan akan semakin bertambah. Misalnya saja, tumpukan debu karbon pada sisa pembakaran Bahan Bakar Minyak. Reaksi reduksi yang menjadikan besi berkarat akan semakin lebih cepat.

2. Kelembapan Udara

Penyebab kedua terjadi korosi atau karat pada besi yaitu kelembaban udara. Perlu diketahui, temperatur udara yang semakin tinggi bisa menjadi besi mengalami korosi lebih cepat. Alasannya yaitu, suhu atau temperatur udara yang semakin meningkat mengakibatkan partikel pada energi kinetik juga semakin membesar. Hal ini pada akhirnya berdampak pada proses besi berkarat menjadi semakin meningkat.

3. Elektrolit

Penyebab ketiga yang paling umum dari munculnya karat pada besi adalah elektrolit. Elektrolit atau biasa disebut dengan asam atau garam merupakan salah satu yang baik untuk transfer muatan. Tak heran, apabila elektronik lebih mudah diikat oksigen di udara. Kamu tentu mengerti ketika unsur yang ada pada air hujan mengandungkan asam, sementara itu unsur yang di air laut mengandung garam.

Cara Menghilangkan Karat pada Besi

Cara Menghilangkan Karat pada Besi

Cara Menghilangkan Karat pada Besi
pixabay.com

Setelah mengetahui penyebab besi berkarat, maka pada pembahasan selanjutnya adalah cara menghilangkan besi yang berkarat. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan besi berkarat.

1. Cuka

Cara menghilangkan karat yang pertama adalah dengan menggunakan cuka putih. Cara ini diketahui sangat cocok untuk menghilangkan karat dari berbagai benda yang berbahan dasar logam, termasuk besi.

Di Balik Pena: Curahan Hati Natasha Rizky dalam Buku “Kamu Tidak Istimewa”

Cuka putih tidak hanya mampu menghilangkan karat untuk beberapa saat saja, melainkan juga dalam jangka waktu yang panjang atau permanen. Selain kemampuannya yang sangat efektif tersebut, penggunaan cuka untuk menghilangkan karat pada besi terbilang cukup mudah.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, metode yang biasa digunakan untuk menghilangkan karat pada besi adalah merendam dan menggosok. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menghilangkan karat pada besi yakni, merendam benda logam yang berkarat dalam mangkuk cuka dalam kurun waktu semalaman.

Setelah direndam dengan baik, cara menghilangkan karat pada besi yakni dengan menggosok karat menggunakan sikat baja atau sikat kawat.

Apabila setelah direndam dan digosok masih meninggalkan beberapa titik karat yang tersisa, lakukan cara ini dengan waktu yang lebih lama. Semakin lama karat, maka akan semakin susah juga usaha untuk menghilangkannya. Setelah semua karat terangkat dari besi atau logam, kamu dapat membersihkannya dengan bantuan sabun dan air. Selanjutnya, keringkan besi atau logam sampai bersih.

2. Baking Soda

Kedua, cara menghilangkan karat selanjutnya adalah dengan memanfaatkan baking soda. Selain cuka, banyak orang juga juga sudah terbiasa menggunakan baking soda sebagai salah satu bahan untuk menghilangkan karat ringan pada besi.

Cara menghilangkan karat pada besi dengan baking soda pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyampurkan air dengan baking soda, sehingga menghasilkan pasta yang kental. Selanjutnya, kamu tinggal mengoleskan pasta kental ini ke bagian benda yang mengalami pengkaratan.

Dalam penggunaan baking soda untuk menghilangkan karat, kamu harus memastikan setiap titik yang tertutup karat sudah dioles dengan baik. Kemampuan kerja baking soda dalam menghilangkan karat pada besi biasanya antara satu jam atau bahkan lebih, bergantung tingkat pengkaratan yang terjadi. Setelah dirasa sudah cukup, pakailah sikat kawat untuk menggosok benda sampai karat terangkat dan hilang dari besi. Terakhir, bilas pasta dengan air dan keringkan sampai bersih.

3. Lemon

Bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan karat pada besi selanjutnya adalah lemon. Kandungan asam yang terdapat dalam lemon sudah lama terkenal bisa digunakan untuk mengangkat karat bandel pada besi. Hanya saja, lemon tergolong mahal apabila hanya digunakan untuk menghilangkan karat. Selain itu, lemon juga membutuhkan bahan tambahan lainnya seperti garam untuk membuatnya bekerja.

Penggabungan kandungan asam pada lemon dengan abrasivitas yang ada di dalam garam sangat efektif untuk membersihkan bintik-bintik karat kecil pada besi. Cara penggunaannya pun cukup mudah, kamu cukup menutupi setiap bagian yang berkarat dengan garam.

Selanjutnya, peras jus lemon di atas lapisan garam pada besi tersebut. Tunggulah hingga garam dan lemon tercampur dengan sangat baik. Waktu yang dibutuhkan dalam pencampuran lemon dan garam ini biasanya sekitar dua jam. Lalu seperti sebelumnya, gosok bagian yang berakat dengan kulit lemon, apabila karat telah sangat keras bisa menggunakan sikat kawat.

Setelah karat dirasa sudah terangkat semua, bilaslah sisa lemon, garam, dan karat dengan air hingga bersih. Beberapa orang seringkali malah memakai jus lemon sebagai ca menghilangkan karat pada besi. Cara ini justru sangat mudah karena kamu hanya perlu menuangkan jus lemon pada noda karat dengan tambahan krim tartar di atas jus.

Kemudian, gosokkan larutan hingga noda karat terangkat dari besi. Cara ini biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 30 menit supaya noda karat bandel bisa terangkat. Ketika sudah selesai, silakan bilas dengan air bersih dan usaplah menggunakan handuk agar kering sempurna.

Cara Menghilangkan Karat pada Besi

4. Sabun

Cara menghilangkan karat pada besi atau logam polos tanpa motif biasanya cukup dengan sabun cuci piring saja. Selain sabun cuci piring, karat yang terdapat pada logam polos dapat terangkat seketika ketika mendapatkan tambahan asam oksalat pada kentang.

Cara menghilangkan karat ini sangat aman dan tidak beracun. Tak heran apabila sabun dan kentang sering digunakan untuk menghilangkan karat dari loyang, pisau, dan peralatan rumah tangga lainnya.

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengiris kentang menjadi dua. Selanjutnya, tutupi bagian yang dipotong tersebut dengan sabun cuci piring. Lal, gosoklah bagian peralatan rumah yang berkarat dengan kentang sampai hilang tidak tersisa. Setelah karat hilang, bilas dan keringkan layaknya mencuci peralatan rumah tangga seperti biasa.

5. Asam Sitrat

Bahan selanjutnya yang bisa kamu pakai untuk menghilangkan karat pada besi yakni larutan asam atau lebih tepatnya asam sitrat. Cara untuk mendapatkan asam sitrat pun sangatlah mudah di toko makanan kesehatan hingga lorong kue beberapa supermarket.

Cara menghilangkan karat pada besi yakni dengan mencampurkan air hangat dengan asam sitrat. Lalu rendam benda yang mengalami pengkaratan selama 30 menit hingga 60 menit. Setelah terendam, bintik-bintik karat pada besi akan perlahan lunak dan terangkat. Pada tahap ini, gunakanlah sikat atau sabut untuk menggosok bagian besi hingga karat menghilang.

6. Oli Bekas

Cara menghilangkan karat pada besi berikutnya bisa dengan bantuan oli bekas. Jarang orang tahu bahwa oli yang sudah tidak digunakan bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan karat yang membandel. Cara pemanfaatan oli bekas ini pun sangat mudah, kamu hanya perlu mengoleskan oli bekas motor atau mobil pada bagian yang berkarat.

Namun, perlu kamu tahu bahwa cara menghilangkan karat pada besi dengan oli bekas ini baru terbukti efektif untuk beberapa bagian pada motor, misalnya knalpot. Karat pada knalpot bisa hilang dengan cara mengoleskan oli bekas. Lalu, nyalakan mesin motor hingga knalpot panas atau sekitar satu hingga dua menit. Dengan bantuan panas ini, oli akan beraksi, sehingga melunturkan karat pada knalpot motor.

7. Stempet atau Gemuk

Bahan selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan karat pada besi motor yaitu stempet atau gemuk. Stempet atau gemuk sendiri adalah sebuah bahan cair yang memiliki tekstur sangat kental layaknya gel. Stempet atau gemuk ini biasanya dimanfaatkan sebagai pelumas suku cadang pada motor.

Hampir sama seperti oli bekas, stempet atau gemuk sudah terbukti efektif sebagai cara menghilangkan karat pada besi motor. Namun, cara ini belum sepenuhnya terbukti bisa digunakan pada bahan lain. Stempat dan gemuk akan sangat efektif menghilangkan karat pada bagian motor yang tidak bisa dicat ulang. Tak heran apabila cairan kental ini digunakan untuk mencegah karat pada bagian tersebut.

8. Pembersih Keramik

Masih membahas yang sering muncul pada bagian motor. Pembersih keramik menjadi salah satu cara menghilangkan karat yang sangat efektif dan wajib untuk dicoba. Cara menggunakan pembersih keramik pun mudah, kamu tinggal mengoleskan pembersih keramik pada beberapa titik besi motor yang terkena karat.

Selain itu, cara menghilangkan karat pada besi yang lain yakni mendiamkan beberapa saat dan menggosok dengan sikat, sehingga karat bisa terangkat. Hanya saja, tidak disarankan untuk menggunakan pembersih keramik ini pada area blok mesin. Hal ini disebabkan karena pembersih keramik bisa menjadikan blok mesin menjadi kurang baik pada saat dinyalakan.

9. Pasta Gigi

Cara menghilangkan karat pada besi yang lain adalah dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi diketahui menjadi salah satu bahan rumahan yang sangat mudah untuk didapatkan. Selain bisa berfungsi sebagai pencegah karang pada gigi manusia, pasta gigi juga terkenal cukup ampuh untuk menghilangkan karat pada besi, terutama besi motor.

Cara penggunaan pasta gigi sebagai penghilang karat sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada bagian motor yang berkarat. Selanjutnya, diamkan beberapa menit untuk digosok menggunakan lap kain. Namun, perlu kamu tahu, pasti gigi tidak bisa menghilangkan karat pada besi secara instan. Maka dari itu, perlu dilakukan secara berulang dan berkala supaya karat hilang seutuhnya.

10. Minuman Soda

Selain pasta gigi, minuman soda atau berkarbonasi seperti coca-cola merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan karat pada besi. Cara ini dinilai sangat ampuh untuk menghilangkan karat dan korosi pada besi. Cara penggunaan minuman soda ini cukup dengan menyiapkan bahan tambahan lain seperti aluminium foil.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membasahi bagian yang berkarat dengan minuman cola secara perlahan. Kemudian, kamu dapat menggosok bagian yang berkarat tersebut dengan memakai aluminium foil. Pastikan, kamu melakukan gosokan hingga seluruh karat menghilang. Setelah itu, kamu perlu membilasnya dengan air supaya kandungan asam pada cola bisa hilang dari logam.

11. Pertamax Plus

Cara menghilangkan karat pada besi berikutnya adalah dengan bensin, terutama Pertamax Plus. Pertamax Plus bisa menjadi penghilang karat yang ampuh karena nilai oktannya paling tinggi dibanding bensin yang lain. Sesuai dengan apa yang ditulis oleh Astra Motor, Pertamax Plus efektif dipakai untuk cara menghilangkan karat pada besi motor.

Dalam penggunaanya, kamu hanya perlu mencampur Pertamax Plus dan minyak solar dengan perbandingan 1:2. Selanjutnya, oleskan campuran tersebut ke bagian motor yang berkarat dan gosok dengan menggunakan sikat seperti sikat gigi maupun sikat kawat.

12. Ampelas

Apabila semua barang diatas belum berhasil menghilangkan karat pada besi, ampelas bisa menjadi salah satu yang penting untuk digunakan. Ampelas sendiri menjadi bahan yang paling sering dipakai untuk proses penghalusan serbuk kayu. Namun, barang ini ternyata bisa dipakai juga sebagai cara menghilangkan karat pada besi.

Dengan ampelas, kamu hanya perlu menggosokkan bagian yang kerasnya pada titik karat besi. Gosoklah dengan keras, sehingga karat menjadi lebih mudah untuk dibersihkan.

13. Fiber Wheel

Cara menghilangkan karat yang sudah sering digunakan adalah dengan menggunakan fiber wheel. Fiber wheel sendiri menjadi salah satu bahan yang sudah terkenal sebagai pengentas karat pada besi. Bahan ini adalah alat otomatis yang bisa melunturkan noda dan bercak pada besi ataupun metal.

Fiber wheel memiliki bentuk seperti roda dan perlu listrik untuk bisa aktif. Hal ini menjadikan tidak semua orang bisa memakainya. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan alat pelindung seperti kacamata dan sarung tangan pada saat memakai ini.

14. Rust remover

Cara menghilangkan karat yang terakhir adalah rust remover. Rust remover sendiri merupakan cairan khusus yang memang dibuat menghilangkan karat pada besi. Namun, bahan ini pada dasarnya memang tidak murah.

Dengan rust remover, kamu hanya perlu menghilangkan karat pada besi pada motor dengan merendam bagian berkarat selama 15 menit hingga 8 jam tergantung usia karat. Selanjutnya, gunakan sikat kawat untuk lebih memastikan karat dapat terangkat, sehingga besi bersih sepenuhnya.

Cara Menghilangkan Karat pada Besi

Demikian pembahasan tentang cara menghilangkan karat pada besi beserta dengan penyebabnya. Setelah membaca artikel ini sampai habis, semoga kamu jadi lebih mudah dalam menghilangkan besi berkarat.

Jika ingin mencari buku tentang kimia, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Umam

BACA JUGA:

  1. Pengertian Galvanis dan Manfaatnya Pada Bangunan
  2. Pengertian Logam: Unsur-Unsur, Sifat, Klasifikasi, dan Jenis-Jenisnya
  3. Inspirasi Desain Pagar Tembok Minimalis
  4. Desain Renovasi Rumah Subsidi Bagian Depan
  5. Ide Desain Rumah Jepang Minimalis dan Konsepnya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda