in

Bagaimana Cara Jualan di TikTok? Simak Tips Lengkapnya di Sini!

unsplash.com

Cara Jualan di TikTok – Terkadang, bagi kita, TikTok hanyalah aplikasi untuk tetap sinkron sebagai Gen-Z. Namun, nyatanya, aplikasi ini menyediakan berbagai video pendek yang mencakup banyak hal, seperti komedi sampai tutorial, tips-tips hidup, dance cover, vlog harian, olahraga, bahkan sampai tips berniaga. Aplikasi ini benar-benar menyediakan berbagai hal yang bisa kita bayangkan.

Lebih dari 1 miliar pengguna aktif di TikTok dari seluruh dunia. Di Amerika Serikat (AS) sendiri, mencapai 138 juta pengguna. Formatnya cepat dan kontennya hampir tak pernah habis, sehingga menjadikan TikTok sebagai platform yang membuat ketagihan. Rata-rata, pengguna TikTok menghabiskan 95 menit untuk scrolling berbagai video secara acak di aplikasi ini.

Kita, sebagai pengguna TikTok atau bukan, atau bahkan pengguna TikTok yang tak mau mengakui bahwa kita menggunakannya, tak akan bisa menyangkal bahwa platform yang satu ini menciptakan basis audiens yang sangat besar. Simak ulasan lengkap berikut ini tentang cara jualan di TikTok!

Aplikasi TikTok

Mungkin kita semua sudah tahu, tetapi TikTok ialah aplikasi berbagi video pendek yang membuat penggunanya bisa menciptakan dan berbagi klip sampai 10 menit.

Hal unik dari TikTok yang juga membuat kontennya begitu luas dibagikan adalah fitur perpustakaan suara yang terus berkembang, membuat konten bisa dengan mudah ditambahkan klip lagu atau cuplikan dialog dari film, acara TV, bahkan konten TikTok orang lain.

Budaya aplikasi untuk remix berbagai konten viral pun dimungkinkan dengan suara ini. Hal ini sama halnya seperti meme yang tanpa henti dibagikan ulang di Instagram dan Twitter. Suatu suara milik individu dapat menjadi viral di TikTok karena pengguna lainnya mengirimkan suara tersebut dan melakukan lipsync atau dance cover, menjadikannya tren.

Misalnya, konten daisy-chan yang cukup menghibur, atau berbagai lagu barat dan K-Pop yang bertahan dalam tren dan membuat pengguna membuka aplikasi selama berjam-jam.

Tak cuma itu, ada pula basis pembuat konten yang sangat populer seperti selebritas yang punya banyak penggemar secara global, termasuk beberapa selebritas baru yang jadi terkenal lewat TikTok.

Sebenarnya, menjadi viral cukuplah mudah meskipun akun kita tak punya banyak pengikut atau follower. Dengan menggunakan hashtag atau sound yang populer atau sedang tren, video pertama kita bisa jadi mendapatkan ratusan ribu sampai jutaan tayangan.

Mayoritas pengguna TikTok merupakan anak-anak atau kaum young adult alias dewasa muda, dengan kisaran 68 persen berusia 10-39 tahun. Meski begitu, konten kreator dari berbagai rentang usia juga turut memeriahkan aplikasi ini. Bahkan, merek-merek terkenal seperti Levis, Chipotle, GymShark pun memanfaatkan peluang jangkauan viral ini.

Di TikTok, tren bergerak dengan cepat. Jadi, sebaiknya kita turut serta saat melihat sound, tarian, atau challenge tertentu yang banyak memperoleh tayangan!

Cara Jualan di Tiktok

Apa itu TikTok Shop?

Sudah tahu terkait TikTok, lantas, apa itu TikTok Shop?

TikTok Shop merupakan fitur yang memfasilitasi pengguna dalam menelusuri dan membeli produk langsung dari video TikTok. Fitur TikTok Shop yang pertama kali diumumkan pada Agustus 2021 diluncurkan di Inggris Raya sempat tersedia secara beta alias hanya bisa diakses oleh sejumlah pengguna tertentu.

Platform ini sendiri telah menawarkan beberapa tingkat belanja dalam aplikasi, seperti melalui fitur hashtag challenge plus yang membuat berbagai merek bisa menjual produk yang mereka tampilkan untuk dibeli secara langsung lewat aplikasi ini. Tidak hanya itu, TikTok memungkinkan kita untuk menjual seluruh katalog produk di sana, baik hanya beberapa item ataupun hingga lebih dari satu juta.

Cara Jualan di TikTok

Cara Jualan di Tiktok
unsplash.com

Grameds, berikut adalah langkah-langkah berjualan di TikTok yang sebaiknya kamu ikuti untuk dapat menjual dengan proper!

Langkah ke-1: Buat Akun

Pertama-tama, unduhlah aplikasi TikTok di ponsel pintar Grameds dan buatlah sebuah akun. Bila sudah punya akun TikTok pribadi, kita mungkin akan membuat satu akun lainnya untuk fokus pada bisnis. Dalam aplikasi TikTok, Grameds dapat beralih antar akun.

Seusai memasukkan informasi diri untuk masuk, Grameds akan diminta untuk membuat suatu nama pengguna. Jagalah nama pengguna atau pegangan media sosial ini agar konsisten di berbagai platform agar pelanggan bisa mengidentifikasi merek kita dengan mudah.

Tambahkan gambar profil, bio singkat, dan hubungkan akun Instagram dan YouTube yang kita miliki setelah akun TikTok selesai dibuat.

Langkah ke-2: Beralih ke Akun Pro

Terdapat opsi bagi pengguna TikTok untuk memakai akun pribadi atau akun pro dengan dua jenis berbeda, yakni “Kreator” atau “Bisnis”. Ketika membuat akun pertama kali, secara otomatis akun kita akan menjadi akun pribadi.

Pengubahan akun menjadi akun pro punya beberapa manfaat, contohnya fitur analitik. Tak hanya itu, fitur-fitur semacam ini juga bisa digunakan secara gratis. Nah, berikut adalah ringkasan dari masing-masing akun:

a. Akun Pribadi

Dapat dipakai bagi pengguna sehari-hari yang sebagian besarnya menggunakan TikTok untuk melihat video milik orang lain.

b. Akun Kreator

DIperuntukkan bagi pengguna yang setiap harinya mengunggah dan mencoba mengembangkan followers. Manfaat yang didapatkan termasuk analisis mendetail terkait video kita, contohnya demografi pemirsa. Grameds juga bisa bergabung dalam Creator Fund saat memiliki 10.000 followers, yang memonetisasi penayangan.

c. Akun Bisnis

Kita tak akan bisa bergabung dengan Creator Fund dengan akun jenis ini, tetapi masih bisa mengakses analitik terperinci dan menambahkan tautan di bio, misalnya untuk etalase produk, informasi kontak bisnis, akses pelacakan kinerja, sampai periklanan.

Jika Grameds ingin mempromosikan merek atau bisnis, maka akun bisnis adalah pilihan terbaik.

Langkah ke-3: Mulai Buat Konten

Setelah akun TikTok kita siap, sekarang waktunya membuat konten! Kami menyarankan untuk mencoba menelusuri for you page (fyp) untuk sementara waktu demi merasakan beberapa konten. Dalam waktu singkat, Grameds akan bisa melihat berbagai tarian, challenge, video komedi, dan berbagai video viral lainnya.

Cobalah membuat beberapa konten yang menghibur dan menyenangkan tanpa terlalu menjual. Buatlah konten yang bisa membuat pemirsa kita tetap terlibat agar mereka ingin menonton ulang atau berbagi video kita dengan teman mereka. Makin banyak yang melihat dan membagikan konten, makin besar kemungkinan TikTok akan menjadikannya fyp untuk pengguna lainnya.

Mulailah mencoba menarik perhatian pemirsa Grameds dengan cepat, hanya dalam beberapa detik pertama dari video kamu. Bila tidak, mereka bisa jadi hanya akan men-scroll ke video berikutnya. Cobalah juga menggunakan hashtag seperti #smallbusinesscheck atau #entrepreneur agar mendapat lebih banyak ide terkait promosi merek lain.

Janganlah pula menyalin konten orang dengan persis. Tambahkan branding dan sentuhan unik Grameds sendiri dalam setiap video yang dibuat. Meski begitu, jangan menjadi terlalu perfeksionis sebab hal menyenangkan dari TikTok adalah kita bisa mengunggah konten sebanyak yang kita mau untuk meningkatkan peluang viral. Sebagai rekomendasi, setidaknya postinglah 1 sampai 3 video setiap harinya.

Ciptakan hashtag atau challenge khusus untuk produk kita yang akan memancing orang-orang untuk berpartisipasi. Sebagai contoh, buatlah hashtag #hotsaucechallenge jika Grameds menjual saus pedas dan tatang followers dan pemirsa untuk menambahkan saus pedas ke berbagai makanan mereka.

Menggunakan suara di TikTok

Dengan menggunakan TikTok, Grameds juga akna melihat sebagian besar video yang viral dengan memasukkan musik atau sound khusus yang dibuat oleh pengguna. Kita punya kemampuan untuk memilih sound. Peluang untuk menjadi viral di platform ini pun dapat meningkat dengan menggunakan suara populer.

Cara Jualan di Tiktok

Langkah 4: Terlibat dengan Audiens dan Tetap Konsisten

Ketika mulai mendapatkan tayangan, like, dan komentar, penting untuk terlibat secara aktif dengan komentar orang. Selain itu, penting juga untuk tetap konsisten dengan video unggahan. Bisa saja, kita tak akan mendapatkan jangkauan yang diharapkan jika hanya mengunggah sekali dua kali dalam seminggu.

Sementara itu, salah satu video Grameds pasti akan viral di beberapa waktu jika tetap mengunggah setidaknya sehari dalam sehari.

Dengan segera, kita akan sadar bahwa jauh lebih mudah untuk menumbuhkan akun TikTok daripada akun Instagram atau YouTube. Pasalnya, akun kita pasti akan tumbuh selama mengeluarkan konten yang menarik, menyenangkan, dan menghibur dengan konsisten.

Langkah 5: Manfaatkan Pemasaran Influencer

Grameds bisa bermitra dengan influencer atau konten kreator yang punya lebih banyak followers demi mempromosikan merek. Sebab, influencer yang berada dalam lingkup niche kita bisa menempatkan produk di depan audiens yang jauh lebih besar.

Mempekerjakan influencer TikTok juga punya manfaat lain, seperti punya kemampuan untuk membuat konten bermerek yang terasa organik daripada maksud beriklan yang jelas.

Cobalah mencari kata kunci yang sesuai dengan kategori atau niche Grameds di TikTok, dan lihatlah beberapa influencer di ruang tersebut yang sekiranya dapat diajak bekerja sama. Sebagai contoh, carilah kata “kecantikan” jika bisnis kita berada dalam lingkup kecantikan, lalu temukan pengguna yang biasa mengunggah konten yang sesuai dengan merek kita.

Melalui Creator Marketplace TikTok, Grameds juga bisa menemukan berbagai influencer dengan bakat teratas. Influencer dan berbagai merek memang dapat terhubung di Marketplace yang merupakan hub in-house TikTok. Ini juga menawarkan wawasan berbasis data terkait influencer yang tepat dan alat tertentu yang bisa membantu kita membangun kampanye pemasaran.

Anda juga dapat menemukan bakat influencer teratas di TikTok’s Creator Marketplace . Marketplace adalah hub in-house TikTok untuk menghubungkan influencer dan merek, dan menawarkan wawasan berbasis data tentang influencer mana yang tepat untuk merek Anda, ditambah alat untuk membantu Anda membangun kampanye pemasaran influencer.

Langkah 6: Dorong Konten Buatan Pengguna (UGC)

Di TikTok, banyak produk yang akhirnya viral karena orang-orang biasa yang terlibat, seperti kita semua, Grameds. Orang yang menampilkan produk tertentu dalam video mereka, baik dengan menggunakannya atau menjelaskan mengapa mereka menyukainya, dapat meluncurkan produk ke sirkuit viral.

Gilanya, banyak dari video populer ini bahkan bukan iklan berbayar. Melainkan konten organik yang dibuat oleh pelanggan untuk menunjukkan betapa mereka menyukai produk tersebut.

Ajak audiens dan pelanggan untuk mengunggah video saat mereka memakai produk kita di TikTok. Grameds dapat melakukan ini dengan membuat challenge seperti yang kami sebutkan di atas.

Langkah 7: Jelajahi Opsi Iklan TikTok

TikTok menawarkan merek platform iklan dengan sejumlah jenis iklan dan opsi penargetan untuk dipilih untuk menampilkan produk atau layanan kita kepada orang yang tepat.

Bergantung pada jenis iklan yang ingin Anda jalankan, Grameds harus menggunakan platform iklan swalayan mereka atau berbicara dengan salah satu manajer iklan mereka untuk memulai.

Jenis Iklan Swalayan mencakup iklan video dalam umpan. Jenis iklan ini akan muncul di For You Page pengguna saat mereka scrolling. Mereka muncul sebagai video TikTok biasa. Mereka berbaur, dan tidak terlihat seperti iklan tradisional.

Penyiapan iklan dengan Ad Manager mencakup tantangan tagar bermerek, pengambilalihan merek resmi, iklan TopView, dan efek bermerek.

Untuk mulai membuat iklan di TikTok, Gramesa harus terlebih dahulu mendaftar ke akun TikTok For Business. Setelah mendaftar, Grameds akan memiliki akses ke Pengelola Iklan TikTok tempat kita dapat membuat kampanye. Kemudian, Grameda bisa memilih sasaran berdasarkan apa yang ingin dicapai oleh bisnis, seperti jangkauan, kesadaran merek, lalu lintas situs web, atau penjualan.

Grameds juga bisa memilih orang yang ingin ditargetkan dengan iklan, serupa dengan Facebook ads. Fitur filter yang ada mencakup usia, jenis kelamin, lokasi, bahkan minat.

Langkah 8: Asah Keterampilan pemasaran dengan Sumber Daya TikTok

TikTok menawarkan “Pusat Sumber Daya Bisnis Kecil” untuk membantu pengguna akun Bisnis mendapatkan hasil maksimal dari aplikasi. Di sana, pengguna dapat mengakses template untuk membuat konten iklan, bergabung dengan webinar gratis yang dipimpin oleh pakar, dan membaca kisah sukses dari merek menggunakan TikTok untuk meningkatkan jangkauan pelanggan mereka.

Itu juga tempat pengguna dapat menemukan petunjuk tentang cara menggunakan TikTok Pixel untuk melacak kinerja iklan. Pixel adalah sedikit kode yang dapat Grameds sematkan di etalase e-niaga atau situs web lain untuk mengumpulkan data tentang pelanggan yang kita jangkau melalui konten TikTok.

Tips Manjur Berjualan di TikTok

Cara Jualan di Tiktok
pexels.com

Berikut adalah tips manjur untuk berjualan di TikTok, yuk disimak!

1. Buat Konten yang Asli dan Nyata

Sebagai tips pertama, buatlah konten yang nyata dan autentik. Ini sangat penting di TikTok, di mana pengguna terbiasa melihat video yang lebih santai dan membumi daripada yang ada di Instagram.

Grameda tidak perlu khawatir karena pencahayaan atau suara yang kurang bagus untuk video Anda. Fokus saja pada pembuatan konten yang hebat dan berharga yang akan dihargai oleh audiens target. Dengan menjelajahi TikTok, Grameds akan menyadari banyaknya video yang paling populer yang juga video di mana orang-orang menjadi diri mereka sendiri dan bersenang-senang.

Bisnis dapat meniru ini dengan membuat video yang menunjukkan sisi manusiawi dari merek mereka. Sebagai contoh, kita bisa membuat serangkaian video tentang karyawan kita yang melakukan sharing tentang pekerjaan mereka dan alasan mereka menyukai pekerjaan bersama kita.

Kita juga bisa mencoba membuat konten yang tak terduga atau berbeda dari yang biasa terlihat, demi menjadi menonjol di TikTok. Ini bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti merekam demonstrasi produk di lokasi yang tidak biasa atau melakukan parodi dari tren TikTok yang populer.

Tidak adanya batasan nyata dalam kebebasan artistik kita merupakan hal terbaik yang bisa didapatkan melalui TikTok. Jadi, jadilah kreatif, dan bersenang-senanglah dengannya!

2. Bergabunglah atau Buat Challenge

Ada cara hebat lain yang bisa dilakukan untuk berjualan di TikTok, yakni dengan bergabung atau menciptakan challenge. Kita bisa menampilkan produk di depan khalayak yang lebih luas dan mendapatkan penjualan tambahan dengan cara yang bagus ini.

Tak cuma itu, challenge tarian dan hiburan juga sangat populer di platform ini. Namun, kita juga bisa menciptakan challenge sendiri seputar produk. Misalnya, kita dapat meminta orang untuk memfilmkan diri mereka sendiri menggunakan produk kita dengan cara yang kreatif atau membagikan kesaksian tentang mengapa mereka menyukainya.

Dengan demikian, kampanye Chipotle sangat populer, karena menyenangkan dan tidak terasa seperti iklan. Jadi, pastikan bahwa audiens target akan ingin mengikuti sesuatu yang kita jadikan challenge, Grameds!

Cara Jualan di Tiktok

Demikian pembahasan tentang cara jualan di TikTok, semoga semua pembahasan di atas bermanfaat sekaligus menambah wawasan Grameds.

Jika kamu ingin mencari buku tentang cara berjualan online, maka bisa mendapatkannya di Gramedia.com yang merupakan situs toko buku online yang menyediakan buku terpopuler dan terbaru. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

BACA JUGA:

  1. Cara Promosi Produk Online yang Efisien
  2. 6 Tips Jualan Online yang Bisa Kamu Terapkan dalam Bisnismu
  3. 10 Tips dan Cara Jualan Online Bagi Para Pemula
  4. 10 Cara Jualan Online Laris? Yuk Baca Tips Berikut
  5. Cara Memulai Bisnis Online: Jenis, Keuntungan, Tantangan
  6. 15 Ide Jualan Online dan Tipsnya Agar Laris
  7. Cara Memulai Bisnis Online dari Nol dan Tips-Tipsnya 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda