in

Buku Novel Fantasi Karya Rick Riordan

Buku Novel Fantasi Karya Rick Riordan – Panggilan kepada seluruh penggemar novel fantasi di Indonesia! Pasti kalian sudah tak asing dengan nama terkenal Rick Riordan bukan? Yap! Salah satu penulis yang karyanya sangat dikenal oleh dunia, Percy Jackson.

Richard Russel Rick Riordan, yang biasa akrab dipanggil dengan Rick Riordan ini pernah dinobatkan sebagai penulis buku nomor satu terlaris menurut New York Times. Rick Riordan pernah membuat karya yang bertemakan mitologi, detektif, dan fantasi.

Saat ini, jumlah bukunya sudah mencapai lebih dari 15 buku yang pernah diterbitkan. Novel fantasi karya Rick Riordan sudah banyak diterjemahkan dan diterbitkan di berbagai penjuru dunia dan salah satunya adalah tentang Percy Jackson. Yuk, mari kita simak apa saja serial buku dari Percy Jackson yang Rick Riordan pernah diterbitkan.

Percy Jackson and The Olympians

Siapa yang tak tahu judul film ini? Yap! Film Percy Jackson diangkat dari novel karya Richard Russel Rick Riordan. Judul yang digunakan dalam film tersebut sama dengan judul yang Rick Riordan tuliskan pada novelnya.

Novel ini bercerita dengan latar tema Yunani yang membuat pembacanya akan mengenal tentang mitologi Yunani yang unik. Selain belajar tentang mitologi Yunani, para pembaca akan disuguhkan dengan istilah-istilah asing khas Yunani yang membuat kita bertanya-tanya.

Namun, janganlah kamu khawatir, karena dalam novel ini semua istilah rumit dan sulit dimengerti akan diceritakan dan digambarkan dengan sangat sederhana dan mudah untuk dimengerti. Rick Riordan membuat novel yang terkesan berat ini menjadi ringan. Hal inilah yang menjadi kesukaan dari pembaca novel karya Rick Riordan.

Buku dari Percy Jackson and The Olympians adalah jenis novel serial yang mengisahkan berbagai misteri unik yang akan membuat para penggemar novel fantasi kecanduan untuk membacanya. Berikut ini adalah bahasan singkat tentang serial dari novel Percy Jackson and The Olympians.

Percy Jackson 1: The Lighting Thief

Novel dengan judul The Lightning Thief adalah buku serial pertama dari rangkaian buku Percy Jackson and The Olympians. Dalam novel ini, Rick Riordan mengisahkan tentang seorang anak laki-laki yang dituduh mencuri petir milik Zeus. Anak laki-laki tersebut adalah Percy Jackson, anak dari dewa Poseidon.

Dalam buku ini, Rick Riordan akan mengajak pembacanya traveling bersama mitologi Yunani Kuno dan istilah-istilahnya. Rick Riordan menggambarkan latar petualangan Percy Jackson dalam berbagai emosi tentang persahabatan, kekeluargaan, dan pengkhianatan.

Teknik Rick Riordan dalam permainan kata dan penggambaran latar belakang masalah dari cerita tersebut membuat banyak sekali pembaca yang enggan untuk melepaskan buku dari tangannya dan tetap membaca sampai pada akhir buku. Rick Riordan berhasil memadupadankan dua dimensi yang berbeda menjadi sangat nyata dan mudah diterima oleh pembacanya. Ia menggabungkan dimensi dunia nyata dengan dimensi dunia Yunani kuno dengan segala hal di dalamnya yang lebih bersifat klasik.

Salah satu contoh yang digambarkan Rick Riordan dari dua dimensi tersebut adalah Dewa Ares. Dewa Ares dikisahkan memiliki penampilan yang terkesan agak brutal seperti preman jalanan dengan sepeda motornya yang membuat Dewa Ares semakin kuat karakternya.

Novel pertama dari serial Percy Jackson ini pertama kali diterbitkan pada 1 Juli 2005 lalu, tepatnya di Amerika Serikat oleh penerbit Hyperion Books. Novel ini sangat terkenal dan sudah diadaptasikan menjadi sebuah film yang berjudul Percy Jackson and The Olympians: The Lightning Thief. Di Indonesia sendiri buku ini diterbitkan oleh Hikmah atau biasa dikenal dengan Mizan Fantasy.

Percy Jackson 2: The Sea of Monster

Buku yang membuat para penggemar fantasi ini semakin penasaran dengan alur cerita yang disuguhkan oleh Rick Riordan. Dengan judul yang semakin menjurus dan semakin dalam, Rick Riordan memberikan kesan semakin mendalam tentang petualangan dari Percy Jackson.

Dalam novel serial kedua ini, Rick Riordan memberikan pembaca pengalam yang menarik dari kisah petualangan sang tokoh utama. Dimana Percy Jackson yang berperan sebagai sebagai seorang putra dari Dewa Poseidon harus menjalani hidup yang tenang meskipun masalah demi masalah terus menghampiri hidupnya lewat mimpinya di setiap malam. Salah satu pesan dari mimpi tersebut adalah tentang sahabatnya, yaitu Satyr yang sedang berada dalam kondisi bahaya.

Dalam buku serial kedua dari Percy Jackson and The Olympians ini juga muncul beberapa tokoh pendukung lainnya. Beberapa di antaranya adalah Tyson. Tyson dikisahkan sebagai seseorang yang menjadi teman baru Percy Jackson dan selalu mengikuti Jackson kemanapun ia pergi. Ada juga Annabeth Chase.

Annabeth Chase adalah seorang putri dewi kebijaksanaan dan strategi perang. Suatu ketika, Annabeth Chase mendatangi sekolah baru Jackson dan memberitahukan kabar buruk untuknya. Dari kabar yang diberikan oleh Annabeth Chase, hal ini membuat Jackson dan teman-temannya merasa terancam dan gelisah, hingga memutuskan untuk pergi mencari perkemahan Blasteran. Perkemahan ini menjadi satu-satunya tempat perlindungan bagi anak setengah dewa yang terancam dikuasai oleh para monster dan pohon Thalia.

Percy Jackson 3: The Titans Curse

Novel The Titans Curse terbit pada 7 Januari 2021 oleh Noura Books Publishing. Pada serial ketiga ini, Percy Jackson kembali dihadapkan dengan situasi sulit. Rick Riordan membuat pembaca dan pengikut kisahnya ini semakin terjerumus penasaran pada akhir kisah yang direncanakannya.

Dengan bekal pengetahuan dan pengalamannya tentang monster, Jackson memberanikan diri untuk pergi dan menyusul teman-temannya yang lain yang pada saat itu sedang menjalankan misi khusus, yaitu mengetahui keberadaan dari Annabeth yang ikut menghilang.

Dalam serial satu dikisahkan bahwa Percy Jackson kehilangan ibunya, di serial kedua Percy Jackson harus kehilangan Goover, dan di serial ketiga ini, Percy harus menghadapi kehilangan lainnya, yaitu kehilangan Annabeth.

Dalam perjalanan hingga serial-nya yang ketiga ini, pastinya kamu sudah mengetahui siapa saja tokoh yang paling banyak muncul dan selalu ada dalam setiap serialnya. Begitupun dengan Thalia. Seorang putri dari Zeus ini berubah menjadi sebuah pohon di perbatasan perkemahan Blasteran sebagai seorang penjaga.

Kata demi kata, kalimat demi kalimat, harus kalian simak dengan sangat baik. Hal ini dikarenakan Rick Riordan yang membuat satu kalimat dalam ceritanya sangat berarti untuk menjelaskan situasi yang terjadi saat itu. Banyak sekali makna yang disembunyikan Rick Riordan dalam novel serial-nya yang ketiga ini. Makna tentang persahabatan, kesetiaan, sampai kepada pengorbanan. Para pembaca secara tidak langsung diajarkan untuk bertanggung jawab jika sudah memilih jalan tersebut dan menanggung segala resikonya.

Percy Jackson 4: Battle of The Labyrinth

 

Kali ini Rick Riordan membuat halaman bukunya sedikit lebih tebal dibandingkan novel-novel sebelumnya. Novel Battle of The Labyrinth memiliki 344 halaman. Novel ini menjadi semakin heboh ketika banyak sekali tokoh dan karakter baru yang muncul dalam petualangan Percy Jackson. Tokoh tersebut di antaranya ada Daedalus, Nico di Angelo, Ethan Nakamura, Rachel Elizabeth Dare, Paul Blofis, Calypso, dengan para monster yang bernama Sfinks, Hekatonkheire, Orthus, Geryon, dan Antaeus.

Hadirnya banyak tokoh dalam serial keempat ini membuat cerita semakin dipenuhi oleh banyaknya emosi dan keseruan di dalamnya. Dikisahkan Percy Jackson yang harus melawan dua monster di sekolahnya untuk bertahan. Percy berusaha untuk menyerang Empousa dan pelayan Hecate agar dirinya tidak dimangsa. Akibat dari perkelahian tersebut, gedung sekolah Percy Jackson pun terbakar dan Percy Jackson melarikan diri bersama Annabeth ke Perkemahan Blasteran.

Hidup sebagai karakter Blasteran membuat Percy Jackson harus berjuang untuk tidak dimangsa oleh para monster dan musuhnya. Setelah melarikan diri dan melawan Empousa dan pelayan Hecate, Percy Jackson dan Annabeth menuju perbatasan Labyrinth. Namun, dikarenakan adanya perbatasan di perkemahan Blasteran yang telah dilindungi oleh sihir, Percy Jackson dan Annabeth tidak dapat masuk ke dalam perkemahan tersebut.

Dalam serial ini, Annabeth memiliki peran yang sangat penting. Annabeth menjadi karakter yang harus memimpin misi masuk ke dalam Labyrinth Daedalus. Untuk masuk kedalam Labyrinth tersebut, Annabeth dan Percy Jackson harus menemui Daedalus untuk mendapatkan benang Ariadne. Benang Ariadne berfungsi untuk melindungi Annabeth dan Percy Jackson untuk sampai ke Labyrinth dengan selamat untuk menyelamatkan perkemahan Blasteran. Hal ini mereka lakukan agar Luke dan para monster lainnya tidak menyerang dan menghancurkan perkemahan Blasteran.

Walaupun mereka tidak dapat masuk ke dalam perkemahan karena perbatasan yang dilindungi sihir tersebut, tetapi di dalamnya ada sebuah Labyrinth yang berhubungan langsung dengan dalam perkemahan Blasteran. Maka dari itu, Luke dan kawanan monster lainnya berencana untuk menyerang perkemahan Blasteran dari dalam Labyrinth tersebut.

Percy Jackson 5: The Last Olympian

Novel penutup dari serial Percy Jackson and The Olympians adalah The Last Olympian. Novel ini diterbitkan kembali pada 2021 lalu, tepatnya tanggal 7 Juni 2021 oleh Noura Books Publishing. Seperti novel seri yang keempat, novel terakhir ini juga sedikit lebih tebal dibandingkan dengan novel sebelumnya, yaitu sekitar 360-an halaman.

Dalam novel terakhir dalam serial ini, Rick Riordan menyelesaikan dan menjawab seluruh pertanyaan alasan mengapa Percy Jackson harus mengalami semua hal ini. Rick Riordan mengisahkan Percy Jackson yang sudah menginjak usia 16 tahun dan akhirnya menemukan ramalan kuno yang ada disekelilingnya.

Percy Jackson menemukan bahwa ramalan tersebut berisi kalau nasib dunia berada di pundak Percy Jackson. Berdasarkan ramalan tersebutlah Percy Jackson dan teman-temannya harus melawan dan menghentikan kejahatan yang tidak ada habisnya.

Namun, uniknya Rick Riordan membuat pertarungan sengit itu menjadi hal yang disenangi pembaca untuk disimak dan dinantikan. Walaupun merupakan serial terakhir dalam Percy Jackson and The Olympians, Rick Riordan tetap mengeluarkan jurusnya untuk membuat pembacanya semakin deg-degan dan membuka kisah dalam novel ini dengan adanya pertarungan sengit lainnya antara para pahlawan dengan monster.

Meskipun adanya pertarungan yang sengit, Rick Riordan tetap menyelipkan humor kecil saat terjadinya adegan tersebut. Sebuah cerita yang sangat menarik. Jadi, siapakah yang menjadi Olympian terakhir yang berhasil bertahan? Buat kamu semua yang penasaran, ini adalah waktu yang tepat untuk membaca keseluruhan novel ini secara lengkap.

Percy Jackson Greek Heroes

Setelah rangkaian cerita yang begitu panjang dan mendebarkan dari Percy Jackson and The Olympians, kali ini Rick Riordan kembali dengan karakter penulisannya yang masih kental dengan tema Yunani Kuno dengan dewa dan dewi di dalamnya. Rick Riordan merilis satu lagi buku tentang lanjutan cerita petualangan Jackson, yaitu Percy Jackson Greek Heroes. Novel Percy Jackson Greek Heroes ini mengisahkan tentang dewa Hercules, Atalanta, dan Perseus.

Dalam novel ini, para pembaca menjadi tahu alasan mengapa Percy Jackson dan teman-temannya bersikeras memenangkan misi. Lagi-lagi ramalan membuka kisah ini dengan menarik. Ramalan abu-abu dari Oracle dari Delphi membuat Demigod semakin bingung dan bukan merasa tercerahkan. Begitupun yang dikatakan oleh Phineas bahwa dengan mengetahui masa depan, kita akan merasa semuanya semakin berbahaya.

Buku ini memiliki ketebalan hingga 528 halaman dan terbit pada 13 Mei 2019 lalu yang sudah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia. Para pahlawan dalam novel ini dikisahkan memiliki kekuatan fisik yang luar biasa, sehingga ada kecenderungan para demigod tersebut terlalu aktif dan tidak bisa diam. Alhasil, mereka akan mengeluarkan lontaran kutuk.

Kira-kira apa yang membuat mereka semakin bingung? Serta, apa yang para demigod lakukan hingga mereka harus mengeluarkan kutuk? Mari simak lebih lanjut versi lengkapnya di novel Percy Jackson Greek Heroes.

Percy Jackson Greek Gods

Novel ini menceritakan bagaimana kedua belas dewa Olimpia itu dimulai. Novel ini akan mengulas jelas dari awal kisah kehidupan para dewa Olimpia tersebut hingga kepada akhir kisah hidupnya. Tentu saja bukan mati karena binasa. Dewa diceritakan sebagai sebagai makhluk yang abadi dan tidak akan pernah mati. Namun, akhir kisah hidup para dewa ini berakhir begitu saja pada setiap bab dari novel ini.

Pada halaman pertama, tentu saja diawali dengan kisah penciptaan bumi. Rick Riordan memiliki fantasi yang berbeda dengan teori yang selama ini kita pelajari tentang terbentuknya bumi. Namun, kisah ini menjadi sangat menarik karena Rick menggambarkan semuanya secara detail dan sederhana. Fantasi liar terstruktur Rick Riordan yang membuat buku ini semakin menarik dan menyenangkan untuk dibaca.

Kesimpulan

Jadi, bagaimana? Apakah kamu tertarik dengan petualangan Percy Jackson dan teman-temannya? Serta latar belakang kisah dari masing-masing dewa Olimpia tersebut? Buat kamu yang menyukai dan tertarik dengan cerita fantasi, beberapa novel di atas adalah salah satu rekomendasi yang dapat kamu baca untuk mengisi waktu luang mu.

Namun, persiapkan diri kamu sebelum memulai membaca ya. Hal ini dilakukan karena ketika kamu sudah mulai membaca buku di atas, maka kamu akan semakin tenggelam di dalam cerita yang disuguhkan oleh Rick Riordan tentang Percy Jackson dan teman-temannya. Petualangan tentang persahabatan, kekeluargaan, pengkhianatan, hingga pada titik pengorbanan menjadi cerita keseharian yang menarik untuk diikuti.

Makna tersirat yang selipkan oleh Rick Riordan dalam masing-masing kisah ini membuat pembaca secara tanpa sadar akan mengerti tentang nilai-nilai tersebut. Jadi, buat kamu yang penasaran dengan kisah Percy Jackson dan teman-temannya, segera dapatkan buku tersebut di www.gramedia.com ya. Buku ini tersedia secara lengkap loh.

Jangan lupa untuk kunjungi koleksi buku cerita lain dari Rick Riordan di www.gramedia.com ya, karena cerita dari buku lain tak kalah menarik dengan cerita Percy Jackson di atas loh. Selamat membaca!

Written by Mega