in

Rekomendasi Buku Karya Renita Nozaria yang Wajib Kamu Baca!

Buku Karya Renita Nozaria – Mari kita mengenal lebih dekat penulis Renita Nozaria yang dilahirkan di Bogor pada 26 Januari 1997. Saat ini Renita tercatat sebagai mahasiswa di Fakultas Teknik Departemen Perencanaan Wilayah serta Kota dari Universitas Diponegoro, Semarang.

Renita mulai aktif menulis sejak ia masih duduk di bangku SMP, berawal dari iseng saja untuk menyalurkan hobi hingga akhirnya membuat fiksi penggemar dan berlanjut menulis fiksi remaja, fantasi serta roman-roman pada situs Wattpad.

Selain menulis, Renita juga sangat berminat pada dunia politik, filsafat dan tata rias, berikut ini 8 rekomendasi buku-buku karya Renita Rozalia yang dapat menjadi pilihanmu untuk menikmati waktu membaca.

1. Noir 2

Buku Karya Renita Nozaria

Suri sering berpikir segalanya telah selesai dan ia mampu melanjutkan hidup dengan baik. Namun pertemuannya dengan sisi paling misterius dari dunia gaib serta tindakan Nael untuk menyelamatkannya malah memicu terjadinya peristiwa yang lebih besar.

Suri kemudian harus menghadapi berbagai peristiwa rumit, mulai dari bagian tergelap dari masa lalu iblis yang telah menyelamatkannya, berbagai misteri tentang jati diri Sergio, dunia bayangan, serta fakta-fakta mengenai Nael yang mungkin menyimpan rasa untuknya.

Lalu bagaimana caranya Suri menyelesaikan urusan tersebut dan apakah Nael kemudian dapat menyelamatkan gadis mortal itu untuk kedua kalinya? Apakah Suri juga dapat mengetahui perlakuan khusus yang Nael berikan kepada dirinya? Lalu bagaimana hubungannya dengan Sebastian?

Salah satu karya Renita Nozaria ini pada mulanya hanya di publish di Wattpad, namun kini telah diterbitkan secara fisik dalam bentuk buku.

Novel ini menceritakan mengenai seorang gadis berusia 18 tahun bernama Oriana Suri Laksita yang belum pernah memiliki kekasih. Selain ketiga kakak lelakinya yang overprotektif, kemampuan indera keenam yang dimilikinya sangat mungkin menjadi penyebab belum pernah memiliki kekasih.

Indera keenam yang dimilikinya sendiri kemudian membuatnya selalu bertemu para hantu yang ingin meminta bantuan untuk menyelesaikan urusan dunia agar mereka dapat kembali ke “atas”.

Hingga ia kemudian bertemu dengan hantu bernama Kesya yang pada akhirnya mempertemukannya dengan sosok tampan bernama Sebastian. Sebastian adalah kakak dari Sergio, pemuda yang berhubungan langsung dengan Kesya.

Namun di balik wajah tampannya, Sebastian ternyata sangat takut dengan keberadaan hantu. Sebastian juga menganggap Suri sebagai orang yang aneh karena kemampuannya dalam indera keenamnya.

Dengan Sebastian menghindar, semakin gencar pula Suri mendekatinya. Di balik kebaikan Suri dalam membantu para hantu, ia kemudian juga telah membuat makhluk mortal marah, hingga salah satu iblis kemudian datang menemuinya untuk memberikan peringatan kepadanya namun Suri mengacuhkan peringatan itu.

Setelah tiga peringatan yang diacuhkan suri menjadi terpaksa meninggalkan raganya untuk menjalani persidangan akibat kasih tanpa batas yang digunakannya untuk membantu para hantu. Selama persidangan ini Suri juga tidak bersikap serius hingga membuat pusing para malaikat dan iblis yang turut ikut dalam persidangan tersebut.

Setelah semuanya berakhir, Suri kemudian kembali kepada raganya serta mendapati semua orang tengah mengkhawatirkan dirinya.

Novel ini mengangkat genre fantasi yang masih jarang ditemui. Selain memiliki genre fantasi, Noir juga kemudian dibumbui genre humor dengan sedikit romance. Buku ini tak hanya fokus kepada kehidupan tokoh utamanya melainkan juga kehidupan ketiga kakak lelaki Suri.

Gaya bahasa novel ini sendiri memang tidak menggunakan Bahasa Indonesia baku, namun bahasa yang digunakan cukup ringan serta mudah untuk dipahami. Cerita yang disuguhkan juga konsisten dari awal hingga akhir serta tidak bertele-tele.

2. Get on The Gouws

Buku Karya Renita Nozaria

Get on The Gouws merupakan kisah lanjutan yang terjadi setelah rangkaian peristiwa dalam Daddy’s Day Out.

Daddy’s Day Out sendiri bercerita mengenai Jeffry Gouw, ialah seorang celebrity chef tampan yang mendadak menerima telepon dari mantan pacarnya dai masa SMA setelah 18 tahun berlalu.

Tanpa disangka, Jeffrey yang belum memiliki pasangan ternyata telah memiliki seorang anak perempuan yang telah berusia 17 tahun.

Alasan mengapa mantan pacarnya sendiri menghubunginya adalah karena perempuan itu tengah sekarat serta merasa Jeffrey juga Acacia berhak memahami kenyataannya.

Meski demikian segalanya tak berlangsung mudah karena selain Acacia menolak keberadaan Jeffrey, juga karena keberadaan ayah Acacia yang sah secara hukum, yaitu Jo.

Dalam Get on The Gouws, Sashi kemudian mengenal keluarga Jeffrey dengan dua kakak sepupu yang ia miliki yaitu Jessica dan Yohanes. Satu sepupu seumuran lainnya adalah Talitha serta dua adik sepupu yaitu James dan Brisia.

Di antara para sepupu Jeffrey hanya Brisia dan James Lah yang kemudian belum berkeluarga, sehingga Sashi dengan sejumlah sepupu baru yaitu Elmira (dari Yohanes), Jansen (dari Jessica), serta Erina-Felix-Tamara (dari Talitha).

Get on The Gouws mengisahkan awal mula perubahan hubungan antara Dery dan Sashi yang kini telah berpacaran, persaingan Ale dan Felix untuk mendapat perhatian Karina (seorang siswi dari kalangan bertaraf ekonomi sendiri biasa yang kemudian menumpang gedung sekolah Ale dan Felix selama beberapa bulan).

Juga drama pertemanan antara Felix dan Ale dengan komplotan Junot yang tak berasal dari dunia orang-orang kaya. Bagian pekerjaan Jef sebagai juri acara Master Chef Indonesia bersama Yuta dan Jennie serta usahanya untuk balikan sama Jennie serta pertemuan kembali Jo dengan mantan pacarnya semasa SMA juga turut di bahas di sini.

3. Dream Launch Project

Buku Karya Renita Nozaria

“Dasar anak-anak sontoloyo.” Itulah kalimat sakti yang disampaikan oleh Pak Terry setiap kali ia dibikin pusing oleh ulah Nana, Injun, dan Jeno. Dengan menjadi wali kelas murid-murid yang “menonjol” ini kemudian benar-benar menguras tenaga serta pikiran Pak Terry.

Ulah mereka ada-ada saja setiap harinya. Namun, di balik hal ini Pak Terry sendiri melihat bakat-bakat terpendam ketiga anak ini. Ia juga mendorong mereka dalam percaya dan berani bermimpi.

Dream Launch Project, sebuah kelompok musik berlambang anjing hutan pun dibentuk untuk menunjukkan kemampuan mereka.

Jika cerita ialah lagu yang terurai dengan kata, maka kisah ini kemudian senandung cinta dari tiga bocah pecandu kopi, pemuja kucing, serta penadah sarkasme untuk Tertius Senandika guru yang sampai kapan pun tak akan berhenti mereka kagumi.

4. Daddy’s Day Out

Buku Karya Renita Nozaria

Jennie: “Dari dahulu kala mau sesempurna atau secakep apapun pacarmu, ia tetap akan meninggalkan mu setiap mereka minta diseriusin. Kenapa ya?”

Jef: “Gue nggak siap jadi bapak.”

Dari awal, Jef sendiri selalu bilang kepada para kekasihnya, jika ia memang mencari seseorang yang dapat memberinya komitmen, bukan ia orangnya.

Menikah serta menjadi seorang ayah sendiri adalah hal yang bahkan tak dapat seorang Jeffrey Gouw bayangkan. Itulah alasan ia masih enggan menutup perjalanan panjang kisah cintanya dengan satu perempuan meski ia kemudian telah berumur lebih dari cukup untuk melakukan hal tersebut.

Hingga akhirnya, sebuah panggilan dari wanita di masa lalunya ini kemudian membuat dunianya seakan dijungkir-balikkan. Sebuah kalimat yang mampu membuat Jef ini kemudian tak kuasa dibuatnya.

“Kamu punya anak, Jeffrey.”

Dan, seperti yang Jeffrey duga, memiliki anak bukan perkara mudah. Terlebih, jika anak ini sesungguhnya tak menginginkan kehadirannya.

Jef: “Mau sampai kapan kamu memanggil saya om’?”

Sashi: “What?”

Jef: “Mau sampai kapan kamu memanggil saya ‘om’?”

Sashi: “Kenapa? Om ingin dipanggil ‘ayah’, gitu? Just because we share blood, doesn’t mean you’re my father. You’ll never be my father.”

Temukan kelanjutan kisah unik ini dengan membaca bukunya!

5. Biru Langit: Introduction to Blue

Buku Karya Renita Nozaria

Selama tinggal kontrakan di Kompleks Biru Langit! Echan dapat melihat dengan jelas tentang bagaimana ia dan teman-temannya memiliki gaya pacaran yang berbeda.

Terdapat Marka yang sangat religius rajin mengirimkan ayat-ayat kitab suci kepada pacarnya. Ada juga Lele yang baru bergandengan tangan saja sudah langsung meriang selama tiga hari. Tak lupa ada Nana yang sedang sibuk memilih gebetan berikutnya di antara buku kontaknya yang sebelas dua belas dengan asrama putri.

Semua hal tersebut sekalipun pelik namun masih dapat dipahami. Meski Echan tak dapat mengerti dengan gaya pacaran Jeno yang katanya sayang kepada pacarnya, namun sangat sering saling menyakiti?

Hal ini kemudian membuat Echan bersyukur, hubungannya dengan pacarnya, Somi, merupakan hubungan yang ideal atau bucin secukupnya saja sebab tetap menggunakan akal sehat.

Hingga pada suatu hari cewek bernama Raina datang ke kehidupannya dan mereka menjadi teman bermain yang sangat dekat. Apakah hal ini membuat Echan sedang berselingkuh hati?

6. Guardiationship

Buku Karya Renita Nozaria

Bayangkan jika seseorang dari masa lalumu tiba-tiba saja muncul di dalam kamarmu. Lalu bagaimana jika orang ini kemudian mengaku bahwa ia sebenarnya telah meninggal?

Hal ganjil inilah yang dialami oleh Eden Philomena. Sosok Emir sebagai cinta masa SMP nya datang menemuinya dengan alasan menunaikan tugas sebagai guardian angel bagi Eden.

Hari-hari Eden sendiri menjadi begitu rumit dikarenakan instruksi-instruksi Emir yang katanya untuk melindunginya, malah hal ini sering berujung kepada kesialan.

Seakan hal ini tidak cukup, Eden masih harus rela hidupnya diacak-acak oleh kehadiran tiga cowok aneh yang ternyata masih memiliki hubungan saudara; Setranala Dirgantara, Sabda Aksara dan Rasi Gemintang.

Satu hal yang selalu Emir ingatkan ke Eden sendiri ialah dampak segala hal tersebut ada pada Eden tidak boleh jatuh cinta dengan salah satu dari ketiga cowok tersebut.

7. Kita

Buku Karya Renita Nozaria

Katanya tak ada persahabatan yang abadi antara perempuan dan laki-laki. Persahabatan semacam ini pada akhirnya pasti akan berakhir, entah pada sebuah cinta yang bertepuk sebelah tangan atau berakhir di komitmen.

Entah bertahan karena isi hati yang disembunyikan atau matah hilang sebab rasa yang tak seharusnya ada. Semula, Raya Alviena sendiri tidak memandang Jeviar Mahardika lebih dari sahabat. Mereka yang telah berteman dengan sangat lama, bahkan semenjak keduanya menjalani hari-hari pertama berseragam merah putih.

Kemudian, Raya juga menyadari jika ia menyukai semua yang ada pada seorang Jeviar Mahardika Lebih dari yang sahabat. Dari lesung pipi Jeviar yang kerap muncul di ingatannya setiap laki-laki itu tersenyum hingga tatap matanya yang seteduh langit bulan Desember.

Awalnya, Raya sendiri tidak berani berharap. Dirinya dan Jeviar memiliki sifat yang sangat bertolak belakang, seperti kutub magnet yang saling berlawanan. Hingga pada suatu sore, Jeviar mengatakan sesuatu yang tak Raya sangka-sangka.

8. Guardiationship: Silver Lining of The Cloud

Buku Karya Renita Nozaria

Kehidupan Eden terus berubah semenjak kehadiran sosok Sabda, Setra, dan Rasi. Nyata, ketiga lelaki ini sendiri tidak hanya sekedar hadir. Jauh dari hal ini mereka juga berhasil menyentuh hati Eden.

Situasi ini kemudian menjadi semakin rumit saat Sabda dan rasi, Eden sendiri hanya menyukai satu pria, yaitu Setra sebagai kakak kandung dari mereka. Sementara itu, Emir sendiri sang guardian angel perlahan menghilang ketika Eden membutuhkannya.

Kemudian akankah setra mengabaikan perasaan kedua adiknya demi memperjuangkan cintanya kepada Eden, ataukah justru ia harus merelakan Eden karena cinta yang ia miliki untuk kedua adiknya jauh lebih besar.

Buku-Buku dengan Tema Serupa

1. Tiga dalam Kayu

Buku Karya Renita Nozaria

Di masa depan, perpustakaan tak ubahnya pekuburan prehistoris. Di sanalah kita bertemu dengan seorang gadis, dan sebelas buku yang menceritakan sejarah dengan cara masing-masing.

Cerita dalam buku-buku itu sering terasa ganjil, kadang terasa begitu asing, kadang pula sebaliknya: terasa dekat, seperti kita tahu tentang apa sebetulnya cerita-cerita itu.

Setiap buku menyajikan cerita yang sepenuhnya berlainan dari buku lain, tetapi kita–sebagaimana gadis itu–tahu bahwa ada satu hal yang menghubungkan sebelas buku itu. Selanjutnya, kita diajak tenggelam dalam dunia di luar buku yang tak kalah ganjil, asing, dan dekat.

2. Kita Pergi Hari Ini

Buku Karya Renita Nozaria

Mi dan Ma dan Mo tidak pernah melihat kucing seperti Nona Gigi. Tentu saja, mereka sudah pernah melihat kucing biasa. Tapi Nona Gigi adalah Kucing Luar Biasa. Kucing Luar Biasa berarti kucing yang di luar kebiasaan.

Nona Gigi adalah “cara lain” yang dinantikan oleh Bapak dan Ibu Mo untuk menjaga Mi, Ma, dan Mo ketika keduanya keluar rumah mencari uang. Sebab di Kota Suara, semua uang yang tersedia di dasar laut sudah diambil oleh para perompak, uang di bawah tanah diambil oleh para perampok, dan uang di ranting pohon diambil oleh pengusaha kayu yang jahat.

Nona Gigi mengajak Mi dan Ma dan Mo dan Fifi dan Fufu—anak kembar Tetangga Baru bertualang mengunjungi tempat-tempat indah.

Mereka naik Kereta Air, bertemu Kolonel Jagung, bermain di Sirkus Sendu, dan menyaksikan kemegahan Kota Terapung Kucing Luar Biasa. Kita pergi hari ini. Ke tempat-tempat indah dalam mimpi-mimpi anak-anak baik-baik.

3. Sungguh, Kau Boleh Pergi: Kumpulan Sajak

Buku Karya Renita Nozaria

Apalagi urusan perasaan
Cinta bisa berganti benci
Percaya memudar berganti kusam ragu
Pun komitmen menipis berubah jadi lupa

Tapi aku akan tetap di sini
Meyakini bahwa
Besok pagi, malam pun akan berganti siang
Mawar baru akan merekah ulang
Dan hujan berikutnya pasti kan datang

Kau sungguh boleh pergi.

Buku ini adalah buku kedua kumpulan sajak Tere Liye dengan ilustrasi terbaiknya. Buku pertamanya masuk dalam daftar salah satu buku sajak paling laris di Indonesia.

4. Rapijali 3: Kembali

Buku Karya Renita Nozaria

Delapan tahun berlalu, Ping telah berhasil menjadi penyanyi terkenal yang merajai percaturan musik Indonesia. Pada puncak karirnya, bayangan kelam mengintai kesuksesan Ping dan menggerogotinya dari dalam.

Di titik terendahnya, Ping menemukan secercah kehidupan lama yang ia rindukan, termasuk kawan lamanya, Oding. Namun, segala sesuatunya tidak lagi sama.

Sementara itu, Reuni Akbar Sekolah Pradipa Bangsa mempertemukan band Rapijali yang sudah tercerai-berai. Setiap personel telah memiliki kehidupan dan pergumulan sendiri-sendiri.

Sebuah undangan pentas memaksa mereka berkumpul kembali. Sayangnya, proses yang harus mereka tempuh untuk bisa pentas bersama jauh dari sederhana.

Dapatkah Rapijali utuh kembali? Mampukah para anggota Rapijali menanggulangi konflik dalam hidup mereka masing-masing? Sanggupkah Ping sembuh dari berbagai luka masa lalu yang terabaikan sekian lama?

Rapijali 3: Kembali merupakan buku final yang menutup serial Rapijali.

Demikian rekomendasi buku-buku karya Renita Nozaria dan beberapa buku dengan tema serupa yang bisa Grameds dapatkan di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar Grameds memiliki informasi #LerbihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Written by Ananda