in ,

Bagaimana Cara Bekerja di Negeri Jiran Malaysia

Cara Bekerja Di Malaysia – Malaysia merupakan negara yang sangat populer bagi orang-orang untuk bermigrasi karena tidak hanya petualangan yang jauh, tetapi juga disana terdapat banyak tempat yang indah dengan kekayaan alam untuk mereka jelajahi selama mereka tinggal. Kesempatan kerja banyak dan biaya hidup relatif rendah.

Malaysia memiliki fasilitas perawatan kesehatan yang sangat baik dan ada banyak sekolah internasional untuk dipilih jika menetap bersama keluarga. Malaysia adalah negara berkembang sehingga  bagi Grameds yang berasal dari Indonesia, tentu saja tidak akan mengalami perubahan transisi terlalu banyak.

Apakah Grameds berminat untuk menjadi salah satu karyawan yang bekerja di Malaysia? Jika, iya yuk simak penjelasan berikut ini!

https://www.pexels.com/

Bekerja di Malaysia

Sama halnya dengan bekerja di Indonesia, untuk dapat bekerja di Negeri Jiran ini, Grameds juga harus melengkapi semua persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan, kemudian melamar sedini dan sesering mungkin. Bahkan, jika Grameds mempunyai koneksi di sana, tentu akan bermanfaat untuk mencari pekerjaan.

Di sisi lain, ada juga banyak orang di Malaysia yang tidak datang ke sana untuk bekerja. Mereka datang untuk menikmati hidup di negara yang indah ini. Sebagian besar dari mereka mengikuti program Malaysia My Second Home (MM2H) dimana mereka berhak membeli rumah kedua di Malaysia.

Beberapa tinggal di Malaysia selama beberapa bulan setiap tahun untuk berhibernasi, karena iklimnya tropis yang menyenangkan sehingga lebih baik dibandingkan dengan negara yang mempunyai empat musim.

Persyaratan Mencari Pekerjaan di Malaysia

1.   Melengkapi semua persyaratan

Sebelum mulai mencari pekerjaan, pastikan lagi untuk memeriksa dan melengkapi semua persyaratan bekerja di Malaysia. Ada berbagai jenis izin kerja yang dapat miliki, semua itu bergantung pada jenis pekerjaan dan keterampilannya.

  • Employment Pass: Pass ini dikeluarkan untuk karyawan dengan keterampilan khusus, biasanya untuk pekerjaan teknis atau manajerial. Jangka waktu minimal biasanya 2 tahun.
  • Izin Kerja Sementara: Dikeluarkan untuk pekerjaan kurang dari 2 tahun atau untuk pekerjaan dengan gaji bulanan kurang dari RM5,000.
  • Professional Visit Pass: Dikeluarkan untuk warga negara asing yang tetap bekerja oleh perusahaan di negara asal tetapi diwajibkan oleh perusahaan Malaysia untuk memberikan layanan tertentu untuk jangka waktu hingga 6 bulan.

2.   Mampu beradaptasi dengan budaya kerja di Malaysia

Syarat umum untuk bekerja di Malaysia adalah mampu beradaptasi dengan budaya kerjanya. Sebenarnya, budaya kerja di Malaysia hampir sama dengan di Indonesia, bergantung pada sektor industri apa yang dipilih.

3. Melamar pekerjaan

Untuk mencari pekerjaan, ada berbagai platform untuk mencari pekerjaan secara online, itu adalah cara mudah untuk menemukan peluang kerja dan menjangkau calon pemberi kerja. Agen perekrutan dan headhunter adalah jalan alternatif yang juga bisa dipertimbangkan.

Hal terpenting adalah mempunyai kecocokan yang kuat pada perusahaan yang dilamar. Jangan memilih jika tidak mempunyai skill pada profesi yang terpajang pada portal pencari kerja. Jaringan dan referensi juga dapat menjadi faktor besar dalam menemukan pekerjaan yang tepat.

4. Mempersiapkan wawancara

Setelah melamar pekerjaan yang diincar, biasanya yang terpilih akan dihubungi oleh perekrut. Umumnya, proses wawancara akan memakan waktu dari 2 minggu hingga 4 minggu. Pelamar harus mengikuti proses wawancara tersebut secara profesional, sekalipun  melalui telepon atau panggilan video.

5. Periksa tawaran pekerjaan

Setelah mendapatkan offering letter, biasanya setiap pelamar akan diberi waktu beberapa hari untuk memeriksa dokumen sebelum memutuskan apakah akan menerima tawaran pekerjaan itu atau tidak. Pastikan gaji sesuai dengan persyaratan izin kerja yang sesuai yang diinginkan. Perusahaan di Malaysia sangat khusus dalam proses perekrutan karyawan asing, tetapi tetap harus berhati-hati dengan segala kemungkinan hambatan yang mungkin terjadi.

6. Profesi khusus yang memerlukan pendaftaran sebelumnya

Di Malaysia, ada jenis pekerjaan tertentu yang mengharuskan untuk mendaftar ke pemerintah dan memberikan detail penting tentang sektor pekerjaan serta gaji. Pekerjaan tersebut biasanya di bidang keperawatan, farmasi, kedokteran, hukum, survei tanah, teknik, dan kedokteran gigi.

7. Mengajukan permohonan visa kerja

Pelamar harus berusia minimal 27 tahun atau lebih dan berpenghasilan minimal RM5.000 per bulan. Secara umum diharuskan memiliki kualifikasi dan pengalaman kerja yang relevan. Selain itu, pastikan untuk mendapatkan pekerjaan sebelum mengajukan visa kerja dan gaji yang diharapkan serta harus memenuhi kisaran minimum.

Jika kontrak kerja yang dimiliki ternyata lebih dari RM8,000 per bulan maka aplikasi izin kerja Anda akan langsung disetujui dan imigrasi menjamin bahwa Anda akan mendapatkan izin kerja Anda dalam waktu satu minggu.

tombol beli buku

Apa Persyaratan dan Batasan Usia Bekerja di Malaysia?

Untuk mendapatkan pekerjaan di Malaysia sebagai orang asing, wajib berusia minimal 27 tahun, kecuali untuk sektor IT yakni 23 tahun. Biasanya izin bekerja di Malaysia dikeluarkan untuk jangka waktu 2 sampai dengan 5 tahun. Prosedur untuk mendapatkan dokumen cukup rumit dan panjang bahkan bisa memakan waktu 2 hingga 6 bulan menunggu prosesnya.

Sebagai aturan, pekerja yang memenuhi syarat dan professional tingkat manajemen memiliki peluang lebih tinggi untuk mendapakan pekerjaan dan visa kerja. Terkadang sebuah perusahaan mungkin mencari pengalaman kerja minimal 2 tahun. Informasi lebih lengkapnya tentang persyaratan untuk pekerja asing dapat dilihat di situs resmi Departemen Imigrasi Malaysia – imi.gov.my

Selain umur, ada banyak syarat yang harus dipenuhi agar bisa kerja di Malaysia. Meskipun begitu, semua persyaratan tersebut akan bermanfaat juga nantinya bagi para Buruh Migran Indonesia (BMI) atau biasa disebut dengan Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Berikut ini adalah syarat-syarat kerja di Malaysia.

1. Visa Bekerja di Malaysia

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Saat ini Malaysia memang menjadi salah satu negara yang bebas visa. Namun visa bekerja berbeda dengan visa berkunjung sehingga setiap pekerja harus memilikinya.

2. Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi dapat diperoleh dari kepala Disnaker kabupaten atau kota.

3. Paspor Indonesia

Pastikan paspor yang dimiliki ini masih berlaku atau jika belum mempunyainya langsung mengurusnya di kantor imigrasi terdekat. Jika pernah membuat paspor sebelumnya, tinggal memperbaharuinya saja.

4. Terdaftar di DEPNAKER RI

Perusahaan Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS) atau agen yang akan menjadi perantara keberangkatan ke Malaysia haruslah yang sudah terdaftar di Depnaker Indonesia. Hal itu supaya kedatanganmu di Malaysia akan dianggap sah atau legal.

5. Kontrak Kerja

Sebelum berangkat harus sudah mengetahui siapa yang akan menjadi majikan atau pimpinan perusahaan dimana kamu bekerja. Hal ini dibuktikan dengan dokumen kontrak kerja yang sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak pelamar dan pelamar atau majikan.

tombol beli buku

6. Lulus Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan yang dimaksud adalah FOMEMA. Biaya yang dibutuhkan untuk mengikutinya adalah RM180 untuk calon TKI laki-laki dan RM190 untuk calon TKI perempuan. Bagi pelamar tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk tes fomema karena biaya ini akan ditanggung sepenuhnya oleh majikan atau perusahaan tempat bekerja.

 7. Permit Kerja

Permit kerja atau work pass ini nantinya akan diurus oleh majikan atau perusahaan karena akan ada biaya yang dikenakan setiap tahun. Setelah pihak yang mengurusnya telah menyelesaikan atau mendapatkan permit, barulah pelamar diperbolehkan bekerja di Malaysia.

8. Kartu Pengenal Pekerja Asing

Kartu Pengenal Pekerja Asing ini harus dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah Malaysia. Hampir sama dengan syarat di atas, biaya pengurusannya dibebankan kepada perusahaan, yang dikenakan biaya RM110.

Nantinya, penegak hukum setempat dapat mengakses data diri pekerja asing dengan cara memindai barcode yang ada di kartu tersebut. Atas kepemilikian kartu pengenal pekerja asing, otomatis akan terdaftar secara hukum sebagai tenaga kerja asing yang tinggal di Malaysia.

9. Terdaftar

Pastikan juga nantinya pelamar akan bekerja kepada majikan dan perusahaan yang nama dan alamatnya sudah tercantum dalam permit kerja. Sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, dapat mengurusnya dengan mudah, baik dari pemerintah Malaysia maupun pemerintah dari negara asal.

10. Program Asuransi Malaysia

Sebelum menandatangani kontrak kerja, pastikan bahwa pihak yang akan mempekerjakan atau perusahaan telah mendaftarkan pelamar dalam program asuransi di Malaysia. Ketentuan tersebut sudah ada dan tercantum pada Workmen Compensation Act tahun 1952. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi pekerja terutama terkait pemenuhan hak-hak sebagai tenaga kerja.

Selain syarat di atas, tak lupa harus mempersiapkan hal-hal kecil yang penting sekali sebelum berangkat ke Malaysia. Salah satunya adalah kesiapan mental dan berani beradaptasi dengan budaya baru serta terbuka oleh siapa saja untuk bergaul di Malaysia.

tombol beli buku

Pekerjaan Di Malaysia Yang Banyak Diminati

Seperti halnya semua negara lain, ada beberapa pekerjaan sangat diminati di Malaysia. Berikut adalah pekerjaan expat terbaik di Malaysia.

  1.   Pekerjaan IT

Industri teknologi berkembang pesat di seluruh Asia, terutama di Malaysia sehingga banyak perusahaan membutuhkan ilmuwan data yang dapat menganalisis statistik. Pemrogram juga diperlukan di hampir setiap industri, seperti halnya pakar AI dan insinyur perangkat lunak.

  1.   Teknik

Malaysia adalah rumah bagi pasar real estat yang sedang booming, sehingga membutuhkan banyak arsitek dan insinyur struktural. Jika memiliki keterampilan desain dan keahlian survei, kamu dapat mencari pekerjaan sebagai pengawas lokasi, manajer proyek senior, atau insinyur proyek.

  1.   Perbankan dan Keuangan

Dari ilmu aktuaria hingga teknologi keuangan, disana pelamar akan menemukan berbagai macam pekerjaan di Malaysia jika memiliki pengalaman di industri keuangan. Selain itu, ada kebutuhan yang meningkat akan akuntan dan auditor pajak.

  1.   Pemasaran Digital

Media sosial adalah bagian besar dari kehidupan kebanyakan orang Malaysia. Menurut Hootsuite dan We Are Social, Malaysia menempati urutan ke-5 dalam hal penetrasi media sosial. Itu berarti perusahaan di semua sektor mencari manajer media sosial untuk membangun kehadiran merek mereka.

Ini tidak berarti hanya mengirimkan konten begitu saja atau membuat posting Facebook mingguan. Tetapi, harus mengetahui cara mengembangkan konten, memelihara kalender konten strategis, dan mengetahui cara menggunakan alat analisis.

  1.   Pariwisata

Malaysia merupakan negara tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing sehingga perusahaan membutuhkan karyawan yang profesional dengan pengalaman industri perhotelan dan jasa untuk memenuhi permintaan. Selain karir di hotel, restoran, dan resort, industri spa juga berkembang pesat.

Dengan keahlian yang tepat, semua pelamar bisa mendapatkan pekerjaan sebagai terapis spa profesional. Sektor pariwisata menampilkan beberapa pekerjaan ekspatriat terbaik di Malaysia, terutama jika pelamar memiliki keterampilan berbicara bahasa Inggris.

  1. Guru

Penutur asli bahasa Inggris hampir setiap saat dibutuhkan karena bahasa Inggris sebagai bahasa kedua di Asia.

tombol beli buku

Apa Kelebihan Bekerja di Malaysia?

Berikut dibawah ini beberapa alasan mengapa banyak orang yang berminat untuk menjadi pekerja asing di Malaysia

1) Ramah

Orang-orang Malaysia sama seperti di Indonesia yang terkenal hangat dan ramah. Kebanyakan warga negara asing yang tinggal di sana mengatakan bahwa mereka memiliki banyak teman Malaysia. Sebagian besar orang di Malaysia berkomunikasi dengan bahasa Inggris yang membuat banyak orang mudah bergaul.

2) Biaya hidup rendah

Malaysia adalah negara dengan biaya hidup yang rendah untuk ditinggali. Dua barang mahal yang paling banyak dikeluhkan di Malaysia adalah minuman beralkohol dan kendaraan bermotor. Namun, bensin lebih murah daripada di kebanyakan negara lain. Harga restoran umumnya rendah sehingga ini dapat mengimbangi biaya minuman beralkohol yang lebih tinggi dan banyak tempat menawarkan happy hour yang diperpanjang jika jeli melihatnya.

Tingginya pajak kendaraan bermotor berlaku untuk sebagian besar negara di Asia. Harga rumah dan apartemen telah meningkat cukup banyak selama beberapa tahun terakhir tetapi masih cukup masuk akal dan merupakan pasar pembeli.

3) Makanan

Malaysia memiliki tiga jenis masakan lokal utama – Melayu, Cina dan India yang banyak digemari  oleh kebanyakan orang asing. Jika kamu lebih suka hidangan barat, ada banyak restoran yang menawarkan berbagai macam masakan. Produk makanan dari seluruh dunia juga dapat ditemukan di banyak gerai supermarket besar.

tombol beli buku

4) Keindahan alam

Malaysia memiliki keunggulan sebagai salah satu negara berpenduduk terendah di Asia. Ini berarti banyak pedesaan yang masih alami di mana selain bekerja kamu dapat menjelajahi hutan hujan, bukit dan pulau-pulau tropis, atau bersantai di banyak pantai. Ada juga sejumlah besar hotel berbintang yang memiliki beberapa tarif kamar terendah di Asia yang membuat perjalanan domestik menyenangkan dan bernilai baik.

5) Keselamatan dan kesehatan

Tingkat kejahatan di Malaysia umumnya lebih rendah daripada di sebagian besar negara barat. Kebanyakan pekerjaan mengatakan mereka merasa lebih aman tinggal di sini daripada di negara mereka sendiri. Layanan kesehatan efisien dan fasilitas medis kelas satu tersedia di semua kota besar dengan rumah sakit yang lengkap dan klinik yang dijalankan oleh staf yang berkualifikasi tinggi. Biaya medis lebih rendah daripada banyak negara lain.

6) Pendidikan

Bagi pelamar yang membawa keluarganya, Malaysia menawarkan fasilitas pendidikan yang berkualitas. Ada beberapa sekolah internasional yang sangat baik serta perguruan tinggi swasta dan universitas yang telah menerima banyak orang asing.

7) Akomodasi

Rumah terpisah (atau bungalow, demikian sebutannya di Malaysia) tersedia secara luas untuk disewakan dan dibeli oleh pekerja asing yang memilih untuk memiliki properti sendiri dengan fasilitas yang lengkap. Disana juga terdapat banyak pilihan apartemen yang beragam. Mereka juga menawarkan keamanan yang baik jika berencana untuk bepergian dan meninggalkan rumah tanpa pengawasan.

tombol beli buku

Nah, itulah ulasan mengenai bagaimana cara melamar pekerjaan di Malaysia. Apakah Grameds tertarik untuk bekerja di Malaysia? Jika iya, lebih baik mulai dari sekarang pelajari bagaimana menulis CV dan surat lamaran kerja yang baik atau mempelajari budaya Malaysia ya…

Penulis: Audrey Aulivia Wiranto

Baca Juga:

  1. 21 Website Penghasil Uang
  2. Tips Bekerja di Singapura
  3. Situs Lowongan Kerja Terbaik
  4. Cara Menjawab Alasan Melamar Kerja Ketika Interview
  5. Mengenal Apa Itu TOEIC
  6. Pengertian dan Macam-Macam Skill
  7. Contoh Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Ketika Interview

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum