in

10 Contoh Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Interview 

10 Contoh Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Interview – Dalam mempersiapkan diri untuk melakukan interview untuk melamar pekerjaan atau kepentingan lainnya, pada umumnya kamu akan diajukan pertanyaan terkait kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki.

 

Pada dasarnya memang tidak ada jawaban yang salah, namun jawaban yang kamu berikan dapat menjadi gambaran tentang diri kamu melalui sudut pandang recruiter. Oleh sebab itu, agar tahap wawancara kamu dapat berjalan dengan baik, terdapat beberapa contoh jawaban terkait pertanyaan ini yang bisa kamu berikan. Simak informasi berikut.

Contoh Jawaban dari Pertanyaan Kelebihan serta Kekurangan Diri saat Wawancara Kerja

Sebelum menghadapi wawancara atau interview kerja, akan lebih baik jika kamu mempersiapkan jawaban untuk beberapa pertanyaan yang seringkali ditanyakan saat tahapan tersebut. Salah satunya adalah jawaban dari pertanyaan kelebihan dan kekurangan diri.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi atas jawaban yang dapat mempengaruhi hasil dari wawancara tersebut. Pada umumnya, jawaban dari kelebihan diri yang kamu miliki adalah kelebihan yang secara langsung dapat digunakan atau diimplementasikan ke dalam dunia kerja.

Selain itu, kekurangan yang kamu utarakan juga tidak membawa pengaruh besar atau signifikan terhadap performa atau hasil dari bidang kerja yang kamu tekuni. Untuk lebih memahami jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini, berikut adalah beberapa contoh jawaban dari kelebihan serta kekurangan diri saat melakukan wawancara kerja.

High Impact Interview Questions Second Edition

tombol beli buku

Deskripsi Buku:

Ask the right questions. Hire the best people. Most prospective hires come well prepared. So how do you get past the polished exteriors and rehearsed replies to discover what applicants are actually like? High-Impact Interview Questions shows you how to dig deeper using competency-based behavioral interviewing methods to uncover truly relevant and …

 

Contoh Kelebihan Diri saat Wawancara Kerja

Berikut ini jawaban dari pertanyaan kelebihan diri yang dapat kamu berikan ketika wawancara pekerjaan.

  • Percaya diri yang tinggi

Kelebihan diri pertama yang dapat menjadi jawaban dari pertanyaan saat wawancara kerja adalah kepercayaan diri yang tinggi. Dalam menyampaikan pernyataan ini, sangat penting untuk memberikan energi yang positif serta gestur tubuh yang baik agar recruiter yakin akan jawaban yang kamu berikan.

Namun, kamu juga harus memperhatikan bahwa jawaban yang kamu berikan tidak terkesan arogan maupun berlebihan walaupun kamu memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Kamu juga dapat memberikan contohnya melalui penerapan dalam kehidupan sehari-hari, hasil kerja, maupun saat pengambilan keputusan.

 

  • Komitmen tinggi atas pekerjaan

Kelebihan diri kedua yang dapat menjadi jawaban dari pertanyaan saat wawancara kerja adalah komitmen tinggi atas pekerjaan yang diberikan. Hal yang harus diperhatikan dalam memberikan jawaban ini adalah untuk tidak melebih-lebihkan kemampuan yang kamu miliki.

Banyak perusahaan yang menyukai seseorang yang memiliki dedikasi serta komitmen terhadap pekerjaannya yang tinggi, namun kamu juga harus menghindari memberikan jawaban yang bisa memberikan kesan terlalu berlebihan dan juga kurang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

Kamu dapat memberikan contoh seperti selalu bangga serta berpandangan positif terhadap perusahaan yang menjadi tempat kamu bekerja serta mampu fokus dan mau mengerahkan segala yang kamu miliki untuk menyelesaikan pekerjaan yang diberikan.

 

  • Semangat positif

Kelebihan diri ketiga yang dapat menjadi jawaban dari pertanyaan saat wawancara kerja adalah semangat positif pada setiap pekerjaan. Hal yang harus diperhatikan adalah untuk tetap tenang dan santai ketika memberikan jawaban.

Hal ini dikarenakan kamu tidak ingin memberikan kesan yang terlalu berlebihan maupun berapi-api kepada recruiter. Untuk menunjukkan semangat positif sendiri kamu juga bisa menjelaskan bahwa pada setiap yang nantinya diberikan, kamu akan selalu berusaha untuk menemukan sisi positifnya agar tidak terasa berat dan menikmati pekerjaan yang diberikan.

 

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

  • Rapi

Kelebihan diri keempat yang dapat menjadi jawaban dari pertanyaan saat wawancara kerja adalah rapi. Hal ini juga bisa ditunjukkan melalui penampilan yang kamu presentasikan ketika diwawancara.

Penampilan yang seringkali menjadi nilai penting di dunia kerja khususnya untuk perusahaan besar. Namun, hal yang dimaksud rapi dalam konteks ini bukan hanya soal penampilan. Namun, bagaimana kamu melaksanakan pekerjaan yang kamu berikan. Apakah kamu mengerjakannya sesuai dengan tata urutan serta memperhatikan segala detail yang ada.

 

Jobs Test & Interview Undercover

tombol beli buku

Deskripsi Buku:

Pernah ditolak saat melamar kerja atau berkali-kali melamar tetapi sulit mendapatkan pekerjaan yang diharapkan? Memperoleh pekerjaan memang bukan perkara mudah. Banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan, seperti tahapan seleksi kerja yang panjang dan sulit serta persaingan antarpelamar kerja yang tidak sedikit. Kondisi ini akan menyulitkanmu mendapatkan pekerjaan yang diharapkan. Namun, jangan khawatir! Buku ini akan membantumu mendapatkan karier impian. Buku ini membongkar rahasia sukses seleksi penerimaan karyawan baru yang ditulis langsung oleh konsultan karier berpengalaman.

  • Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik

Kelebihan diri kelima yang dapat menjadi jawaban dari pertanyaan saat wawancara kerja adalah memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Hal ini dikarenakan dalam sebuah pekerjaan apapun, kemampuan berkomunikasi yang baik menjadi aspek penting yang menjadi pertimbangan.

Kemampuan komunikasi yang baik sendiri tidak selalu harus digunakan dalam pekerjaan, namun bagaimana kamu dapat bersosialisasi di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya kemampuan berkomunikasi yang baik, seseorang dapat menerima koordinasi dengan baik serta menjalin hubungan kerja yang baik di dalam sebuah perusahaan. Kamu juga bisa menunjukkan kemampuan ini dengan tidak bertele-tele, tegas, serta menggunakan bahasa yang mudah dimengerti ketika sesi wawancara.

 

  • Memiliki kemampuan interpersonal yang baik

Kelebihan diri keenam yang dapat menjadi jawaban dari pertanyaan saat wawancara kerja adalah memiliki kemampuan interpersonal yang baik. Dimana, seseorang yang memiliki kemampuan interpersonal yang baik dapat dengan mudah membangun hubungan kerja yang baik.

Selain itu, jika pekerjaan yang kamu miliki berhubungan dengan konsumen, seringkali dapat memberikan nilai tambah untuk kemampuan bernegosiasi. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang sangat mengedepankan nilai interpersonal, khususnya agensi iklan yang harus terus menerus menjalin hubungan dengan konsumen.

 

  • Mampu bekerja di dalam sebuah tim

Kelebihan diri ketujuh yang dapat menjadi jawaban dari pertanyaan saat wawancara kerja adalah mampu bekerja di dalam sebuah tim. Hal ini juga seringkali diperhatikan oleh perusahaan. Walaupun deskripsi pekerjaan yang ada tidak menekankan poin ini, seseorang yang mampu bekerja di dalam sebuah tim juga menggambarkan seseorang yang dapat beradaptasi.

Walaupun kamu lebih menyukai bekerja sendiri, seringkali di sebuah perusahaan kita dihadapkan dengan situasi yang mengharuskan kamu untuk dapat bekerja dengan anggota perusahaan lainnya. Oleh sebab itu, jika kamu bukan orang yang dapat beradaptasi dengan mudah, kamu dapat melatihnya dengan mengikuti berbagai organisasi kampus maupun bersama teman-teman sekitarmu.

 

  • Memiliki kepribadian yang menyenangkan

Kelebihan diri kedelapan yang dapat menjadi jawaban dari pertanyaan saat wawancara kerja adalah memiliki kepribadian yang menyenangkan. Dengan memiliki kepribadian yang baik, kamu akan lebih mudah diterima dan disukai oleh orang-orang yang ada disekitarmu.

Seperti dibahas pada poin sebelumnya, mampu bekerja sama dengan orang lain di sebuah perusahaan merupakan hal penting. Oleh sebab itu, nilai kepribadian menjadi poin penting yang dicari dan dipertimbangkan perusahaan.

 

  • Senang dan mau untuk belajar berbagai hal baru

Kelebihan diri kesembilan yang dapat menjadi jawaban dari pertanyaan saat wawancara kerja adalah adanya keinginan untuk mempelajari berbagai hal baru yang ada disekitarmu. Hal ini dikarenakan ketika kamu berada di dunia kerja, segala hal tidak selalu berjalan sesuai keinginan diri.

Hal ini juga tercermin bagaimana seringkali kamu akan ditempatkan di situasi dimana kamu harus dapat beradaptasi dan mau belajar berbagai hal baru. Dengan memiliki kemampuan ini, kamu bisa menunjukkan kepada perusahaan bahwa kamu tidak takut untuk keluar dari zona nyaman atau comfort zone dirimu.

 

  • Memiliki passion atas bidang pekerjaan yang dilakukan

Kelebihan diri kesepuluh yang dapat menjadi jawaban dari pertanyaan saat wawancara kerja adalah memiliki passion yang tinggi atas pekerjaan yang akan atau dilakukan. Ketika kamu melamar sebuah pekerjaan, seorang recruiter ingin melihat seberapa besar keinginan kamu untuk memiliki pekerjaan tersebut.

Oleh sebab itu, kamu harus dapat menunjukkan antusias serta kegembiraan atas pekerjaan tersebut. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil pekerjaan yang diberikan nantinya.

Powerful Phrases For Successful Interviews

tombol beli buku

Deskripsi Buku:

The job market is awash with qualified applicants. Yet employers rarely select based solely on merit. Instead, most hiring decisions are gut-level evaluations made in the first few minutes of an interview. What people say determines who lands a job and who does not. Hiring expert Tony Beshara knows the words that trigger “yes” in the minds of employ

Contoh Kekurangan Diri saat Wawancara Kerja

Berikut ini jawaban dari pertanyaan kekurangan diri yang dapat kamu berikan ketika wawancara pekerjaan.

  • Pengalaman yang dimiliki masih kurang

Kekurangan diri pertama yang dapat menjadi jawaban dari pertanyaan saat wawancara kerja adalah memiliki pengalaman yang masih kurang. Hal ini seringkali dialami khususnya bagi para fresh graduate atau lulusan baru yang belum memiliki pengalaman banyak atas dunia kerja.

Walaupun begitu, terdapat beberapa hal yang dapat kamu lakukan. Seperti menekankan apa saja yang telah dilakukan untuk menunjang karir yang kamu pilih. Contohnya, jika kamu ingin menjadi copywriter atau content writer, kamu dapat mengikuti seminar maupun mengambil mata kuliah terkait bidang tersebut.

 

  • Kurang menguasai bidang tertentu yang tidak memiliki kaitan dengan pekerjaan

Kekurangan diri kedua yang dapat menjadi jawaban dari pertanyaan saat wawancara kerja adalah kurang menguasai kemampuan atau bidang tertentu yang tidak memiliki kaitannya dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Seperti contohnya adalah, ketika kamu melamar menjadi copywriter, kamu dapat menjawab dengan kurangnya kemampuan akan bidang matematika. Walaupun dengan menjadi copywriter tidak memiliki hubungan dengan bidang matematika, kamu juga bisa memberikan solusi dan cara kamu mengatasi kelemahan yang kamu miliki tersebut.

 

  • Memiliki tingkat kesabaran yang rendah

Kekurangan diri ketiga yang dapat menjadi jawaban dari pertanyaan saat wawancara kerja adalah memiliki tingkat kesabaran yang rendah atau kurang sabaran. Hal ini juga bisa kamu jelaskan dengan bagaimana kamu bukanlah orang yang suka menunda pekerjaan dan selalu ingin menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

Selain itu, kamu juga bisa menjelaskan bagaimana kamu suka membuat daftar tentang apa yang kamu ingin kerjakan sehingga tidak ada pekerjaan yang terlewatkan dan menentukan tingkat prioritas dari sebuah pekerjaan.

  • Terlalu fokus akan detail 

Kekurangan diri keempat yang dapat menjadi jawaban dari pertanyaan saat wawancara kerja adalah terlalu fokus atas detail yang berlebih atau juga yang sering disebut dengan detail oriented person. Kamu juga bisa menjelaskan bahwa walaupun poin ini merupakan kekurangan, dalam beberapa pekerjaan kemampuan ini bisa menjadi kelebihan tersendiri.

Dengan memberikan contoh dan bagaimana kamu mengimplementasikannya, recruiter dapat menangkap kesan positif yang berusaha kamu sampaikan. Dengan memiliki tingkat fokus yang tinggi, nilai kesalahan atas pekerjaan yang nantinya diberikan akan semakin kecil.

 

  • Kurang terorganisir

Kekurangan diri kelima yang dapat menjadi jawaban dari pertanyaan saat wawancara kerja adalah kurang terorganisir atau berantakan. Hal ini dapat berupa bagaimana kamu menata pekerjaan, ruang lingkup kerja yang kamu miliki, dan sebagainya.

Kamu juga dapat memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan ini, seperti membuat daftar hal yang harus kamu lakukan dan melakukan pembersihan ruang lingkup kerja untuk mengurangi permasalahan tersebut.

 

  • Memiliki kepercayaan diri yang rendah

Kekurangan diri keenam yang dapat menjadi jawaban dari pertanyaan saat wawancara kerja adalah memiliki kepercayaan diri yang rendah. Hal ini sering dialami khususnya bagi orang-orang introvert yang sulit beradaptasi dengan lingkungan baru.

Dengan memberikan jawaban ini, kamu juga harus dapat memberikan solusi yang kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan ini. Contohnya, ketika kamu sulit untuk berbicara di depan banyak orang, kamu mengambil mata kuliah atau kursus yang berhubungan dengan public speaking untuk mengurangi permasalahan tersebut dan lebih percaya diri ketika diperlukan untuk berbicara di depan banyak orang.

 

  • Sulit untuk membagi pekerjaan dengan orang lain

Kekurangan diri ketujuh yang dapat menjadi jawaban dari pertanyaan saat wawancara kerja adalah memiliki kesulitan untuk membagi pekerjaan dengan orang lain. Hal ini sering dialami oleh orang-orang yang lebih suka untuk bekerja sendiri.

Namun, dalam dunia kerja sangat penting untuk dapat bekerja di dalam sebuah tim untuk melakukan sebuah pekerjaan. Dengan sulit untuk beradaptasi, kamu juga akan sulit untuk naik pangkat karena harus terus menerus berkoordinasi dengan orang lain.

Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu harus lebih memiliki kepercayaan atas orang lain untuk mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik. Dengan begitu, kamu akan diringankan beban untuk selalu bekerja sendiri, dan mendapatkan banyak manfaat dari bekerja dalam sebuah tim.

English For Job Seekers: Panduan Lengkap Bahasa Inggris Untuk Pelamar Kerja

tombol beli buku

Deskripsi Buku:

SECARA RUNUT BUKU INI AKAN MEMANDU PEMBACA UNTUK MENJAWAB CERDIK 50 PERTANYAAN TES WAWANCARA BAHASA INGGRIS, MENGUASAI TRIK DAN TIPS MENGERJAKAN TOEFL, MENULISKAN SURAT LAMARAN BERBAHASA INGGRIS YANG MEMIKAT DAN MENYUSUN CV DALAM BAHASA INGGRIS YANG MENARIK.

  • Memiliki kemampuan berbahasa asing yang minim

Kekurangan diri kedelapan yang dapat menjadi jawaban dari pertanyaan saat wawancara kerja adalah memiliki kemampuan berbahasa asing yang minim. Dimana, pada perusahaan yang ada saat ini, memiliki kemampuan ini menjadi sebuah kualifikasi penting khususnya bagi perusahaan multinasional.

Walaupun kamu kurang menguasai kemampuan berbahasa asing, akan sangat penting untuk menunjukkan keinginan atau niatan untuk terus berkembang dan melatih kemampuan ini dengan contoh yang konkrit. Seperti contohnya mengikuti kursus maupun ujian kompetensi bahasa yang ada.

 

  • Sulit untuk mempercayai orang lain

Kekurangan diri kesembilan yang dapat menjadi jawaban dari pertanyaan saat wawancara kerja adalah sulit untuk dapat mempercayai orang lain. Kembali lagi dari poin sebelumnya, dimana jika kamu sulit untuk mempercayai orang lain, kamu hanya menambahkan beban pada dirimu sendiri.

Untuk bekerja di sebuah tim dengan baik, sangat penting untuk mempercayai rekan kerja lainnya untuk melakukan pekerjaannya dengan baik. Oleh sebab itu, kamu harus dapat beradaptasi dan mengurangi sifat ini. Kamu juga dapat menyampaikan dengan baik pada rekan kerja lainnya, jika ada hal yang harus diperhatikan atau diubah dalam mengerjakan sebuah pekerjaan.

 

  • Mudah kecewa

Kekurangan diri kesepuluh yang dapat menjadi jawaban dari pertanyaan saat wawancara kerja adalah mudah merasa kecewa. Hal ini dapat berkaitan dengan performa kerja, dimana jika kamu melakukan sebuah kesalahan maupun mengalami kegagalan ketika melakukan sesuatu.

Namun, hal penting yang harus kamu tekankan juga adalah bagaimana cara untuk mengurangi rasa kecewa tersebut dan menjadikan kesalahan maupun kegagalan yang kamu alami sebagai batu loncatan untuk menjadi lebih baik lagi.

Berikut berbagai contoh jawaban yang dapat Grameds berikan ketika mendapat pertanyaan terkait kelebihan serta kekurangan diri ketika wawancara kerja. Hal yang paling penting dalam menjawab pertanyaan ini adalah yakin dan mampu memberikan penjelasan yang sesuai atas segala permasalahan yang ada.

Bagi Grameds, yang ingin mengasah serta melatih kemampuannya dalam tahap wawancara kerja, berbagai buku yang ada di Gramedia juga dapat dijadikan referensi pembelajaran untuk dapat lebih mengembangkan kemampuan yang dimiliki!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Chelsea