Biologi

Trakea: Pengertian, Fungsi, dan Gangguan Pada Trakea

Written by Laeli Nur Azizah

Apa itu Trakea? – Apakah kamu mengetahui apa itu trakea yang ada di dalam tubuh kita? Jadi, trakea adalah pernapasan manusia yang berbentuk seperti tabung besar. Fungsi dari trakea sebagai bagian dari dalam sistem pernapasan manusia ternyata tak hanya satu saja.

Dalam hal tersebut, trakea mempunyai beberapa fungsi yang sudah menjadikannya sebagai salah satu bagian terpenting yang tidak dapat diabaikan demi menjaga supaya proses pernapasan berlangsung dengan baik. Lalu, apa saja fungsi dari trakea pada sistem pernapasan manusia? Sebelum membahasnya lebih jauh, yuk kenali dulu apa itu trakea yang ada di bawah ini.

Trakea Adalah

Trakea atau batang kerongkongan adalah sebuah tabung udara yang memiliki ukuran yang besar dan mengarah dari kotak suara atau laring sampai ke bronkus atau saluran udara ke paru-paru. Mempunyai panjang 10 cm dan juga lebar sekitar 2,5 cm, trakea ini terdiri dari otot halus dan tulang rawan yang berbentuk seperti cincin. Trakea sendiri bersifat fleksibel namun tetap kuat. Letak dari trakea ini ada di bagian tengah leher dan dekat ke bagian distal bergeser ke sebelah kanan. Sekitar sepertiga dari trakea terletak di bagian leher, akan tetapi sisanya terletak di mediastinum.

Trakea adalah salah satu organ yang termasuk terletak di saluran pernapasan bagian bawah bersama dengan bronkus, paru-paru, alveolus, dan bronkiolus. Susunan pada trakea ini terdiri dari otot dan tulang rawan yang berbentuk cincin sebanyak 16 hingga 22 buah. Tulang cincin tersebut yang nantinya akan membantu supaya udara bisa keluar masuk dengan lancar.

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Gangguan Sistem Pencernaan

Struktur Trakea

Sebelum memahami apa saja fungsi dari trakea, yuk lengkapi dulu pengetahuan tentang struktur trakea.

Dilansir dari jurnal yang berjudul Annals of Cardiothoracic Surgery, trakea adalah organ dalam tubuh yang terletak diantara paru-paru. Dengan struktur tubular tulang rawan yang menghubungkan antara laring dengan bronkus, trakea ini menjadi jalan masuk udara menuju ke paru-paru. Di dalam struktur trakea, ada banyak sekali tulang rawan, seperti tulang krikoid yang berada di pangkal trakea.

Kemudian, ada juga cairan yang berada di bagian ujung trakea dan bronkus utama kanan yang mempunyai sudut curam dan bronkus utama kiri yang cenderung lebih datar. Biasanya, trakea yang ada di dalam tubuh perempuan cenderung lebih pendek dibandingkan dengan yang dimiliki oleh laki-laki.

Fungsi Trakea

Setelah memahami apa itu trakea, maka pembahasan berikutnya yaitu kamu perlu memahami tentang pentingnya fungsi trakea. Berikut ini adalah beberapa fungsi trakea yang perlu diketahui, antara lain:

1. Meneruskan Udara Menuju ke Paru-paru

Fungsi trakea yang harus kamu ketahui pertama yakni meneruskan udara yang menuju ke bagian paru-paru. Hal tersebut bisa dikatakan bahwa fungsi dari trakea adalah sebagai penghubung udara yang pada saat kita bernapas bisa masuk sampai ke paru-paru. Ketika udara masuk, maka udara tersebut akan dihangatkan terlebih dulu dan dilembabkan oleh trakea dan pada akhirnya masuk ke dalam paru-paru.

2. Membantu Sistem Pencernaan

Meskipun trakea adalah salah satu organ yang ada pada sistem pernapasan, trakea juga berfungsi dalam membantu sistem pencernaan loh. Hal tersebut terjadi karena trakea bisa memberikan ruang yang lebih longgar supaya tulang-tulang rawan yang ada di kerongkongan menjadi lebih fleksibel. Kondisi tersebut pada akhirnya membuat proses menelan makanan menjadi semakin mudah. Sehingga membantu jalannya sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

3. Mencegah Masuknya Benda Asing

Fungsi trakea berikutnya yang perlu dipahami adalah dapat mencegah masuknya benda asing ke dalam tubuh. Hal tersebut karena trakea mempunyai lendir dan rambut-rambut kecil atau silia yang ada pada dindingnya. Lending yang ada di dinding trakea tersebut akan mencegah masuknya berbagai macam benda asing seperti bakteri, virus, ataupun jamur. Sementara silia atau rambut-rambut halus kecil akan membawa benda asing tersebut masuk ke atas menuju mulut.

4. Membantu Batuk

Fungsi selanjutnya dari trakea adalah dapat membantu kita batuk. Sebab, ketika kita batuk, maka otot-otot trakea akan berkontraksi dan mempersempit lumen trakea. Hal tersebut bertujuan untuk membuat udara bisa mengalir lebih cepat melalui trakea. Hingga pada akhirnya ketika batuk, lendir ataupun partikel lainnya bisa mudah untuk dikeluarkan.

Keperawatan Medikal Bedah Asuhan Keperawatan Gangguan Sistem Pencernaan 1

Kelainan Pada Trakea

Setelah mengetahui berbagai macam fungsi trakea, berikutnya kita akan membahas tentang berbagai ancaman yang mungkin saja bisa terjadi pada trakea. Terdapat beberapa gangguan atau kelainan medis yang mungkin bisa terjadi pada trakea, diantaranya yaitu:

1. Penyempitan Trakea

Siapa sangka bahwa ternyata organ yang cukup penting di dalam sistem pernapasan ini bisa mengalami penyempitan. Faktanya, penyempitan yang terjadi pada trakea sangatlah mungkin terjadi. Kondisi tersebut disebut sebagai stenosis trakea dan merupakan salah satu penyempitan yang disebabkan oleh adanya jaringan luka yang ada di dalam trakea.

2. Infeksi Trakea

Infeksi trakea ini juga sering disebut sebagai trakeitis. Dimana infeksi ini bisa mengganggu fungsi trakea dan menyebabkan gejala yang tidak diinginkan seperti halnya batuk, kesulitan untuk bernapas, sampai demam. Selain itu, infeksi ini bisa terjadi akibat adanya bakteri dan biasanya bisa menyerang anak-anak.

3. Penyumbatan Trakea

Selain penyempitan, trakea juga bisa mengalami penyumbatan. Yang mana dalam hal tersebut, biasanya disebabkan oleh adanya benda asing yang masuk ke dalam tubuh seperti makanan, zat kimia, dan juga suatu benda. Penyumbatan trakea ini bisa menyebabkan aliran udara menjadi terhambat. Sehingga hal itu akan menyebabkan kesulitan bernapas.

4. Trakeomalasia

Penyebab terganggunya fungsi trakea berikutnya adalah kondisi trakeomalasia yang mana bisa membuat trakea menjadi sangat lunak. Sehingga hal itu bisa menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan untuk bernapas. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh adanya infeksi karena kebiasaan merokok ataupun karena kondisi dari lahir.

5. Kanker Trakea

Penyakit atau gangguan yang ada pada trakea yang cukup berbahaya adalah kanker trakea. Walaupun masih jarang orang yang menderita penyakit ini, faktanya penyakit trakea yang satu ini cukup menjadi ancaman yang sangat serius. Penderita kanker trakea akan mengalami gangguan pernapasan seperti batuk, napas berbunyi, dan juga sesak napas. Selain itu, orang yang menderita kanker trakea juga bisa mengalami batuk darah dan kesulitan untuk menelan. Apabila kamu melihat tanda-tanda tersebut, alangkah lebih baik untuk segera cek ke dokter. Dokter mungkin akan melakukan beberapa tindakan medis seperti berikut ini:

– MRI scan
– Bronkoskopi
– Rontgen dada

6. Fistula Trakea-Esofagus (TEF)

Kondisi gangguan yang terjadi pada trakea ini adalah fistula trakea-esofagus atau TEF. Gangguan tersebut merupakan kondisi dimana trakea dan esofagus saling terhubungan di dalam satu saluran. Biasanya, hal ini terjadi akibat bawaan dari lahir. Akibatnya, penderita TEF ini sangat rawan mengalami aspirasi paru-paru. Karena makanan yang masuk ke dalam kerongkongan akan tersalurkan ke trakea.

Buku Ajar Anatomi Fisiologi dan Gangguan Sistem Pencernaan

Tentang Donor Trakea

Dengan adanya gangguan dan juga masalah kesehatan yang mengancam fungsi dari trakea, ilmu medis mulai semakin berkembang. Dilansir dari jurnal Diagnosis and Management of Tracheal Neoplasm, donor pada trakea ternyata mungkin saja dilakukan. Terdapat 4 pendekatan dalam melakukan penggantian trakea, diantaranya yaitu:

– Allotransplantasi
– Rekonstruksi jaringan autologus
– Bioprosthesis
– Rekayasa jaringan

Namun, hal tersebut masih terus dilakukan penelitian lebih lanjut dan observasi sebelum memutuskan untuk melakukan tindakan medis tersebut.

Demikian informasi mengenai pengertian dan fungsi trakea yang menjadi salah satu organ di dalam sistem pencernaan. Mengingat fungsi trakea yang sangat penting untuk tubuh, maka pastikan untuk selalu menjaga kesehatannya supaya terhindar dari berbagai jenis gangguan yang bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien