Biologi

20 Fakta Ikan Piranha yang Menarik dan Perlu Kamu Ketahui!

Fakta Ikan Piranha
Written by Ananda

Ikan Piranha – Bagi Grameds yang pernah menonton film Piranha, pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan yang satu ini. Ikan ini tampak menyeramkan dengan gigi yang runcing dan siap menerkam jika mereka datang dengan gerombolannya. Pesta pantai yang dinikmati para turis langsung berubah menjadi teror yang menyeramkan.

Bagi sebagian orang mungkin saja belum mengetahui lebih jauh tentang ikan ini terutama tentang fakta-faktanya. Selain Itu, tak semua orang juga mengetahui habitat dari ikan piran itu sendiri. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang ikan piranha hingga fakta menarik ikan ini. Jadi, simak artikel ini sampai habis ya.

Mengenal Ikan Piranha

Piranha sebagai ikan yang berasal dari Amerika Selatan yang terkenal dengan sebutan predator biasa dengan gigi yang runcing. Namun, faktanya tidak semua spesies piranha pemakan daging, ada beberapa spesies ikan piranha yang vegetarian.

Ikan ini terkenal dengan giginya yang tajam dan mempunyai selera makan yang rakus. Kebanyakan piranha dewasa memakan buah dan biji–bijian. Piranha muda biasa memakan mamalia kecil, serangga hingga ular.

Mereka akan menjadi lebih agresif ketika sumber makanan normal mereka menjadi langka. Saat ketinggian air tempat mereka tinggal turun selama musim kemarau, maka ikan ini akan terperangkap di kolam yang tergenang selama berminggu–minggu. Ketika semua makanan di kolam tersebut habis, ikan ini dapat memakan apa saja yang masuk ke dalam air.

Di Indonesia sendiri, ikan ini banyak dijual secara online dipasaran sebagai ikan hias yang banyak disukai konsumen bahkan ada yang membudidayakan. Dalam penelitian, ikan piranha mempunyai 60 jenis. Namun, dari 60 jenis ikan tersebut ada beberapa yang tidak boleh dibudidayakan menjadi ikan hias.

Dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41 Tahun 2014 bahwa ikan ini dilarang masuk ke wilayah perairan Indonesia. Hal ini dikarenakan ikan yang disebut piranha ini merupakan ikan predator dan dapat memangsa ikan lain. Tidak hanya itu, ia juga akan melahap udang, katak hingga burung yang akan membahayakan ikan asli di Indonesia.

Meskipun digambarkan sebagai ikan yang memakan daging atau karnivora, beberapa piranha merupakan omnivora (pemakan segalanya). Ikan ini juga tidak akan memakan manusia hidup–hidup, biasanya ikan piranha akan memakan bangkai manusia yang sudah dalam keadaan sekarat atau mati begitu pula dengan kabar piranha yang memakan hewan yang lebih besar.

Salah satu ikan piranha yang paling ganas dan ditakuti adalah piranha hitam atau black piranha, yang mempunyai panjang tubuh 20 – 37 cm dengan gigi–gigi yang tajam.

Tapi tahukah Grameds jika ikan ini tidak seseram yang ditampilkan di film–film? Kemudian apakah piranha juga memangsa manusia? Yuk kita lihat beberapa fakta menarik tentang ikan yang satu ini.

Morfologi Ikan Piranha

Ikan yang mempunyai nama ilmiah Pygocentrus Nattereri, memang sangat khas dengan bentuk gigi–giginya yang dikenal besar dan tajam untuk menjadi ikan pemakan daging. Namun, ada berbagai ciri khas bentuk tubuh atau morfologi ikan yang perlu Grameds ketahui, antara lain sebagai berikut:

  • Memiliki kepala tumpul dan pipih
  • Tubuhnya berbentuk oval dengan sirip yang tidak terlalu mengambang
  • Kepalanya besar dan sebagian orang mengatakan bahwa wajahnya mirip seperti anjing jenis bulldog
  • Giginya besar dan tajam
  • Deretan giginya adalah segitiga, runcing, melebar dan mirip seperti bilah pisau
  • Sepasang piranha ada di bagian samping tubuh
  • Saat ikan masih muda, mata mereka berwarna gelap, sementara saat dewasa matanya akan berubah warna menjadi merah menyala
  • Sebagian besar, ukuran tubuhnya berkisar antara 12-35 cm dan dapat tumbuh lebih besar lagi
  • Jenis ikan perut merah mempunyai panjang yang dapat mencapai 50 cm
  • Tubuh ikan ini beragam tergantung spesiesnya, ada yang berwarna abu–abu, biru, kuning, merah dan hitam.

Habitat dan Sebaran Ikan Piranha

Habitat asal ikan ini yang diketahui sejauh ini adalah Sungai Amazon, Orinoco, Sao Francisco, Paraguay, Danau Kaptai (Bangladesh tenggara) dan Sungai Lijiang (China). Namun, pada setiap tempat tersebut jenis atau spesies ikan tidak selalu sama. Jadi, akan berbeda spesies pada masing- masing tempat.

Berdasarkan informasi dari Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyebutkan bahwa status ikan ini sendiri di Indonesia sudah ada. Akan tetapi, ikan ini hanya dijadikan ikan hias yang diletakkan di dalam akuarium.

Fakta-Fakta Ikan Piranha

Bjoertvedt/CC-BY-SA-4.0.

Ikan ini sendiri memiliki fakta-fakta yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Berikut fakta-fakta ikan piranha sebagai berikut:

1. Arti nama piranha

Salah satu karakteristik khas ikan ini merupakan giginya yang tajam dan mengerikan. Faktanya, nama piranha sendiri berarti “ikan bergigi” dalam bahasa suku Tupi yang berdiam di Brazil.

2. Citra buruk piranha berawal dari tulisan Theodore Roosevelt

Ketika Theodore Roosevelt melakukan perjalanan ke Amazon Brasil pada tahun 1913, warga setempat akan menampilkan sebuah pertunjukkan untuk Roosevelt. Mereka dengan sengaja melemparkan seekor sapi hidup ke dalam sungai yang berisi ikan piranha.

Sebelum pertunjukkan tersebut, ikan–ikan ini sengaja ditangkap dan dibiarkan kelaparan jadi tidak heran ketika sapi masuk ke air, ikan–ikan ini menjadi beringas dan dengan cepat mencabik–cabik sapi hingga menyisakan tulang belulang.

Roosevelt yang melihat pertunjukkan ini langsung menganggap piranha sebagai mesin pembunuh yang sempurna. Cerita tentang piranha ditulis Roosevelt di buku Through the Brazilian Wilderness yang laris manis di pasaran. Di sana Roosevelt menulis berbagai hal mengerikan tentang piranha. Hal ini yang membuat banyak orang mempunyai kesan buruk tentang hewan yang satu ini.

3. Piranha umumnya ditemukan di sungai–sungai Amerika Selatan

Grameds dapat melihatnya dari Lembah Sungai Orinoco Venezuela hingga Sungai Parana di Argentina, ada 30 spesies piranha yang berbeda yang hidup di Amerika Selatan.

Namun, Amerika Selatan bukan satu–satunya tempat di mana grameds bisa menemukan piranha. Mereka juga dapat ditemukan di sekitar perairan Cina, Inggris dan bahkan Texas. Namun, ikan–ikan ini berasal dari ikan peliharaan yang dilepaskan ke sungai.

4. Gigi ikan piranha cukup kuat namun bisa copot

Ikan ini dikenal karena memiliki gigi yang tajam dan gigitan tanpa henti. Kata piranha secara harfiah diterjemahkan menjadi “ikan gigi” dalam bahasa Tupi Brasil. Hal ini dikarenakan bentuk gigi ikan ini sering dibandingkan dengan pisau dan disesuaikan dengan pola makan mereka. Struktur enamel gigi sebenarnya mirip dengan ikan hiu.

Oleh sebab itu, tidak jarang ikan ini kehilangan gigi sepanjang hidup mereka. Di studi pada tahun 2012, para peneliti menemukan bahwa ikan piranha hitam atau mata merah (Serrasalmus rhombeus) menggigit dengan kekuatan maksimum 72 pon atau tiga kali berat badan mereka sendiri.

5. Ikan piranha memakan bangkai manusia, bukan manusia hidup

Menurut para ahli, dibutuhkan sekitar 300 hingga 500 piranha untuk menanggalkan semua daging dari manusia seberat 180 kilogram hanya dalam waktu 5 menit. Mayat-mayat yang tenggelam di Sungai Amerika selatan membuktikan jika mereka tenggelam dan mati lebih dulu sebelum menjadi santapan ikan ini, biasanya karena serangan jantung dan epilepsi bukan karena serbuan ikan ini.

6. Beberapa piranha merupakan kanibal tetapi ada juga yang vegetarian

Pada dasarnya, makanan ikan ini adalah serangga, ikan, krustasea, cacing, bangkai, biji dan bahan tanaman lainnya. Akan tetapi, apabila sumber makanan berkurang maka ikan ini dapat memakan sesama jenis baik yang hidup maupun yang mati.

Meskipun reputasi ikan ini sebagai pemakan daging, tetapi beberapa juga omnivora. Selain itu, makan lebih banyak biji atau tanaman daripada daging dan bahkan ada yang hidup dari tanaman saja.

7. Piranha berburu dengan menyerang ekor atau mata

Pada sebuah studi yang dilakukan tahun 1972, menyebutkan bahwa ikan piranha merah buncit menyerang ikan mas atau mangsanya pada bagian ekor atau mata. Menurut para peneliti, tingkah ikan piranha ini sebagai strategi serangan yang secara efektif melumpuhkan lawan atau mangsanya.

8. Kulit ikan piranha dapat menghasilkan bunyi

Ikan piranha perut merah yang ditangkap oleh nelayan menghasilkan bunyi seperti gesekan kulit kayu. Setelah pemeriksaan lebih lanjut oleh tim ilmuwan Belgia, ditemukan bahwa piranha membuat tiga jenis vokalisasi yang berbeda dalam situasi yang berbeda.

9. Ikan piranha hidup dan berenang dengan gerombolannya untuk alasan keamanan bukan untuk kekuatan

Meskipun seperti teknik berburu yang menguntungkan, tetapi nyatanya mereka bergerombol untuk menjauh dari musuh yang lebih besar. Hal ini karena ikan piranha bukan predator puncak dari rantai makanan.

Ikan piranha juga lebih mudah bernapas dalam kawanan yang lebih besar. Para peneliti juga mengamati piranha liar membentuk kawanan yang lebih besar di perairan dangkal di mana mereka akan lebih rentan terhadap serangan.

10. Akan diserang jika mengganggu ikan piranha atau telur piranha

Meskipun ikan piranha tidak memakan manusia yang masih hidup dan sehat, ada hal berbeda yang akan terjadi jika mengusik ketenangan mereka. Jangan berenang di tempat mereka memijah telur–telur mereka atau membuat mereka merasa terancam.

Hal ini karena akan membuat ikan piranha menjadi lebih agresif. Piranha hitam dan piranha merah merupakan jenis yang harus kita hindari karena mereka dianggap sebagai piranha yang paling berbahaya dan agresif terhadap manusia.

11. Ikan piranha tertarik pada suara, percikan, dan darah

Sebuah studi yang dilakukan di tahun 2007 menghubungkan serangan ikan ini pada manusia dengan alasan kebisingan, tumpahan makanan yang menghasilkan percikan, dan darah. Ikan piranha secara alami menangkap suara buah atau kacang–kacangan yang jatuh ke sungai.

Hal itu mereka juga merespon suara cipratan air yang dilakukan manusia. Namun, dengan darah ini tidak seperti yang dilihat di film–film. Ikan ini hanya mampu mencium setetes darah dalam 200 liter air.

12. Ikan piranha bisa dijadikan makanan

Di beberapa bagian Amazon, makan ikan piranha dianggap tabu oleh masyarakat. Sementara yang lain sengaja menjadikan ikan ini sebagai salah satu menu masakan. Misalnya, sup piranha yang popular di wilayah Pantanal Brasil. Namun, banyak yang memilih untuk menyajikan ikan ini dengan cara dipanggang di atas daun pisang dengan tambahan tomat dan limau untuk hiasan.

13. Ikan piranha pemakan vegetarian

Meskipun identik sebagai ikan pemakan daging yang ganas, ikan ini juga ada yang omnivora atau pemakan daging dan tumbuhan, bahkan peneliti menemukan spesies Tometes Camunani yang hidup di cekungan Trombetas di Para, Brazil yang justru lebih sering memakan gulma sungai.

14. Mengincar ekor dan mata mangsa

Studi yang dilakukan pada tahun 1972, menemukan ikan jenis perut merah lebih sering menyerang mangsanya mulai dari ekor dan mata mereka. Hal ini merupakan strategi yang dilakukan karena dapat melumpuhkan mangsa dengan efektif.

15. Bisa “Menggonggong”

Ikan ini dapat mengeluarkan tiga suara khas untuk memperingatkan lawannya. Apabila diancam oleh ikan lain, maka ikan ini akan mengeluarkan suara yang mirip dengan gonggongan anjing.

Apabila sedang bertarung dengan ikan lain, ikan ini mengeluarkan suara mendengus atau bunyi gedebuk yang dihasilkan oleh organ swimbladder. Apabila lawannya tidak segera mundur, ikan piranha menggertakkan gigi–giginya dan langsung mengejar musuhnya.

16. Gigitannya sangat kuat

Ikan piranha tidak hanya mempunyai gigi yang tajam, tetapi juga bisa menggigit dengan kekuatan yang mencengangkan. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Scientific Reports, peneliti menemukan bahwa ikan ini hitam yang merupakan spesies piranha modern terbesar bisa menggigit dengan kekuatan sebesar 32 kilogram.

17. Piranha jantan menjadi agresif ketika berkembang biak

Piranha jantan akan sangat agresif dalam menjaga wilayahnya ketika musim berkembang biak telah tiba. Piranha betina bertelur sekitar 5000 telur dalam sekali bereproduksi, kemudian piranha jantan akan membuahi telur dengan melindungi telur serta menjadi sangat territorial dalam menjaga telur–telur mereka. Ikan ini mempunyai dua periode pemijahan, yaitu satu di bulan April dan yang kedua ialah di akhir musim panas.

18. Mempunyai warna yang cantik

Ikan ini tidak hanya berwarna cokelat saja, tetapi mereka mempunyai warna lain yang beragam dan bercorak. Seperti, warna kuning ke hijau, biru ke abu–abu dan kadang–kadang berwarna merah.

19. Ukuran ikan piranha

Ikan ini bukan ikan yang berukuran besar. Mereka mempunyai ukuran 6 hingga 10 inci panjangnya.

20. Memberi makan frenzy

Seperti ikan pada umumnya ikan hiu, ikan piranha juga bisa terlibat dalam kegilaan mengeroyok makanan. Hal itu akan sering terjadi ketika ada sekelompok ikan lain yang datang.

Fakta Ikan Piranha

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa ikan piranha sejatinya bukan hewan yang berbahaya bagi manusia. Gambaran ikan jenis ini dalam film memang ganas. Akan tetapi, tetap saja kita perlu waspada saat berenang di sungai yang penuh dengan piranha. Hindari berenang ketika sedang musim makanan sedikit atau sedang musim kawin.

Ikan ini juga mempunyai tiga suara khas untuk memperingatkan lawannya. Apabila merasa terancam oleh makhluk hidup lain, ia akan mengeluarkan suara yang mirip dengan gonggongan anjing.

Sedangkan ketika bertarung dengan ikan lain, ikan piranha akan mengeluarkan suara mendengus atau bunyi gedebuk yang dihasilkan oleh organ swimbladder. Ia juga akan menggertakkan gigi–giginya ketika si lawan tidak kunjung mundur.

Itulah beberapa fakta menarik seputar ikan piranha. Ternyata ikan ini tidak seseram yang dibayangkan ya! Grameds, itulah informasi tentang fakta–fakta ikan ini. Semoga kita tidak terkena racun dalam mengkonsumsi ikan tersebut dan pastinya akan selalu berhati–hati ketika melihat ikan itu.

Jadi, buku mana saja yang belum ada di rak buku sekarang, Grameds? Jika Grameds masih bingung, masih membutuhkan referensi terkait tentang fakta–fakta ikan piranha, maka kamu bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds. Kamu juga bisa dapatkan informasi #LebihDenganMembaca bersama Gramedia. Semoga artikel ini menginspirasimu ya!

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah 

BACA JUGA:

  1. Ikan Dorado: Ikan Predator yang Kian Banyak Dipelihara
  2. Ikan Mola: Ikan Unik yang Beratnya Bisa Setara Mobil
  3. Ayo Berbisnis Budidaya Ikan Air Tawar
  4. Budidaya Ikan Koi: Sejarah, Jenis, Makanan, & Pembiakan
  5. Panduan Budidaya Ikan Guppy & Jenis Ikan Guppy


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien