Biologi

Apa itu Tanaman Binahong? Berikut Khasiat Daunnya

manfaat binahong
Written by Farah Fadila

18 Manfaat Binahong Yang Jarang Diketahui – Apakah Grameds pernah mendengar tanaman binahong? Meski terdengar asing bagi sebagian orang, nyatanya tanaman rambat ini telah dimanfaatkan sejak zaman dahulu sebagai bahan obat tradisional.

[algolia_carousel]

Grameds mungkin pernah melihat daun binahong yang memiliki bentuk familiar. Daun binahong yang memiliki bentuk hati ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Apa itu Tanaman Binahong?

Binahong merupakan tanaman menjalar yang bersifat perenial dengan nama latin Anredera cordifolia. Panjang tanaman perenial (berumur panjang) ini dapat tumbuh hingga mencapai 5 meter.

Tanaman binahong yang termasuk dalam ordo Caryophyllales merupakan tanaman obat potensial yang mampu mengatasi berbagai jenis penyakit. Binahong diketahui berasal dari dataran China dengan nama asli Dheng shan chi.

Tanaman binahong termasuk dalam famili Basellaceae yang berasal dari China dan menyebar ke wilayah Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, tanaman binahong dikenal sebagai gendola yang kerap melingkar di atas jalan taman.

Daun binahong diketahui mampu mengatasi luka bakar, penyakit ginjal kronis, dan penyakit lainnya. Tanaman obat ini kerap ditemui di dataran tinggi hingga dataran rendah.

Secara morfologi, tumbuhan menjalar ini berbatang lunak, berdaun tunggal, dan berbunga majemuk. Batang tanaman binahong yang lunak berbentuk silindris dan saling membelit.

Tanaman berdaun tunggal ini memiliki tangkai yang sangat pendek dengan helaian daun tipis lemas. Kemudian bunga dari tanaman binahong berbentuk majemuk rimpang dengan tangkai panjang yang muncul di ketiak daun.

Bunga tanaman binahong memiliki mahkota berwarna krem yang berbau harum. Sementara akar tanaman binahong sendiri berbentuk rimpang dan berdaging lunak.

Selain mampu mengatasi luka bakar, tanaman binahong berkhasiat untuk mengembalikan daya tahan tubuh dan melancarkan peredaran darah.

Mengonsumsi daun binahong dapat menjadi alternatif alami yang mampu mencegah beberapa penyakit. Sebenarnya apa saja kandungan binahong sehingga baik dikonsumsi oleh tubuh?

Berikut ini penjelasan tentang kandungan nutrisi dan manfaat binahong yang telah dirangkung oleh Gramedia.com dari berbagai sumber. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Kandungan Nutrisi Binahong

Sebagai salah satu tanaman obat, binahong dengan nama latin Anredera cordifolia ini memiliki banyak kandungan nutrisi. Berikut ini kandungan nutrisi dalam binahong yang baik untuk kesehatan tubuh.

  • Protein
  • Betakaroten
  • Asam organik
  • Asam aldonat
  • Glucan C
  • D Galaktosa
  • L Arabinosa Mucopolysaccharide
  • Fenol
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Kalium
  • Vitamin A
  • Vitamin C

Selain itu, tanaman binahong mengandung senyawa flavonoid, steroid, alkaloid, triterpenoid, saponin, tanin, dan minyak atsiri. Sebagai obat herbal alternatif, tanaman binahong bersifat antioksidan, antinyeri, dan antiinflamasi. Berikut ini rincian manfaat binahong yang bisa Grameds dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin.

banner-promo-gramedia

Apa itu Tanaman Binahong? Berikut Khasiat Daunnya 1

Beli Buku di Gramedia

Manfaat Binahong bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengobati Luka Bakar

Tanaman rambat yang satu ini ternyata berkhasiat untuk mengobati luka bakar, lho Grameds. Ekstrak daun binahong dalam kandungan salep dapat mengobati luka bakar yang membutuhkan penanganan cepat.

Daun binahong memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menutup jaringan luka dengan cepat. Kemudian kandungan antiseptik pada daun binahong dapat mencegah infeksi luka bakar pada kulit.

Pembentukan kolagen menjadi kunci utama dari proses penyembuhan luka bakar. Kolagen sendiri merupakan bagian protein dalam jaringan tubuh manusia, termasuk kulit. Ekstrak daun binahong dapat menjadi solusi penyembuhan luka bakar yang lebih cepat.

Selain itu, Grameds dapat menghaluskan daun binahong yang segar dengan menumbuknya untuk mendapatkan manfaat ini. Setelah itu, tempelkan daun binahong yang sudah dihaluskan pada bagian kulit yang terluka.

2. Mengobati Maag

Apa itu Tanaman Binahong? Berikut Khasiat Daunnya 2

Ilustrasi Sakit Maag (sumber: stylecraze.com)

Daun binahong dapat menjadi solusi yang baik untuk mengobati penyakit maag akut. Penyakit maag yang kerap kambuh saat jadwal makan berantakan dapat diatasi dengan mengonsumsi daun binahong.

Daun binahong memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk membuat perut menjadi lebih tenang. Selain itu, mengonsumsi jus binahong atau air rebusan binahong secara teratur dapat mengobati penyakit disentri pada sistem pencernaan.

Asam lambung dapat terkendali dengan mengonsumsi daun binahong secara rutin. Dengan begitu, daun binahong dapat menjadi obat alternatif untuk mengobati penyakit maag.

3. Memulihkan Stamina

Mengonsumsi air rebusan daun binahong dipercaya ampuh untuk mengembalikan stamina tubuh yang kelelahan. Kandungan nutrisi pada daun binahong dapat membantu mengurangi efek peradangan otot setelah latihan.

Kandungan catchecin pada binahong dinilai cocok untuk memulihkan stamina Grameds yang kerap melakukan aktivitas berat. Penasaran bagaimana caranya?

Grameds hanya perlu merebus 1 lembar daun binahong dengan 2 gelas air. Rebus campuran tersebut hingga mendidih. Setelah itu, konsumsi air rebusan tersebut secara berkala untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Mencegah Diabetes

Penyakit diabetes dapat disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh. Tanaman binahong diyakini mampu mengendalikan kadar gula dalam darah diiringi dengan pola makan yang baik.

Senyawa alkaloid dalam daun binahong memiliki sifat hipoglikemik yang dapat membantu mencegah penyakit diabetes. Daun binahong dikenal berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah secara optimal. Mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin dapat menjaga gula darah tetap stabil pada penderita diabetes.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Apa itu Tanaman Binahong? Berikut Khasiat Daunnya 3

Ilustrasi Sakit Jantung (sumber: rd.com)

Mengonsumsi daun binahong secara rutin terbukti ampuh untuk mencegah penyakit jantung. Daun binahong memiliki kandungan saponin yang mampu menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh.

Grameds bisa menyeduh daun binahong layaknya membuat teh herbal. Kemudian kamu bisa menambahkan sedikit gula atau madu untuk membuatnya menjadi lebih manis. Grameds dapat mengonsumsi seduhan binahong dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Mencegah Kanker

Selain mencegah penyakit jantung, tanaman binahong dapat membantu mencegah penyakit kanker. Umumnya penyakit kanker terjadi saat pertumbuhan sel tidak berjalan normal dalam tubuh.

banner-promo-gramedia

Grameds bisa mengonsumsi daun binahong sebagai bentuk pencegahan penyakit kanker. Tanaman binahong sendiri tumbuh subur di kawasan beriklim tropis seperti Indonesia. Tanaman berdaun tunggal ini tinggi akan antioksidan, seperti zeaxanthin, betakaroten, dan lutein.

Sifat antioksidan yang dimiliki daun binahong terbukti ampuh untuk mencegah kanker. Grameds bisa meminum air rebusan binahong 3 kali sehari untuk mendapatkan khasiatnya secara optimal.

7. Mengobati Asam Urat

Daun binahong memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk mengobati penyakit asam urat. Grameds dapat menurunkan kadar purin dalam tubuh dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin.

Apa itu purin? Senyawa organik dalam DNA tubuh yang timbul setelah mengonsumsi makanan pemicu asam urat disebut purin.

Makanan pemicu asam urat ialah jeroan, kacang-kacangan, dan daging merah dengan porsi berlebih. Setelah mengonsumsi makanan pemicu asam urat, Grameds bisa meminum air rebusan daun binahong sebagai upaya pencegahan.

Apa itu Tanaman Binahong? Berikut Khasiat Daunnya 4

Beli Buku di Gramedia

8. Mengatasi Anemia

Penyakit anemia dapat terjadi ketika seseorang memiliki tekanan darah yang berada di bawah normal. Grameds bisa mengatasi penyakit anemia dengan mengimbangi asupan zat besi dalam tubuh. Daun binahong yang kaya akan zat besi dapat menjadi salah satu solusi untuk menaikkan tekanan darah seseorang.

9. Meningkatkan Nafsu Makan

Daun binahong berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan pada anak. Air rebusan binahong dapat menjadi salah satu tambahan vitamin yang baik untuk meningkatkan nafsu makan. Rutin mengonsumsi air rebusan daun binahong dapat memberikan efek positif untuk anak yang susah makan.

10. Mencegah Penuaan Dini

Efek samping akibat stres oksidatif dapat meningkatkan risiko penuaan dini. Kemudian radikal bebas dapat memperburuk proses alami penuaan.

Radikal bebas yang merusak kulit dapat membuat kulit menjadi lebih cepat keriput. Lutein, betakaroten, vitamin A, vitamin C, dan zeaxanthin merupakan kandungan antioksidan yang dimiliki oleh daun binahong.

Kandungan nutrisi tersebut dapat memberi perlindungan pada kulit dari radikal bebas. Daun binahong memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi untuk meremajakan kulit, membantu kulit menjadi lebih elastis, dan mencegah penuaan dini.

11. Menangkal Radikal Bebas

Selain mencegah penuaan dini, tanaman bihanong dipercaya efektif untuk mengangkal radikal bebas. Tanaman binahong memiliki kandungan antioksidan, seperti etanol dan flavonoid yang baik untuk menangkal radikal bebas.

12. Mengatasi Masalah Otak

Bakteri, virus, asupan makanan, hingga benturan terlalu keras dapat menjadi penyebab permasalahan otak. Jika ditelusuri lebih lanjut, permasalahan otak dapat menimpa anak-anak hingga orang dewasa.

Daun binahong dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan pada otak. Grameds hanya perlu mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin untuk mengatasi permasalahan otak.

13. Memberikan Efek Penyembuhan Pasca Operasi

banner-promo-gramedia

Kandungan nutrisi dalam daun binahong diyakini mampu memberikan efek penyembuhan pada pasien yang baru saja melakukan operasi. Grames yang baru menjalani operasi dapat meminum air rebusan daun binahong setiap hari sebagai solusi penyembuhan alami. Kandungan mineral dan protein yang baik pada daun binahong dapat memberikan efek penyembuhan efektif.

14. Memelihara Kesehatan Mata

Apa itu Tanaman Binahong? Berikut Khasiat Daunnya 5

Ilustrasi Mata yang Sehat (easyhealthoptions.com)

Daun binahong yang memiliki bentuk hati dapat membantu memelihara kesehatan mata. Kandungan vitamin A, vitamin C, betakaroten, lutein, dan zeaxanthin dalam daun binahong dapat memberi perlindungan ekstra untuk menjaga kesehatan mata. Penyakit mata seperti rabun jauh dapat dihindari dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin.

15. Mencegah Penyakit Ginjal

Selain mampu memelihara kesehatan mata, daun binahong berkhasiat untuk mencegah penyakit ginjal. Kreatinin merupakan produk sampah yang dihasilkan tubuh dari aktivitas otot. Kadar kreatinin berlebih dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal.

Rutin mengonsumsi ekstrak daun binahong dipercaya mampu untuk meningkatkan fungsi ginjal, khususnya gagal ginjal kronis. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak daun binahong dapat memperbaiki sel ginjal pada pengidap gagal ginjal.

Apa itu Tanaman Binahong? Berikut Khasiat Daunnya 6

Beli Buku di Gramedia

16. Mencegah Sariawan Kronis

Meski bukan penyakit yang mengkhawatirkan, sariawan kerap menimbulkan rasa tidak nyaman. Kandungan nutrisi pada daun binahong dipercaya efektif untuk mengobati sariawan kronis. Grameds hanya perlu merebus 1 lembar daun binahong dengan 2 gelas air untuk mendapatkan manfaat binahong sebagai pencegah sariawan kronis.

17. Meningkatkan Daya Ingat

Daun binahong yang kaya akan asam folat dan vitamin B kompleks berkhasiat untuk meningkatkan daya ingat. Kandungan nutrisi dalam daun binahong yang berbentuk hati dinilai baik untuk mendukung fungsi mental dan membuat otak tetap tajam.

Selain itu, daun binahong kaya akan tiamin dan biotin yang berperan penting dalam kesehatan mental. Saat Grameds kekurangan vitamin B kompleks, risiko depresi dan kelelahan akan semakin meningkat. Untuk itu Grameds disarankan mengonsumsi air rebusan daun binahong untuk meningkatkan daya ingat.

18. Mengatasi Disentri

Disentri merupakan kondisi peradangan usus yang dapat menyebabkan diare berair disertai darah atau lendir. Penyakit yang disebabkan oleh amuba ini akan meningkatkan frekuensi buang air besar. Disentri kerap terjadi saat seseorang tidak menjaga kebersihan diri, lingkungan, dan makanan.

Kemudian bakteri dan air yang terkontaminasi dapat menjadi penyebab penyakit disentri. Air rebusan daun binahong dipercaya ampuh untuk mengurangi gejala-gejala yang muncul akibat disentri, seperti mual, muntah, demam, kram, dan nyeri perut.

Baca Juga:

Nah, itulah penjelasan mengenai kandungan dan manfaat tanaman binahong bagi kesehatan tubuh. Tidak ada salahnya untuk mencoba tanaman binahong sebagai obat herbal turun temurun yang baik untuk kesehatan tubuh. Tertarik untuk menuai khasiatnya?

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien